Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 03
<<< PART 02
soal bau gosong, intinya memang harus ditutup celah yg menghubungkan daerah catalytic dengan kabin, cuma kita harus tau pasti dimana lubangnya sehingga tepat sasaran..
yg pasti bukan di lantai, di lantai semua sudah saya buntu dengan peredam aspal 3mm. kemungkinannya cuma di firewall, makanya bau masuk dari vent ac.
soal bau gosong, intinya memang harus ditutup celah yg menghubungkan daerah catalytic dengan kabin, cuma kita harus tau pasti dimana lubangnya sehingga tepat sasaran..
yg pasti bukan di lantai, di lantai semua sudah saya buntu dengan peredam aspal 3mm. kemungkinannya cuma di firewall, makanya bau masuk dari vent ac.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
ternyata memang mantap ya mesin OS... hehe.. buktinya OS yg transmisi manual dapat banyak pujian, cuma yg matic sangat disayang kalibrasi CVT nya yg kurang baik sehingga mesin bagus malah jadi lemot...
iya bau gosong ini datang dari saluran ac..
btw, ternyata bukan OS saja, banyak juga case ini di mobil merk lain..

iya bau gosong ini datang dari saluran ac..
btw, ternyata bukan OS saja, banyak juga case ini di mobil merk lain..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Di Kota ane ga ad TD OS yg manual ni, dger2 nafasnya ga habis2 n enak buat kebut. Kepegen Coba si benernya hehe
Kalo dari kode 4b11 nya bukannya OS ex n evo kode mesinnya sama?
Kalo dari kode 4b11 nya bukannya OS ex n evo kode mesinnya sama?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
iya, di yaris saudara jg timbul bau2 gosong gini misal ditarikin.
mesin 4B11 OS ini bagus, sayang kalibrasi CVT nya aja yg kurang bagus.
misal dibilang INVECS III jelek, kok saya belum pernah denger mesin ataupun transmisi lancer EX jelek ya.
dimana mesin dan transmisi OS identik dengan lancer EX.
mesin 4B11 OS ini bagus, sayang kalibrasi CVT nya aja yg kurang bagus.
misal dibilang INVECS III jelek, kok saya belum pernah denger mesin ataupun transmisi lancer EX jelek ya.
dimana mesin dan transmisi OS identik dengan lancer EX.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Berarti OS n ex sama mesin n transmisinya bro Claude?
Ex jg cvt kah?
Ex jg cvt kah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Mesin lancer dan OS tuh sama MIVEC 4B11 dan transmisi juga sama cvt INVECS III tp beda kalibrasinya..
Terus size kompresor ac nya beda, OS katanya lebih besar karena ada panoramic nya..
Nah pertanyaannya, apakah OS ini bisa pakai kalibrasinya lancer ex?
Apa ada yg sdh nanya?
Kan lumayan kalau lebih baik...
Terus size kompresor ac nya beda, OS katanya lebih besar karena ada panoramic nya..
Nah pertanyaannya, apakah OS ini bisa pakai kalibrasinya lancer ex?
Apa ada yg sdh nanya?
Kan lumayan kalau lebih baik...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Mksudnya kalibrasi itu bagian mananya y bro Denny?
Maklum newbie hehe
Jadi semacem kita bisa ganti itu?
Maklum newbie hehe

Jadi semacem kita bisa ganti itu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Setiap masing2 mobil yg bertransmisi matic CVT ada settingan kalibrasi yg sudahdi program dari pabriknya. Nah CVT OS dan lancer kan beda kalibrasinya, mksd saya kalibrasi lancer di pakai OS, ini yg mau di tanyakan ke KTB..
Ini buat baca2 biar tambah ilmunya...
http://rahmadya.com/2010/01/15/pengenalan-cvt/
Ini buat baca2 biar tambah ilmunya...

http://rahmadya.com/2010/01/15/pengenalan-cvt/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
kalibrasi itu settingan, dalam arti seperti upgrade operating system or firmwarenya CVT.
seharusnya bisa sih..
di pabrik OS Illnois, USA, kan sudah produksi OS facelift, di sana CVT nya uda versi calibrated.
dengan harapan mengurangi lemot atau org US biasa menyebut transmisi OS itu sluggish. hahaha..
kalau mau coba settingan CVT yg bener, bisa coba mirage tuh.. keliatan karakter mitsubishinya.
seharusnya bisa sih..
di pabrik OS Illnois, USA, kan sudah produksi OS facelift, di sana CVT nya uda versi calibrated.
dengan harapan mengurangi lemot atau org US biasa menyebut transmisi OS itu sluggish. hahaha..
kalau mau coba settingan CVT yg bener, bisa coba mirage tuh.. keliatan karakter mitsubishinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Eh iya mirage CVT nya gahar ya.... Hahaha.. Dari posisi stop and go bisa narik badan ke belakang.. Boleh di coba nih, mudah2an sama baiknya kalau di set ke cvt OS.. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Mirage cvtnya pake subgear, sehingga ada low range & hi range. Waktu terasa gahar itu posisi low range, kalo speed sedang & injekan gasnya dikit dia akan masuk ke hi range, jadi rpm bisa rendah, buat ngirit bbmdenny3ck wrote:Eh iya mirage CVT nya gahar ya.... Hahaha.. Dari posisi stop and go bisa narik badan ke belakang.. Boleh di coba nih, mudah2an sama baiknya kalau di set ke cvt OS..
Contoh, konstan 160 km/h (tol panjang & rata) rpm cuma 3500 saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Speed sedang maksud saya 40anRVR wrote:Mirage cvtnya pake subgear, sehingga ada low range & hi range. Waktu terasa gahar itu posisi low range, kalo speed sedang & injekan gasnya dikit dia akan masuk ke hi range, jadi rpm bisa rendah, buat ngirit bbmdenny3ck wrote:Eh iya mirage CVT nya gahar ya.... Hahaha.. Dari posisi stop and go bisa narik badan ke belakang.. Boleh di coba nih, mudah2an sama baiknya kalau di set ke cvt OS..
Contoh, konstan 160 km/h (tol panjang & rata) rpm cuma 3500 saja
Kalo konstan 40 rpm cuma 1100
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
semua mobil jalan pelan tidak semua irit kok bro.. ada kalanya kecepatan tinggi malah lebih irit.. semua tergantung gigi yg di pakai dan tidak melebihi torsi maksimal... he he he..RVR wrote: Mirage cvtnya pake subgear, sehingga ada low range & hi range. Waktu terasa gahar itu posisi low range, kalo speed sedang & injekan gasnya dikit dia akan masuk ke hi range, jadi rpm bisa rendah, buat ngirit bbm
Contoh, konstan 160 km/h (tol panjang & rata) rpm cuma 3500 saja
CVT memang ditujukan utk mengiritan BBM karena torsi dan mesin selalu main di RPM lebih rendah dari matic konvensional..
cara kerja CVT sama saja ya setau saya, ada 3 posisi kerja pulley premier dan sekunder yaitu saat kecepatan pelan/ slow, menengah dan high/kenceng.. utk menyimpan data cara kerja pulley tsb maka perlu di kalibrasi.. cara kerjanya mirip seperti sepeda yg bergigi depan dan belakang... cmiiw..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
nitip postingan....
lagi berusaha ilangin masalahnya
kalau ga solved saya bikin thread baru...
