Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by asudarsono »

Resale Value wrote:http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/21552


Kontrol Kualitas Servis Tunas Toyota Mampang Mengecewakan

SELASA, 22 MARET 2011 | 09:09 WIB


Pada hari Rabu, 16 Maret 2011, mobil Toyota Vios B 15** UA* menjalani servis rutin 10,000KM dengan keluhan mobil tersendat-sendat saat dijalankan mundur. Setelah 1 hari digunakan, tanggal 18 Maret 2011, setiap kali melewati jalan yang bergelombang atau terkena lubang, terdengar bunyi keras seperti logam beradu dari roda kiri depan.


Karena merasa terganggu dan tidak nyaman dengan bunyi tersebut, saya memeriksakan mobil ke Auto 2000 Pangeran Jayakarta, pada hari Sabtu 19 Maret 2011, setelah diperiksa, ternyata baut kaliper rem depan kiri hilang satu! Hal ini sangat membahayakan, karena kaliper rem dapat terlepas sewaktu – waktu. Sewaktu menunggu spare parts, mobil saya harus menginap dan tidak boleh digunakan karena sangat beresiko. Saya sungguh kecewa dengan kontrol kualitas servis dari Tunas Toyota Mampang, kesalahan yang dapat berakibat fatal bagi pengguna kendaraan Toyota.


Andi Marsali
Jl. Pademangan 3 Raya No. 256
Jakarta Utara
Masa pasang baut kudu nginap nunggu kiriman?
Ready to Race
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

jadi inget fortuner 205 jt....

gt mau coba di klarifikasi lebi lanjut... lgs.. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:


kaya lg denger ocehan sales GTI aja..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by hitutbaw »

Edun Si om RV membabi buta... Ini mah thread nissan.. Jgn napsu begitu dong om RV. Btt.. Sy pernah pakai livina xr, bolak balik beres itu setir bunyi kokolotrakan gak sembuh2...Dan mesin ngeletrek gak sembuh3..Ganti ke t31 (nissan deui, gara2 ngenyoy hipu suspensinya), 1 thn pakai relatif gak masalah..(Blm kl ya..he). Masalahnya lama2 jd sadar, gak kerasa nyetir..gak ada rasanya sm sekali, plus kl ke tasik (imaly) jln kelok2 ayunannya keterlaluan...tambahan selama pake nissan ke beres nya antri banget di bandung
Biliando
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon Mar 18, 2013 7:34

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Biliando »

lucu bgt ngeliat bung rv bikin thread baru yang judulnya sama... cuman diganti nissan ke toyota.. gue ga setuju bro... ane pake toyota udah byk bgt... dr dulu... ga pernah ada komplain...

kalo mntt ane sih semua ada plus minus dan ada dpt brg yang kemungkin emang agak 'kacau' jadi hokian2 kita aja pas beli mobil

oi ya just info gue akhirnya tetep ngambil c26 dan menjadi tantangan buat gue untuk nyobain merk lain... agak bosan juga toyota fiturnya parah.. bener2 overpriced... thx sm... but gue bingung milih mobil.. tapi bisa ambil keputuaan yg menurtu ane terbaik...
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by MonSTER_GTR »

good choice lah, kalo buat keluarga emang c26, dah no kompromi kalo buat for family :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
Here Come's The Best Car - Coming soon
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Penikmat_Kopi »

nanti semua trit sama si RV dicopiin semua link komplenan toyota :mky_07:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Nightster Guy »

Biliando wrote:-

oi ya just info gue akhirnya tetep ngambil c26 dan menjadi tantangan buat gue untuk nyobain merk lain... agak bosan juga toyota fiturnya parah.. bener2 overpriced... thx sm...

-
Berhubung TS akirnya MALAH beli NISSAN, ini merupakan pukulan telak MEMATAHKAN prasangka tendensius RV di bawah ini:
Resale Value wrote:Untuk imbangi black campaign yang di lakukan kepada atpm non-toyota di sini, seolah cuman

-
Jleb. Telak heeeehehehe ... Om Biliando 'black campaign' Nissan ko malah beli Nissan.. :mrgreen:

Gosh.. Get a life bro RV will ya capedeee ..
Das Beste oder nichts.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Penikmat_Kopi »

Nightster Guy wrote:
Biliando wrote:-

oi ya just info gue akhirnya tetep ngambil c26 dan menjadi tantangan buat gue untuk nyobain merk lain... agak bosan juga toyota fiturnya parah.. bener2 overpriced... thx sm...

