Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dyarz_ wrote:
1. ngetes TBN oli bisa dimana Oom ? Sucofindo ?
bilangnya apa ya kalo mo ngetest ?
:penasaran aja pengen test
kalo Kendall yg dibanding sama SHU bagusan mana Oom menurut ente ?
sorry masih galau nih
1. kalo saya di Corelab, Rp. 185 rb, test paket dasar lengkap, gak hanya TBN.
Kendall GT-1 ama SHU AB ya scr kasta tinggian SHU AB.
Cuman produk Kendall semi synth yg pake Liquid Ti ini sih spt-nya bagus yah, saya coba yg Super D-XA 10W30 Diesel API CJ-4 udah jalan 8000 Km di ToKiDies masih stabil aja kinerjanya, suara mesin masih normal aja, tarikan masih enak.
Corelab yang ini Oom
Bldg 303
Kawasan Komersial Cilandak
Jalan Cilandak KKO
Jakarta, 12560
Indonesia
Phone: 62 21 780 1533
Fax: 62 21 780 2316
trus kira2 butuh OLI berapa banyak buat test tsb
itu walupun Kendall yg Full Synthetic GT-1 masih dibawah SHU AB ya ?
masih penasaran Oom, soalnya dari segi harga gak beda banyak trus kendall dah SN (SHU AB masih SL ya ?)
Dyarz_ wrote:
trus kira2 butuh OLI berapa banyak buat test tsb
itu walupun Kendall yg Full Synthetic GT-1 masih dibawah SHU AB ya ?
masih penasaran Oom, soalnya dari segi harga gak beda banyak trus kendall dah SN (SHU AB masih SL ya ?)
butuh minimal 300 cc, tadahin lgs saat oli mengucur keluar dr lubang karter.
SHU AB gak di update API nya, tapi dia udah MB 229.5
Kendall GT-1 carinya di toko Sanjaya Knalpot - DTMF
@om turbo...
apa benar oli transmisi manual mobil honda generasi terbaru pake oli mesin(5w 30)?seandainya kalo pake oli khusus transmisi 75 90 klo gak salah apa bermasalah?
nah seandainya yang encer khusus oli transmisi itu pake merk apa?trims
kompresorz wrote:@om turbo...
apa benar oli transmisi manual mobil honda generasi terbaru pake oli mesin(5w 30)?seandainya kalo pake oli khusus transmisi 75 90 klo gak salah apa bermasalah?
nah seandainya yang encer khusus oli transmisi itu pake merk apa?trims
Honda mah sejak zaman Accord Prestige udah paki oli transmisi SAE oli mesin.
Ya oli yg setara 30 weight, kalao dlm standard oli gigi berarti 70W-80
Sorry Oom Turbo mo nanya lagi, tapi agak OOT
masalah OLI transmisi, minggu lalu gw baru ganti sekalian OLI gardan pake Mobilube 80W90 GL-5
nah di buku manual untuk transmisi standarnya GL-4, trus dari hasil browsing2 untuk transmisi Avanza Gw
tidak dianjurkan pake yg standar GL-5 karena ada part di transmisi yg terbuat dari kuningan (ato tembaga yak, lp gw ) n turunannya.
Gimana menurut Oom Turbo, amankah saya tetep pake OLI GL-5 untuk transmisi atau musti ganti yang GL-4 ?
Kemaren liat di TODA merk REdline yang katanya mantap, tapi harganya mantab juga
Dyarz_ wrote:Sorry Oom Turbo mo nanya lagi, tapi agak OOT
masalah OLI transmisi, minggu lalu gw baru ganti sekalian OLI gardan pake Mobilube 80W90 GL-5
nah di buku manual untuk transmisi standarnya GL-4, trus dari hasil browsing2 untuk transmisi Avanza Gw
tidak dianjurkan pake yg standar GL-5 karena ada part di transmisi yg terbuat dari kuningan (ato tembaga yak, lp gw ) n turunannya.
kalo kata buku manualnya gimana ?
kalo Kijang baik kapsul / ipah diijinkan GL-5 tuk transmisinya.
Dyarz_ wrote:Sorry Oom Turbo mo nanya lagi, tapi agak OOT
masalah OLI transmisi, minggu lalu gw baru ganti sekalian OLI gardan pake Mobilube 80W90 GL-5
nah di buku manual untuk transmisi standarnya GL-4, trus dari hasil browsing2 untuk transmisi Avanza Gw
tidak dianjurkan pake yg standar GL-5 karena ada part di transmisi yg terbuat dari kuningan (ato tembaga yak, lp gw ) n turunannya.
kalo kata buku manualnya gimana ?
kalo Kijang baik kapsul / ipah diijinkan GL-5 tuk transmisinya.
di buku manual tertulis Gear OIL API GL-4
(gw pikir bisa pake standar GL-5 yang lbh tinggi)
viskositas yg dianjurkan SAE 75W-90
Dyarz_ wrote:
di buku manual tertulis Gear OIL API GL-4
(gw pikir bisa pake standar GL-5 yang lbh tinggi)
viskositas yg dianjurkan SAE 75W-90
Speknya sama persis kyk mobil ane dulu terios tx m/t 2007
Kalo dulu servis di beres dikasihnya elf gear oil 80w90 gl-5 buat transmisi ama gardan om
Perpindahan gigi jadi susah. Gigi sering susah masuk harus agak dipaksa terutama gigi 1 ama mundur. Ga tau ini gara2 pake gear oil gl-5 atau emang karakter transmisinya seperti itu
Trus pas KM 65rb ane inisiatif ganti oli gardan & transmisi di bengkel deket rumah. Berhubung 75w90 gl-4 ga ada ane ganti pake shell spirax 80w gl-4. Untuk oli gardan pake top 1 gear oil 90 gl-5
Perpindahan gigi jadi lebih halus walaupun ga signifikan ampe mobil dijual di KM 69rb
Sekarang pake mobil manual lagi oli transmisinya butuh 75w90 gl-4 jg
Dmn ya nyarinya oli dgn spek itu selain di beres?? Ane kok ga pernah nemu di bengkel2 deket rumah ama di shop & drive
Belum waktunya ganti sih cuma mau nanya doang
Ganti di KM 20rb sesuai buku manual. Sekarang KM msh 5200an
Jambangan wrote:
Speknya sama persis kyk mobil ane dulu terios tx m/t 2007
Kalo dulu servis di beres dikasihnya elf gear oil 80w90 gl-5 buat transmisi ama gardan om
Perpindahan gigi jadi susah. Gigi sering susah masuk harus agak dipaksa terutama gigi 1 ama mundur. Ga tau ini gara2 pake gear oil gl-5 atau emang karakter transmisinya seperti itu
Trus pas KM 65rb ane inisiatif ganti oli gardan & transmisi di bengkel deket rumah. Berhubung 75w90 gl-4 ga ada ane ganti pake shell spirax 80w gl-4. Untuk oli gardan pake top 1 gear oil 90 gl-5
Perpindahan gigi jadi lebih halus walaupun ga signifikan ampe mobil dijual di KM 69rb
Sekarang pake mobil manual lagi oli transmisinya butuh 75w90 gl-4 jg
Dmn ya nyarinya oli dgn spek itu selain di beres?? Ane kok ga pernah nemu di bengkel2 deket rumah ama di shop & drive
Belum waktunya ganti sih cuma mau nanya doang
Ganti di KM 20rb sesuai buku manual. Sekarang KM msh 5200an
Ini Gw pake Mobilube 80W-90, kalo masalah oper gigi gak ada keluhan,
denger2 sih karakter untuk Avanza/Xenia dan Terios/tush memang seperti itu
yang gampang itu GL karena ada easycluth apa gitu namanya jadi gampang pas oper gigi
Kalo nyari OLI GL-4 75w90 kalo gak salah di TODA Radal ada tuh merk Redline,
kalo gak coba cari di DTMF
Jambangan wrote:
Speknya sama persis kyk mobil ane dulu terios tx m/t 2007
Kalo dulu servis di beres dikasihnya elf gear oil 80w90 gl-5 buat transmisi ama gardan om
Perpindahan gigi jadi susah. Gigi sering susah masuk harus agak dipaksa terutama gigi 1 ama mundur. Ga tau ini gara2 pake gear oil gl-5 atau emang karakter transmisinya seperti itu
Trus pas KM 65rb ane inisiatif ganti oli gardan & transmisi di bengkel deket rumah. Berhubung 75w90 gl-4 ga ada ane ganti pake shell spirax 80w gl-4. Untuk oli gardan pake top 1 gear oil 90 gl-5
Perpindahan gigi jadi lebih halus walaupun ga signifikan ampe mobil dijual di KM 69rb
Sekarang pake mobil manual lagi oli transmisinya butuh 75w90 gl-4 jg
Dmn ya nyarinya oli dgn spek itu selain di beres?? Ane kok ga pernah nemu di bengkel2 deket rumah ama di shop & drive
Belum waktunya ganti sih cuma mau nanya doang
Ganti di KM 20rb sesuai buku manual. Sekarang KM msh 5200an
Ini Gw pake Mobilube 80W-90, kalo masalah oper gigi gak ada keluhan,
denger2 sih karakter untuk Avanza/Xenia dan Terios/tush memang seperti itu
yang gampang itu GL karena ada easycluth apa gitu namanya jadi gampang pas oper gigi
Kalo nyari OLI GL-4 75w90 kalo gak salah di TODA Radal ada tuh merk Redline,
kalo gak coba cari di DTMF
DTMF apaan bro??
Duta mas fatmawati??
Redline seliternya brp bro??
Baca2 katanya bagus ya gear oilnya
Dyarz_ wrote:Dutamas Fatmawati, kalo dari Oom turbo rekomen di Toko Sanjaya Knalpot lt 2
(entahlah gw juga blon pnah kesono )
Redline seliternya mahal bet, sampai gw gak inget2 tuh harga
siap om
nanti kalo udh waktunya ganti ane samperin kesitu deh
Turboman wrote:75W90 GL-4 yg ekonomis saat ini kayaknya cuman ada Valvoline
Kalo di Toda Cideng ada Castrol Vollsynth 75W90 GL-4 harga 100 rb / L
Kalo Redline cari Graha Sakti - DTMF yg type MT 90 SAE 75W90 GL-4 harga sekitar 150 rb / L. atau di Toda ada harga sekitar 155 - 160 rb / L.
Oli trans pakenya dikittt en gantinya lamaaa jadi worthed pakai yg bagus, kalo yg Full Synth bisa 1,5 - 2 tahun (sampe ganti gigi-nya gak enak aja)
O ya buat transmisi manual jgn lupa ganti minyak kopling tiap 2 tahun sekali, minyak kopling jelek ganti gigi bisa susah juga.
hmm mahal jg ya om
tapi bener jg kalo oli transmisi kan pakenya dikit doang tuh jadi ga gitu sayang beli yg bagus sekalian hehe..
minyak kopling bukannya gabung ama minyak rem bro??
soalnya ane liat di buku manual gitu. trus ga ada tangki reservoir nya jg
yg ada cuman tangki reservoir minyak rem doang
@Turboman : om turbo pertanyaan saya tentang OLI transimis Avanza tolong dijawab
di manual tertulis standar API GL-4, apakah di Avanza juga diijinkan pake GL-5
ataukah harus ganti lagi ke GL-4
soalnya newbie masih bingung nih
saya udah kirim pertanyaan ke Toyota melalui Website minggu lalu, tapi sampai sekarang belum dijawab juga tuh
Dyarz_ wrote:@Turboman : om turbo pertanyaan saya tentang OLI transimis Avanza tolong dijawab
di manual tertulis standar API GL-4, apakah di Avanza juga diijinkan pake GL-5
ataukah harus ganti lagi ke GL-4
soalnya newbie masih bingung nih
saya udah kirim pertanyaan ke Toyota melalui Website minggu lalu, tapi sampai sekarang belum dijawab juga tuh
kalo gak tertulis diijinkan pake GL-5 berarti harus GL-4
@om turboman...
oli transmisi yang bagus untuk e36 m50 yang jenis mana ya om 75 ato 80 n gardan juga ato ada yg lebih encer?
ada pengaruh tidak pake oli transmisi seperti omega ato kualitas atas seandainya girbok agak kasar suaranya grek pas kalo matikan mesin tapi kalo matikan mesin sambil injak kopling suaranya senyap?kt mekanik girbok udah kasar walo gak masalah
kompresorz wrote:@om turboman...
oli transmisi yang bagus untuk e36 m50 yang jenis mana ya om 75 ato 80 n gardan juga ato ada yg lebih encer?
ada pengaruh tidak pake oli transmisi seperti omega ato kualitas atas seandainya girbok agak kasar suaranya grek pas kalo matikan mesin tapi kalo matikan mesin sambil injak kopling suaranya senyap?kt mekanik girbok udah kasar walo gak masalah
kalo gak salah E36 M50 itu girboks manualnya minta oli ATF
coba cek buku manualnya
Kalo iya maka cari aja oli ATF yg bagus, yg comply ke Dexron 3
om turbo, hari rabu kemaren ane servis 5000 KM mobil ane di beres suzuki sekalian ganti oli mesin
nah baru liat di bon servisnya tertulis engine flush Rp 43,000. sama jenis pekerjaan ganti oli + engine flush
kacau padahal ane ga minta engine flush dan filter oli ga diganti
gmn nih ya om apa sebaiknya ane kuras lagi aja tuh oli takut sisa obat engine flushnya msh ada di filternya??
seumur-umur pake mobil ga pernah percaya ama obat2 kimia gitu takut mesin kenapa2
duh parah bgt nih beres suzuki masak engine flush tapi filter oli ga diganti
Jambangan wrote:om turbo, hari rabu kemaren ane servis 5000 KM mobil ane di beres suzuki sekalian ganti oli mesin
nah baru liat di bon servisnya tertulis engine flush Rp 43,000. sama jenis pekerjaan ganti oli + engine flush
kacau padahal ane ga minta engine flush dan filter oli ga diganti
gmn nih ya om apa sebaiknya ane kuras lagi aja tuh oli takut sisa obat engine flushnya msh ada di filternya??
seumur-umur pake mobil ga pernah percaya ama obat2 kimia gitu takut mesin kenapa2
duh parah bgt nih beres suzuki masak engine flush tapi filter oli ga diganti
wah jangankan filter, kalo orang abis flushing itu saat buang oli sgt disarankan tuang 1 liter oli buat dorong sisa2 obat flush keluar, karena obat flush mostly isinya kerosene based....tertinggal sedikit aja di karter, hancurlah oli baru
Itu BeRes mana yg lebih pilih ngeflush daripada ganti filter ? bisa dilaporkan ke Indomobil mestinya...........apalgi ngeflush tanpa ganti filter, ini sama aja mo ngancurin mesin.
susah juga sih kalo bengkel lagi banyak stok barang tertentu ya udah ajah orang dijejelin suru pake
Flushing yg terbaik sebetulnya = gunakan oli Diesel API CI-4 dan pakai sampe 1000 - 2000 KM then buang, itupun utk mobil yg sudah berumur atau yg ganti olinya sering telat.
Kalo ganti oli teratur gak usah pakai engine flush.......keseringan flush gak bagus buat mesin.
Jambangan wrote:om turbo, hari rabu kemaren ane servis 5000 KM mobil ane di beres suzuki sekalian ganti oli mesin
nah baru liat di bon servisnya tertulis engine flush Rp 43,000. sama jenis pekerjaan ganti oli + engine flush
kacau padahal ane ga minta engine flush dan filter oli ga diganti
gmn nih ya om apa sebaiknya ane kuras lagi aja tuh oli takut sisa obat engine flushnya msh ada di filternya??
seumur-umur pake mobil ga pernah percaya ama obat2 kimia gitu takut mesin kenapa2
duh parah bgt nih beres suzuki masak engine flush tapi filter oli ga diganti
wah jangankan filter, kalo orang abis flushing itu saat buang oli sgt disarankan tuang 1 liter oli buat dorong sisa2 obat flush keluar, karena obat flush mostly isinya kerosene based....tertinggal sedikit aja di karter, hancurlah oli baru
Itu BeRes mana yg lebih pilih ngeflush daripada ganti filter ? bisa dilaporkan ke Indomobil mestinya...........apalgi ngeflush tanpa ganti filter, ini sama aja mo ngancurin mesin.
susah juga sih kalo bengkel lagi banyak stok barang tertentu ya udah ajah orang dijejelin suru pake
Flushing yg terbaik sebetulnya = gunakan oli Diesel API CI-4 dan pakai sampe 1000 - 2000 KM then buang, itupun utk mobil yg sudah berumur atau yg ganti olinya sering telat.
Kalo ganti oli teratur gak usah pakai engine flush.......keseringan flush gak bagus buat mesin.
bengkel suzuki nya PT citra asri buana bekasi om
pas ane tanya ke mbak SA-nya "mbak,ini sekalian ganti filter oli kan??" dia jawab "oh ga perlu mas kalo cuma buat dalam kota doang. ntar aja pas KM 10rb" padahal kebiasaan ane di mobil lama tiap ganti oli pasti ganti filternya jg biar oli selalu bersih
kacau bgt deh itu beres. setelah kejadian ini ane jadi males untuk servis di beres lagi
sebelumnya pas pake mobil lama ga pernah sejarahnya di beres dikasih engine flush. ini di suzuki malah dikasih engine flush
duh mampus nih padahal KM mobil baru 5200an KM om
ga habis pikir ane buat apa dia ngasih engine flush ke mesin mobil ane padahal pas KM 1000 ane ganti oli di beres pake oli yg sama SGO 5W30
besok ane meluncur ke shop & drive deket rumah deh buat kuras lagi tuh oli sama ganti filternya
@om turboman...
berapa ari lalu oli matik w204 saya sudah 50ribu yang kedua x nah waktu yang pertama saya ganti di sinar sakti(cabang buana sakti) oli matik saya dikuras total dgn menggunakan alat ky buat cuci darah n menghabiskan 12 liter katanya kebetulan saya tidak perhatikan waktu itu n kmaren saya ganti di toko 74 gunung sahari cuma pake 4 liter krn gak perlu kuras total jadi oli di karter aja yg dibuang n sempat saya komplain tapi bosnya meyakinkan tdk pelu kuras total krn sebenarnya oli matiknya itu udah longlife/standar luar mobil cukup 5 tahun n juga tdk ada pembuangan olinya yang bisa sampai abis n cukup dgn 4 liter aja..n total juga kalo turun transmisi cuma 8 liter...di merci s sclas sekalipun seperti itu ktnya n tidak ada masalah...sekalipun di dealer resmi jg seperti itu metodenya..berhubung sudah dibuka terpaksa saya ikut aja dah apalg ini bengkel sudah punya nama baik dikalangan merci..saya jd bingung mana yang benar seandainya harus dikuras ulang pun gak masalah ditempat lain krn saya taun depan berencana mau saya jual n ganti model baru jd khawatir sebelum saya jual matik bermasalah krn setau saya matik itu ribet mahal klo rusak..
nah gimana menurut om turboman? terima kasih
Jambangan wrote:om turbo, hari rabu kemaren ane servis 5000 KM mobil ane di beres suzuki sekalian ganti oli mesin
nah baru liat di bon servisnya tertulis engine flush Rp 43,000. sama jenis pekerjaan ganti oli + engine flush
kacau padahal ane ga minta engine flush dan filter oli ga diganti
gmn nih ya om apa sebaiknya ane kuras lagi aja tuh oli takut sisa obat engine flushnya msh ada di filternya??
seumur-umur pake mobil ga pernah percaya ama obat2 kimia gitu takut mesin kenapa2
duh parah bgt nih beres suzuki masak engine flush tapi filter oli ga diganti
Payah padahal kan kita bayar juga filter olinnya,tinggal pasang aja kebanyakan ceramah
nugroho bagor wrote:
Payah padahal kan kita bayar juga filter olinnya,tinggal pasang aja kebanyakan ceramah
itulah om
beres ama bengkel2 biasa kadang sok tau
padahal yg punya mobil siapa kok yg lebih tau dia
dulu ane pernah debat ama mekanik shop & drive pas msh pake mobil yg lama gara2 dia ngotot ngisiin oli mesin ke mobil ane 3.5 L. padahal di buku manual kapasitas oli mesin mobil ane 3 L udh termasuk penggantian filter. trus dia nawarin engine flush jg ane tolak
sejak saat itu ane ga pernah ganti oli di shop & drive itu. ane dah ada langganan shop & drive yg lebih ngerti mobil ane
pagi ini mo ke shop & drive buat kuras tuh oli + ganti fiternya. mudah-mudahan belum telat