Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Update :
Harga filter2 All New Santa Pi CRDi :

Air filter = Rp. 133 rb.

Filter solar = Rp. 370 rb.

Itu harga di BeRes yg sudah include PPN, kalo beli di luar bisa lebih murah

Cuman filter olinya mahal yah, Rp. 182 ribu, tapi filter oli tinggal cari substitusinya aja ke Hyundai type lain atau filter Bosch misalnya, siapa tahu lebih murah

Btw dgn harga air filter dan filter solar spt itu harusnya ini awal yg baik, harga filter solarnya jauh lebih murah drpd filter solar Captiva FL VCDi.

*Bukan seles H miring*
* Bukan ajakan Beli *
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

congratz bro siji utk pinangan all new santi nya, dan thanks utk para master disini khususnya om Turboman yg ngasi ilmu2 mantap.

saya mau share ttg new santi ini, benar2 tidak mengecewakan buat saya, 3 hari ini saya coba test jalan jakarta ke puncak, dan kesannya thd performa mesin ini adalah gilaaa tenaganya bener2 mantap, saat tanjakan dimana perlu stop and go new santi yg saya isi dgn 3 org dewasa dan 2 org anak2 plus brg2 bawaan rasanya tanjakan2 tsb gak ada artinya, enteng banget, pernah 1 kali saya pernah underestimate saat stop dan mau jalan injek gas nya agak dalem, roda depan malah agak spin, saat tanjakan injek gas nya enteng bgt (isi shell) yg penting puas bgt sama mobil ini.

test ke 2 saat jkt-bandung, sepanjang jalan sejak tol dalam kota di geber terus sampe cikampek (saat digeber bunyi mesin dieselnya empuk bgt kedengerannya kalo dari dlm, hehe), enak sekali tarikannya menuju 160 km/h bisa dgn cepat, hanya sayang bekasi cikampek rada padat, saat masuk cipularang dimana arah bandung yg bnyk tanjakan panjang, busyet mobil ini nafasnya gak abis2, hampir gak ada ngeden nya sama sekali, enteeeennng banget, sayang driving skill saya pas2an, kalo mobil ini ditangan org yg driving skill nya oke, dijamin akan kesenengan injek gas nya, cocok sekali buat para pengemudi yg agresif, santa fe akan melayani mental anda, asal berani injek aja gas nya, dan 1 lagi yg oke bgt, yaitu rem nya, saat di tol perlu rem mendadak gitu, spontan lgsg bisa meredam kecepatan mobil.

saya sekeluarga gak nyesel beli ini, mengenai usul om Turbo, boleh di absen siapa aja yg kira2 berminat utk bikin thread new santi ini, mengingat dijalanan aja seumur2 baru 1 kali ketemu kembarannya.

o ya 1 hal lg, saat kecepatan tinggi terasa ada bau dari luar masuk ke kabin, blm tau penyebabnya apa, ada yg mengalami atau bisa kasi solusi?


thanks all

o ya lupa, menurut buku petunjuk gak bole isi biodiesel, dan konsumsi di mid rata2 9.2l/100 km, tp kalo menurut hitungan full to full, rata2 1:10.5
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

leiv wrote: o ya 1 hal lg, saat kecepatan tinggi terasa ada bau dari luar masuk ke kabin, blm tau penyebabnya apa, ada yg mengalami atau bisa kasi solusi?
thanks all
wah kok gitu yah

Coba di panel AC mode Recirc dipindah ke Vent & pindah lagi ke Recirc, kalo masih ada bau masuk ya cek pintu ventilasi udara.

Cek juga karet2 seal di Moonroof, tapi mobil baru harusnya pasti rapat.

Coba cek kisi2 ventilasi yg di sisi kanan - kiri belakang mobil bagian bawah (tertutup sisi bumper belakang), biasanya mobil dgn pintu belakang yg besar ada kisi2 ini gunanya sebagai "katup" pelepas tekanan saat pintu belakang ditutup. Kisi2 tsb terbuat dari karet, coba di cek.

Mengenai BBM :
Ya tertulis kandungan BioDiesel max 7%, sedangkan Biosolar kita konon skg BD nya 7,5%

So kalao mau pake Biosolar sebaiknya ratio nya dgn Solar butik dibuat 50:50 + sedikit racun

kalau keluar kota ya sesekali diisi Biosolar di luar kota si gak pa pa, tapi kalau ada DEX jerigen ya sebisa mungkin dicampur dgn DEX jerigen.
* Bukan ajakan Beli *
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

Turboman wrote:
leiv wrote: o ya 1 hal lg, saat kecepatan tinggi terasa ada bau dari luar masuk ke kabin, blm tau penyebabnya apa, ada yg mengalami atau bisa kasi solusi?
thanks all
wah kok gitu yah

Coba di panel AC mode Recirc dipindah ke Vent & pindah lagi ke Recirc, kalo masih ada bau masuk ya cek pintu ventilasi udara.

Cek juga karet2 seal di Moonroof, tapi mobil baru harusnya pasti rapat.

Coba cek kisi2 ventilasi yg di sisi kanan - kiri belakang mobil bagian bawah (tertutup sisi bumper belakang), biasanya mobil dgn pintu belakang yg besar ada kisi2 ini gunanya sebagai "katup" pelepas tekanan saat pintu belakang ditutup. Kisi2 tsb terbuat dari karet, coba di cek.
ok om Turbo, nanti coba saya bawa ke beres utk di cek, mengenai tombol mode recircle ke vent udah di pencet2, tp gak ada perubahan, saya udah jalan 3600 km nih om, apa perlu diganti oli bawaanya? kalo skrg lgsg ganti ke hell Helix Ultra AB 5W30, trus pas 10.000 km baru ganti oli di beres,gmn?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

leiv wrote: udah jalan 3600 km nih om, apa perlu diganti oli bawaanya? kalo skrg lgsg ganti ke hell Helix Ultra AB 5W30, trus pas 10.000 km baru ganti oli di beres,gmn?
Boleh aja ganti ke SHU AB 5W30

buat harga bersahabat bisa beli di Graha sakti DTMF - sebelah BCA

*bukan seles toko oli*
* Bukan ajakan Beli *
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

thanks om Turbo
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Abu2 »

leiv wrote: o ya 1 hal lg, saat kecepatan tinggi terasa ada bau dari luar masuk ke kabin, blm tau penyebabnya apa, ada yg mengalami atau bisa kasi solusi?
thanks all
bbrp mobil baru (mileage masih dikit) yang ane coba, pada Rpm tinggi (kecepatan tinggi), suka tercium bau aneh, kayak bau sawo busuk atau bau walang sangit (kalo dibilang bau oli terbakar, ndak juga). temasuk mobil ane...
aroma tersebut terindikasi berasal dari AC...

tetapi setelah sering geber2 rpm tinggi, hilang dengan sendirinya.
ndak tau juga kenapa..
numero siji
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 09, 2009 5:06

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by numero siji »

share boil baru yaaa,

mungkin baiknya disini aja ya forum santapenya karena kl buka thread baru juga penggunanya masih sedikit yang ada malah makin sepi hehhehehe. :mky_06:
boil santape telah datang digarasi rumah gw heheh :mky_02:

kesan dan pesannya banyak uda dibahas dihalaman depan
disini saya mau menambahkan berdasarkan beberapa lama saya pake santape.

kelebihan menurut saya :
1. ada fitur spion yg terlipat otomatis saat terkunci. mantap banget fiturnya hehhehehe jd dari kejauhan kita sudah tau bila kita lupa mengunci mobil kita :big_smoking:

2. interior saya pikir bagus uda kulit, dashboard juga dilapis lagi, panoramik, kursi stir dah elek, bangku belakang bs rebahan saat menjadi bigbozz. kulitnya lebih bagus dari kesan awal saya dulu liat dipameran ngga tau napa. sampai charger di bangku tengah juga kebagian lho buat charge laptop pak bozz. (ini menurut pribadi walau ada yg bilang ngga usah ditulis) :mky_01:

3. torsi kuat sekali menurut saya (tp tetap harus diatas 2k rpm kl dibawah itu biasa ajah sama aja ama tokinov diesel std)

4. speed cepat sekali masuk ke 160km / jam wkkwkwkkwkwk kl diatas itu ndak bahas krn useless dan brp org mau speed diatas 160? anyway saya juga ngga mau test seberapa kenceng boil ini intinya uda memenuhi hasrat mengemudi saya then enough

5. model jelas plg fresh dan bagus uda sering dapat pujian dech (yg jelas uda banyak yg blg bagus termasuk diforum ini maupun teman2)

kekurangan :
1. untuk downhill feature memang dihilangin tapi kok saya blum tau gmn dan untuk apa fungsinya karena blum pernah rasain punya boil ada downhillnya
nb: saat turunan gw taro dimanual uda nahan juga lho pdhl dulu saya cukup kecewa waktu denger ini hilang. tp setelah nyoba sendiri kok jd ngga terlalu pikirkan efek hilangnya downhill :mky_04:

2. santape saya ngga bs parkir paralel alias didorong. shift lock ngga berfungsi kata salesnya emg ga bs didorong. wkkwkwkwkkwkw hebat mobil dijakarta yg parkir rapet (dpt aja uda hoki) ditambah ga bs paralel :big_slap:

3. kesalahan fatal hyundai indo nih (hyundainya ngga sadar banyak fitur yg seharusnya pass buat pengemudi kiri)
hahahhahahhaha pantas om adjay bilang susah bgt mencapainya (bukti om adjay kl komen meski pedas tp beralasan tp juga kadang menurut saya kepedasan hehhehehe cabenya kurangin satu ya pak) meski buat saya ngga susah mencapainya krn secara gw tinggi bro. tp jadi sering salah wkkwkwkkwkw. parah :mky_07:

4. bunyi seinya (aduh) bs dikasi yang bagusan ngga ya? masa harus tik tuk tik tuk tik tuk kwkwkkwkw :mky_05:

overall puas tidak? puas bgt tp seandainya kekurangan minor bs dibenerin tentu sangat berarti. i love my santape tp nggeganjal kesalahan minor hyundainya bikin bt

for Hyundai : hellooo hyundai? apa ngga cross check dulu ini boil stir kiri / kanan ya? kok bs pada kebalik2 fitur2nya

for turboman : blum sempat menjalankan semua amanahnya. nanti kl senggang coba dijalankan dan dirasakan perbedaannya

end off the sharing monggooooo
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by evolution21 »

mantap reviewnya!
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by imsus2c »

tadi siang lihat new santi warna putih lagi parkir di jl. Semarang (depan stasiun ps turi - Surabaya)
tapi NoPol-nya "B"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

@number hiji :
kekurangan yg nomor 2 : di dekat tuas transmisi ada lubang atau ada lubang yg tertutup plastik gak ? Di buku Manualnya ada ttg Shift Lock button ga ?

Kalo benar2 sampai gak ada sama sekali, moga2 bisa diakalin utk mekanisme penahan tuas-nya jadi saat kunci dicabut bisa dipindahkan.

Dulu E39 saya juga asalnya spt itu, kalo di E39 pakai semacam kawat terhubung ke kunci kontak di setir, nah kawat tsb yg dilepas.
* Bukan ajakan Beli *
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

mantapp om siji,

utk no 2:

ada shiftlock nya yg dkt tuas transmisi, penutup wana hitam dan ada lubang kecil bentuk gepeng utk dicongkel abis kebuka baru masukin kuncinya spt mobil jazz gitu, tp saya sih blm pernah nyoba parkir paralel.

yg saya udah lakukan adalah pasang kaca film yg lumayan ok utk panoramic sunroof nya, krn panas bgt kalo gak pasang kf (pdhl nyoba buka terpalnya cuma jam 10 an pagi gitu), tp kalo udah pasang, bisa buka terpalnya agak lamaan ( kalo buka pas terik matahari tetep msh panas, tp jauh berkurang, apalagi di timpa vkool sekalian), enak bgt pemandangan dari dalam pas liat keatas lbh berasa bebas dan rileks. pasang karpet dasar kena 1 jutaan

headunit siap2 diganti deh, cari info OEM yg plug and play, kesannya akan jauh lbh keren, dijamin.

o ya utk info kalo mau buang oli bawaan, di beres hrg shell hx7 82 rb/ltr, pake nya 7 ltr. + ongkos 55 ribu, kalo di toda cuma 70 ribu/ltr, bisa selisih 150 ribu,

pak siji mobilnya saat kenceng gitu ada bau asap knalpot gitu gak?
thomas256
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Nov 15, 2012 13:13

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by thomas256 »

numero siji wrote:share boil baru yaaa,

mungkin baiknya disini aja ya forum santapenya karena kl buka thread baru juga penggunanya masih sedikit yang ada malah makin sepi hehhehehe. :mky_06:
boil santape telah datang digarasi rumah gw heheh :mky_02:

kesan dan pesannya banyak uda dibahas dihalaman depan
disini saya mau menambahkan berdasarkan beberapa lama saya pake santape.

kelebihan menurut saya :
1. ada fitur spion yg terlipat otomatis saat terkunci. mantap banget fiturnya hehhehehe jd dari kejauhan kita sudah tau bila kita lupa mengunci mobil kita :big_smoking:

2. interior saya pikir bagus uda kulit, dashboard juga dilapis lagi, panoramik, kursi stir dah elek, bangku belakang bs rebahan saat menjadi bigbozz. kulitnya lebih bagus dari kesan awal saya dulu liat dipameran ngga tau napa. sampai charger di bangku tengah juga kebagian lho buat charge laptop pak bozz. (ini menurut pribadi walau ada yg bilang ngga usah ditulis) :mky_01:

3. torsi kuat sekali menurut saya (tp tetap harus diatas 2k rpm kl dibawah itu biasa ajah sama aja ama tokinov diesel std)

4. speed cepat sekali masuk ke 160km / jam wkkwkwkkwkwk kl diatas itu ndak bahas krn useless dan brp org mau speed diatas 160? anyway saya juga ngga mau test seberapa kenceng boil ini intinya uda memenuhi hasrat mengemudi saya then enough

5. model jelas plg fresh dan bagus uda sering dapat pujian dech (yg jelas uda banyak yg blg bagus termasuk diforum ini maupun teman2)

kekurangan :
1. untuk downhill feature memang dihilangin tapi kok saya blum tau gmn dan untuk apa fungsinya karena blum pernah rasain punya boil ada downhillnya
nb: saat turunan gw taro dimanual uda nahan juga lho pdhl dulu saya cukup kecewa waktu denger ini hilang. tp setelah nyoba sendiri kok jd ngga terlalu pikirkan efek hilangnya downhill :mky_04:

2. santape saya ngga bs parkir paralel alias didorong. shift lock ngga berfungsi kata salesnya emg ga bs didorong. wkkwkwkwkkwkw hebat mobil dijakarta yg parkir rapet (dpt aja uda hoki) ditambah ga bs paralel :big_slap:

3. kesalahan fatal hyundai indo nih (hyundainya ngga sadar banyak fitur yg seharusnya pass buat pengemudi kiri)
hahahhahahhaha pantas om adjay bilang susah bgt mencapainya (bukti om adjay kl komen meski pedas tp beralasan tp juga kadang menurut saya kepedasan hehhehehe cabenya kurangin satu ya pak) meski buat saya ngga susah mencapainya krn secara gw tinggi bro. tp jadi sering salah wkkwkwkkwkw. parah :mky_07:

4. bunyi seinya (aduh) bs dikasi yang bagusan ngga ya? masa harus tik tuk tik tuk tik tuk kwkwkkwkw :mky_05:

overall puas tidak? puas bgt tp seandainya kekurangan minor bs dibenerin tentu sangat berarti. i love my santape tp nggeganjal kesalahan minor hyundainya bikin bt

for Hyundai : hellooo hyundai? apa ngga cross check dulu ini boil stir kiri / kanan ya? kok bs pada kebalik2 fitur2nya

for turboman : blum sempat menjalankan semua amanahnya. nanti kl senggang coba dijalankan dan dirasakan perbedaannya

end off the sharing monggooooo
gw demen bacanya nih....,keren emang si santi ini...ga bisa boong kalo menurut saya sih SUV paling cakep dari jajaran seluruh SUV terbaru yang masuk di Indonesia dgn harga di bawah 500 jt, saya meski pake cx5..tetap akui bhw si santi ini jauh lebih cakep dan macho euyyy... :off_good_job:

pernah sekali ketemu di pintu tol...barengan ama si santi, wussshhhhh....langsung melesat cepat jauh dia ckk...ckkk...enak banget diliat pas meliuk2 dijalan...ampe gak percaya kalo itu diesel
darkie307
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jan 14, 2013 23:16

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by darkie307 »

mohon ijin gan kalo boleh nambahin buat review santape, terus trang ini posting ane pertama kali, mohon dimaapkan kl ada sale-sale kate

kebetulan santa pe ane dteng tgl 20 des, pas taon baru lgsg ane bw tuh mobil dan dengan sedikit maksa di tgl 28 bsa mencapai hampir 1000km spya bisa diservis dulu, ane brgkt brg temen bw captiva diesel fwd jakarta-solo-jogja-tawngmangu selama 5 hari (brankat jam stgh 5 pagi dari bogor, ibu2 dan anak2 pada naek pswt ke solo) ), dan kmnya pas pulang lngsung nambah sekitar 2rebuan, sampe skrg santape ane udh mendekati 5rebu

kesan-kesannya

1. kuencengggggg!!! , soale ane dan temen termsk golongan pecinta kecepatan doyan bejek gas hehehehe, pas ngebabat cipularang si captipa (umurnya br 2 blan) cm bs bengong liatin santape ngacir, info tmn mentok top speed170an (180an kadang2) dan posisinya jauh di belakang ane, sedangkn santape ane bisa 190 dan manteng di 160 sangat mudah bgt,!!! ( meskipun masih ada lag sedikit tp ga ganggu) very very surprise dengan body segede gaban dan dengan trek banyak tanjakannya, selama perjalanan si cptipa cm bs nempel ane di jalan bukan tol, kl di tol udah kaga ke uber santape ehehehe, suatu hari setelah taon baru percy ato kaga tuh santape bs ngalalahin civik 2010 dari sisi acselerasi , meskipun top speednya civik ane bisa mentok di 205 tp acselerasi tetep berat ngalahin santape, sadissss tuh mobil......

2. handling mangstab!! tuh mobil mekipun hampir 2 ton dan mayan tinggi tapi handlingnya ga kalah sama mobil sedan bisa meliuk-liuk kaya uler hehehehehe ruarrr biasa!!! tapi pastinya ada konsekwensinya pas di tol panci cirebon yang jalannya gelombang ga jelas yang ada kaya naek kuda liar kebanting-banting keras bener , pas ane test drive captipa temen, harus diakui suspensi nya lebih manusiawi dan mesti angkat jempol buat captipa cucok untuk jalan ajlut-ajlutan

3.irit! meskipun selisih 200 cc sama captipa tapi negak solarnya ga beda jauh, terbukti sama-sama isi pertadex di salatiga kami be dua baru isi lagi di cibubur sekitar 50an liter cm selisih 1-2 liter doang ato sekitar 1:10an padahal pedal gas udah sering di bejek dan cukup bnyk titik kemacetan di skitar tegal, semarang,salatiga.
malh pas kemaren ane panteng di 100km/jam pake cruise control hari minggu bisa dapet 1:16 jkt-bogor (catetan tolnya agak naek ya)
4. posisi duduk n nyetir pas! gampang menyesuaikan body ane
kebetulan body ane cukup jumbo 190cm/120kg hehehe, tp tetep aja ngrasa di peluk tuh sama si santape, gak kaya captipa n civik dimana body ane meleber kemana-mana alias tumpah sampe ngalangin yang duduk di belakang hehhehe

5. senyap dan nyaman

so far kl ane bandingn kesenyapan versi kuping ane ga kalah dengan kemry, ato mobil-mobil di rentang harga under 500, malah termasuk top level, tp mohon masukannya dari suhu- suhu kl ada yg punya alat ngetesnnya mohon dapat di uji coba niscy santape termsk golongan yg senyep hehehehe.

dengan body ane segede gaban, dengan bw supir jg tetep nyaman, duduk di baris kedua dengan dudukan arm rest cukup pas dengan body ane, malah kt supir ane tidurnye skrg keliatan makin pulesss huhehehe

6. panoramic roof bikin anak balita sayang sm babenya, huehehehe, dan pelek 19 inchi bikin makin ganteng n stabil di tol, meskipun jadinya bantingan agak keras

yang bikin ngedrop,
1. sama ky review suhu-suhu sebelumnya, HUnya kaga penting banget, masa kalah sama captipa yg udah ada camera rear parking n gps i-gonya, lah ini cuman lyar dot matrik kaga jelas, yang ada org yang nyetir mesti buka ippad/gps skalian..emang mesti di up grade!!

2. akses penumpang masuk kebaris 3 cukup menyulitkan, meskipun setelah duduk penumpang ga tralu komplen krna sempit asal yg duduk ga lebih dr 170 cm/ berat >100kg

3. interior meskipun kliatan keren tapi kualitas materialnya agak mengkhawatirkan, udah mulai baret2 tuh mobil,

4. sales hyundai kaga nepati janji
ane dp mobil 2 hari setelah iims, janji akhir nov bisa keluar, tp kenyataan nya akhir taon, dengan jok kulit blm terpasang, janjinya jan ini bakal di pasang (artinya jok mbl ckd huehehe)
kesimpulan... sangggaattt puuuassss punya santa pe ane orang yang sangat menghargai tenaga mobil standard sayang kalo kaga di pake hehehehe, kl minornya ya udah di telen aja, seperti kata pepatah, tiak ada gading yg tak retak huehehehe

note: ini review ane berdasarkan feeling bw mobil baru belasan taon, dan seringnya bw yang ala kadar hehehe,
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

darkie307 wrote:
2. handling mangstab!! tuh mobil mekipun hampir 2 ton dan mayan tinggi tapi handlingnya ga kalah sama mobil sedan bisa meliuk-liuk kaya uler hehehehehe ruarrr biasa!!! tapi pastinya ada konsekwensinya pas di tol panci cirebon yang jalannya gelombang ga jelas yang ada kaya naek kuda liar kebanting-banting keras bener , pas ane test drive captipa temen, harus diakui suspensi nya lebih manusiawi dan mesti angkat jempol buat captipa cucok untuk jalan ajlut-ajlutan
Mobil zaman skg kebanyakan shock arbsorber perlu break in cukup lama, nanti jika udah lewatin 2000 Km di review lagi pak, kalo misal udah lewatin 3000 Km bantingan masih kurang enak ya saatnya consider shock aftermarket yg lebih baik.....heheheheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by evolution21 »

ane baru lewat tol kanci jg bawa ctv fl
memang jalanannya parah
pas dah keluar tol bakrie yg deket tegal itu
malah ada 2 jalan yg rada naik kayak jembatan kecil, tp patah banget
disitu cuman jalan 100 aja dah bisa bikin mobil 2ton kaya mau lompat

jd suspensi ctv lebih enak drpd santape ya
pdhl ctv standart bagi ane ga enak lho
tp setelah ganti ban michelin lattitude, membaik jauh
jauh lebih enak lg setelah jalan 10rb, uenak banget sekarang
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

wah pelan2 mulai bermunculan para pemilik santi ini.

plat nomor saya blm keluar2 nih, skrg masuk plat sementara bln ke 3, utk HU kyknya udah ada yg OEM spt santi yg di luar negeri, silahkan tny sales masing2.

memang santi ini kalo org yg berani bejek gas nya akan puas bgt, di tanjakan panjang spt di puncak atau cipularang, gak ada matinya, tenaganya powerful bgt
User avatar
garfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
Location: JAKARTA

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by garfield »

Sabar Om Leiv, tinggal menunggu waktu :big_peace: punya ane STNK-nya baru keluar per tanggal 11 Januari lalu. Apakah Om Leiv jadi ganti oli bawaan karena ane jadi ragu ketika mendapatkan info dari beres di kalimalang katanya khusus Santi sudah menggunakan oli full sintetik dari Shell.
Btw selain meng-upgrade HU std ke HU OEM, apakah sudah ada rekan2 pemilik santi menggunakan aksesoris khusus Santi dari exLED
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

garfield wrote:Sabar Om Leiv, tinggal menunggu waktu :big_peace: punya ane STNK-nya baru keluar per tanggal 11 Januari lalu. Apakah Om Leiv jadi ganti oli bawaan karena ane jadi ragu ketika mendapatkan info dari beres di kalimalang katanya khusus Santi sudah menggunakan oli full sintetik dari Shell.
Btw selain meng-upgrade HU std ke HU OEM, apakah sudah ada rekan2 pemilik santi menggunakan aksesoris khusus Santi dari exLED
saya jadi ganti oli, kalo haya utk ganti oli bawaan saya sarankan di luar beres aja, krn selisih 150 ribuan, saya krg paham apakah itu full synt apa engga, hanya yg saya tahu bhw oli yg dipake di beres adalah shell HX7.

utk aksesoris bung garfield pengen pasang apa? saya merasa alis diatas lampu besar itu kurang terang ya kalo utk keren2an siang hari , hehe, mungkin krn bukan DRL kali ya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by imsus2c »

leiv wrote:
garfield wrote:Sabar Om Leiv, tinggal menunggu waktu :big_peace: punya ane STNK-nya baru keluar per tanggal 11 Januari lalu. Apakah Om Leiv jadi ganti oli bawaan karena ane jadi ragu ketika mendapatkan info dari beres di kalimalang katanya khusus Santi sudah menggunakan oli full sintetik dari Shell.
Btw selain meng-upgrade HU std ke HU OEM, apakah sudah ada rekan2 pemilik santi menggunakan aksesoris khusus Santi dari exLED
saya jadi ganti oli, kalo haya utk ganti oli bawaan saya sarankan di luar beres aja, krn selisih 150 ribuan, saya krg paham apakah itu full synt apa engga, hanya yg saya tahu bhw oli yg dipake di beres adalah shell HX7.

utk aksesoris bung garfield pengen pasang apa? saya merasa alis diatas lampu besar itu kurang terang ya kalo utk keren2an siang hari , hehe, mungkin krn bukan DRL kali ya
sama2 pake Shell, sekalian naik kelas yg SHU-AB pak... :big_peace:

sayang sama mesin diesel-nya yg canggih...

kayaknya yg HX7 dari bengkel/pabrik mungkin hanya buat break-in atau nekan cost
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
garfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
Location: JAKARTA

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by garfield »

Terima kasih Om Leiv dan Imsus2c atas informasinya, setahu ane memang dari manual booknya Santa Fe direkomendasikan yg SHU-AB, kirain dari bawaan pabrik sudah pke SHU-AB :oops:
@ Om Leiv, ane dari googling lagi menimbang2 aksesoris DRL yg ditawarkan di www.exledid.com :e-think:
Kira2 apakah ada rekan2 owner santi yg sdh pke produk tsb sbg bahan pertimbangan :ungg:
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

garfield wrote:Terima kasih Om Leiv dan Imsus2c atas informasinya, setahu ane memang dari manual booknya Santa Fe direkomendasikan yg SHU-AB, kirain dari bawaan pabrik sudah pke SHU-AB :oops:
@ Om Leiv, ane dari googling lagi menimbang2 aksesoris DRL yg ditawarkan di http://www.exledid.com :e-think:
Kira2 apakah ada rekan2 owner santi yg sdh pke produk tsb sbg bahan pertimbangan :ungg:
memang saya jg memantau utk exled ini, dan memang ada exled indonesia, alamatnya: http://www.exledid.com/?sl=ID

bro imsus, awalnya memang mau ganti ke shu, hanya saya pikir utk pake 5 ribu km aja, krn pas 10 ribu nanti mau servis resmi ke beres, hanya nanti pas servis 10 ribu kemungkinan di kasi free ganti oli sehll hx7 lg, sayang gak ya kalo gak dimanfaatkan? apa sekalian nanti pas 10 ribu ganti shu???
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

MitshuToyo wrote:
AD74YA wrote: Thanks oom... Nggak lah, saya akan selalu berusaha fair. Toyota akhir-akir ini memang terjadi penurunan di Assembly nya ya nampaknya,... Gap nya pada nggak konsisten semua..
Baik untuk sarannya akan saya pertimbangkan. Maklum pengetahuan saya sangat terbatas, sehingga sangat banyak butuh koreksi dan diskusi dari rekan-rekan...
Saya selalu terbuka untuk diberi koreksi, tambahan, atau masukan yang membangun :frm_salut:
Setuju yg saya bold,.. saya ambil gambar waktu Iims kemarin di Inn*va luxury and f*rt***..
Sebelumnya maaf bagi user masing2 kendaraan ya.. kita bahas dari sisi desinnya saja.. tidak ada maksud macem2.. hehehe

Gap and finishing yg kurang bagus, pecah dan bolong :

Image

Karet balon pintu yg sepertinya dipaksa waktu instalasinya sehingga robek + gap pilar A dengan dashboard.. or memang begitu adanya disemua unit ?
Sorry ftnya miring gak sempet edit di PB heheheh

Image

Cmiiw..
nih saya ambil dari Camry V rangka 2012..
camry1.JPG
Yang pertama itu ashtray di row 2.. Kalau diperhatikan gap nya nggak sama kiri dan kanan.. Pemasangannya rada miring... Hasilnya? Hasilnya dibuka rada keset karena ada bagian penutupnya yang menggesek trim... Hal jelek lainnya, perhatikan gap dibagian belakang penutup ashtray... Penutupnya seakan didesain kelihatan lebih kecil dibanding lubangnya... Sangat-sangat angkot-feeling sekali..
camry2.JPG
Yang kedua beda lagi... Itu doortrim.. Antara trim yang ga ada kontur sama yang kontur nggak nempel sempurna.. Ada gap sekitar 1mm antara keduanya jadi seakan trim yang mulus itu hovering/melayang/nggak nempel dengan trim kontur nya... Sebenernya bakal bagus kalau gapnya konsisten mengelilingi kedua trim itu.. masalahnya enggak... di foto juga kelihatan.. Selain dari lengkungan yang saya foto, yang lainnya lebih nempel...

Ini sedan mewah ukuran 500 jutaan loh bro........ Macem mana Toyota ini..... Mazda6 saja luar biasa rapi interiornya..

Satu lagi bukti pendukung teori saya : Kualitas perakitan CBU Jepang Selalu lebih baik dibanding CKD.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

numero siji wrote: hahahhahahhaha pantas om adjay bilang susah bgt mencapainya (bukti om adjay kl komen meski pedas tp beralasan tp juga kadang menurut saya kepedasan hehhehehe cabenya kurangin satu ya pak) meski buat saya ngga susah mencapainya krn secara gw tinggi bro. tp jadi sering salah wkkwkwkkwkw. parah :mky_07:
Kalau kata ane sih bukan karena aslinya setir kiri ya... Kalau kata ane sih blunder desain memang...

Ane kebetulan sempet belajar desain produk juga ya... Kalau nggak salah recall, yang namanya desain itu salah satu unsur/patokan utamanya ada yang namanya "Golden Design" (kalau gak salah) yang penting intinya Golden Design itu seperti ini; desainer itu harus bisa menginterpretasikan desain itu di dunia nyata sebagai desain yang di ejawantahkan oleh alam bawah sadar yang berinteraksi dengannya sebagai "Proporsional.

Maksudnya secara kasar disini adalah.. Oleh Semua Orang, regardless bentuk fisik mereka, latar belakang pendidikan mereka, dan ngerti desain atau engga, desain sesuatu itu harus proporsional secara "Naluriah".

Contoh gampangnya; kenapa kaki keempat kursi ada di bagian Tenggara-Barat Daya-Barat Laut-Timur Laut dari kursi tersebut? Bukan berada di Utara-Timur-Selatan-Barat? Karena secara Nalar manusia, yang normal memang begitu. Dengan susunan kaki yang berbeda, manusia akan merasakan aneh dan tidak nyaman.. Apapun merek kursinya, berapapun harganya, susunan kakinya akan selalu sama..

Kenapa remote TV tombol power selalu ada di kiri atas, tombol volume di tengah kiri dan tombol channel di tengah kanan dan tombol angka disusun berderet 3x4? Karena secara nalar, manusia berpikir susunan seperti inilah yang paling nyaman (baik kidal maupun tidak).. Apapun merk TV nya.. Berapapun ukurannya,.. Apapun fiturnya dan berapapun harganya.. Susunan tombol di remote akan selalu sama peletakannya.

Itulah Golden-design pada kehidupan sehari-hari..

Kalau pada mobil? Ya ceritanya mirip.. Tantangan produsen dan desainer mobil adalah bagaimana membuat konsumen dimanapun saat mengendarai mobil mereka akan merasa familier... Contohnya adalah; user C-class ketika masuk ke E-class maupun S-class ataupun ke GL, ML, atau yang lain, meskipun desain interior masih-masing sangat berbeda, tapi mereka akan langsung merasa familier dan mudah menyesuaikan diri.. Desainer harus bisa menginterpretasikan feeling user nantinya pada desain.. Dan ini bukan hal yang mudah.... Golden design ini justru yang paling susah di lakukan oleh produsen mobil.... Produsen yang serius seperti Mercedes Benz, untuk interiornya saja mengerahkan paling sedikit 1000 orang desainer untuk tiap produknya untuk bisa menginterpretasikan hal ini dan lebih dari 10.000 orang sebagai kelinci percobaan untuk diteliti nalarnya terhadap ciptaan baru mereka (yang terakhir saya baca mengenai sensor-kantuk)

Contoh paling konkrit yang dilakukan oleh desainer BMW di F30 yang baru.. Mereka ingin membuat mobil yang lebih lebar dari pendahulunya.. (seri 3 lama) tapi pengen user tetap familier saat mengemudikan seri 3 yang baru.. Caranya gimana? Desainer BMW melakukan perubahan desain di dashboardnya dengan mengarahkan central command dash nya 20% lebih kearah driver karena perubahan lebar..

Keuntungannya apa bagi produsen mobil? Jawabannya tidak lain adalah sebagai pencarian identitas perusahaan.. Atau bahasa saya = karakter. Akan ada suatu yang dibanggakan yang pada akhirnya menjadi kebanggaan pengguna merek ini..

Bahasa-bahasa seperti "ergonomis", "akomodatif", "viewing angle", "tactile", "seat position", dll adalah contoh keberhasilan dari interpretasi desain ini.. Sangat susah untuk mendapatkan hal ini secara sempurna.. Bahkan produsen yang sangat mapan saja sering blunder mengenai hal ini.. Meskipun seringkali hanya blunder kecil dibanding produsen yang kurang mapan. Dan biasanya, produsen yang sudah mapan itu nggak akan ada masalah mau mobilnya setir kiri atau kanan.. susunan dash bagian tengahnya tetep sama... tapi semua user diseluruh dunia sudah familier dan langsung mengerti menggunakannya.

Nah Santa Fe posisinya ada dimana?

Seperti review saya.. Saya tetep menyatakan kalau Santa Fe (In My Opinion - IMO) gagal menginterpretasikan desain secara baik.. Yang didapat malah terkesan memaksakan.. Function follows form.. Dan itu bagi saya, blunder yang besar.. Membuat mobil ini menjadi kurang nyaman untuk digunakan. Apa saja? Kalau saya ingat satu-persatu (hanya berdasar ingatan):

1. Posisi duduk driver dan penumpang terasa ada sedikit perbedaan elevasi pada posisi normal.. Posisi duduk driver terasa lebih tinggi.
2. Ukuran setir yang besar
3. Peletakan tuas perseneling yang tepat ditengah kurang ergonomis, karena seharusnya lebih mendekati driver (paling nggak kan bisa pakai model gate, sehingga saat D atau semi-auto lebih mengarah ke driver)
4. Peletakan tombol disekitaran HU acak-adut
5. Laci koin/kartu tol/kacamata diatas HU yang susah diraih

Pada akhirnya saya merasakan mobil ini kurang baik komunikasinya dengan saya.. Sehingga kurang nikmat berkendaranya.. Maklum lah... Merknya juga belum mapan.. Belum terlalu serius menggarap mobil... Baru menuju kesana..

Ini saya kasih penjabaran via gambar:
santa2.JPG
santa1.JPG
Nggak perlu saya jelasin lagi opinion saya di gambar itu ya... Intinya gambar pertama itu posisi duduk saya (perkirakan) jadi bisa dibayangkan jarak untuk meraih tombol di tengah dash. Yang kedua setelah ngebayangin gambar pertama itulah alasan saya kenapa di review saya ada bawa-bawa simpanse.
:mrgreen:

No offense ya.. Cuma pendapat pribadi.. Kan kita semua bebas berpendapat.. :mrgreen:

Kabur dulu ah... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by akulemu »

Agan2, ada yang ngerti kalo mau gantu HU oon standard nya santa fe ini jadi 2din beli dimana ya yang toko lokal?

Saya nemu ada nya di filipina, sekitar USD 700

http://www.sulit.com.ph/index.php/view+ ... escription

Racun tikus: :upss:

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image
Cars have soul.