VW TIGUAN
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW TIGUAN
fitur leaving home maksudnya kalo mobil dah dimatiin lampu masih menyala beberapa menit. fungsinya kalo mobil parkir di halaman mobil, agar ownernya saat masuk ke rumah ada lampu yg menyinari
ac manual, tp di belakang dapet kisi ac
hill assist, adanya hold assist, apakah yg dimaksud sama.?
HU yg tipe tinggi dapet touch screen ada sd card, yg tipe bawah model jadul banget cuman bisa cd, aux
utk power, di golf yg ane rasain ya.. waktu full loaded, degradasi powernya agak terasa.. jd agak cemas jg dengan tiguan ini bobotnya brapa, kalo lebih berat lebih dr 200kg ragu dengan sensasi tendangan jin ala golf, takutnya turun jadi tendangan tuyul
ac manual, tp di belakang dapet kisi ac
hill assist, adanya hold assist, apakah yg dimaksud sama.?
HU yg tipe tinggi dapet touch screen ada sd card, yg tipe bawah model jadul banget cuman bisa cd, aux
utk power, di golf yg ane rasain ya.. waktu full loaded, degradasi powernya agak terasa.. jd agak cemas jg dengan tiguan ini bobotnya brapa, kalo lebih berat lebih dr 200kg ragu dengan sensasi tendangan jin ala golf, takutnya turun jadi tendangan tuyul
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
Hmm iya baru baca2 lagi . airbag rasanya udah 6 biji juga ya .
Ac manual tp dual zone ya bos evo ?
rear camera gak ada tp barusan liat di kompas ada atau ini bukan ya

jok udah kulit blm utk yang highline?
bedanya highline dan standart apaan sih
utk warna selain putih rasanya toffee brown keren banget
ps: br cek vw usa . tiguannya udah ada afs dan ac otomatis
Ac manual tp dual zone ya bos evo ?
rear camera gak ada tp barusan liat di kompas ada atau ini bukan ya

jok udah kulit blm utk yang highline?
bedanya highline dan standart apaan sih
utk warna selain putih rasanya toffee brown keren banget
ps: br cek vw usa . tiguannya udah ada afs dan ac otomatis
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW TIGUAN
beda highline ama standart yg buat ane signifikan ya..
lampu HId / halogen
hu touchscreen / non touch screen
kualitas jok yg highline persis sama kaya golf, bukan kulit tp sangat halus dan nyaman. yg standart blom pernah coba
sisanya pernak pernik accesories di exterior
selisih 25jt
lampu HId / halogen
hu touchscreen / non touch screen
kualitas jok yg highline persis sama kaya golf, bukan kulit tp sangat halus dan nyaman. yg standart blom pernah coba
sisanya pernak pernik accesories di exterior
selisih 25jt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
I see . okay thanks bos evo
. Jadi bener yg ac itu manual tp dualzone ya ? mmg bisa ?
gak sabar pengen tes drive nih

gak sabar pengen tes drive nih
Re: VW TIGUAN
lihat spek mesin tiguan ini jadi ingat mesin mercy c 200 cgi, dua duanya sama, yaitu torsi maximalnya udah dapat di rpm rendah sekitar 1800-2500 rpm. malah kayaknya tiguan ini range torsi maxnya lebih luas, kalau ngak salah 1800-3500 rpm. nanti cek lagi deh untuk di konfirmasi.
dan sudah terbukti mesin bensin yang sifat torsinya gini, udah pasti sangat irit bbm seperti mercy c 200 cgi, dan seperti sudah pernah di bahas, resale valuenya jadi jago, contoh resale value mercy c200 cgi sangat kuat (untuk ukuran sedan). malah ruginya ngak beda jauh ama rugi fortuner / crv tahun 1-2. padahal barunya lebih mahal (handicap harga lebih tinggi)
karena mobil irit bbm jarang sekali yang resale valuenya hancur. kecuali harga barunya ngak masuk akal tingginya ya kena.
apalagi harga barunya tiguan kali ini sudah masuk akal, cuman 400 juta lebih dikit. mirip cx-5. beda ama dulu tiguan cbu yang 600-700 juta lebih. fiturnya juga banyak.
pantesan kali ini jauh lebih laku banding versi dulu. yang versi ini dengar waktu launching udah ada ratusan yang pesan. termasuk bagus jika banding yang dulu mahal sepi banget.
apalagi ini suv, bukan sedan. udah pasti resale valuenya ngak bakal hancur kemana mana. sekali lagi, jaringan servisnya ngak terlalu banyak bukan masalah, karena saat ini populasi mobil vw di indonesia masih dikit.
sama sekali ngak perlu, dan ngak realistis harap mereka bangun ratusan bengkel. ngapain ? yang ada sekarang udah enak kok, tinggal masuk, pasti nunggu sebentar di layanin, dan servisnya cepat, karena ngak ramai.
beda banding masuk ke bengkel lain, baru masuk udah ada puluhan orang antri duluan nunggu servis.
dan sudah terbukti mesin bensin yang sifat torsinya gini, udah pasti sangat irit bbm seperti mercy c 200 cgi, dan seperti sudah pernah di bahas, resale valuenya jadi jago, contoh resale value mercy c200 cgi sangat kuat (untuk ukuran sedan). malah ruginya ngak beda jauh ama rugi fortuner / crv tahun 1-2. padahal barunya lebih mahal (handicap harga lebih tinggi)
karena mobil irit bbm jarang sekali yang resale valuenya hancur. kecuali harga barunya ngak masuk akal tingginya ya kena.
apalagi harga barunya tiguan kali ini sudah masuk akal, cuman 400 juta lebih dikit. mirip cx-5. beda ama dulu tiguan cbu yang 600-700 juta lebih. fiturnya juga banyak.
pantesan kali ini jauh lebih laku banding versi dulu. yang versi ini dengar waktu launching udah ada ratusan yang pesan. termasuk bagus jika banding yang dulu mahal sepi banget.
apalagi ini suv, bukan sedan. udah pasti resale valuenya ngak bakal hancur kemana mana. sekali lagi, jaringan servisnya ngak terlalu banyak bukan masalah, karena saat ini populasi mobil vw di indonesia masih dikit.
sama sekali ngak perlu, dan ngak realistis harap mereka bangun ratusan bengkel. ngapain ? yang ada sekarang udah enak kok, tinggal masuk, pasti nunggu sebentar di layanin, dan servisnya cepat, karena ngak ramai.
beda banding masuk ke bengkel lain, baru masuk udah ada puluhan orang antri duluan nunggu servis.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
Yg pasti mmg yg beli kota2 besar yg ada dealernya
. Yg penting mah mekaniknya bagus , sparepart kl ada apa2 cepet . tp plg sip kl mobilnya durable sih .
Ini vw gak niat amat, press release udah bbrp hari tp di web blm dimasukin .....

Ini vw gak niat amat, press release udah bbrp hari tp di web blm dimasukin .....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Sun Jul 29, 2012 7:57
Re: VW TIGUAN
@campoeran.. kasih tahu ya kalo udah test-drive, saya juga mau cobain nih, mumpung baru spk cx-5. mungkin masih bisa pindah ke lain hati 

Re: VW TIGUAN
CX-5 meskipun adalah suv bagus, tapi setuju, coba pelajari dan tes tiguan ini, karena setau saya fiturnya banyak banget, dan character mesinnya yakin pasti irit banget. torsi maxnya low rpm gitu mirip diesel common rail modern.
nanti kapan kita diskusi fiturnya, belum dapat info banyak, jadi belum bisa share sekarang. dan seperti teman saya bilang, atpm jerman itu kaku, artinya perhatiin deh, mereka jual mobil di indonesia, ngak mau tuh spekdown habis habisan untuk nekan harga.
teman saya malah bilang, coba cari mobil jerman yang ngak ada airbag ? ngak ada tuh. urusan safety mereka ngak mau kompromi, itu adatnya atpm jerman kata dia. pikir pikir ada benarnya juga.
tiguan ini dengar airbagnya malah ada 6, dan ada fitur fatique warning, di mana jika supirnya ngantuk dan mobilnya mulai jalannya ngak lurus, akan ada warning. mungkin mirip macam lane departure warning systemnya nissan / infiniti kali.
dengan mesin gitu, fitur banyak, dan reputasi jerman sebagai pembuat barang kokoh dan kuat, harga 400 jutaan itu menurut saya cengli banget.
dan ingat, asal irit dan harga barunya masuk akal, resale value mobil jerman ngak jelek kok, lihat aja mercy c class cgi, aje gile kuat banget resale valuenya, padahal sedan lagi, bukan suv.
nanti kapan kita diskusi fiturnya, belum dapat info banyak, jadi belum bisa share sekarang. dan seperti teman saya bilang, atpm jerman itu kaku, artinya perhatiin deh, mereka jual mobil di indonesia, ngak mau tuh spekdown habis habisan untuk nekan harga.
teman saya malah bilang, coba cari mobil jerman yang ngak ada airbag ? ngak ada tuh. urusan safety mereka ngak mau kompromi, itu adatnya atpm jerman kata dia. pikir pikir ada benarnya juga.
tiguan ini dengar airbagnya malah ada 6, dan ada fitur fatique warning, di mana jika supirnya ngantuk dan mobilnya mulai jalannya ngak lurus, akan ada warning. mungkin mirip macam lane departure warning systemnya nissan / infiniti kali.
dengan mesin gitu, fitur banyak, dan reputasi jerman sebagai pembuat barang kokoh dan kuat, harga 400 jutaan itu menurut saya cengli banget.
dan ingat, asal irit dan harga barunya masuk akal, resale value mobil jerman ngak jelek kok, lihat aja mercy c class cgi, aje gile kuat banget resale valuenya, padahal sedan lagi, bukan suv.
joehart wrote:@campoeran.. kasih tahu ya kalo udah test-drive, saya juga mau cobain nih, mumpung baru spk cx-5. mungkin masih bisa pindah ke lain hati
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
- Location: Karawang
Re: VW TIGUAN
Bro campuran,saya test drive 2x cx5,pertama nyetir kedua sbgai penumpang,sewaktu kickdown suara mesin terdengar banget,kalo hening mgkn dibawa santai,atau tapenya nyala kali,tp temen saya juga berpendapat sama kog
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: Tue Aug 07, 2012 12:25
Re: VW TIGUAN
klo saya pribadi ngeliat si tiguan ini agak berasa ga fresh ga berasa mobil baru,karna emang modelnya udah lama,yg dulu yg versi tertingginya yg harganya 700jt udah dari taun brapa ya itu kluarnya..hehe
kalo ada dana segitu kayaknya si saya lebih prefer cx5 deh walopun sitiguan ini mobil eropa kayaknya mata lebih seger liat cx5.. tp balik lagi kalo yg eurofreak pasti demen tiguan..hehe
kalo ada dana segitu kayaknya si saya lebih prefer cx5 deh walopun sitiguan ini mobil eropa kayaknya mata lebih seger liat cx5.. tp balik lagi kalo yg eurofreak pasti demen tiguan..hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW TIGUAN
sakit ati banget ya rasanya orang yg dulu beli di harga 700jt
cuman teknologi mesinnya itu lho, walaupun dah lama, tp masih melampaui mobil2 jaman sekarang
transmisinya nih yg ane penasaran banget
secara user golf gti mk6 kan pasti mayan banyak, apa bener ga ada gejala geter / nge loss pas nanjak?
cuman teknologi mesinnya itu lho, walaupun dah lama, tp masih melampaui mobil2 jaman sekarang
transmisinya nih yg ane penasaran banget
secara user golf gti mk6 kan pasti mayan banyak, apa bener ga ada gejala geter / nge loss pas nanjak?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: VW TIGUAN
semua dsg tipikalnya pasti ada geter2nya. Mustahil dihilangkan, secara kopling manual dijalankan otomatis. Tapi mungkin dsg wet clutch (6 speed), geter2nya lebih minim, cmiiw.evolution21 wrote:sakit ati banget ya rasanya orang yg dulu beli di harga 700jt
cuman teknologi mesinnya itu lho, walaupun dah lama, tp masih melampaui mobil2 jaman sekarang
transmisinya nih yg ane penasaran banget
secara user golf gti mk6 kan pasti mayan banyak, apa bener ga ada gejala geter / nge loss pas nanjak?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: VW TIGUAN
Emang bener ya kalo DSG nya tiguan ini pake tipe wet clutch?kayak 6 speed DSG nya golf gti ya 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
Outlander : bener kl liat dari wiki dari 2007 ya tp model yg lama bgini om

Trus wa cek di luar sana headlampnya ada bedanya juga ama versi yg di indo tp ndak tau detilnya juga di region mana aja sih .
Makanya minusnya di desain interior yg udah jadul .....
lagi galau antara cx5/santi/tiguan
cm santi n tiguan blm TD. cx5 cm mikir di powernya yg mnurut ane kurang banget tarikannya

Trus wa cek di luar sana headlampnya ada bedanya juga ama versi yg di indo tp ndak tau detilnya juga di region mana aja sih .
Makanya minusnya di desain interior yg udah jadul .....
lagi galau antara cx5/santi/tiguan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW TIGUAN
di aussie cx5 dah keluar yg 2.5 AWD
kalo masuk indo sih harga dijamin tinggi ya..
liat di autobild lg bahas mobil baru, katanya malah masuknya yg cx5 diesel 2.2
pilihan suv di indo emang komplit plit ya, ampe bingung milihnya
kalo masuk indo sih harga dijamin tinggi ya..
liat di autobild lg bahas mobil baru, katanya malah masuknya yg cx5 diesel 2.2
pilihan suv di indo emang komplit plit ya, ampe bingung milihnya
Re: VW TIGUAN
Saya belum lihat versi CKDnya ini, dulu pernah lihat versi sebelumnya, dan menurut saya lebih suka versi facelift ini. Tapi sudah dapat brochurenya. Dan kaget juga dengan harga 400 jutaan dekat ama harga crv, fiturnya sangat banyak. Di antara yang saya ingat :
1. karakter mesin bensinnya cukup hebat. cc cuman 1400 tapi torsi maxnya gede 240 Nm. power juga gede 150 ps kalau ngak salah. Dan lebih sip lagi, torsi maximal sudah tercapai di 1500 rpm, sangat rendah, bahkan lebih rendah dikit banding diesel common rail ! agak mirip karakter mesin mercy c class cgi yang sangat irit itu.
Dan lebih hebat lagi, max torquenya bertahan terus sampai 4500 rpm ! Pantesan 0-100 km/jam katanya sekitar +-9 detik doang. Artinya mesin cc kecil ini accelerasinya mirip santa fe baru dan xtrail yang 2500 cc. bahkan lebih cepat dikit dugaan saya.
Lihat statnya aja udah yakin pasti iritnya hebat, dan pasti enak banget di pakai dalam kota. meskipun perlu bbm pertamax atau plus, tapi karena sudah demikian irit, saya rasa pemiliknya ngak bakal keberatan. pula ini SUV ngak terlalu besar, cuman 2 baris, jadi power / torque to weight rationya udah pasti tinggi.
ada ngak yah mesin bensin jepang yang torsi maximal power bandnya bisa gitu hebat ? 1500-4500 rpm ? itu engineernya jerman pintar juga jika jepang ngak ada.
2. ini yang bikin penasaran, katanya ada fitur start stop, dimana saat mobilnya berhenti, mesinnya akan mati supaya hemat bbm dan emisi jadi enol, tapi apakah acnya juga mati ? atau masih nyala ? terus jika macetnya lama, mesinnya mati lama, jika acnya nyala terus, akinya gimana ? nanti kapan saya tanya deh. ini otomatis atau bisa di override ?
jika macet mesin bisa mati, namun ac bisa nyala terus tanpa akan habiskan aki, lebih hebat lagi. pasti iritnya ngak karuan. bisa kah ?
3. 6 airbags. mazda cx-5 aja kayaknya ngak sebanyak tiguan ini. sikap mutlak jerman muncul lagi, urusan safety, mereka ngak mau kompromi, meskipun kali ini buyernya orang Indonesia, bukan orang eropa. sikap yang OK menurut saya. bisa aja di turunkan jadi 2 airbag seperti mayoritas suv jepang, margin bisa lebih gede, tapi mereka tidak mau. patut di hargai.
4. lane departure warning. jika pattern mobilnya mulai ada gejala " mabuk " karena supirnya ngantuk, akan ada audio dan visual warning. dengan lambang secangkir kopi, artinya tiguannya saran supirnya udah capek stop dulu nikmatin secangkir kopi sambil istirahat, dari pada kecelakaan nanti. cocok banget untuk penikmat kopi
5. lampu xenon. jaman sekarang jika suv harga udah 400 juta lebih belum di kasih lampu xenon, agak keterlaluan menurut saya. santa fe, xtrail xt dll juga udah ada. crv, fortuner, ya seperti biasa, mana ada ? insulator kap mesin aja di ambil ?
6. fitur typical eropa seperti lampu follow me home udah ada.
7. udah jok kulit, interior lihat brochurenya kombinasi beige ama dark grey, cakep, mirip mercy / bmw tipe tertentu. ada headrest di tengah baris 2.
8. ada fitur lupa namanya mirip hill start assist. jadi saat nanjak dari kecepatan enol, mobilnya ngak bakal mundur.
9. masih ada berapa fitur lagi tapi udah lupa. kebanyakan soalnya.
tampang meskipun ngak se-cakep santa fe baru, tapi jika saya duitnya lebih banyak lagi, ingin juga beli ni suv untuk nambah koleksi. enak untuk di pakai dalam kota, ngak terlalu kecil, ngak terlalu besar. parkir gampang, lincah. toh katanya sekali kali minum premium juga bisa, karena udah di stel mesinnya di turunkan dari euro 6 jadi euro 2 supaya minum premium sekali kali ngak muntah. cuman itu di sarankan saat kepepet aja, jangan terus menerus.
dengan harga 400 juta awal, kayaknya cx-5 sudah ketemu saingan dimana fiturnya bisa jadi lebih banyak banding cx-5. dan saya yakin udah pasti insulator kap mesin udah ada, ngak mungkin di copot seperti crv (pernah lihat fortuner 2.7 orang lain yang udah ada umur juga hood insulator di copot juga, ngak tau versi sekarang, kayaknya ngak ada juga)
tinggal tes drive untuk bandingkan ama saingannya enakan siapa. tapi kali ini, untuk pertama kali, munculah sebuah suv jerman dengan harga sangat masuk akal.
karena selama ini suv jerman mahal mahal, bmw x3, x5, mercy ml class gituan ngak terjangkau banyak orang. dan karena sangat mahal, resale valuenya agak jatuh, jadi orang selama ini banding ama suv jepang ya jelas no fight. class harganya aja beda jauh ?
meskipun bukan model all new, tapi dengan spek dan harga segitu, saya rasa sangat worth it. cocok untuk orang yang ngak gitu srek ama diesel, namun yang bensin ini sifat torsinya mirip diesel pula. dan ni tiguan seluruh dunia sudah laku kalau ngak salah sekitar 700,000 unit lebih, cukup banyak untuk model yang beredar belum terlalu lama di dunia, dan salah satu best selling suv di eropa.
resale value ? jangan kwatir, silahkan lihat resale value mercy c class cgi. sangat cemerlang, lebih kuat banding camry malah. dan itu sedan. tiguan suv. apalagi barunya sekarang ngak seperti dulu, yang ini harganya sudah mulai di level masuk akal.
malah saya yakin bisa seperti chevrolet captiva, resale value tiguan ini nanti kuat banget, karena sangat irit, powerful, size memadai untuk mayoritas orang, fitur banyak sekali, dan image " from germany ".
jaringan vw payah ? ngak juga, dengan populasi vw di indonesia yang masih dikit, mereka buktinya sudah ada minimal 1 beres di tiap kota besar di setidaknya pulau jawa. ngak hafal luar jawa. seingat saya, di jakarta udah ada berapa, di bandung ada, semarang, surabaya, jogja ada.
jadi jika mogok di misalnya nagrek, toh tinggal contact vw bandung untuk kirimin mobil bantuan, ngak perlu nunggu dari jakarta. dan ingat, saat ini beban tiap workship vw udah pasti masih ringan, jadi waktu untuk servis ngak bakal tunggu lama.
jadi kasusnya seperti beres mobil korea, memang ngak sebanyak jepang, jadi mungkin waktu jalan ke beresnya lebih lama / jauh, tapi waktu tunggunya udah pasti cepat.
beda ama beres jepang, apalagi toyodai, anytime datang ke beres, udah pasti puluhan orang udah antri duluan nunggu servis. ngak bakal di selesaikan terlalu cepat. karena terlalu overloaded. pasien terlalu banyak.
yang duitnya kebanyakan, silahkan kasih saya 410 juta. langsung saya spk ni tiguan.
supaya bisa dapat " my first german suv ".
jadi ingat kasus bmwnya anak hatta rajasa, cium luxio, pantat luxio habis, tapi hidung si bmw cuman muncul jerawat doang.
emang orang jerman bikin mobil ngak kira kira badaknya. kulitnya benar seperti badak.
1. karakter mesin bensinnya cukup hebat. cc cuman 1400 tapi torsi maxnya gede 240 Nm. power juga gede 150 ps kalau ngak salah. Dan lebih sip lagi, torsi maximal sudah tercapai di 1500 rpm, sangat rendah, bahkan lebih rendah dikit banding diesel common rail ! agak mirip karakter mesin mercy c class cgi yang sangat irit itu.
Dan lebih hebat lagi, max torquenya bertahan terus sampai 4500 rpm ! Pantesan 0-100 km/jam katanya sekitar +-9 detik doang. Artinya mesin cc kecil ini accelerasinya mirip santa fe baru dan xtrail yang 2500 cc. bahkan lebih cepat dikit dugaan saya.
Lihat statnya aja udah yakin pasti iritnya hebat, dan pasti enak banget di pakai dalam kota. meskipun perlu bbm pertamax atau plus, tapi karena sudah demikian irit, saya rasa pemiliknya ngak bakal keberatan. pula ini SUV ngak terlalu besar, cuman 2 baris, jadi power / torque to weight rationya udah pasti tinggi.
ada ngak yah mesin bensin jepang yang torsi maximal power bandnya bisa gitu hebat ? 1500-4500 rpm ? itu engineernya jerman pintar juga jika jepang ngak ada.
2. ini yang bikin penasaran, katanya ada fitur start stop, dimana saat mobilnya berhenti, mesinnya akan mati supaya hemat bbm dan emisi jadi enol, tapi apakah acnya juga mati ? atau masih nyala ? terus jika macetnya lama, mesinnya mati lama, jika acnya nyala terus, akinya gimana ? nanti kapan saya tanya deh. ini otomatis atau bisa di override ?
jika macet mesin bisa mati, namun ac bisa nyala terus tanpa akan habiskan aki, lebih hebat lagi. pasti iritnya ngak karuan. bisa kah ?
3. 6 airbags. mazda cx-5 aja kayaknya ngak sebanyak tiguan ini. sikap mutlak jerman muncul lagi, urusan safety, mereka ngak mau kompromi, meskipun kali ini buyernya orang Indonesia, bukan orang eropa. sikap yang OK menurut saya. bisa aja di turunkan jadi 2 airbag seperti mayoritas suv jepang, margin bisa lebih gede, tapi mereka tidak mau. patut di hargai.
4. lane departure warning. jika pattern mobilnya mulai ada gejala " mabuk " karena supirnya ngantuk, akan ada audio dan visual warning. dengan lambang secangkir kopi, artinya tiguannya saran supirnya udah capek stop dulu nikmatin secangkir kopi sambil istirahat, dari pada kecelakaan nanti. cocok banget untuk penikmat kopi
5. lampu xenon. jaman sekarang jika suv harga udah 400 juta lebih belum di kasih lampu xenon, agak keterlaluan menurut saya. santa fe, xtrail xt dll juga udah ada. crv, fortuner, ya seperti biasa, mana ada ? insulator kap mesin aja di ambil ?
6. fitur typical eropa seperti lampu follow me home udah ada.
7. udah jok kulit, interior lihat brochurenya kombinasi beige ama dark grey, cakep, mirip mercy / bmw tipe tertentu. ada headrest di tengah baris 2.
8. ada fitur lupa namanya mirip hill start assist. jadi saat nanjak dari kecepatan enol, mobilnya ngak bakal mundur.
9. masih ada berapa fitur lagi tapi udah lupa. kebanyakan soalnya.
tampang meskipun ngak se-cakep santa fe baru, tapi jika saya duitnya lebih banyak lagi, ingin juga beli ni suv untuk nambah koleksi. enak untuk di pakai dalam kota, ngak terlalu kecil, ngak terlalu besar. parkir gampang, lincah. toh katanya sekali kali minum premium juga bisa, karena udah di stel mesinnya di turunkan dari euro 6 jadi euro 2 supaya minum premium sekali kali ngak muntah. cuman itu di sarankan saat kepepet aja, jangan terus menerus.
dengan harga 400 juta awal, kayaknya cx-5 sudah ketemu saingan dimana fiturnya bisa jadi lebih banyak banding cx-5. dan saya yakin udah pasti insulator kap mesin udah ada, ngak mungkin di copot seperti crv (pernah lihat fortuner 2.7 orang lain yang udah ada umur juga hood insulator di copot juga, ngak tau versi sekarang, kayaknya ngak ada juga)
tinggal tes drive untuk bandingkan ama saingannya enakan siapa. tapi kali ini, untuk pertama kali, munculah sebuah suv jerman dengan harga sangat masuk akal.
karena selama ini suv jerman mahal mahal, bmw x3, x5, mercy ml class gituan ngak terjangkau banyak orang. dan karena sangat mahal, resale valuenya agak jatuh, jadi orang selama ini banding ama suv jepang ya jelas no fight. class harganya aja beda jauh ?
meskipun bukan model all new, tapi dengan spek dan harga segitu, saya rasa sangat worth it. cocok untuk orang yang ngak gitu srek ama diesel, namun yang bensin ini sifat torsinya mirip diesel pula. dan ni tiguan seluruh dunia sudah laku kalau ngak salah sekitar 700,000 unit lebih, cukup banyak untuk model yang beredar belum terlalu lama di dunia, dan salah satu best selling suv di eropa.
resale value ? jangan kwatir, silahkan lihat resale value mercy c class cgi. sangat cemerlang, lebih kuat banding camry malah. dan itu sedan. tiguan suv. apalagi barunya sekarang ngak seperti dulu, yang ini harganya sudah mulai di level masuk akal.
malah saya yakin bisa seperti chevrolet captiva, resale value tiguan ini nanti kuat banget, karena sangat irit, powerful, size memadai untuk mayoritas orang, fitur banyak sekali, dan image " from germany ".
jaringan vw payah ? ngak juga, dengan populasi vw di indonesia yang masih dikit, mereka buktinya sudah ada minimal 1 beres di tiap kota besar di setidaknya pulau jawa. ngak hafal luar jawa. seingat saya, di jakarta udah ada berapa, di bandung ada, semarang, surabaya, jogja ada.
jadi jika mogok di misalnya nagrek, toh tinggal contact vw bandung untuk kirimin mobil bantuan, ngak perlu nunggu dari jakarta. dan ingat, saat ini beban tiap workship vw udah pasti masih ringan, jadi waktu untuk servis ngak bakal tunggu lama.
jadi kasusnya seperti beres mobil korea, memang ngak sebanyak jepang, jadi mungkin waktu jalan ke beresnya lebih lama / jauh, tapi waktu tunggunya udah pasti cepat.
beda ama beres jepang, apalagi toyodai, anytime datang ke beres, udah pasti puluhan orang udah antri duluan nunggu servis. ngak bakal di selesaikan terlalu cepat. karena terlalu overloaded. pasien terlalu banyak.
yang duitnya kebanyakan, silahkan kasih saya 410 juta. langsung saya spk ni tiguan.
supaya bisa dapat " my first german suv ".
jadi ingat kasus bmwnya anak hatta rajasa, cium luxio, pantat luxio habis, tapi hidung si bmw cuman muncul jerawat doang.
emang orang jerman bikin mobil ngak kira kira badaknya. kulitnya benar seperti badak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
Ralat bung RV setau ane airbagnya cx5 juga 6 ya ?
Semua fitur di tiguan ada di cx5 kecuali auto stop dan auto dimming apa gitu namanya , cmiiw
.
@evo : beneran yg disel cx5 masuk ? 2.5L FWD gak ada mmgnya ya ? dua2nya opsi bagus sih krn cx5 yg skrg rada lelet utk narik2.
Mengenai resale value , jangan mesti ambil merek mercedez krn itu merk eropa terkuat RVnya, ambil bmw yg acrut bener RVnya atau yg terparah audi
. Tp bagi ane mobil ginian mmg ada gengsi dan feelnya lah , terbayarkan walaupun resale jeblok . org yg beli ini bukan tipe yg mikirin RV. kl masih mikirin RV masih ada crv,xtrail,captiva dan cx5
Semua fitur di tiguan ada di cx5 kecuali auto stop dan auto dimming apa gitu namanya , cmiiw

@evo : beneran yg disel cx5 masuk ? 2.5L FWD gak ada mmgnya ya ? dua2nya opsi bagus sih krn cx5 yg skrg rada lelet utk narik2.
Mengenai resale value , jangan mesti ambil merek mercedez krn itu merk eropa terkuat RVnya, ambil bmw yg acrut bener RVnya atau yg terparah audi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW TIGUAN
menurut majalah AB ya um...
ditulisnya masih to be confirm sih
kalo mengingat lg di awal tahun petinggi mazda commentnya 6 model baru keluar kan
nah yg dah pasti kan mx5 facelift, ertiga ganti emblem, cx9
tinggal berdoa um, 3 model tersisa yg blom keluar adalah salah satunya cx5 diesel / 2.5
kalo sejauh ane browsing sana sini, blom pernah dapet yg 2.5 fwd, semuanya awd itupun masih sedikit banget negara yg kebagian
ditulisnya masih to be confirm sih
kalo mengingat lg di awal tahun petinggi mazda commentnya 6 model baru keluar kan
nah yg dah pasti kan mx5 facelift, ertiga ganti emblem, cx9
tinggal berdoa um, 3 model tersisa yg blom keluar adalah salah satunya cx5 diesel / 2.5
kalo sejauh ane browsing sana sini, blom pernah dapet yg 2.5 fwd, semuanya awd itupun masih sedikit banget negara yg kebagian
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: VW TIGUAN
fitur blue energy ya kalau ga salah
1. stop di lampu merah 3 detik, ntar mesin mati, cara nyalainnya tekan gas
ac tetap nyala
2. kata adik yg udah minat sama ini mobil
jok dan kursinya enak
apa benar enak?
tempat duduk baris kedua katanya juga sangat lega dan nyaman
tetapi bagasinya jadi dikorbankan
sisanya saya masih debat sama adik, tunggu ada diskon,
udah ada dari tahun lalu kok masih ga ada diskon, aneh...
1. stop di lampu merah 3 detik, ntar mesin mati, cara nyalainnya tekan gas
ac tetap nyala
2. kata adik yg udah minat sama ini mobil
jok dan kursinya enak
apa benar enak?
tempat duduk baris kedua katanya juga sangat lega dan nyaman
tetapi bagasinya jadi dikorbankan
sisanya saya masih debat sama adik, tunggu ada diskon,
udah ada dari tahun lalu kok masih ga ada diskon, aneh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: VW TIGUAN
debatnya selain tiguan apaan alternatifnya ? 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: VW TIGUAN
tahun lalu udah ada, cuma nongol iims doang om, dijalanan blom ada.Salvanost wrote:fitur blue energy ya kalau ga salah
1. stop di lampu merah 3 detik, ntar mesin mati, cara nyalainnya tekan gas
ac tetap nyala
2. kata adik yg udah minat sama ini mobil
jok dan kursinya enak
apa benar enak?
tempat duduk baris kedua katanya juga sangat lega dan nyaman
tetapi bagasinya jadi dikorbankan
sisanya saya masih debat sama adik, tunggu ada diskon,
udah ada dari tahun lalu kok masih ga ada diskon, aneh...
Last edited by diveblues on Mon Mar 11, 2013 10:45, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: VW TIGUAN
salah satu kelemahan mobil vw terbaru, bensinnya yg direkomendasikan ron 95 (pertamax +) dan bukan ron 92 (pertamax)
agak sulit kayaknya kalo dibawa keluar kota yg masih jarang bensin ron 95
agak sulit kayaknya kalo dibawa keluar kota yg masih jarang bensin ron 95
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: VW TIGUAN

Banyak juga kejadian kayak gini ya,, para petinggi, atau test driver,, tewas dalam mobil yg di coba..
General Manager Shanghai Volkswagen Automotive, Liu Jian, tewas dalam kecelakaan.
Kejadian naas yang terjadi di Jiuquan, provinsi Gansu, pada 17 Juli 2010 juga menewaskan tiga penumpang lainnya. Mobil yang digunakan adalah kendaraan test drive VW Tiguan.
Kejadian ini juga menewaskan direktur public relations dan manager aftersales. Mereka sedang melakukan perjalanan menuju Jiuquan untuk dealer meeting. VW Tiguan yang digunakan sekaligus test drive.
Surat kabar lokal melaporkan kecelakaan terjadi dengan truk berat. Saat ini sedang dilakukan investigasi oleh polisi dan Shanghai Volkswagen Automotive. Dalam rilis-nya perusahaan tetap berjalan normal.
Shanghai Volkswagen Automotive merupakan perusahaan patungan antara VW Group dan SAIC Motors, masing-masing memiliki 50% saham. Dana USD 2 miliar disuntikkan oleh VW Group.
http://www.dapurpacu.com/boss-shanghai- ... am-tiguan/
ini Tiguan 2010 lho,,
Etme Bulma Dünyası
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: VW TIGUAN
tiguan CKD ini settingannya uda disesuaikan kok, jadi bisa menggunakan RON 92, tdk perlu RON 95.
info dari salesnya VW sih..
info dari salesnya VW sih..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: VW TIGUAN
He3x...jadi inget fitur Cherokee 96 ane..lupa matiin headlamp tinggalin aja, ntar juga mati sendiri...evolution21 wrote:fitur leaving home maksudnya kalo mobil dah dimatiin lampu masih menyala beberapa menit. fungsinya kalo mobil parkir di halaman mobil, agar ownernya saat masuk ke rumah ada lampu yg menyinari
ac manual, tp di belakang dapet kisi ac
hill assist, adanya hold assist, apakah yg dimaksud sama.?
HU yg tipe tinggi dapet touch screen ada sd card, yg tipe bawah model jadul banget cuman bisa cd, aux
utk power, di golf yg ane rasain ya.. waktu full loaded, degradasi powernya agak terasa.. jd agak cemas jg dengan tiguan ini bobotnya brapa, kalo lebih berat lebih dr 200kg ragu dengan sensasi tendangan jin ala golf, takutnya turun jadi tendangan tuyul