A/T vs M/T ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 24, 2006 10:02
A/T vs M/T ?
Sebetulnya apa sih kelebihan dan kekurangan dari masing-masing transmisi matic dengan manual? Apakah benar kalau mobil matic itu kalo mogok tidak bisa didorong?
Terima kasih untuk penjelasan dari rekan2 SM semuanya.
Terima kasih untuk penjelasan dari rekan2 SM semuanya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Berhubung gw bisanya naek motor jadinya komen gw buat motor aja yah...
Klo buat gw untuk motor sih mendingan manual n kopling (motor kopling maksudnya).
alasan :
1. udah nyobain pake matic (mio) klo di jalan yang rada nanjak gwnya ga sabaran.. mo ditarik2 gasnya ga tega (narik gas motor matic ada aturannya klo ga mo cepet rusak, gw baru tau setelah baca M+)
2. Ini ga ada hub.nya ama transmisi sih, tapi kebanyakan matic jarak kaki ke tanah deket bgt ga cocok ama kaki gw yang rada panjang (makanya gw ga biasa naek matic atw bebek)
Klo buat gw untuk motor sih mendingan manual n kopling (motor kopling maksudnya).
alasan :
1. udah nyobain pake matic (mio) klo di jalan yang rada nanjak gwnya ga sabaran.. mo ditarik2 gasnya ga tega (narik gas motor matic ada aturannya klo ga mo cepet rusak, gw baru tau setelah baca M+)
2. Ini ga ada hub.nya ama transmisi sih, tapi kebanyakan matic jarak kaki ke tanah deket bgt ga cocok ama kaki gw yang rada panjang (makanya gw ga biasa naek matic atw bebek)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Re: A/T vs M/T ?
(ini gw bicara mobil yah)donny_mmc wrote:....................
Apakah benar kalau mobil matic itu kalo mogok tidak bisa didorong?
Terima kasih untuk penjelasan dari rekan2 SM semuanya.
Maksudnya mesin mati trus didorong?
tentu bisa, posisikan tuas persneling di "N"
Tapi kalo tujuannya di dorong utk menghidupkan mesin (misalnya karena aki tekor) emang gak bisa.
Jaman doeloe (gw ngomongnya jaman doloe mulu yah, dah kayak org tua

mobil matic itu dihindari oleh anak2 muda karena akselerasi kurang,
dan gak bisa spin.....(sering dibilang sprint)
Tapi kalo mau spin pake mobil matic ntar saya kasih tau caranya....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
wa dulu demeeeen banget pake manual... ampe akhirnya wa punya mobil matik triptonic....
hasilnya... wa ga mau balik2 lagi ke manual kalo ga kepaksa
matik enak krn kaki ga pegel, untuk anak muda wa yakin demennya pasti manual krn bisa ngebut (seperti kata bos bos diatas)
tapi klo org yg uda bawa mobil puluan taon dan mau menikmati menyetir mobil standard2 aja pasti pilihannya ke matic krn kepraktisannya
hasilnya... wa ga mau balik2 lagi ke manual kalo ga kepaksa

matik enak krn kaki ga pegel, untuk anak muda wa yakin demennya pasti manual krn bisa ngebut (seperti kata bos bos diatas)
tapi klo org yg uda bawa mobil puluan taon dan mau menikmati menyetir mobil standard2 aja pasti pilihannya ke matic krn kepraktisannya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Salah besar bos, justru honda banyak main di matic untuk pasar di jepang dan didaerah asia. Khusus Indo dan bbrp negara macam malay (cmiiw) honda banyak main di M/T, gak tau napa alasannya.mpoezz wrote:hehehehe tapi motor matic belum bisa ngalahin motor biasa yah,apa mungkin gara2 honda belum terjun ke bisnis motor matic
Matic honda umumnya model scooter macam mio gitu dan banyak juga yg tampilannya sporty, soal performance juga gak kalah sama manualnya. Cuman sayangnya di Indo gak masuk tuh.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Kalo mobil matic udah pasti lebih nyaman di kemacetan, kaki kiri istirahat terus. Kalo suka ngebut / balapan, up-hill, down-hill dan beraksi lebih enak pake manual. Biasanya mobil matic akan keteteran / kewalahan saat kebut2an ...
Untuk yang berbudget lebih dan ingin punya mobil matic sekaligus memiliki sensasi manual bisa lirik mobil matic yang lebih canggih transmisinya. Seperti steptronic pada BMW atau Tiptronic pada Audi, Steermatic pada Jazz dan City Vtec (walopun saat lari di tol memindahkan + / - tidak begitu ngaruh dan tidak ada hentakan, tapi cukup membantu).
Untuk yang berbudget lebih dan ingin punya mobil matic sekaligus memiliki sensasi manual bisa lirik mobil matic yang lebih canggih transmisinya. Seperti steptronic pada BMW atau Tiptronic pada Audi, Steermatic pada Jazz dan City Vtec (walopun saat lari di tol memindahkan + / - tidak begitu ngaruh dan tidak ada hentakan, tapi cukup membantu).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Transmisi A/T mobil lebih boros, tapi kalau kaki kita bisa memainkan pedal gasnya dengan lebih berperasaan yah bisa agak iritan apalagi sekarang bensin makin mahal kaki kanan saya lebih lembut memainkan pedal Camry saya
kalau anak muda apalagi yang suka "flat out" yah kurang cocok pakai transmisi A/T bisa2 dibejek terus gasnya itu bensin udah kaya buka keran 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 21, 2006 11:55
- Location: jkt
Baru 10 hari pakai mobil matic Yaris S, kaki kanan jadi relatif lebih sering ngerem untuk ngurangin kecepatan kalo di dalam kota, dimana biasanya di manual cukup angkat kaki dari gas maka kecepatan berkurang signifikan.
Tapi saya punya problem di akselerasi nih, bukannya mau kebut2an, tapi kalau di tol mau akselerasi buat
nyalip kendaraan di depan kok berat ya ?
kan gawat kalo missed perkiraan, bisa diseruduk dari belakang.
any tips guys?
Tapi saya punya problem di akselerasi nih, bukannya mau kebut2an, tapi kalau di tol mau akselerasi buat
nyalip kendaraan di depan kok berat ya ?
kan gawat kalo missed perkiraan, bisa diseruduk dari belakang.
any tips guys?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
@benpur : anda pakai bensinnya apa ? premium atau pertamax plus ? Untuk menyusul kendaraan didepan kalau memang ingin cepat anda tekan pedal gasnya agak lebih dalam sedikit tapi tekannya agak sedikit dikagetin jadi otomatis dia akan kick down, pada saat kick down RPM akan bermain diatas sehingga memudahkan untuk overtaking, atau bisa juga anda aktifkan OD "Over Drive" sehingga tenaga untuk menyusul kendaraan lain lebih panjang, untuk dijalan tanjakkan seperti dipuncak menggunakan OD akan lebih membantu karena dengan aktifknya OD maka gigi hanya sampai 3 saja (4 speed atau 5 speed yah kalau yaris saya kurang tau), setelah anda nonaktifkan OD baru dia akan pindah ke 4. Tapi kualitas bensin juga sangat pengaruh, dulu saya punya CRV juga sama pakai bensin pertamax kalau mau nyusul rasanya berat padahal mesin 2000 cc DOHC dan bensin terasa boros karena selalu butuh tenaga besar untuk nyusul, begitu pakai Pertamax Plus baru berasa pada saat kick down bahkan kadang tidak harus kick down, hanya dengan menekan pedal sedikit saja mobil sudah bisa menyusul dan otomatis bensin akan lebih irit 
Tapi feeling juga harus bermain disini, yang pasti anda harus tau karakter mobilnya bagaimana sehingga untuk overtaking anda sudah punya perkiraan sehingga tidak akan telat atau diseruduk dari belakang
Semoga membantu

Tapi feeling juga harus bermain disini, yang pasti anda harus tau karakter mobilnya bagaimana sehingga untuk overtaking anda sudah punya perkiraan sehingga tidak akan telat atau diseruduk dari belakang
Semoga membantu

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
bener tuh kata bos jeremy, dulu wa caranya mirip2 gitu tapi cara wa pertama di lepas terus di bejek kenceng2 sambil mainin gasnya naek turun dikit ( bisa berhasil di mobil cc rendah sih) klo cc tinggi mah tinggal bejek full juga ngibrit 
Bos Frontier : "Kalo maticnya pake opsi tiptronic, steptronic (Audi, BMW) atau 7speed mode (Jazz) ya nyaman aja sih.. tinggal pencet2 tombol/paddle/tuas di setir aja..." <--- betul! bener2 enak pake tiptronic
mazda juga ada tiptronic loh =p

Bos Frontier : "Kalo maticnya pake opsi tiptronic, steptronic (Audi, BMW) atau 7speed mode (Jazz) ya nyaman aja sih.. tinggal pencet2 tombol/paddle/tuas di setir aja..." <--- betul! bener2 enak pake tiptronic

mazda juga ada tiptronic loh =p
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yup feeling driver harus bisa baca karakter mobil, apalagi kalo matic kita harus bisa mainkan iramanya sesuai dengan kemampuan mobil matic tsb.Tapi feeling juga harus bermain disini, yang pasti anda harus tau karakter mobilnya bagaimana sehingga untuk overtaking anda sudah punya perkiraan sehingga tidak akan telat atau diseruduk dari belakang
Saran gw, emang kalo mau nyiap harus lakukan kick-down (injak pedal gas secara mendadak sampe habis), atau kalo mau nyiap tanpa kick-down bisa ambil ancang2 dari jauh dengan menekan pedal gas secara bertahap sampai habis (tp harus dari jauh sudah siap).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Mar 21, 2006 11:55
- Location: jkt
bung jeremy saya pakai pertamax aja (yg minimum dari spec required octan 91). Mungkin saya akan coba pakai pertamax plus untuk test reaksinya, gak papa kan tengki campur pertamax dan plus..
Emang sih belon dapet feel nya yaris 4 kecepatan ini, baru sekali
pp di tol jagorawi, jadi kalo mau akselerasi overtaking ada dua alternatip ya:
1. lepas dan tekan gas secara mendadak (seberapa dalam, ga sampai mentok kan)
2. oper gigi ke D-3
pls correct me kalo ada yg salah.
rencana mo pp di jagorawi lagi nih buat ngabisin 1000 km.
-bp-
Emang sih belon dapet feel nya yaris 4 kecepatan ini, baru sekali
pp di tol jagorawi, jadi kalo mau akselerasi overtaking ada dua alternatip ya:
1. lepas dan tekan gas secara mendadak (seberapa dalam, ga sampai mentok kan)
2. oper gigi ke D-3
pls correct me kalo ada yg salah.
rencana mo pp di jagorawi lagi nih buat ngabisin 1000 km.
-bp-
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
@benpur : tidak usah lepas gas juga tidak apa2, misalnya anda sedang jalan 80 km/j dan anda ingin overtaking, anda tinggal tekan pedalnya agak lebih dalam lagi dari posisi sebelumnya tapi tekannya agak dikagetin, tidak usah tekan sampai mentok kalau tidak perlu sekali selain untuk menjaga kesehatan gearboxnya juga supaya tidak boros BBM
bisa juga dengan memindahkan ke posisi D3
Mumpung anda pakai Yariz Tipe S saya mau tanya nih, perlengkapannya apa saja? Punya anda S atau S Limited ? Bedanya apa saja dengan Tipe E ? Perpindahan antar giginya ada sentakan gak ?

Mumpung anda pakai Yariz Tipe S saya mau tanya nih, perlengkapannya apa saja? Punya anda S atau S Limited ? Bedanya apa saja dengan Tipe E ? Perpindahan antar giginya ada sentakan gak ?