-
Berhubung TS akirnya MALAH beli NISSAN, ini merupakan pukulan telak MEMATAHKAN prasangka tendensius RV di bawah ini:
Resale Value wrote:Untuk imbangi black campaign yang di lakukan kepada atpm non-toyota di sini, seolah cuman

-
Jleb. Telak heeeehehehe ... Om Biliando 'black campaign' Nissan ko malah beli Nissan.. :mrgreen:

Gosh.. Get a life bro RV will ya capedeee ..
malu nggak ya Om RV :big_weee:
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by campoeran »

mmg punya kemaluan ?
Resale Value

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Resale Value »

Hehehe, siapa yang bilang TSnya black campaign nissan ? member lama di sini tau lah siapa aja yang nissan hater / toyota lover, ada kesempatan selalu serang ngak cuman nissan, tapi atpm lain yang non-toyota, padahal belum pernah pakai, udah main cap after salesnya jelek dll.


dari awal saya sadar TS cuman agak kwatir ada berapa orang di forum jelek jelekin nissan dan atpm non-toyota lain. saya cuman mau ingatkan bahwa penjualan sebagai contoh, nissan tiap tahun tumbuh, dan di banding ama tahun 2002, sekarang penjualan mereka cukup besar.


populasi mobil nissan toh sudah ngak sedikit di indonesia. tinggal pakai otak aja, jika benar after sales mereka ambu radul, seharusnya salesnya udah tinggal kecil hari ini. dan jika benar mobilnya banyak masalah serius.


ngak perlu tunggu 10 tahun kok, lihat carnival jaman dulu, baru 1-2 tahun udah banyak orang tau banyak masalah. resale valuenya turun bebas. ginian ngak ada orang yang bisa nutup nutupin. ngak lama pasti ketahuan.


namun saya tegaskan, hari ini kia sudah beda jauh. mobil mereka sudah sangat bagus, safe, fitur banyak, harga bagus, dan yang ngak semua orang sadar, resale value mereka, misalnya kia sportage, sudah sangat jago ! karena sudah bebas masalah seperti carnival dulu.


tapi karena antek antek toyota, idnya siapa aja udah jelas kok, ingin terus sebarkan black campaign kepada atpm non-toyota, ngak masalah, cuman supaya beritanya imbang untuk member baru seperti TS, mau ngak mau berita ketidak sempurnaan toyota juga harus di sebar, supaya TS dan member lain non-fanboy sadar, beli toyota pun ngak jamin akan dapat pengalaman bebas masalah selamanya.


cuman bedanya saya pakai kasus beneran, fanboy toyota di sini kerjaannya cuman teriak teriak. ngak jelas identitasnya siapa.


pula pemilik nissan di indonesia saat ini berapa ? udah ratusan ribu minimal ada. contoh teriak teriak di forum berapa kasus ? masa mau di jadikan acuan apakah aftersales sebuah merek bagus atau jelek rata rata ?


tapi ya sudah, karena fanboy toyota terus mau hancurkan merek saingan mereka, mau ngak mau kebobrokan mereka sendiri harus di keluarkan juga.


Nightster Guy wrote:
Biliando wrote:-

oi ya just info gue akhirnya tetep ngambil c26 dan menjadi tantangan buat gue untuk nyobain merk lain... agak bosan juga toyota fiturnya parah.. bener2 overpriced... thx sm...

-
Berhubung TS akirnya MALAH beli NISSAN, ini merupakan pukulan telak MEMATAHKAN prasangka tendensius RV di bawah ini:
Resale Value wrote:Untuk imbangi black campaign yang di lakukan kepada atpm non-toyota di sini, seolah cuman

-
Jleb. Telak heeeehehehe ... Om Biliando 'black campaign' Nissan ko malah beli Nissan.. :mrgreen:

Gosh.. Get a life bro RV will ya capedeee ..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

biar adil yahh...

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/37580

Nissan Juke Mengecewakan
Selasa, 12 Februari 2013 | 10:49 WIB

Saya membeli mobil Nissan Juke pada Desember akhir 2012, mobil tiba di rumah januari awal. Begitu mobil tiba di rumah, sudah ada beberapa keluhan yang membuat saya kesal dengan Nissan. Saya bolak balik beberapa kali ke bengkel resmi Nissan untuk mengurusnya. Setelah saya email ke Nissan Care, baru benar-benar ditanggapi oleh bengkel resmi. Salah satu yang saya komplain adalah gejala ndut-ndutan di Nissan Juke. Semua teman saya yang menggunakan Nissan Juke mengalami kejadian yang sama dan sudah amat terganggu dengan gejala ini. Saya klaim di Nissan Kelapa Gading, saya dilayani oleh Dewa. Dia memberikan penjelasan mengenai gejala ndut-ndutan.

Saya sendiri tidak begitu mengerti mengenai mobil, jadi saya hanya bisa menerimanya saja. Saya ingin Nissan membereskan gejala ndut-ndutan yang terjadi di Nissan Juke bukan hanya dengan penjelasan saja. Karena semakin lama semakin terasa gejala ndut-ndutan ini. Sebenarnya saya tidak ingin menempuh jalan ini untuk membereskan masalah ini. Tetapi banyak sekali masalah-masalah kecil yang muncul di Nissan Juke. Padahal mobil saya baru 1 tahun 1 bulan. Entah memang kualitas Nissan yang buruk atau saya sial mendapatkan nissan juke yang cacat.

Yudhie
Jl. Torompio - Kelapa Gading
Jakarta Utara
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www.suarapembaca.net/report/read ... rofesional




Hubungi kami
[email protected]
Mobil saya Nissan Grand Livina B 1021 MP, servis pada tanggal 6 Juni 2012 di bengkel NISSAN TB Simatupang, ditangani oleh Bp Agung, dengan keluhan: Servis rutin KM 80.000, kunci stater tidak mau lepas dari rumah stir, mesin ngelitik. Dijelaskan bahwa kunci tidak bisa dilepas dari stir karena kunci tsb sudah aus, saya bingung, apabila kunci aus harusnya jadi dol bukan tidak bisa dilepas dan tidak pernah saya jumpai di mobil Nissan atau mobil lainnya kasus seperti ini.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www.kaskus.co.id/post/50c8a8dee574b4fa08000016

keluhan saya adalah
mobil saya juke mengalami masalah di bagian busi.
saat mobil dalam keadaan menyala di rpm 1000-an mobil terasa pincang.
kemudian saya melakukan service hari ini(10-12-2012) ke nissan Jl. Gatot Subroto No. 148, Petisah Tengah, Medan
kata mekaniknya busi saya gosong dan harus di tukar.
setelah selesai saya di minta membayar biaya busi dan service.
yang mau saya tanyakan:
1. sesuai pernyataan pihak nissan bahwa produk nissan bergaransi 3 tahun untuk mesin. apakah mobil saya yang kerusakanya karena kerusakan busi tidak ditanggung pihak nissan?
dimana kita ketahui bahwa ketahan busi mobil tidak mungkin hanya bisa bertahan 7500 km. apakah pihak nissan memasangkan busi seken ke mobil baru yang ketahanaya hanya 7500km?
yang dimana saya harus membayar busi yang jelas jelas belum pantas untuk rusak. dimana tangung jawab nissan atas janji produk nissan "BERGARANSI 3 TAHUN "????
2. apakah sebab mobil saya sampai businya bisa gosong? mobil saya masih strandart tanpa modifikasi mesin dan kelistrikan dan selalu pakai pertamax.
3. apa saja komponen mobil yang masuk dalam kategori barang "BERGARANSI 3 TAHUN" itu???

penyataan saya ini akan saya postingkan ke kaskus http://www.kaskus.co.id/post/50c73af...462e000007
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www.mail-archive.com/surat-pemba ... 00379.html

Saya membeli mobil baru merek Nissan X-Trail manual 2000 cc pada awal Januari
2007 dan awalnya tertarik karena terkesan kokoh, gagah, dan elegan. Namun,
kenyataannya apa yang didapat sangat berbeda dengan apa yang dibayangkan. Mobil
baru yang diserahterimakan ternyata baru dua hari sudah bermasalah. Mobil
secara tiba-tiba mogok saat dipakai dan kerusakannya pada sistem kopling yang
tidak bisa berfungsi.

Bayangkan, mobil masih baru dan jok masih terselimuti plastik tiba-tiba mogok
dan harus didorong di depan khalayak ramai sehingga saya merasa tidak aman.
Anehnya, kejadian mogok tidak hanya sekali, tetapi bisa sampai tiga kali dalam
hari yang sama. Kemudian saya melaporkan kejadian tersebut kepada dealer resmi
Nissan tempat membeli mobil dan akhirnya dibawa ke bengkel Nissan untuk
diinvestigasi.

Menurut staf dealer dan staf bengkel yang sama, mobil mengalami
gangguan/kerusakan pada sistem kopling dan sudah diganti master koplingnya.
Dalam pemakaian sehari-hari ternyata saya masih mengalami kendala, yaitu
kopling yang kurang nyaman (agak berat) dan tenaga yang kurang maksimal.
Permasalahan selalu timbul seputar hal tersebut dan selalu saya laporkan kepada
pihak bengkel resmi Nissan.

Pada waktu dari bengkel keluhan hilang, tetapi kemudian muncul/timbul lagi hal
yang sama. Yang membuat kaget dan kecewa ternyata semua biaya penggantian suku
cadang dibebankan kepada saya, padahal seharusnya biaya penggantian suku cadang
yang disebabkan dari kesalahan pabrik/perakit dengan mengacu pada Buku Jaminan
& Perawatan Nissan yang menyebutkan: ”Masa Jaminan berlaku 3 (tiga) tahun, atau
100.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu terhitung sejak tanggal
penyerahan kendaraan kepada pemilik pertama.” Padahal, mobil baru berumur
kurang dari dua tahun dengan jarak tempuh 46.000 kilometer.

Haryana
Cipinang Cempedak RT 010 RW 002, Jatinegara, Jakarta


Sumber: Harian Umum KOMPAS
URL: http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/0 ... edaksi.yth
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/27974

Keluhan Radiator Nissan X-Trail
Rabu, 23 November 2011 | 13:52 WIB

Saya adalah pemakai Nissan X-Trail sejak sekitar 2 tahun lalu dan selalu rajin ke bengkel resmi serta menggunakan parts original dari Nissan. Pada pertengahan tahun 2011 saya melakukan overhaul Nissan di bengkel non-resmi, namun saya tetap menggunakan parts asli dari Nissan (meskipun bengkel menawarkan parts non-ori).

Saya beranggapan parts ori tetap yang terbaik. Bengkel saya mengambil parts ori dari Bengkel Nissan Kebon Jeruk, salah satu yang diganti adalah radiator ori. Baru sekitar 6 bulan tiba-tiba radiator saya bermasalah. Dari hasil investigasi oleh Bengkel Nissan Puri Indah, disampaikan bahwa ada kebocoran di kisi-kisi, belakangan saya tahu bahwa kebocoran itu sebesar jarum, tapi mengakibatkan radiator coolant menetes.

Sebagai catatan, saya overhaul juga akibat mesin jebol kemasukan air gara-gara radiator bermasalah. Jadi sudah 2x dalam setahun saya kena problem radiator. Saya mencoba urus ke bengkel saya (Kedoya Raya), disampaikan bahwa parts diambil dari Nissan Kebon Jeruk. dan saat dulu pembelian saya ingat memang membayar dengan harga resmi sebesar Rp 3,8 Jutaan (incl. PPN).

Saya berharap Nissan dapat menggaransi parts originalnya, meskipun pemasangan tidak dilakukan di Nissan. Bila argumentasinya adalah karena pemasangan tidak dilakukan di Nissan, apakah Nissan dapat menunjukkan penyebabnya adalah kesalahan pemasangan? Nyatanya Nissan juga tidak berani menyatakan demikian.

Kebocoran sebesar jarum di lokasi yang sulit terjangkau pasti disebabkan cacat pada barang (1 dari 1.000 barang yang di QC mungkin saja ada cacat kecil). Tawaran dari Nissan berupa diskon 50% untuk penggantian radiator tidak dapat saya terima, karena saya beranggapan bahwa saya sudah membayar penuh harga resmi barang tsb. Diskon 50% itupun adalah tawaran dari Bengkel Nissan Kebon Jeruk (Pak Yosa, Operation Head).

Sedangkan Customer Relation Manager (Pak Wisanto) sama sekali tidak menawarkan tambahan apa-apa, walaupun infonya sudah diesklasi sampai Deputy Director (nyatanya saya hanya terima surat dan email dari Pak Wisanto, tanpa cc ke Deputy Director). Apa benar sudah dieskalasi? Dengan berat hati mobil saya tarik dari bengkel, dengan kondisi radiator ditambal lem besi oleh Bengkel Nissan Kebon Jeruk.

Masukan saya untuk PT Nissan Motor Indonesia, jangan pernah mengabaikan customer hanya dengan berdasarkan aturan-aturan yang kaku. Ketika Anda mulai mengabaikan 1 orang customer, maka Anda akan cenderung mulai mengabaikan yang lainnya. Sejak saat ini saya memutuskan untuk tidak menjadi pengguna mobil Nissan lagi.

Gustinus Bayuaji
Jl. Mawar III/19, Pejuangan Raya, Kebon Jeruk
Jakarta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/22373

nissan Halim Mengecewakan
Senin, 18 April 2011 | 15:01 WIB

Saya seorang wanita, dan telah memakai Grand Livina (GL) tipe 1.5 XV MT sejak Nopember 2007 (No Pol. B 1785 TY). Sehari-hari mobil digunakan untuk bekerja dari rumah ke kantor dengan jarak ± 20 km dengan kondisi jalan yang mulus, karena saya selalu lewat tol. Kebetulan rumah dan kantor saya dekat dengan pintu tol. Saya biasa service berkala di Nissan Raden Inten, namun pada service 60.000 km saya pindah ke Nissan Halim dengan alasan Bengkel Nissan Halim lebih besar, jadi antrinya tidak lama. Awalnya saya merasa beruntung membeli GL, karena menurut saya mobil GL adalah mobil MPV terbaik. Nyaman, suara mesin halus, larinya kencang dan harga bersaing. Namun akhir-akhir ini saya kecewa dengan GL. Pasalnya pada saat saya service rutin 60.000 km, saya mengeluhkan bunyi ‘duk-duk-duk’ di bagian setir pada saat belok. Saya khawatir tiba-tiba setirnya patah. Sebenarnya bunyi-bunyi itu sudah lama terdengar, bahkan pada saat service 50.000 km. Tapi belum seperti kondisi sekarang. Selain itu saya juga mengeluhkan jarum indikator bensin yang ngaco, kadang-kadang muncul lampu kuning pertanda bensin habis, padahal bensin masih banyak. Masalah jarum indikator bensin sudah saya keluhkan sejak service pertama kali saat 1000 km. Tetapi masih saja ngaco, padahal waktu itu menurut teknisinya sudah di ganti. Service Advisor menjelaskan bahwa bunyi ‘duk-duk-duk’ terjadi pada Steering Rex dan Joint Steer, atau apa tepatnya saya tidak mengerti. Dan itu merupakan cacat produknya GL. Namun demikian pihak Nissan Halim tidak dapat menerima klaim saya untuk stering rex karena masa garansi sudah habis. Sedangkan untuk masalah joint steer dan jarum indikator bensin klaim masih bisa diterima karena masa garansi diperpanjang sampai akhir tahun 2011. Saya tanyakan, mengapa pihak Nissan tidak langsung mengganti produk cacat tersebut pada saat saya service rutin?? Bukankah itu akan menambah kepuasan dan meningkatkan kepercayaan yang tinggi pada pelanggan?? Mengapa pihak Nissan hanya “menunggu” melakukan penggantian setelah ada klaim dari pelanggan sebelum masa garansi habis? Saya simpulkan bahwa pihak Nissan memanfaatkan ketidaktahuan pelanggan seperti saya yang tidak mengetahui soal mesin mobil. Saya adalah pemakai GL yang taat melakukan service rutin ke bengkel resmi, karena saya sadar saya tidak mengetahui tentang mesin mobil. Service Advisor akan membantu dengan mengajukan klaim goodwill ke pihak Nissan untuk masalah saya ini, tapi sampai saat ini (± dua bulan) belum ada kabar dari Nissan. Iseng-iseng saya searching di internet tentang keluhan pemakai GL. Ternyata memang sudah banyak yang mengeluhkan soal bunyi ‘duk-duk-duk’ itu. Saya juga memberitahukan ke teman-teman di kantor yang memakai GL untuk cepat-cepat melakukan klaim sebelum masa garansi habis. Karena ternyata keluhan teman-teman juga sama dengan keluhan saya. Dan mereka menyampaikan terima kasih ke saya. Saya sangat berharap klaim goodwill saya bisa disetujui. Mengingat nama besar Nissan sebagai salah satu produsen automotif besar dan terpercaya di tanah air. Terima kasih.

