*WOY, mas OB, tolong beliken lagi french fries dong...!

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Yakin bro? specnya sebanding, even exceed dan fortuner vnt?Risol1 wrote:Udah tau anda bakalan ngomong gitu (cc aja lain), makanya ane kasi contoh lagi C200 Classic vs. C250 Avantgarde.Primatech wrote:Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT/VGT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.
Grand New Fortuner dengan mesin diesel VNT, tenaga naik menjadi 142 PS. Dibandingkan dengan mesin lama, tenaga ini naik sampai 40 persen atau menjadi 142 PS. Di Thailand, untuk mesin yang sama, malah naik menjadi 144 PS. Torsi juga naik dari 260 NM (26,5 kgm) menjadi 343 Nm (35 kgm) atau 32 persen. Dengan menggunakan teknologi injeksi langsung dan “common rail”, mesin 2KD-FTV standar emisinya diklaim mencapai Euro3. ?
Data yg anda sajikan dari CCnya saja berbeda. dan bohong kalau Toyota g masukkin VNT kalo g untuk melawan PS dakar.
tapi intinya bisa ditangkep dong?
Kalo menurut ane sih si VNT disodorin bukan special melawan dakar tapi melawan dua2nya termasuk melawan si Everest dan Captiva.
sekarang kita liat aje omongan ente yg di bold merah diatas, liat aja satu kalimat itu, gak usah kemana2 lagi:Primatech wrote:Jadi kalau menurut anda ini masih belum sekelas, yg seperti apa yg sekelas? yg seperti apa yg bisa dibandingkan?
Dari harga? dari spek?
Pabrikan memasukkan suatu produk itu pasti dimasukkan ke segmen tertentu, PS exceed dengan fortuner non vnt, atau dakar vs VNT.
Ini yg dinamakan dengan satu segmen, masalah pricing, itu adalah kebijakan pabrikan. Yg nantinya akan bisa dilihat oleh konsumen apakah harga yg dibayar sesuai dengan ap yg didapat, bila tidak sebanding, itulah yg dikatakan overprice.
Mau cari argumen apalagi?
Fortuner VNT yg kata anda dispecialisasikan untuk head to head dengan dakar, harganya pun masih dibawah si PJS Exceed. Gimana itu mobil mao dibilang overpriced? Dilihat darimana overpriced nya?
Apakah dilihat dari fitur2nya yg anda selalu identikkan dengan mobil kuno/low tech karena output mesinnya yg lebih kecil, transmisi masih 4 speed, disk brake belakang masih model drum, dan gak ada sunroof? (at least 4 faktor inilah yg ane liat selalu dipakai untuk mendiskreditkan si VNT)
Kalo dibilang overpriced karena fitur2nya gak sebanyak dakar, maka coba kita liat harganya:
VNT: 142hp, 4 speed AT, drum brakes, no sunroof = 397 juta
PJS Exceed: 136hp, 4 speed AT, drum brakes, no sunroof = 403 juta
PJS Dakar: 170-an hp, 5 speed manumatic, disk brakes, sunroof = 441 juta
Coba diliat dari ketiga mobil diatas, sebetulnya si VNT lebih cocok dibandingkan dengan siapa ya? Liat spek aja deh seperti kata anda, gak usah liat faktor2 kaya after sales service, banyaknya beres toyota, resale, dsb....
kalo pake triangulasi, maka kalo anda bilang VNT overpriced, maka anda sama aja bilang bahwa PJS exceed overpriced, gitu kan?
kemungkinannya cuma 2: either VNT and Exceed overpriced, atau VNT underpriced. Mungkin faktor ini pula yg bikin dia lebih laku di pasaran.....
Anda juga yg bilang sendiri di atas (yg dibold merah) bahwa konsumen akan melihat apakah harga yg dibayar sesuai dengan apa yg didapat. Kalo ane melihat harga PJS exceed diatas, maka ane bisa beranggapan bahwa kalo beli VNT maka harga yg dibayar adalah sama koq dengan apa yg didapat alias tidak kemahalan (malah lebih murah)
Sekarang pertanyaannya dibalik ke anda: Bagaimana anda bisa expect/mengharapkan kalo Fortuner harus punya fitur yg sama dengan si dakar, padahal harganya aja lebih murah daripada si exceed? Si Mitsu motors aja yg bikin exceed dan dakar bilang ke konsumen bahwa kalo mao exceed anda harus bayar 403 juta. Kalo mao dakar harus TAMBAH 38 juta lagi = 441 juta.
