Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Memang dalam perawatan mobil kalau kita mau Do It Yourself, banyak sekali yang bisa kita tekan pengeluaran.
Kemarin saya ke TODA, ganti oli dan filter Subaru saya, di sana mbak Front Desk bilang filter Subaru dan Ford Mazda sama. Yang membedakan cuma harga, tinggal piliha mau yang mana.
Kalau kita servis Honda juga, walau sponsornya Repsol tapi olinya Honda Genuine Oil. Kata teman capnya Idemitsu. Ya belilah kita Idemitsu yg lebih murah.
Ini baru oli yg gampang.
Kalau kita pasang piggyback di mobil Jepang, banyak yg settingnya sama walau merk beraneka ragam. Kemungkinan dua :
a. Insinyur Jepang suka duduk bareng standarisasi ECU
b. ECU disubkon ke satu perusahaan, artinya antar ECU bisa diswap.
rudy_mitsubishi wrote:Ditunggu ya gan pajero keluarin yang bensin.. Ibarat lomba lari, fortuner yang didepan celananya udah ketarik ma pajero.. begitu yang bensin keluar, say goodbye to fortie..
nah yg sales benerannya nongol wkwkwkwk.
udah om ga usah masuk peperangan truk sayur vs sampan kebalik, sampe kiamat juga ga bakalan selesei tuh perang, kecuali di sungai barito, orang tukang sayurnya jualan pake sampan, akur dah tuh.
Dubs wrote:Kebanyakan konsumen memikirkan berbagai aspek, bukan hanya mobilnya. Salah satu aspeknya ya resale. Berapa duitnya yg dikorbankan untuk semua mobil. Jadi kalo seseorang mempertimbangkan resale, bukan berarti dia tidak memikirkan make mobilnya tapi mempertimbangkan dari berbagai aspek. Karena suatu saat mobil akan dijual - kecuali mau koleksi simpen sepanjang masa, ya lain cerita.
Begitu juga memikirkan pemeliharaan mobil...kalo ada konsumen nanya bengkel resminya ada dimana aja? Bukan berarti tidak mikir gimana make mobilnya sendiri, tapi mikir jangka panjang ribet gak pemeliharaannya.
Sayangnya saya bukan tipe kebanyakan konsumen yang memikirkan semua aspek.
1. Saya beli E36 karena suka. Gak peduli resale value (yang pasti jeblok ), gak peduli harga spare part mahal. Ane suka, ane beli.
Spare part mahal? Kata siapa? Itu yang ane suka dari punya mobil yang punya kesan negatif di kebanyakan konsumen. Ane bisa ganti camshaft yang barunya 3 jutaan, cukup ditukar 6 lembar seratus ribuan.
2. Saat bokap beli Dan Gan, bokap cuma suka. Spare part Mitsu mahal? Iya, walapun dikompensasi dengan waktu pakai yang melampaui value dari uang yang dipakai. Tapi itu bukan halangan untuk nebus DG. Masalah pada airflow mass yang bikin para mekanik memvonis untuk ganti baru seharga 2,6 juta, selesai masalahnya hanya dengan 1 lembar nobanan. Mahalan ngurusin printilan yang gak penting2 amat daripada ngurusin mesin yang sangat krusial...
3. Bokap sedang menimbang-nimbang nebus Masterpiece sekarang. Kenapa? Suka! Hal2 lain? Katanya, "Peduli amat. Semua itu bisa diatur kalo uda ketemu selahnya."
Kalo mobil sudah relatif "gak ada harganya" seperti Dan Gan/E36Masterpiece turunnya sudah tidak banyak lagi. Kalo sudah mobil ratusan juta/milyaran lain cerita, bagi kebanyakan orang. Buat Sultan Bolkiah semua gak ada harganya, jadi ya gak berlaku juga.
Kalo dibuat statistik dr 1000 pembeli mobil brp yg menyatakan resale value adalah penting, ane yakin lebih dr 50%, bahkan mungkin lebih dr 80%
setuju om Dub, kalo beli mobil seken yg harganya udah dibawah 100 jt sih depresiasi secara nominal sudah sgt kecil, tapi coba skg kita tanyakan jika dia beli :
- BMW seri 3 baru F-30 th 2012
- Lancer 2012 harga 380 jt
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Turboman wrote:
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Turboman wrote:
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Catatan :
Resale value mobil yg nebusnya 400 jt ke atas yah
kalo beli mobil 2nd yg saat nebus harganya dah di bawah 100 jt sih ga masuk itungan.
Turboman wrote:Kalo dibuat statistik dr 1000 pembeli mobil brp yg menyatakan resale value adalah penting, ane yakin lebih dr 50%
setuju om Dub, kalo beli mobil seken yg harganya udah dibawah 100 jt sih depresiasi secara nominal sudah sgt kecil, tapi coba skg kita tanyakan jika dia beli :
- BMW seri 3 baru F-30 th 2012
- Lancer 2012 harga 380 jt
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Just IMO & CMIIW
Tidak semua Big Boss juga nggak peduli Resale Value. Para Big Boss di kantor ane pada umumnya mikirin Resale Value dari mobil yg dia beli. Drpd beli mobil mewah yg resale valuenya jelek, mending duitnya di putar buat investasi, bisa invest di pasar modal, emas, sektor riil, dan juga buat beribadah dengan berbagi rezeki dengan kaum dhuafa........
kalo dari yg ane amati thd bbrp kawan yg scr finansial "very well above average" & demen mobil, pengalaman dgn mobil yg resale value-nya hancur juga menjadi kenangan pahit tak terlupakan dan mrk mengatakan tidak akan beli merek itu lagi. (Cerita 1 teman ane yg pernah beli Volvo XC 90 baru di harga 900 jt an, pakek 2 -3 tahun dijual lagi cuman 450 jt itupun konon susah, begitu ada showroom yg mau ambil lgs dilepas tanpa tahan2 lagi)
Kalo orang yg nyari duitnya dgn bener sih walau sangat wealthy scr psikologis pasti merasa sakit jika resale value mobilnya hancur sekali, krn sama saja dirampok scr halus
lain yaa kalo dapat duitnya dari "jalur ular" yg mana kalo gak segera diputar ke bentuk lain malah "membahayakan" si pemegang duit.....hehehehehe
Turboman wrote:Kalo dibuat statistik dr 1000 pembeli mobil brp yg menyatakan resale value adalah penting, ane yakin lebih dr 50%, bahkan mungkin lebih dr 80%
setuju om Dub, kalo beli mobil seken yg harganya udah dibawah 100 jt sih depresiasi secara nominal sudah sgt kecil, tapi coba skg kita tanyakan jika dia beli :
- BMW seri 3 baru F-30 th 2012
- Lancer 2012 harga 380 jt
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Just IMO & CMIIW
Wheheheheh saya income gak sebesar itu om turbo, tapi salah satu orang yang menganut "resale value doesn't matter" saya untuk mobil agak2 conceited dengan prinsip its about fun and joy. So far pilihan mobil2 saya banyak yang gak consider resale value nih heheheheh. Dalam konsideran saya, cari mobil harian yang bisa survive the next 20 years of use and abuse dan go with it (hence the 105) dan malah mungkin bisa turunin ke anak, tapi saya juga ada 1 mobil yang generik untuk kebutuhan2 tertentu aja yang kalau memang harus di jual bisa mudah (hence the PJS).
Turboman wrote:kalo dari yg ane amati thd bbrp kawan yg scr finansial "very well above average" & demen mobil, pengalaman dgn mobil yg resale value-nya hancur juga menjadi kenangan pahit tak terlupakan dan mrk mengatakan tidak akan beli merek itu lagi. (Cerita 1 teman ane yg pernah beli Volvo XC 90 baru di harga 900 jt an, pakek 2 -3 tahun dijual lagi cuman 450 jt itupun konon susah, begitu ada showroom yg mau ambil lgs dilepas tanpa tahan2 lagi)
Kalo orang yg nyari duitnya dgn bener sih walau sangat wealthy scr psikologis pasti merasa sakit jika resale value mobilnya hancur sekali, krn sama saja dirampok scr halus
lain yaa kalo dapat duitnya dari "jalur ular" yg mana kalo gak segera diputar ke bentuk lain malah "membahayakan" si pemegang duit.....hehehehehe
sebenarnya sedikit org yg gak pikir resale value...orang kaya raya jg belum tentu royal malah pelitnya luar biasa...malah mau an punya orang padahal dia lebih kaya..buat makan sama2 aja msh minta dibayarin...
saya sih paling mikir resale value..makanya beli mobil gak merk aneh2 yg sudah diatas 1 miliar...mending sisanya buat beli tanah n bangun kosan ato emas..
Turboman wrote:Kalo dibuat statistik dr 1000 pembeli mobil brp yg menyatakan resale value adalah penting, ane yakin lebih dr 50%
setuju om Dub, kalo beli mobil seken yg harganya udah dibawah 100 jt sih depresiasi secara nominal sudah sgt kecil, tapi coba skg kita tanyakan jika dia beli :
- BMW seri 3 baru F-30 th 2012
- Lancer 2012 harga 380 jt
Kalo dia mengatakan "saya gak peduli resale value-nya" berarti scr finansial sudah sgt mapan sekali & saya pribadi angkat jempol......berarti income dia minimal sebulan dah 100 jt-an & dalam piramida ekonomi dia termasuk pucuk piramida yg kecil.....sedangkan bagian bawah piramida yg besar pasti consider resale value
Just IMO & CMIIW
Tidak semua Big Boss juga nggak peduli Resale Value. Para Big Boss di kantor ane pada umumnya mikirin Resale Value dari mobil yg dia beli. Drpd beli mobil mewah yg resale valuenya jelek, mending duitnya di putar buat investasi, bisa invest di pasar modal, emas, sektor riil, dan juga buat beribadah dengan berbagi rezeki dengan kaum dhuafa........
Dubs wrote:Betul sekali mas M90. Kalo levelnya Sultan Bolkiah atau duit maling (alias koruptor)...kemungkinan lebih besar gak mikir resale hehe
Hayooo ngomongon harga jual kembali ya, ntar ada yg ngatain mental makelar lho.......
Aneh aja, orang berpikir resale value kok dianggap bermental makelar
Gue punya temen nih, ini baru aja kejadian awal tahun ini cerita ratapannya. Dulu tahun 2009 dia beli SUV yg basicnya truck kecil. Karena di tempat kerjanya dia pakai double cabinnya, maka dia beli anak turunannya.Udah dibilangin, lu gak sayang duitnya nanti harganya jeblok kalau lu jual krn mau ganti mobil lagi? Dia bilang, ini mobil dibeli bukan untuk dijual lagi kok, dibeli buat kepuasan. Dia bilang selama ini di lapangan double cabinnya udah terbukti tangguh dll dll, makanya dia cinta mati dengan full cabinnya. Intinya pada saat itu dia sangat tidak peduli resale value. Ya udah, akhirnya dibungkuslah tuh mobil.
Tahun lalu bbrp teman-teman pada ganti pake PJS dan Fortuner VNT, nah tuh teman yg beli mobil yg diprediksi jeblok itu pengin ganti juga karena katanya dipikir-pikir mobilnya terlalu kotak dan pengin merk lain (nggak tau kenapa dia berubah ke merk lain). Tapi ya waktu ditawar-tawarin kemana-mana harga bekasnya emang rendah banget (dibandingan SUV merk lain dg th yg sama). Baru deh dia bilang: nyesel kenapa beli itu dulu. Akhirnya denagn terpaksa dia terima harga jeblok.
wakkakakakakaakak, sayangnya bukan om hehehe, made in Japan semua
Kalau yang made in krawang saya gak punya jadi gak bisa komentar deh soal performance, comfort, dll cm pernah numpang/pinjem bawa yang menurut saya gak bisa jadi parameter. Kalau PJS sih over all good to live with, easy to drive, sufficient torque dan irit. cm saya gak suka seating position and stirnya yang berat setelah ganti velg 20" bantingan good value for the car at that size and price.
Trying a product and living with a product is a different thing. ibarat kata masa pacaran dan masa pernikahan bisa beda bangettt
Kelas T1 perbandingan kurang fair, karena extensive modification dengan cost yang besar sekali, kalau T2 kan production class cars, mobil yang paling mendekati dengan yang kita beli dan pakai sehari-hari (walaupun dengan modifikasi)
kompresorz wrote:sebenarnya sedikit org yg gak pikir resale value...orang kaya raya jg belum tentu royal malah pelitnya luar biasa...malah mau an punya orang padahal dia lebih kaya..buat makan sama2 aja msh minta dibayarin...
saya sih paling mikir resale value..makanya beli mobil gak merk aneh2 yg sudah diatas 1 miliar...mending sisanya buat beli tanah n bangun kosan ato emas..
setuju banget
Drpd duit dirampok ama resale value yg drop, lebih baik diputer buat bisnis / property / emas / IPO saham
Mo dibilang mental makelar / pedagang / profit oriented....whatever.......at the end, dimana mana orang akan memuji2 orang yg pandai "mengembang biakkan asset".............he he heeeeeeee
agathos wrote:wakkakakakakaakak, sayangnya bukan om hehehe, made in Japan semua
Kalau yang made in krawang saya gak punya jadi gak bisa komentar deh soal performance, comfort, dll cm pernah numpang/pinjem bawa yang menurut saya gak bisa jadi parameter. Kalau PJS sih over all good to live with, easy to drive, sufficient torque dan irit. cm saya gak suka seating position and stirnya yang berat setelah ganti velg 20" bantingan good value for the car at that size and price.
Trying a product and living with a product is a different thing. ibarat kata masa pacaran dan masa pernikahan bisa beda bangettt
iya emang sih steering position kurang enak dan ane juga pake 20'', baru km 15 ribu udah korban shock kanan bocor dan link stabil kiri patah, terus pompa di filter solar juga bocor, kalau claim agak repot terpaksa yg link stabil sama filter ane ganti sendiri deh pdhl dulu pake fortuner 2 tahun gak ada masalah, masalahnya cuman mentok di 170 kmh doang, pdhl ane suka nyetir diatas 170 kmh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
agathos wrote:Kelas T1 perbandingan kurang fair, karena extensive modification dengan cost yang besar sekali, kalau T2 kan production class cars, mobil yang paling mendekati dengan yang kita beli dan pakai sehari-hari (walaupun dengan modifikasi)
Yg menang T2 Land Cruiser 155 ya (alias Prado)....hebat juga bisa ngalahin abangnya.
kompresorz wrote:sebenarnya sedikit org yg gak pikir resale value...orang kaya raya jg belum tentu royal malah pelitnya luar biasa...malah mau an punya orang padahal dia lebih kaya..buat makan sama2 aja msh minta dibayarin...
saya sih paling mikir resale value..makanya beli mobil gak merk aneh2 yg sudah diatas 1 miliar...mending sisanya buat beli tanah n bangun kosan ato emas..
setuju banget
Drpd duit dirampok ama resale value yg drop, lebih baik diputer buat bisnis / property / emas / IPO saham
Mo dibilang mental makelar / pedagang / profit oriented....whatever.......at the end, dimana mana orang akan memuji2 orang yg pandai "mengembang biakkan asset".............he he heeeeeeee
emang sih skrg beli mobil harus mikirin resale value, makanya beli mobil yg merk jepang, diesel, dan 3 row seater, dijamin resale value kuat deh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares