istilah otomotif
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
istilah otomotif
mo nanya SM'er semua...
ada gak trit ir postingan yg ngebahas istilah2 di dunia otomotif, yg akan berguna bagi nubie kayak ane. Tolong kalo ada kasih linknya di mati ya.....kalo belum, disini bisa untuk tanya dan penjelasan (dari yg dah paham mestinya)mohon kasih pencerahan istilah dan penjelasannya di sini. Maturnuwun. Silahkan.....
ada gak trit ir postingan yg ngebahas istilah2 di dunia otomotif, yg akan berguna bagi nubie kayak ane. Tolong kalo ada kasih linknya di mati ya.....kalo belum, disini bisa untuk tanya dan penjelasan (dari yg dah paham mestinya)mohon kasih pencerahan istilah dan penjelasannya di sini. Maturnuwun. Silahkan.....
VELOCITY....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
Re: istilah otomotif
ane ada banyak istilah yg gak ngerti, ato ngerti maksudnya tapi hak ngerti fungsi ato baik buruknya.
pertamax.....mohon kasih pencerahan dari para senior tentang FWD n RWD.
Plus minusnya ama mobil apa aja yg pake ....maturnuwun
pertamax.....mohon kasih pencerahan dari para senior tentang FWD n RWD.
Plus minusnya ama mobil apa aja yg pake ....maturnuwun
VELOCITY....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: istilah otomotif

salam knal om hary..saya msh nubie.
ini td saya langsung cek dg search kata "singkatan" langsung muncul ada cukup banyak hasil nya.
dari hasil pencarian saya, penerjemahan2 mengenai2 istilah2/singkatan2 tersebut nampaknya
banyak tersebar dibeberapa trit yg berbeda.

mari kita ubeg2 database dulu om

---
FWD-> gak bs dipake utk drifting
RWD-> bisa.

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: istilah otomotif
Salam kenal om Hary...
Menambahkan bro saga...
FF : Front-Front (mesin depan, penggerak depan) -> Jazz, Civic
FR : Front-Rear (mesin depan, penggerak belakang) -> Ipah, Habanjah
MR : Middle-Rear (mesin tengah, pengerak belakang) -> Honda NSX? Toyota MR? (database ane error kalo kena MR ini)
RR : Rear-Rear (mesin belakang, penggerak belakang) -> Porsche
Untuk istilah 4WD, 4x4, AWD, understeer-oversteer ada yang bisa membantu? Ane takut salah ngomong...
Menambahkan bro saga...
FF : Front-Front (mesin depan, penggerak depan) -> Jazz, Civic
FR : Front-Rear (mesin depan, penggerak belakang) -> Ipah, Habanjah
MR : Middle-Rear (mesin tengah, pengerak belakang) -> Honda NSX? Toyota MR? (database ane error kalo kena MR ini)
RR : Rear-Rear (mesin belakang, penggerak belakang) -> Porsche
Untuk istilah 4WD, 4x4, AWD, understeer-oversteer ada yang bisa membantu? Ane takut salah ngomong...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: istilah otomotif
Trit bagus ini
Menunggu para master memberi penjelasan

Menunggu para master memberi penjelasan

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
Re: istilah otomotif
Salam kenal juga mr. saga, ane malah masih super nubie di per boil an...hehehemr-saga wrote: salam knal om hary..saya msh nubie.
FWD-> gak bs dipake utk drifting
RWD-> bisa.
kelebihan dan kekurangannya lain apa gan, trus kalo hanya untuk pemakaian biasa bagusan mana ?
VELOCITY....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: istilah otomotif
Kirain fwd = forward, rwd =rewind..
.......
.......

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: istilah otomotif
OOT ya............y_anjasrana wrote:Kirain fwd = forward, rwd =rewind..
.......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: istilah otomotif
Lh0 bukannya ini ngomongin tulisan yg ada di hu jadul? Xixixi..... 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
Re: istilah otomotif
ampun master, mohon share ilmunya pada nubie.y_anjasrana wrote:Lh0 bukannya ini ngomongin tulisan yg ada di hu jadul? Xixixi.....
1. Bagusan mana penggerak depan dibanding belakang utk kendaraan sehari2.
2. di kend ada HP ama Torsi. Kalo HP kan tenaga (cmiiw), trus kalo torsi ntu apa dan untuk apa.

VELOCITY....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: istilah otomotif
Just kidding om.... biar ga terlalu seriuss...
1. Mending mana ya tergantung keperluannya apa dulu. Mobil fwd dikembangkan utk mobil penumpang yg murah meriah. Krn penggeraknya di depan maka ga butuh part ekstra di roda belakang. Ibaratnya roda belakang cuma muter doank, ga ada bonggol gardan segala. Tp kerugiannya kurang cocok utk beban berat. Ibaratnya gerobak didorong dan ditarik. Selain itu kelemahan lain muncul pd saat menikung. Istilah kerennya understeer. Mobil fwd cenderung melebar ditikungan. Kebalikannya mobil rwd yg oversteer. Makanya byk yg bilang mobil fwd ga bisa drift.
2. Hp itu utk topspeed, torsi utk akselerasi. Makin besar hp makin kencang. Makin besar torsi makin kuat tarikannya (biasanya utk beban berat). Tp itu tidak mutlak krn byk faktor lain yg jg menentukan.
Cmiiw, imaly
1. Mending mana ya tergantung keperluannya apa dulu. Mobil fwd dikembangkan utk mobil penumpang yg murah meriah. Krn penggeraknya di depan maka ga butuh part ekstra di roda belakang. Ibaratnya roda belakang cuma muter doank, ga ada bonggol gardan segala. Tp kerugiannya kurang cocok utk beban berat. Ibaratnya gerobak didorong dan ditarik. Selain itu kelemahan lain muncul pd saat menikung. Istilah kerennya understeer. Mobil fwd cenderung melebar ditikungan. Kebalikannya mobil rwd yg oversteer. Makanya byk yg bilang mobil fwd ga bisa drift.
2. Hp itu utk topspeed, torsi utk akselerasi. Makin besar hp makin kencang. Makin besar torsi makin kuat tarikannya (biasanya utk beban berat). Tp itu tidak mutlak krn byk faktor lain yg jg menentukan.
Cmiiw, imaly
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: istilah otomotif
Betul om Yun...y_anjasrana wrote:Just kidding om.... biar ga terlalu seriuss...
1. Mending mana ya tergantung keperluannya apa dulu. Mobil fwd dikembangkan utk mobil penumpang yg murah meriah. Krn penggeraknya di depan maka ga butuh part ekstra di roda belakang. Ibaratnya roda belakang cuma muter doank, ga ada bonggol gardan segala. Tp kerugiannya kurang cocok utk beban berat. Ibaratnya gerobak didorong dan ditarik. Selain itu kelemahan lain muncul pd saat menikung. Istilah kerennya understeer. Mobil fwd cenderung melebar ditikungan. Kebalikannya mobil rwd yg oversteer. Makanya byk yg bilang mobil fwd ga bisa drift.
2. Hp itu utk topspeed, torsi utk akselerasi. Makin besar hp makin kencang. Makin besar torsi makin kuat tarikannya (biasanya utk beban berat). Tp itu tidak mutlak krn byk faktor lain yg jg menentukan.
Cmiiw, imaly
Cuman, masa R3 ane dibilang mobil murah meriah? FWD sih...

BTT...
Kelebihan FWD, akselerasi spontan dan ga ada power loss yang hilang di batang torsi untuk kirim tenaga ke gardan belakang ala RWD. Selain itu, lantai mobil juga bisa dibuat rata yang bikin lebih leluasa...
Betul om, hp dan torsi banyak yang menentukan untuk aplikasi di jalan. Transmisi, tipe penggerak, ban, hingga diff bakal menentukan seberapa kencang akselerasi dan top speed mobil2. Kadang ada yang hp nya tinggi tapi torsi rendah. Belum lagi kurva torsi dan hp max. Semakin rendah, semakin cepat akselerasi mobil.
Imaly...
Cmiiw...

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: istilah otomotif
Coba r3 gadungan dibuat versi rwd, pasti lebih mahal. Krn pasti butuh macam2 part tambahan utk memindahkan roda pemutar kebelakang.
. Tp fwd yg ada skrg jelas sudah berkembang dibandingkan awalnya.
Ini gbr mobil nenek moyangnya r3 ente...


Ini gbr mobil nenek moyangnya r3 ente...

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: istilah otomotif
ferrari FF penggerak depan
itu mobil murah meriah juga ya

itu mobil murah meriah juga ya




Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: istilah otomotif
1. Secara fisika, bukannya ditarik atau didorong, sama saja energi-nya. Jadi seharusnya sih antara menarik atau mendorong tidak ada beda. Untuk beban berat, rasanya pertimbangannya lebih di traksi dan durabilitas penggeraknya. Bagaimanapun juga, untuk teknologi saat ini, sistem penggerak di mobil RWD akan lebih awet dibanding FWD secara as roda di mobil FWD juga berfungsi sebagai pembelok.y_anjasrana wrote:Just kidding om.... biar ga terlalu seriuss...
1. Mending mana ya tergantung keperluannya apa dulu. Mobil fwd dikembangkan utk mobil penumpang yg murah meriah. Krn penggeraknya di depan maka ga butuh part ekstra di roda belakang. Ibaratnya roda belakang cuma muter doank, ga ada bonggol gardan segala. Tp kerugiannya kurang cocok utk beban berat. Ibaratnya gerobak didorong dan ditarik. Selain itu kelemahan lain muncul pd saat menikung. Istilah kerennya understeer. Mobil fwd cenderung melebar ditikungan. Kebalikannya mobil rwd yg oversteer. Makanya byk yg bilang mobil fwd ga bisa drift.
2. Hp itu utk topspeed, torsi utk akselerasi. Makin besar hp makin kencang. Makin besar torsi makin kuat tarikannya (biasanya utk beban berat). Tp itu tidak mutlak krn byk faktor lain yg jg menentukan.
Cmiiw, imaly
Contoh lain, misalnya truk trailer, kalau hanya tractor head-nya, dia memang RWD, tapi begitu menarik trailer, secara sistem dia menjadi FWD. Begitupula kereta api.
Untuk mobil kecil (penumpang, bukan mobil niaga), sistem FWD justru lebih aman (=bukan lebih fun), karena beban mesin dan distribusi bobot kendaraan antara depan dan belakang, lebih banyak di depan yang akhirnya meningkatkan traksi roda.
Untuk mobil RWD, apalagi jika buritan lebih ringan (misalnya mobil niaga/barang tanpa muatan), kendalinya lebih susah, apalagi dijalan licin, sehingga muncul gejala yang disebut Fishtailing yang cukup berbahaya
Biasanya sopir mobil niaga paham ini, makanya kalau sering kosong muatan, dia bawa sansak di bak buat counter balance
Dan koreksi setir mobil yang understeer, relatif lebih mudah dibanding oversteer.
2. HP itu maya, alias hasil perhitungan. Sedangkan Torsi itu nyata, hasil pengukuran
Kalau lagi test dynamometer (dyno), sebenarnya yang diukur torsi-nya.
Coba silakan gunakan fitur search di forum ini, banyak kok dulu sudah dibahas, termasuk rumusnya

cmiiw juga yaaaaaa....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: istilah otomotif
Mantap neh penjelasan Om Imsus2c
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: istilah otomotif
Istilah2 yang ada sebenarnya sedikit relatif, cuma berdasarkan sistem yang dipakai. dan bisa aja masing2 produsen pakai istilah berbeda untuk sistem yang sama. misalkan, ff, front engine front wheel drive (mesin di depan, roda penggerak di depan). kalau mau buat rear engine front wheel drive (mesin di belakang, roda yang menggerakkan di depan) juga bisa, istilahnya jadi rf.
tenaga dan torsi mesin sebenarnya sama. tanpa torsi, takkan ada tenaga (hp). kalau tak ada tenaga terindikasi, bisa dipastikan tak ada torsi ato mesin diam (tak berputar).
torsi berlaku umum, yaitu gaya x langkah. gaya, misal beban/dorongan/tarikan ketika kita mengencangkan baut. sedangkan langkah, yaitu jarak kita melakukan usaha (beban/dorongan/tarikan) yang tegak lurus dengan pusat titik tumpu gaya (pusat baut)
makin panjang kunci (wrench) yang digunakan untuk mengencangkan baut, makin ringan terasa tangan kita mendorong. tapi, makin panjang kunci, kita makin lama memutar baut. beda dengan lengan kunci yang pendek.
makin pendek kunci buat mengencangkan baut, makin berat terasa tangan mendorong, tapi kita bisa lebih cepat memutarkan baut.
sedangkan tenaga adalah jumlah torsi yang dihasilkan dalam satuan waktu.
atau bisa juga torsi dikalikan dengan rpm (jumlah putaran per menit).
kalau torsi kecil, namun dalam satu menit dihasilkan banyak (misal 10.000 kali), maka tenaganya menjadi besar.
kalau torsi besar, namun dalam satu menit cuma dihasilkan 1 kali, ya sebesar itulah torsinya.
torsi besar tidak selamanya menjamin mesin berakselerasi lebih cepat. namun tenaga besar bisa menentukan kecepatan puncak yang lebih tinggi (asalkan rasio gearbox sesuai). akselerasi kendaraan tidak hanya dipengaruhi torsi, namun juga karakter engine. misal, jenis mesin (4 tak/2 tak), konfigurasi (bore x stroke, 1 silinder, 2 atau 4 silinder, dsb).
engine yang lambat menaikkan rpm meski torsinya besar, cenderung lebih lambat berakselerasi dibanding engine yang cepat menaikkan rpm yang memiliki torsi yang sama, namun topspeednya sama kalau torsi dan tenaganya sama.
tenaga dan torsi mesin sebenarnya sama. tanpa torsi, takkan ada tenaga (hp). kalau tak ada tenaga terindikasi, bisa dipastikan tak ada torsi ato mesin diam (tak berputar).
torsi berlaku umum, yaitu gaya x langkah. gaya, misal beban/dorongan/tarikan ketika kita mengencangkan baut. sedangkan langkah, yaitu jarak kita melakukan usaha (beban/dorongan/tarikan) yang tegak lurus dengan pusat titik tumpu gaya (pusat baut)
makin panjang kunci (wrench) yang digunakan untuk mengencangkan baut, makin ringan terasa tangan kita mendorong. tapi, makin panjang kunci, kita makin lama memutar baut. beda dengan lengan kunci yang pendek.
makin pendek kunci buat mengencangkan baut, makin berat terasa tangan mendorong, tapi kita bisa lebih cepat memutarkan baut.
sedangkan tenaga adalah jumlah torsi yang dihasilkan dalam satuan waktu.
atau bisa juga torsi dikalikan dengan rpm (jumlah putaran per menit).
kalau torsi kecil, namun dalam satu menit dihasilkan banyak (misal 10.000 kali), maka tenaganya menjadi besar.
kalau torsi besar, namun dalam satu menit cuma dihasilkan 1 kali, ya sebesar itulah torsinya.
torsi besar tidak selamanya menjamin mesin berakselerasi lebih cepat. namun tenaga besar bisa menentukan kecepatan puncak yang lebih tinggi (asalkan rasio gearbox sesuai). akselerasi kendaraan tidak hanya dipengaruhi torsi, namun juga karakter engine. misal, jenis mesin (4 tak/2 tak), konfigurasi (bore x stroke, 1 silinder, 2 atau 4 silinder, dsb).
engine yang lambat menaikkan rpm meski torsinya besar, cenderung lebih lambat berakselerasi dibanding engine yang cepat menaikkan rpm yang memiliki torsi yang sama, namun topspeednya sama kalau torsi dan tenaganya sama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: istilah otomotif
-DRIVE PART
AWD
RWD
FWD
-LAYOUT PART
FF
FR
RF
RR
-SAFETY PART
ABS
EBD
BA
SRS
AIRBAG
BODY STRUCTURE
-ENJIN PART
FOUR CAM
DOHC
SOHC
OHC
OHV
TRANS PART
MANUAL
ECT
HIDROLIC
CVT
PDK
TIPTRONIC LIKE ECT
LAIN2
ESP
PS
EPS
HPS
INJECTION PART
NO INJECT
EFI TOYOTA
PGM FI FOR HONDA nama beda2 tp fungsine podo wae
TIMING PART
T BELT
T CHAIN
PIPI TI AI ALAY DIKIT SOB
PI TEK
CATALIC GASOLINE IN (CGI)
DIRECT INJECT
ONE MORE!! IN LAYOUT'
MESIN KOLONG YANG DPAKE PORSCHE ISTILAHNYA APA YA??
ATO DIPAKE PIK UUP 2 LIKE CARRY OR ZWBRA
AWD
RWD
FWD
-LAYOUT PART
FF
FR
RF
RR
-SAFETY PART
ABS
EBD
BA
SRS
AIRBAG
BODY STRUCTURE
-ENJIN PART
FOUR CAM
DOHC
SOHC
OHC
OHV
TRANS PART
MANUAL
ECT
HIDROLIC
CVT
PDK
TIPTRONIC LIKE ECT
LAIN2
ESP
PS
EPS
HPS
INJECTION PART
NO INJECT
EFI TOYOTA
PGM FI FOR HONDA nama beda2 tp fungsine podo wae
TIMING PART
T BELT
T CHAIN
PIPI TI AI ALAY DIKIT SOB
PI TEK
CATALIC GASOLINE IN (CGI)
DIRECT INJECT
ONE MORE!! IN LAYOUT'
MESIN KOLONG YANG DPAKE PORSCHE ISTILAHNYA APA YA??
ATO DIPAKE PIK UUP 2 LIKE CARRY OR ZWBRA
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
Re: istilah otomotif
hohoho, siiiiplah, thanks atas pencerahannya yg OK bangetz. Jadi lebih ngerti ni ane, so bisa nambah referensi nih...y_anjasrana wrote: Just kidding om.... biar ga terlalu
seriuss...
VELOCITY....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: istilah otomotif
@om hary
Ini salah satu trit yg membahas istilah2 seperti itu.
Utk yg ini mengenai drivetrain:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16968
Dan msh bnyk lagi bertebaran di trit2 yg laen nya..
Ini salah satu trit yg membahas istilah2 seperti itu.
Utk yg ini mengenai drivetrain:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=16968
Dan msh bnyk lagi bertebaran di trit2 yg laen nya..

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: istilah otomotif
R3 gadungan yang JDM dulu AWD + Turbo... Hiks...y_anjasrana wrote:Coba r3 gadungan dibuat versi rwd, pasti lebih mahal. Krn pasti butuh macam2 part tambahan utk memindahkan roda pemutar kebelakang.. Tp fwd yg ada skrg jelas sudah berkembang dibandingkan awalnya.
Ini gbr mobil nenek moyangnya r3 ente...
Ga berhasil memasukkan tuh mobil via jalur resmi di Duta Bayu...

Mobil Parisienne Victoria ini asyik juga kursi nya, ngalah2in kursi di ruang tamu rumah bokap ane...

Murah meriah om...c_adhi_k wrote:ferrari FF penggerak depan
itu mobil murah meriah juga ya
![]()
![]()
![]()




Setuju dengan bro Badak... Mantab penjelasan om imsus...
Ane belum pernah ngerasain oversteer, ga berani oversteer di seri 5 F10 dan CLS 63 AMG temen ane. Kalo kenapa2 ane bisa jual rumah demi ngebaikin tuh mobil. Di Habanjah ko2 ane malah takut terguling2...

Understeer uda bolak balik di alm CityZ ane... Injak rem dikit, oper gigi rendah, injak gas rata lantai, dan sudah terkoreksi dengan penuh gaya...

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sun Apr 14, 2013 1:29
Re: istilah otomotif
@ mr saga TQ linknya.
Ditunggu link lainnya.
Oh iya....nih ada lagi yg ane belum paham. Tentang tiptronic ( apa triptonic ya...). Dah search di mbah google tapi kog masih ngambang ya....Otomatis bisa manual bisa tapi tanpa kopling......
maklum aja ya para master, ane masih nubitol . Mohon kesabarannya......hehehe
Ditunggu link lainnya.
Oh iya....nih ada lagi yg ane belum paham. Tentang tiptronic ( apa triptonic ya...). Dah search di mbah google tapi kog masih ngambang ya....Otomatis bisa manual bisa tapi tanpa kopling......

VELOCITY....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: istilah otomotif
Pertanyaan sederhana yg gak terjawab sampe sekarang..
Kl liat iklan baris motor sekenan, itu istilah 'CW' refer ke apa ya? Velg aluminium katanya? Lha tu huruf 'CW' gimana muasalnya?
Thank you.
Kl liat iklan baris motor sekenan, itu istilah 'CW' refer ke apa ya? Velg aluminium katanya? Lha tu huruf 'CW' gimana muasalnya?
Thank you.
Das Beste oder nichts.