Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by maxx »

endrow82 wrote:Dimensi in mm (Panjang x Lebar x Tinggi):
ANJ RS : 3920 x 1695 x 1525
Mirage : 3710 x 1665 x 1500.

Dari segi dimensi masih menang ANJ, mestinya kabih ANJ lebih besar dari Mirage.


Wheelbase in mm( Jarak sumbu roda depan dan belakang) --> jadiin patokan aja untuk ukuran kelegaan 1st row dan 2nd row.
ANJ RS : 2500
Mirage : 2450 (lebih pendek 5cm :wkkk: )

Kesimpulan sementara:
Kayanya tempat duduk mirage lebih pendek dari anj, makanya mirage terasa lebih lega, padahal ukuran nya hampir sama :mky_04:
lebih mirip ukuran yaris kalo panjangnya 3.7m, Yaris maksimalisasi space cabin dg engine size kecil dan bagasi secukupnya.
Japs mmg size mesinnya kecil2 ... itu mesin Yaris jg dipertahankan terus dipakai, sptnya nanti yaris barupun masih pakai mesin yg sama.
engine size pengaruh banget u/ maksimalisasi cabin space, sudah terlihat trend ke depannya pakai compact engine size mjd fokus utama, .. u/ mobil2 brand eropa u/ city car arahnya cc kecil cuma 1000cc + turbo, termasuk ford eco boost dan mesin2 vw.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by maxx »

http://www.dapurpacu.com/mitsubishi-pak ... ng-akurat/
TANJUNG BENOA [DP] — Mitsubishi Mirage kembali diuji kemampuannya untuk membuktikan sebagai mobil dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit. Pengujian dilakukan dengan melibatkan sebuah lembaga akademik dari Fakultas Tehnik, Universitas Indonesia (UI).
Dengan mengambil tema Rainbow in Paradise, Mirage Eco-Smart Drive-The Reality Challenge, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengajak sejumlah jurnalis untuk menjadi pelaku dan saksi pengujian yang menggunakan standar baru pengukuran konsumsi BBM paling akurat.
“Mitsubishi telah berani melakukan pengukuran akurat Full to Full bekerja sama dengan Universitas Indonesia.” tutur Rizwan Alamsjah, Executive Director KTB, di sela sela acara yang berlangsung di Bali, 9-12 Desember.
Rizwan juga menegaskan, sebelumnya Mitsubishi Mirage telah diuji secara Full to Full beberapa waktu lalu dengan rute dari Markas KTB di kawasan Pulomas, Jakarta Timur menuju Proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa barat, dengan jarak tempuh 65 km.
“Hasilnya sungguh fantasis, 44,38 km/liter untuk transmisi manual dan 37,19 km/l untuk matik.” sebut Rizwan.
Untuk itulah KTB melakukan pengujian kembali konsumsi bahan bakar Mirage secara realistis dengan mengemudi secara eco atau hemat untuk mendapatkan hasil yang real.
15 unit Mitsubishi Mirage disiapkan dalam pengujian yang melibatkan 30 jurnalis dan mantan juara dunia Reli Dakar, Hiroshi Masuoka, yang kini aktif mengajak para pengemudi mobil agar berkendara secara eco atau hemat.
Rute pengujian berjarak 170 km melalui berbagai medan jalan perkotaan, pesisir pantai dan perbukitan. Etape pertama mengambil start dari Tanjung Benoa-Kuta-Sanur-Padang Bai-Candisasa. Di pesisir pantai ini para peserta pengujian beristirahat untuk makan siang. Kesempatan ini juga diambil para jurnalis untuk mengambil foto Mirage dengan latar belakang laut.
Etape kedua dilanjutkan dengan rute yang mendaki, Candidasa-Klukung-Gianyar-Sukawati-Sanur-Kuta-Tanjung Benoa.
Metode pengukuran yang dilakukan oleh team dari UI tidak hanya pengisian ulang bahan bakar dengan gelas ukur yang dilakukan seperti yang biasa dilakukan saat pengukuran Full to Full. Namun, banyak prosedur data pengukuran yang harus dilalui.
Konsumsi bahan bakar total (Liter), Jarak tempuh (km), Waktu tempuh (jam), Temperatur bahan bakar (Celcius), Temperatur ambient (Celcius), Tekanan barometrik (kPa), Tekanan ban (Psi) dan Total berat badan penumpang minimal 136 kg.
Dalam pengukuran ini, UI mengacu pada standar SAE J1082-200802 yang bertujuan untuk memperoleh data konsumsi bahan bakar antar kendaraan atau cara berkendara yang digunakan. Standar ini mengatur pengukuran konsumsi bahan bakar untuk kendaraan ringan.
Proses pengisian Full to Full dilakukan dengan cara mengenjot mobil agar bahan bakar terisi penuh dan tidak ada udara yang terperangkap. Untuk memastikan proses ini, bahan bakar yang telah terisi pada tanki ditunggu selama 30-60 menit. Jika tidak terjadi penurunan maka tangki telah full.
Sebelum melakukan pengisian, tim UI telah membuatkan skema tanki bahan bakar Mirage yang berbentuk seperti dalam foto. Dimana bentuk tanki ini memungkinkan adanya udara terperangkap jika tidak dilakukan genjotan pada saat pengisian.
Pengisian kembali bahan bakar dilakukan kembali setelah Mirage finish di etape kedua. Kemudian dilakukan proses Cooling Down kendaraan selama beberapa jam, untuk membiarkan volume bahan bakar yang ada di dalam tanki menjadi stabil dan tidak mengembang karena masih panas, yang akan menyebabkan ketidak akuratan pengukuran.
Tim UI ini bekerja keras selama kurang lebih 12 jam untuk melakukan pengukuran terhadap 6 Mirage GLX, 5 Mirage GLS dan 4 Mirage tipe Exeed CVT, yang ditumpangi tiga orang tiap mobilnya saat dikendarai.
Dari hasil pengukuran tercatat konsumsi bahan Mirage transmisi manual sebesar 18,90 km/l dan 21,93 km/l diperoleh Mirage transmisi matik.
“Hasil pengukuran ini dapat dipercaya dan dipertanggungjawaban secara ilmiah.” kata Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng, Dekan Fakultas Tehnik UI yang hadir saat malam pengumuman hasil pengukuran di Grand Mirage Resort, Tanjung Benoa, Bali, (11/12).
Menurutnya, metode pengukuran BBM ini adalah yang paling akurat dan metode ini baru pertama kali diaplikasikan pada Mitsubishi Mirage, kendaraan lain belum ada yang menggunakannya
FANTASTIS YA... tp real sebenernya berapa u/ pemakaian dalkot jkt? ga usah pakai metode gini gitu deh... real pakai normal hari2 jkt brp? apa bener bisa Mirage transmisi manual sebesar 18,90 km/l dan 21,93 km/l di Mirage transmisi matik??
kalo realnya ga dapat bisa2 nanti di tuntut lagi di pengadilan kalo dicantumkan pd iklan di koran.. he he he... :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by y_anjasrana »

klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by mr-saga »

y_anjasrana wrote:klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
ane sependapat dg ente om... :big_peace:

masukin ke daftar perburuan jg ah :ngacir:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by RVR »

mr-saga wrote:
y_anjasrana wrote:klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
ane sependapat dg ente om... :big_peace:

masukin ke daftar perburuan jg ah :ngacir:
makin rame nih
pelan tapi pasti
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by endrow82 »

Kalo di iklan dia cuman nonjolin radius putar (4.4m), kabin yang lebih lega, dan banyak variasi warna. Kalo fc kalo ngakunya 1:18, realitas fc biasanya ujung2nya di 1:12.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by maxx »

y_anjasrana wrote:klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
Jadi FC "real" dalkot JKT brp nih om? ... saya ga percaya articel atau uji coba irit majalah, .. lebih percaya dari owner yg sudah pakai dalkot jkt sebenarnya

ga smp 900kg ... hmmm.... itu platnya tipis pastinya u/ reduce bobot mobil, ... peredaman bgmn om? biasanya kalo ngejar ringan byk yg dikorbankan u/ sisi kenyamanan dan kualitas bahan digunakan lebih tipis u/ mengurangi bobot mobil.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by RVR »

maxx wrote:
y_anjasrana wrote:klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
Jadi FC "real" dalkot JKT brp nih om? ... saya ga percaya articel atau uji coba irit majalah, .. lebih percaya dari owner yg sudah pakai dalkot jkt sebenarnya

ga smp 900kg ... hmmm.... itu platnya tipis pastinya u/ reduce bobot mobil, ... peredaman bgmn om? biasanya kalo ngejar ringan byk yg dikorbankan u/ sisi kenyamanan dan kualitas bahan digunakan lebih tipis u/ mengurangi bobot mobil.
Saya udah pake 2 bulanan (matic)
Sekarang udah 5000an km
Karena enak dibejek kalo masuk tol jadi bawaannya pengen nyodok aja (pagi, berangkat kerja)
Pemakaian riil dalkot kalo pulang kerja rute cemp.putih cibubur masuk tol langsung ngrambat sampai jagorawi
Dapetnya 14an km/l, ngukurnya full ke full
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by RVR »

RVR wrote:
maxx wrote:
y_anjasrana wrote:klu baca artikel bisa sampe 40km/l. tp mitsu sepertinya ga cantumin konsumsi di iklan. yg diandalkan space yg besar dan fitur. yg jelas klu bisa irit seperti itu salah satu faktornya berat bodynya yg paling ringan, ga sampe 900kg. beda ma produk kompetitornya yg lebih berat tp ngaku irit di iklannya.
Jadi FC "real" dalkot JKT brp nih om? ... saya ga percaya articel atau uji coba irit majalah, .. lebih percaya dari owner yg sudah pakai dalkot jkt sebenarny.
ga smp 900kg ... hmmm.... itu platnya tipis pastinya u/ reduce bobot mobil, ... peredaman bgmn om? biasanya kalo ngejar ringan byk yg dikorbankan u/ sisi kenyamanan dan kualitas bahan digunakan lebih tipis u/
mengurangi bobot mobil.
Saya udah pake 2 bulanan (matic)
Sekarang udah 5000an km
Karena enak dibejek kalo masuk tol jadi bawaannya pengen nyodok aja (pagi, berangkat kerja)
Pemakaian riil dalkot kalo pulang kerja rute cemp.putih cibubur masuk tol langsung ngrambat sampai jagorawi
Dapetnya 14an km/l, ngukurnya full ke full
Oo ya
Kondisi di atas saya udah ganti velg 15" & ban jadi 175/55/15, sekitar 2% lebih besar dari aslinya 165/65/14
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by y_anjasrana »

jagorawi - cempaka putih dpt 14km/l? hebat jg ya.. setau ane jalur itu padat bgt.

btw utk peredaman waktu ane test drive sepertinya kurang kedap. ane sempat tahan di rpm tinggi, bunyi mesin terdengar jelas di kabin. tp saat mlibas jalan aspal mulus di daerah sektor 9 bintaro, ga bgitu kedengaran bunyi jalan. tp kecepataan saat itu paling2 sekitar 60kpj. klu di atas itu blum tau.

tp sepertinya dgn body ringan, ditambah peredam spertinya ga terlalu masalah.
Accurate V5 Accounting System Consultant
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by RVR »

y_anjasrana wrote:jagorawi - cempaka putih dpt 14km/l? hebat jg ya.. setau ane jalur itu padat bgt.

btw utk peredaman waktu ane test drive sepertinya kurang kedap. ane sempat tahan di rpm tinggi, bunyi mesin terdengar jelas di kabin. tp saat mlibas jalan aspal mulus di daerah sektor 9 bintaro, ga bgitu kedengaran bunyi jalan. tp kecepataan saat itu paling2
sekitar 60kpj. klu di atas itu blum tau.

tp sepertinya dgn body ringan, ditambah peredam spertinya ga terlalu masalah.
Ya betul
Rencana saya juga pengen tambah peredam luar (spray type) & dalam (lembaran/tempel)
Cuma mungkin suspensi perlu tuning dikit, nambah spring buffer aja cukup, biar kalo muatan penuh ga terlalu ambles...
Abis suspensinya lembut banget yak
Enak sih di jl agak rusak
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by mr-saga »

y_anjasrana wrote:jagorawi - cempaka putih dpt 14km/l? hebat jg ya.. setau ane jalur itu padat bgt.

btw utk peredaman waktu ane test drive sepertinya kurang kedap. ane sempat tahan di rpm tinggi, bunyi mesin terdengar jelas di kabin. tp saat mlibas jalan aspal mulus di daerah sektor 9 bintaro, ga bgitu kedengaran bunyi jalan. tp kecepataan saat itu paling2 sekitar 60kpj. klu di atas itu blum tau.

tp sepertinya dgn body ringan, ditambah peredam spertinya ga terlalu masalah.
om, klo selama ini yg ente tau, perangkat peredam ini berat total nya sampe brp kilogram ya?
berat total dari semua bagian yg akan dipasang..
makasi
RVR wrote:Ya betul
Rencana saya juga pengen tambah peredam luar (spray type) & dalam (lembaran/tempel)
Cuma mungkin suspensi perlu tuning dikit, nambah spring buffer aja cukup, biar kalo muatan penuh ga terlalu ambles...
Abis suspensinya lembut banget yak
Enak sih di jl agak rusak
wuiih..dipake utk ngangkut apa aja om kok sampe ambles?hehehe
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by MonSTER_GTR »

berarti karakter suspensi nya mirip GL, bawa koper aja langsung ambles
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by y_anjasrana »

yaa namanya juga city car, bukan truk angkutan yg pake per daon... karakternya dibuat rada soft kyknya. jd klu belok terasa limbung. tp itu bisa diatasi dgn pasang suspensi yg lebih keras. dibuat soft biar nyaman. memang susah cari titik temu keempukkan. dikerasin jd stabil tp ga nyaman. diempukkin jd nyaman tp dibilang limbung. :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by endrow82 »

Ini mirage calon mobil buat modif dan balapan liar, hehehehe...
Kekurangan mirage yang saya rasakan:
1. Kaca spion nya kaga auto lipat
2. Peredaman kurang (perlu extra peredaman)
3. Kaca mobil suka ngembun (ac nya terlalu dingin kayanya?)
4. Kaga auto lock door, jadi harus manual lock nya, dan posisi lock di driver nya sangat2 tidak ergonomic.
5. Saya waktu nyetir kalo saya amati waktu kecepatan di 40km/h dan posisi lepas gas, ini mobil ga tau kenapa susah turun gigi malah nge-gas sendiri berusaha pertahankan kecepatan 40. Jadi mau turun langsung auto gas, kerasa efek sodokan nya, makanya saya bilang ini mobil kaya kuda liar. Harus injak rem baru mau turun gigi :mky_04: . Mungkin ini yang namanya CVT? ato memang ciri kas mirage? Kalo sebelumnya saya pake matic innova yang masih pake trottle by wire jadi kalo pas gas nya di lepas, mobilnya bakal turun pelan-pelan kecepatannya.
6. Transmission nya yang ada tulisan P, D, R, dll kaga menyala, jadi kalo malam ya ga keliatan apa2. Jadi ya harus main feeling dan liat layar monitor di depan driver biar tahu posisi tuas sekarang.
7. Untuk tipe exceed, jika lupa kunci pintu mobil, dia kaga mau auto lock.
8. Pertama kali mo pake mobil, nungguin mesin sampe panas agak lama. Biasa saya pake innova 2 menit mesin udah siap, kalo mirage bisa 3-4 menit baru lampu peringatannya hilang.
9. Lampu dim biasanya kalo mo dim 1x saja cukup tarik tuas kearah driver dan lepas. Kalo mau dim agak lama tuas nya di dorong menjauhi driver dan di tarik ke arah driver untuk mematikannya. Tapi di mirage cuman bisa 1 mode aja, yaitu tarik tuas kearah driver, ga bisa menjauhi driver. Efeknya lampu dim akan menyala terus meskipun tuas nya di lepas. Untuk mematikan dim harus di dorong menjauhi driver.
10. Tempat penyimpanan barang-barang kecil cuman di depan penumpang depan saja. Pinginnya antara di driver dan penumpang depan ada glove box nya.
11. Kalo mau kasih lampu sign belok kanan/kiri, itu tuas kayanya perlu oli de, perlu tenaga extra buat tarik tuas kebawah/keatas buat nyalain lampu sign. Berasa kaya tuas nya truk tahun 80-an.

Semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by Penikmat_Kopi »

Mohon info, akhir tahun gini diskon/cashback-nya maksimal berapa? Mksudnya diskon + cashback mentok, gak usah pakai bonus bb dakota/ipod etc etc, bener-bener diskon abisnya aja nih.
Lagi nyari citycar buat bini gue nih. Sebenernya sih nunggu agya atau altonya suzuki, tapi kalau mirage ada diskon gede-gedean seperti PS, boleh dipertimbangkan juga tuh. Sorry jangan dibandingin mirage 1200 cc dengan agya yg 1000 cc ya, gue nyari mobil baru murah bukan buat kenceng-kencengan, krn cuma dipake ke mini market, antar anak sekolah aja hehehehehe.
Mohon infonya ya agan-agan sekalian ya
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by Penikmat_Kopi »

solar_kerosen wrote:
Jambangan wrote:baca2 di autobild ground clearance mirage 160 mm. apa bener??
kalo iya boleh jg nih mobil. sekarang ane pake hatchback suzuki ground clearance cuma 140 mm capek jg nyetirnya dikit2 mentok. kalo lewat poldur harus pelan2 pake gigi 1 duh ngebetein bgt deh. kebiasaan dulu pake SUV 1.5 L ada lobang ama poldur hajar aja :mky_01:

kalau lobang polda dihajar juga gan :mky_07:

ditunggu juga komentar dari member megalontong
hahahahaha... ini gue beneran ngakak nih
mitsubishi_dwindo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Dec 21, 2012 9:51

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by mitsubishi_dwindo »

endrow82 wrote:Ini mirage calon mobil buat modif dan balapan liar, hehehehe...
Kekurangan mirage yang saya rasakan:
1. Kaca spion nya kaga auto lipat
2. Peredaman kurang (perlu extra peredaman)
3. Kaca mobil suka ngembun (ac nya terlalu dingin kayanya?)
4. Kaga auto lock door, jadi harus manual lock nya, dan posisi lock di driver nya sangat2 tidak ergonomic.
5. Saya waktu nyetir kalo saya amati waktu kecepatan di 40km/h dan posisi lepas gas, ini mobil ga tau kenapa susah turun gigi malah nge-gas sendiri berusaha pertahankan kecepatan 40. Jadi mau turun langsung auto gas, kerasa efek sodokan nya, makanya saya bilang ini mobil kaya kuda liar. Harus injak rem baru mau turun gigi :mky_04: . Mungkin ini yang namanya CVT? ato memang ciri kas mirage? Kalo sebelumnya saya pake matic innova yang masih pake trottle by wire jadi kalo pas gas nya di lepas, mobilnya bakal turun pelan-pelan kecepatannya.
6. Transmission nya yang ada tulisan P, D, R, dll kaga menyala, jadi kalo malam ya ga keliatan apa2. Jadi ya harus main feeling dan liat layar monitor di depan driver biar tahu posisi tuas sekarang.
7. Untuk tipe exceed, jika lupa kunci pintu mobil, dia kaga mau auto lock.
8. Pertama kali mo pake mobil, nungguin mesin sampe panas agak lama. Biasa saya pake innova 2 menit mesin udah siap, kalo mirage bisa 3-4 menit baru lampu peringatannya hilang.
9. Lampu dim biasanya kalo mo dim 1x saja cukup tarik tuas kearah driver dan lepas. Kalo mau dim agak lama tuas nya di dorong menjauhi driver dan di tarik ke arah driver untuk mematikannya. Tapi di mirage cuman bisa 1 mode aja, yaitu tarik tuas kearah driver, ga bisa menjauhi driver. Efeknya lampu dim akan menyala terus meskipun tuas nya di lepas. Untuk mematikan dim harus di dorong menjauhi driver.
10. Tempat penyimpanan barang-barang kecil cuman di depan penumpang depan saja. Pinginnya antara di driver dan penumpang depan ada glove box nya.
11. Kalo mau kasih lampu sign belok kanan/kiri, itu tuas kayanya perlu oli de, perlu tenaga extra buat tarik tuas kebawah/keatas buat nyalain lampu sign. Berasa kaya tuas nya truk tahun 80-an.

Semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Sebelumnya terimakasih banyak sebagai pengamat dan pengguna Mirage suhu.. hormat dulu ah.. :frm_salut:

saya mau nambahin dikit komentar dari suhu endrow82:

1. Kaca spion nya kaga auto lipat
>>>> bener banget, tapi sudah electric mirror.. sebanding lah sama harganya..

2. Peredaman kurang (perlu extra peredaman)
>>>> suara masih suka masuk ya.. ini sih ane juga setuju, tapi masih tolerable yah..

3. Kaca mobil suka ngembun (ac nya terlalu dingin kayanya?)
>>>> ini juga ane rasain, padahal suhu udah disetel 24 derajat tapi kok masih dingin bener ya.. analog sama digital sama aja kan ya?

4. Kaga auto lock door, jadi harus manual lock nya, dan posisi lock di driver nya sangat2 tidak ergonomic.
>>>> posisi lock nya sama kyk outlander sport.. dan betul gak auto lock door.. kadang jadi suka lupa lock pintunya :e-snooty:

5. Saya waktu nyetir kalo saya amati waktu kecepatan di 40km/h dan posisi lepas gas, ini mobil ga tau kenapa susah turun gigi malah nge-gas sendiri berusaha pertahankan kecepatan 40. Jadi mau turun langsung auto gas, kerasa efek sodokan nya, makanya saya bilang ini mobil kaya kuda liar. Harus injak rem baru mau turun gigi :mky_04: . Mungkin ini yang namanya CVT? ato memang ciri kas mirage? Kalo sebelumnya saya pake matic innova yang masih pake trottle by wire jadi kalo pas gas nya di lepas, mobilnya bakal turun pelan-pelan kecepatannya.
>>>>> iya bos, ini lah cvt.. ngacir terus walau sudah lepas gas.. kalo mau gak seperti itu, tuas transmisi pindahin ke B aja..


6. Transmission nya yang ada tulisan P, D, R, dll kaga menyala, jadi kalo malam ya ga keliatan apa2. Jadi ya harus main feeling dan liat layar monitor di depan driver biar tahu posisi tuas sekarang.
>>>>> ini bener bener bener banget.. kalo malem gak nyalain lampu sore atau lampu utama sih beneran pake feeling doang nih haha.. sempet bingung juga pas pertama pake.. tapi skrg sih udah hafal posisinya..


7. Untuk tipe exceed, jika lupa kunci pintu mobil, dia kaga mau auto lock.
>>>>> betul, harus di kunci sendiri dg sentuh tombol yg ada di pintu.. oh yam kalo abis pake trus kunci kita ketinggalan di mobil ada nada peringatannya yah bunyi2.. sama kalo mobil keadaan nyala trus kunci dibawa keluar dia bunyi2 juga yah..


8. Pertama kali mo pake mobil, nungguin mesin sampe panas agak lama. Biasa saya pake innova 2 menit mesin udah siap, kalo mirage bisa 3-4 menit baru lampu peringatannya hilang.
>>>>> ane sih pake nyalain ac supaya lebih cepet.. ngaruh gak ya? haha


9. Lampu dim biasanya kalo mo dim 1x saja cukup tarik tuas kearah driver dan lepas. Kalo mau dim agak lama tuas nya di dorong menjauhi driver dan di tarik ke arah driver untuk mematikannya. Tapi di mirage cuman bisa 1 mode aja, yaitu tarik tuas kearah driver, ga bisa menjauhi driver. Efeknya lampu dim akan menyala terus meskipun tuas nya di lepas. Untuk mematikan dim harus di dorong menjauhi driver.
>>>>> kl tarik ke atas sampe "klik" itu memang utk lampu jauh om, kl mau dim cukup sentuk aja ke atas, jgn sampe "klik".. hehe..


10. Tempat penyimpanan barang-barang kecil cuman di depan penumpang depan saja. Pinginnya antara di driver dan penumpang depan ada glove box nya.
>>>>> glove box emang ga ada nih.. kalo ane sih taro botol minum di tengah2 hehehe..


11. Kalo mau kasih lampu sign belok kanan/kiri, itu tuas kayanya perlu oli de, perlu tenaga extra buat tarik tuas kebawah/keatas buat nyalain lampu sign. Berasa kaya tuas nya truk tahun 80-an.
>>>>> tuasnya juga seperti lampu jauh, cukup sentuh tanpa "klik" sen nya akan menyala 3 kali.. kalo sampe "klik" baru sign nya menyala terus..

ane tambahin dikit ya suhu:

minus:
1. tidak dilengkapi dengan toa alarm.. jadi amit2 kalo dicongkel orang gak bunyi nih.. solusi: tambahin sendiri :e-naughty:
2. bannya agak cungkring yak rasanya.. :roll:
3. jok exceed warna kombinasi grey, cepet kotor kyknya..
4. bangku penumpang belakang gak ada pegangan di atas..

plus:
1. Setir sih super enteng.. tapi berat saat lari kenceng di tol.. Electric Power Steeringnya berasa banget bedanya sama yg konvensional.. :frm_tumbright:
2. tarikannya dan larinya sih sadis ini mobil, tapi hebatnya RPM nya tetep rendah... :frm_tumbright:
3. kabin luas, gak kyk city car lain..
4. premium juga hajar aja gak masalah :frm_salut:
5. sudah ada yg develop double din utk mirage nih gosipnya..
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by endrow82 »

thanks bro dwindo buat pencerahannya. :mky_02: :mky_02:

