Beda kelas hatchback

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Beda kelas hatchback

Post by Jambangan »

278bubba wrote:Biasanya wagon/ station wagon kan ada versi sedannya. Jadi harusnya Aerio masuk kelas station wagon. Btw emang ada yg bilang dia MPV?
ada om. Malah sijuki sendiri yg ngomong gitu
Inget bgt iklan aerio di TV tahun 2002 waktu aerio baru keluar tagline nya "Aerio, My MPV"

:ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Beda kelas hatchback

Post by AD74YA »

Nah kalau mau tau kelas "hatchback", harus tau definisinya dulu.. Dan AFAIK, definisi yang paling bener itu seperti yang dijelaskan di bawah:
Jerome wrote:
c_adhi_k wrote:Station Wagon itu basisnya sedan, kemudian baru dikeluarin yang model wagon
kalau mpv atau hatchback, basisnya hatchback kemudian dimelarin jadi sedan
IMALY hehehe
klo menurut wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Station_wagon

Station wagon adalah bentuk mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi. Hal ini membuat ruang bagasi station wagon menyatu dengan ruang penumpang. Dengan demikian station wagon memiliki pilar D pada ujung belakangnya. Station wagon pada umumnya memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas seperti layaknya hatchback, namun ada juga yang memiliki pintu membuka ke bawah dan jendela yang dapat dibuka terpisah.

Perbedaan Station wagon dan Hatchback

Meskipun sama-sama memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas dan ruang bagasi yang menyatu dengan ruang penumpang, station wagon dan hatchback memiliki perbedaan dalam jumlah pilar dan kapasitas bagasi. Station wagon memiliki overhang belakang yang lebih panjang sehingga ruang bagasi lebih panjang dan luas. Station wagon memiliki jendela samping yang cukup besar antara pilar C dan pilar D, sedangkan hatchback tidak memiliki jendela samping atau hanya jendela kecil sebagai ornamen.
Di berbagai negara mobil station wagon juga umum disebut Estate, di Jerman disebut Kombi, dan di Perancis disebut Break.

Image
Atau lebih gampangnya, semua mobil yang bagian bagasinya mulai dari pilar C (jika coupe) atau pilar D (jika 5 door) berbentuk melengkung dari atas kebawah, dan pintunya membuka keatas (sloping down - open up) merupakan mobil hatchback. Dan kalau pilar D nya kearah tegak lurus, maka namanya Estate..

Tapi... Ada tapinya... Definisi diatas bisa dianggap udah nggak berlaku sekarang... "Hatchback" dan "Estate" yang tadinya merupakan definisi desain buritan dan besar kendaraan udah makin caur dengan lubang-lubang kelas yang terisi dengan berbagai varian baru apalagi crossover..

Hatchback asal mulanya mulai ngtren saat Golf Mk I pertama diluncurkan.. (meskipun yang pertama meluncurkan "hatchback" adalah Renault).. Mulai dari situ, model sedan kompak tanpa bagasi (tetapi kacanya tetap miring) mulai marak.. Ford ikut dengan Capri.. Toyota bikin GT2000 (sedan sport besar tanpa bagasi, tapi mereka menyebutnya hatchback pada zamannya, atau fastback bagi orang amerika)..

Nah... Di mobil modern... Pintu Hatchback makin lama makin tegak... Dengan alasan untuk memperbesar ruang bagasi, jadi lebih praktikal.. Tapi tetap dinamakan pintu hatchback.. ini yang bikin banyak orang bingung.... Seinget ane diawali oleh Jazz GD3 dan Yaris pertama dimana pintu bagasinya nyaris tegak, nggak sloping lagi (CMIIW)... Padahal sebelumnya, sudah ada kelas dibawah hatchback yang mendefinisi mobil-mobil dengan ukuran lebih kecil dari hatchback seperti Polo, atau 205, dengan nama city car.. Makanya saat ini hampir semua mobil sedan small dan medium tanpa bagasi disebut hatchback.. Bahkan ane pernah baca di Autibild Indonesia kalau mobil Smart Fortwo itu disebut hatchback.. Which is o'on.

Kalau tetap bicara ke arah orisinalitas bahasanya, saat ini yang masih sesuai dengan history nya secara desain "hatchback" bisa dihitung jari, IMO, antara lain: Golf, Focus, Mazda3, Leon, A3, 1 series, A class baru, V40. Sedangkan varian jepang lain macem Jazz, Yaris, Swift, itu secara orisinalitas desain bukan pure hatchback, but, you know, Japanese lebih mengutamakan praktikalitas.

Nah jadinya sekarang SX4 masuk yang mana? Juke masuk yang mana? Ya terserah anda sendiri mendefinisinya... Wong desainer mobilnya sendiri udah bingung nentuin kelas mobilnya apa... :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Beda kelas hatchback

Post by Abu2 »

yang penting ane ngikut apa kata Adjay aja dah.... SAH itu... :frm_tumbright:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Beda kelas hatchback

Post by nugroho bagor »

Abu2 wrote:yang penting ane ngikut apa kata Adjay aja dah.... SAH itu... :frm_tumbright:
SAH SAH
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Beda kelas hatchback

Post by c_adhi_k »

AD74YA wrote:Nah kalau mau tau kelas "hatchback", harus tau definisinya dulu.. Dan AFAIK, definisi yang paling bener itu seperti yang dijelaskan di bawah:

Atau lebih gampangnya, semua mobil yang bagian bagasinya mulai dari pilar C (jika coupe) atau pilar D (jika 5 door) berbentuk melengkung dari atas kebawah, dan pintunya membuka keatas (sloping down - open up) merupakan mobil hatchback. Dan kalau pilar D nya kearah tegak lurus, maka namanya Estate..

Tapi... Ada tapinya... Definisi diatas bisa dianggap udah nggak berlaku sekarang... "Hatchback" dan "Estate" yang tadinya merupakan definisi desain buritan dan besar kendaraan udah makin caur dengan lubang-lubang kelas yang terisi dengan berbagai varian baru apalagi crossover..

Hatchback asal mulanya mulai ngtren saat Golf Mk I pertama diluncurkan.. (meskipun yang pertama meluncurkan "hatchback" adalah Renault).. Mulai dari situ, model sedan kompak tanpa bagasi (tetapi kacanya tetap miring) mulai marak.. Ford ikut dengan Capri.. Toyota bikin GT2000 (sedan sport besar tanpa bagasi, tapi mereka menyebutnya hatchback pada zamannya, atau fastback bagi orang amerika)..

Nah... Di mobil modern... Pintu Hatchback makin lama makin tegak... Dengan alasan untuk memperbesar ruang bagasi, jadi lebih praktikal.. Tapi tetap dinamakan pintu hatchback.. ini yang bikin banyak orang bingung.... Seinget ane diawali oleh Jazz GD3 dan Yaris pertama dimana pintu bagasinya nyaris tegak, nggak sloping lagi (CMIIW)... Padahal sebelumnya, sudah ada kelas dibawah hatchback yang mendefinisi mobil-mobil dengan ukuran lebih kecil dari hatchback seperti Polo, atau 205, dengan nama city car.. Makanya saat ini hampir semua mobil sedan small dan medium tanpa bagasi disebut hatchback.. Bahkan ane pernah baca di Autibild Indonesia kalau mobil Smart Fortwo itu disebut hatchback.. Which is o'on.

Kalau tetap bicara ke arah orisinalitas bahasanya, saat ini yang masih sesuai dengan history nya secara desain "hatchback" bisa dihitung jari, IMO, antara lain: Golf, Focus, Mazda3, Leon, A3, 1 series, A class baru, V40. Sedangkan varian jepang lain macem Jazz, Yaris, Swift, itu secara orisinalitas desain bukan pure hatchback, but, you know, Japanese lebih mengutamakan praktikalitas.

Nah jadinya sekarang SX4 masuk yang mana? Juke masuk yang mana? Ya terserah anda sendiri mendefinisinya... Wong desainer mobilnya sendiri udah bingung nentuin kelas mobilnya apa... :upss:
Penjelasannya mantab
trus kalau mpv yang bagaimana om?
kok aerio masuk mpv? :mky_01:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Beda kelas hatchback

Post by AD74YA »

AFAIK, MPV ada yang kelas small/compact MPV..

Bedanya dengan MPV aseli, kalau compact MPV itu merupakan "crossover" antara small passenger cars dengan MPV.. Intinya: secara structural engineering merupakan small passenger car yang dipanjangin.. Jadinya mesinnya selalu di depan (punya bonnet tapi minim), kapasitas mesin sama, dan size mobilnya nggak jauh beda dengan small passenger car (contoh: hatchback). Jadi size nya nggak akan lebih panjang dari 4 meter.

Kalau gak salah, yang mulai desain2 ginian malahan bukan Jepang, tapi Eropa.. Konfigurasi tempat duduknya juga khas: dimulai dari 2+2, 2+3, 3+3, 2+2+3 sampai 2+3+3.. Dan kebanyakan ultra seat.. Dalam artian konfigurasi seat nya sangat fleksibel.. Contoh kasus terbaik: VW Touran.

Oleh karena itu, Aerio bisa saja dikatakan termasuk small MPV.. Karena dia kan sebenernya Baleno yang di ubah jadi MPV...

Nah small MPV nantinya merupakan cikal bakal small SUV seperti Tiguan setelah di crossover dengan SUV.

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Beda kelas hatchback

Post by c_adhi_k »

AD74YA wrote:AFAIK, MPV ada yang kelas small/compact MPV..

Bedanya dengan MPV aseli, kalau compact MPV itu merupakan "crossover" antara small passenger cars dengan MPV.. Intinya: secara structural engineering merupakan small passenger car yang dipanjangin.. Jadinya mesinnya selalu di depan (punya bonnet tapi minim), kapasitas mesin sama, dan size mobilnya nggak jauh beda dengan small passenger car (contoh: hatchback). Jadi size nya nggak akan lebih panjang dari 4 meter.

Kalau gak salah, yang mulai desain2 ginian malahan bukan Jepang, tapi Eropa.. Konfigurasi tempat duduknya juga khas: dimulai dari 2+2, 2+3, 3+3, 2+2+3 sampai 2+3+3.. Dan kebanyakan ultra seat.. Dalam artian konfigurasi seat nya sangat fleksibel.. Contoh kasus terbaik: VW Touran.

Oleh karena itu, Aerio bisa saja dikatakan termasuk small MPV.. Karena dia kan sebenernya Baleno yang di ubah jadi MPV...

Nah small MPV nantinya merupakan cikal bakal small SUV seperti Tiguan setelah di crossover dengan SUV.

CMIIW
nah berarti all new jazz bisa disebut juga small mpv om? :ungg:
wakakakaka ga ada batasan yang jelas
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Beda kelas hatchback

Post by y_anjasrana »

klu dulu batasan hatchback cuma sedan tanpa buntut. tp akhir2 ini yg keluar hatchback duluan baru sedannya. jd terbalik. klu body model hatchback tp ditinggiin mwnya dibilang crossover. nah kalu trus keluar sedannya tp bodynya tetep tinggi, namanya apaan yak.... crossover sedan? halahh... binunnn....

:mky_04: :mky_04: :mky_04:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Beda kelas hatchback

Post by imsus2c »

Dulu seingat saya ada yg nyebutnya Liftback...

Jadi ingat Toyota Corolla Liftback, pernah numpang dulu...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Beda kelas hatchback

Post by AD74YA »

c_adhi_k wrote: nah berarti all new jazz bisa disebut juga small mpv om? :ungg:
wakakakaka ga ada batasan yang jelas
Nah berhubung Jazz/Fit waktu pertama kali rilis (2001) itu pake new platform, dan merupakan batch pertama produksi menggunakan platform itu, secara literal tidak bisa disebut compact MPV, karena compact MPV wajarnya diawali dari hatch dan atau small sedan, lalu di convert ke compact MPV. Tapi seingat ane dulu waktu pertama kali inden Fit CBU, di tulisan surat nya memang tertera kelas MPV.. Dan secara bahasa desain memang Jazz baik GD3 maupun GE8 juga tidak masuk disebut hatchback, karena desain bagasi lurus antara kaca belakang dan pintu bagasi.. Makanya ane bilang, saat sekarang ini udah makin caur kelas2 nya..

Lucunya adalah; definisi kata "crossover" itu adalah perpaduan 2 atau lebih kelas desain. Jadi secara literal, small MPV itu crossover, small SUV itu crossover, ute itu crossover, dll dsb.. Cuman karena orang udah bingung cari istilah marketing, jadinya kelas nanggung antara hatchback dan small SUV atau small MPV disebut crossover..

Yah begitulah.. CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...