gara2 berusaha kinclongin dashboard dan interior OS...
lagi berusaha ilangin masalahnya
kalau ga solved saya bikin thread baru...
gara2 berusaha kinclongin dashboard dan interior OS...
setelah memakai meguiars ultimate protectant pada interior,
dengan terburu2, pakai yang banyak dan tidak di buffing
kaca dalam mobil mengalami masalah yang aneh
jika kaca bagian dalam mobil berembun (ketika ac mati, diluar lagi hujan dan dingin)
entah kenapa kaca tiba2 secara perlahan2 berubah menjadi kusam kecoklatan
pada seluruh permukaan kaca
saya kira ada badai,
kemudian di kaca muncul noda berwarna coklat kehitam-hitaman
saya kira cipratan lumpur, tetapi wiper tidak ngaruh
ketika saya usap dengan tangan, kaca langsung jernih kembali
ternyata kusam tersebut ada pada bagian interior kaca
tetapi noda tersebut akan kembali muncul ketika kaca berembun kembali
saya sudah coba pake quick detailer dan handuk basah (dibuff dengan lap kering)
tetapi pada bagian lap tidak ada noda kotor
dan noda kusam pada kaca masih tetap muncul
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
wah suram ini problemnya
udah melekat kuat
susah mau bersihinnya....
udah melekat kuat
susah mau bersihinnya....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Ultimate protectant saya juga pakai bro tapi gimana logikanya bisa efek ke kaca?
Waktu itu saya juga pernah mengalami kaca kyk berembun menjadi butek putih saat hujan besar sekali... Saya coba elap dengan tangan kaca bagian dalam (yg dilapisi KF) tidak ada perubahan jadi bukan dari dalam, wiperpun posisi ON tdk ada perubahan juga dgn kabutnya berarti kaca depan tdk masalah.. Dan tdk ada bintik coklat maupun hitam. Sampai saat ini saya juga blm tau penyebabnya apa karena terjadi 1x..
Quik detailer botol marun utk permukaan cat bro, kalau mau bersihin interior pakai interior spray detailer.. Kaca bagian dalam yg ada kaca film nya jangan sampai kena bahan kimia, bisa merusak lapisan KF tsb..
Waktu itu saya juga pernah mengalami kaca kyk berembun menjadi butek putih saat hujan besar sekali... Saya coba elap dengan tangan kaca bagian dalam (yg dilapisi KF) tidak ada perubahan jadi bukan dari dalam, wiperpun posisi ON tdk ada perubahan juga dgn kabutnya berarti kaca depan tdk masalah.. Dan tdk ada bintik coklat maupun hitam. Sampai saat ini saya juga blm tau penyebabnya apa karena terjadi 1x..
Quik detailer botol marun utk permukaan cat bro, kalau mau bersihin interior pakai interior spray detailer.. Kaca bagian dalam yg ada kaca film nya jangan sampai kena bahan kimia, bisa merusak lapisan KF tsb..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
yang itu bro
saya ada sih detailer buat bersih2 doank
cuma ga ngefek...
mungkin besok oles pake kuas, tunggu beberapa saat baru lap
saya ada sih detailer buat bersih2 doank
cuma ga ngefek...
mungkin besok oles pake kuas, tunggu beberapa saat baru lap
Last edited by Salvanost on Wed Apr 17, 2013 14:52, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Yg itu apa bro? Tdk muncul gambarnya....
Jgn pakai kuas nanti ciprat2 ke kaca, lebih baik aplikasi pakai kain MF.
Jgn pakai kuas nanti ciprat2 ke kaca, lebih baik aplikasi pakai kain MF.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
yang ini

ya...
udah saya selidikin
kayanya sih udara doank yg terkontaminasi om...
payah ini...
ternyata petunjuk well ventilate pada cara pakainya benar2 penting banget...
tapu ga nyangka bakalan separah itu...
besok saya foto deh biar keliatan jelas
kalau perlu saya bersihin 1/2 panel kaca
abis itu diembunin lagi biar makin keliatan bedanya
udah saya taruh gelas sama piring
lucu ya,
tapi dengan benda tersebut saya bisa bantu ngecek apakah ada kontaminasi di udara dalam mobil

ya...
udah saya selidikin
kayanya sih udara doank yg terkontaminasi om...
payah ini...
ternyata petunjuk well ventilate pada cara pakainya benar2 penting banget...
tapu ga nyangka bakalan separah itu...
besok saya foto deh biar keliatan jelas
kalau perlu saya bersihin 1/2 panel kaca
abis itu diembunin lagi biar makin keliatan bedanya
udah saya taruh gelas sama piring
lucu ya,
tapi dengan benda tersebut saya bisa bantu ngecek apakah ada kontaminasi di udara dalam mobil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Kalau saya ultimate protectant bukan yg spray, tapi botol biasa pemakaiannya di tuang ke MF jadi lebih fokus kerjanya tdkmenyebar mengenai stir, layar LCD, jok kulit,dll..
Maksudnya terkontaminasi udara gimana ya?
Menurut saya bintik coklat sisa residu spraynya yg nyebar nempel di kaca film ya, dalam keadaan kaca dingin, coba kaca dalamnya di lap pakai kanebo dengan air bersih no chemical termasuk sabun, lalu dielap dengan kain MF bersih/baru kering.. Mudah2an bisa hilang sisa residu-nya..
Maksudnya terkontaminasi udara gimana ya?
Menurut saya bintik coklat sisa residu spraynya yg nyebar nempel di kaca film ya, dalam keadaan kaca dingin, coba kaca dalamnya di lap pakai kanebo dengan air bersih no chemical termasuk sabun, lalu dielap dengan kain MF bersih/baru kering.. Mudah2an bisa hilang sisa residu-nya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
yang spray juga ga cair banget Om
rada kental gitu
jadi ga terlalu nyiprat dan nyebar ke udara
saya sih curiganya itu, kalau make kebanyakan tar ada yg lepas ke udara
teknik yg bener saya baca di internet itu
habis diaplikasikan, tunggu 30 menit, lap lagi make lap kering
besok saya test dulu emang kontaminasi ke udara apa ga
rada kental gitu
jadi ga terlalu nyiprat dan nyebar ke udara
saya sih curiganya itu, kalau make kebanyakan tar ada yg lepas ke udara
teknik yg bener saya baca di internet itu
habis diaplikasikan, tunggu 30 menit, lap lagi make lap kering
besok saya test dulu emang kontaminasi ke udara apa ga
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
oke di tunggu report nya om..
salam detailing..
salam detailing..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Jan 11, 2013 12:08
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
Bro,
akhirnya OS PX putih ane sudah mendarat berikut penampakannya: sekedar sharing, di malang sudah ada OS PX putih yang dimodif ganti coil over merk taiwan plus menggunakan ban 45 ring 20", air filter replacement menggunakan HKS, cakep bro.. mungkin yang punya OS itu belum gabung ke SM..
akhirnya OS PX putih ane sudah mendarat berikut penampakannya: sekedar sharing, di malang sudah ada OS PX putih yang dimodif ganti coil over merk taiwan plus menggunakan ban 45 ring 20", air filter replacement menggunakan HKS, cakep bro.. mungkin yang punya OS itu belum gabung ke SM..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

besok baru lanjut lagi
kalau 1 bulan ga solved ya terpaksa ganti kaca film depan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX
Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02
itu yg di antara kabut yg hilang pakai usapan/dielap ya ?
apa pernah ngelap kaca dalam pakai lap sembarangan atau bekas apa gitu?
pernah pakai glass cleaner utk kaca dalam yg ada KF?
jgn2 si om abis ngelap interior terus gak sadar lapnya di elap ke kaca lagi
soalnya bisa luas begitu dan rata,
kalau kontaminasi udara seharusnya bagian kaca yg paling bawah karena paling dekat dengan dashboard..
kalau di kaca luar biasa jamur kalau kena dingin dia lgsg keliatan berkabut..
kalau di dalam kemungkinan dari kaca film nya..
btw, waktu pemakaian protectant dashboard kondisi dingin atau panas om ?
Hemmmmmm
, bisa jadi pengguapan protectant kena panas karena pemakaian si om over (banyak) tanpa di buffing
jadi cairan basah lama dan tidak kering terus kena panas/ kejemur lalu nguap ke atas nempel di kaca film..
sorry bahasanya neubi, binggung juga gw jelasinnya.. hahahaa
apa pernah ngelap kaca dalam pakai lap sembarangan atau bekas apa gitu?
pernah pakai glass cleaner utk kaca dalam yg ada KF?
jgn2 si om abis ngelap interior terus gak sadar lapnya di elap ke kaca lagi

kalau kontaminasi udara seharusnya bagian kaca yg paling bawah karena paling dekat dengan dashboard..
kalau di kaca luar biasa jamur kalau kena dingin dia lgsg keliatan berkabut..
kalau di dalam kemungkinan dari kaca film nya..
btw, waktu pemakaian protectant dashboard kondisi dingin atau panas om ?
Hemmmmmm


sorry bahasanya neubi, binggung juga gw jelasinnya.. hahahaa
