Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
MonSTER_GTR wrote:@primrartech nah loh itu kan mobil2 baru, tentu aj minim keluhan ya kan? gimana gugling penjualan nya udah ketemu belon, calculator ready neh
Sebentar om, kalo data penjualan kan kayanya reliable, nah metodologi pencarian keluhannya ni yg kayanya g reliable, hasil searchingan ane am om sebelah aj bsa beda..
memang susah, data nya udah diselepin yang ijo ijo sih wakakakakak tau dah mana yang bener mana yang gak wakakakak , ya paling gampang liat aj paling banyak mobil merek apa di jalan, kan gak semuanya matanya terbuka dalam hal otomotif, jadinya yang rata2 orang pikir kalo beli mobil ya, yang ngerawat nya gampang, servis gampang. nah kan bisa dikonklusikan
Bukan konteks membela Toyota bro. Kan yg di diskusikan after sales service nya. Kita liat persentase ketidak puasan dibagi jumlah customer. Ane yakin, angkanya menunjukkan persentase yg cukup besar.
Kl yg didiskusikan kualitas after sales Chrysler atau Infiniti ya lain ceritanya. Mungkin lho ya...
Imaly...
@om prima: laporkan hasil googling trus ambil angka keluhan terbesar untuk lebih konservatif
kalo bicara mobilnya sih Toyota ya ada aja hal2 yg mengecewakan spt fitur kuno / lebih banyak menjual "krom2" drpd fitur penting / utk model yg sama dr tahun ke tahun kualitas bbrp parts "disunatin" / ada parts2 yg ditiadakan, dan ini baru ketahuan jika dibongkar.
Cuman adanya "Radio idup" itu justru malah jadi "membiaskan" analisa kritis thd mobil2 T..................makanya kadang ane wondering apa doi itu sebetulnya orang bayaran TMC yg melakukan "reverse campaign" strategy dgn tujuan supaya publik memberi testi + sebanyak2-nya thd merek target.
Primatech wrote:Kalo boleh objektif dan terbuka sebenernya sih upaya om RV bagus kan, poinny bukan toyota paling jelek dll, tapi cuma meruntuhkan anggapan bahwa toyota bukan yg paling the best. Y cukup diketahui saja. Sebenernya newbie juga bingung kenapa ada sikap sampai antipati begini ya. Kalau memang faktanya seperti itu y sudah gpp kan.
Mungkin kalo ada yg seniat om rv ya monggo silahkan di ungkapkan fakta2 mengenai brand2 lain. Tapi y itu pemahaman newbie sih
Nih lho baca postingannya Om ngencox
ngencox wrote:dengan metode yg mirip digunakan oleh om RV, saya juga coba
berdasarkan suara pembaca di kompas hasilnya:
Toyota: 256 komplain
Nissan: 289 komplain
lalu diadu dengan data penjualan total: 10 merek terlaris di Maret:
kalo diprosentasikan hasil search tahun 2013 vs penjualan ditemukan:
Toyota: yg ga puas 3 orang, yg puas 32.723 orang = 99.990%
Nissan : yg ga puas 3 orang, yg puas 4.645 orang = 99.935 %
sama-sama 3 orang kecewa
tapi ada
32.723 orang puas Vs 4.645 orang puas...
secara umum mana yg lebih memuuaskan bagi pembeli ?????? bedarsar data adalah, Toyota....
Hoo gtu ya omm..
tapi bentar2, kalo boleh nanya nii..
1. hasil search engine yang menujukkan 256 result & 289 result itu apakah merepresentasikan jumlah orang ? dalam artian 1 hasil result itu satu orang yg berbeda dengan yg lain?
2. Penggunaan tingkat kepuasan berdasarkan data penjualan itu y g comparable IMHO, harusnya yg dipakai mungkin rasio, jadi jumlah tidakpuas/jumlah puas, baru kedua ratio ini yg dapat diperbandingkan. Bandingkan 30000 orang puas dengan 5000 orang puas itu tidak mencerminkan apa2. Contoh kasus, membandingkan saya bisa produksi 1000 apel dibanding om penikmat kopi yg bisa produksi 10000 apel, jelas tidak mengatakan apa2 kalau melihat dari sisi, efisiensi produksi apel mana yg lebih manis. Tapi kalau setelah disurvey ternyata dari 1000 apel ternyata saya bisa menghasilkan 800 apel yg manis, sedangkan dari 10000 apel, om penikmat kopi hanya bisa hasilkan 5000 apel yg manis, sisanya terbuang karena asam. Maka secara efisiensi, berarti saya lebih efisien dibanding om. Analoginya kira2 seprti ini om.
Jadi kalu bandingkan angka lawan angka kaya yg om contohkan, rasa2nya kok ngga menggambarkan apa2. Dari newbie sih mikirnya gtu
Hehehehe metodenya quick count nih
1. Kan aple to apple, sama-sama belum tentu merepresentasikan orang. Misalnya mungkin ada 1 orang yg 3 kali komplen untuk toyota dalam 1 masalah, sama juga kemungkinannya akan ada 1 orang yg 3 kali komplen untuk nissan dalam 1 masalah.
2. kalau masalah rasio bisa diitung ulang aja dari data pembelian/data komplen ataus ebaliknya data komplen/data pembelian.
Nanti biarlah Om ngencox yg menjelaskan metodenya hehehe
MonSTER_GTR wrote:iya juga ya,mungkin asumsi kali ya om, tapi begini kalo pribadi menurut nubie andaikata keluhan terhadap atoyot itu banyak
atau servis banyak gak memuaskan, knp msh banyak org beli atoyot. karena jujur secara model, built quality, fit and finish, dan harga udah gak begitu menarik lagi (IMO). tapi tetep aj penjualan no.1 nah kalo menurut nubie berarti image aftersales service toyota masih bagus di ingatan orang2, yang memacu mereka tetap membeli produk atoyot ini. ini pribadi ya om
Kalo saya sih lineup Toyota ada yg menarik ada yg tidak - Camry hybrid/Prius menarik (siapa lagi yg berani masukin teknologi beginian)...GT86 menarik...Alphard menarik (wuenak)...Landcruiser menarik...Mark X menarik. Nav1 jelek, Fortuner/Innova/Vios udah uzur, Avanza saya gak perlu mobil operasional.
Begitu juga dengan merek lain...ada yg menarik ada yg nggak. Kalo main pukul rata semua menarik/gak menarik sih...bau2 fanboy/hater.
Ane mencium bau2 metode quickie di sini untuk memperhitungkan sesuatu kenikmatan...errr, kepuasan thd sesuatu hal yang menjadi sesuatu tema diskusi membahas sesuatu konsensus akan sesuatu hal yang dilakukan bersama2...
@dubs kan IMHO (in my honest opinion) , jadi kalo menurut om ada yang bagus ya monggo
ane aliran netral kok, cuman emang gk gitu demen aj sama produk2 toyota di indo skrng, nah beda kalo sama produk toyota di luar kayak Rav-4, avensis ane demen
tapi ini sih menurut pendapat temen2 ane, yang bilang produk atoyot ngebosenin juga banyak sih , ah tapi gak usah diperpanjang lah, lama2 ane jadi ngejelekin atoyot nih
let's end it here, statement saya di atas hanya untuk membela kualitas aftersales toyota yang menurut saya dan teman2 saya memang terbukti lebih reliable dari atpm2 lain