Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
5W30 buat Gasoline di harga segitu banyak pilihan, mulai dari yg 5W30 API SN / ILSAC GF-5 (harga under cepek / L.) sampai kelas Shell Helix Ultra AB 5W30 Rp. 125 - 130 rb / L.
Q8 Formula Special (atau Super) 5W30 juga dapet, asal ada program bonus.
itu dapetnya di toko oli mana yak ?
TODA kah ?
MObil saya Avanza S 2011
Saya biasa pake TQ9000 5W40 SM (kalo ini di Sheet yg dapet dari web Total gak masuk standar apapun)
dapet harga 300rb segalon di Atrium (banyak yang nyaranin jgn beli di Atrium, gak tahu knapo)
,yg masuk MB 229.5 itu TQ9000 Energy
trus kalo yg MB 229.3 itu TQ9000 (polos)
@ om turboman...
untuk oli tranmisi w204 biasa saya ganti merk bintang n saya gak tau mb sheet bintang nah saya berencana mau pake merk lain n saya baca buku panduannya disarankan tuk merk lain sheet 231.1.....
nah kode itu sulit sekali tuk merk lain di toda...ada merk mobil 1 n q8 sheet 236.1..
kode 231.1 dikategorikan speknya kemana ya apa kira2 tau om turboman?trims
kompresorz wrote:@ om turboman...
untuk oli tranmisi w204 biasa saya ganti merk bintang n saya gak tau mb sheet bintang nah saya berencana mau pake merk lain n saya baca buku panduannya disarankan tuk merk lain sheet 231.1.....
nah kode itu sulit sekali tuk merk lain di toda...ada merk mobil 1 n q8 sheet 236.1..
kode 231.1 dikategorikan speknya kemana ya apa kira2 tau om turboman?trims
Dyarz_ wrote:
MObil saya Avanza S 2011
Saya biasa pake TQ9000 5W40 SM (kalo ini di Sheet yg dapet dari web Total gak masuk standar apapun)
dapet harga 300rb segalon di Atrium (banyak yang nyaranin jgn beli di Atrium, gak tahu knapo)
,yg masuk MB 229.5 itu TQ9000 Energy
trus kalo yg MB 229.3 itu TQ9000 (polos)
mesin flat tappet
TQ 9000 API SM asal ada ACEA A3 nya dan gak ada ILSAC maka mestinya ZDDP nya masih lumayan.
Btw mesin2 Toyota generasi baru banyak yg pake flat tappet tapi diijinkan API SM, nah ini yang saya jadi curiga "apa maksudnya".....dimana flat tappet gasoline RPM sampe 6000 an itu per klep nya mesti cukup keras dibanding Diesel KD-FTV yang cut di 4500 RPM.
Kalo sy sih lihat gasoline flat tappet, lgs pilih oli API SL or ACEA B3 / B4 or MB 229.3 / .5 / BMW LL-01, API SN pun lihat dulu data antiwear-nya, sampe 1000 ppm gak, kalo API SM jelas sy hindari.
Dyarz_ wrote:
MObil saya Avanza S 2011
Saya biasa pake TQ9000 5W40 SM (kalo ini di Sheet yg dapet dari web Total gak masuk standar apapun)
dapet harga 300rb segalon di Atrium (banyak yang nyaranin jgn beli di Atrium, gak tahu knapo)
,yg masuk MB 229.5 itu TQ9000 Energy
trus kalo yg MB 229.3 itu TQ9000 (polos)
mesin flat tappet
TQ 9000 API SM asal ada ACEA A3 nya dan gak ada ILSAC maka mestinya ZDDP nya masih lumayan.
Btw mesin2 Toyota generasi baru banyak yg pake flat tappet tapi diijinkan API SM, nah ini yang saya jadi curiga "apa maksudnya".....dimana flat tappet gasoline RPM sampe 6000 an itu per klep nya mesti cukup keras dibanding Diesel KD-FTV yang cut di 4500 RPM.
Kalo sy sih lihat gasoline flat tappet, lgs pilih oli API SL or ACEA B3 / B4 or MB 229.3 / .5 / BMW LL-01, API SN pun lihat dulu data antiwear-nya, sampe 1000 ppm gak, kalo API SM jelas sy hindari.
Oli itu biasa saya pake sampe 10.000KM (6bulan),
kalo pake Oli Kendall GT1 5W30 API SN bisa sampe 10k KM juga kah ?
tanya juga kalo di buku manual ganti OLI plus filter itu cman butuh 3 liter (3,2 2,6)
berarti kalo ganti oli plus filter cman butuh 3 L oli ya ?
terakhir ke Beres diisi 3,5 L, duhhh
Barusan berkunjung ke TODA radal, niatnya ganti OLI transmisi n Gardan aja,
tapi setelah liat2 disana OLI yg SAE 5W30
ada dua yg nyangkut di mata n dompet
1. Kendall Full synthetic (ada stiker tulisan full synthetic, ada yg semy synthetic 5W30 jg tapi harganya jg laen)
2. Q8 Formula Special 5W30 comply: ACEA A3/B3/B4/C3; API SM; MB-Approval 229.31; BMW Longlife-04
bisakah kedua oli tsb digunakan sampai 10.000KM (6-7 bulan) ?
dari dua OLI diatas yg paling cocok n bagus bwat avanza apa ya Oom Turbo ?
Dyarz_ wrote:Barusan berkunjung ke TODA radal, niatnya ganti OLI transmisi n Gardan aja,
tapi setelah liat2 disana OLI yg SAE 5W30
ada dua yg nyangkut di mata n dompet
1. Kendall Full synthetic (ada stiker tulisan full synthetic, ada yg semy synthetic 5W30 jg tapi harganya jg laen)
2. Q8 Formula Special 5W30 comply: ACEA A3/B3/B4/C3; API SM; MB-Approval 229.31; BMW Longlife-04
bisakah kedua oli tsb digunakan sampai 10.000KM (6-7 bulan) ?
dari dua OLI diatas yg paling cocok n bagus bwat avanza apa ya Oom Turbo ?
Buat 10 rb Km in 7 months 2 2 nya bisa, tapi gw lebih prefer si Kendall GT-1 yg 5W30 with liquid Ti
sbenernya soal flat tappet ini ane rada binggung jg...
kalo ternyata mesin2 apansa masi flat tappet, tapi knapa utk oli dari toyota nya, bahkan rata2 para pemakai apansa cekokin mobil nya dgn oli2 yg api SM... dan ga jarang jg tuh apansa jadi kuda perang tiap ari... dgn odometer yg kaya ngukur jalanan aja... kalo seandainya emg mesin flat tappet haram pake oli low ZDDP atau SAPS... mustinya dah pada prematur dini smua donk cam nya...
Dyarz_ wrote:Barusan berkunjung ke TODA radal, niatnya ganti OLI transmisi n Gardan aja,
tapi setelah liat2 disana OLI yg SAE 5W30
ada dua yg nyangkut di mata n dompet
1. Kendall Full synthetic (ada stiker tulisan full synthetic, ada yg semy synthetic 5W30 jg tapi harganya jg laen)
2. Q8 Formula Special 5W30 comply: ACEA A3/B3/B4/C3; API SM; MB-Approval 229.31; BMW Longlife-04
bisakah kedua oli tsb digunakan sampai 10.000KM (6-7 bulan) ?
dari dua OLI diatas yg paling cocok n bagus bwat avanza apa ya Oom Turbo ?
Buat 10 rb Km in 7 months 2 2 nya bisa, tapi gw lebih prefer si Kendall GT-1 yg 5W30 with liquid Ti
Iya Oom yg saya maksud si Kendall GT-1 5W30 with liquid Titanium itu,
kalo di DTMF (Sanjaya knalpot ya kalo gak salah) lebih murah ya Oom daripada di TODA ?
Om turboman..
kalo Motul CRDi 5w-40 vs Shell HX7 10w-40..
Sama2 api SN..
Bagus & enak mana ya buat innova diesel?
Oiya hx7 SN ini harga 70 ribuan ya?
Thanks
salah obat wrote:Om turboman..
kalo Motul CRDi 5w-40 vs Shell HX7 10w-40..
Sama2 api SN..
Bagus & enak mana ya buat innova diesel?
Oiya hx7 SN ini harga 70 ribuan ya?
Thanks
Shell Helix Ultra AB 5W30 (di DTMF ya carinya)
Q8 Formula Super (atau Special ?) 5W30
Kalo kenal ama Distro Agip bisa cari Agip Sint Evolution 0W30 Full Synth, mestinya bisa masuk budget, itu oli okeh banget, 0W30 tapi HTHS 3.5 jadi tergolong oli 0W30 "kental"
Di bawah 100 rb ada Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN, trus oli oli 5W30 Synthetic (Semi or Partial Synthetic) yg dulu API SM juga yg baru2 udah pada keluar versi API SN nya.
Shell Helix Ultra AB 5W30 (di DTMF ya carinya)
Q8 Formula Super (atau Special ?) 5W30
Kalo kenal ama Distro Agip bisa cari Agip Sint Evolution 0W30 Full Synth, mestinya bisa masuk budget, itu oli okeh banget, 0W30 tapi HTHS 3.5 jadi tergolong oli 0W30 "kental"
Di bawah 100 rb ada Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN, trus oli oli 5W30 Synthetic (Semi or Partial Synthetic) yg dulu API SM juga yg baru2 udah pada keluar versi API SN nya.
makasih om turbo udh ane catet.
btw mau tanya nih shell helix ultra yg biasa sm AB apa bedanya ?
kalo shell helix ultra vs castrol edge gmn ? castrol bagus juga ?
kalo di bandung cr toko oli yg bagus" gini dmn ya ?
sorry mo nanya dong om2 sekalian soalnya msh ada hubungannya ama oli mesin
sebenarnya penyebab sludge oil itu apa sih??
baca2 ada yg bilang karena oli yg telat ganti,sering gonta-ganti merek/jenis oli (mineral,semi-synthetic,full synthetic) atau kualitas oli yg jelek (oli palsu)
masih bingung nih. soalnya mobil lama ane dulu (terios 2007) pernah beberapa kali gonta ganti merek oli tapi mesin msh bersih ga ada endapan lumpur kalo dilihat dari lubang pengisian oli. cuma suara mesin agak kasar kalo baru dihidupin pagi2. suaranya kek HLA rusak "kletek2" gitu tapi bentaran doang paling 5-10 detik
Jambangan wrote:sorry mo nanya dong om2 sekalian soalnya msh ada hubungannya ama oli mesin
sebenarnya penyebab sludge oil itu apa sih??
baca2 ada yg bilang karena oli yg telat ganti,sering gonta-ganti merek/jenis oli (mineral,semi-synthetic,full synthetic) atau kualitas oli yg jelek (oli palsu)
masih bingung nih. soalnya mobil lama ane dulu (terios 2007) pernah beberapa kali gonta ganti merek oli tapi mesin msh bersih ga ada endapan lumpur kalo dilihat dari lubang pengisian oli. cuma suara mesin agak kasar kalo baru dihidupin pagi2. suaranya kek HLA rusak "kletek2" gitu tapi bentaran doang paling 5-10 detik
gonta ganti oli gak pa pa asal oli berkualitas dan ganti jgn kejauhan, mobil2 saya oli gak pernah sama.
sludge ya bisa :
- akibat ganti oli kelewat jauh / durasi kelewat lama, dimana TBN sudah jatuh di bawah 2,5 mg KOH.
- Mesinnya itu sendiri
Ada mesin yg "hobby" bikin sludge spt Toyota 1MZ-FE, suatu keanehan tersendiri
Dyarz_ wrote:
1. ngetes TBN oli bisa dimana Oom ? Sucofindo ?
bilangnya apa ya kalo mo ngetest ?
:penasaran aja pengen test
kalo Kendall yg dibanding sama SHU bagusan mana Oom menurut ente ?
sorry masih galau nih
1. kalo saya di Corelab, Rp. 185 rb, test paket dasar lengkap, gak hanya TBN.
Kendall GT-1 ama SHU AB ya scr kasta tinggian SHU AB.
Cuman produk Kendall semi synth yg pake Liquid Ti ini sih spt-nya bagus yah, saya coba yg Super D-XA 10W30 Diesel API CJ-4 udah jalan 8000 Km di ToKiDies masih stabil aja kinerjanya, suara mesin masih normal aja, tarikan masih enak.