Resale Value wrote:Saya pakai contoh harga 90-150 juta itu untuk pemilik avanza yang sangat bangga kok beli dulu jaman avanza masih 90 juta sekarang udah pakai gitu lama masih untung ? Jika masalah harga dan tahun tertentu saya ada inakurasi, maklum, saya ngak mungkin bisa hafal semua harga mobil berapa tahun yang lalu.
Tapi intinya tetap sama, sebelum krisis 08 harga avanza di tahun sebelum 2008 sekitar 90 jutaan sampai tahun 2010 udah naik sangat banyak. Cuman lupa harga 90 jutaannya apakah tahun 07, 06 ?
jauh amat, avanza itu seingat gue pertama launching akhir 2003 atau awal 2004
Toh tetap saja, avanza memang naiknya banyak sekali dari dulu 90 jutaan jadi 150 juta.
Trus emang kenapa kalau naik segitu? Itu setelah hampir 10 tahun sejak pertama kali dijual kan? Itu udah berapa kali inflasi? Ditambah dengan inflasi tinggi tahun 2007. Orang masih banyak yg mau beli juga kan, karena masih dianggap terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan. Soal faktor keputusan membeli avanza/xenia itu bahkan dijadikan thesis lho
Namun jika u guys mau benar benar lebih presisi, OK, ngak masalah. Saya masih punya majalah autobild edisi 122 (29 dec 07 - 11 jan 2008), ada list harga barunya saat itu. Mari kita cek kenaikan siapa aja yang paling fantastis. Masalah diskon berapa saat itu, saya ngak tau, autobild juga ngak tulis. Ada yang hafal saat itu tahun 08 yaris apakah diskon 30 juta lebih ?
avanza g mt tahun awal 08, 115 juta. Di tahun 2010 bulan july (autobild edisi 188) udah jadi 148 juta. Naik 30% dalam 2 tahun.
Tetap ngak normal kenaikannya. ATPM lain memang juga naik, tapi seperti apa ? Coba
Grand livina 1.5 xv mt tahun 08, 148 jt, tahun 2010 naik ke level 179 jt. Naik 20%
xenia 1.3 08 harganya 104 juta. tahun 2010 naik ke level 137 jt. Naik 32%
honda crv 2.4 at tahun 08 harganya 298 jt. tahun 2010 naik ke level 386 jt. Naik 30%
xtrail 2.5 xt 08 harganya 301 jt. tahun 2010 naik ke 342, naik 13%
fortuner 2.7 at harga 08nya 324 jt, tahun 2010 naik ke 421 jt, naik 30%.
serena hws 08 harganya 291 jt. Tahun 2010 naik ke 322 jt, naik cuman 10%.
chevrolet captiva at 2.4 08 harganya 267 jt. Tahun 2010 naik ke 305 jt. Naik cuman 14%.
innova g mt 08 harganya 183 jt. tahun 2010 naik ke 228 jt. Naik 25%
tapi tetap fakta adalah kenaikan harga toyota dan honda rata rata sekitar 30% dalam waktu 2 tahun banding misalnya nissan yang range kenaikan harganya 10-20% max. dan captiva malah cuman naik 14%, banding crv naik 30% dan fortuner juga naik 30%.
Trus masalahnya apa? Ketika harga cabe keriting di pasar induk naik, lantas apakah konsumen serta merta beralih ke cabe lain? Ya enggak segampang itu. Cabe kriting semahal apapun tetep paling laku karena kebutuhannya selalu tinggi. Kenapa kebutuhannya tinggi? Karena cabe kriting adalah konklusi dari kesesuaian lidah yg dibutuhkan oleh para penikmat rasa cabe. Apakah cabe besar merah lain nggak seenak cabe kriting? Ya belum tentu juga, bisa jadi lebih enak bagi sebagian orang, tapi masalahnya cocok nggak di lidah kebanyakan orang? Teori dasar supply and demand kan? Bagaimana tetep menjaga harga, ya supplynya juga dijaga agar nggak over maka harga tetap slalu stabil dengan demand yg tetap tinggi.
Gimana orang yang beli toyota dan honda di tahun 08 dan tahun sebelumnya tanpa mereka sadari, resale valuenya jadi sangat sangat " mirip property " ? Super kuat ?
dan resale value xtrail, captiva kesannya kalah jauh ama crv dan fortuner untuk kasus siapa yang belinya di tahun 2008 dan sebelumnya ? Karena kenaikan harga xtrail dan captiva sangat dikit, cuman 10-14%, banding crv dan fortuner yang naik 30% ?
Namun nissan misalnya udah mulai ngerti, karena sekarang harga xtrail juga udah di naikin mendekati crv, efeknya ? resale value xtrail tahun 2010 dan keatas juga udah mirip crv.
Ya jika masih yakin mulai sekarang kenaikan harga toyota dan honda masih akan jauh lebih tinggi banding merek lain, ya memang udah pasti resale valuenya nanti lebih jago lagi. Tapi kok sekarang saya lihat semua merek malah kenaikan harganya udah dikit, malah banyak yang main diskon diskonan ?
Itulah kenapa saya selalu bilang, mau cek resale value untuk ambil keputusan beli mobil sekarang, mulai deh dari tahun 2010. Jangan patokan ama kasus dulu belinya tahun 2004-2009.
Mau masuk pake itungan resale value yg dibolak-balik? Dan kayaknya bbrp kali ngeliat postingan dibolak balik cara itungnya, nggak tau postingannya siapa

Kalau menghitung resale value adalah harga mobil 2013 dibandingkan dengan harga mobil bekas yg sama buatan tahun 2008, itu ya lucu namanya. Kalau mau bikin perbandingan yang diperbandingkan adalah harga mobil barunya di tahun 2008 dengan harga bekas mobil 2008.
Lebih lengkapnya gini, mobil tahun produksi 2008, harga baru menurut pricelistnya di th 2008 berapa? Lalu coba liat di tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012, berapa harga bekas mobil tsb.
Supaya nggak menyesatkan. Skali lagi cara ngitungnya bukan membandingkan mobil baru 2013 dengan mobil bekas bikinan th 2008.
Tolok ukurnya berbeda, karena mobil keluaran taun 2013 tentu akan beda harganya dibanding harga jual mobil buatan tahun 2008, karena disamping adanya inflasi juga mungkin ada perubahan spesifikasi, seminor apapun perubahan spec itu.
Jadi misal mobil A beli di tahun 2008, saat ini harga bekasnya adalah 100 juta, lalu harga baru mobil A tsb di tahun 2013 adalah 150 juta. Caranya ngitung bukan 150 juta - 100 juta. Tapi coba liat pricelist mobil A tsb di tahun 2008 dan eeehhhh ternyata mobil A tsb barunya di tahun 2008 adalah cuma 110 juta. Berarti ngitungnya adalah 110 juta (harga barunya th 2008) - 100 juta (harga bekas di th 2013) = 10 juta, berarti penurunannya selama hampir 10 tahun cuma 10 juta, ditambah lagi keuntungan sudah pake hampir 5 tahun. Begitu dong ngitungnya
Jadi ya gak mungkin dong, misalnya gue mau beli mobil taun 2013 ini, trus gue bikin itungan depresinyanya dengan dengan berpatokan ke harga bekas mobil yg sama buatan taun 2008. Ya jelas aja gapnya akan jauh Om
Karena jika toyota dan honda naikin terus harganya 2-3 kali lipat lebih tinggi banding harga merek lain terus, artinya nanti suatu saat harga crv / fortuner akan jadi 2 atau 3 kali lipat harga xtrail, captiva dll.
Mungkin ngak ? Kecuali orang Indonesia begitu yakin ama toyota dan honda sehingga nanti saat harga xtrail / captiva 420 jt, mereka masih mayoritas lari ke crv / fortuner yang saat itu udah 800 juta atau 1.2 milliar.
Ini kalau mau lucu-lucuan ya dibuat lucu-lucuan juga, jadi gini, kalau CRV/Fortuner harganya 800 juta - 1 miliar dan x-tra*l/capt*va cuma 420 juta, tetep aja orang nggak akan milih xtra*l/capt*va. Kenapa? Karena orang akan lebih pilih Avanza. Kenapa lagi? Karena kalau Forti/CRV udah harga segitu, maka Avanza harganya juga sudah 420 juta, ya mending beli Avanza. lagi-lagi kenapa? karena kalau mobil dg spec setara dengan Forti/CRV tp dijual seharga Avanza, maka orang akan langsung mikir bahwa mobil ini pasti bermasalah dan bikin repot, ngapain beli mobil bermasalah dan merepotkan walopun dibandrol harga murah (bisa dalam karena macem2 merepotkannya, bukan hanya dari sisi teknis lho ya). Atau org akan mikir paling tidak Avanza masih laku dijual lagi, sementara xtr*il dan c*ptiva bekas jangankan dijual, dikasih ke orangpun, belum tentu ada yg mau.

Siapa sih yg mau miara mobil yg merepotkan
Kalau pertanyaannya dagelan ya jawabannya juga dagelan
bukan sales toyota, bukan sales honda dan bukan sales apapun...... juga bukan pedagang cabe kriting