Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Salam kenal semuanya.
Saya mau nanya2 masalah mobil nih...
Saya rencananya mau beli mobil bekas harga maksimal 70jt termasuk perbaikan. Pilihannya udah terfokus ke :
- Daihatsu Taft GT atau GTS (bukan Rocky, Hiline ataupun Taft kebo)
- Daihatsu Feroza short (bukan Megatop ataupun long)
Latar belakang pengen Taft/Feroza :
- Buat bantu usaha, akan dipake tiap hari pp dalam kota Balikpapan (udah mulai sering macet) oleh istri saya kurang lebih 10-15km. Sekali di akhir pekan digunakan berdua untuk perjalanan jauh Balikpapan-Samarinda (pp) untuk ambil barang dagangan, selama ini pakai travel (angkutan umum) rasanya kurang fleksibel.
- Jalan di Balikpapan mulai sering banjir, apalagi di Samarinda. Jadi perlu mobil tinggi
- Mobil impian waktu masih kecil
- Udah kebayang ide buat modifnya klo punya duit lebih
Pertanyaan n pertimbangan :
Unit :
- Kira2 saya bisa dapet yg tahun berapa untuk dana yg ada?
- Ada apa saja tipe2 n perbedaan masing2 tipe dalam kondisi standar, mana yg paling direkomendasikan? saya pengennya yg kursi belakang hadap depan sih tapi tdk tau tipe apa
- Pajak per tahun berapa?
Mesin n perawatan :
- Gimana karakter mesin Feroza/Taft? responsif/lemot? Cepat panas/tdk?
- Apa masalah umum mesinnya?
- Spare part susah/gampang? Sekalian klo ada info untuk biaya perawatan n harga spare part biar bisa saya compare untuk biaya perawatan mana yg lebih murah
- Checklist waktu akan beli apa aja?
- Untuk oli2, kopling, kampas rem diganti tiap berapa lama? Saya belum pernah merawat mobil sebelumnya
- Sudah ada power steering atau belum?
- Kelistrikannya gimana?
- Ada yg bilang Feroza pernah di-recall ADM karena suatu problem, apa ya itu? Penanganannya gimana?
FC :
- Berapa konsumsi bbmnya? Saya dengar Feroza boros cuman tdk tau seberapa boros. Dibandingkan Suzuki Sidekick gimana? Klo kurang lebih sama berarti saya anggap tdk boros
- Saya denger2 jg Taft lebih irit, tapi masih belum tau juga seberapa irit . Selain itu di daerah saya solar sering langka di bulan2 tertentu.
Kaki2 :
- Ketangguhan kaki2 gimana?
- Kenyamanan suspensi dibanding Katana n Sidekick gimana?
- Untuk kondisi standar berapa ukuran ban?
- Klo modif pakai ban lebih besar apa efek negatifnya?
- Pernah ada yg bilangin klo Taft/Feroza yg udah pake overfender besar dari pabrik, lebih nyaman karena pake suspensi independen, maksudnya apa ya? Emangnya yg biasa pake suspensi apa?
Sebagai info tambahan, saya masih awam masalah mobil. Cuman pernah pake mobil orang tua (sekarang Suzuki Sidekick, sebelumnya Katana GX n Kijang Super).
Sementara itu dulu pertanyaannya n kemungkinan bisa nambah, maaf klo kebanyakan.
Terima kasih sebelumnya untuk jawaban2 nanti
Saya mau nanya2 masalah mobil nih...
Saya rencananya mau beli mobil bekas harga maksimal 70jt termasuk perbaikan. Pilihannya udah terfokus ke :
- Daihatsu Taft GT atau GTS (bukan Rocky, Hiline ataupun Taft kebo)
- Daihatsu Feroza short (bukan Megatop ataupun long)
Latar belakang pengen Taft/Feroza :
- Buat bantu usaha, akan dipake tiap hari pp dalam kota Balikpapan (udah mulai sering macet) oleh istri saya kurang lebih 10-15km. Sekali di akhir pekan digunakan berdua untuk perjalanan jauh Balikpapan-Samarinda (pp) untuk ambil barang dagangan, selama ini pakai travel (angkutan umum) rasanya kurang fleksibel.
- Jalan di Balikpapan mulai sering banjir, apalagi di Samarinda. Jadi perlu mobil tinggi
- Mobil impian waktu masih kecil
- Udah kebayang ide buat modifnya klo punya duit lebih
Pertanyaan n pertimbangan :
Unit :
- Kira2 saya bisa dapet yg tahun berapa untuk dana yg ada?
- Ada apa saja tipe2 n perbedaan masing2 tipe dalam kondisi standar, mana yg paling direkomendasikan? saya pengennya yg kursi belakang hadap depan sih tapi tdk tau tipe apa
- Pajak per tahun berapa?
Mesin n perawatan :
- Gimana karakter mesin Feroza/Taft? responsif/lemot? Cepat panas/tdk?
- Apa masalah umum mesinnya?
- Spare part susah/gampang? Sekalian klo ada info untuk biaya perawatan n harga spare part biar bisa saya compare untuk biaya perawatan mana yg lebih murah
- Checklist waktu akan beli apa aja?
- Untuk oli2, kopling, kampas rem diganti tiap berapa lama? Saya belum pernah merawat mobil sebelumnya
- Sudah ada power steering atau belum?
- Kelistrikannya gimana?
- Ada yg bilang Feroza pernah di-recall ADM karena suatu problem, apa ya itu? Penanganannya gimana?
FC :
- Berapa konsumsi bbmnya? Saya dengar Feroza boros cuman tdk tau seberapa boros. Dibandingkan Suzuki Sidekick gimana? Klo kurang lebih sama berarti saya anggap tdk boros
- Saya denger2 jg Taft lebih irit, tapi masih belum tau juga seberapa irit . Selain itu di daerah saya solar sering langka di bulan2 tertentu.
Kaki2 :
- Ketangguhan kaki2 gimana?
- Kenyamanan suspensi dibanding Katana n Sidekick gimana?
- Untuk kondisi standar berapa ukuran ban?
- Klo modif pakai ban lebih besar apa efek negatifnya?
- Pernah ada yg bilangin klo Taft/Feroza yg udah pake overfender besar dari pabrik, lebih nyaman karena pake suspensi independen, maksudnya apa ya? Emangnya yg biasa pake suspensi apa?
Sebagai info tambahan, saya masih awam masalah mobil. Cuman pernah pake mobil orang tua (sekarang Suzuki Sidekick, sebelumnya Katana GX n Kijang Super).
Sementara itu dulu pertanyaannya n kemungkinan bisa nambah, maaf klo kebanyakan.
Terima kasih sebelumnya untuk jawaban2 nanti
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
gw punya 3taft F75 dan 2 F78 di rumah..... blm pernah punya feroza *dan g ada rencana* hehe jadi seputar taft dulu aja yah..
Mesin n perawatan :
F75 yg dpke harian uda hampir 5thn blm di ganti2 koplingnya. F78 uda 2x ganti karna bwat extreme, dan gw ganti ke pantekan aja murah awet dan gripnya lebih baik..
tp bukan bearti g ada ada kabel yg ke injector klw tu kabel uda getas nyaris putus.. jd mogok2an terus..
Kaki2 :
cmiiw

70 jta yah... taft GT 90-95an kyanya dpt.. tp gtw di daerah om sih... gw g ngerti feroza sih- Kira2 saya bisa dapet yg tahun berapa untuk dana yg ada?
Taft GT aslinya 2nd rownya adu dengkul.... ada yg uda di modif pke jok rocky....- Ada apa saja tipe2 n perbedaan masing2 tipe dalam kondisi standar, mana yg paling direkomendasikan? saya pengennya yg kursi belakang hadap depan sih tapi tdk tau tipe apa
Rocky 98 gw kemarin 1.6jt- Pajak per tahun berapa?
Mesin n perawatan :
taft sih torsinya badak bandel..... minim perawatan... part diesel lebih awet dan dikit, tp harganya lebih mahal... dan namanya mobil bekas sih pasti ada aja jajan sih..- Gimana karakter mesin Feroza/Taft? responsif/lemot? Cepat panas/tdk?

taft sih..... punya 3 taft d rumah.. masalah yg sering di ketiganya.......... pling masuk angin aja, klw solarnya uda <1/2 itu klw injectornya uda lemah biasanya sih. klw injectornya uda di kalibrasi dan sehat sih aman2 aja g pernah masalah tu mesin.- Apa masalah umum mesinnya?
komponen taft lebih dikit, ga ada komponen pengapian kaya feroza.. fast moving di engine pling filter2 aja.. tp komponen slow moving kaya jeroan mesin klw overhaul pasti lebih mahal diesel.- Spare part susah/gampang? Sekalian klo ada info untuk biaya perawatan n harga spare part biar bisa saya compare untuk biaya perawatan mana yg lebih murah
oli biasanya 5000km, filter oli gw sih 10-20rb filter solar breng aja ama oli.. kopling klw uda selip hehe- Untuk oli2, kopling, kampas rem diganti tiap berapa lama? Saya belum pernah merawat mobil sebelumnya

taft GT udah ada.- Sudah ada power steering atau belum?
Diesel sih minim kelistrikan... wkwkw- Kelistrikannya gimana?