Nani Martini
Villa Cibening Indah B.3, Jatibening
Bekasi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/38492

Joint Steer Nissan Evalia
Jumat, 22 Maret 2013 | 10:37 WIB

Saya telah melakukan pemeriksaan Joint Steer pada bengkel resmi Nissan Makassar Jl. AP. Pettarani, sambil melakukan service 10.000 km (sebenarnya km saya baru menunjukkan angka 7600an dan masa pakai 4,5 bulan). Hanya saja adanya beberapa keluhan yang saya rasakan sehingga saya memutuskan untuk servis lebih awal.

Melalui service Advisor bernama Edo setelah di cek katanya Joint Sterr bermasalah dan harus menunggu kiriman dari Jakarta dan sdr Edo tidak bisa memastikan kapan akan tiba. Padahal sebelumnya melalui email dari bpk Jossie E Nugroho Customer Relation Department Nissan. Saya disarankan ke bengkel resmi Nissan Pettarani Makassar tanggal 6 Maret 2013 untuk mendapatkan penanganan terkai masalah Joint Steer Nissan Evalia. Tapi ternyata sampai tanggal 21 Maret 2013 part Joint Steer belum tersedia di Beres Makassar. Sangat aneh. Tidak adanya singkronisasi antara nissan di pusat dan beres Nissan di Makassar.

Saya merasa sangat dirugikan terkait waktu karena saya tinggal di Daerah yang jauh dai Beres di Makassar. Padahal pihak Nissan sudah tahu kalau ada masalah pada Joint Steer Nissan Evalia, kenapa part tersebut tidak ready di Beres Makassar? Belum lagi persoalan air yang selalu tersimpan di tangkai spion kiri dan kanan yang sudah menyebabkan karat.

Sudah diperiksa tapi tidak ada penanganan. Dan hanya mengatakan persoalan air yang ada ditangkai spion bermasalah di semua evalia dan lagi menunggu petunjuk dari Nissan pusat karena sudah dilaporkan. Padahal masalah ini sudah lama saya keluhkan di Nissan Makassar melalui SA sdr Arga. Tidak adakah standar pelayanan yang diberlakukan oleh Nissan sehingga tidak merepotkan costumer? Saya tunggu tanggapan dari Nissan.

Irwan Suryadi Ridwan
Jl. Kesehatan 3 no. 6
Jeneponto
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

dan inilah penipuan terbesar dan terkenal oleh batu makam....

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/26288

Hati-hati dengan Iklan Nissan March!
Rabu, 14 September 2011 | 14:30 WIB

Pada tanggal 7 Maret 2011 yang lalu, saya membeli Nissan March di Nissan cabang Warung Buncit karena tertarik dengan iklan dari Nissan March baik di surat kabar maupun internet bahwa konsumsi BBM Nissan March Matic 18.5km/liter. Setelah pemakaian kurang lebih 1-2 bulan, saya menyampaikan keluhan saya ke Nissan cabang Warung Buncit, karena menurut perhitungan pribadi saya, average dari konsumsi bbm Nissan March saya jauh berbeda dengan yang sudah diiklankan.

Setelah melalu beberapa test drive dan terakhir kali di test drive oleh pihak Nissan Motor Indonesia, untuk dalam kota jatuh pada angka 7km/ltr - 9km/ltr. Setelah pengecekan terakhir oleh teknisi Nissan Motor Indonesia, oleh Bpk. Dino Apriadi Gautama (CR Dept.) dan Bpk. Doni (Teknisi Dept.) disampaikan kepada saya bahwa mobil saya tersebut tidak ada masalah. Tetapi setelah saya meminta solusi karena saya membeli Nissan March karena tergiur oleh iklan irit bbmnya, mereka tidak memberikan solusi apapun sampai saat ini (terakhir kalau tidak salah 1 Agustus lalu).

Dan ketika saya meminta hasil dari pengecekan mobil saya tersebut, Bpk. Dino menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan dalam format e-mail kepada saya beberapa hari setelah pertemuan kami. Tetapi pada kenyataannya yang dikirimkan hanya hasil test pada jalan bebas hambatan, sedangkan hasil di jalan kota tidak diberikan dengan alasan tidak sesuai dengan standard dalam melakukan pengetesan uji konsumsi bbm. Yang menjadi pertanyaan saya, ada apa sebenarnya sampai pihak NMI keberatan mengeluarkan pernyataan tertulis untuk hasil di jalan kota mobil saya.

Seperti di iklannya, Nissan March di klaim sebagai city car yang penggunaan bahan bakarnya super irit. Saya tidak minta muluk-muluk kepada pihak Nissan pada pertemuan yang lalu, saya hanya minta dibuktikan bahwa konsumsi bbm mobil saya tidak berbeda terlalu jauh dari iklannya, misalnya 14km/ltr-15km/ltr. Sebagai wanita yang awam soal mobil, saya sangat kecewa dengan iklan Nissan March yang sangat menyesatkan konsumen dan juga sangat kecewa dengan pelayanan after sales dari Nissan cabang Warung Buncit dan Nissan Customer Relation mengenai keluhan saya.

Karena sebelumnya saya sangat percaya dengan nama besar Nissan Motor Indonesia. Mohon sebagai konsumen Anda lebih teliti dan jangan mudah percaya dengan iklan, khususnya iklan dari Nissan.

Ludmilla Arif
Jl. Kalibata Tengah, Komp. PT.PAS no.1, Warung Buncit
Jakarta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/readtanggapan/22800

ndikator Bensin Nissan Livina tidak Berfungsi
Senin, 2 Mei 2011 | 13:00 WIB

Saya sebagai pemilik mobil Nissan Grand Livina 2007, tangan pertama, merasa dirugikan dengan pelayanan ATPM Nissan Livina. Setelah 6 bulan memiliki mobil Livina, indikator bensin tidak berfungsi dengan benar sehingga membuat bingung kami, baru isi bensin, tapi indikator menunjukkan habis.

Setelah melakukan komplain, mereka menolak untuk mengganti kerusakan tersebut dengan alasan klasik bahwa saya tidak pernah service pada bengkel resmi Nissan. Menurut pendapat saya pada waktu itu adalah kerusakan pada indikator bensin itu merupakan cacat bawaan pabrik dan harus segera diganti tanpa harus mengulur waktu dan mencari segudang alasan terlepas dari dimana pemilik mobil service kendaraannya.

Saya membeli mobil tersebut dari showroom Nissan Livina di PIK. Baru seminggu ini saya kembali teringat dengan masalah ini setelah mendengar berita di radio dan melihat berita yang di rilis di banyak web, blog, etc, mengenai penarikan (recall) mobil Nissan Livina di Malaysia.

Penjualan mobil Nissan di Malaysia relatif lebih sedikit daripada Indonesia, namun mereka lebih responsive dan mau mengakui bahwa kerusakan tersebut adalah cacat bawaan dan harus segera diganti tanpa embel embel lainnya demi mempertahankan reputasi maupun nama baik Nissan di negeri tetangga tersebut.

Indikator bensin pada mobil saya masih dalam keadaan rusak, saya menggunakan odometer untuk mengetahui secara kira kira kapan bensin habis. Saya sengaja tidak memperbaiki sebagai bentuk protes. Saya yakin banyak pemilik mobil Nissan livina yang mengalami kerusakan serupa. Mudah mudahan pihak ATPM Nissan mengetahui mengenai masalah ini dan beritikad untuk menyelesaikannya.

Hormat Kami,

Mulyadi Lo
Jl Griya Utama Blok A no 34
Jakarta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/31396

Hati-hati dengan Mobil Nissan Juke!
Selasa, 10 April 2012 | 08:58 WIB

Pada tanggal 12 November 2011 klien kami, Bernard membeli 1 (satu) Unit mobil Nissan Juke seharga hampir Rp.252.000.000,- (dua ratus lima puluh dua juta rupiah) secara cash pada PT.Wahana Sun Solo dengan Garansi selama 3 tahun. Namun kondisi mobil tidak seperti yang diharapkan dimana pada bulan Desember 2011 mobil Nissan Juke tersebut mengalami kerusakan sampai dua kali. Diantaranya pada mesin mobil yang mati dan Evaporator AC. Atas kejadian ini tanggal 13 Januari 2012 klien kami Bernard telah menyampaikan keluhan ini kepada PT Wahana Sun Solo dan meminta penggatian 1 (satu) Unit Mobil dengan merk yang sama, namun pihak Wahana Sun Solo menolaknya dan hanya melakukan pemeriksaan biasa terhadap Mobil Nissan Juke Milik tuan Bernard. Kenapa minta penggantian baru? Klien kami sudah trauma, mengingat beberapa kejadian dimana mobil Nissan Juke tiba-tiba berhenti mendadak tanpa sebab, di Jakarta malah ada yang terbakar dan meninggal, yakni Olivia Dewi.

Pada tanggal 1 Maret 2012 kami MT&P Law Firm selaku Kuasa Hukum melayangkan Surat Somasi Kepada Wahana Sun Solo yang isinya “meminta pihak Wahana Sun Solo bertanggung jawab dalam bentuk mengganti 1 (satu) Unit Mobil dengan tipe yang sama yakni Nissan “JUKE”. Atas somasi itu, PT.Wahana Sun Solo memberikan balasan yang isinya Pihak Wahana Sun Solo tidak dapat memenuhi permintaan klien kami untuk mengganti 1 (satu) Unit mobil Nissan Juke, tetapi hanya bersedia memperbaiki atau menggati bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan baik. Pada tanggal 9 Maret 2012 Branch Manager PT. Wahana Sun Solo, Ngurah Sebudhie JR dan dua orang Staffnya datang ke kantor MT&P Law Firm dan menyampaikan“permintaan maaf dan mengakui bahwa kerusakan yang terjadi pada mobil Nissan Juke klien kami bukan karena kesalahan klien kami (Human Error), melainkan bawaan dari pabrik”.

Dikarenakan pihak Wahana Sun Solo tetap tidak bersedia, akhirnya kami sebagai kuasa hukum kembali mengirimkan surat somasi II tertanggal 9 Maret 2012 dan Somasi III tertanggal 29 Maret 2012, namun tidak ada tanggapan dari pihak Wahana Sun Solo. Hal ini menunjukkan sikap dari Wahana Sun Solo yang tidak profesional serta tidak bertanggung jawab, padahal ini bukan sekedar soal mobil tapi yang lebih penting soal nyawa. Berkenaan dengan hal ini, pihak kami berencana akan menyampaikan pengaduan ke Badan Penyelesaian Sengekta Konsumen Kota Surakarta serta menuntut secara Pidana ke kepolisian, sebagaimana janji dalam iklan.

Muhammad Taufiq
Jl. Songgorunggi 17A
Solo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

masi mau dilanjutin ??

ga perlu ngubek2 website luar... dalem negeri aja uda segudang gini...

masi ada 176.000 results lagi lohhh... mau smua nya ane copas kesini ?? :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

uda meledug, gampang mati mendadak lagi... what a joke...

http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... _Indonesia

JAKARTA - Belum selesai kasus Nissan March, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali mendapat somasi dari dua pemilik Nissan Juke. Somasi pertama datang dari Bernard, pengguna Juke di Solo dan kedua dari keluarga Olivia, korban kecelakaan Juke di Jakarta.

Lewat kuasa hukumnya Muhammad Taufiq & Partner (MT&P) Law Firm, Bernard menuntut PT Wahana Sun Solo (WSS) mengganti unit baru karena mobilnya bermasalah. “Saya masih yakin mereka punya itikad baik untuk selesaikan masalah ini. Kami masih menunggu sampai bulan inilah (April). Bila nanti penyelesaiannya konstruktif dan bisa diterima klien saya, ya selesai,” ujar Muhammad Taufiq selaku kuasa hukum Bernard ketika ditemui Otomotif, Minggu (22/4).

Target somasi penggantian unit mobil yang sama. Bilamana masih mentok. “Akan kami bawa ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Surakarta,” lanjut pengacara yang berkantor di jalan Songgorunggi 17A, Solo.

Mesin Mati Mendadak
Somasi tersebut dilayangkan akibat Nissan Juke warna biru berpelat nomor AD 9420 JU yang dibeli Bernard secara cash seharga Rp 263 juta pada 12 November 2011, alami kerusakan. Dimulai masalah evaporator AC dan mesin mati mendadak. Padahal Juke milik Bernard nerkondisi standar, artinya tanpa ada penambahan aksesori apapun dan masih dalam masa garansi 3 tahun.

“Itu kan konyol. bila mobil berhenti tiba-tiba di jalan tol, lampu merah atau ketika melintas palang kereta api, bisa berbahaya,” tambah Taufik.

Bernard sudah komplain lewat korespondensi dengan pihak Nissan. Ia mau pakai Juke lagi, asal diganti unit baru. Singkatnya Bernard, warga Pajang Solo, itu sudah terlanjur trauma. Soalnya membahayakan penumpangnya. Apalagi dengan adanya kasus lain Nissan Juke di Jakarta yang dikemudikan Olivia Dewi.

Kabarnya pihak WSS sudah menanggapi. Karena mobil itu masih dalam masa garansi 3 tahun, ditangani dengan pergantian part. Bahkan pihak WSS pun (berdasar surat pembaca yang dilayangkan Taufik ke sebuah media online) mengakui kesalahan bukan akibat pemilik mobil, namun bawaan pabrik.

“Dari awal klien kami beli 1 unit mobil utuh, bukan beli sparepart. Kalau beli mobilnya rakitan, seperti knalpot pasang sendiri, power stering pasang sendiri kan lain ceritanya. Ini kan enggak begitu. Jadi terakhir negosisasi 2 minggu lalu. Sampai sekarang belum putus,” lanjut Taufik lagi sembari memberitahu bawah Juke punya Bernard saat ini masih di WSS.

Terkait itu Ngurah Sebudhi, branch manager WSS ketika dihubungi melalui telepon Senin (23/4) mengatakan soal itu sudah dilimpahkan ke Jakarta maksudnya Nissan Pusat dan pihak legal yang ada di Jakarta. “Dealer di sini kan cabang, artinya punya kantor pusat. Cabang hanya bertugas memberikan penjualan memberikan pelayanan dan bengkel. Kalaupun ada ketidak puasan pada produk, aspirasi itu akan saya tampung dan saya salurkan pada atasan saya di Jakarta,” ujarnya.

Soal somasi keluarga Olivia Dewi, menurut Kombes Pol Drs Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, “Pelapor yang dalam hal ini dikuasakan kepada pengacara OC Kaligis akan segera dipanggil untuk pemeriksaan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).”

Ditambahkan, “Pasal yang dituduhkan Pidana pasal 359 dan Undang Undang Perlindungan Konsumen. Isi pasal itu karena lalainya mengakibatkan orang lain meninggal dunia,” kata Rikwanto sembari menyatakan pihak yang digugat dalam hal ini hanya PT Nissan Motor Indonesia.

Pihak NMI memberikan jawaban bahwa kasus somasi di Solo sudah selesai. “Kasus somasi Nissan Juke yang di Solo sudah selesai. Sudah ditangani oleh customer relation kami dengan mengganti part yang rusak,” terang Achmad Adhitya Zainudin, manager communications marketing strategy & communications department NMI.

Sementara untuk somasi yang diajukan pihak keluarga Olivia, NMI masih menunggu panggilan dari pihak kepolisian untuk diperiksa. “Sampai saat ini belum ada panggilan dari kepolisian. Jadi kami belum bisa memberikan tanggapan apa-apa karena kami juga belum tahu apa yang dituntut,” ujar Indriani Indriani Hadiwidjaja, General Marketing and Communications Strategy Department NMI. (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Gombak, Bud, Pilot • Foto : Harryt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Resale Value

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by Resale Value »

hasil pencarian google untuk kasus toyota juga ada ratusan ribu. ini yang di indonesia, belum yang di luar negeri. belum pakai search key word yang berbeda.


tapi tenang, akan saya keluarkan semua, berapa kasus tiap hari.

DOHC wrote:masi mau dilanjutin ??

ga perlu ngubek2 website luar... dalem negeri aja uda segudang gini...

masi ada 176.000 results lagi lohhh... mau smua nya ane copas kesini ?? :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

sperti biasa... servis yg ga profesional

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/33361

Penanganan tidak Profesional
Jumat, 22 Juni 2012 | 00:04 WIB

Mobil saya Nissan Grand Livina B 1021 MP, servis pada tanggal 6 Juni 2012 di bengkel NISSAN TB Simatupang, ditangani oleh Bp Agung, dengan keluhan: Servis rutin KM 80.000, kunci stater tidak mau lepas dari rumah stir, mesin ngelitik. Dijelaskan bahwa kunci tidak bisa dilepas dari stir karena kunci tsb sudah aus, saya bingung, apabila kunci aus harusnya jadi dol bukan tidak bisa dilepas dan tidak pernah saya jumpai di mobil Nissan atau mobil lainnya kasus seperti ini. Dijelaskan oleh pihak Nissan bahwa kunci dan rumahnya harus diganti dengan biaya Rp 1,8 juta. karena saya ragu dengan alasan aus dan kebetulan stok barang tidak ada, maka saya minta berita acara yang menyatakan bahwa kunci tidak bisa dilepas karena aus.

Saat itu pihak bengkel menyanggupinya. Sungguh aneh, karena tidak lama kemudian saya ditelpon & diinfokan bahwa kunci sudah bisa dilepas dan pihak bengkel menyatakan tidak bisa mengeluarkan surat yang saya minta. Mereka menjelaskan bahwa setelah dilakukan pengecekan ulang kunci tidak bisa dilepas karena masalah di kabel slingnya & mereka juga tetap mengatakan bahwa kunci sudah aus.

Apakah bengkel Nissan asal menyimpulkan saja kunci aus tanpa melakukan pengecekan? hal ini justru membuat saya curiga, saya merasa hampir kena tipu. Untuk permasalahan mesin ngelitik, bengkel juga menyatakan bahwa garansi 2 minggu bila masih ngelitik mobil dapat diservis kembali tanpa biaya. Ternyata setelah 2 minggu dipakai mobil tetap ngelitik, maka hari ini mobil saya kembalikan.

Tapi sungguh mengecewakan jawaban pihak bengkel dimana saya diharuskan membayar biaya servis, walaupun untuk masalah yang sama dimana sebelumnya dikatakan garansi, dan yang sangat mengecewakan adalah pihak bengkel NISSAN TB simatupang justru mengatakan bahwa saya baru sekali ini servis di TB Simatupang dimana sebelumnya saya servis di bengkel Nissan lainnya.

Apakah tidak ada standarisasi diantara bengkel NISSAN? Saya selalu servis di bengkel resmi NISSAN dan masalah ngelitik ini sudah saya keluhkan di servis KM 40.000 tapi hingga kini tidak pernah terselesaikan. Amat sangat mengecewakan penanganan dan pelayanan Bengkel NISSAN TB Simatupang. Mohon pihak NISSAN pusat menginvestigasi bengkel NISSAN TB Simatupang atas masalah yang saya hadapi.

Leonard Aurlianus
Jl. Tanah koja 007/001 grogol utara, keb lama, jaksel no. 23
Jakarta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kualitas after sales nissan emang buruk bgt ya?

Post by DOHC »

kita liat aja gmana prinsipal batu makam sini... bakalan blg "indonesia ga termasuk dalam daftar recall" atau malah dicuekin aja...

http://paultan.org/2013/04/16/nissan-an ... -malaysia/
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: