Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
white_sportage wrote:
Ada yang tau gak, gimana membedakan oli hitam karena detergent-nya berfungsi dengan baik atau karena olinya tergradasi dengan cepat akibat panas mesin?
Test di lab spt Corelab, bayar 185 rb
Nanti ketahuan level soot-nya & parameter2 lainnya gimana & ada summary nya
Thanks atas infonya Pak Turbo.
Persoalannya saya tinggal di daerah
Kalau secara fisik melalui bau, warna, atau rabaan kira-kira gimana bedainnya ya?
Bagi yang sudah terbiasa sih...terjemahan feeling jari-nya:
1. Kalau ngga licin lagi (sidik jari langsung terasa saat diusap-usap), artinya oli sudah jelek.
2. Kalau terasa kasar, berarti ada serpihan
3. Silakan ditambahkan...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
*parameternya feeling
*bukan sales
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...
saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)
cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?
terima kasih untuk jawabannya...
Pernah coba Total Quartz, tapi yg 10w40 API-SM (kalau ngga salah tipe Quartz 7000),
Dipakai di oddy'03, dapat 7500km diganti
Hasilnya oli-nya sudah encer seperti air dan buihnya banyak macam air bekas cucian
Sayangnya...ngga sempat ambil foto-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
*parameternya feeling
*bukan sales
Oli buntut 5w-30 di pakai di mobil Oddy 03 dengan kilometer 109.000 nguapnya byk ga bro?
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
*parameternya feeling
*bukan sales
Oli buntut 30 di pakai di mobil Oddy 03 dengan kilometer 109.000 nguapnya byk ga bro?
Nano ane juga pernah kalo kompresi mesin masih sehat ga terlalu pengaruh, paling suara mesin jd lebih halus...
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
*parameternya feeling
*bukan sales
Oli buntut 5w-30 di pakai di mobil Oddy 03 dengan kilometer 109.000 nguapnya byk ga bro?
Jangankan di Ody yg 109.000,
Yang dipakai di santi odo 190.000an juga ngga masalah kok...
Padahal itu H-Tegak lawan H-Miring
odo menunjukkan 8500++ KM/6-7 bulan dari ganti oli
cek dipstick, ada pengurangan sedikit tapi masih jauh diatas level minimum, perkiraan saya paling nambah 150-200cc untuk sampai level maksimum
warna oli sudah mulai kehitaman, tapi tarikan mesin masih enak dan cek viskositas pakai jari (dibanding dengan yg masih baru), rasanya masih licin
tapi ga mau ambil resiko, besok rencana mau ganti oli dan masih mau coba Fastron Gold lagi
mudah2an harganya ngga naik
*sekalian nambah info gak penting
kemaren mampir BeRes Hyundai buat beli coolant, ternyata memang benar kalau Hyundai Genuine Motor Oil buatan Idemitsu
Sempat lihat kemasannya, di belakang ada tulisannya Made By PT Idemitsu Indonesia, sayang ngga sempat ambil fotonya
dan adanya hanya 10w40
Entah hoki dapat mobil yang mesinnya bagus atau memang oli-nya hebat
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
mungkin teknologi oli skrg uda canggih2 meneer... ipah ane uda ampir 140 rebu km aja dikasi 5-30, penguapan malah lebi minim ketimbang waktu masi make kepala 1oW... binggung ane malah..
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
Dilihat dari harga-nya, sejauh ini saya rasa paling cocok memang sama Fastron Gold... Entah kedepannya kalau ada yg lebih baik
Yang pernah dicoba sebelum-nya (sejauh masih ingat)
1. Top1
2. Shell Helix
3. Total Quartz
4. Castrol (Magnatec)
5. Motul (synergie dan H-tech)
6. Semua oli kuda laut (Mesran, Prima, Meditran, Fastron) kecuali Fastron Gold
7. Lupa...
Mungkin karma...
Karena dulu saya kalau dengar kata-kata Mesran, Meditran, Prima dan Fastron, bayangannya adalah oli angkot, oli ekonomis/ala kadarnya dan oli SPBU
Setelah pakai Fastron Gold jadi gitu deh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
cabulbugil wrote:BUKAN SARAN JUGA BUKAN LARANGAN SEKEDAR BERBAGI PENGALAMAN BUKAN SALES Resiko tanggung sendiri
Shell HX 7 tanpa aditif 3000 km keatas tarikan berat, sura mesin mulai berisik. Stop and Go Ngelitik.
Shell HX 7 plus aditif L*P****X EA Tarikan jadi lebih enteng, 5000 km msh enak dan hening. stop and Go tetap ngelitik,
entah faktor oli atau deposit karbon yg bikin ngelitik. Yang jelas blm pernah ritual carbon clean.
Dari Cilacap ke Jogja ditengah jalan Filter oli bocor tanpa sepengetahuan, indikator oli kadang kadang nyala, tp ane ga curiga jg ada indikator bgt sampai rumah ( Jogja). Pagi harinya ane coba cek oli di dipstik, ternyata oli berada dibawah garis min dipstik, dengan kondisi oli seadanya mobil ane jalankan ke bengkel untuk ganti oli plus filter yang bocor, sekalian tes kompresi, entah lg beruntung atau kebenaran aja.... . hasilnya kompresi msh normal. padahal oli udah ga sampe 1 litr dimesin. Atau L*P***X EA memang membawa bukti sesuai rekor MURI mobil cuma diisi aditif tanpa oli bisa berjalan selama 8 jam tanpa masalah.
Sekali lg ane bukan sales hanya berbagi.
Resiko ditanggung penumpang.
Sudah coba (sekarang juga lagi dipakai) additif Luppromax
1. Coba di oddy'03/ra (odo 109.000an), dipakai ketika ganti oli baru (fastron 5w30), rasanya memang NVH mesin membaik, tarikan beda dikit, FC belum dicek
2. Coba di santi'01/manual (odo 193.000an), dipakai 5000km sesudah ganti oli (fastron 5w30, mau dipakai 10.000km), NVH mesin jauuuuh membaik, tarikan beda banyak, FC belum dicek
Dibanding saat pernah coba additif nano, rasanya lebih baik/efektif luppromax
DOHC wrote:mungkin teknologi oli skrg uda canggih2 meneer... ipah ane uda ampir 140 rebu km aja dikasi 5-30, penguapan malah lebi minim ketimbang waktu masi make kepala 1oW... binggung ane malah..
Wahhh jadi pengen pakai buntut 30 kalo ceritanya emang di kilometer segitu ga terlalu nguap, pengennya sih mau nyoba shell helix ultra extra 5w-30 tp sayang di jogja ga ada dan ga ketemu yang jual, alternatif fastron boleh juga kalo emang ga ada deh...
cabulbugil wrote:
miring bgt bro sampe mau roboh saking miringnya mending premium oplos ron 95 aja jelas ga ada efek samping
jah tapi ini di forum oli, gpp deh bentar
yang ane bingung kalau oplos apakah bensin tercampur sempurna didalam?
nah kalau pencampuran tidak sempurna bagaimana?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
saya mau tanya lagi untuk pemilihan oli...
jadi setelah baca2 diskusi tentang oli, dan setelah ngecek ketersediaan barang yang ada...
saya memutuskan untuk memilih satu dari dua oli ini :
- total quartz 9000 5w-40 SM
- mobil1 5w-50 (kata penjualnya udah API SN)
cuma saya mau tanya dari segi kepantasan aja...
banyak yang bilang tentunya pilih mobil1 soalnya udah SN, tapi 5w-50 itu apakah masih tepat sasaran untuk mobil yaris 2011 ?
terima kasih untuk jawabannya...
buntut 50 ga kekentalan ya buat mesin mobil2 baru??
sepertinya lebih cocok untuk daerah gurun gitu deh CMIIW
nunggu jawaban dari om turbo aja deh
Yang kadang jarang diketahui, Pertamina/Fastron juga bikin oli dengan rentang viskositas yg cukup ekstrim, 0w50
Padahal tipe ini sudah keluar lama, dibanding yang fastron gold FASTRON 0W50
FASTRON FULL SYNTHETIC 0W-50
Inilah pelumas yang menggunakan bahan murni full synthetic Polyalphaolefin atau biasa disebut PAO
Turboman wrote:
richard t wrote:
Salam kenal, saya niubie. Mau tanya Om Turboman :
1. dengar punya baca ada olie dgn POA , juga POE, kira2 perbedaannya dimana ya & kegunaannya ya Om.
2. Baca2 dibelakang dari kemasan motul h-tec buatan asia tenggara, kalau motul 6100 masih asli nya, menurut baik nya yg mana Om ?
Terima kasih.
1. PAO itu Poly Alfa Olefin aka feedstock Group IV, kalo oli Full Synthetic yg benar2 bagus itu kandungan PAO nya besar or bahkan 100%. Banyak oli Full Synth biasanya isinya mix antara PAO + Hydrocracked group III
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
cabulbugil wrote:
miring bgt bro sampe mau roboh saking miringnya mending premium oplos ron 95 aja jelas ga ada efek samping
jah tapi ini di forum oli, gpp deh bentar
yang ane bingung kalau oplos apakah bensin tercampur sempurna didalam?
nah kalau pencampuran tidak sempurna bagaimana?
Banyak kok sudah cerita yang ngebahas premium campur ron 95.
intinya sangat dianjurkan malah daripada premium murni.
dengan catatan masih dalam satu merk, misal premium campur pertamax plus, karena masih satu sumber dan pertamax plus msh sama sumbernya dengan premium, cuma bahan penambah oktan aja yang beda, plus detergen dan anti korosi, lengkapnya browser aja deh di google bro...
cabulbugil wrote:
miring bgt bro sampe mau roboh saking miringnya mending premium oplos ron 95 aja jelas ga ada efek samping
jah tapi ini di forum oli, gpp deh bentar
yang ane bingung kalau oplos apakah bensin tercampur sempurna didalam?
nah kalau pencampuran tidak sempurna bagaimana?
Banyak kok sudah cerita yang ngebahas premium campur ron 95.
intinya sangat dianjurkan malah daripada premium murni.
dengan catatan masih dalam satu merk, misal premium campur pertamax plus, karena masih satu sumber dan pertamax plus msh sama sumbernya dengan premium, cuma bahan penambah oktan aja yang beda, plus detergen dan anti korosi, lengkapnya browser aja deh di google bro...
iya ane juga campur, cuman ane kadang2 ngerasa bensin ga tercampur sempurna
gimana tuh? ga masalahkan?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
bro mo tanya, Fastron Gold untuk pake di ipah diesel, boleh ga ya... pengen ganti oli produksi dalam negeri aja. karena ada yg bilang di forum sebelah itu untuk mesin bensin...
zabdoel wrote:bro mo tanya, Fastron Gold untuk pake di ipah diesel, boleh ga ya... pengen ganti oli produksi dalam negeri aja. karena ada yg bilang di forum sebelah itu untuk mesin bensin...
Pakai Motul CRDi aja gan atau kalo Ъķ lgs ke Mobil 1 Delvac. Nurut bro Turboman aja gan, min Acea B4, syukur2 ada Api CI-4 juga.
zabdoel wrote:bro mo tanya, Fastron Gold untuk pake di ipah diesel, boleh ga ya... pengen ganti oli produksi dalam negeri aja. karena ada yg bilang di forum sebelah itu untuk mesin bensin...
Pakai Motul CRDi aja gan atau kalo Ъķ lgs ke Mobil 1 Delvac. Nurut bro Turboman aja gan, min Acea B4, syukur2 ada Api CI-4 juga.
Ya bro, belum jg coba SHU nya om juanaxel udah ganti ke Motul CRDi. Hehe hehe.... Ntar pengen ganti ke Motul... Bro Juan pindah ke lain hati lg. Coba apalagi Ntar nih. Q8 susah ya cari di sby.
Űϑάĥ gak coba2 lagi bro, pilihannya sekarang tgl Motul CRDi 5w-40 105rb/liter atau Mobil1 Delvac 5w-40 150rb/liter.
Kalo bro zabdoel mau coba2 ada tambahan FK Pulse GT+ 10-40 api CJ-4 harga 85rb/liter (100% diesel synthetik oil) mau minta msdsnya di distro koq rada malas ya. Hahaha
Om Turbo... SAE suatu oli hanya patokan tingkat kekentalan oli itu sendiri, kalo untuk mengetahui mutu aditif dari suatu oli gmn caranya Om Turbo ? Misal saat kita baca MSDS merk oli tertentu, apa yang bisa kita ambil patokan dan kesimpulan bahwa oli ini punya kwalitas aditif yang baik? Matur Tengkyu om Turbo.
Sekedar sharing...
Ganti oli pake fastron techno 10w-40 sblumny pake tgmo..odo 33.000....dipake k luar kota trans kalimantan...hasilny puas!!!!! gmn klo fastron gold y....recomend ga buat ipah yg sering muat 7 penumpang d jalur kalimantan yg kondisi jlanny tau sendirikan....mohon bantuanny y...
Gan maap nubie numpang tanya ya ..
Besok si ANJ baru mau ganti oli mesin untuk pertama kali, selama ini rute yang dilewati cuma jalan raya yang kadang macet, kadang enggak, nah ane bingung oli mesin yang mau dipake yang 10w-40 ato 10w-30 sama merknya tu yang bagus apa ?
Ane disaranin pake shell helix HX-7 katanya performanya bagus, tarikannya enteng, n smooth. gimana menurut agan2?