Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by c_adhi_k »

esemka minta proteksi kemana ya? :upss:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by maxx »

y_anjasrana wrote:Itu yg ane maksud. Produsen otomotif US pasti minta proteksi dlm bentuk apapun ke pemerintahnya spy mereka bisa bersaing, minimal utk pasar dlm negeri. Apalagi pemerintah US sendiri sempat kasih bantuan dana besar saat krisis bbrp thn yg lalu. Jd pasti diproteksi macem2. Imaly
Yang plg hebat proteksinya negara China!!

pernah lihat episode top gear ... mereka berkunjung ke china .. mengupas sejauh apa perkembangan produksi/pabrik mobil di china

banyak yg ditemukan model mirip2 beda nama . he he he..

Ada model honda .. ya mirip lah... dikasih nama HONGDA ... di sue smp ke meja hijau di china .. ga akan lama langsung pupus.. ha ha ha... no more sue .. ga bisa di kutak kutik soal nama atau apapun ..proteksi terhadap produksi dalam negri china tinggi sekali, tapi yg pasti tuh HONGDA ga bisa di jual keluar china .. pasti di protes .. ha ha ha :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by y_anjasrana »

Apalagi skrg saat hub cina-jepang lg panas ya...

Klu model mirip jd inget mocin yg pernah masuk sini. Modelnya rata2 niru supra... haddeuuhhhh......
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Aihh.. Kalau ngomongin plagiat China sih... Sampai bibir dower juga gak selesai-selesai...

Daftar yang di tiru di negeri itu kalau mau di rangkum dalam internet butuh server yang lebih gede dibanding wikipedia kali..

cek aja video berikut:
http://www.youtube.com/watch?v=6rY3yNf-W3c

Waktu direksi nya Geely bicara, udah lama rasanya saya nggak merasakan semangat mau bunuh orang..

---

BTT, tahun kemarin saya sempet ganti under body depan Merc E300 baru, karena underbody bawaannya robek tersangkut jalan rusak.. (untung nya underbody cover nya ini bener-bener ngasih proteksi ke parts bawah mobil)..

Pas pesen, underbody OEM penggantinya berharga 5 juta (cuman buat cover bawah depan doang),... Awalnya protes kok mahal amat... Tapi saya disuruh datang dulu konfirmasi barangnya.. Begitu lihat dan memperhatikan detailnya, bahannya terbuat dari plastik yang bahkan lebih solid waktu dipegang dibanding dashboard CRV baru.. Ya udah.. gak bisa komen... Bayar 5 juta.. :e-wall:

entah lah kalau di Lexus/Infinity yang sekelas bagaimana, karena belum ada pengalaman memperhatikan detail-detail nya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by y_anjasrana »

Bicara material harga memang ga bohong deh. Atoz ane dulu handle pintunya sering patah. Ane jg menemui hal yg sama pd atoz lain. Bisa dibilang terlalu banyak utk sekedar handle pintu. Hal yg ga pernah dengar terjadi pd mobil jepang. Ga tau klu eropa. Sejauh ini manajer keuangan ane blum approve utk beli mobil eropa.

Pengalaman saat pegang klien pabrik plastic injection lmyn membuka mata klu bahan dan bentuk boleh mirip, tp standard daya tahan sulit ditiru. Belum lg ada supplier2 nakal yg mencampur material dgn recycle material. Makin ancur aja deh.... balik lg ke kualitas QC tiap pabrikan. Klu gampang kompromi/batas toleransi terlalu lebar, ya hasilnya ancur dehhh....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

Untuk kelas yang sepantar, misalkan lexus GS, bmw 5 series, e class, audi a6..
Mana yang lebih bagus rancang bangun nya? (Rancang bangun, teknologi nanti dulu)...

Mohon pencerahan master2 disini ye..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Harusnya ente yang share jem... Aihhh
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

Halah...nubie belum mampu neh MGM BAJPS..uwkwkwkw
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by AD74YA »

Lexus bukannya pake jem?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

Kaga tuh....impian ane...seumur2 gak pernah memiliki merk premium
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by kompresorz »

AD74YA wrote:Aihh.. Kalau ngomongin plagiat China sih... Sampai bibir dower juga gak selesai-selesai...

Daftar yang di tiru di negeri itu kalau mau di rangkum dalam internet butuh server yang lebih gede dibanding wikipedia kali..

cek aja video berikut:
http://www.youtube.com/watch?v=6rY3yNf-W3c

Waktu direksi nya Geely bicara, udah lama rasanya saya nggak merasakan semangat mau bunuh orang..

---

BTT, tahun kemarin saya sempet ganti under body depan Merc E300 baru, karena underbody bawaannya robek tersangkut jalan rusak.. (untung nya underbody cover nya ini bener-bener ngasih proteksi ke parts bawah mobil)..

Pas pesen, underbody OEM penggantinya berharga 5 juta (cuman buat cover bawah depan doang),... Awalnya protes kok mahal amat... Tapi saya disuruh datang dulu konfirmasi barangnya.. Begitu lihat dan memperhatikan detailnya, bahannya terbuat dari plastik yang bahkan lebih solid waktu dipegang dibanding dashboard CRV baru.. Ya udah.. gak bisa komen... Bayar 5 juta.. :e-wall:

entah lah kalau di Lexus/Infinity yang sekelas bagaimana, karena belum ada pengalaman memperhatikan detail-detail nya..
merci bagus kualitas luar dalam..
yg bikin protes lg kaca spion sebelah kanan...di beres barangnya 8 jtaan...untung saya asuransi...di curi 2x..jd yg br beli merci cepat2 grafir spion
emang plastik bodi luar solid bgt saya pernah ganti bemper depan n harganya 9jtan lalu saya bandingkan dgn bemper mobil honda saya yg kebetulan robek jg berharga 3 jutaan...jauh sekali ketebalan bahannya...
waktu awal e260 baru keluar waktu itu saya pake mobil jepang lama n nabrak pelan bemper belakang e260 yang ada punya saya bempernya melesat ke dalam n itu e260 gak apa2 sama sekali n bosnya turun n gak minta ganti...
tapi kalo kelas lexus saya rasa sudah ky mobil eropa...walo saya cm lihat sebentar aja...top bgt itu mobil yg ls460...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

ZombiEE wrote:Untuk kelas yang sepantar, misalkan lexus GS, bmw 5 series, e class, audi a6..
Mana yang lebih bagus rancang bangun nya? (Rancang bangun, teknologi nanti dulu)...

Mohon pencerahan master2 disini ye..
ngerii.... master jembie lg mau nambah koleksi le'sus nya... plus biem dan mercy baru... audi jg skalian...

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:
ZombiEE wrote:Untuk kelas yang sepantar, misalkan lexus GS, bmw 5 series, e class, audi a6..
Mana yang lebih bagus rancang bangun nya? (Rancang bangun, teknologi nanti dulu)...

Mohon pencerahan master2 disini ye..
ngerii.... master jembie lg mau nambah koleksi le'sus nya... plus biem dan mercy baru... audi jg skalian...

:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
Wuiiihhh....nubie brondok z
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

brondok dgn le'sus terbaru nya.. :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

Brondok dengan seikat lapchiong..antisipasi lapar....hajal bleh
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by DOHC »

sambil makan di dalem le'sus... hajall....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by ZombiEE »

lesas lesus tanpa arah... :mky_05: :mky_05: :mky_05: :big_smoking: :big_slap:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by JESKONENG »

kalok dalam hal range harga 350-an juta, dan performa mesin, dll, misalnya VW Gold TSi vs Honda Civic 1,8 M/T ... kira2 mana yg nilainya lebih bagus ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by hosea »

andy1800 wrote:*bikin trid krn terinspirasi oleh pertanyaan karib sy, oknum B


diluar urusan engine,
byk org yg kalau membicarakan build quality sbuah mobil, lalu bilang "rasa mobil eropa", "kualitas jepangan", "handlingnya eropa banget", ....dsb
jd tidak bisa dihindari, mmg kenyataannya terjadi dikotomi tipikal yg seperti itu.
sbenernya klo mau lengkap sih ada: Jepang vs Eropa vs Amerika
so far kita batasi utk gak membicarakan dulu: Korea & China & India ya


jadi, beneran ada gak sih, perbedaan2 signifikan baik dr sisi build quality, material, atau engineering detail antara:
Mobil Eropa vs Mobil Jepang ?

*mohon klo membandingkan perlu dicermati: kelas, spesies/katagori, dan harga yg setara ya.
*mobil Amerika tu scara build quality bisakah dianggap sama/sekelas/karakteristiknya mirip dg mobil Eropa? krn sama2 dari bule



silaken, mohon diterang2ken

Saya pernah pakai Mercy C230 thn 2003, Chevy Estate 2007 dan sekarang Freed 2012.
Perbedaan yg saya lihat dr kualitas bahan :
1. Pintu mercy > Chevy > Freed. Suara hujan di freed spt kaleng kosong disepak :frm_bang_head: tapi Chevy ga bunyi, apalagi Mercy. Ini berhubungan dengan kenyamanan, bukan terutama di kekuatan, sebab penggunaan baja ringan yg lebih rigid oleh mobil2 Jepang, (katanya) kekuatannya sama dgn play yg lebih tebal, hanya peredaman suaranya yg kalah.
2. Kalau saya lihat saat doortrim dibongkar, betul spt foto AD74YA, peredaman mobil Jepang sangat minim.
3. Kalau dilihat mesinnya, mobil eropa sangat rapi dan semua part elektrik ditutup rapi dengan plastik. Ini berkaitan dengan safety juga

Secara fitur safety, Eropa jelas lebih banyak dan komplit. Satu detail yg saya perhatikan :
Bahkan honda civic dan subaru seharga 400 jutaan pun, tombol power window yg ada lampunya (nyala kalau gelap) hanya di sisi driver. Sedangkan chevy saya harga 180 juta, semua power window sdh ada lampunya. Demikian juga kalau tombol lock window ditekan, maka lampu power window di sisi semua penumpang padam, ini untuk safety sehingga penumpang (maksudnya anak kecil) ga bisa mencari tombolnya di malam hari sehingga jendela tdk bisa dibuka. Saya belum pernah jumpai fitur ini di mobil jepang manapun .


Jelas filosofi Eropa dan jepang dalam bikin mobil beda : eropa lebih ke arah safety dan fitur utk memanjakan/memudahkan user, Jepanglebih ke arah reliability dan kepraktisan, yg penting mobil bisa jalan dgn lancar tanpa gangguan dan tdk merepotkan user.

Maaf kalau knowledge saya masih minim :mky_01:
User avatar
asalpunya
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 28, 2013 13:15

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by asalpunya »

jawaban nubie cuma eropa lebih kedap di kabin :e-whistle:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by JESKONENG »

btw, para pemilik mobil eropa bole datang ke Sentul tgl 7 April 2013 jam 08 pagi : boleh menjajal lapping di sirkuit dipandu oleh mobil instruktur, syaratnya : bayar 50.000, pake helm SNI, ada alat pemadam kebakaran di mobil dan seatbelt .. ada bazaar spareparts, ada latian resmi para peserta ETCC (European Touring Car Championship)

utk detil-nya silakan kontak : Pak Arief 087884040775
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by pcx »

hosea wrote:
Jelas filosofi Eropa dan jepang dalam bikin mobil beda : eropa lebih ke arah safety dan fitur utk memanjakan/memudahkan user, Jepanglebih ke arah reliability dan kepraktisan, yg penting mobil bisa jalan dgn lancar tanpa gangguan dan tdk merepotkan user.

Maaf kalau knowledge saya masih minim :mky_01:
I second this om :off_good_job:
Walau tidak begitu laku di Eropa (kecuali Nissan Qashqai), mobil mobil Jepang diakui lebih reliable dari mobil Eropa
mestinya karena konsumen sana yang lebih mementingkan fitur safety atau cenderung memandang sebelah mata pada produk Jepang :e-think:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
Catbert
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Mar 30, 2013 16:47

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by Catbert »

Saya ingat pas pertama menyetir vios 2008 matic yang saya beli utk menggantikan pug 405 sti. Pertama nyetir agak kaget karena feel mewah dan mantapnya tidak ada sama sekali. Di pug begitu mantapnya saya cenderung cruising di tol jorr di angka speed 145 kpj (th 2006 pas jorr masih sepi). Sedangkan dng vios 120kpj sudah agak gamang. Bnyak lagi detil2 yang membuat mobil jepang ini terasa hambar dan tawar. Akan tetapi untuk reliability saya acungin jempol. Di vios saat ini sudah 5 th saya pakai (85rb km), mesin dan transmisi masih terasa kayak baru. Suspensi juga sangat tangguh. Ada satu blog milik orang jepang yang menceritakan bahwa orang jepang secara umum tidak mentolerir kerewelan sedikitpun di mobilnya. Mereka banyak yang tidak tahu cara buka kap mesin. Saya kira ini tercermin dari vios saya, dimana tidak pernah rewel sama sekali.

Pengamatan saya, mobil eropa cenderung didesign untuk nyaman tanpa terlalu memperhatikan durability dan reliability. Sedangkan mobil jepang (dalam pengalaman saya, toyota) sebaliknya, fokus ke reliability. Di luar negeri (usa) pun resale value mobil toyota dan honda konsisten selalu tinggi dibanding mobil eropa. Resale value, spt kita tahu secara umum berhubungan erat dng durability dan reliability suatu mobil.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by walid_007 »

kenapa mobil eropa lebih nempel dijalan pas diajak ngebut?? --e class-- :big_smoking:
sedangkan jepang kaya mau terbang --camry-- :big_peace:

sebenarnya eropa enak banget di semua sisi, tapi kok rada rewel
rewelnya eropa : kalo ganti oli harus diprogram dulu,, n kalo gak diprogram mesin mati n gak mau nyala.. :big_slap:

terus kolo mercy interiornya baunya gak ilang 2 n bikin mual bagi anak2
depresiasi harga cukup tinggi

tapi kalo jepang enak buat serempet sono sini,,
engine roaring!
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: Membongkar perbedaan Kualitas mobil Eropa vs Jepang

Post by pdm »

newbie tanya...
baca di thread review c class, kalo ventilasinya tiap sekian menit otomatis udara luar masuk ke dalem.. apakah semua mobil eropa begitu?