Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Sore,
Mau tanya nih akhir2 ini saya ngalamin yg aneh dengan gerobak saya,pas pagi hari ato temperatur mesin masih dingin kenapa ya kalo posisi D gak langsung gerak nunggu digas beberapa kali baru jalan tp kalo R langsung gerak padahal sudah ganti Oli matic tapi kalo udah gerak nyaman bgt n masih enak perpindahan giginya gak keras ato kasar
btw ada yg tau itu sebabnya kenapa ya??
Mau tanya nih akhir2 ini saya ngalamin yg aneh dengan gerobak saya,pas pagi hari ato temperatur mesin masih dingin kenapa ya kalo posisi D gak langsung gerak nunggu digas beberapa kali baru jalan tp kalo R langsung gerak padahal sudah ganti Oli matic tapi kalo udah gerak nyaman bgt n masih enak perpindahan giginya gak keras ato kasar
btw ada yg tau itu sebabnya kenapa ya??
Last edited by Prast84 on Thu Mar 14, 2013 10:02, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
mobil apa om? tahun berapa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Ini mobilnya jenis & tahun brp bro? biasa ganti oli matik berkala ga?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
sorry lupa mobil Altis 2001,terakhir ganti kata montirnya olinya masih bagus dan saya ganti saja soalnya kok susah gerak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
kalau pagi hari coba di L atau di 2 tanpa di gas2, apa langsung gerak juga kek R ?Prast84 wrote:Sore,
Mau tanya nih akhir2 ini saya ngalamin yg aneh dengan gerobak saya,pas pagi hari ato temperatur mesin masih dingin kenapa ya kalo posisi D gak langsung gerak nunggu digas beberapa kali baru jalan tp kalo R langsung gerak padahal sudah ganti Oli matic tapi kalo udah gerak nyaman bgt n masih enak perpindahan giginya gak keras ato kasar
btw ada yg tau itu sebabnya kenapa ya??
regards,
singachu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
kalo L dan 2 biasanya langsung gerak gak ada masalahsingachu wrote:kalau pagi hari coba di L atau di 2 tanpa di gas2, apa langsung gerak juga kek R ?Prast84 wrote:Sore,
Mau tanya nih akhir2 ini saya ngalamin yg aneh dengan gerobak saya,pas pagi hari ato temperatur mesin masih dingin kenapa ya kalo posisi D gak langsung gerak nunggu digas beberapa kali baru jalan tp kalo R langsung gerak padahal sudah ganti Oli matic tapi kalo udah gerak nyaman bgt n masih enak perpindahan giginya gak keras ato kasar
btw ada yg tau itu sebabnya kenapa ya??
regards,
singachu
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Kapan terakhir ganti ATF ?
ATF nya pake apa
Ini mesti tahu
ATF nya pake apa
Ini mesti tahu
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Kalo ATF baru en masih spt itu maka selanjutnya cek BodyValve en solenoidnya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
baru minggu kemarin gantinya,ATFnya pake punya TOP 1 yg Dextron III soalnya cari yg punya toyota sampe muter2 gak ada maklum tinggal didaerah kecil...........Turboman wrote:Kapan terakhir ganti ATF ?
ATF nya pake apa
Ini mesti tahu
kalo cek bodyvalve sama selenoidnya kira2 biaya berapa??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Kalau cek khan cuma jasa saja, tergantung bengkelnya. Bisa puluhan sampai seratus ribuan.
Moga2 cuma soleniod bro
Moga2 cuma soleniod bro
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
bro, altis bukannya oli matik pk T-IV y? cb d liat d buku manual nya, soalnya tmn ane dl cr nya yg spek T-IV. kl bnr ga cocoklah pk dexron III. suzuki punya tuh yg setara(3317) ,bisa juga mobil 3309, atau eneos. oh y kmrn ganti nya di flush apa cm tapping aja bro?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
kemarin hanya tapping saja gak sampe flush soalnya sudah panic duluan gara2 posisi D gak gerak pas suhu mesin masih dingin n cari2 ATF T-IV sama yg WS gak ketemu banyakan dexron III sama CVT saja makanya pake Dexron sementaraPlantFoot wrote:bro, altis bukannya oli matik pk T-IV y? cb d liat d buku manual nya, soalnya tmn ane dl cr nya yg spek T-IV. kl bnr ga cocoklah pk dexron III. suzuki punya tuh yg setara(3317) ,bisa juga mobil 3309, atau eneos. oh y kmrn ganti nya di flush apa cm tapping aja bro?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
duh, pk dexron III trus cm di tapping, jd kcmpr sm yg lm bro..speknya beda pula..tktnya problemnya mlh jd nambah..mending lgsg di flush deh,tp pk yg setara T-IV ya..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Spec T-IV diisi Dex 3 utk sementara gpp, tapi hts flush toyal dan jgn buang yg di pan daja
Kalo T 4 susah bisa cari :
Eneos Multi
Elf T4
Sainz yg multi std bisa jws 3309
Mobil 3309
FK Massimo juga bikin yg multi std
Kalo T 4 susah bisa cari :
Eneos Multi
Elf T4
Sainz yg multi std bisa jws 3309
Mobil 3309
FK Massimo juga bikin yg multi std
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
besok saya cari dulu deh tuh type2 oli soalnya dikota saya susah sekali sama yg bisa kuras2 oli matic saja baru 1 tempat setelah muter2 baru ketemuTurboman wrote:Spec T-IV diisi Dex 3 utk sementara gpp, tapi hts flush toyal dan jgn buang yg di pan daja
Kalo T 4 susah bisa cari :
Eneos Multi
Elf T4
Sainz yg multi std bisa jws 3309
Mobil 3309
FK Massimo juga bikin yg multi std
tapi apakah setelah ganti dengan yg direkomendasikan sudah normal ato belum??
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
ya tetap mesti dicoba dulu, sebetulnya flushing ga mesti pake mesin, pake sistem manual flush yg buang pan, ukur volume, lepas selang ke ATF cooler, tampung, hidupkan mesin sambil pindah2-in gigi dr P ke L bolak balik, sampe ATF yg keluar bening, trus isi sesuai yg keluar itu dah bersih banget. (posisi mobil tetap diam di tempat)
utk sementara jalan pakai Dexron 3 dulu gpp
utk sementara jalan pakai Dexron 3 dulu gpp
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue May 18, 2010 14:20
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Ikut mantau ahh...keluhan sama dengan gerobak tua ane, ody 2000 F23A, msh dingin gak mau jalan kayak kopling slip, klo dah panas mau jalan n terkadang nyendat. dah di flush di dealer resmi n blm ada perubahan. Akhirnya bawa ke bengkel lain, bisa diservis katanya tapi hasil gak maksimal,sebaiknya ganti satu gelondong..biayanyaaaa "selawe yuto", saiki sirae lagi mumet. Selanjutnya Baca baca di ulasan otomotif...gearbox matic katanya hrs di overhaul, tapi daripada di overhaul mending ganti satu gelondong eks singapore, karena saat di overhaul harga full set seal kit nya bisa lebih mahal dari harga yg eks singapore itu, di samping ada resiko2 lain, yah gearbox matic rumit n perlu ketelitian ekstra.
Moga ada pencerahan dari para manster....
Moga ada pencerahan dari para manster....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
kalo nyendat gak sama sekali om hanya kalo belum panas saja dan di posisi D tapi mau coba kuras oli maticnya dulu sesuai anjuran TurboMan soalnya kalo jalan masih nyaman baik perpindahan gear ato yg lain gak ada suara yg aneh2Lau wrote:Ikut mantau ahh...keluhan sama dengan gerobak tua ane, ody 2000 F23A, msh dingin gak mau jalan kayak kopling slip, klo dah panas mau jalan n terkadang nyendat. dah di flush di dealer resmi n blm ada perubahan. Akhirnya bawa ke bengkel lain, bisa diservis katanya tapi hasil gak maksimal,sebaiknya ganti satu gelondong..biayanyaaaa "selawe yuto", saiki sirae lagi mumet. Selanjutnya Baca baca di ulasan otomotif...gearbox matic katanya hrs di overhaul, tapi daripada di overhaul mending ganti satu gelondong eks singapore, karena saat di overhaul harga full set seal kit nya bisa lebih mahal dari harga yg eks singapore itu, di samping ada resiko2 lain, yah gearbox matic rumit n perlu ketelitian ekstra.
Moga ada pencerahan dari para manster....
Ok om saya coba juga cari yg T-IV buat dikuras,cek body valve sama selenoid n filter ATFnyaTurboman wrote:ya tetap mesti dicoba dulu, sebetulnya flushing ga mesti pake mesin, pake sistem manual flush yg buang pan, ukur volume, lepas selang ke ATF cooler, tampung, hidupkan mesin sambil pindah2-in gigi dr P ke L bolak balik, sampe ATF yg keluar bening, trus isi sesuai yg keluar itu dah bersih banget. (posisi mobil tetap diam di tempat)
utk sementara jalan pakai Dexron 3 dulu gpp
ohya om kalo kuras bisa habis berapa liter ya oli maticnya??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Bantu jawab omPrast84 wrote:
Ok om saya coba juga cari yg T-IV buat dikuras,cek body valve sama selenoid n filter ATFnya
ohya om kalo kuras bisa habis berapa liter ya oli maticnya??
Waktu itu ane kuras oli matic mobil ortu di bengkel deket rumah ngabisin 8 L oli matic
Mungkin kalo buat altis bisa kurang atau lebih. Biasanya sih sekitar 8-10 L
mobil ortu ane penyakitnya sama kyk mobil om prast nih. Kalo dingin mobil ga mau jalan walaupun transmisi udh di D & mobil ga direm. Harus digas dulu baru jalan. Tapi kalo udh panas sih lancar2 aja. Untuk perpindahan transmisi jg msh lancar & ga nyendat2
Kyknya gara2 dulu pernah ane ganti oli maticnya tapi cuma ditap doang jadi kecampur ama oli matic bawaan pabrik
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Tinggalin Jejak dululah 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Gejalanya koq seperti oli kurang. Pernah dicek levelnya waktu mesin dan persneling dingin ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
sudah cek om gak kurang olinyaPOS VETT wrote:Gejalanya koq seperti oli kurang. Pernah dicek levelnya waktu mesin dan persneling dingin ?
8 - 10 L ya om...........Jambangan wrote:Bantu jawab omPrast84 wrote:
Ok om saya coba juga cari yg T-IV buat dikuras,cek body valve sama selenoid n filter ATFnya
ohya om kalo kuras bisa habis berapa liter ya oli maticnya??
Waktu itu ane kuras oli matic mobil ortu di bengkel deket rumah ngabisin 8 L oli matic
Mungkin kalo buat altis bisa kurang atau lebih. Biasanya sih sekitar 8-10 L
mobil ortu ane penyakitnya sama kyk mobil om prast nih. Kalo dingin mobil ga mau jalan walaupun transmisi udh di D & mobil ga direm. Harus digas dulu baru jalan. Tapi kalo udh panas sih lancar2 aja. Untuk perpindahan transmisi jg msh lancar & ga nyendat2
Kyknya gara2 dulu pernah ane ganti oli maticnya tapi cuma ditap doang jadi kecampur ama oli matic bawaan pabrik
iya cuma kalo dingin saja gak mau jalan n digas dulu baru goyang



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
Seharusnya penyebabnya gampang kok, gak perlu sampai bongkar transmisi apalagi ganti segelondong.
BTW, trans Jepang pakai filter nggak? Kalau Peugeot pakai filter baja, krn letaknya tersembunyi dan modelnya dicuci bukan diganti , bengkel suka lupa.
BTW, trans Jepang pakai filter nggak? Kalau Peugeot pakai filter baja, krn letaknya tersembunyi dan modelnya dicuci bukan diganti , bengkel suka lupa.
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
filter matic kalo gak salah ada dibagian dalam om jadinya tetap bongkarasudarsono wrote:Seharusnya penyebabnya gampang kok, gak perlu sampai bongkar transmisi apalagi ganti segelondong.
BTW, trans Jepang pakai filter nggak? Kalau Peugeot pakai filter baja, krn letaknya tersembunyi dan modelnya dicuci bukan diganti , bengkel suka lupa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak
untuk sementara pending dulu buat kuras oli maticnya soalnya saya harus kembali kerja dipapua dan mobil untuk saat ini sampe 4 bulan kedepan parkir di garasi saja
btw ada kalo sling tuas matic longar ato gak pas efeknya apa saja ya om??
btw ada kalo sling tuas matic longar ato gak pas efeknya apa saja ya om??