http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/25322
TOYOTA ASTRA MOTOR
Terbukti Quality Control Mobil Toyota Avanza Hanya Stempel Belaka
RABU, 3 AGUSTUS 2011 | 01:16 WIB
Pada tanggal 27 Juli 2011 sore, saya menerima mobil pesanan saya (Type : T20519815BA – Avanza S A/T 10 / No Rangka : MHFM1CB4JBK015686 / 3SZ DCC7460) dari Dealer Toyota Astrido Bandengan. Namun pada saat melakukan penyerahan mobil, saya melakukan pengecekan menyeluruh keadaan mobil,
namun saya melihat kejanggalan pada warna cat dipanel body depan atas roda sebelah kanan (bagian dekat stir).
Warna cat pada panel tersebut terlihat tidak sempurna, lalu saya
bertanya kepada salesnya tentang masalah tersebut dan dijawab kemungkinan cuma kotor saja dan akhirnya saya menerima keadaan mobil tersebut.
Keesokan harinya (28 Juli 2011 ), saya langsung mencuci mobil dengan sistem steam, ditempat biasa saya mencuci,
setelah pengeringan memang tampak warna cat pada panel body tersebut tidak sempurna dan juga tampak lampu depan utama berembun dan buram setelah dicuci.
Besoknya (29 Juli 2011), saya membawa mobil tersebut ke Bengkel Astrido Bandengan dan saya mengajukan komplain atas permasalahan tersebut. Permasalahan saya ditanggapi dengan baik dan cepat oleh SA / Bapak Asmadi dan dijelaskan bahwa memang warna cat pada panel body tersebut tidak sempurna. Berhubung komplainan terhadap body mobil, pekerjaan membutuhkan waktu 2 hari dan untuk itu mobil saya harus ditinggal.
Akhirnya saya membuat perjanjian dengan bapak asmadi untuk memperbaiki pada tanggal 1 agustus saja dan tanggal 2 agustus mobil saya sudah selesai diperbaiki dengan baik.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana bisa, mobil saya yang pengecatannya tidak sempurna itu, bisa lolos dari bagian Quality Control TAM yang katanya setiap mobil yang diproduksi oleh TAM diawasi secara ketat Quality Control nya.
Padahal, jelas-jelas pengecatan itu tidak sempurna dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Timbul dalam pikiran saya, jangan-jangan, yang tidak terlihat dengan mata kita, Quality Control nya langsung di stempel “OK” saja tanpa basa basi oleh bagian Quality Control TAM. Dengan kejadian ini, saya sungguh sungguh dibuat susah oleh TAM, boleh dikatakan mobil baru, tapi keluaran bengkel, bukan keluaran show room.
Belum lagi waktu dan biaya yang saya keluarkan terbuang percuma hanya untuk komplain akibat ketidak profesionalan bagian Quality Control TAM. Sejauh manakah tanggung jawaban profesional pihak TAM dalam masalah ini?
Apakah seperti ini semua produk avanza yang diproduksi TAM dalam skala besar sehingga Quality Control cuma sebatas kata kata stempel “OK “ belaka?
wirahadi widjaja
komplek taman palem lestari blok E8 no 67
cengkareng jakarta barat