Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Apr 28, 2006 10:29
- Location: Padang
Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an
Tentang Eterna Gti tahun 90-an, bagaimana dengan harga, perawatan, tipe dan suku cadangnya? Tq all
Signature
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Hi coba bantu dulu sedikit. Yang pasti kalo tahun 90 dan 91 itu beda dikit harga bekasnya (yg gw liat di bursa2 itu sekitar 32jt - 42jtan, tergantung kondisinya. Kalo kondisi kurang bagus ada yg lepas 27.5 jt). Kebanyakan warna yg laku adalah putih.
Untuk tahun 92 - 93 ada perbedaan di lampu belakangnya, kemudian jok depan sudah elektrik dan ada warna silver metalic. Secara keseluruhan, terutama mesin masih sama. Harga beda dikit dgn 91, dipasaran sekitar 45jt.
Perawatan, kalau dari tangan pertama rajin ngerawat (seperti gw neh hehehe
) pasti kondisinya bagus dan sehat sehingga perawatan yg lainnya menjadi lebih murah. Perawatan mobil2 yg tergolong tua pasti sama, ngga akan beda dgn mobil keluaran lainnya. Harus ada perhatian ekstra terhadap mesin (misal kasar, boros dan mudah overheat), kaki2 (misal lari cepet ngga stabil, lewat jalan rusak berisik dan muncul bunyi2an) dan body2nya (misal karatan atau udah ngga mulus lagi). Itu semua penyakit umum mobil2 bekas dan yg berumur... sudah pasti. Jadi siapin aja dana lebih untuk perawatannya.
Suku cadang Mitsu Eterna GTi setau gw emang lebih mahal, karena dijamannya teknologi dia paling canggih jadi otomatis hrg parts juga lebih mahal. Bisa cek di bengkel2 Mitsubishi untuk parts ttt. Sorry gw ngga begitu hafal harganya ... Mungkin yg hafal bisa tolong posting di sini. Thanks before !
Tp gw simpulkan, kalo loe dapet yg mulus dan kondisi oke. Berarti loe sangat2 beruntung ! Harga terjangkau, dapet mobil sedan dgn body kuat, mesin powerfull (145.5 HP) dan legendaris dgn kode mesin 4G63, dan interior luas. Hey ! Yg pasti gw pake Eterna GTi DOHC 91 lawan Altis, New Civic ato Cielo juga gw ladenin deh, kalo yg laen dibawah itu sebangsa Jazz, Yaris, Swift, City, Vios dll udah pasti lewat ... Tua2 Keladi niehhh ...
Untuk tahun 92 - 93 ada perbedaan di lampu belakangnya, kemudian jok depan sudah elektrik dan ada warna silver metalic. Secara keseluruhan, terutama mesin masih sama. Harga beda dikit dgn 91, dipasaran sekitar 45jt.
Perawatan, kalau dari tangan pertama rajin ngerawat (seperti gw neh hehehe

Suku cadang Mitsu Eterna GTi setau gw emang lebih mahal, karena dijamannya teknologi dia paling canggih jadi otomatis hrg parts juga lebih mahal. Bisa cek di bengkel2 Mitsubishi untuk parts ttt. Sorry gw ngga begitu hafal harganya ... Mungkin yg hafal bisa tolong posting di sini. Thanks before !

Tp gw simpulkan, kalo loe dapet yg mulus dan kondisi oke. Berarti loe sangat2 beruntung ! Harga terjangkau, dapet mobil sedan dgn body kuat, mesin powerfull (145.5 HP) dan legendaris dgn kode mesin 4G63, dan interior luas. Hey ! Yg pasti gw pake Eterna GTi DOHC 91 lawan Altis, New Civic ato Cielo juga gw ladenin deh, kalo yg laen dibawah itu sebangsa Jazz, Yaris, Swift, City, Vios dll udah pasti lewat ... Tua2 Keladi niehhh ...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
kalo gitu dilawan in ama impreza WRX aja bro digi, pasti lebih seru, hehehe buat Eterna lawas hati hati adjuster klepnya, kalo udah longgar musti diganti tuh... berisik suaranya...harganya cukup mahal lhoDigitALL wrote:Hi coba bantu dulu sedikit. Yang pasti kalo tahun 90 dan 91 itu beda dikit harga bekasnya (yg gw liat di bursa2 itu sekitar 32jt - 42jtan, tergantung kondisinya. Kalo kondisi kurang bagus ada yg lepas 27.5 jt). Kebanyakan warna yg laku adalah putih.
Untuk tahun 92 - 93 ada perbedaan di lampu belakangnya, kemudian jok depan sudah elektrik dan ada warna silver metalic. Secara keseluruhan, terutama mesin masih sama. Harga beda dikit dgn 91, dipasaran sekitar 45jt.
Perawatan, kalau dari tangan pertama rajin ngerawat (seperti gw neh hehehe) pasti kondisinya bagus dan sehat sehingga perawatan yg lainnya menjadi lebih murah. Perawatan mobil2 yg tergolong tua pasti sama, ngga akan beda dgn mobil keluaran lainnya. Harus ada perhatian ekstra terhadap mesin (misal kasar, boros dan mudah overheat), kaki2 (misal lari cepet ngga stabil, lewat jalan rusak berisik dan muncul bunyi2an) dan body2nya (misal karatan atau udah ngga mulus lagi). Itu semua penyakit umum mobil2 bekas dan yg berumur... sudah pasti. Jadi siapin aja dana lebih untuk perawatannya.
Suku cadang Mitsu Eterna GTi setau gw emang lebih mahal, karena dijamannya teknologi dia paling canggih jadi otomatis hrg parts juga lebih mahal. Bisa cek di bengkel2 Mitsubishi untuk parts ttt. Sorry gw ngga begitu hafal harganya ... Mungkin yg hafal bisa tolong posting di sini. Thanks before !
Tp gw simpulkan, kalo loe dapet yg mulus dan kondisi oke. Berarti loe sangat2 beruntung ! Harga terjangkau, dapet mobil sedan dgn body kuat, mesin powerfull (145.5 HP) dan legendaris dgn kode mesin 4G63, dan interior luas. Hey ! Yg pasti gw pake Eterna GTi DOHC 91 lawan Altis, New Civic ato Cielo juga gw ladenin deh, kalo yg laen dibawah itu sebangsa Jazz, Yaris, Swift, City, Vios dll udah pasti lewat ... Tua2 Keladi niehhh ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Nyali sih emang harus punya tapi kalo mobilnya udah ngga dukung atau ngga imbang dgn nyali kita kan percuma aja, jadi hasratnya tidak tersalurkan secara maksimal.ruthndul wrote:plus nyali + polis bbrp biji....Hey ! Yg pasti gw pake Eterna GTi DOHC 91 lawan Altis, New Civic ato Cielo juga gw ladenin deh, kalo yg laen dibawah itu sebangsa Jazz, Yaris, Swift, City, Vios dll udah pasti lewat ... Tua2 Keladi niehhh ...
:-)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Waduh ... ngga salah nih mister ?! Kalo mau lawan Impreza WRX, minimal juga pake Lancer Evo III ato IV.piterr wrote:kalo gitu dilawan in ama impreza WRX aja bro digi, pasti lebih seru, hehehe buat Eterna lawas hati hati adjuster klepnya, kalo udah longgar musti diganti tuh... berisik suaranya...harganya cukup mahal lhoDigitALL wrote:Hi coba bantu dulu sedikit. Yang pasti kalo tahun 90 dan 91 itu beda dikit harga bekasnya (yg gw liat di bursa2 itu sekitar 32jt - 42jtan, tergantung kondisinya. Kalo kondisi kurang bagus ada yg lepas 27.5 jt). Kebanyakan warna yg laku adalah putih.
Untuk tahun 92 - 93 ada perbedaan di lampu belakangnya, kemudian jok depan sudah elektrik dan ada warna silver metalic. Secara keseluruhan, terutama mesin masih sama. Harga beda dikit dgn 91, dipasaran sekitar 45jt.
Perawatan, kalau dari tangan pertama rajin ngerawat (seperti gw neh hehehe) pasti kondisinya bagus dan sehat sehingga perawatan yg lainnya menjadi lebih murah. Perawatan mobil2 yg tergolong tua pasti sama, ngga akan beda dgn mobil keluaran lainnya. Harus ada perhatian ekstra terhadap mesin (misal kasar, boros dan mudah overheat), kaki2 (misal lari cepet ngga stabil, lewat jalan rusak berisik dan muncul bunyi2an) dan body2nya (misal karatan atau udah ngga mulus lagi). Itu semua penyakit umum mobil2 bekas dan yg berumur... sudah pasti. Jadi siapin aja dana lebih untuk perawatannya.
Suku cadang Mitsu Eterna GTi setau gw emang lebih mahal, karena dijamannya teknologi dia paling canggih jadi otomatis hrg parts juga lebih mahal. Bisa cek di bengkel2 Mitsubishi untuk parts ttt. Sorry gw ngga begitu hafal harganya ... Mungkin yg hafal bisa tolong posting di sini. Thanks before !
Tp gw simpulkan, kalo loe dapet yg mulus dan kondisi oke. Berarti loe sangat2 beruntung ! Harga terjangkau, dapet mobil sedan dgn body kuat, mesin powerfull (145.5 HP) dan legendaris dgn kode mesin 4G63, dan interior luas. Hey ! Yg pasti gw pake Eterna GTi DOHC 91 lawan Altis, New Civic ato Cielo juga gw ladenin deh, kalo yg laen dibawah itu sebangsa Jazz, Yaris, Swift, City, Vios dll udah pasti lewat ... Tua2 Keladi niehhh ...

Thanks buat sarannya ...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Hahaha betul betul ... kalo nenek2 yg bawa oke lah ...ahbeng wrote:gile eterna lawan WRX, berat kk kecuali yang bawa wrx nenek2 yang sehari2nya bawa vw kodok![]()
(wa juga ada eterna putih taon 92 neh hehehe) masih kuenceng rek! tapi transmisi uda rada bodong krn bokap gue orgnya "yang penting jalan" :S

Wah si ahbeng ternyata punya Eterna putih juga, sama donk kaya gw punya. Maksudnya transmisi rada bodong kaya gimana ya ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Doeloe, pas jaman awal 90-an gw pernah pake Eterna GTI 1991 warna ijo.
Kalo balapan di Jagorawi, gak ada yg bisa ngejarr!
cuman MX-6 yg bisa nempel gw...Accord Maestro sih kelautt aja....
Mesin Eterna gw waktu itu umumnya standar, cuman ganti saringan udara model open punyanya KN&N, sama knalpot Freeflow....(bikin sendiri di tukang knalpot Pings-Jal)
Plus stir Racing Benetton 3 Warna (jaman doeloe itu keren banged deh)
Kalo balapan di Jagorawi, gak ada yg bisa ngejarr!
cuman MX-6 yg bisa nempel gw...Accord Maestro sih kelautt aja....
Mesin Eterna gw waktu itu umumnya standar, cuman ganti saringan udara model open punyanya KN&N, sama knalpot Freeflow....(bikin sendiri di tukang knalpot Pings-Jal)
Plus stir Racing Benetton 3 Warna (jaman doeloe itu keren banged deh)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Emang untuk ukuran mobil tahun 91 - 93 Eterna GTi dan juga mobil2 lain sudah jarang yang mulus. Kalopun ada, biasanya itu mobil simpanan atau jarang dipake. Salah satu contohnya ada Eterna GTi 91 gw, dulu my dad beli tapi jarang bgt dipake (bisa dibilang barang simpanan), bahkan sampe sekarang KM baru 71,000km (gile deh) !dado wrote:klo setau gw sih eterna yg dijual sekarang2 udah jarang yg mulus trus kebanyakan ECU-nya bermasalah.

Masalah ECU yg gw denger emang ada yg bermasalah. Penyebabnya yaitu mesin yg dicuci atau kena air. Kalo ganti ECU nya itu sekitar 3 jutaan (CMIIW).

And kalau U dapet yg mulus, kondisi prima, KM rendah seperti gw berarti U bener2 HOKI ! Sama spt gw ...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
DigitALL wrote:Emang untuk ukuran mobil tahun 91 - 93 Eterna GTi dan juga mobil2 lain sudah jarang yang mulus. Kalopun ada, biasanya itu mobil simpanan atau jarang dipake. Salah satu contohnya ada Eterna GTi 91 gw, dulu my dad beli tapi jarang bgt dipake (bisa dibilang barang simpanan), bahkan sampe sekarang KM baru 71,000km (gile deh) !dado wrote:klo setau gw sih eterna yg dijual sekarang2 udah jarang yg mulus trus kebanyakan ECU-nya bermasalah.Soalnya waktu gw terima KM masih rendah sekali (spt baru) !
Masalah ECU yg gw denger emang ada yg bermasalah. Penyebabnya yaitu mesin yg dicuci atau kena air. Kalo ganti ECU nya itu sekitar 3 jutaan (CMIIW).![]()
And kalau U dapet yg mulus, kondisi prima, KM rendah seperti gw berarti U bener2 HOKI ! Sama spt gw ...
Bos jelas u yang paling hoki, udah dapat boil mulus, gratis lagi hehehe....

Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Dulu emang Eterna GTi raja jalananMike wrote:Doeloe, pas jaman awal 90-an gw pernah pake Eterna GTI 1991 warna ijo.
Kalo balapan di Jagorawi, gak ada yg bisa ngejarr!
cuman MX-6 yg bisa nempel gw...Accord Maestro sih kelautt aja....
Mesin Eterna gw waktu itu umumnya standar, cuman ganti saringan udara model open punyanya KN&N, sama knalpot Freeflow....(bikin sendiri di tukang knalpot Pings-Jal)
Plus stir Racing Benetton 3 Warna (jaman doeloe itu keren banged deh)


Setau gw, performa Accord Maestro sama Corolla All New juga kalah jauh. Temen gw ada yg punya keduanya dan saat gw coba ajak lari di tol padalarang, Maestro ketinggalan jauh padahal udah dibejek abis.
Saringan udara yg gw pake skrg juga K&N tapi buka yg open air. Knalpot juga udah freeflow dan emang gandeng banget kalo dibesut2.
Oiya, steer Benetton 3 warna itu masih made in Italy buatan MOMO loh

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Hehehe ... abis gw mau bayar, my dad bilang ngga usah. Hehehe ... no no just kidding koq.Herry wrote:DigitALL wrote:Emang untuk ukuran mobil tahun 91 - 93 Eterna GTi dan juga mobil2 lain sudah jarang yang mulus. Kalopun ada, biasanya itu mobil simpanan atau jarang dipake. Salah satu contohnya ada Eterna GTi 91 gw, dulu my dad beli tapi jarang bgt dipake (bisa dibilang barang simpanan), bahkan sampe sekarang KM baru 71,000km (gile deh) !dado wrote:klo setau gw sih eterna yg dijual sekarang2 udah jarang yg mulus trus kebanyakan ECU-nya bermasalah.Soalnya waktu gw terima KM masih rendah sekali (spt baru) !
Masalah ECU yg gw denger emang ada yg bermasalah. Penyebabnya yaitu mesin yg dicuci atau kena air. Kalo ganti ECU nya itu sekitar 3 jutaan (CMIIW).![]()
And kalau U dapet yg mulus, kondisi prima, KM rendah seperti gw berarti U bener2 HOKI ! Sama spt gw ...
Bos jelas u yang paling hoki, udah dapat boil mulus, gratis lagi hehehe....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun May 21, 2006 22:37
- Location: Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yup, bentuknya pas banget dgn grip tangan. Racing style !Mike wrote:Yoi...doeloe gw pake yg asli punya, Tulisannya "Momo by Benetton"DigitALL wrote: ............
Oiya, steer Benetton 3 warna itu masih made in Italy buatan MOMO lohDibalik steernya ada tulisan MOMO Made in Italy. Dulu keren abis nih steer !
kalo dipegang manteb banged


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Oh ic icahbeng wrote:transmisinya kalo di gigi 5 harus di tahan krn klo nga dia balik ke netral, jadi ngebut tangan 1 harus di gearDigitALL wrote: Maksudnya transmisi rada bodong kaya gimana ya ?bokap wa ga mau betulin pula (yg kasian sih supir krn dia yg nyetirin mobilnya
)


Yah paling jangan ngebut2 ... , anyway kalo dalam kota paling juga sampai gear 4, jarang sampai gear 5 kecuali lagi lari di tol.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yup, mobil legendaris karena mesin dengan kode 4G63 -nyadenni wrote:eterna ? hhmmm....memang mobil legendaris ya
sampe dibuat untuk spek rally sampai mobil buat harian juga
kayanya mantap ya tuh larinya

Dulunya emang pernah dipake pada lomba rally WRC, kemudian diganti dgn Lancer Evolution Generasi III. Eterna spek rally mesinnya ber-Turbo dan AWD (All Wheel Drive).
Dijamannya, Eterna is the Best. Apalagi peformanya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun May 21, 2006 22:37
- Location: Bandung
gw pernah coba eterna punya sdr gw, gila juga ya larinya
suspensi memang agak keras dibanding honda, sengaja mungkin, supaya tetap stabil dalam kecepatan tinggi
terus untuk power teering kayanya honda is the best untuk technology tahun yg sama deh
oh iya gw juga lihat di bengkel ditech waktu kuras matic, banyak juga eterna dan mitsubishi lainnya lagi diservice disana
ada yang lagi "cuci" injector, kata pelanggan mobil yg lagi diservice katanya bagus bisa bikin injector kita sehat lagi, tapi berhubung waktu gw ga cukup, mungkin next time gw balik lagi, rekan disini ada yang udah coba "cuci" injector blm ? apa betul bisa bikin mobil kita optimal lagi pembakarannya ?
gw banyak tanya disana soalnya banyak "tools" aneh dan baru bagi gw, biasanya gw ke bengkel resmi, jadi kagak tau proses saat pengerjaannya
suspensi memang agak keras dibanding honda, sengaja mungkin, supaya tetap stabil dalam kecepatan tinggi
terus untuk power teering kayanya honda is the best untuk technology tahun yg sama deh
oh iya gw juga lihat di bengkel ditech waktu kuras matic, banyak juga eterna dan mitsubishi lainnya lagi diservice disana
ada yang lagi "cuci" injector, kata pelanggan mobil yg lagi diservice katanya bagus bisa bikin injector kita sehat lagi, tapi berhubung waktu gw ga cukup, mungkin next time gw balik lagi, rekan disini ada yang udah coba "cuci" injector blm ? apa betul bisa bikin mobil kita optimal lagi pembakarannya ?
gw banyak tanya disana soalnya banyak "tools" aneh dan baru bagi gw, biasanya gw ke bengkel resmi, jadi kagak tau proses saat pengerjaannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Oh iya utang gw dari dulu nih belum lunas2 hehehe ... sekarang ditagih lagi sama handling. Nanti deh gw foto dari deket, soalnya belom sempet kemaren ini.handling wrote:pak digi, upload dong speedometernya eterna yang unik keren itu, gua paling demen bentuk, desain angka speedometer , jarum speedometer eterna. Kesannya gagah perkasa banget.....c.kc.kc.ck.kck.c.... pake lampu hijau aja....
Banyak temen gw juga yang liat "WOW speedometernya gede2 amet, angkanya jelas !" Sampe kaget gitu ...

Ntar gw foto pake lampu hijau and orange ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Kalo suspensi standar bawaan pabrik sih empuk, mirip2 dengan Honda. Lebih ke sporty biar stabil. Kalo gw udah diganti dgn aftermarket semuanya, jadi otomatis lebih keras lagi. Shock pake BILSTEIN dan per pake SPARCO. Kerasa banget waktu ditikungan lari kenceng mobil masih stabil dan ngga ngebuang.suspensi memang agak keras dibanding honda, sengaja mungkin, supaya tetap stabil dalam kecepatan tinggi
Gw belom coba, tp kata temen gw bisa mengoptimalkan pembakaran karena semburan dari injector lebih lancar setelah dicuci.rekan disini ada yang udah coba "cuci" injector blm ? apa betul bisa bikin mobil kita optimal lagi pembakarannya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca