cw casting wheel modNightster Guy wrote:Pertanyaan sederhana yg gak terjawab sampe sekarang..
Kl liat iklan baris motor sekenan, itu istilah 'CW' refer ke apa ya? Velg aluminium katanya? Lha tu huruf 'CW' gimana muasalnya?
Thank you.
cmiiw
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
cw casting wheel modNightster Guy wrote:Pertanyaan sederhana yg gak terjawab sampe sekarang..
Kl liat iklan baris motor sekenan, itu istilah 'CW' refer ke apa ya? Velg aluminium katanya? Lha tu huruf 'CW' gimana muasalnya?
Thank you.
Tiptronic; secara umum adalah salah satu tipe/pelabelan pabrikan dari transmisi Manumatic, atau Manual-Automatic.hary_airblade wrote:@ mr saga TQ linknya.
Ditunggu link lainnya.
Oh iya....nih ada lagi yg ane belum paham. Tentang tiptronic ( apa triptonic ya...). Dah search di mbah google tapi kog masih ngambang ya....Otomatis bisa manual bisa tapi tanpa kopling......maklum aja ya para master, ane masih nubitol . Mohon kesabarannya......hehehe
kalau bedenya matik jadul with ect dan tanpa ect dimananya mod?imsus2c wrote:Tiptronic; secara umum adalah salah satu tipe/pelabelan pabrikan dari transmisi Manumatic, atau Manual-Automatic.hary_airblade wrote:@ mr saga TQ linknya.
Ditunggu link lainnya.
Oh iya....nih ada lagi yg ane belum paham. Tentang tiptronic ( apa triptonic ya...). Dah search di mbah google tapi kog masih ngambang ya....Otomatis bisa manual bisa tapi tanpa kopling......maklum aja ya para master, ane masih nubitol . Mohon kesabarannya......hehehe
Pada intinya, transmisi Manumatic ini adalah transmisi automatic, tapi dengan fasilitas/opsi bisa diatur sendiri pilihan giginya, alias driver bisa intervensi pilihan gigi...tapi hasil akhirnya kadang tetap dikontrol/overrule oleh sistem matic-nya itu sendiri.
Nah, cara pemilihan "manual" ini yang kadang dilabeli dengan berbagai julukan oleh pabrikannya
Ada yg dibilang Tiptronic tadi, ada Shiftronic, Geartronic, Steptronic...dsb
Seperti julukannya, Tip-Tronic, tipe transmisi Manumatic jenis ini, kalau mau atur gigi manual, sudah ngga pakai tuas lagi, tapi pakai semacam alat yg disebut paddle-shifter dan cukup dijentik/ditarik pakai jari. Paddle-Shifter ini biasanya ditaruh di bawah setir
Kalau ngga salah, yg pertama kasih nama Tiptronic ini di sistem transmisi Manumatic mereka si groupnya VW (VW-Audi-Porsche)
Cmiiw yaa.....
penjelasan dari mod imsus emang mantaabb..imsus2c wrote:Tiptronic; secara umum adalah salah satu tipe/pelabelan pabrikan dari transmisi Manumatic, atau Manual-Automatic.hary_airblade wrote:@ mr saga TQ linknya.
Ditunggu link lainnya.
Oh iya....nih ada lagi yg ane belum paham. Tentang tiptronic ( apa triptonic ya...). Dah search di mbah google tapi kog masih ngambang ya....Otomatis bisa manual bisa tapi tanpa kopling......maklum aja ya para master, ane masih nubitol . Mohon kesabarannya......hehehe
Pada intinya, transmisi Manumatic ini adalah transmisi automatic, tapi dengan fasilitas/opsi bisa diatur sendiri pilihan giginya, alias driver bisa intervensi pilihan gigi...tapi hasil akhirnya kadang tetap dikontrol/overrule oleh sistem matic-nya itu sendiri.
Nah, cara pemilihan "manual" ini yang kadang dilabeli dengan berbagai julukan oleh pabrikannya
Ada yg dibilang Tiptronic tadi, ada Shiftronic, Geartronic, Steptronic...dsb
Seperti julukannya, Tip-Tronic, tipe transmisi Manumatic jenis ini, kalau mau atur gigi manual, sudah ngga pakai tuas lagi, tapi pakai semacam alat yg disebut paddle-shifter dan cukup dijentik/ditarik pakai jari. Paddle-Shifter ini biasanya ditaruh di bawah setir
Kalau ngga salah, yg pertama kasih nama Tiptronic ini di sistem transmisi Manumatic mereka si groupnya VW (VW-Audi-Porsche)
Cmiiw yaa.....
menambahkan, ect sama dengan tiptronic, tapi lebih lengkap.c_adhi_k wrote:@om adhi, Electronic Controlled Transmission (ECT).
lebih lengkap daripada tiptronik om?Cloud wrote:menambahkan, ect sama dengan tiptronic, tapi lebih lengkap.c_adhi_k wrote:@om adhi, Electronic Controlled Transmission (ECT).
yaitu, perpindahan gigi termasuk mekanisme kopling menggunakan actuator elektrik (selenoid). mekanisme koplingnya bisa tipe disc/plate seperti pada umumnya engine manual, atau pakai tipe band (sabuk) seperti pada umumnya matic planetary gear.
perpindahan gigi ini tidak sepenuhnya dikontrol driver, tapi menjadi satu kesatuan dengan sistem di mobil, misalnya sistem drive by wire, atau abs, atau ebd, dsb.
misal jika mengerem mendadak, secara otomatis akan pindah ke gear lebih rendah jika diperlukan untuk mengurangi beban rem. demikian pula, ketika di jalan yang licin (mulai slip), maka akan otomatis pindah ke gear lebih tinggi agar efek engine brake tak terlalu besar yang berefek pada slip yang lebih besar.
jadi intinya posisi gear sesuai kebutuhan yang diperlukan, bukan hanya tergantung dari kecepatan saja, namun juga posisi throttle, kemiringan jalan (elevation), kondisi jalan (licin/basah/kering), sudut belok, manuver, pengereman, beban di tiap roda,dsb, yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang pengemudi dalam satu waktu, kecuali oleh pembalap profesional yang telah terlatih dan siap menghadapi kondisi tersebut (misal saat race).