Primatech wrote:@om risol..
Hal yg om sajikan di atas adalah mengenai preferensi pembelian mobil, tapi sama sekali tidak bisa mewakili mobil mana yg lebih baik..:
Masalahnya menilai mana mobil yg lebih baik atau mana mobil yg lebih berkualitas itu dilihat dari kacamata siapa? Siapa yg jadi jurinya?
faktor apa yg dijadikan patokan bahwa mobil A lebih baik daripada mobil B?
Kalo di rubrik komparasi di satu majalah otomotif, bisa jelas dilihat faktor2 mana aja yg dipertandingkan dan siapa saja jurinya.....
Tapi kalo di dalam pasar otomotif (mobil), juri2nya adalah masing2 calon pembeli, dan kriteria yg dipake adalah kebutuhan/keinginan si juri pada saat itu (alias bisa seenak2 udelnya si 'juri' tsb).
Om Primatech lebih suka mobil yg fitur2nya canggih (suka teknologi), makanya beli mobil A
Om Joni lebih suka mobil yg 3rd rownya luas karena dia tiap hari harus nganter 6 orang anggota keluarga pergi kerja/sekolah. Dia rela tuker projector headlights dengan extra space di 3rd row seatnya, makanya putusin ambil mobil B
Om Jack lebih suka mobil yg bengkelnya deket rumah karena dia sangat sibuk punya kerjaan sambilan untuk cukupin kebutuhan keluarga. Kalo sering2 ambil day off untuk ke bengkel (mobil rusak atau sekedar maintenance) maka bisa potong gaji. Jadi dia rela tuker fitur jok kulit dan sunroofnya dengan kemudahan maintenace, jadi ambil mobil C
Om Joe mao kawin 3 tahun lagi, belum tau apakah tabungan cukup untuk biaya nikah 3 thn lagi, jadi sekarang mao beli mobil yg resale value bagus untuk jaga2 kalo duit kurang. Dia rela beli mobil yg horsepowernya lebih rendah untuk dituker dengan resale value dan kemudahan resale, jadi ambil mobil D.
Nah sekarang pertanyaannya adalah: Mobil mana yg paling bagus? paling baik?
Kalo menurut om Primatech, ya tetep aja HARUS mobil A lah yg paling baik, karena specnya dan fitur2nya paling baik.
kalo menurut ane, jawabannya ya tergantung ke Om mana pertanyaan tsb ditujukan.
Kalo om Joni, ya mobil B paling baik karena dia engga kuat denger anak dan istrinya teriak2 kesempitan tiap kali mereka pergi sekolah/kerja, walaupun dibayar dengan headlights yg lebih terang.
Dst...dst....
itulah yg namanya selera dan prioritas.....beda2 tiap orang, dan juga mobil itu belinya 1 paket, gak bisa kita comot yg bagus2 dari masing2 merek.
Primatech wrote:
kalo preferensi beli mana juga pasti semuaaaaaa orang beda2 om..mirip kasus jazz di india yg discontinued dbanding sini yg jadi raja..produk sama beda tempat beda hasil..jadi g relevan laaah..:
malah itu sangat relevan dengan penyataan ane
konsumen sini gak sama seleranya atau prioritasnya dengan konsumen India, makanya disono Jazz gak laku tapi disini kaya kacang goreng.
Kalo semua orang itu dalam memilih mobil harus cuma melihat spec diatas kertas saja (spt kata om Primatech), maka semestinya kalo jazz gak laku disono, disini mestinya gak laku juga (dengan asumsi spec sama).
Primatech wrote:
tapi kalo masalah overprice yg dimana dibandingkan adalah kualitasnya, sudah pasti bisa dibandingkan om..untuk kualitas safety misalnya, dengan harga yg sama yg satu udah pake abs yg satu belum, yg satu lampu udah pake projector yg satu belum, yg satu udah pake airbag yg satu belum...
hal2 seperti ini kan bisa keliatan om..kalo resale value mah g keliatan..
jadi kalo mau bandingin ya yg pasti2 aj seperti spek, kualitas..
:
bener memang kalo soal masalah resale value itu bisa hit or missed, alias gak ada yg tau berapa harga jual mobil saya sebelum itu mobil bener2 dijual (sebelum kita bener2 terima duit hasil penjualan). Faktor resale value itu cuma perceived value, tapi memang harus diakui juga bahwa mobil2 yg terkenal resale valuenya tinggi memang beneran bagus resale valuenya di lapangan, walaupun bukan berarti mobil2 saingannya jelek2 semua.
masalahnya beli mobil itu adalah satu paket, gak bisa kita beli ala carte (bisa palingan juga option kecil2an).
gak bisa kita beli mobil mesinnya mesin dakar, bodi fortuner, interior CRV, fitur CX5, jaringan bengkel toyota, dan resale value Avanza....
Karena selera dan preferensi orang itu beribu macam, jadi pasti ada tarik ulur atau faktor2 yg dikorbankan dalam membeli mobil. Nah weight dari selera dan preferensi dari masing2 pribadi inilah yg paling menentukan faktor2 mana yg bisa kita korbankan dan juga faktor2 mana yg haru kita dapatkan.
Primatech wrote:bodohnya bukan karena penempatan prioritas, tapi bodohnya adalah menilai suatu mobil bagus atau tidaknya dari harga jual..:
ya ini kalimatnya bertentangan sendiri.
Kalo dia menempatkan resale value sebagai prioritas no 1, berarti dia orang bodoh?
