Salon mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun May 28, 2006 11:03
Salon mobil
Alooo,aku pengen minta saran n tips n panduan/ tau ttg buku /apapun soal salon mobil. n hal** yg diperhatikan agar salon dapat berkembang baik strategi/apapun. OK
Alo,aku pengen tau hal** soal salon mobil, soalnya kami baru aja buka salon mobil (tips**)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Salon mobil, seperti any business, kalau saya pribadi, simple kok :
U harus serious layanin customer. Love them (and their money of course), don't cut corners, artinya pakai bahan yang bagus, secukupnya (jangan kurang).
Then make a reasonable profit, and paling penting di dunia bisnis kalau saya bilang adalah " Win people's trust ".
Meskipun ada orang bilang di dunia bisnis harus licik, lihai etc, tapi untuk saya, its all BS. Paling penting di bisnis, membangun kepercayaan orang, dan do that till U die !
Cause kalau orang percaya U dan yakin mutu U bagus, harga wajar, itu namanya berita mulut ke mulut lebih besar effectnya banding iklan milliaran di TV dan koran !
TRUST ! That to me adalah faktor paling penting di dunia bisnis, tanpa itu, susah berkembang jadi besar !
Jangan ikut cara contractor bangunan yang sering nyolong bahan, tricky etc. Semua bisnis besar di dunia itu di banggun asal TRUST ama sebuah merek, reputasi.
Juga apalagi si service industry, human relation juga penting. Jadi customer ke salon U, kasih minuman, makanan, ajak ngobrol, make them comfortable saat mereka lagi nunggu mobilnya.
Its just common sense actually. Simple, JIKA anda jadi customer salon, anda mau di berlakukan gimana ? So do the same to yr customers. I tidak perlu ikut seminar Markplus atau James Gwee. Its all common sense and honesty !
U harus serious layanin customer. Love them (and their money of course), don't cut corners, artinya pakai bahan yang bagus, secukupnya (jangan kurang).
Then make a reasonable profit, and paling penting di dunia bisnis kalau saya bilang adalah " Win people's trust ".
Meskipun ada orang bilang di dunia bisnis harus licik, lihai etc, tapi untuk saya, its all BS. Paling penting di bisnis, membangun kepercayaan orang, dan do that till U die !
Cause kalau orang percaya U dan yakin mutu U bagus, harga wajar, itu namanya berita mulut ke mulut lebih besar effectnya banding iklan milliaran di TV dan koran !
TRUST ! That to me adalah faktor paling penting di dunia bisnis, tanpa itu, susah berkembang jadi besar !
Jangan ikut cara contractor bangunan yang sering nyolong bahan, tricky etc. Semua bisnis besar di dunia itu di banggun asal TRUST ama sebuah merek, reputasi.
Juga apalagi si service industry, human relation juga penting. Jadi customer ke salon U, kasih minuman, makanan, ajak ngobrol, make them comfortable saat mereka lagi nunggu mobilnya.
Its just common sense actually. Simple, JIKA anda jadi customer salon, anda mau di berlakukan gimana ? So do the same to yr customers. I tidak perlu ikut seminar Markplus atau James Gwee. Its all common sense and honesty !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Benar sekali yg dikatakan Mr. Darthvader, bahwa bisnis adalah menawarkan kepercayaan kpd customer.
Sedikit sumbang saran dari sisi teknis salon itu sendiri :
salah 1 salon yg dapat anda jadikan benchmark adalah Autobahn.
Saya biasa membawa mobil saya ke sana, satu hal yg saya suka adalah sang owner salon tsb. sgt care akan hasil kerja anak2 buahnya, dulu kalau pas ownernya ada di salon, sebelum mobil diserahkan kepada customer dia memeriksa dengan detail setiap ujung & sudut mobil dengan teliti. Setelah ia merasa puas barulah mobil diserahkan kepada customer. So sang owner juga memiliki taste / standard yg tinggi.
Selain itu juga bagaimana anda dapat mengimplementasikan etos kerja yang baik pada karyawan2 anda / suatu working environment yang memacu para karyawan utk membuat sesuatu yg lebih baik / kemajuan dari hari ke hari, kualitas kerja yang konsisten & professional.
Kalau harapan dari saya pribadi sih :
saya berharap ada salon spt Autobahn dr berbagai aspek tetapi yang dapat menawarkan harga yg lebih murah........hehehehhehe
Demikian sekedar usulan singkat & sederhana dari saya, teman2 lain yg lebih expert mungkin dapat menambahkan.........monggo
Sedikit sumbang saran dari sisi teknis salon itu sendiri :
salah 1 salon yg dapat anda jadikan benchmark adalah Autobahn.
Saya biasa membawa mobil saya ke sana, satu hal yg saya suka adalah sang owner salon tsb. sgt care akan hasil kerja anak2 buahnya, dulu kalau pas ownernya ada di salon, sebelum mobil diserahkan kepada customer dia memeriksa dengan detail setiap ujung & sudut mobil dengan teliti. Setelah ia merasa puas barulah mobil diserahkan kepada customer. So sang owner juga memiliki taste / standard yg tinggi.
Selain itu juga bagaimana anda dapat mengimplementasikan etos kerja yang baik pada karyawan2 anda / suatu working environment yang memacu para karyawan utk membuat sesuatu yg lebih baik / kemajuan dari hari ke hari, kualitas kerja yang konsisten & professional.
Kalau harapan dari saya pribadi sih :
saya berharap ada salon spt Autobahn dr berbagai aspek tetapi yang dapat menawarkan harga yg lebih murah........hehehehhehe
Demikian sekedar usulan singkat & sederhana dari saya, teman2 lain yg lebih expert mungkin dapat menambahkan.........monggo
