Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

M-90 wrote:
1. Model menarik, mesin terbaik di kelas 1500cc (performance dan FC irit) dan racing parts mudah di dapat jika ingin up grade mesin.
2. Cocok sebagai Family SUV, kabin terlapang dikelasnya, mesin sdh terbukti reliable, model eksterior keren.
3. Model lebih elegan dan terkesan mewah dibanding kompetitor, Balance antara performance dan kenyamanan walau bukan yg terbaik.
4. Model menarik, kenyamanan

Yg lainnya lagi2 alasan klasik yaitu resale value dan after sales services yg prima.
Memang mobil bukan investasi, tp ane masih belon bisa terima mobil yg ane beli hasil kerja keras, harganya terjun bebas seperti K-Car. :big_peace:
Nah itu... Mesin, akomodasi, reliabel Honda.. Elegansi dan kenyamanan Toyota..

Driving dynamics BMW, kemewahan Mercedes, detailing Audi dll, dsb..

Di Hyundai dan Kia apa yang spesial?
:e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by maskopat »

AD74YA wrote:
M-90 wrote:
1. Model menarik, mesin terbaik di kelas 1500cc (performance dan FC irit) dan racing parts mudah di dapat jika ingin up grade mesin.
2. Cocok sebagai Family SUV, kabin terlapang dikelasnya, mesin sdh terbukti reliable, model eksterior keren.
3. Model lebih elegan dan terkesan mewah dibanding kompetitor, Balance antara performance dan kenyamanan walau bukan yg terbaik.
4. Model menarik, kenyamanan

Yg lainnya lagi2 alasan klasik yaitu resale value dan after sales services yg prima.
Memang mobil bukan investasi, tp ane masih belon bisa terima mobil yg ane beli hasil kerja keras, harganya terjun bebas seperti K-Car. :big_peace:
Nah itu... Mesin, akomodasi, reliabel Honda.. Elegansi dan kenyamanan Toyota..

Driving dynamics BMW, kemewahan Mercedes, detailing Audi dll, dsb..

Di Hyundai dan Kia apa yang spesial?
:e-think:
mitsubishi mannnnaaaaa??????!!!! :mky_06:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

AD74YA wrote:
M-90 wrote:
1. Model menarik, mesin terbaik di kelas 1500cc (performance dan FC irit) dan racing parts mudah di dapat jika ingin up grade mesin.
2. Cocok sebagai Family SUV, kabin terlapang dikelasnya, mesin sdh terbukti reliable, model eksterior keren.
3. Model lebih elegan dan terkesan mewah dibanding kompetitor, Balance antara performance dan kenyamanan walau bukan yg terbaik.
4. Model menarik, kenyamanan

Yg lainnya lagi2 alasan klasik yaitu resale value dan after sales services yg prima.
Memang mobil bukan investasi, tp ane masih belon bisa terima mobil yg ane beli hasil kerja keras, harganya terjun bebas seperti K-Car. :big_peace:
Nah itu... Mesin, akomodasi, reliabel Honda.. Elegansi dan kenyamanan Toyota..

Driving dynamics BMW, kemewahan Mercedes, detailing Audi dll, dsb..

Di Hyundai dan Kia apa yang spesial?
:e-think:
Kalo ditanya yg special apa jawabnya : harga yg lebih murah (kalo beli bukan dikasih he...he...).
Kenyamanan Toyota ? gak juga ah....saya eks pemilik Toyota dan saya beralih dari Toyota dg alasan kurang nyaman dg mobil lain yg harganya sama he...he... Dengan harga yg sama (kalo beli sih he..he bukan dikasih) Hyundai lebih terasa nyaman. Kebetulan saya penikmat mobil, bukan makelar he..he... Kebetulan saya sudah lama pengguna jasa Camry nya "Golden Bird" dan New Sonatanya "White Horse" Rasanya lebih nyaman Sonata ya dari Camry padahal lebih murah he...he...saat digeber 140 km/h dikabin Sonata lebih senyap dibanding Camry. Itu yg selama ini saya rasakan sih... (bukan pemilik Hyundai & Kia) :big_peace: Hanya berpendapat ! he...he...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Opini ane ya

Honda :
kebetulan ada CR-V 2007 R20A di rumah dan ane perhatikan kualitas parts mobil2 Honda makin ke sini makin turun. R20A ane di Km 30 rebuan tensioner belt dah bunyi sendiri, padahal mobil jarang sekali digeber.

Pengalaman ortu punya mobil Honda yg bikinan paling bagus itu = Accord Cielo th 94, itu bener2 bagus dah kualitas mulai dr pelat body, interior, dll. Skg naekkin CR-V 2007 jujur aja kuciwa.

Monggo tanya ke bengkel2 AC, mobil2 Honda yg baru2 jika masuk usia 3 - 4 tahun umumnya magnetic clutch Kompressor udah bermasalah, untung sy punya 5 tahun & 55 rb Km masih bagus.

Trus lagi urusan kaki2, CR-V gen.3 shock buatan Showa lokal harganya mencekik leher !!! Shocknya juga gak ada bagus2-nya, bantingan kaku kayak karet mati, tapi kalau kenceng ada sedikit ngayun, stabilitas tertlong disain keseluruhan suspensi yg oke. (sy skg ganti pakai HotBit Basic)

Untungnya EPS si R20A gen.3 ini tergolong badak.

Toyota
Kebetulan ane ada Ipah D4 D 2006 dan ToKiDies th 2001

Untung aja Ipah D4 D ane sih waterpump, evap AC masih bagus, teman2 ane di IC udah banyak yg ngalamin waterpump rembes dan Evap AC bocor di tahun ke 5.

Sedangkan ToKiDies ane th 2001 udah jalan hampir 170 rb Km, sistem AC, aterpump masih prima semua !!!

Di sini terlihat Toyota mengurangi kualitas beberapa parts.

Dan konon dari pengamatan bbrp teman2, kualitas parts2 karet pintu Ipah 2006 vs Ipah & 42ner yg skg itu bagusan Ipah 2006 dulu (waktu sama2 baru), makin ke sini karet pintu konon dibuat lebih tipis.

Ane dan om ane yg pemerhati mobil & motor sejak lama memperhatikan tabiat produsen Jepun itu dari dulu memang mereka punya policy "Jika produk2-nya sudah sukses, maka mereka melakukan "efisiensi" biaya produksi, dimana parts2 yg dirasa gak krusial mulai di kuurang2-i kualitasnya / dikecilin dikit lah, dll. Enggak mobil / enggak motor.

Yg paling terasa waktu terjadi Yendaka, bahkan dulu Toyota terang2-an mengumumkan apa yang mereka lakukan dalam efisiensi biaya produksi, parts2 di kurang2-i, dll.

TAPI sekarang si Dai Nippon udah enggak bisa nge-cipoa-in konsumen lagi sejak produk saingan2 mereka semakin baik dan menarik, Duo Ginseng berada di front depan "film horror" bagi Dai Nippon, bersama juga bangkitnya kembali si Biru Oval & palang serta perkembangan produsen2 negeri Panda.

Kalo soal kualitas mmg si Duo Ginseng ini kayaknya sebagian masih rada tanda tanya juga, secara sodara istri di Edison - New Jersey punya New Elantra 2012 konon baru beberapa bulan pedal rem-nya spt bunyi2 / gak smooth.

Tapi cerita lain dari bengkel specialist CBU di Bandung (FAM - Gerlong) ane pernah tanya, gimana reliability Hyunda Santa Fe lama, scr mrk ada langgananan lama yg juga punya Santa Fe model lama (th 2002 or 2004 kalo ga salah), mereka bilang "so far so good yah", cari parts-nya juga ga susah.

Terobosan yg dilakukan Duo Ginseng dgn mesin GDI Turbo, transmisi Matic 6 speed di banyak variant, berbagai opsi2 lain + harga jual yg bersahabat di kelasnya, mau gak mau "memaksa" produsen2 lain utk berpacu juga........dimana kita tahu produsen Jepang sgt tertinggal utk implementasi sistem GDI Turbo, paling baru Nissan di Juke seri tertinggi & Honda baru merilis mesin GDI konsep di seri Earth Dreams (helloooo ???)........apalagi Toyota....waahahahhahahaha................jagoan jual barang spec "purba" dengan harga "terkini", walau memang scr umum Toyota diakui unggul soal daya tahan.

Toyota mencoba melenggang dgn Hybrid, gak lama lgs dipepet ama Duo Ginseng yg juga merilis hybrid. Lexus LS 460 pakek 8 sp AT....skg Equus juga udah pake 8 Speed AT.

Saya pribadi berharap gak ada dominasi di dunia ini, agar supaya konsumen selalu diuntungkan.

Discl : sekedar opini pribadi ajah

*Bukan sales merek mobil manapun*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

jadi oom deasegara dan oom turboman dari 4 pertanyaan saya, jawaban anda apa?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Bueuk_32 »

M-90 wrote:
AD74YA wrote:
M-90 wrote:Kalo hanya boleh pilih 1
Secara pribadi ane pilih:
1. ANJ
2. New CRV
3. Toyota Camry
4. Toyota Harrier


Alasannya?
1. Model menarik, mesin terbaik di kelas 1500cc (performance dan FC irit) dan racing parts mudah di dapat jika ingin up grade mesin.
2. Cocok sebagai Family SUV, kabin terlapang dikelasnya, mesin sdh terbukti reliable, model eksterior keren.
3. Model lebih elegan dan terkesan mewah dibanding kompetitor, Balance antara performance dan kenyamanan walau bukan yg terbaik.
4. Model menarik, kenyamanan

Yg lainnya lagi2 alasan klasik yaitu resale value dan after sales services yg prima.
Memang mobil bukan investasi, tp ane masih belon bisa terima mobil yg ane beli hasil kerja keras, harganya terjun bebas seperti K-Car. :big_peace:
kan pertanyaannya klo dikasih gratis om.
btw klo harus beli sendiri, alasan2nya sangat masuk akal. tapi seandainya gratisan, mungkin pilihan member disini bisa menjawab apakah dg angka gratis pun k-car tetap menjadi mobil yg mudah dilupakan seperti yg dibilang mod djay :mky_08:
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

1. ANJ, Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Kia Rio, Hyundai Gran Avega; anda bakal pilih yang mana?
2. New CRV, Mazda CX-5, Nissan Xtrail, Kia Sportage, Hyundai Tucson; anda bakal pilih yang mana?
3. Honda Accord, Toyota Camry, Mazda6, Hyundai Sonata; anda bakal pilih yang mana?
4. Santa Fe, BMW X1, Mazda CX-7, Toyota Harrier; anda bakal pilih yang mana?

Kalo misal utk dipakai di sini, ane sih tutup mata akan pilih yg resale value-nya paling bagus aja, parts yg mudah dicari, banyak bengkel yg paham akan mobil tsb., peduli setan mereknya......hahahaha......since bagi gw skg mobil hanya sekedar sarana transport aja.

1. ANJ
2. New CR-V
3. T. Camry
4. Harrier

abis itu yg nomor 3 pasti ane lgs jual segera, no. 4 mungkin pake bentar dah itu jual, no 2 dan 1 bisa di keep.

gw pribadi paling suka mobil tinggi, steel ladder, Diesel, interior lega, karena memang sesuai kebutuhan, kondisi jalanan yg ane lalui.

Dan utk punya K-car spt yg ane pernah bilang : selama Policy dagang Principal & ATPM nya di Indonesia masih spt ini, rasanya masih mikir2 utk punya K-Car

Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by MitshuToyo »

AD74YA wrote: Poin saya seperti ini, yang pernah nyetir M-class dan Santa Fe, pasti merasakan ada kemiripan, terutama dari posisi duduk.. Sayangnya hanya mirip... Di sisi kualitas buatan, kenyamanan berkendara, dan handlingnya, Santa Fe seperti mencongak langsung dari Mercedes, tapi versi sangat-sangat generik nya.. Seakan-akan Santa Fe itu M-class yang masih dalam tahap draft, belum ada refinement sama sekali.. Dan.. Feel itu nggak bisa bohong, dan itu yang bakal terus dipikirin saat kita nyetir mobilnya..
Hmm M class vs Santa Fe ... imho sepertinya gak bisa dibandingkan yah.. krn dari level harga sudah beda jauh.. dengan kata lain kalau dibuat sama persis, biaya R&D + product cost dll bakal naik... akhirnya harganya sama or hampir sama..
Tapi bisa ditangkep maksudnya; jadi Santafe ini versi generiknya tapi masih kemahalan ya Pak Djaya.. wekekeke..

AD74YA wrote: Thanks oom... Nggak lah, saya akan selalu berusaha fair. Toyota akhir-akir ini memang terjadi penurunan di Assembly nya ya nampaknya,... Gap nya pada nggak konsisten semua..
Baik untuk sarannya akan saya pertimbangkan. Maklum pengetahuan saya sangat terbatas, sehingga sangat banyak butuh koreksi dan diskusi dari rekan-rekan...
Saya selalu terbuka untuk diberi koreksi, tambahan, atau masukan yang membangun :frm_salut:
Setuju yg saya bold,.. saya ambil gambar waktu Iims kemarin di Inn*va luxury and f*rt***..
Sebelumnya maaf bagi user masing2 kendaraan ya.. kita bahas dari sisi desinnya saja.. tidak ada maksud macem2.. hehehe

Gap and finishing yg kurang bagus, pecah dan bolong :

Image

Karet balon pintu yg sepertinya dipaksa waktu instalasinya sehingga robek + gap pilar A dengan dashboard.. or memang begitu adanya disemua unit ?
Sorry ftnya miring gak sempet edit di PB heheheh

Image

Cmiiw..
Lagi nginjek rem..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

poin nya cuman secara spek dan feeling aja oom turboman.. tidak mencakup resale dan lain-lain..

pak mitsu betul... sangat mengecewakan... Camry XV40 production batch terakhir saja panel consistency nya buruk sekali
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by campoeran »

Turboman wrote:1. ANJ, Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Kia Rio, Hyundai Gran Avega; anda bakal pilih yang mana?
2. New CRV, Mazda CX-5, Nissan Xtrail, Kia Sportage, Hyundai Tucson; anda bakal pilih yang mana?
3. Honda Accord, Toyota Camry, Mazda6, Hyundai Sonata; anda bakal pilih yang mana?
4. Santa Fe, BMW X1, Mazda CX-7, Toyota Harrier; anda bakal pilih yang mana?

Kalo misal utk dipakai di sini, ane sih tutup mata akan pilih yg resale value-nya paling bagus aja, parts yg mudah dicari, banyak bengkel yg paham akan mobil tsb., peduli setan mereknya......hahahaha......since bagi gw skg mobil hanya sekedar sarana transport aja.

1. ANJ
2. New CR-V
3. T. Camry
4. Harrier

abis itu yg nomor 3 pasti ane lgs jual segera, no. 4 mungkin pake bentar dah itu jual, no 2 dan 1 bisa di keep.

gw pribadi paling suka mobil tinggi, steel ladder, Diesel, interior lega, karena memang sesuai kebutuhan, kondisi jalanan yg ane lalui.

Dan utk punya K-car spt yg ane pernah bilang : selama Policy dagang Principal & ATPM nya di Indonesia masih spt ini, rasanya masih mikir2 utk punya K-Car

Just IMO
Kl duit sendiri
1.ANJ
2.CX5
3.6
4.Harrier

kenapa ? suka2 ane
kl dikasih free
1. ANJ
2. CRV
3. Camry
4. X1
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Problema yg dihadapi kita sebagai konsumen dan konsumen di seluruh dunia yah klasik :

"Harga bahan baku material naik, pabrikan ga bisa seenaknya menaikkan harga jual karena kompetisi makin sengit"

Jadilah kualitas di sunat2-in :e-doh:

Kalo ngeliat mobil2 era 90 an yah, kayak W124 gitu yg body-nya kayak Tank, atau Lexus LS / Infinity Q45 di era tsb.

Kalo bicara mobil berkarakter yang memorable sih buat ane tetap merek2 Eropa "still da best" dah, apalagi yg buatan era2 80 an - 90 an, mereka masih berpegang kepada "pakem", since 96 ke atas mobil2 Eropa udah semakin "market oriented" dan lebih banyak ngikutin mainstream global kayaknya. CMIIW

Mobil2 yg ane anggap berkarakter :
- BMW M40 (lihat interior-nya)
- MB W124
- BMW E34 dan sampe E39 masih dah.

Kalo ngeliat yg vintage apalagi, kayak SL Pagoda gitu, interiornya gitu ciamik tenannn :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

Kalo dari grup Dai Nippon yg ane suka interiornya : Infinity Q45 gen. 1

Mobil2 Italy era 70 an gitu juga berkarakter, spt Fiat 125 / Alfetta / AlfaSud, bahkan Fiat 124 yg konon dianggap gak istimewa-pun jika kita naiki terasa suatu nuansa khas tertentu.........trus exhaust tone mobil2 Italy tsb. yg khas.

Seneng banget rasanya kalo misal bisa menemukan BMW M40 yg kondisinya benar2 prima spt era tahun 88 dulu.......mobil yg balance dari segala aspek, model gak usang dimakan waktu, disain interior yg khas & driver oriented.

Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by MitshuToyo »

Turboman wrote:Opini ane ya

Honda :
kebetulan ada CR-V 2007 R20A di rumah dan ane perhatikan kualitas parts mobil2 Honda makin ke sini makin turun. R20A ane di Km 30 rebuan tensioner belt dah bunyi sendiri, padahal mobil jarang sekali digeber.

Pengalaman ortu punya mobil Honda yg bikinan paling bagus itu = Accord Cielo th 94, itu bener2 bagus dah kualitas mulai dr pelat body, interior, dll. Skg naekkin CR-V 2007 jujur aja kuciwa.

Monggo tanya ke bengkel2 AC, mobil2 Honda yg baru2 jika masuk usia 3 - 4 tahun umumnya magnetic clutch Kompressor udah bermasalah, untung sy punya 5 tahun & 55 rb Km masih bagus.

Trus lagi urusan kaki2, CR-V gen.3 shock buatan Showa lokal harganya mencekik leher !!! Shocknya juga gak ada bagus2-nya, bantingan kaku kayak karet mati, tapi kalau kenceng ada sedikit ngayun, stabilitas tertlong disain keseluruhan suspensi yg oke. (sy skg ganti pakai HotBit Basic)

Untungnya EPS si R20A gen.3 ini tergolong badak.

Toyota
Kebetulan ane ada Ipah D4 D 2006 dan ToKiDies th 2001

Untung aja Ipah D4 D ane sih waterpump, evap AC masih bagus, teman2 ane di IC udah banyak yg ngalamin waterpump rembes dan Evap AC bocor di tahun ke 5.

Sedangkan ToKiDies ane th 2001 udah jalan hampir 170 rb Km, sistem AC, aterpump masih prima semua !!!

Di sini terlihat Toyota mengurangi kualitas beberapa parts.

Dan konon dari pengamatan bbrp teman2, kualitas parts2 karet pintu Ipah 2006 vs Ipah & 42ner yg skg itu bagusan Ipah 2006 dulu (waktu sama2 baru), makin ke sini karet pintu konon dibuat lebih tipis.

Ane dan om ane yg pemerhati mobil & motor sejak lama memperhatikan tabiat produsen Jepun itu dari dulu memang mereka punya policy "Jika produk2-nya sudah sukses, maka mereka melakukan "efisiensi" biaya produksi, dimana parts2 yg dirasa gak krusial mulai di kuurang2-i kualitasnya / dikecilin dikit lah, dll. Enggak mobil / enggak motor.

Yg paling terasa waktu terjadi Yendaka, bahkan dulu Toyota terang2-an mengumumkan apa yang mereka lakukan dalam efisiensi biaya produksi, parts2 di kurang2-i, dll.

TAPI sekarang si Dai Nippon udah enggak bisa nge-cipoa-in konsumen lagi sejak produk saingan2 mereka semakin baik dan menarik, Duo Ginseng berada di front depan "film horror" bagi Dai Nippon, bersama juga bangkitnya kembali si Biru Oval & palang serta perkembangan produsen2 negeri Panda.

Kalo soal kualitas mmg si Duo Ginseng ini kayaknya sebagian masih rada tanda tanya juga, secara sodara istri di Edison - New Jersey punya New Elantra 2012 konon baru beberapa bulan pedal rem-nya spt bunyi2 / gak smooth.

Tapi cerita lain dari bengkel specialist CBU di Bandung (FAM - Gerlong) ane pernah tanya, gimana reliability Hyunda Santa Fe lama, scr mrk ada langgananan lama yg juga punya Santa Fe model lama (th 2002 or 2004 kalo ga salah), mereka bilang "so far so good yah", cari parts-nya juga ga susah.

Terobosan yg dilakukan Duo Ginseng dgn mesin GDI Turbo, transmisi Matic 6 speed di banyak variant, berbagai opsi2 lain + harga jual yg bersahabat di kelasnya, mau gak mau "memaksa" produsen2 lain utk berpacu juga........dimana kita tahu produsen Jepang sgt tertinggal utk implementasi sistem GDI Turbo, paling baru Nissan di Juke seri tertinggi & Honda baru merilis mesin GDI konsep di seri Earth Dreams (helloooo ???)........apalagi Toyota....waahahahhahahaha................jagoan jual barang spec "purba" dengan harga "terkini", walau memang scr umum Toyota diakui unggul soal daya tahan.

Toyota mencoba melenggang dgn Hybrid, gak lama lgs dipepet ama Duo Ginseng yg juga merilis hybrid. Lexus LS 460 pakek 8 sp AT....skg Equus juga udah pake 8 Speed AT.
Sharing yg bagus.. :thanks: :off_good_job:
Kalau diulas lagi, apa mungin penurunan kualitas terjadi karena mengejar prosentase konten lokal ? jadinya asal ambil part dari supplier / sub-con lokal yang kurang baik ?
Kasihan konsumen yg gak ngerti apa2 dong ya.. tau2 umur mobil gak lama, minta jajan part melulu.. slow moving part pula.. hehehe
Lagi nginjek rem..
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

AD74YA wrote:jadi oom deasegara dan oom turboman dari 4 pertanyaan saya, jawaban anda apa?
Kalo saya pilih semuanya yg paling mahal trus dijual trus dibelikan Chevrolet Trailblazer 2.8 he....he...he....itu yg cocok dan yg paling bisa saya nikmati dengan keluarga...untuk turing dipegunungan dan pantai utara dan selatan Jawa. Kebetulan lagi ngincer TB 2.8 pak 4DJAY, kok pak 4DJAY gak test drive dan mereview ya.......menunggu reviewnya pak 4DJAY sebelum membeli he...he...he... :mky_02:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

MitshuToyo wrote:
Turboman wrote:Opini ane ya

Honda :
kebetulan ada CR-V 2007 R20A di rumah dan ane perhatikan kualitas parts mobil2 Honda makin ke sini makin turun. R20A ane di Km 30 rebuan tensioner belt dah bunyi sendiri, padahal mobil jarang sekali digeber.

Pengalaman ortu punya mobil Honda yg bikinan paling bagus itu = Accord Cielo th 94, itu bener2 bagus dah kualitas mulai dr pelat body, interior, dll. Skg naekkin CR-V 2007 jujur aja kuciwa.

Monggo tanya ke bengkel2 AC, mobil2 Honda yg baru2 jika masuk usia 3 - 4 tahun umumnya magnetic clutch Kompressor udah bermasalah, untung sy punya 5 tahun & 55 rb Km masih bagus.

Trus lagi urusan kaki2, CR-V gen.3 shock buatan Showa lokal harganya mencekik leher !!! Shocknya juga gak ada bagus2-nya, bantingan kaku kayak karet mati, tapi kalau kenceng ada sedikit ngayun, stabilitas tertlong disain keseluruhan suspensi yg oke. (sy skg ganti pakai HotBit Basic)

Untungnya EPS si R20A gen.3 ini tergolong badak.

Toyota
Kebetulan ane ada Ipah D4 D 2006 dan ToKiDies th 2001

Untung aja Ipah D4 D ane sih waterpump, evap AC masih bagus, teman2 ane di IC udah banyak yg ngalamin waterpump rembes dan Evap AC bocor di tahun ke 5.

Sedangkan ToKiDies ane th 2001 udah jalan hampir 170 rb Km, sistem AC, aterpump masih prima semua !!!

Di sini terlihat Toyota mengurangi kualitas beberapa parts.

Dan konon dari pengamatan bbrp teman2, kualitas parts2 karet pintu Ipah 2006 vs Ipah & 42ner yg skg itu bagusan Ipah 2006 dulu (waktu sama2 baru), makin ke sini karet pintu konon dibuat lebih tipis.

Ane dan om ane yg pemerhati mobil & motor sejak lama memperhatikan tabiat produsen Jepun itu dari dulu memang mereka punya policy "Jika produk2-nya sudah sukses, maka mereka melakukan "efisiensi" biaya produksi, dimana parts2 yg dirasa gak krusial mulai di kuurang2-i kualitasnya / dikecilin dikit lah, dll. Enggak mobil / enggak motor.

Yg paling terasa waktu terjadi Yendaka, bahkan dulu Toyota terang2-an mengumumkan apa yang mereka lakukan dalam efisiensi biaya produksi, parts2 di kurang2-i, dll.

TAPI sekarang si Dai Nippon udah enggak bisa nge-cipoa-in konsumen lagi sejak produk saingan2 mereka semakin baik dan menarik, Duo Ginseng berada di front depan "film horror" bagi Dai Nippon, bersama juga bangkitnya kembali si Biru Oval & palang serta perkembangan produsen2 negeri Panda.

Kalo soal kualitas mmg si Duo Ginseng ini kayaknya sebagian masih rada tanda tanya juga, secara sodara istri di Edison - New Jersey punya New Elantra 2012 konon baru beberapa bulan pedal rem-nya spt bunyi2 / gak smooth.

Tapi cerita lain dari bengkel specialist CBU di Bandung (FAM - Gerlong) ane pernah tanya, gimana reliability Hyunda Santa Fe lama, scr mrk ada langgananan lama yg juga punya Santa Fe model lama (th 2002 or 2004 kalo ga salah), mereka bilang "so far so good yah", cari parts-nya juga ga susah.

Terobosan yg dilakukan Duo Ginseng dgn mesin GDI Turbo, transmisi Matic 6 speed di banyak variant, berbagai opsi2 lain + harga jual yg bersahabat di kelasnya, mau gak mau "memaksa" produsen2 lain utk berpacu juga........dimana kita tahu produsen Jepang sgt tertinggal utk implementasi sistem GDI Turbo, paling baru Nissan di Juke seri tertinggi & Honda baru merilis mesin GDI konsep di seri Earth Dreams (helloooo ???)........apalagi Toyota....waahahahhahahaha................jagoan jual barang spec "purba" dengan harga "terkini", walau memang scr umum Toyota diakui unggul soal daya tahan.

Toyota mencoba melenggang dgn Hybrid, gak lama lgs dipepet ama Duo Ginseng yg juga merilis hybrid. Lexus LS 460 pakek 8 sp AT....skg Equus juga udah pake 8 Speed AT.
Sharing yg bagus.. :thanks: :off_good_job:
Kalau diulas lagi, apa mungin penurunan kualitas terjadi karena mengejar prosentase konten lokal ? jadinya asal ambil part dari supplier / sub-con lokal yang kurang baik ?
Kasihan konsumen yg gak ngerti apa2 dong ya.. tau2 umur mobil gak lama, minta jajan part melulu.. slow moving part pula.. hehehe
Ya gak usah kasihan bro......salah sendiri mereka membebek gak punya prinsip sendiri .....ha.....ha..... :mky_07:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

Ane perjelas sekali lagi jay..ehehehe
Ini dalam konteks dikasih gratis ya?? Kalau gitu milih yg termahal...

Mengenai kenapa tidak akan memilih sonata, nubie akui memang secara design sangat berani, keliatan hi tech...bahkan itu garis design berlanjut sampai ke dalam kabin nya...sangat beraroma Eropa, andai diliat dr foto, logo H miring diganti ke merk Eropa nubie percaya2 aja.

Out of those 4, saya pernah kendarai 3 dari japanese side, (Will throw in Nissan for bonus) dan pernah coba duduk2 d dlm Sonata saat pameran.

Opini pribadi, Sonata d dlm nya paling jelek, as if design2 keren tersebut berusaha menutupi inferior quality... Nubie gak tau gimana jelasin nya, kaya nya gak dibangun dgn solid dan kursi nya kebetulan gak cocok dgn postur ane yg aneh...selanjutnya, dilihat lama2 design nya rada boring...

Bottom line, nubie bisa ngerti kenapa oom gogo agak kecewa dgn santa fe ini.

Mengenai Korean manufacturer apakah sudah mengimbangi jepang dgn penetrasi pasar yang agresip nya, nubie berpendapat untuk saat ini belum...bukan berarti tidak sanggup, kapan ya kira2?ehehe
But, to me they're in the right track :off_good_job:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote: Opini pribadi, Sonata d dlm nya paling jelek, as if design2 keren tersebut berusaha menutupi inferior quality... Nubie gak tau gimana jelasin nya, kaya nya gak dibangun dgn solid dan kursi nya kebetulan gak cocok dgn postur ane yg aneh...selanjutnya, dilihat lama2 design nya rada boring...

Bottom line, nubie bisa ngerti kenapa oom gogo agak kecewa dgn santa fe ini.

Mengenai Korean manufacturer apakah sudah mengimbangi jepang dgn penetrasi pasar yang agresip nya, nubie berpendapat untuk saat ini belum...bukan berarti tidak sanggup, kapan ya kira2?ehehe
But, to me they're in the right track :off_good_job:
Akhirnya ada yang nyangkut juga apa yang ane coba jabarin secara metafora dari tadi.... Yang lainnya malah nyebar bahan pembicaraan kemana-mana... Ada yang curhat kekurangan mobil Jepang lah... Ada yang bilang M-class gak bisa dibandingin sama Santa Fe lah...

Yang dibilang ZombiEE inilah yang coba ane pancing-pancing dari tadi... Mobil Korea itu antara visi, desain, kualitas, dan rasa masih Belum Sinkron..

Dan itulah yang sampai saat ini membuat ane Belum melirik produk Korea.

Jadi... Sudah pada ngerti kan? Kenapa Produk Korea saya bilang sebagai Produk yang Mudah Dilupakan?

Thanks, ZombiEE. :cupss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

lava85 wrote:Buset rame amat disini, jarang2 gw liat Mr. Stig ngamuk.
Saya ngamuk karena ada yang berani menghina SM. Kalau ngata-ngatain saya atau review/postingan saya, saya sangat tolerir.. :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

Belphegor wrote:
leiv wrote:kalo gitu di ganti ban apa biar lbh empuk? michelin lattitude?
Klo liat dr ulasan om helm putih sih jangan ganti ban ke michelin lattitude, karena ban aslinya yg minim grip, kalo mau lebih enak harus diganti ke ban yg punya grip berlimpah, tapi untuk SUV apa ya ban yg gripnya bagus?

Biasanya sih biar mobil lebih empuk, dipakai shock substitusi / aftermarket, tp kyknya belum ada deh untuk Santa Fe secara baru seumur jagung.
Seperti yang saya sebutkan diatas, BS Dueler H/P saya rekomendasikan... (pernah coba sendiri dan memang untuk SUV grip nya mantep, dan masih nyaman... kekurangannya rada bising dikit.)
grandscenic wrote:
AD74YA wrote:Jadi istilahnya kalau diumpamakan sebagai perawan, keperawanan ane diambil dengan threesome bersama Asmiranda dan Sandra Dewi.. (Amen to that..) :e-pray:
Mudah-mudahan videonya bocor diinternet, i would like to download it,,



mungkin gambarannya seperti ini kali ya,, tambah 1 cewek lagi,, :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Image
oom scenic.. ada link video gambar diatas??? :upss:

ahh saya cuma iklan.... kalau JAV mayan juga....
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
andy1800 wrote:What?! You would like to download video bocor nya adjaya??....weleh.... :e-wall:
grandscenic wrote:ane mo liat si asmi n si dewi nya, :off_ladies: adjaya nya mah klo bisa helmnya jangan dilepas,,............. :ngacir:
Yakin mau lihat *helm saya?...............
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:
ZombiEE wrote: Opini pribadi, Sonata d dlm nya paling jelek, as if design2 keren tersebut berusaha menutupi inferior quality... Nubie gak tau gimana jelasin nya, kaya nya gak dibangun dgn solid dan kursi nya kebetulan gak cocok dgn postur ane yg aneh...selanjutnya, dilihat lama2 design nya rada boring...

Bottom line, nubie bisa ngerti kenapa oom gogo agak kecewa dgn santa fe ini.

Mengenai Korean manufacturer apakah sudah mengimbangi jepang dgn penetrasi pasar yang agresip nya, nubie berpendapat untuk saat ini belum...bukan berarti tidak sanggup, kapan ya kira2?ehehe
But, to me they're in the right track :off_good_job:
Akhirnya ada yang nyangkut juga apa yang ane coba jabarin secara metafora dari tadi.... Yang lainnya malah nyebar bahan pembicaraan kemana-mana... Ada yang curhat kekurangan mobil Jepang lah... Ada yang bilang M-class gak bisa dibandingin sama Santa Fe lah...

Yang dibilang ZombiEE inilah yang coba ane pancing-pancing dari tadi... Mobil Korea itu antara visi, desain, kualitas, dan rasa masih Belum Sinkron..

Dan itulah yang sampai saat ini membuat ane Belum melirik produk Korea.

Jadi... Sudah pada ngerti kan? Kenapa Produk Korea saya bilang sebagai Produk yang Mudah Dilupakan?

Thanks, ZombiEE. :cupss:
Maksut lo????
Sial, nubie kenak pancingan...uwkwkwkwkw
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

ZombiEE wrote:
AD74YA wrote:
ZombiEE wrote: Opini pribadi, Sonata d dlm nya paling jelek, as if design2 keren tersebut berusaha menutupi inferior quality... Nubie gak tau gimana jelasin nya, kaya nya gak dibangun dgn solid dan kursi nya kebetulan gak cocok dgn postur ane yg aneh...selanjutnya, dilihat lama2 design nya rada boring...

Bottom line, nubie bisa ngerti kenapa oom gogo agak kecewa dgn santa fe ini.

Mengenai Korean manufacturer apakah sudah mengimbangi jepang dgn penetrasi pasar yang agresip nya, nubie berpendapat untuk saat ini belum...bukan berarti tidak sanggup, kapan ya kira2?ehehe
But, to me they're in the right track :off_good_job:
Akhirnya ada yang nyangkut juga apa yang ane coba jabarin secara metafora dari tadi.... Yang lainnya malah nyebar bahan pembicaraan kemana-mana... Ada yang curhat kekurangan mobil Jepang lah... Ada yang bilang M-class gak bisa dibandingin sama Santa Fe lah...

Yang dibilang ZombiEE inilah yang coba ane pancing-pancing dari tadi... Mobil Korea itu antara visi, desain, kualitas, dan rasa masih Belum Sinkron..

Dan itulah yang sampai saat ini membuat ane Belum melirik produk Korea.

Jadi... Sudah pada ngerti kan? Kenapa Produk Korea saya bilang sebagai Produk yang Mudah Dilupakan?

Thanks, ZombiEE. :cupss:
Maksut lo????
Sial, nubie kenak pancingan...uwkwkwkwkw
Pak 4DJAY dapat kakap dech....ha.....ha....ha.... :mky_07:
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by MitshuToyo »

btw knp yang dimasukkin gak yang ini aja ya ? lebih proporsional untk 3 rows.. ini yg mdl lama ya ?

Image

Image

Image

Image

Image
Last edited by MitshuToyo on Tue Dec 11, 2012 14:22, edited 1 time in total.
Lagi nginjek rem..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

Deasegara wrote: Pak 4DJAY dapat kakap dech....ha.....ha....ha.... :mky_07:
Kenapa harus kakap?kenapa gak tuna?tongkol?
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by pdm »

Gw liat di parkiran mall, dari jauh kirain Audi :mky_01:
Mewah, keren, dan macho :off_good_job:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

ZombiEE wrote:
Deasegara wrote: Pak 4DJAY dapat kakap dech....ha.....ha....ha.... :mky_07:
Kenapa harus kakap?kenapa gak tuna?tongkol?
Yah namanya memancing atau pasang buku yg lazim ya kakap bukan tongkol atau tuna...ha..ha..ha.. :mky_07: coba tanya tuh sama pak Andy1800 yg juga sering dapat kakap...ha...ha...ha..... :mky_07:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Deasegara »

pdm wrote:Gw liat di parkiran mall, dari jauh kirain Audi :mky_01:
Mewah, keren, dan macho :off_good_job:
Betul sekali pak pdm, sudah lama saya ngincer TB, begitu keluar si Santi bikin galau juga he...he...he....design exterior asli macho...... :big_peace: