CVT transmission
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Feb 03, 2013 14:24
CVT transmission
All, mohon infonya.. apakah CVT masih jadi issue sampe skrg. Khususnya mobil keluaran baru ('12-'13).
http://www.autoguide.com/auto-news/2012 ... ssion.html
http://www.autoguide.com/auto-news/2012 ... ssion.html
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: CVT transmission
Pertamax diamankenn... 
Untuk CVT, pernah dipolling om.
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 18&t=17668
Harusnya ga terlalu jadi issue kalo torsi mobil dibawah 400nm.

Untuk CVT, pernah dipolling om.
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 18&t=17668
Harusnya ga terlalu jadi issue kalo torsi mobil dibawah 400nm.
Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: CVT transmission
Ada nggak daftar mobil2 baru yg beredar di Indonesia yg pakai CVT? Ane kurang paham yg mana aja yg pake CVT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Feb 03, 2013 14:24
Re: CVT transmission
thanks om.. untuk jalan macet typical Jkt cocok ngga ya pake cvt ini ? yang jebol itu kan karena makenya kasar. tp diliat cara kerjanya, kalu jalan macet harusnya pindah2 nya dikit doang ya, harusnya awet dong..madcat015 wrote:Pertamax diamankenn...
Untuk CVT, pernah dipolling om.
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 18&t=17668
Harusnya ga terlalu jadi issue kalo torsi mobil dibawah 400nm.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: CVT transmission
@om arsu: imaly, CVT akan lebih baik daripada Geared AT (GAT) untuk jalan macet. Karena rasio tanpa batas, maka rpm akan terus stabil meskipun kecepatan berubah2 dan tentu saja minim hentakan. Sementara GAT akan bolak balik change shift gear 1-2-3-2-1.
Untuk akselerasi, CVT mengesankan kalo hanya ada 1 gear yg bikin nafas mobil super panjang. Lain kayak GAT yang akan terasa power loss akibat rpm turun saat up shift. Tp itulah fun nya GAT dan MT.
Bahkan untuk kondisi menanjak atau untuk menyalip, akan lebih nyaman, karena tidak ada istilah hentakan down shift ala GAT atau MT yg bakal bikin kaget penumpang tapi bikin pengemudi tersenyum (kalo sukses nyalip).
Mungkin ada benarnya bbrp pendapat bahwa GAT dan MT nantinya akan jadi pilihan untuk mobil hobby saja. Sementara mobil umum akan menggunakan CVT untuk kenyamanan dan efisiensi bbm.
Mengutip salah satu member SM yg oke punya knowledge dan experiencenya, kemajuan manufaktur metal telah membuat CVT jauh lebih dapat diandalkan dari generasi awal (CVT Honda Jazz dan City Aria = total failure). Sekarang beberapa mobil mewah dengan torsi dan hp nyaris melewati 300hp uda pake CVT.
Cuman, tergantung pemilik mobilnya. Kalo ga mempermasalahkan hilangnya feel gear change, monggo pindah ke CVT yg lebih nyaman. Kalo old school style, konvensional, dan masih merindukan hentakan halus gear change, mending pake GAT which is a whole lot more fun!
@bro blacksapphire: buanyak bro. Rata2 Nissan pake CVT (X-Trail, Ju(n)k(i)e, GL, Elgrand, Murano, Teana, dst), mereka pelopornya sih. Yg ga pake CVT salah satunya GTR R-35. Kl Toyota ada Alphard. Hampir sebagian besar hybrid juga pake CVT.
Untuk akselerasi, CVT mengesankan kalo hanya ada 1 gear yg bikin nafas mobil super panjang. Lain kayak GAT yang akan terasa power loss akibat rpm turun saat up shift. Tp itulah fun nya GAT dan MT.

Bahkan untuk kondisi menanjak atau untuk menyalip, akan lebih nyaman, karena tidak ada istilah hentakan down shift ala GAT atau MT yg bakal bikin kaget penumpang tapi bikin pengemudi tersenyum (kalo sukses nyalip).
Mungkin ada benarnya bbrp pendapat bahwa GAT dan MT nantinya akan jadi pilihan untuk mobil hobby saja. Sementara mobil umum akan menggunakan CVT untuk kenyamanan dan efisiensi bbm.
Mengutip salah satu member SM yg oke punya knowledge dan experiencenya, kemajuan manufaktur metal telah membuat CVT jauh lebih dapat diandalkan dari generasi awal (CVT Honda Jazz dan City Aria = total failure). Sekarang beberapa mobil mewah dengan torsi dan hp nyaris melewati 300hp uda pake CVT.
Cuman, tergantung pemilik mobilnya. Kalo ga mempermasalahkan hilangnya feel gear change, monggo pindah ke CVT yg lebih nyaman. Kalo old school style, konvensional, dan masih merindukan hentakan halus gear change, mending pake GAT which is a whole lot more fun!

@bro blacksapphire: buanyak bro. Rata2 Nissan pake CVT (X-Trail, Ju(n)k(i)e, GL, Elgrand, Murano, Teana, dst), mereka pelopornya sih. Yg ga pake CVT salah satunya GTR R-35. Kl Toyota ada Alphard. Hampir sebagian besar hybrid juga pake CVT.
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT transmission
Vote CVT deh
Udah 10K pake Mirage CVT
Ini pointnya menurut ane
Hi speed (120~160): 9/10
Cruising (80~100): 9/10
Low speed (<40): 9/10
Ini alasannya
Engine output hanya 78ps
Akselerasi buas seperti engine 2 liter, padahal cuma 1.2 liter, ini karena CVTnya ada low range & hi range (ada sub gear)
Memang sempat under estimate sebelum pake, terutama cvtnya, kali ini bener2 deh, don't judge from the spec., try it 1st & lets judge later on
Udah 10K pake Mirage CVT
Ini pointnya menurut ane
Hi speed (120~160): 9/10
Cruising (80~100): 9/10
Low speed (<40): 9/10
Ini alasannya
Engine output hanya 78ps
Akselerasi buas seperti engine 2 liter, padahal cuma 1.2 liter, ini karena CVTnya ada low range & hi range (ada sub gear)
Memang sempat under estimate sebelum pake, terutama cvtnya, kali ini bener2 deh, don't judge from the spec., try it 1st & lets judge later on
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Feb 03, 2013 14:24
Re: CVT transmission
om RVR,, glad to hear that. Lagi nunggu delivery Mirage ane juga om..
Soalnya masih banyak denger cerita serem soal CVT, kalo rusak kudu ganti 1 blok, dibenerin gak bakalan bisa bener lagi...
Soalnya masih banyak denger cerita serem soal CVT, kalo rusak kudu ganti 1 blok, dibenerin gak bakalan bisa bener lagi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: CVT transmission
blum dpt mobilnya ya? klu kasus cvt jebol umumnya jazz cvt yg pemiliknya males/asal ganti oli. krn populasinya cukup byk, image cvt jd jelek deh....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: CVT transmission
Nggak lah, asal pemakaian benar, perawatan benar, yg paling penting ganti oli jangan telat dan gunakan oli dgn spec yg sesuai (Genuine Oil-nya aja)om_arsu wrote:All, mohon infonya.. apakah CVT masih jadi issue sampe skrg. Khususnya mobil keluaran baru ('12-'13).
http://www.autoguide.com/auto-news/2012 ... ssion.html
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: CVT transmission
Kalo buat kendaraan heavy duty / bawa beban / mesin2 Torsi besar tetap lebih reliable dgn Conventional Geared Matic, ketahannya udah proven.madcat015 wrote: Mungkin ada benarnya bbrp pendapat bahwa GAT dan MT nantinya akan jadi pilihan untuk mobil hobby saja. Sementara mobil umum akan menggunakan CVT untuk kenyamanan dan efisiensi bbm.
kalau sy pribadi melihat kenapa pabrikan banyak adopt CVT : mungkin salah 1 nya karena harga unit CVT lebih murah drpd Matic konvensional, krn komponennya lebih sedikit dan ada benefit "seamless shifting" yg bisa menjadi "strong selling point"
Just IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: CVT transmission
@om turbo: bener om. CVT dan GAT tidak disarankan untuk digunakan menarik beban atau towing, kecuali torsi mesin besar. Kl torsi kecil dipaksa ya akhirnya high rpm low speed, ujung2 nya overheat ATF dah...
Jadi untuk mobil penarik beban, mobil dengan torsi gede, HGV, truk, dan sodara2nya, kayaknya GAT dan MT lebih baik.
Imaly...
Jadi untuk mobil penarik beban, mobil dengan torsi gede, HGV, truk, dan sodara2nya, kayaknya GAT dan MT lebih baik.
Imaly...
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT transmission
Ga perlu kuatir broom_arsu wrote:om RVR,, glad to hear that. Lagi nunggu delivery Mirage ane juga om..
Soalnya masih banyak denger cerita serem soal CVT, kalo rusak kudu ganti 1 blok, dibenerin gak bakalan bisa bener lagi...
Kan ada garansi 3 th/ 100rb KM
Kalo rusak tinggal claim deh
Jadi pake mobilnya ya 3 tahun aja
Lagian pd dasarnya oli cvt mirage ga perlu ganti bro, yg penting kontrol volumenya aja
Arahnya sih maintenance free deh
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Feb 03, 2013 14:24
Re: CVT transmission
ane long term user sih sebenernya bro. Gak suka duit ilang, belum pernah jual mobil dibawah 10th.. hehe (masih ada yg umur 12 dan 24 tahun).. Kalo 3 taun dijual sih mending merek Kimchi aja kali ya, Jepun at least 5 th lah..heheRVR wrote:Ga perlu kuatir broom_arsu wrote:om RVR,, glad to hear that. Lagi nunggu delivery Mirage ane juga om..
Soalnya masih banyak denger cerita serem soal CVT, kalo rusak kudu ganti 1 blok, dibenerin gak bakalan bisa bener lagi...
Kan ada garansi 3 th/ 100rb KM
Kalo rusak tinggal claim deh
Jadi pake mobilnya ya 3 tahun aja
Lagian pd dasarnya oli cvt mirage ga perlu ganti bro, yg penting kontrol volumenya aja
Arahnya sih maintenance free deh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: CVT transmission
Ooo begitu yaom_arsu wrote:ane long term user sih sebenernya bro. Gak suka duit ilang, belum pernah jual mobil dibawah 10th.. hehe (masih ada yg umur 12 dan 24 tahun).. Kalo 3 taun dijual sih mending merek Kimchi aja kali ya, Jepun at least 5 th lah..heheRVR wrote:Ga perlu kuatir broom_arsu wrote:om RVR,, glad to hear that. Lagi nunggu delivery Mirage ane juga om..
Soalnya masih banyak denger cerita serem soal CVT, kalo rusak kudu ganti 1 blok, dibenerin gak bakalan bisa bener lagi...
Kan ada garansi 3 th/ 100rb KM
Kalo rusak tinggal claim deh
Jadi pake mobilnya ya 3 tahun aja
Lagian pd dasarnya oli cvt mirage ga perlu ganti bro, yg penting kontrol volumenya aja
Arahnya sih maintenance free deh
Tetep ga usah khawatir juga
CVT juga udah lama kok diterapin di lancer di Indonesia (2003~2012)
Cuma memang volume ga banyak, & sejauh ini ga ada berita miring soal cvtnya
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Aug 23, 2013 11:28
Re: CVT transmission
kalo cvt new grand livina 2013 baguskah ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: CVT transmission
maksudnya CVT ANGL (All New Grand Livina) ya om...?gratis wrote:kalo cvt new grand livina 2013 baguskah ?
infonya sih justru yg di ANGL itu CVT nya menjadi salah satu nilai lebihnya, katanya sih lebih alus
ane ga terlalu paham soalnya ane seumur-umur belum pernah pake matic

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: CVT transmission
Kata nissan.. perawatan untuk ANGL lebih mahal dr Gen sebelumnya 

[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: CVT transmission
nah... bisa jadi itu om felix.... 

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Aug 23, 2013 11:28
Re: CVT transmission
setau ane cvt angl itu pake cvt juke secara mesinnya jg sama.. kalo nissan juke cvtnya bagus ga ya ? ngeri kayak jazz/city punya yg sering geter2Bhanaspati wrote:maksudnya CVT ANGL (All New Grand Livina) ya om...?gratis wrote:kalo cvt new grand livina 2013 baguskah ?
infonya sih justru yg di ANGL itu CVT nya menjadi salah satu nilai lebihnya, katanya sih lebih alus
ane ga terlalu paham soalnya ane seumur-umur belum pernah pake matic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: CVT transmission
kalo mesin ANGL memang sama dgn mesin Juke om
tapi CVT ANGL itu CVT baru beda dgn generasi sebelumnya & beda dgn Juke gen sebelumnya juga.
infonya sih gitu....
tapi CVT ANGL itu CVT baru beda dgn generasi sebelumnya & beda dgn Juke gen sebelumnya juga.
infonya sih gitu....
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: CVT transmission
Om2 suhu SM sekalian..
Pemberitaan dimedia mengenai perkembangan modifikasi pd motor skutik
yg pernah saya baca, salah satu tahap modif "ringan" dg penggantian CVT Spring
dan atau sekalian Weight Roller CVT bisa
meningkatkan tenaga motor.
Lantas bagaimana korelasinya dg teknologi
pada CVT di mobil?
Makasi
Pemberitaan dimedia mengenai perkembangan modifikasi pd motor skutik
yg pernah saya baca, salah satu tahap modif "ringan" dg penggantian CVT Spring
dan atau sekalian Weight Roller CVT bisa
meningkatkan tenaga motor.
Lantas bagaimana korelasinya dg teknologi
pada CVT di mobil?
Makasi
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?