Sekarang yg ane bingung koq anda bisa2nya heran kenapa sih si VNT yg harganya cuma 397 juta engga bisa punya fitur sebanyak dakar ya? jadinya anda mulai bilang kuno lah, yg beli fortuner orang bodoh lah
Postingan ane diatas cuma mao kasi tau bahwa: Gak usah heran bro, lah harganya aja beda, dakar memang sengaja diposisikan oleh mitsu sedikit lebih tinggi daripada si exceed dan VNT. Tau darimana? Harga dan fiturnya aja beda, sama seperti analogi ane di CRV2.4 dan Merc Avantgarde, gitu lho
Kan bukan di indo omRisol1 wrote:Primatech wrote:
Toyota dan honda juga gak selalu jadi pemain lama, di eropa toyota dan honda lah yg jadi underdog. Coba liat gimana spek dan fitur2 mobil mereka disana?
Di kelas yg sama, lebih banyak dan lebih lengkap dibanding citroen atau peugeot atau VW utuk kelas harga yg sama
Primatech wrote:Kan bukan di indo omRisol1 wrote:Primatech wrote:
Toyota dan honda juga gak selalu jadi pemain lama, di eropa toyota dan honda lah yg jadi underdog. Coba liat gimana spek dan fitur2 mobil mereka disana?
Di kelas yg sama, lebih banyak dan lebih lengkap dibanding citroen atau peugeot atau VW utuk kelas harga yg sama![]()
mau melanglang buana kemana lagi..?
hehehe....duh ilah, engga bisa apa ya nulis postingan tanpa mencela orangPrimatech wrote: Kecerdasan verbal anda dalam masalah ni om..
Kan saya sudah jelasin di salah satu jawaban saya di atas, masalah prioritas atau preferensi itu bobot tiap orang beda2, masalah bilang kualitas mobil bagus beda lagi.
Anda pikir apa arti kata objektif dalam review sebuah mobil, y tentu dari melihat satu2 kualitas sebuah mobil itu, kalau dalam review ada preferensi dan prioritas, maka itu sudah bukan penilaian objektif lagi.
Tapi disini kasusnya adalah saya menilai orang2 yg menilai mobil dari harga jual itu bodoh, y itu menurut saya, anda g setuju y ga masalah. Toh anda tidak bisa mempengaruhi saya, pun begitu saya tidak berharap mempengaruhi anda, saya hanya memberikan pandangan saya.
In the end, kalau anda memasukkan harga jual sebagai salah satu faktor dalam menilai kualitas mobil (inget ya bukan preferensi atau prioritas, tapi faktor dalam menilai bagus tidaknya suatu mobil, jangan gabung2 potong2 sana sini). Y itu terserah anda, tapi menurut saya itu bodoh.![]()
Anda tidak setuju ya, no problem buat saya
Primatech wrote:Nah itu dia bedanya kualitas dan preferensi![]()
anda sudah bisa menjawab sendiri kan, memang benar kalau kualitas bisa setara lebih baik dan buruk. Untuk pembelian beda lagi,
karena jelas dua mobil g akan persis sama untuk tiap faktor, nah disitu preferensi berperan untuk tentukan mana yg mau dipilih.
Kalo dibilang sektor performa, berarti main2nya di sekitaran hp, torsi, akselerasi, handling, dsb ya kan?JESKONENG wrote:kalok meliat spec teknis terutama di sektor performa, fortuner kayaknya termasuk kemahalan ya
gak usah alergi dengan luar negeriPrimatech wrote:Kan bukan di indo om![]()
mau melanglang buana kemana lagi..?
Yang underlined... JLEB...!Risol1 wrote:gak usah alergi dengan luar negeriPrimatech wrote:Kan bukan di indo om![]()
mau melanglang buana kemana lagi..?
![]()
Kalo memang informasinya masih nyambung ya kenapa engga? Cuma mao kasi liat aja bahwa toyota dan honda tidak selalu jadi raja......
Btw, kalo ane singgung sedikit ttg luar negeri langsung gak boleh ya, tapi kalo ente bilang 'kita musti tiru reviewnya top gear yg dari luar negeri', atau selalu bawa2 review top gear atau autocar yg LN punya, ya sah2 aja gak ada yg larang....emang enak ya kalo bisa ngatur scopenya diskusi.
Kalo anda boleh bebas ngomong, tapi pas giliran orang lain ngomong ttg topic yg sama langsung dilarang hahaha.....sip deh Primatech
Kayaknya lagi nangis sampe guling-gulingBueuk_32 wrote:wah udah ga seru nih diskusinya, udah ada yg kena skak ster
udeh jemb,. gausa dipikirin bgt lah,. mau beli gamau yauda,. simpel kan???? biar adem play ini dehh http://www.youtube.com/watch?v=4es8SykvVa8ZombiEE wrote:Nubie masih blm ngerti gimana tentukan suatu mobil itu overpriced..parameter nya gimana...apalagi menunjuk merk (generalisasi) overpriced...dari segi fitur?harga?
Baik lah, kalau mau dikomparasikan spesifik vnt vs exceed, saya baru2 ini hampir mengambil salah satu nya..hasil nya saya beli vnt kalau jadi ambil (gak jadi), dgn selisih harga 18,75 juta rupiah dan selisih tahun pembuatan 1 tahun dimana vnt dgn VIN terkini.
Dia belum liat aja bahwa masih ada yang sangat overpriced....ak4ng wrote:udeh jemb,. gausa dipikirin bgt lah,. mau beli gamau yauda,. simpel kan???? biar adem play ini dehh http://www.youtube.com/watch?v=4es8SykvVa8ZombiEE wrote:Nubie masih blm ngerti gimana tentukan suatu mobil itu overpriced..parameter nya gimana...apalagi menunjuk merk (generalisasi) overpriced...dari segi fitur?harga?
Baik lah, kalau mau dikomparasikan spesifik vnt vs exceed, saya baru2 ini hampir mengambil salah satu nya..hasil nya saya beli vnt kalau jadi ambil (gak jadi), dgn selisih harga 18,75 juta rupiah dan selisih tahun pembuatan 1 tahun dimana vnt dgn VIN terkini.
kalo cuma antara Exceed vs VNT, kalo ane sih gak usah mikir lama2, pasti ambil VNT, kecuali exceednya diskon gede bangetZombiEE wrote:Nubie masih blm ngerti gimana tentukan suatu mobil itu overpriced..parameter nya gimana...apalagi menunjuk merk (generalisasi) overpriced...dari segi fitur?harga?
Baik lah, kalau mau dikomparasikan spesifik vnt vs exceed, saya baru2 ini hampir mengambil salah satu nya..hasil nya saya beli vnt kalau jadi ambil (gak jadi), dgn selisih harga 18,75 juta rupiah dan selisih tahun pembuatan 1 tahun dimana vnt dgn VIN terkini.
Selisih harga yg ane quote diatas sudah diskon abis2an.....liat saja dari VIN pjs exceed yg tahun 2012.Risol1 wrote:kalo cuma antara Exceed vs VNT, kalo ane sih gak usah mikir lama2, pasti ambil VNT, kecuali exceednya diskon gede bangetZombiEE wrote:Nubie masih blm ngerti gimana tentukan suatu mobil itu overpriced..parameter nya gimana...apalagi menunjuk merk (generalisasi) overpriced...dari segi fitur?harga?
Baik lah, kalau mau dikomparasikan spesifik vnt vs exceed, saya baru2 ini hampir mengambil salah satu nya..hasil nya saya beli vnt kalau jadi ambil (gak jadi), dgn selisih harga 18,75 juta rupiah dan selisih tahun pembuatan 1 tahun dimana vnt dgn VIN terkini.
ini adalah kehebatan om Risol ... mampu mengurai data dng obyektif dan sekaligus tajam menganalisa... ck.. ck...ck....Risol1 wrote:Kalo dibilang sektor performa, berarti main2nya di sekitaran hp, torsi, akselerasi, handling, dsb ya kan?JESKONENG wrote:kalok meliat spec teknis terutama di sektor performa, fortuner kayaknya termasuk kemahalan ya
Karena akselerasi dan handling gak ada claim pabrikannya, kita liat aja dari faktor hp dan torsi.....
Fortuner VNT AT: 397 juta (144ps, 343Nm)
Berarti 1ps dibanderol: 2.76 juta, dan torsi 1Nm dibanderol: 1.16 juta
Everest XLT AT (varian yg murah aja, kan yg penting performa): 366.3 juta (143ps, 330Nm)
Berarti 1ps dibanderol: 2.56 juta, dan torsi 1Nm dibanderol: 1.11 juta
PJS Exceed AT: 403 juta (136ps, 314Nm)
Berarti 1ps dibanderol: 2.96 juta, dan torsi 1Nm dibanderol: 1.28 juta
PJS Dakar AT: 441 juta (178ps, 350Nm)
Berarti 1ps dibanderol: 2.48 juta, dan torsi 1Nm dibanderol: 1.26 juta
Jadi kalo nyari hp doang, gak perduli faktor2 lain, ambil Dakar karena harga segitu paling best value.
Sedangkan kalo nyari torsi doang, ambil Everest karen apaling murah.
VNT adanya dimana?
Horsepower (Diurut dari best to worst deal):
1. Dakar
2. Everest
3. Forti
4. Exceed
Torsi (Diurut dari best to worst deal):
1. Everest
2. Forti
3. Dakar
4. Exceed
Dari 4 kompetitor sekelas (sama2 pickup based dan AT) keliatan disini si VNT ada di tengah2, artinya bukan yg paling good deal, tapi juga bukan yg paling mahal.
Tapi kalo anda masukkin si Captiva Diesel disini, maka ini mobil yg paling good deal kalo cuma membandingkan tenaga/torsi dengan harga jual
Captiva VCDI FWD AT: 363 juta (163ps, 360Nm)
Berarti 1ps dibanderol: 2.23 juta, dan torsi 1Nm dibanderol: 1.01 juta
tapi ya ini itung2an kasar perbandingan harga jual dengan tenaga/torsi aja