Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
supaya jelas apa itu roller rocker arm ini ane kasih gambarnya
jadi bagian dari pelatuk katup yg bersinggungan dengan Cam itu ada bearing-nya.
Valvetrain Roller rocker bisa menggunakan oli dgn kadar ZDDP rendah 800 ppm spt API SM / ACEA C3
Kalo bukan roller rocker maka ZDDP minimal sebaiknya 1000 an ppm spt API SL / ACEA A3 / B4 / MB 229.x
Utk oli API SN walau konon ZDDP nya 800 ppm tetapi ada fitur Phosphorous retention aka kadar antiwear harus tetap bertahan seiring bertambahnya Km, juga yg ane perhatikan oli oli API SN banyak juga yg menggunakan kombinasi antiwear semisal ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat lain spt Mo / Bo / Liquid Ti sehingga total antiwearnya mencapai 1000 ppm, tapi ini kebijakan masing2 produsen beda2 maka itu ada baiknya dicari data lengkapnya dahulu.
Turboman wrote:supaya jelas apa itu roller rocker arm ini ane kasih gambarnya
jadi bagian dari pelatuk katup yg bersinggungan dengan Cam itu ada bearing-nya.
Valvetrain Roller rocker bisa menggunakan oli dgn kadar ZDDP rendah 800 ppm spt API SM / ACEA C3
Kalo bukan roller rocker maka ZDDP minimal sebaiknya 1000 an ppm spt API SL / ACEA A3 / B4 / MB 229.x
Utk oli API SN walau konon ZDDP nya 800 ppm tetapi ada fitur Phosphorous retention aka kadar antiwear harus tetap bertahan seiring bertambahnya Km, juga yg ane perhatikan oli oli API SN banyak juga yg menggunakan kombinasi antiwear semisal ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat lain spt Mo / Bo / Liquid Ti sehingga total antiwearnya mencapai 1000 ppm, tapi ini kebijakan masing2 produsen beda2 maka itu ada baiknya dicari data lengkapnya dahulu.
CMIIW
oohh,,berarti gambar yg ane attached barusan bener yah flat-tapped coz ane ga liat ada bearing yg Pak TM sebut diatas,,
sebenernya kemaren juga berusaha nyari googling H-tech 5w-30 ni referrence-nya ke standard apa tapi lum ketemu,,kebelet ganti oli,,hehey,,next time ane carilah,,
btw kemaren sempet nguber fastron gold 5w-30 SN susah bener carinya, beberapa SPBU ama olimart ane masuk ga ada stok,,ntr coba ke spbu yg kode 31 coba kali2 ada,,
Turboman wrote:
Oli ini buat break in aja........hahahahaah
buat selepas 5000 Km cari oli 5W30 yg Full Synth lah kalo mau enak
siap om turbo
Dyarz_ wrote:@Om Turbo SHU AB nyari dimana lagi ya yang murah ?
di DTMF (Sanjaya) yang ada cman SAE 5W40
di forum sebelah ada yg jual tuh om
harganya berkisar 125rb/liter
kalo per karton (isi 12 liter) berkisar 1,440 jt/karton
btw SHU 5W-30 & SHU AB 5W-30 itu sama ga sih??
Sebelah mana yak, dapetnya yg harga 160 rb
PM aja kalo boleh
thank
Last edited by Dyarz_ on Tue Jan 01, 2013 0:48, edited 1 time in total.
Turboman wrote:SHU 5W30 konon pengganti SH AB 5W30, tapi feeling saya sih isinya sama.
Kalo di DTMF cari SHU / SHU AB 5W30 = toko Graha Sakti, sebelah BCA - DTMF.
oke thank, Oom.
Graha sakti itu bengkel juga ya ?
massgawat wrote:
Turboman wrote:supaya jelas apa itu roller rocker arm ini ane kasih gambarnya
jadi bagian dari pelatuk katup yg bersinggungan dengan Cam itu ada bearing-nya.
Valvetrain Roller rocker bisa menggunakan oli dgn kadar ZDDP rendah 800 ppm spt API SM / ACEA C3
Kalo bukan roller rocker maka ZDDP minimal sebaiknya 1000 an ppm spt API SL / ACEA A3 / B4 / MB 229.x
Utk oli API SN walau konon ZDDP nya 800 ppm tetapi ada fitur Phosphorous retention aka kadar antiwear harus tetap bertahan seiring bertambahnya Km, juga yg ane perhatikan oli oli API SN banyak juga yg menggunakan kombinasi antiwear semisal ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat lain spt Mo / Bo / Liquid Ti sehingga total antiwearnya mencapai 1000 ppm, tapi ini kebijakan masing2 produsen beda2 maka itu ada baiknya dicari data lengkapnya dahulu.
CMIIW
oohh,,berarti gambar yg ane attached barusan bener yah flat-tapped coz ane ga liat ada bearing yg Pak TM sebut diatas,,
sebenernya kemaren juga berusaha nyari googling H-tech 5w-30 ni referrence-nya ke standard apa tapi lum ketemu,,kebelet ganti oli,,hehey,,next time ane carilah,,
btw kemaren sempet nguber fastron gold 5w-30 SN susah bener carinya, beberapa SPBU ama olimart ane masuk ga ada stok,,ntr coba ke spbu yg kode 31 coba kali2 ada,,
maturnuwun pak TurboMan
kalo H-tech 5w-30 sih kemaren liat di TODA udah SN, soalnya sebelumnya mau pake ini juga,
tapi malah milih yang Kendall
bro turbo kalo oli mineral dgn spek ini bisa buat masa break-in honda R20A ga??
TECHNICAL DATA :
API SM/CF
Viscosity grade : SAE J300 10W-40
Density at 15 °C : ASTM D4052 0.876 g/cm³
Viscosity at 100 °C : ASTM D445 14.7 mm²/s
Viscosity at 40 °C : ASTM D445 100.9 mm²/s
Viscosity index : ASTM D2270 152
Flash point : ASTM D92 235 °C
Pour point : ASTM D97 -36 °C
TBN : ASTM D4739 6.4 mg KOH/g
ane liat disini kok TBN nya rendah bgt ya tapi viscosity index nya agak tinggi hampir menyamai oli semi synthetic
menurut bro turbo gmn soalnya ane lebih sreg sama oli buntut 40
Malam master turboman.
Misi mau minta wejangan, mobil saya crv 2.0 A/T baru sampe 1000km pertama. Pas nanti servis gratis pertama perlu ganti oli gak? Lalu oli merek apa yg bgus dan cocok ama mesin crv 2.0 A/T ya?
Lalu ada seller online gak utk oli yg master turboman rekomen?
Mecloude wrote:Malam master turboman.
Misi mau minta wejangan, mobil saya crv 2.0 A/T baru sampe 1000km pertama. Pas nanti servis gratis pertama perlu ganti oli gak? Lalu oli merek apa yg bgus dan cocok ama mesin crv 2.0 A/T ya?
Lalu ada seller online gak utk oli yg master turboman rekomen?
udh pernah dibahas nih om di page 25 ane yg nanya soalnya
om turboman nyaranin pake ini :
kalo mau beli di TODA atau seller online. ane pernah nemu seller online oli ini
ini om : http://www.ceriwis.com/kendaraan-roda-4 ... -anda.html
Jambangan wrote:bro turbo kalo oli mineral dgn spek ini bisa buat masa break-in honda R20A ga??
ane liat disini kok TBN nya rendah bgt ya tapi viscosity index nya agak tinggi hampir menyamai oli semi synthetic
menurut bro turbo gmn soalnya ane lebih sreg sama oli buntut 40
Biasanya oli oli 10W-40 itu semi synth, jarang sekali / hampir gak ada yg full mineral group 2
Btw mau pakai 10W40 apa CR-V nya bakal dimuatin 5 orang + barang banyak terus atau rencana mau dipasangin Supercharge / Turbo kit ?
Kalau jarang dibebani dan mesin std aja saya pribadi lebih suka oli 5W30 / 0W30, alasannya :
- Saat suhu panas kekentalan sama spt oli SAE 30 lurus
- Di buku manual diijinkan oli 0W30 utk ambient temp sampai 35 - 40 deg C.
R20A saya selama 5 tahun lebih selalu pakai 5W30 / 0W30, udah coba aneka merek & mesin sgt cocok dgn oli buntut 30, ditandai dengan suara mesin yg halus.
Di US mesin2 Honda yg NA dikasihnya malah oli 5W20 termasuk penggunaan saat musim panas (summer)
Mecloude wrote:Malam master turboman.
Misi mau minta wejangan, mobil saya crv 2.0 A/T baru sampe 1000km pertama. Pas nanti servis gratis pertama perlu ganti oli gak? Lalu oli merek apa yg bgus dan cocok ama mesin crv 2.0 A/T ya?
Lalu ada seller online gak utk oli yg master turboman rekomen?
Kalau mau bagus yah oli mesin diganti.
Buat break in pakai idemitsu 10W30 atau Petronas Syntium 800 10w30 bisa
selepas 5000 Km bebas mau pakai oli semi / full synth apa aja, sgt direkomendasikan oli buntut 30
Turboman wrote:
Biasanya oli oli 10W-40 itu semi synth, jarang sekali / hampir gak ada yg full mineral group 2
Btw mau pakai 10W40 apa CR-V nya bakal dimuatin 5 orang + barang banyak terus atau rencana mau dipasangin Supercharge / Turbo kit ?
Kalau jarang dibebani dan mesin std aja saya pribadi lebih suka oli 5W30 / 0W30, alasannya :
- Saat suhu panas kekentalan sama spt oli SAE 30 lurus
- Di buku manual diijinkan oli 0W30 utk ambient temp sampai 35 - 40 deg C.
R20A saya selama 5 tahun lebih selalu pakai 5W30 / 0W30, udah coba aneka merek & mesin sgt cocok dgn oli buntut 30, ditandai dengan suara mesin yg halus.
Di US mesin2 Honda yg NA dikasihnya malah oli 5W20 termasuk penggunaan saat musim panas (summer)
ga sih om. Cuma dipake sekitar kota bekasi aja buat nyokap nganter jemput adek ane ke sekolah hehe..
Sekali2 dipake ke jakarta
Pertimbangan ambil buntut 40 soalnya nyari buntut 30 yg mineral di bekasi agak susah om di toko oli yg bonafit
Kalo beli di jakarta kejauhan. Cuma buat beli oli doang hehe..
Kalo ke beres honda males antrinya & trauma kek di beres di suzuki dikasih engine flush
Trus pengalaman di beberapa mobil dikasih buntut 30 suara mesin agak kasar walaupun tarikan enak. Termasuk waktu swift ane pake oli SGO 5W-30. Penguapan agak cepat jg. 3000 KM volume oli berkurang tinggal 80% dilihat dari dipstick
oh iya semua mobil di rumah ane pake oli buntut 40 semua om jadi udh biasa pake buntut 40 hehe..
Turboman wrote:Kalo SGO 5W30 yahh jangan dibandingin ama 5W30 yg kelas menengah atas....heheheheheh
om turbo, ane abis baca2 di forum sebelah dijelasin viscosity cSt semakin kecil angkanya maka semakin kecil pula daya gesek yg terjadi. Dan lazimnya makin kecil angka SAE Grade-nya juga makin kecil pula angka cSt-nya
berarti oli encer lebih baik dong dibanding oli kental om??
emang rata2 ane liat yg SAE Grade nya encer biasanya cSt nya jg kecil
duh jadi galau nih milih oli yg pas
Turboman wrote:Kalo SGO 5W30 yahh jangan dibandingin ama 5W30 yg kelas menengah atas....heheheheheh
om turbo, ane abis baca2 di forum sebelah dijelasin viscosity cSt semakin kecil angkanya maka semakin kecil pula daya gesek yg terjadi. Dan lazimnya makin kecil angka SAE Grade-nya juga makin kecil pula angka cSt-nya
berarti oli encer lebih baik dong dibanding oli kental om??
emang rata2 ane liat yg SAE Grade nya encer biasanya cSt nya jg kecil
duh jadi galau nih milih oli yg pas
Paling benar lihat buku manual aja yg chart garis itu, utk ambient temp tempat tinggal kita SAE ter-encer berapa yg masih diijinkan, nah pilihlah yg terencer utk "best performance & efficiency"
Mesin2 Honda generasi baru diijinkan sampai 0W30 utk ambient suhu spt Jkt, ane pernah 2X pakai 0w30 :
- Agip Sint Evolution
- Yacco VX 2000
Dan sangat enak, suara mesin juga tetap halus saat digeber ke RPM tinggi
Percaya / enggak, di R20A antara oli 5W30 dan 0w30 bisa kerasa bedanya, pake 0W sedikit lebih enteng, berarti memang mesin ini didisain utk menggunakan oli encer.
Beda dengan D4 D yg idealnya pakai oli buntut 40 atau buntut 30 yg HTHS 3.5 alias 30 kental, kalau pakai oli HTHS 3.2 suara mesin jadi berisik.
Bekasi mah deket om, ke DTMF tinggal naek tol JORR en ke arah Fatmawaty. Bbrp teman saya dr Bandung aja rela beli oli bagus ke Jkt en sekali beli sedus / 2 dus.......ehheheheheeh
Turboman wrote:
Paling benar lihat buku manual aja yg chart garis itu, utk ambient temp tempat tinggal kita SAE ter-encer berapa yg masih diijinkan, nah pilihlah yg terencer utk "best performance & efficiency"
Mesin2 Honda generasi baru diijinkan sampai 0W30 utk ambient suhu spt Jkt, ane pernah 2X pakai 0w30 :
- Agip Sint Evolution
- Yacco VX 2000
Dan sangat enak, suara mesin juga tetap halus saat digeber ke RPM tinggi
Percaya / enggak, di R20A antara oli 5W30 dan 0w30 bisa kerasa bedanya, pake 0W sedikit lebih enteng, berarti memang mesin ini didisain utk menggunakan oli encer.
Beda dengan D4 D yg idealnya pakai oli buntut 40 atau buntut 30 yg HTHS 3.5 alias 30 kental, kalau pakai oli HTHS 3.2 suara mesin jadi berisik.
Bekasi mah deket om, ke DTMF tinggal naek tol JORR en ke arah Fatmawaty. Bbrp teman saya dr Bandung aja rela beli oli bagus ke Jkt en sekali beli sedus / 2 dus.......ehheheheheeh
iya deh kyknya buntut 30 aja nih om
besok rencana mo muter2 nyari oli. iya sih ke fatmawati ga gitu jauh haha..
boleh jg tuh bsk disambangi
langsung pake full syn aja ga masalah kan om??
kandidat ane total quartz 9000 future 5W-30 API SN/ILSAC GF-5 ama motul h-tech 100 plus 5W-30 API SN/ILSAC GF-5
Jambangan wrote:
besok rencana mo muter2 nyari oli. iya sih ke fatmawati ga gitu jauh haha..
boleh jg tuh bsk disambangi
langsung pake full syn aja ga masalah kan om??
kandidat ane total quartz 9000 future 5W-30 API SN/ILSAC GF-5 ama motul h-tech 100 plus 5W-30 API SN/ILSAC GF-5
lapor om turbo
akhirnya tadi ane jadi jg ganti oli CRV ortu ane pake oli encer. olinya pake motul h-tech 100 plus 5w-30 API SM/CF (stok lama nih keknya soalnya yg API SN dah ada tapi nilai TBN & Viscosity Index-nya malah turun makanya ane pilih yg API SM aja) beli di shop & drive (gile di S&D makin lama makin mahal aja olinya)
pemakaian ideal sampe brp bulan nih om??
soalnya ini mobil cuma dipake jarak deket jadi paling setaun ga nyampe 10rb KM
thx om jawabannya
lapor om turbo
akhirnya tadi ane jadi jg ganti oli CRV ortu ane pake oli encer. olinya pake motul h-tech 100 plus 5w-30 API SM/CF (stok lama nih keknya soalnya yg API SN dah ada tapi nilai TBN & Viscosity Index-nya malah turun makanya ane pilih yg API SM aja) beli di shop & drive (gile di S&D makin lama makin mahal aja olinya)
pemakaian ideal sampe brp bulan nih om??
soalnya ini mobil cuma dipake jarak deket jadi paling setaun ga nyampe 10rb KM
thx om jawabannya
Namanya juga S & D.....hahahahahah
Pake 7000 an Km boleh, tapi kalo Honda khan selama garansi mesti ganti oli tiap 5000 Km ?
Turboman wrote:
Namanya juga S & D.....hahahahahah
Pake 7000 an Km boleh, tapi kalo Honda khan selama garansi mesti ganti oli tiap 5000 Km ?
om kalo ganti tiap 6 bulan gmn menurut om??
soalnya ini mobil cuma dipake jarak pendek ama nyokap jadi kyknya 6 bulan jg ga nyampe 7000 KM hehe...
kalo kata SAnya beres pas servis 1000 KM sih balik lagi pas 10rb KM om. Jadi ga perlu diganti pas 5000 KM
kalo oli bawaan pabrik diganti pas 10rb KM dah kek gmn tuh ya kondisinya
utk oli kelas 5-30... sudah beberapa merek ane cobain, rata2 utk yg branded non oem kualitas nya jg cukup memuaskan... namun kesimpulan yg ane rasakan scara "butt o meter" (ala om turbo) ialah ada harga ada kualitas... utk kelas ini, oli honda dan SGO yg 5-30 ane masukan dalam kategori "not worth to buy"... scara utk harga jg di atas oli semi syn tapi kualitas ga beda jauh ama semi syn... ane coba di lipina dan kaleng ane, kedua oli tsb bgt masuk 3000-4000an km, penurunan performa uda terasa banget... mesin gampang terdengar glitik, dan suara mesin jg uda kasar banget.. sdgkan utk oli2 merek laen yg ane coba sperti motul h-tec, q8 excel, special dan kendall.. rata2 masi enak dipake padahal odo uda tembus 5000an km...
ada oli oem yg bkin ane pengen coba... oli nya mazda tuh.. harga denger2 100an lebi dikit.. tapi aseli dari japan... kapan2 cobain ahh..
DOHC wrote:utk oli kelas 5-30... sudah beberapa merek ane cobain, rata2 utk yg branded non oem kualitas nya jg cukup memuaskan... namun kesimpulan yg ane rasakan scara "butt o meter" (ala om turbo) ialah ada harga ada kualitas... utk kelas ini, oli honda dan SGO yg 5-30 ane masukan dalam kategori "not worth to buy"... scara utk harga jg di atas oli semi syn tapi kualitas ga beda jauh ama semi syn... ane coba di lipina dan kaleng ane, kedua oli tsb bgt masuk 3000-4000an km, penurunan performa uda terasa banget... mesin gampang terdengar glitik, dan suara mesin jg uda kasar banget.. sdgkan utk oli2 merek laen yg ane coba sperti motul h-tec, q8 excel, special dan kendall.. rata2 masi enak dipake padahal odo uda tembus 5000an km...
ada oli oem yg bkin ane pengen coba... oli nya mazda tuh.. harga denger2 100an lebi dikit.. tapi aseli dari japan... kapan2 cobain ahh..
SGO menurut ane jg kurang bro
suara mesin jadi kasar cepet nguap jg walaupun ga parah. 3000 KM volume oli tinggal 80% dari batas FULL. ane pake di swift ST harian ane jarak tempuh harian 60 KM PP
akhirnya ganti ke 10-40 kebiasaan di mobil lama haha...
btw SGO ini aslinya merek apa sih bro??
kalo pengalaman ane pake motul dulu di mobil yg lama dicekokin motul mulu tiap servis di beres pakenya motul multi power plus 10-40 sejak servis pertama 1000 KM
ganti tiap 5000 KM. filter ganti tiap 10rb KM
yg ane perhatiin kok udh 5000 KM msh bersih aja ya tuh oli kek ga ada daya cleansing nya??
trus pas jarak tempuh 57rb Km ane ganti di S&D pake mobil super 2000 X2 10-40 (saran dari forum sebelah) pas 5000 KM pasti udh kotor tuh oli membuktikan daya cleansing nya bagus
mudah-mudahan motul h-tech 100 plus 5-30 lebih bagus kualitasnya soalnya baru pertama pake nih
SGO ane ga tau blending dr merek apa... tp yg ane coba sehh ga begitu bagus... mirip honda oil karakter nya... penguapan tinggi dan degradasi performa nya cepet... kalo honda oil katanya sehh rebranding dari idemitsu oil... ane pake kedua oli tsb, tiap 1000an km pasti nambah bisa 300-400an cc oli... padahal kalo merek2 lain nya utk kelas 5-30.. rata2 cuma nambah 100an cc utk 1000 km...
motul h-tec ane coba di ipah ane dulu sehhh enakk... gelitik ampir ga kedengeran, performa jg ckup bagus... bahkan penguapan ckup minim padahal ipah ane uda uzur dgn odo diatas 100 rebu km.. demikian jg kendall dan Q8 yg ane coba.. tp semua oli2 5-30 branded non oem yg ane coba... rata2 performa nya uda mulai drop di 7000an km... glitik mesin uda mulai terdengar, suara mesin kasar... rasa2 nya kalo utk pemakaian dalkot yg super macet dan bensin premium busuk yahhh ane ga brani sehh ampe 10000 km... 7000an km pasti ane uda ganti...
nugroho bagor wrote:Jadi penasaran sama motul h-tech 100 plus 5-30
enak juga kok..., sebelum pakai fastron gold, saya pakai ini
pertimbangannya ganti waktu itu, yg h-tech masih SM, Fastron Gold sudah SN dan dari harganya yg Fastron Gold lebih kompetitif
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Report sedikit nih oli motul h-tech 100 plus 5-30
Tadi ane coba buat ke bandara jemput ortu. Bekasi - SHIA 110 KM PP
Mantap nih oli tarikan jadi enteng, buat nyalip enak bgt trus suara mesin halus bgt. Emang bener kata om turbo mesin honda R20A cocoknya pake oli encer
Cruising 80-90 kpj suara mesin nyaris ga kedengaran hehe...
ternyata ga salah pilih ane pake oli ini hehe..
FC dilihat dari MID berkisar 1:12.3-13.0 (jalanan lumayan lancar)
oh iya ini mobil dipake cuma jarak pendek om mungkin sebaiknya ganti oli tiap 6 bulan sekali aja kali ya?? Soalnya kalo ngikutin jarak tempuh bisa lama bgt gantinya
Jambangan wrote:Report sedikit nih oli motul h-tech 100 plus 5-30
Tadi ane coba buat ke bandara jemput ortu. Bekasi - SHIA 110 KM PP
Mantap nih oli tarikan jadi enteng, buat nyalip enak bgt trus suara mesin halus bgt. Emang bener kata om turbo mesin honda R20A cocoknya pake oli encer
Cruising 80-90 kpj suara mesin nyaris ga kedengaran hehe...
ternyata ga salah pilih ane pake oli ini hehe..
FC dilihat dari MID berkisar 1:12.3-13.0 (jalanan lumayan lancar)
oh iya ini mobil dipake cuma jarak pendek om mungkin sebaiknya ganti oli tiap 6 bulan sekali aja kali ya?? Soalnya kalo ngikutin jarak tempuh bisa lama bgt gantinya
Alo bro pake motul juga ya hehehe gak jadi pake idemitsu dulu ampe 5rb-km baru ganti? Hehee langsung hajar dah : ) beli berapa duit? Gue 4liter 400rb, beli ama beres honda.
Sejak pake motul 5w-30 yg terasa utk nubie ini, tarikan bawah lebih responsif, tp suara mesin "kyk" nah agak sedikit terdengar, kalo average fuel gak merasa ada lebih hemat *sejak pertama keluar showroom sampe skrg slalu minum pertamax+ *.
Iya org honda bil nanti 5000km dtg lagi ganti oli. Pdhl dulu corolla ama kijang gue gak pernah segitu care nah hehe.