Ini saya ada tambahan fc nya matic mirage, posisi awal isi full tanki. Di pakai buat kota saja stop and go dan beban rata2 2 orang dewasa (70%), dan 3-4 orang dewasa (30%). Pake pertamax tanpa campuran apapun.
Image

Masih acceptable menurut saya, meskipun jauh dari claim 1:18 :big_peace: :big_peace:
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by endrow82 »

Penikmat_Kopi wrote:Mohon info, akhir tahun gini diskon/cashback-nya maksimal berapa? Mksudnya diskon + cashback mentok, gak usah pakai bonus bb dakota/ipod etc etc, bener-bener diskon abisnya aja nih.
Lagi nyari citycar buat bini gue nih. Sebenernya sih nunggu agya atau altonya suzuki, tapi kalau mirage ada diskon gede-gedean seperti PS, boleh dipertimbangkan juga tuh. Sorry jangan dibandingin mirage 1200 cc dengan agya yg 1000 cc ya, gue nyari mobil baru murah bukan buat kenceng-kencengan, krn cuma dipake ke mini market, antar anak sekolah aja hehehehehe.
Mohon infonya ya agan-agan sekalian ya
Sudah di bahas di post-post sebelum nya. Intinya untuk mirage ada yang bilang 17jt all varian, dan dari hasil saya tanya sales di area sby dapet nya cuman 12jt. Bonus standard dapet KF solar guard doang.
Kalo mau buat anter ke minimarket, antar anak dll (jarak dekat saja), dan butuh bagasi yang gede (kan buat belanja), ya agya udah memenuhi syarat kok.., harganya pun bersahabat. Di tes drive aja bro sebelum beli biar mantap pilihannya.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by Penikmat_Kopi »

endrow82 wrote:
Penikmat_Kopi wrote:Mohon info, akhir tahun gini diskon/cashback-nya maksimal berapa? Mksudnya diskon + cashback mentok, gak usah pakai bonus bb dakota/ipod etc etc, bener-bener diskon abisnya aja nih.
Lagi nyari citycar buat bini gue nih. Sebenernya sih nunggu agya atau altonya suzuki, tapi kalau mirage ada diskon gede-gedean seperti PS, boleh dipertimbangkan juga tuh. Sorry jangan dibandingin mirage 1200 cc dengan agya yg 1000 cc ya, gue nyari mobil baru murah bukan buat kenceng-kencengan, krn cuma dipake ke mini market, antar anak sekolah aja hehehehehe.
Mohon infonya ya agan-agan sekalian ya
Sudah di bahas di post-post sebelum nya. Intinya untuk mirage ada yang bilang 17jt all varian, dan dari hasil saya tanya sales di area sby dapet nya cuman 12jt. Bonus standard dapet KF solar guard doang.
Kalo mau buat anter ke minimarket, antar anak dll (jarak dekat saja), dan butuh bagasi yang gede (kan buat belanja), ya agya udah memenuhi syarat kok.., harganya pun bersahabat. Di tes drive aja bro sebelum beli biar mantap pilihannya.
Iya kayaknya mendingan nunggu agya atau suzuki alto deh hehehehe.
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by ibrahimlubis »

nubi coba tambahin mengenai kelegaan cabin,

libur kemarin iseng liat mirage dan yaris baru, sempet juga coba2 ANJ

mirage: duduk di belakang kaki luas, walau jok depan di set utk posisi nyetir tinggi 170cm, lutut gak kena saat yg belakang duduk dengan tinggi 170cm, cuma karena gak ada head rest yg adjustable jadi sepertinya cepet cape tuh leher kalau jalan jauh.. kemiringan jok belakang masih wajar, gak terlalu tegak, tidak adjustable juga, kontur jok rata (terkesan murah dan gak menopang tubuh), dan yg versi Indonesia sepertinya belum ISOFIX seperti diluar.. bagasi pas-pasan kalau untuk bawa kereta bayi, ada tonjolan besar spakbor didalam bagasi yg benar2 mengurangi volume bagasi, jok belakang hanya dilipat 1 kali (bukan 60:40)..

yaris: jok depan di set utk nyetir tinggi 170cm, lutut hampir kena saat yg duduk dibelakang tinggi 170cm, head rest belakang adjustable, kemiringan jok bisa diatur juga.. dalam hal ini mirage sedikit lebih lega untuk urusan kaki, tapi tidak dengan kemiringan dan kontur jok.. bagasi yaris sedikit lebih luas dari mirage, ini efek dari lengkungan spakbor belakang lebih sedikit masuk ke bagasi..

ANJ: gak usah dibahas lagi, ini memang paling lega.. jok belakang lutut masih lega, mirip2 mirage, tapi kemiringan jok belakang yg adjustable sehingga lebih banyak pilihan.. bagasi juga gak usah ditanya, mungkin bawa 2 biji kereta bayi masih masuk..

memang kalau dari segi harga dan spec mirage dibawah yaris dan ANJ, jadi kurang apple tp apple.. seperti kontur jok, dll, mirage benar2 di set utk tempur di mobil murah..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by y_anjasrana »

agya sbetulnya ok koq. waktu liat di iims kmrn cakep jg. dlmnya jg lega. tp ciri khas mobil larisnya toyota-daihatsu, indennya lama dan ga ada bonus macem2. blum lg prediksi knaikan harga akibat naiknya umr. plus bbn yg biasanya naik jg. klu beneran naik bisa2 harganya naik 10jtan. alhasil ujung2nya mendekati harga mirage dgn diskon akhir taun dan tanpa inden lama..
Accurate V5 Accounting System Consultant
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by Penikmat_Kopi »

y_anjasrana wrote:agya sbetulnya ok koq. waktu liat di iims kmrn cakep jg. dlmnya jg lega. tp ciri khas mobil larisnya toyota-daihatsu, indennya lama dan ga ada bonus macem2. blum lg prediksi knaikan harga akibat naiknya umr. plus bbn yg biasanya naik jg. klu beneran naik bisa2 harganya naik 10jtan. alhasil ujung2nya mendekati harga mirage dgn diskon akhir taun dan tanpa inden lama..
iya bener gue liat foto2nya cakep. Lagi nunggu kebijakan LCGC ya dapat potongan 10% dari pemerintah katanya. Tapi kalaupun nggak ada kebijakan itu naik 10% pun masih oke-lah, kena-nya kira-kira antara 100 - 110 juta (non TRD), kalau TRD-nya mungkin bisa 120an juta kali ya.
Sebenernya gue berharap mirage ngasih diskon yg gede-gedean nih, gue sabar aja deh soalnya kadang mitsubishi bikin kejutan, kayak bulan september kemarin gue nanyain pajero sport dikasih diskonnya dikit amat, pas kebetulan fortuner ngeluarin fortuner VNT, ya udah gue boyong tuh VNT bulan oktober. Nah kemarin-kemarin ditawarin diskon pajero sport diatas 35 juta. Coba dari oktober udah ngasih diskon gede yg jadinya lebih murah dari VNT, bisa jadi banyak yg ambil PS. Jadi ya sabar aja, kali aja nanti januari 2013, mirage bakalan ngasih diskon 35 juta buat ngabisin stock mirage 2012 hehehehe. Kalau enggak ya gue terusin aja nginden agya atau nunggu alto-nya suzuki.
Last edited by Penikmat_Kopi on Wed Dec 26, 2012 6:33, edited 1 time in total.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Review Mitsubishi Mirage Exceed 2012

Post by Penikmat_Kopi »

Tapi ya nggak tau juga sih, kalaupun waktu itu PS dikasih diskon gede-gedean belum tentu juga orang beralih dari fortuner VNT. Begitu juga kalaupun mirage 2012 dikasih diskon gede-gedean di tahun 2013, dengan cc 1200, dan harga hampir sama dengan agya belum tentu juga orang akan berpaling dari agya. Maklumlah, brand toyota walopun indennya lama (inden lama kan bukti bahwa mobilnya laku kan ya), tapi terkenal bagus di after salesnya, beresnya dimana-mana dan sparepartnya nggak mahal (itu kata orang sih hehehehe). Makanya persaingan di city car 2013 bener-bener ketat dengan hadirnya mobil-mobil 1000 cc dari toyota, daihatsu dan suzuki. Kalau gue sih merk apa aja yg penting harga murah dan masuk akal aja dan terjangkau di kantong gue deh :big_peace:
jadi kalau mirage ngasih diskon gede banget sebelum agya/ayla muncul ya mungkin gue akan boyong mirage, tapi kalau diskonnya masih kurang banyak, ya mending ambil agya/ayla aja deh :big_peace: