Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
om Turbo,
bisa ngga di jelasin secara rinci cara/sistem manual Flush ala Gerlong untuk mengganti ATF?
saya udah googling, tapi ngga ketemu hehehe
terima kasih, salam
Turboman wrote:
Dexron III itu udah murah om, pakai Pertamina punya aja
ganti ATF yg efisien adalah sistem manual Flush ala Gerlong, Ipah D4 D Matic aja cuman butuh 5,5 L & keluarnya udah bersihhh
Kalau mau masukkin oli abal2 ke Matic unit = pikirkanlah jika Body Valve jebol / Torque Converter jebol / kopling matic abis itu biayanya sebanding nggak ?
wiratmana wrote:om Turbo,
bisa ngga di jelasin secara rinci cara/sistem manual Flush ala Gerlong untuk mengganti ATF?
saya udah googling, tapi ngga ketemu hehehe
terima kasih, salam
hahah ya ndak ada lah di google.......
kalo di Bdg bisa ke bengkel FAM, kalo di Serpong bisa ke Steven - Plaza Serpong rooftop
ia ya om, kita yg di luar jawa kesulitan sekali mau mencoba kehebatan oli2 yg udah direkomend oleh teman2 di SM ini,
kalau ada info toko yg bisa kirim2 ke luar pulau mungkin bisa di share ya teman-teman
tks, salam
Pache wrote:Pengen coba oli sainz..tp ga ada d Samarinda...ada yg tau penjual yg bisa kirim luar pulau? Trimakasih sblumny...
wiratmana wrote:ia ya om, kita yg di luar jawa kesulitan sekali mau mencoba kehebatan oli2 yg udah direkomend oleh teman2 di SM ini,
kalau ada info toko yg bisa kirim2 ke luar pulau mungkin bisa di share ya teman-teman
tks, salam
Pache wrote:Pengen coba oli sainz..tp ga ada d Samarinda...ada yg tau penjual yg bisa kirim luar pulau? Trimakasih sblumny...
di data aja oli2 yg ada di sana, nanti bisa kita bantu seleksi yg layak tuk dibeli
kalo oli 5W30 Synthetic API SM utk mesin bensin Roller Rocker bisa pakai Toyota Synthetic 5W30, itu bagus juga, pernah sy test lab yg jalan 10 rb Km masih bagus hasilnya, beli di Auto 2000, atau pakai Fastron Gold 5W30 beli di SPBU si P.
Kalau utk Diesel mau coba yg high performance bisa cari Shell Helix Ultra 5W40, mestinya oli ini tersebar luas, atau minimal fastron 10W40 sticker ijo ACEA B4 atau fastron Diesel 15W-40.
Om Turbo, kasih contoh oli 5w30 untuk mesin flat tappet yg umum atau gampang nyarinya di daerah..kalau semacam merk kendall di daerah pasti tdk ketemu om...
update oom,,pertamina fastron gold 5w-30 di jakarta harga 128rb per liternya,,2 hari ini ane nyari2 di olimart dan bright store di SPBU CoCo, dapet 1 botol di CoCo Kemang (last stock) trus 2 lagi di CoCo Kuningan (kata neng kasirnya masih sisa 10 botol),, klo kata kasir yg di bright store SPBU non-CoCo Ciganjur belakangan yg literan dah g masuk, cuma yg botol besar 4 literan yg masuk stok,,
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
wiratmana wrote:ia ya om, kita yg di luar jawa kesulitan sekali mau mencoba kehebatan oli2 yg udah direkomend oleh teman2 di SM ini,
kalau ada info toko yg bisa kirim2 ke luar pulau mungkin bisa di share ya teman-teman
tks, salam
Pache wrote:Pengen coba oli sainz..tp ga ada d Samarinda...ada yg tau penjual yg bisa kirim luar pulau? Trimakasih sblumny...
di data aja oli2 yg ada di sana, nanti bisa kita bantu seleksi yg layak tuk dibeli
kalo oli 5W30 Synthetic API SM utk mesin bensin Roller Rocker bisa pakai Toyota Synthetic 5W30, itu bagus juga, pernah sy test lab yg jalan 10 rb Km masih bagus hasilnya, beli di Auto 2000, atau pakai Fastron Gold 5W30 beli di SPBU si P.
Kalau utk Diesel mau coba yg high performance bisa cari Shell Helix Ultra 5W40, mestinya oli ini tersebar luas, atau minimal fastron 10W40 sticker ijo ACEA B4 atau fastron Diesel 15W-40.
Thanks om Turbo..cm d sini kbnyakan yg 10w-40...klo d beres toyota yg d tawarkn malah tgmo ato merk lain 10w-40, mngkin krna medan d sini lbih cocok oli 40 y? Skr pake fastron 10w-40..yg sy rasa lebih enak dr tgmo...ga ada bunyi klek klek klo start pagi...tp sy liat TBN ny kq cm 6..jd sy tap 3500 km.apa sdh cukup? Klo oli oli2 yg om sbutkn hrgany dh ga brshbat lgi ma dmpet hehehe..fastron gold 5w-30 dh 160 rb..merk top kya mobil1 hrgany 200 an kurng dkit..
OakTree25 wrote:oom turboman..saya mau tanya..saya baru ganti oli ke Shell Helix Ultra 5W-40 untuk toyota alphard 2.4 tahun 2005..apakah sudah bagus oom?
Oke
kalo mobilnya jarang beban berat / jarang full load en mesin masih prima maka lebih enakan oli 5W30 Full Synth yg comply ke API SL atau MB 229.3 atau .5
Pache wrote:
Thanks om Turbo..cm d sini kbnyakan yg 10w-40...klo d beres toyota yg d tawarkn malah tgmo ato merk lain 10w-40, mngkin krna medan d sini lbih cocok oli 40 y? Skr pake fastron 10w-40..yg sy rasa lebih enak dr tgmo...ga ada bunyi klek klek klo start pagi...tp sy liat TBN ny kq cm 6..jd sy tap 3500 km.apa sdh cukup? Klo oli oli2 yg om sbutkn hrgany dh ga brshbat lgi ma dmpet hehehe..fastron gold 5w-30 dh 160 rb..merk top kya mobil1 hrgany 200 an kurng dkit..
Fastron 10w40 sticker ijo tua itu TBN nya sekitar 8 - 9 mg KOH, dia kan comply ke MB 229.1, maka itu bisa dipake sampe 7500 Km / 9 bulan mestinya.
Btw kenapa yah di Medan cari oli bagus susah ? ini hasil pengamatan thd teman2 saya yg tinggal di sana semua report begitu.....
om turboman minta sarannya.. saya mau ganti oli km 1000, rencana mau pk mineral based dl sp km 5000. di buku manual yg di reccomend 5w-30 api SL..kl blm 5000 km boleh lgsg pk buntut 30 atau pk buntut 40 dl? budget max 120rb/ltr..kr2 merk apa yg direcomend?
PlantFoot wrote:om turboman minta sarannya.. saya mau ganti oli km 1000, rencana mau pk mineral based dl sp km 5000. di buku manual yg di reccomend 5w-30 api SL..kl blm 5000 km boleh lgsg pk buntut 30 atau pk buntut 40 dl? budget max 120rb/ltr..kr2 merk apa yg direcomend?
hahaha..kl itu sih ane dpt gratis om turboman scr mobil ane sijuki jg.. soalnya yg sgo ini ane rd2 gmn gt..sintetis tp kok murah y?
dsini sih bilangnya bahan dasar base oil istimewa Group III plus & Teknologi additifnya dengan Molybdenum terbukti lebih tahan terhadap gesekan dibanding oli biasa.
Salam kenal, ini pertama kali saya tergabung dalam forum diskusi sebesar dan se aktif ini. Akhirnya saya temukan forum tepat untuk menimba ilmu otomotif. Saya belum lama punya Ford Fiesta S 1.6L kira2 Juli 2012 (km saat ini sekitar 10.500km), dan demi pertimbangan pemeliharaan mesin secara maksimal terhadap mobil, saya putuskan menggunakan Shell Helix Ultra 5W-40 langsung pada servis pertama kali.
Karena saya tidak tinggal di Indonesia, saya banyak menemui beragam merk oli "premium' di Australia yang ingin saya adopsi untuk FFS saya. Pertanyaan saya, untuk pemakaian normal tiap hari di Kota Malang yang relatif sejuk tidak macet dan beban kendaraan hanya 2-3 orang dengan berat kira2 @60kg sehingga total kurang dari 200kg, pemakaian harian kira2 20-30km dengan kondisi AC selalu menyala setiap kali mobil dipakai, pilihan oli manakah yang terbaik (untuk kelas premium), antara Shell Helix Ultra 5W-40 ataukah Mobil1 Ultimate All-Round Performance 0W-40?
Mohon sedikit review atas kedua produk tersebut. Terima kasih
k9fisher wrote:
Kemaren udah tanya ke bengkel honda, tipe nya flat tappet.. oli SHU ini udah cocok bgt kan ya om..
ini udah masuk di grup base brapa ya om?
Flat tappet ?? yakin om ?
Setahu ane sistem VTEC yg DOHC pun pake sliding rocker arm krn di tengah2 rocker arm itulah ada pasak pengunci-nya. Nah mesin L12 A ini bukankah SOHC i-VTEC ? Kalo SOHC pasti pakai rocker arm & utk std low emission dia ada bearing di ujung yg kena ke Cam
Coba dilihat lagi dgn lebih seksama deh
Kalo ada bearingnya maka API SM juga bisa, en kalo pake yg API SL or SN akan lebih baik lagi.
SHU AB 5W30 sy gak paham grup brp, yg pasti base nya Grup III then apa ada campuran grup IV nya atau enggak sy gak paham.
k9fisher wrote:
Kemaren udah tanya ke bengkel honda, tipe nya flat tappet.. oli SHU ini udah cocok bgt kan ya om..
ini udah masuk di grup base brapa ya om?
Flat tappet ?? yakin om ?
Setahu ane sistem VTEC yg DOHC pun pake sliding rocker arm krn di tengah2 rocker arm itulah ada pasak pengunci-nya. Nah mesin L12 A ini bukankah SOHC i-VTEC ? Kalo SOHC pasti pakai rocker arm & utk std low emission dia ada bearing di ujung yg kena ke Cam
Coba dilihat lagi dgn lebih seksama deh
Kalo ada bearingnya maka API SM juga bisa, en kalo pake yg API SL or SN akan lebih baik lagi.
SHU AB 5W30 sy gak paham grup brp, yg pasti base nya Grup III then apa ada campuran grup IV nya atau enggak sy gak paham.
Salam kenal, ini pertama kali saya tergabung dalam forum diskusi sebesar dan se aktif ini. Akhirnya saya temukan forum tepat untuk menimba ilmu otomotif. Saya belum lama punya Ford Fiesta S 1.6L kira2 Juli 2012 (km saat ini sekitar 10.500km), dan demi pertimbangan pemeliharaan mesin secara maksimal terhadap mobil, saya putuskan menggunakan Shell Helix Ultra 5W-40 langsung pada servis pertama kali.
Karena saya tidak tinggal di Indonesia, saya banyak menemui beragam merk oli "premium' di Australia yang ingin saya adopsi untuk FFS saya. Pertanyaan saya, untuk pemakaian normal tiap hari di Kota Malang yang relatif sejuk tidak macet dan beban kendaraan hanya 2-3 orang dengan berat kira2 @60kg sehingga total kurang dari 200kg, pemakaian harian kira2 20-30km dengan kondisi AC selalu menyala setiap kali mobil dipakai, pilihan oli manakah yang terbaik (untuk kelas premium), antara Shell Helix Ultra 5W-40 ataukah Mobil1 Ultimate All-Round Performance 0W-40?
Mohon sedikit review atas kedua produk tersebut. Terima kasih
Regards,
Dede
Bantu sundul pertanyaannya biar para suhu bisa jawab
Ane nubie ga berani jawab takut salah kasih info
Btw tadi barusan ganti oli mesin balik lagi ke SGO 5-30 sebelumnya sempet ane ganti mobil super 2000 X2 10-40
Emang enakan pake 5-30
Salam kenal, ini pertama kali saya tergabung dalam forum diskusi sebesar dan se aktif ini. Akhirnya saya temukan forum tepat untuk menimba ilmu otomotif. Saya belum lama punya Ford Fiesta S 1.6L kira2 Juli 2012 (km saat ini sekitar 10.500km), dan demi pertimbangan pemeliharaan mesin secara maksimal terhadap mobil, saya putuskan menggunakan Shell Helix Ultra 5W-40 langsung pada servis pertama kali.
Karena saya tidak tinggal di Indonesia, saya banyak menemui beragam merk oli "premium' di Australia yang ingin saya adopsi untuk FFS saya. Pertanyaan saya, untuk pemakaian normal tiap hari di Kota Malang yang relatif sejuk tidak macet dan beban kendaraan hanya 2-3 orang dengan berat kira2 @60kg sehingga total kurang dari 200kg, pemakaian harian kira2 20-30km dengan kondisi AC selalu menyala setiap kali mobil dipakai, pilihan oli manakah yang terbaik (untuk kelas premium), antara Shell Helix Ultra 5W-40 ataukah Mobil1 Ultimate All-Round Performance 0W-40?
Mohon sedikit review atas kedua produk tersebut. Terima kasih
AFAIK
Mesin2 Gasoline Ford generasi baru mintanya oli encer, 5W30 nya bahkan mintanya yg ACEA A1 / A5
rata rata mintanya HTHS 2.9 means 5W30 encer or bahkan 0W30
Tapi kalo melihat SAPS requirement-nya yg agak tinggi maka sebaiknya cari oli yg comply dgn standard Ford M2C9..... yg sesuai yg diminta buku manual atau bisa juga pake oli yg meet VW 503 / 506.01 see HTHS dan SA nya mirip
Olinya merek apa ? Mereknya macam2, pasti banyak tersedia di sana, see backlabel first
Salam kenal, ini pertama kali saya tergabung dalam forum diskusi sebesar dan se aktif ini. Akhirnya saya temukan forum tepat untuk menimba ilmu otomotif. Saya belum lama punya Ford Fiesta S 1.6L kira2 Juli 2012 (km saat ini sekitar 10.500km), dan demi pertimbangan pemeliharaan mesin secara maksimal terhadap mobil, saya putuskan menggunakan Shell Helix Ultra 5W-40 langsung pada servis pertama kali.
Karena saya tidak tinggal di Indonesia, saya banyak menemui beragam merk oli "premium' di Australia yang ingin saya adopsi untuk FFS saya. Pertanyaan saya, untuk pemakaian normal tiap hari di Kota Malang yang relatif sejuk tidak macet dan beban kendaraan hanya 2-3 orang dengan berat kira2 @60kg sehingga total kurang dari 200kg, pemakaian harian kira2 20-30km dengan kondisi AC selalu menyala setiap kali mobil dipakai, pilihan oli manakah yang terbaik (untuk kelas premium), antara Shell Helix Ultra 5W-40 ataukah Mobil1 Ultimate All-Round Performance 0W-40?
Mohon sedikit review atas kedua produk tersebut. Terima kasih
AFAIK
Mesin2 Gasoline Ford generasi baru mintanya oli encer, 5W30 nya bahkan mintanya yg ACEA A1 / A5
rata rata mintanya HTHS 2.9 means 5W30 encer or bahkan 0W30
Tapi kalo melihat SAPS requirement-nya yg agak tinggi maka sebaiknya cari oli yg comply dgn standard Ford M2C9..... yg sesuai yg diminta buku manual atau bisa juga pake oli yg meet VW 503 / 506.01 see HTHS dan SA nya mirip
Olinya merek apa ? Mereknya macam2, pasti banyak tersedia di sana, see backlabel first
Thanks a lot om Turboman, untuk pencerahannya...
Thanks juga buat Om Jambangan yang udah bantu nyundul....