Pemilik mobil selalu dikorbankan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by aspsilver »

menanggapi rencana pembatasan nomor polisi ganjil genap, kembali lagi pemilik mobil pribadi dikorbankan.

mobil pribadi selalu dijadikan biang kerok kemacetan, terutama di jakarta.

padahal banyak moda transportasi lain yang jauh bikin macet

1.sepeda motor
ini spesies paling gawat, gak tau aturan.
orang semua antri, motor nyelip diantara mobil nyerobot.
kalo hujan itu paling parah, parkir dibawah jembatan, hampir menutup seluruh badan jalan, bikin kemacetan luar biasa.
kalo naik motor ya siap hujan dong!

melawan arus, motong jalan seenaknya.

dilampu merah paling tak sabar menunggu.

2. angkutan umum
sama parahnya dengan sepeda motor,
ngetem seenaknya. berhenti seenaknya. menaikkan menurunkan penumpang sembarangan

3. truk dan angkutan barang
overloaded, tidak terawat.
jalan extra pelan, disebelah kanan kadang.
skenario umum, jalur kiri ada truk jalan 30km/h, dicoba didahului oleh truk yang jalan 40km/h.

kalo 3 hal ini bisa berkurang pasti kemacetan juga berkurang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Turboman »

Bus / kopaja / metromini / mikrolet / angkot yg ngetem seenaknya bikin bottle neck

Contoh paling simple di Per 4 - an Grogol, U - turn yg di kolong flyover dari arah Latumeten menuju slipi trus U turn balik sebelum lampu merah ke latumeten lagi yg nyebrangin kali itu jembatannya dibuat angkot / mikrolet cari penumpang, lalu di badan jalan sesudah lampu merah juga tempat ngetem macam2 angkutan umum.

halte bus depan telkom - Slipi bikin bottle neck sampai panjang.
* Bukan ajakan Beli *
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by esh »

Seharusnya pemerintah lebih tegas dalam pembatasan mobil pribadi, bukan seperti saat ini orang dibebaskan untuk beli mobil demi pemasukan pajaknya tapi kemudian dibatasi pemakaiannya. Menurut saya kalau caranya seperti ini jelas pemilik mobil yang dirugikan.

Kalau berani batasi orang yang akan beli mobil baru itu namanya baru gentleman. Jangan duitnya mau tapi nggak mau terima konsekuensinya.

Soal banyaknya pengendara motor itu jelas salah pemerintah yang menciptakan kondisi yang memaksa banyak orang membeli motor sebagai alat transportasinya. Penyebabnya adalah kegagalan pemerintah untuk menyediakan alat transportasi umum yang relatif nyaman dan murah. Dalam hal ini jelas pemerintah dan produsen motor serta jaringannya plus finance company yang diuntungkan. Apakah pembeli motor diuntungkan? Sepertinya iya tapi jelas tidak karena seharusnya tidak perlu beli motor bila ada transportasi umum yang memadai dan terjangkau.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by newrubble »

esh wrote:Seharusnya pemerintah lebih tegas ...
Kalau berani batasi orang yang akan beli mobil baru itu namanya baru gentleman. Jangan duitnya mau tapi nggak mau terima konsekuensinya.

Soal banyaknya pengendara motor itu jelas salah pemerintah yang menciptakan kondisi yang memaksa banyak orang membeli motor sebagai alat transportasinya. Penyebabnya adalah kegagalan pemerintah untuk menyediakan alat transportasi umum yang relatif nyaman dan murah. Dalam hal ini jelas pemerintah dan produsen motor serta jaringannya plus finance company yang diuntungkan. Apakah pembeli motor diuntungkan? Sepertinya iya tapi jelas tidak karena seharusnya tidak perlu beli motor bila ada transportasi umum yang memadai dan terjangkau.
sy tdk mau bilang benar salah krn bukan hakim ...tapi memang fakta nya uang rakyat dibutuhkan n akan semakin dibutuhkan n akan sangat dibutuhkan sering wkt yg berjalan meski blm tentu diiringi dgn kenaikan tingkat kualitas maupun kuantitas layanan publik dimanapun di indo khususnya jkt ...

tapi ...tggu aja proposal ganjil genap ini jadi lbh lengkap ...itu yg sy lakukan n kebetulan sy tdk bgt terimbas oleh dikotomi ini...
kenapa yg jadi sasaran adalah pemilik mobil pribadi krn ini adalah keputusan yg punya nuansa politis ...menyangkut resiko politik pula ...sama spt penerapan subsidi bahan bakar minyak ...ada kalkulasi politis pula ...

dimana mana keputusan politik atau lbh tepatnya ...keputusan teknis yg punya dimensi politis ...selalu yg diambil itu yg paling tepat dan.........punya resiko politis paling rendah ...

menghadapi protes pemilik mobil pribadi jauh lbh mudah drpd menghadapi protes pemilik 6 juta sepeda motor di jkt ...

resiko politik selalu dibayar dgn hal ekonomis n selalu yg harus bayar paling mahal itu yg lemah ...
pemerintah akan lbh "lemah" dari rakyatnya jika dia sdh sedemikian tergantung pd rakyat ...spt di negeri yg maju ...first world countries

got my point?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by maxx »

cuma satu kalimat: "itulah Indonesia" :mky_01:

soal ganjil genap kalo berlaku ... yg bisa terjadi:
- Mobil murah baru nambah populasi dg permintaan nopol tertentu (ganjil/genap) sbg mobil serep
- mobil bekas murah byk yg beli sbg mobil serep
- nopol bodong
- jalan yg tidak berlaku aturan ganjil/genap akan jadi lebih padat krn beralih ke jalur tsb

seharusnya >>> PAJAK KENDARAAN JAKARTA khususnya yg terimbas ganjil genap diturunkan krn cuma bisa pakai 50% nya
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by newrubble »

maxx wrote:cuma satu kalimat: "itulah Indonesia" :mky_01: ...seharusnya >>> PAJAK KENDARAAN JAKARTA khususnya yg terimbas ganjil genap diturunkan krn cuma bisa pakai 50% nya
saya malah berharap pajak kendaraan roda empat pribadi bisa naik hingga 60% sehingga hanya manusia manusia kaya saja yg punya kebiasaan naik mobil pribadi ...

mereka yg tidak kaya kaya sekali akan tergiring semua masuk angkutan umum yg apa adanya ...sehingga bila tdk nyaman ...silahkan parlemen n pemerintah di jadikan target ...apapun bentuk protes n ekspresi nya ... sehingga sedikit saja anggota pemerintahan (dari jabatan tertinggi hingga coro) bertingkah aneh ...akan langsung jadi sasaran ...pengadilan dadakan ...apapun bentuk hukumannya dari masyarakat ...yg penting para anggota masyarakat yg lalu lalang ...puas semua jadi hakim sekaligus algojo

manusia manusia kaya jadi korbannya juga ...silakan ...mereka kalo tdk nyaman pasti n pasti hengkang dari indo ...nah para aparat pemerintah mau hengkang kemana? mau apa n bisa apa mrk di luar indo? bayar taxi dari heathrow airport ke central london yg setara rp 3 jutaan aja mrk ngedumel ( saya liat saat mrk ada yg "kunjungan kerja" ke london tahun lalu )
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by htannis »

Intinya di indonesia pertanyaannya cuman 1, kenapa pemerintah selalu mengorbankan rakyatnya.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by newrubble »

htannis wrote:Intinya di indonesia pertanyaannya cuman 1, kenapa pemerintah selalu mengorbankan rakyatnya.
Krn anda semua bgt excuse ...bgt cinta tanah air ....bgt nrimo ...pasrah ...pe maaf ....yg tdk masuk kriteria itu spt sy ...ya pindah WN ...dgn / tanpa indo sy n kel hra maju, makmur, bahagia
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by ilhami »

Memang kedepannya kendaraan pribadi akan dibuat mahal, karena ya bikin macet, polusi.
- pajak semakin mahal
- pemakaian terbatas (3in1, ganjil genap)
- bbm subsidi dibatasi/dilarang.

Memang kota metropolitan ke depannya akan mengutamakan transportasi publik massal.
Tinggal keberanian pemimpinnya saja, insentif angkutan umum, dan kenyamanannya ditingkatkan.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Dogies »

Ogut isi bensin premium Rp 15,000,- buat motor vario utk anter anak sekolah + kerja PP selama 5 hari kerja.

Apa bisa dgn uang segitu pake angkutan umum utk 1 minggu..?

Paham kan maksudnya..?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by ZombiEE »

Gagal pertamax...d**n...
Nubie numpang parkir yee oom TS
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Turboman »

ilhami wrote: Memang kota metropolitan ke depannya akan mengutamakan transportasi publik massal.
Tinggal keberanian pemimpinnya saja, insentif angkutan umum, dan kenyamanannya ditingkatkan.
Setuju

Evolusi suatu kota biasanya dari kota kecil maka mobilitas dgn kend pribadi
Kota kecil menjadi kota menengah : muncul angkutan umum berbasis kendaraan
Kota menengah menjadi kota Metropolitan : Pembangunan MRT
metropolitan menjadi Megapolitan : Extensifikasi MRT dan restriksi thd penggunaan mobil pribadi.

IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Abu2 »

ternyata pelik juga ya di kota2 besar

kalo gitu, balik arah pulang ke kampung lah saya jadinya,
naik sepeda jalan2 lihat kebun dan sawah..
gak ada macet...
banyak kembang desa....
mandinya pun bisa diliat...
:ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by ZombiEE »

Abu2 wrote:ternyata pelik juga ya di kota2 besar

kalo gitu, balik arah pulang ke kampung lah saya jadinya,
naik sepeda jalan2 lihat kebun dan sawah..
gak ada macet...
banyak kembang desa....
mandinya pun bisa diliat...
:ngacir: :ngacir:
Sore2 pura2 be*l di pinggir sungai aaahhh
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by esh »

ZombiEE wrote:
Abu2 wrote:ternyata pelik juga ya di kota2 besar

kalo gitu, balik arah pulang ke kampung lah saya jadinya,
naik sepeda jalan2 lihat kebun dan sawah..
gak ada macet...
banyak kembang desa....
mandinya pun bisa diliat...
:ngacir: :ngacir:
Sore2 pura2 be*l di pinggir sungai aaahhh
Ingat yang di rumah ya oom :e-naughty:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Salvanost »

ga bakalan berhenti di genap ganjil (bicarain kemacetan Jakarta...)
pasti ada kebijaksanaan lainnya yg ngerugiin mobil pribadi
itu Basuki Jokowi pasti galak :big_slap:
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Landie »

aspsilver wrote: 3. truk dan angkutan barang
overloaded, tidak terawat.
jalan extra pelan, disebelah kanan kadang.
skenario umum, jalur kiri ada truk jalan 30km/h, dicoba didahului oleh truk yang jalan 40km/h.
Ini nih yah mesti ditindak, gue udah berkali-kali ngalamin macet total di tol gara2 truk mogok...parahnya lagi dia berhenti persis di-tengah jalan, bukan di pinggir.

Mestinya truk yang mogok di tol (dengan kondisi overloaded dan tidak terawat) dikenakan denda yang signifikan.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Landie »

Dari dulu wacana-nya selalu pembatasan mobil pribadi...sorry, gue bilang org bodoh jg bisa kasih ide kyk gitu, naikin aja pajaknya 1000000% atau tarif erp 1jt sekali lewat, dijamin kosong tuh jalanan; tp apa bener caranya?

Kl pembatasan tanpa perbaikan signifikan di transportasi umum sih sama aja bikin org ga nyaman, ga aman; cara yang paling mudah bagi pemerintah yang ga mikirin rakyatnya. :snipersmile:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by newrubble »

Ini para warga jakarta sy punya sedikit "peluru" yg kalian bisa manfaatkan utk teriak kencang ke ahok ...solusi yg bisa di barengi dgn eksekusi plaat ganjil genap. Mungkin ahok blm ngeh krn dia org daerah

Di taman mini sejak 17 agustus 1990 ada "titian samirono" alias "shs 23 aeromovel" alias angkutan massal bebas polusi dgn tenaga kompresor angin ...temuan insinyur brazil bekas chief engineer ford- do- brazil ...oscar coster yg hak patennya sdh dibeli oleh perusahaannya tutut suharto...pt citra patenindo

Dgn 3 gerbong kapasitas skali angkut itu 300-500 org (kira kira max.setara pswt airbus a380) dgn kecepatan max 30kmh...ini angkutan yg tdk banyak makan listrik krn prinsip katup hampa udara diterapkan untuk mendorong kereta dari satu titik kompressor ke titik kompressor berikut

Tinggal di panjangkan saja tracknya n kebetulan u arah bekasi ...bisa memanfaatkan tiang tiang ex proyek jalan layang sejajar kalimalang ...tentunya dgn tambahan pekerjaan konstruksi agar selesai. Solusi yg murah krn ongkos bangun yg tdk sampai 300 trilyun (perkiraan uang yg mau dibakar th 2013 u subsidi bahan bakar) n tdk usah beli tehnologi lagi n tdk perlu kunjungan kerja studi banding luar negeri ...jauh lbh murah drpd punya bus transJ dgn busway nya yg ternyata ...masih kena macet sana sini

Saya sgt menikmati aeromovel saat ada di sao paolo blm lama ini
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by yaseinotulip »

Setuju sama TS..

Pemerintah yang bego... Rencana MRT udah Dari taun brp ga jalan2..
ga bisa ngatur transportasi yg nyebabin masyarakat beli mobil..
kalo dari dulu transportasi public nya diurus dan bagus pasti jg mobil dan motor ga sebanyak sekarang :big_smoking:
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by M-90 »

yaseinotulip wrote:Setuju sama TS..

Pemerintah yang bego... Rencana MRT udah Dari taun brp ga jalan2..
ga bisa ngatur transportasi yg nyebabin masyarakat beli mobil..
kalo dari dulu transportasi public nya diurus dan bagus pasti jg mobil dan motor ga sebanyak sekarang :big_smoking:

Setuju, Pemerintah masih kurang cerdas.

Ane sangat setuju kebijakan pajak progresif spt yg tlh dilaksanakan saat ini, dan jika atauran ganjil genap dilaksanakan, spt yg Bro Maxx katakan, sudah sangat wajar jika pajak mobil utk DKI diturunkan. Bayar pajak mahal tp hak pakai cuma 50%.

Utk pembatasan jumlah mobil , ane tidak sependapat. Perkembangan Industri otomotif jgn dihambat krn ketidakbecusan pemerintah mengatasi kemacetan. Jutaan orang mulai karyawan ATPM, supplier/vendor komponen spare spart, bengkel resmi maupun non resmi, pedagang jual beli mobil, toko assesories dll yang hidupnya tergantung dari industri otomotif. Biarlah maju tidaknya industri otomotis diserahkan kepada mekanisme pasar.

Salah satu solusi utk mengurangi kemacetan adalah dgn menaikkan BBM subsidi secara bertahap. Kenaikan Rp 1000/ltr dapat menghemat subsidi pemerintah utk BBM minimal Rp 40 Triliun/tahun. Dana tsb dapat dipakai untuk membangun infrastruktur jalan, peremajaan sarana transportasi umum, membangun MRT, memberikan subsidi utk harga tiket transportasi massal spt busway, kereta api, MRT dll.

Cuma parahnya di negara ini, begitu ada wacana kenaikan BBM, hebohnya setengah mati :off_no:
Padahal zaman udah berubah, Indonesia bukan lagi eksportir Migas spt masa lalu. Saat ini kebutuhan nasional utk produk BBM sekitar 1,7 juta barrel/hari sehingga lebih kurang 800 rb/barrel produk BBM dimpor setiap hari, sementari kemapuan produksi nasional cuma sekitar 900 ribu barrel/hari.

Subsidi BBM lebih banyak mudharatnya drpd manfaatnya.
BBM subsidi banyak habis dibakar dikemacetan, dipakai oleh pengusaha batubara di Kalimantan, diselundupkan ke luar negeri.

Sudah saatnya dana subsidi BBM dialihkan ke sektor yg produktif. :big_peace:
Tinggal keberanian pemerintah dan dukungan semua pihak termasuk mahasiswa, parpol, dll.
Dgn syarat pengalihan dana subsidi BBM utk infrastruktur jangan lagi dikorupsi :off_no:



Berondok lagi .................... :ngacir:
bebek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Mon Oct 10, 2011 14:52
Location: Jakarta

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by bebek »

newrubble wrote: menghadapi protes pemilik mobil pribadi jauh lbh mudah drpd menghadapi protes pemilik 6 juta sepeda motor di jkt ...
setuju banget deh dengan statement ini.. dan sangat merasakan bahwa pemilik mobil selalu jadi korban peraturan penguasa..
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Salvanost »

pemerintah kurang cerdas apaan? kalau urusan diri sendiri sih 2 jempol deh

genap ganjil mobil pejabat ga kena
ntar ERP paling2 dapat tunjangan juga
parkir dimahalin juga sama aja
bensin dimahalin juga sama aja
kalau tol masih macet paling2 dimahalin juga tarif tol itu juga sama aja pejabat ga kena dampaknya
MRT tiket harga 38000 aja masih ngotot langsung dikerjakan, ga usah dikaji ulang.

mereka ga pro rakyat
cuma dah pusing aja sama namanya macet,
makanya cara extreme dipake ga masalah asal mereka ga ikutan jadi korban
zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by zoroaster »

kalo gw pribadi sih... cuma menyayangkan urutan kebijakan nya aja....
mau pakai sistem ganjil genap, 3 in1, pajak mahalin, tol mahalin, erp mahalin, bensin mahalin, gw sih seperti kata om newrubble, "pasrah" aja...
tapi ya itu, alangkah baiknya kalo transportasi umum dibagusin, keamanan ditingkatin, kenyamanan ditingkatin... kalo fasilitas sudah baik, baru "paksa" pakai sistem2 yg disebutin diatas.... jangan kebalikannya, paksa pakai sistem dulu, biar orang2 pada naik transportasi umum, lalu tunggu komplain dari masyarakat, baru pembenahan....

skrg gw bingung, dari bekasi mau ke rasuna, kalo kondisi plat gw sedang nggak boleh masuk JKT:

keluar tol nggak bisa, lewat jalan biasa juga nggak bisa... otomatis nyoba transportasi umum:
- naik transportasi umum dari bekasi itu perjuangan, rebut2an, sesak2an, kejambret sekali
- di jakarta coba naik bus, tas di silet sekali
- even di halte, hampir dipalak
- coba busway, saking sesaknya, ke skip halte 1 kali

option naik motor dihilangkan, trauma kecelakaan fatal 1 kali (nggak nyambung ke alasan sih)

intinya, kalau transportasi umum sudah oke, gw jg nggak keberatan kok dengan sistem2 yg akan dijalankan.

oh ya, gw setuju dengan kata "dikorbankan" karena ya gw merasa nyetir alon2, nggak ngembat busway even disuruh polisi, nggak ngembat bahu jalan, nggak trabas lampu merah.

Thanks
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Pemilik mobil selalu dikorbankan

Post by Tjiewei »

newrubble wrote:Ini para warga jakarta sy punya sedikit "peluru" yg kalian bisa manfaatkan utk teriak kencang ke ahok ...solusi yg bisa di barengi dgn eksekusi plaat ganjil genap. Mungkin ahok blm ngeh krn dia org daerah

Di taman mini sejak 17 agustus 1990 ada "titian samirono" alias "shs 23 aeromovel" alias angkutan massal bebas polusi dgn tenaga kompresor angin ...temuan insinyur brazil bekas chief engineer ford- do- brazil ...oscar coster yg hak patennya sdh dibeli oleh perusahaannya tutut suharto...pt citra patenindo

Dgn 3 gerbong kapasitas skali angkut itu 300-500 org (kira kira max.setara pswt airbus a380) dgn kecepatan max 30kmh...ini angkutan yg tdk banyak makan listrik krn prinsip katup hampa udara diterapkan untuk mendorong kereta dari satu titik kompressor ke titik kompressor berikut

Tinggal di panjangkan saja tracknya n kebetulan u arah bekasi ...bisa memanfaatkan tiang tiang ex proyek jalan layang sejajar kalimalang ...tentunya dgn tambahan pekerjaan konstruksi agar selesai.
Solusi yg murah krn ongkos bangun yg tdk sampai 300 trilyun (perkiraan uang
yg mau dibakar th 2013 u subsidi bahan bakar) n tdk usah beli tehnologi lagi n tdk perlu kunjungan kerja studi banding luar negeri ...jauh lbh murah drpd punya bus transJ dgn busway nya yg ternyata ...masih kena macet sana sini

Saya sgt menikmati aeromovel saat ada di sao paolo blm lama ini
Hai nubie salam kenal.anda siapa dan tinggal dimana?