Namun yang sudah pakai sportage model baru pasti sadar, bedanya jauh banget ama yang lama. Dan populasi sportage baru sudah mulai kelihatan di jalan kok. Lebih laku malah banding yang lama. Bahkan menurut saya, yang pakai sportage baru ini dan saudaranya tucson termasuk lumayan banyak kok. Meskipun belum sebanyak SUV Jepang umum.
Masalah resale value, ya kali ini saya ngak mau langsung kasih tau nilai bekasnya seperti apa sekarang. Saya penasaran aja, se-pessimis apa sih member SM mengenai resale value ni SUV keren ? Barunya +- 300 juta, coba aja tebak, yang usia 1-2 tahun nilai bekasnya berapa ? Jangan tanya showroom dulu. Tebak aja dulu. Ngak rugi kok tebak doang :
100 juta ?
70 juta ?
50 juta ?
Namun sebelum tebak, pikirkan dulu berapa fakta mengenai sportage baru sekarang, dan pakai logika yang jujur dalam hati, berapa faktor ini apakah sama sekali ngak akan pengaruh resale valuenya ? :
1. Tidak ada kabar mobil ini banyak penyakit. Pernah baca owner di SM yang punya ni mobil dan juga punya mobil Jepang lain. Menurut dia, penyakitnya mirip, alias ada, tapi ngak terlalu banyak dan parah. Nuisance doang. Penyakit mobil umum. Ngak seperti carnival dulu 13 tahun lalu sampe bikin banyak pemiliknya panic selling.
2. Modelnya cakep, bahkan ngak kalah ama model SUV Jepang sekarang. Bokongnya [cencored] banget, bahkan mungkin lebih [cencored] banding santa fe baru. Jangan bilang penampilan ngak pengaruh popularitas dan resale value. Liat aja kasus livina XR vs juke.
3. Fitur sangat berlimpah
4. Mesin bagus, kencang dan ngak boros
5. Harga barunya sangat masuk akal
6. Jaringan servis Kia toh ngak perlu sebanyak misalnya daihatsu, ngapain ? Wong penjualan dan populasi mobil kia jauh di bawah daihatsu. Yang penting mau servis sportage ngak perlu buang waktu misalnya 2 jam lebih untuk tiba ke beresnya, juga waktu antrian servisnya ngak perlu berjam jam.
Toh setahun berapa kali ke beres ini ? Emang tiap bulan ?
lexus aja cuman 1 bengkel resminya di seluruh Indonesia, kok ngak ada orang ribut after sales lexus cuman 1 doang ? Emang lexus hybrid misalnya bisa servis di jaringan auto2000 ? Jelas udah cukup 1 kok. Emang populasi mobil lexus berapa ?
Contoh lagi, jaringan bengkel bmw dan mercy juga jauh di bawah daihatsu, tapi ngak ada yang rasa kurang ? Karena sama seperti kia, populasinya kan belum terlalu banyak. Sebenernya malah menurut saya jaringan servis kia sudah lebih dari cukup. Mereka sudah ada puluhan bengkel. Perlu kah mereka butuh ratusan ? Ada pun berapa mobil kia yang akan kunjungi masing masing bengkel ? Apakah ngak rugi jika kia buka 200 beres ?
Justru yang masih kurang adalah jaringan toyota dan daihatsu. Karena populasi mobil mereka, terutama gara gara jumlah avanza dan xenia yang gitu banyak, dan tiap bulan muncul banyak banget avanza dan xenia baru lagi, antrian servis kan jadi lama, ramai sekali, jadi menurut saya, jaringan servis toyodai justru yang kurang. Bukan kia atau hyundai atau honda atau siapa.
Jika benar mau hitung ratio jumlah bengkel vs populasi dan penjualan unit baru mereka tiap bulan, belum populasi yang sudah beredar selama ini, mungkin jaringan bengkel toyodai harus mencapai ribuan baru memadai.
Lain cerita jika nanti kia juga mulai jual mobil 3 baris 150 juta, dan laris banget, nah saat itu baru perlu nambah jaringan bengkel yang banyak.
Kecuali tinggal di kota di pojok di mana ngak ada bengkel kia ya lain cerita. Toh buktinya di kota kota gede, Bandung, Jogja, Surabaya, Bali dll minimal kan udah ada 1 dealer kia. Ngapain harus buka 5 per kota gede ?
Sekarang tinggal tebak dulu deh resale value sportage baru keren ini, sebelum sore atau besok saya infokan resale value sportage baru ini.
Beingthere wrote:Gan, newbie br mo bayar tanda jadi untuk ans ini. Kemarin gada keraguan abis tes drive. Tapi pas mo eksekusi gini kok malah kepikiran gimana harga jualnya ntar ya? Kemarin ambil gl cuek aja waktu dikomporin masalah resale value. Tp yg ini keraguan yg menyergap begitu meresahkan jiwa... (lebay). Hehehe