(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Salam dari saya di malang, kali aja ada yang sama dari malang,hehe..,gini mas,saya kan baru dapet kijang kapsul LX 2001 1.8 bensin ,kilometer udah 174 ribuan,mesin2 sih menurut temen montir masih oke,tapi yang bikin risih, kok tiap pagi ama abis lama berhenti,pertama start mesin selalu ada bunyi ngletek2 gitu ya mas,emang durasi nggaknya lama,sekitar1-2 menitan,tapi tetap aja bikin telinga geli,malah pernah ama tetangga dikira mesin solar,wkwkwkwkwk,udah ganti belt nya 2 biji,tapi tetep aja masih bunyi,kata temen2 montir lainnya, bunyi itu dari hydrolis oli yang lagi mompa oli,mungkin oli nya terlalu kental,nggak masalah terangnya,nah apa betul itu nggak jadi masalah ya mas2,oli nya pake P XP SAE 20w50,itu dari yang punya mobil sebelum saya beli,mungkin ada masukan dari mas2 pakar mesin kijang yang bisa saya jadikan solusi,minimal buat bahan sharing dengan temen montir nanti,matur nuwun...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
hmmmm bunyi tek2 gitu ooom?
bisa dicoba pake oli enceran aja oom..
mungkin 10w-40 semi syn om..
untuk spec oli yang tepatnya bisa tanya ke @turboman oom
bisa dicoba pake oli enceran aja oom..
mungkin 10w-40 semi syn om..
untuk spec oli yang tepatnya bisa tanya ke @turboman oom
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Nah itu dia om,ya klo masalah bunyinya emang dari jenis oli,ayas (dibalik baca nya ya) mau ke montir lagi masih belum ada dana om.. ,maksudnya mau mastiin kenapa kok bisa begitu,mungkin om2 dsni udah punya pengalaman kayak saya juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Ha ha ha ....
Coba bantu jawab ya mas, jawab nya ya ga usah pusing, khawatir, cemas, dan sebagai nya, mesin kijang itu memang seperti itu kalo pagi baru dinyalakan atau habis berhenti lama, pertama : karena oli memang belum bersikulasi secara keseluruhan sehingga suara tek tek tek itu adalah suara klep yang nanti kalo sudah terlumasi akan hilang bunyi nya. Pun klep tersebut juga ga perlu di stel stel lagi nantinya, krena kijang sudah menganut sistem HLA nama nya, Hydraulic Lift Adjuster, lebih detail nya apq dan bagaimana kerjanya biar rekan2 lain yg akan jelaskan.
Kedua : bunyi di pagi hari atai setelah lama berhenti bisa krena rantai keteng belum terlumasi secara keseluruhan, sehingga menyebabkan suara seperti rantai beradu, solusi nya : gunakan filter oli yg ukurannya lebih kecil sehingga suara rantai beradu itu tidak terlalu panjang durasi nya. Solusi kedua, coba cek tensioner dari rante keteng tersebut apakah masih atau tidak, tapi info saja, rante keteng bunyi pada kijang saat pertama kali mesin menyala adalah common.
Semoga mencerahkan, mastah mastah yang lain mohon bantuan input nya ya ^_^
Coba bantu jawab ya mas, jawab nya ya ga usah pusing, khawatir, cemas, dan sebagai nya, mesin kijang itu memang seperti itu kalo pagi baru dinyalakan atau habis berhenti lama, pertama : karena oli memang belum bersikulasi secara keseluruhan sehingga suara tek tek tek itu adalah suara klep yang nanti kalo sudah terlumasi akan hilang bunyi nya. Pun klep tersebut juga ga perlu di stel stel lagi nantinya, krena kijang sudah menganut sistem HLA nama nya, Hydraulic Lift Adjuster, lebih detail nya apq dan bagaimana kerjanya biar rekan2 lain yg akan jelaskan.
Kedua : bunyi di pagi hari atai setelah lama berhenti bisa krena rantai keteng belum terlumasi secara keseluruhan, sehingga menyebabkan suara seperti rantai beradu, solusi nya : gunakan filter oli yg ukurannya lebih kecil sehingga suara rantai beradu itu tidak terlalu panjang durasi nya. Solusi kedua, coba cek tensioner dari rante keteng tersebut apakah masih atau tidak, tapi info saja, rante keteng bunyi pada kijang saat pertama kali mesin menyala adalah common.
Semoga mencerahkan, mastah mastah yang lain mohon bantuan input nya ya ^_^
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Oh ya, mengenai oli, pastikan jangan menggunakan oli yang terlalu encer seperti layaknya mobil2 jaman sekarang, karena dijamin akan lebih 'meriah' mesin nya ^_^
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Ko emang mau ganti oli,trus yang tipe berapa2 bagusnya om,terus terang ayas masih baru punya mobil,bekas lagi ,kok udah ada yang nggak pas di kuping, emang betul om ,suaranya karyak rante beradu,klo udah common,berarti nggak bisa di ilangi ";gitunya" donk om...kapsul 97 wrote:Oh ya, mengenai oli, pastikan jangan menggunakan oli yang terlalu encer seperti layaknya mobil2 jaman sekarang, karena dijamin akan lebih 'meriah' mesin nya ^_^
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Oli pake yg 20-50 cukup kok, saya biasanya pake shell yg kuning dah okay
Untuk HLA memang iya ga akan bisa hilang, krena memang mobil tahun produksi segitu ya begitu ^_^
Tapi untuk rante keteng mungkiin bisa hilang, walopun ini juga 'ciri khas' kijang lawas ya, tapi ga ada salah nya ciba cek rante keteng nya apakah masih bagus atau tidak, apakah itu tesioner nya, dsb..
Semoga membantu
Untuk HLA memang iya ga akan bisa hilang, krena memang mobil tahun produksi segitu ya begitu ^_^
Tapi untuk rante keteng mungkiin bisa hilang, walopun ini juga 'ciri khas' kijang lawas ya, tapi ga ada salah nya ciba cek rante keteng nya apakah masih bagus atau tidak, apakah itu tesioner nya, dsb..
Semoga membantu
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
shell kuning kayanya 15W-40 bro...
yg merah kalo ga salah baru yg 20W itu..
imaly..
yg merah kalo ga salah baru yg 20W itu..
imaly..
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
@Oom DOHC : salah ya he he he, trims wat koreksi nya.. @TS : pokoknya shell kuning lah he he he
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
- Location: Leica HQ
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
nahh iya om 10w40 aja om...kalo20w50 terlalu kental oomm viskositasnya..
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA (emang ada ya)Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Montir ??Sembren wrote:Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA (emang ada ya)Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Lakukan sendiri aja um, sangat simple
Ke toko oli, beli engine flush, tuang ke oli mesin, idupin mesin scr idle 40 menit, then matikan mesin, buang oli, ganti filter oli, masukkan oli baru.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Wah2, nggak lah om,belum berani saya,masih buta banget tentang mobil (maklum baru punya ),apalagi tentang perawatan2 mesin gini,makanya saya masuk forum ini biar dapet ilmu dikit2,tentu dengan panduan montirnya,btw istilah "idle" itu mesin idup tapi nggak di gas gitu ya om,trus yang "stasioner" itu gimana lagi?Turboman wrote:Montir ??Sembren wrote:Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA (emang ada ya)Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.
Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit
Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Lakukan sendiri aja um, sangat simple
Ke toko oli, beli engine flush, tuang ke oli mesin, idupin mesin scr idle 40 menit, then matikan mesin, buang oli, ganti filter oli, masukkan oli baru.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
idle = stasionerSembren wrote: Wah2, nggak lah om,belum berani saya,masih buta banget tentang mobil (maklum baru punya ),apalagi tentang perawatan2 mesin gini,makanya saya masuk forum ini biar dapet ilmu dikit2,tentu dengan panduan montirnya,btw istilah "idle" itu mesin idup tapi nggak di gas gitu ya om,trus yang "stasioner" itu gimana lagi?
Nge flush mesin sih lakukan sendiri azaaa, intinya cuman tuang ke oli mesin, idle 40 menit, buang oli mesin, ganti filter oli, masukkin oli baru + filter baru
Beres
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Kalo HLA dah mampet ya mesti lebih lama dr biasanyaDOHC wrote:40 menit ga kelamaan tuh om ??
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Okelah makasih para pakar2 semuanya, dengan begini sedikit gundah di hati ter obati,ternyata masalah di mobil saya cuma masalah biasa yang sering terjadi pada mobil2 lain sejenisnya,emang dasar aq nya aja yang terlalu kawatir (maklum baru punya mobil ) semoga posting/thread ini bisa bermanfaat bagi yang mau mendapat pengetahuan2 tentang kendaraannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Hmmm 7K-E yah..
Dr 95 piara 'little hulk' 7K, skarang masih miara sebiji di Manado. Mesin pekerja sejati. Kebandelannya luar biasa dipadu kemudahan dan kesederhanaan SOP maintenance.
Tenang aja, kletek2 gituan memang udah defaultnya K series kl udah di atas 100an ribu kilo. Piaraan sy yg di Manado masuk di 180an rb KM, akte '97. Sama, berisik saat 4-5 menit pertama hahahaha ...
Asalnya dr mana? Tersangka utama bunyi pesta di K series biasanya si tensioner alias pengatur ketegangan timing chain alias rantai keteng.
Apanya yg bunyi? Asalnya dr benturan antara ebonit tatakan rantai vs rumah tensioner, saat as tensioner bermain menahan rantai (susah ngebayangin tanpa pict yah hehe ...)
Kok bunyi? Rantai keteng udah berumur, rada melar, akibatnya si tensioner bertambah beban kerjanya. Per di dalam bodinya kalah.
Solusi? Ganti tensioner.
Kl dibiarin gakpapa? YA. Gakpapa, geli di kuping aja.
Dr 95 piara 'little hulk' 7K, skarang masih miara sebiji di Manado. Mesin pekerja sejati. Kebandelannya luar biasa dipadu kemudahan dan kesederhanaan SOP maintenance.
Tenang aja, kletek2 gituan memang udah defaultnya K series kl udah di atas 100an ribu kilo. Piaraan sy yg di Manado masuk di 180an rb KM, akte '97. Sama, berisik saat 4-5 menit pertama hahahaha ...
Asalnya dr mana? Tersangka utama bunyi pesta di K series biasanya si tensioner alias pengatur ketegangan timing chain alias rantai keteng.
Apanya yg bunyi? Asalnya dr benturan antara ebonit tatakan rantai vs rumah tensioner, saat as tensioner bermain menahan rantai (susah ngebayangin tanpa pict yah hehe ...)
Kok bunyi? Rantai keteng udah berumur, rada melar, akibatnya si tensioner bertambah beban kerjanya. Per di dalam bodinya kalah.
Solusi? Ganti tensioner.
Kl dibiarin gakpapa? YA. Gakpapa, geli di kuping aja.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
mantaabbzzz ... momod mastah nya pada keluar nih Oom Sembren ...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
untung gak ada yang ngusulin lembiru sama mikugra....kapsul 97 wrote:mantaabbzzz ... momod mastah nya pada keluar nih Oom Sembren ...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2347
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
punya saya bunyi tek tek biasanya kalau sudah dekat masa ganti oli. Apa ada pengaruh nya ya antara kualitas oli dengan bunyi bunyi itu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3196
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
sorry ,sebagai mantan pengguna mau meluruskan walaupun pake yg krista
LX 2001= brarti masih pake KARBU = 7K TAMPA EFI
menurut saya pemompaan olinya masi pake makanikal ato sistem sentifungal,,
jadi pengoli annya masih agak lama dbanding yg EFI yg udah pake lifter yang mungkin hanya butuh waktu 2 detik aja.. intinya untuk menjadi lumrah dan gak masalah ,,ini memang kodratnya
dan katanya juga gak bunyi terus?? jadi juga gak masalah,, yang jadi masalah kalo bunyi terus brarti pernah nabrak keras
solusi : bisa pake oli 10 W 40 ,,yang direkomendasikan di lgx ato krista,,
tapi lebih jelasny bisa tanya ke a2k
solusi tambahan :
pake oli MOTUL 10 W 40 full syntetec ambil yang multi power plus....ezt tapi perlu diingat HARUS YANG ASLI 100% karena ini oli cukup sulit nyari aslinya dan yang jual
biasanya kalo assli tu stiker bisa dibuka buka seperti buku ,, ya tau sendiri lah
rasakan perubahannya
+ ganti filter asli toyota
sorry kalo ada salah kata
LX 2001= brarti masih pake KARBU = 7K TAMPA EFI
menurut saya pemompaan olinya masi pake makanikal ato sistem sentifungal,,
jadi pengoli annya masih agak lama dbanding yg EFI yg udah pake lifter yang mungkin hanya butuh waktu 2 detik aja.. intinya untuk menjadi lumrah dan gak masalah ,,ini memang kodratnya
dan katanya juga gak bunyi terus?? jadi juga gak masalah,, yang jadi masalah kalo bunyi terus brarti pernah nabrak keras
solusi : bisa pake oli 10 W 40 ,,yang direkomendasikan di lgx ato krista,,
tapi lebih jelasny bisa tanya ke a2k
solusi tambahan :
pake oli MOTUL 10 W 40 full syntetec ambil yang multi power plus....ezt tapi perlu diingat HARUS YANG ASLI 100% karena ini oli cukup sulit nyari aslinya dan yang jual
biasanya kalo assli tu stiker bisa dibuka buka seperti buku ,, ya tau sendiri lah
rasakan perubahannya
+ ganti filter asli toyota
sorry kalo ada salah kata
engine roaring!
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Wuih mantabs oom.. ,penjelasan langsung dengan solusi, , emang sebelum ganti belt2 nya,bunyi ngleteknya rada2 pelan om,malah setelah ganti belt2 baru,( yang tengah ama yang belakang,yang depan deket kipas nggak) jadi tambah ketara bunyinya,belum nanya lagi se ama montir yang milih dan masang belt nya itu,karena sungkan kata orang jawa,akut dikira sok tau karena baru punya mobil, emang setelan belt2 yang di pully itu pengaruh ya om?Nightster Guy wrote:Hmmm 7K-E yah..
Dr 95 piara 'little hulk' 7K, skarang masih miara sebiji di Manado. Mesin pekerja sejati. Kebandelannya luar biasa dipadu kemudahan dan kesederhanaan SOP maintenance.
Tenang aja, kletek2 gituan memang udah defaultnya K series kl udah di atas 100an ribu kilo. Piaraan sy yg di Manado masuk di 180an rb KM, akte '97. Sama, berisik saat 4-5 menit pertama hahahaha ...
Asalnya dr mana? Tersangka utama bunyi pesta di K series biasanya si tensioner alias pengatur ketegangan timing chain alias rantai keteng.
Apanya yg bunyi? Asalnya dr benturan antara ebonit tatakan rantai vs rumah tensioner, saat as tensioner bermain menahan rantai (susah ngebayangin tanpa pict yah hehe ...)
Kok bunyi? Rantai keteng udah berumur, rada melar, akibatnya si tensioner bertambah beban kerjanya. Per di dalam bodinya kalah.
Solusi? Ganti tensioner.
Kl dibiarin gakpapa? YA. Gakpapa, geli di kuping aja.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27
Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari
Ini filter maksud nya filter oli ya om,pernah tanya2 tentang oli motul itu ama temen yang udh make,harganya 250 rb ya om?walid_007 wrote:sorry ,sebagai mantan pengguna mau meluruskan walaupun pake yg krista
LX 2001= brarti masih pake KARBU = 7K TAMPA EFI
menurut saya pemompaan olinya masi pake makanikal ato sistem sentifungal,,
jadi pengoli annya masih agak lama dbanding yg EFI yg udah pake lifter yang mungkin hanya butuh waktu 2 detik aja.. intinya untuk menjadi lumrah dan gak masalah ,,ini memang kodratnya
dan katanya juga gak bunyi terus?? jadi juga gak masalah,, yang jadi masalah kalo bunyi terus brarti pernah nabrak keras
solusi : bisa pake oli 10 W 40 ,,yang direkomendasikan di lgx ato krista,,
tapi lebih jelasny bisa tanya ke a2k
solusi tambahan :
pake oli MOTUL 10 W 40 full syntetec ambil yang multi power plus....ezt tapi perlu diingat HARUS YANG ASLI 100% karena ini oli cukup sulit nyari aslinya dan yang jual
biasanya kalo assli tu stiker bisa dibuka buka seperti buku ,, ya tau sendiri lah
rasakan perubahannya
+ ganti filter asli toyota
sorry kalo ada salah kata