yup...... klw sehat 1:10 klw pke ban besar ya tentu tambah boros... feroza apalagi..- Saya denger2 jg Taft lebih irit, tapi masih belum tau juga seberapa irit . Selain itu di daerah saya solar sering langka di bulan2 tertentu.
Kaki2 :
keduanya rigid.. ya jelas tangguh...- Ketangguhan kaki2 gimana?
di banding katana sih masih enakan taft GT, klw sidekick itu uda IFS, jelas lebih nyaman.- Kenyamanan suspensi dibanding Katana n Sidekick gimana?
28-29- Untuk kondisi standar berapa ukuran ban?
boros boyot, komponen kaki2 lebih cpt rusak- Klo modif pakai ban lebih besar apa efek negatifnya?
iya uda IFS.... lebih nyaman, suspensi dpn independen dgn torsionbar, blkn coilspring 5link lebih nyaman, tp kalah tangguh dgn yg rigid.- Pernah ada yg bilangin klo Taft/Feroza yg udah pake overfender besar dari pabrik, lebih nyaman karena pake suspensi independen, maksudnya apa ya? Emangnya yg biasa pake suspensi apa?
cmiiw

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Salam kenal juga...
Bokap ane pernah punya TAFT GT taon 1991, mesin 2001.
Torsi badak, kaki2 mantab, knalpot cumi2...
senang banget kalo naik mobil ini, maunya diceburin ke kubangan atau jalan jelek mulu.
Penyakit bawaan:
- aki cepat mampus. Settingan alternator nya rada susah. Korban 1 biji aki sebelum normal, jadi mohon di cek untuk alternator mobil ini.
- overheat, ane hajar di tol konstan 90kph termostat naik hampir full. Akhirnya main gas-lepas-gas-lepas dan suhu turun dikit. Waktu malam ane geber ulang, normal2 saja. Apa Sby suhu udaranya ga ampun2 ya.... Anyway, cek radiator dan termostat.
Selain dari itu, so far ga ada masalah. TAFT ga repot kok piara nya.

Bokap ane pernah punya TAFT GT taon 1991, mesin 2001.
Torsi badak, kaki2 mantab, knalpot cumi2...

Penyakit bawaan:
- aki cepat mampus. Settingan alternator nya rada susah. Korban 1 biji aki sebelum normal, jadi mohon di cek untuk alternator mobil ini.
- overheat, ane hajar di tol konstan 90kph termostat naik hampir full. Akhirnya main gas-lepas-gas-lepas dan suhu turun dikit. Waktu malam ane geber ulang, normal2 saja. Apa Sby suhu udaranya ga ampun2 ya.... Anyway, cek radiator dan termostat.
Selain dari itu, so far ga ada masalah. TAFT ga repot kok piara nya.
Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Thanks infonya gan...
Yang F75 ama F78 bedanya apa aja ya?
Yang F75 ama F78 bedanya apa aja ya?
billyd1773dz wrote:gw punya 3taft F75 dan 2 F78 di rumah..... blm pernah punya feroza *dan g ada rencana* hehe jadi seputar taft dulu aja yah..
70 jta yah... taft GT 90-95an kyanya dpt.. tp gtw di daerah om sih... gw g ngerti feroza sih- Kira2 saya bisa dapet yg tahun berapa untuk dana yg ada?
Taft GT aslinya 2nd rownya adu dengkul.... ada yg uda di modif pke jok rocky....- Ada apa saja tipe2 n perbedaan masing2 tipe dalam kondisi standar, mana yg paling direkomendasikan? saya pengennya yg kursi belakang hadap depan sih tapi tdk tau tipe apa
Rocky 98 gw kemarin 1.6jt- Pajak per tahun berapa?
Mesin n perawatan :taft sih torsinya badak bandel..... minim perawatan... part diesel lebih awet dan dikit, tp harganya lebih mahal... dan namanya mobil bekas sih pasti ada aja jajan sih..- Gimana karakter mesin Feroza/Taft? responsif/lemot? Cepat panas/tdk?![]()
taft sih..... punya 3 taft d rumah.. masalah yg sering di ketiganya.......... pling masuk angin aja, klw solarnya uda <1/2 itu klw injectornya uda lemah biasanya sih. klw injectornya uda di kalibrasi dan sehat sih aman2 aja g pernah masalah tu mesin.- Apa masalah umum mesinnya?
komponen taft lebih dikit, ga ada komponen pengapian kaya feroza.. fast moving di engine pling filter2 aja.. tp komponen slow moving kaya jeroan mesin klw overhaul pasti lebih mahal diesel.- Spare part susah/gampang? Sekalian klo ada info untuk biaya perawatan n harga spare part biar bisa saya compare untuk biaya perawatan mana yg lebih murah
oli biasanya 5000km, filter oli gw sih 10-20rb filter solar breng aja ama oli.. kopling klw uda selip hehe- Untuk oli2, kopling, kampas rem diganti tiap berapa lama? Saya belum pernah merawat mobil sebelumnyaF75 yg dpke harian uda hampir 5thn blm di ganti2 koplingnya. F78 uda 2x ganti karna bwat extreme, dan gw ganti ke pantekan aja murah awet dan gripnya lebih baik..
taft GT udah ada.- Sudah ada power steering atau belum?
Diesel sih minim kelistrikan... wkwkw- Kelistrikannya gimana?tp bukan bearti g ada ada kabel yg ke injector klw tu kabel uda getas nyaris putus.. jd mogok2an terus..
yup...... klw sehat 1:10 klw pke ban besar ya tentu tambah boros... feroza apalagi..- Saya denger2 jg Taft lebih irit, tapi masih belum tau juga seberapa irit . Selain itu di daerah saya solar sering langka di bulan2 tertentu.
Kaki2 :keduanya rigid.. ya jelas tangguh...- Ketangguhan kaki2 gimana?di banding katana sih masih enakan taft GT, klw sidekick itu uda IFS, jelas lebih nyaman.- Kenyamanan suspensi dibanding Katana n Sidekick gimana?28-29- Untuk kondisi standar berapa ukuran ban?boros boyot, komponen kaki2 lebih cpt rusak- Klo modif pakai ban lebih besar apa efek negatifnya?iya uda IFS.... lebih nyaman, suspensi dpn independen dgn torsionbar, blkn coilspring 5link lebih nyaman, tp kalah tangguh dgn yg rigid.- Pernah ada yg bilangin klo Taft/Feroza yg udah pake overfender besar dari pabrik, lebih nyaman karena pake suspensi independen, maksudnya apa ya? Emangnya yg biasa pake suspensi apa?
cmiiw
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Makasih juga gan infonya....btw saya masih nunggu info ttg Feroza untuk perbandingan sambil mulai cari2 unit yg dijual. btw untuk kecepetan maksimal bisa berapa ya?
madcat015 wrote:Salam kenal juga...![]()
Bokap ane pernah punya TAFT GT taon 1991, mesin 2001.
Torsi badak, kaki2 mantab, knalpot cumi2...senang banget kalo naik mobil ini, maunya diceburin ke kubangan atau jalan jelek mulu.
Penyakit bawaan:
- aki cepat mampus. Settingan alternator nya rada susah. Korban 1 biji aki sebelum normal, jadi mohon di cek untuk alternator mobil ini.
- overheat, ane hajar di tol konstan 90kph termostat naik hampir full. Akhirnya main gas-lepas-gas-lepas dan suhu turun dikit. Waktu malam ane geber ulang, normal2 saja. Apa Sby suhu udaranya ga ampun2 ya.... Anyway, cek radiator dan termostat.
Selain dari itu, so far ga ada masalah. TAFT ga repot kok piara nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Waspada Taft dgn kondisi bodi karat parah, krn platnya tipis seinget sy, tmn sy ad pake cewek pdhl, cuma kul+kerja dalkot sby, tuh aja bodi ud tau d reparasi, d las sana sini bag interiornya. Dasboard jg sama, protolan smua(bhs indo nya apa y). D kalimantan mah prefer bensin aja Om. wong bensin aja susah, apalagi solar haha.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Kecepatan maksimal (berhubung mesin 2001) 92kph. Rata2 ane cuman berani geber di 70kph, max 80kph dan bukan untuk cruising lama2. 90 kalo lagi gila dengan jarum termostat mesra sama redline suhu maksimum. Makanya ane jarang nge tol kalo pake TAFT.
Lagian, ane ngeri sama titik gravitasi yang tinggi, ni mobil gampang terguling kalo kecepatan tinggi. Tapi jangan kuatir, bawa ke jalan off road atau ceburin ke lumpur, aktifkan 4x4 nya, fun fun fun!

@bro Xous: setuju, karat gampang sekali terjadi di TAFT. Kl dashboard masih oke lah. Masih cukup kuat.
Lagian, ane ngeri sama titik gravitasi yang tinggi, ni mobil gampang terguling kalo kecepatan tinggi. Tapi jangan kuatir, bawa ke jalan off road atau ceburin ke lumpur, aktifkan 4x4 nya, fun fun fun!

@bro Xous: setuju, karat gampang sekali terjadi di TAFT. Kl dashboard masih oke lah. Masih cukup kuat.
Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
F75 itu Rocky om... F70 Taft GTblacksaphire wrote:Thanks infonya gan...
Yang F75 ama F78 bedanya apa aja ya?
F78 Rocky Independent F73 Taft Independent *IFS -Independent front suspension*
bedanya yg independent dan rigid
-gardan depan independent mirip kaya mobil umum jaman skrng *kijang avanza panther dll* jadi lebih nyaman dan stabil di jalan raya
-perdepan pakai batang torsi klw yg rigid perdaun
-perbelakang IFS sudah coilspring 5link yg rigid perdaun
-IFS gardannya lebih lebar jadi lebih stabil, dan enak dilihat *imho*
-IFS Groundclearence lebih rendah 165mm lebih stabil di kecepatan tinggi di tol lebih enak, yg rigid 215mm lebih enak bwat oprut
-F73/78 enginenya lebih halus dan rpm tinggi lebih ngacir.. 76ps vs 74ps namun torsi sedikit lebih rendah 170Nm vs 175Nm
-F73/78 sudah pke viscofan jadi suara di rpm tinggi lebih tenang, mesin juga lebih ringan
-Dashboard,jok,trim,stir dll F78 lebih modern
-harga yg Independent sampai 2xlipet yg rigid.
klw kelemahan yg rigid dibanding yg independent sih bisa di bilang dikit yah.... yg IFS bisa lebih banyak kelemahan yg hrs di perhatiinnya,
keluarga taft yg harus di waspadain tu klw dpt bekas proyek... cape dee benerinnya.... cari yg perawan aja, jgn tergoda yg uda di modif aneh2.. perhatiin kolongnya, liat besi pelindung GB+transfercase nya, klw uda melengkung berarti uda sering di pke di jalan ancur *oprut atw proyek* klw masih lurus bearti ok jarang keluar aspal. cek juga baret2 di gardan dan kolong2...
klw karat yg pling parah tu yg karosorian, hiline long biasanya sih yg bodynya memang full dempul.. sedangkan F70-78 pressed body, mungkin klw pernah cet ulang,kecelakaan atw di pke proyek bisa aja karatan parah juga. bodynya memang tipis khas mobil harga sgini persis kata suhu2 di atas.
F75 gw biasanya mulai berat di 90kph mentok 100kph uda kesel lama naik laginy, klw F78 pernah 125kph relatif ringan dan stabilnya memang jauh, F78 yg satu lagi pke mesin rugger 145kph ringaann.. hehe

madcat015 wrote:Kecepatan maksimal (berhubung mesin 2001) 92kph. Rata2 ane cuman berani geber di 70kph, max 80kph dan bukan untuk cruising lama2. 90 kalo lagi gila dengan jarum termostat mesra sama redline suhu maksimum. Makanya ane jarang nge tol kalo pake TAFT.
Lagian, ane ngeri sama titik gravitasi yang tinggi, ni mobil gampang terguling kalo kecepatan tinggi. Tapi jangan kuatir, bawa ke jalan off road atau ceburin ke lumpur, aktifkan 4x4 nya, fun fun fun!
@bro Xous: setuju, karat gampang sekali terjadi di TAFT. Kl dashboard masih oke lah. Masih cukup kuat.
yup setuju om..Salam kenal juga...
Bokap ane pernah punya TAFT GT taon 1991, mesin 2001.
Torsi badak, kaki2 mantab, knalpot cumi2...senang banget kalo naik mobil ini, maunya diceburin ke kubangan atau jalan jelek mulu.
Penyakit bawaan:
- aki cepat mampus. Settingan alternator nya rada susah. Korban 1 biji aki sebelum normal, jadi mohon di cek untuk alternator mobil ini.
- overheat, ane hajar di tol konstan 90kph termostat naik hampir full. Akhirnya main gas-lepas-gas-lepas dan suhu turun dikit. Waktu malam ane geber ulang, normal2 saja. Apa Sby suhu udaranya ga ampun2 ya.... Anyway, cek radiator dan termostat.
Selain dari itu, so far ga ada masalah. TAFT ga repot kok piara nya.
soal aki yup itu juga.. kyanya 1 thn ganti.. mending aki yg basah aja.. karna masih cutout

soal overheating d F75 gw kya gtu jg klw d paksain lari,cuma yg gw curiga di meteran tempnya yg ngaco, biasanya suhu 3/4 lebih uda mendidih muncrat dri resevoirnya ini blom, dan radiator aja masih bisa di pegang hmmm....temp switch uda di ganti padahal, jadi masih cari penyebapnya nih.. hiks...
klw di ke2 F78 sih jarang panas klw ngacir.... sekali2nya panas, waktu extrafanya salah masang malah niupnya kebalik


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Wah mobil masa kecil ane dulu nih
Dulu bokap pake Hiline Family Wagon GTL 4WD F69 beli tahun 1995
Tiap hari dipake bokap keluar masuk proyek yg medannya berat bgt ampe atap yg diatas sopir retak. Mungkin gara2 karoseri ya jadi bodi ga kuat
Medan proyeknya berat bgt harus nyebrang sungai dulu hehe..
Akhirnya tahun 1997 dijual deh ganti sedan soalnya dah pindah ke kota
Mumpung ada master taft om billy mo nanya dong om
Kalo taft ranger itu kode bodinya apa ya??
Panjangnya beda ya ama Hiline GTL??

Dulu bokap pake Hiline Family Wagon GTL 4WD F69 beli tahun 1995
Tiap hari dipake bokap keluar masuk proyek yg medannya berat bgt ampe atap yg diatas sopir retak. Mungkin gara2 karoseri ya jadi bodi ga kuat

Medan proyeknya berat bgt harus nyebrang sungai dulu hehe..
Akhirnya tahun 1997 dijual deh ganti sedan soalnya dah pindah ke kota

Mumpung ada master taft om billy mo nanya dong om

Kalo taft ranger itu kode bodinya apa ya??
Panjangnya beda ya ama Hiline GTL??
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
klw ranger,hiline,taft pickup taft bravo dll dan biasanya yg masuk ke karosori klw g salah di sebutnya F69 omJambangan wrote:Wah mobil masa kecil ane dulu nih![]()
Dulu bokap pake Hiline Family Wagon GTL 4WD F69 beli tahun 1995
Tiap hari dipake bokap keluar masuk proyek yg medannya berat bgt ampe atap yg diatas sopir retak. Mungkin gara2 karoseri ya jadi bodi ga kuat![]()
Medan proyeknya berat bgt harus nyebrang sungai dulu hehe..
Akhirnya tahun 1997 dijual deh ganti sedan soalnya dah pindah ke kota![]()
Mumpung ada master taft om billy mo nanya dong om![]()
Kalo taft ranger itu kode bodinya apa ya??
Panjangnya beda ya ama Hiline GTL??

seru kyanya yah klw kerjanya oprut dulu haha


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Setuju bos billy, wah benar2 master nya TAFT nih. Ane aja ga tau kode chassis TAFT nya bokap dulu.
Memang rada unik indikator suhu nya TAFT, ane bolak balik ke BeRes tapi ga beres2.
Yg penting masih bisa jalan dengan tenaga badak, sikat! Mobil itu benar2 durable. 

Memang rada unik indikator suhu nya TAFT, ane bolak balik ke BeRes tapi ga beres2.


Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
ouwh baru tau ane taft ranger kode bodinya F69 ombillyd1773dz wrote: klw ranger,hiline,taft pickup taft bravo dll dan biasanya yg masuk ke karosori klw g salah di sebutnya F69 om
seru kyanya yah klw kerjanya oprut dulu haha
mantap nih om billy emang suhu taft

oh iya kalo ranger ini 4WD atau 2WD ya om??
dulu bokap sih sempet punya jg tahun 1989 beli seken tahun 1993 tapi waktu itu ane msh kecil bgt baru 1 tahun jadi ga ngerti mobil hahaha..
cuma bau kabinnya aja msh inget ampe sekarang

btw keluarga taft ini populer bgt ya om di jamannya mungkin ga ada saingan kali ya waktu itu yg bermesin diesel
wah om billy punya F78 pulak salah satu taft favorit ane tuh hehehehe...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Wah bro billy bener2 paham luar dalam neh.
Oiya, cmn pingin menambahkan, buat spec dan tahun pembuatan Taft bisa dilihat disini http://www.oocities.org/taft_id/tentang.htm
Sekalian tanya, knapa Daihatsu tidak melanjutkan produksi Taft yg legendaris ini?
Mungkin tidak harus dgn model yg sama, tp tetap dgn karakter yg tetap "taft".
Sayang jg sebenernya, pdhl ini salah satu produk Daihatsu yg sudah terkenal & legendaris.
Oiya, cmn pingin menambahkan, buat spec dan tahun pembuatan Taft bisa dilihat disini http://www.oocities.org/taft_id/tentang.htm
Sekalian tanya, knapa Daihatsu tidak melanjutkan produksi Taft yg legendaris ini?
Mungkin tidak harus dgn model yg sama, tp tetap dgn karakter yg tetap "taft".
Sayang jg sebenernya, pdhl ini salah satu produk Daihatsu yg sudah terkenal & legendaris.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
INTERMEZZO dikit hehehehe...



demen bgt soalnya ama keluarga taft
tapi paling demen sih F78 Rocky kyk punya om billy
ini F78 yg waktu itu mau dijual di forum sebelah itu ya om??
yg ori itu??



demen bgt soalnya ama keluarga taft
tapi paling demen sih F78 Rocky kyk punya om billy

ini F78 yg waktu itu mau dijual di forum sebelah itu ya om??
yg ori itu??
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
hehe, bnyk2 baca2 aja om..... soalnya bokap kyanya cuma demen 2 mobil... jeep ama taft aja..madcat015 wrote:Setuju bos billy, wah benar2 master nya TAFT nih. Ane aja ga tau kode chassis TAFT nya bokap dulu.![]()
Memang rada unik indikator suhu nya TAFT, ane bolak balik ke BeRes tapi ga beres2.Yg penting masih bisa jalan dengan tenaga badak, sikat! Mobil itu benar2 durable.


iya nih, yg F75 ini aja aneh indikatornya....... klw gw yg pke sih mungkin ngeh kpn bener2 overheatnya tp klw adik atw orng lain yg pke y blm tentu hehe




-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
haha, gw juga dri bayi di anter2 pke taft kebo F50 bokap masih kebayang2 juga... hehe..Jambangan wrote:ouwh baru tau ane taft ranger kode bodinya F69 ombillyd1773dz wrote: klw ranger,hiline,taft pickup taft bravo dll dan biasanya yg masuk ke karosori klw g salah di sebutnya F69 om
seru kyanya yah klw kerjanya oprut dulu haha
mantap nih om billy emang suhu taft![]()
oh iya kalo ranger ini 4WD atau 2WD ya om??
dulu bokap sih sempet punya jg tahun 1989 beli seken tahun 1993 tapi waktu itu ane msh kecil bgt baru 1 tahun jadi ga ngerti mobil hahaha..
cuma bau kabinnya aja msh inget ampe sekarang![]()
btw keluarga taft ini populer bgt ya om di jamannya mungkin ga ada saingan kali ya waktu itu yg bermesin diesel
wah om billy punya F78 pulak salah satu taft favorit ane tuh hehehehe...
dijamanya sainganya BJ40 ama CJ7 diesel kli yah om.. cuma harganya kan lebih tinggi klw g salah...
seri F69 sih, ga pasti ya om, ada yg special order 4x4, ada yg uda di modif 4x4, jd g bisa ngejamin juga itu 4x4 atw bukan.... ya pling pasti sih intip aja gardan dpnnya wkwkkw

*gw g tw ya om waktu gress di jual d showroom aslinya yg F69 memang kluar yg 4x4 atw engga gw masih esde waktu 90an soalnya haha

seri F78 bnyk critanya om....... haha


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
iyah sayang ga di lanjutin, dan ga di remajain. denger2 kabar angin karna daihatsu segmentnya beralih ke compact car , jadi taft yg rada gede ga masuk deh.... tp gtw juga mungkin suhu2 lain ada yg lebih tau?BADAK wrote:Wah bro billy bener2 paham luar dalam neh.
Oiya, cmn pingin menambahkan, buat spec dan tahun pembuatan Taft bisa dilihat disini http://www.oocities.org/taft_id/tentang.htm
Sekalian tanya, knapa Daihatsu tidak melanjutkan produksi Taft yg legendaris ini?
Mungkin tidak harus dgn model yg sama, tp tetap dgn karakter yg tetap "taft".
Sayang jg sebenernya, pdhl ini salah satu produk Daihatsu yg sudah terkenal & legendaris.
klw terios 4x4 g dianggap pengganti taft yah? hehehe



-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
wkwkw poto2 classic, di luar rocky atap yg depan juga bisa dibuka.. ga kaya di sini yg di las mati...Jambangan wrote:INTERMEZZO dikit hehehehe...
demen bgt soalnya ama keluarga taft
tapi paling demen sih F78 Rocky kyk punya om billy![]()
ini F78 yg waktu itu mau dijual di forum sebelah itu ya om??
yg ori itu??

yg d luar turbo diesel DL62 pula...... tu engine termasuk ngacirr dan bandel sayang g sempet d jual disini. klw tu engine masuk uda g ada crita taft lemot hehe..
iya yg di sebelah uda laku kemarin om, jadi skrng f75 n f78 aja hehe



-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Wuih. Uda lama ga liat TAFT. Ane ingat banget sama bentuk velg nya. Tapi begitu ganti ban, siap2 keringatan dan tangan gemetar. Berat banget oi. Apa dari baja tulen ya itu velg? Ane bolak balik nge ban sama TAFT bokap. Hahahaha...
Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
bagus juga nih trit-nya, malah ane yg jadi tertarik yah....
Eh emang body Taft seberapa tipis sih? kok keliatannya kokoh gitu, apa karena kotak ya?

Eh emang body Taft seberapa tipis sih? kok keliatannya kokoh gitu, apa karena kotak ya?

If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
umm yaa 11 12 ama mbl jepang kelas menengah di jamanya om....Harchi wrote:bagus juga nih trit-nya, malah ane yg jadi tertarik yah....![]()
Eh emang body Taft seberapa tipis sih? kok keliatannya kokoh gitu, apa karena kotak ya?



-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
berat belokinnya? Powersteeringnya taft memang rada lemah sih, apalagi yg F78 wew..... hehemadcat015 wrote:Wuih. Uda lama ga liat TAFT. Ane ingat banget sama bentuk velg nya. Tapi begitu ganti ban, siap2 keringatan dan tangan gemetar. Berat banget oi. Apa dari baja tulen ya itu velg? Ane bolak balik nge ban sama TAFT bokap. Hahahaha...

pelek oem yg kaleng beraaatt memang haha


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Berat kl mw ganti, tukar, atau rotasi ban om billy. Tp memang, kalo putar setir lumayan berat juga. Makanya ane thumbs up kl liat cewe nyetir TAFT.
Gila ya, velg kaleng aja beratnya ampun2 gitu.
Gila ya, velg kaleng aja beratnya ampun2 gitu.
Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
hehe iya om, berat sekalian olah raga klw ganti ban... hahamadcat015 wrote:Berat kl mw ganti, tukar, atau rotasi ban om billy. Tp memang, kalo putar setir lumayan berat juga. Makanya ane thumbs up kl liat cewe nyetir TAFT.
Gila ya, velg kaleng aja beratnya ampun2 gitu.
ade gw cewe sehari harinya pke taft f75 ban 31 hehe
kata ade gw malah lebih gampang nyupirinnya di banding jazz/swift dll.... karna mesinya ga gampang mati, klw mw mati juga kerasa, sudut pandang luas, klw parkir ga tkt bemper kena pembatas parkiran atw trotoar hehehe dan ga d sedek angkot n motor haha

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Tanya Daihatsu Feroza/Taft
Meme ane dulu belajar mobil pake TAFT itu. Ga pernah mati mesin. Ane kasi CityZ ane, eh, malah mati mesin trus. Akhirnya beliin mobil matik buat dia dah. Hahaha...billyd1773dz wrote:hehe iya om, berat sekalian olah raga klw ganti ban... hahamadcat015 wrote:Berat kl mw ganti, tukar, atau rotasi ban om billy. Tp memang, kalo putar setir lumayan berat juga. Makanya ane thumbs up kl liat cewe nyetir TAFT.
Gila ya, velg kaleng aja beratnya ampun2 gitu.
ade gw cewe sehari harinya pke taft f75 ban 31 hehe
kata ade gw malah lebih gampang nyupirinnya di banding jazz/swift dll.... karna mesinya ga gampang mati, klw mw mati juga kerasa, sudut pandang luas, klw parkir ga tkt bemper kena pembatas parkiran atw trotoar hehehe dan ga d sedek angkot n motor haha
Bener bos billy, asyik kalo setir TAFT. Kerasa aman dan kayak nyetir tank. Ane pernah dipotong jalur sama angkot gila. Dia dari kiri ke kanan. Bumper ane pake plat bordes, cuek aja, malah ane gas tuh TAFT. Benturan daaaaan, bumper tuh angkot lepas. Ane cuek aja menggelinding. Supirnya ga berani marah.

Cuman, karena profil ban segede gaban, radius putarnya gede banget.

Obey the mahakitteh. 
