waktu dipameran IIMS udah liat GV facelift, tapi saya gak tertarik, cm liat sekilas doang krn cuma muka nya doang yang beda...tapi pas baca berita bahwa yg facelift itu CBU jepang, jadinya tertarik lagi....bukan tertarik mau beli...tapi tertarik buat liat2 lbh detail
jumat akhirnya iseng mampir ke diler, pas banget ada yang dipajang warna putih dan yang lain digudang, hasil blusukan :
1. major deffect GV CKD adalah panel2 plastik interior yang rattle parah, langsung aja saya coba gebrak2 interior sambil agak dipenyet doortrim, dasbor dan plastik2 di pilar, ternyata beda euy...memang kelas plastiknya sama aja ky CKD tapi yang CBU ini lbh kokoh. Fit n finish lbh rapi 90%, 10% msh ada beberapa titik sambungan printilan panel doortirm yang rada melenceng
2. major deffect GV CKD yang lain adalah rattle parah di cover ban serep (konde) di pintu belakang jadi kalo pintu belakang ditutup bunyinya gubrakkkk, ternyata di GV CBU tidak ada, begitu pintu belakang ditutup langsung jlebbb....cover ban serepnya CBU saya coba gebrak2 tetap tegar (plus ada tulisan emblem SUZUKI di kondenya), dan jg karet lis pintu belakangnya CBU lbh tebal jadi pas pintu tertutup lbh press, tentu saja butuh effort lbh kuat untuk nutup pintu
3. Sama halnya dengan karet2 lis pintu yang lain, lebih tebal jadi pintu2 lbh press, sama2 butuh effort lbh kuat untuk nutup pintu...sepertinya bertujuan untuk pembenahan insulasi. Pegas2 penahan engsel pintu jg terasa lebih keras, jadi buka/tutup pintu terasa berat..
4. GV adalah salah satu karya maestro desain Giugiaro, secara keseluruhan tarikan garis2nya tampak bold dan berkarakter, tapi saya yakin desain grill dan bemper yang facelift ini bukan karya Giugiaro...sepertinya bikinan tuan takur, krn grill dan airdam menyeringai
5. Catnya lbh kinclong uy...glossy dan bintik2 xyralicnya lbh tampil....yang warna putih tampil lebih putih terang dibanding CKD
6. Ruang fender sudah ada lapisan aspal, sayang layeringnya kasar
7. cuma ada type 2.4, interior hitam, jok kulit absen dan HU nya DVD (entah clarion atau cungkwo

). price list tetap dan ada disc 15jt untuk pembelian bulan des ini
8. selebihnya gak ada hal yang baru, udah basi... mesin + girbok sama2 aja (5 MT atau 4AT)
Sayang gak ada unit test drivenya, jadi blm bs dibuktikan pembenahan deffect dan impresi secara keseluruhan. Mesinnya jg msh tanda tanya krn kalo memang JDM spec itu sepertinya lbh sensi dng premium sebab CR 10:1, GV CKD meski di brosur 10:1 tapi baca2 di service book itu 9,5:1 untuk antisipasi kualitas BBM.
Kalo memang fans sijuki yang pengen coba GV dng built quality yang sepatutnya, GV CBU ini layak dibeli, tapi kalo mau lbh wise dng bujet dibawah 350 jt, masih banyak pilihan dr merek lain yang lbh fresh