Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

Salvanost wrote: cek tekanan ban, ban kiri kanan sama ga
saya puas ban belakang dikasih 30 psi
cuma yang depan 31 psi masih mikir2 nih...
masa kena polisi tidur tinggi, ada bunyi "duk" kencang abis ban depan lewat (ga tau kena bagian apa....)
lagi buru2, ada polisi tidur hajar aja :mky_04:
punya saya keliling nitrogen 30 psi. so far sih fine2 aja. skrg jalan 9000 km.
untuk bunyi duk keras, itu rasanya problem karet support shockbreaker deh, harus diganti di beres, free kok..
punya saya dulu jg seperti itu, baik bagian depan atau belakang yg lewatin polisi tidur, pasti bunyi duk, tapi dari arah belakang bunyinya, abis karet support shock belakang diganti langsung hilang bunyinya..
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by alvin_kiak »

claude_wallace wrote:
Salvanost wrote: cek tekanan ban, ban kiri kanan sama ga
saya puas ban belakang dikasih 30 psi
cuma yang depan 31 psi masih mikir2 nih...
masa kena polisi tidur tinggi, ada bunyi "duk" kencang abis ban depan lewat (ga tau kena bagian apa....)
lagi buru2, ada polisi tidur hajar aja :mky_04:
punya saya keliling nitrogen 30 psi. so far sih fine2 aja. skrg jalan 9000 km.
untuk bunyi duk keras, itu rasanya problem karet support shockbreaker deh, harus diganti di beres, free kok..
punya saya dulu jg seperti itu, baik bagian depan atau belakang yg lewatin polisi tidur, pasti bunyi duk, tapi dari arah belakang bunyinya, abis karet support shock belakang diganti langsung hilang bunyinya..
Yang depan juga diganti free bro?
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

meriamk6a wrote: Sabtu dibawa jalan, everything is OK. Rasanya lebih enak ketimbang CRV 2007 dulu (waktu sama2x baru beli). Cuma pas hujan, rame bener ya bunyinya (kayaknya penutup panoramic roofnya kurang kedap).
bunyi berisik itu bukan dari kaca panoramicnya, melainkan atap plat di belakang panoramic.
justru kaca tebal panoramic lebih meredam suara air hujan daripada plat tipis yg menggema kena ruang antara plat atap dan plafon beludru. (walaupun sudah ada babut di antara ruang ini)
saya sudah coba pakai peredam yg bentuk alumunium foil itu tetapi tdk maksimal, rasanya harus pakai peredam aspal. tapi takut leleh kena panas sinar matahari saat mobil dijemur lalu jatuh ke plafon.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

alvin_kiak wrote:
claude_wallace wrote: punya saya keliling nitrogen 30 psi. so far sih fine2 aja. skrg jalan 9000 km.
untuk bunyi duk keras, itu rasanya problem karet support shockbreaker deh, harus diganti di beres, free kok..
punya saya dulu jg seperti itu, baik bagian depan atau belakang yg lewatin polisi tidur, pasti bunyi duk, tapi dari arah belakang bunyinya, abis karet support shock belakang diganti langsung hilang bunyinya..
Yang depan juga diganti free bro?
yang depan tdk diganti.. abis belakang diganti, semua suara langsung hilang..
karena penggantian suspensi belakang, secara langsung juga mempengaruhi kinerja suspensi depan kan.
seperti jungkat jungkit gitu..
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Salvanost »

claude_wallace wrote:
Salvanost wrote: cek tekanan ban, ban kiri kanan sama ga
saya puas ban belakang dikasih 30 psi
cuma yang depan 31 psi masih mikir2 nih...
masa kena polisi tidur tinggi, ada bunyi "duk" kencang abis ban depan lewat (ga tau kena bagian apa....)
lagi buru2, ada polisi tidur hajar aja :mky_04:
punya saya keliling nitrogen 30 psi. so far sih fine2 aja. skrg jalan 9000 km.
untuk bunyi duk keras, itu rasanya problem karet support shockbreaker deh, harus diganti di beres, free kok..
punya saya dulu jg seperti itu, baik bagian depan atau belakang yg lewatin polisi tidur, pasti bunyi duk, tapi dari arah belakang bunyinya, abis karet support shock belakang diganti langsung hilang bunyinya..
bunyi duknya dari depan om, kalau belakang ga pernah
kayanya bagian bawah ada yg kebentur sama polisi tidurnya, lom saya cek kebentur apa

pano emang mantap om,
kelemahannya harus kasih kaca film supaya ga terlalu panas
kaca depan juga berisik kalau hujan deras...
aduh ini lampu depannya menyebalkan banget,
hujan + tempat terang ga berkutik nih lampunya
mau ganti ke kuning... takut ga cocok sama warna putih mobilnya

sayang banget ini mitsu...
napa ga fokus ke peredam
abis liat pajero full peredam,
mantap banget
OS mau peredam full ribet...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

soal bunyi duk dari depan, di group mitosi baru 1 org yg ngalamin sih.. coba dicek ke beres aja kenapa.
jangan2 ada beberapa produksi OS yg karet support shock depanny bermasalah..

soal HID OS itu terang banget lho om, mungkin kaca film nya terlalu gelap.
saya sering banding2in HID OS dgn mobil2 lain, baik ori seperti di dakar saya maupun aftermarket, HID OS ini terang banget deh..

soal pajero peredaman lebih baik karena masih CBU dari thai, baik plat maupun peredamannya pasti better.
OS kan uda CKD dimana CKD identik dengan kata sunat menyunat..
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan kerasa.
Abis di balans n spooring agak berkurang sedikit tpi ttp Kerasa limbungnya Blum hilang.
Ane punya tmn juga ad yg pakai OS juga
Dia bilang limbungnya juga kerasa
Berarti bkn cm tmp saya Aja ya ini, atau emg ud bawaannya agak goyang?
Dari pertama beli emg ud spti ini
Bawa jalan sehari2 kontur Jalan kurang halus, bergelombang Dan ga rata.
Kalo cobain captiva (punya kakak ane) rasanya lebih mantep n rigid ya.
Kira2 Ad yg bisa bantu?
Agar Bisa lebih rigid?

Tadi mekaniknya bilang Kalo OS itu enteng, jadi untuk manuver Ada gejala limbung. Apa emg bner spti itu?
meriamk6a
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Mar 12, 2013 12:25

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by meriamk6a »

Will_25 wrote:Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan
Zigzagnya dalam kecepatan 100 km/jam? Wow....padahal saya nyupir di tol lurus dengan kecepatan 100 km/jam aja jarang banget.

Mungkin kalo dipakai untuk kayak gitu perlu modif ya....bukan pake komponen standard
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by RVR »

Will_25 wrote:Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan kerasa.
Abis di balans n spooring agak berkurang sedikit tpi ttp Kerasa limbungnya Blum hilang.
Ane punya tmn juga ad yg pakai OS juga
Dia bilang limbungnya juga kerasa
Berarti bkn cm tmp saya Aja ya ini, atau emg ud bawaannya agak goyang?
Dari pertama beli emg ud spti ini
Bawa jalan sehari2 kontur Jalan kurang halus, bergelombang Dan ga rata.
Kalo cobain captiva (punya kakak ane) rasanya lebih mantep n rigid ya.
Kira2 Ad yg bisa bantu?
Agar Bisa lebih rigid?

Tadi mekaniknya bilang Kalo OS itu enteng, jadi untuk manuver Ada gejala limbung. Apa emg bner spti itu?
Ban masih std kan bro?
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

meriamk6a wrote:
Will_25 wrote:Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan
Zigzagnya dalam kecepatan 100 km/jam? Wow....padahal saya nyupir di tol lurus dengan kecepatan 100 km/jam aja jarang banget.

Mungkin kalo dipakai untuk kayak gitu perlu modif ya....bukan pake komponen standard
Kalo buat selip kanan kiri bro,
Soalnya Mobil buat luar Kota juga hehe
Baru cari solusi ama Bengkel kenalan nih. Antara pasang under brace atau ganti per tein blm tau
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

RVR wrote:
Will_25 wrote:Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan kerasa.
Abis di balans n spooring agak berkurang sedikit tpi ttp Kerasa limbungnya Blum hilang.
Ane punya tmn juga ad yg pakai OS juga
Dia bilang limbungnya juga kerasa
Berarti bkn cm tmp saya Aja ya ini, atau emg ud bawaannya agak goyang?
Dari pertama beli emg ud spti ini
Bawa jalan sehari2 kontur Jalan kurang halus, bergelombang Dan ga rata.
Kalo cobain captiva (punya kakak ane) rasanya lebih mantep n rigid ya.
Kira2 Ad yg bisa bantu?
Agar Bisa lebih rigid?

Tadi mekaniknya bilang Kalo OS itu enteng, jadi untuk manuver Ada gejala limbung. Apa emg bner spti itu?
Ban masih std kan bro?
Standar semua kok bro rvr.
Tekanan angin 30psi semua
Cuman jalannya bergelombang n gak rata
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by RVR »

Will_25 wrote:
RVR wrote:
Will_25 wrote:Hari ini sudah k beres.
Ane test Jalan 100lbih ama mekaniknya,
Buat zigzag limbungnya lumayan kerasa.
Abis di balans n spooring agak berkurang sedikit tpi ttp Kerasa limbungnya Blum hilang.
Ane punya tmn juga ad yg pakai OS juga
Dia bilang limbungnya juga kerasa
Berarti bkn cm tmp saya Aja ya ini, atau emg ud bawaannya agak goyang?
Dari pertama beli emg ud spti ini
Bawa jalan sehari2 kontur Jalan kurang halus, bergelombang Dan ga rata.
Kalo cobain captiva (punya kakak ane) rasanya lebih mantep n rigid ya.
Kira2 Ad yg bisa bantu?
Agar Bisa lebih rigid?

Tadi mekaniknya bilang Kalo OS itu enteng, jadi untuk manuver Ada gejala limbung. Apa emg bner spti itu?
Ban masih std kan bro?
Standar semua kok bro rvr.
Tekanan angin 30psi semua
Cuman jalannya bergelombang n gak rata
Saya ganti ukuran 225/65/17 (velg std)
Lebih stabil & bantingan lebih empuk
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

atau mgkn secara tdk sadar OS saya sudah lebih stabil kena peredaman full ya..
kalau ke luar kota saya beberapa kali zig zag di 140km/jam tdk ada masalah sih..

anyway, kalau dibanding captiva, tentu captiva lebih stabil, OS 1.5 ton, captiva 2 ton.
mungkin bandinginnya dengan mobil jepang dgn berat setingkat ya.
sebagai perbandingan dr pengalaman pribadi, sama2 zig zag di 140 km/jam, dakar 2 ton lebih stabil dari OS 1.5 ton.
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

Kalo ganti ban dgn tapak lbh lebar memang lebih stabil sih,coba bsk mgkin mau ikutin bro rvr.
Ttp pakai Bridgestone kah? Yokohama dgr2 jg Bagus ya

@bro claude iya bro sebenernya beda kelas si, cuman dirumah adanya captiva jadi hanya Bisa bandingin itu sj.
Hehe
Bobot Mobil yg lbh berat otomatis menambah kemantapan di kec tinggi ya
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Salvanost »

saya kalau nyalip jalur di toll sih no problem
lebih repot belok pas pelan
goyangan emang kerasa
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

@Will_25 : ganti ban sih ngefek ke handling, tapi tdk bakal menghilangkan efek body roll segimananya..
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

Jadi buat Bantu seenggaknya mengurangi efek limbung kira2 diapain ya bro?
Kalo dari pengalaman saya sih dulu ganti ke per aftermarket, ckup stabil dgn konsekuensi bantingan agak keras
Mohon masukannya
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by AD74YA »

Will_25 wrote:Jadi buat Bantu seenggaknya mengurangi efek limbung kira2 diapain ya bro?
Kalo dari pengalaman saya sih dulu ganti ke per aftermarket, ckup stabil dgn konsekuensi bantingan agak keras
Mohon masukannya
Bikin kaku chassis; pasang strut bar depan belakang..

atau kalau masih mau nyaman bantingannya pasang strut bar depan saja.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

pasang strut bar kok bisa ngefek ya?
sekilas lihat pemasangannya kok seperti variasi aja, dipasang di bagian atas shockbreaker kanan kiri.
kalau stabilizer yg dipasang di bawah ngerti sih cara kerjanya dan make sense bila ngefek..
utk stabilizer, OS sudah ada bawaan dari pabrik baik depan belakang, kalau mau ditambah lg asal ada ruang bisa sih..
denny3ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by denny3ck »

udah pernah coba valen dumper bro? sama efeknya bantingan lbh keras, memperpanjang umur per, mengurangi gejala limbung, dll..
agennya di Komplek Ruko ITC Roxy Mas Blok C2 No. 25 Jalan K.H Hasyim Ashari, Jakarta Pusat. gedung yg jual handphone itu loh terus masuk parkiran dan nanya2 deh.



NB: sy bukan agen, cuma pengalaman pernah pakai. :e-whistle:
Will_25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Dec 06, 2012 13:03

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Will_25 »

Dulu sdh prnh coba di civic ane bro,
Emg ckup membantu stabilnya sih.
Tp untuk gejala limbungnya ini ap bisa juga ya?

Dari temen ane yg buka bengkel, dia saranin ganti per (tein) semoga Bisa mengurangi
Jadi dia pun belum Bisa jamin.
Oya posisi saya di yogyakarta hehe
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

pakai dumper itu bantingan jadi tambah keras baik tikungan atau lurus.
kapannya uda coba di OS, jadi keras seperti CRV deh misal lewat jalan keriting, tetapi utk tikungan jadi lebih ok.
akhirnya tdk jadi beli, naikan jadi tdk nyaman..

barusan baca2 strutbar di inet, pemasangan yg bener ternyata dihubungin di ujung macpherson strut dan di-connect ke sasis, kalau ini baru make sense. seperti pemasangan stabilizer di bawah.
berarti sering saya liat pemasangan strutbar di mobil2 byk yg salah & hanya berguna utk estetika kesan racing aja.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

Will_25 wrote:Dulu sdh prnh coba di civic ane bro,
Emg ckup membantu stabilnya sih.
Tp untuk gejala limbungnya ini ap bisa juga ya?

Dari temen ane yg buka bengkel, dia saranin ganti per (tein) semoga Bisa mengurangi
Jadi dia pun belum Bisa jamin.
Oya posisi saya di yogyakarta hehe
apapun penambahan atau penggantian di bagian suspensi yg membuat bantingan jd tambah keras, pasti mengurangi limbung.
tetapi efeknya misal melewati jalan keriting pun jadi tambah kerasa lho, jadi tidak nyaman..
plus minus sih..
mgkn analoginya, bandingin bantingan mobil2 toyota dan honda secara umum ya..
toyota itu empuk limbung, honda itu keras lebih stabil.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by AD74YA »

claude_wallace wrote:pakai dumper itu bantingan jadi tambah keras baik tikungan atau lurus.
kapannya uda coba di OS, jadi keras seperti CRV deh misal lewat jalan keriting, tetapi utk tikungan jadi lebih ok.
akhirnya tdk jadi beli, naikan jadi tdk nyaman..

barusan baca2 strutbar di inet, pemasangan yg bener ternyata dihubungin di ujung macpherson strut dan di-connect ke sasis, kalau ini baru make sense. seperti pemasangan stabilizer di bawah.
berarti sering saya liat pemasangan strutbar di mobil2 byk yg salah & hanya berguna utk estetika kesan racing aja.
Untuk bikin kaku chassis, strut bar di depan untuk mobil FWD lebih ngaruh dari pada stabilizer..

Dan, daripada pakai valen, mending ganti per.. Selain tampilan lebih oke karena ceper, bantingan akan lebih kompromi. Valen kan cuma ngurangin travel nya per standar..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

apakah sudah ada yg ganti per aftermarket khusus OS?
rasanya masih belum ada ya..