Fortuner CKD
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
tukeran aja gmna? =Pppiterr wrote:wah kebalik neeh, kalo gue yang kepengen fortuner gue... cuma istri yang gak demen.......Mike wrote:Wah, irit juga ternyata pake Fortuner....
tempo hari wife nge-rengek2 minta Fortuner, terpaksa
ane gak kabulkan...
Kalo mnurut gw, toyota indo pantang nurunin harga...liat aja nnti deh...kmungkinann kecil banget...
@tigor: kita beda yah bung tigor, saya justru kasian liat mobil yang gak pernah digeber, malah bisa2 enginenya jadi loyo, skali2 kayaknya msti digeber sampe redline deh.. hehehehe...kayak dulu pas for good ama lancer sy, geber terus dari jakarta ke bandung...hehehhe...gak kalah juga sama odyssey absolute yg lama, tapi mmg dy tarikannya enteng banget di tanjakan cipularang.. =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Malah dulu saat surfing, saya pernah dengar, saat mobil masih fresh, muda, bukan kita harus jalan pelan pelan, batasi rpmnya, justru kita harus paksa mobil itu olah raga. Istilah rpm di naikan ke tinggi !
Dengar juga sebenernya jaman sekarang pabrik mobil sudah banyak yang inrayen mesinnya untuk kita, supaya sekarang ngak ada lagi namanya inrayen (break-in). Dan katanya method inrayen di pabrik justru mesinnya di geber sampai dekat redline. Bukan di manja cuman di panasin ke rpm 2000 doang.
Ngak tau benar ngak, tapi theorynya sih something like supaya saat masih muda, pistonnya gerak full speed dan seluruh cylinder / piston permukaannya dan component lainnya di " moles " dengan gerakan piston yang kencang itu. Jadi semua component termasuk piston ring, etc jadi " set ".
Juga once in a while, I juga di tol mobilnya di lari kencang. 130 km/jam. Rpm ke 3000+, juga kadang accelerasi kencang supaya ke 4000 rpm. supaya mesin dapat " exercise " sekali kali. Tapi of course ngak sering banget, kan boros BBM. Secukupnya olah raga mesinnya. Pakai feeling.
Dengar juga sebenernya jaman sekarang pabrik mobil sudah banyak yang inrayen mesinnya untuk kita, supaya sekarang ngak ada lagi namanya inrayen (break-in). Dan katanya method inrayen di pabrik justru mesinnya di geber sampai dekat redline. Bukan di manja cuman di panasin ke rpm 2000 doang.
Ngak tau benar ngak, tapi theorynya sih something like supaya saat masih muda, pistonnya gerak full speed dan seluruh cylinder / piston permukaannya dan component lainnya di " moles " dengan gerakan piston yang kencang itu. Jadi semua component termasuk piston ring, etc jadi " set ".
Juga once in a while, I juga di tol mobilnya di lari kencang. 130 km/jam. Rpm ke 3000+, juga kadang accelerasi kencang supaya ke 4000 rpm. supaya mesin dapat " exercise " sekali kali. Tapi of course ngak sering banget, kan boros BBM. Secukupnya olah raga mesinnya. Pakai feeling.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Hehehe, swear, gue sering bingung kalau ada orang bilang konsumsi bahan bakarnya adalah 3.5 km / liter atau 5 km / liter.
Karena berdasar pikiran dan juga pengalaman gue, 5 sampai 5.5 km / liter itu jatahnya mobil gede macam Land Cruiser Cygnus 4.7L.
3 sampai 3.5 km / liter itu jatahnya Hummer.
Sekarang pertanyaannya kalau bener Fortuner 3.5 km / liter, lalu Hummer berapa dong konsumsi bahan bakarnya ?
Karena berdasar pikiran dan juga pengalaman gue, 5 sampai 5.5 km / liter itu jatahnya mobil gede macam Land Cruiser Cygnus 4.7L.
3 sampai 3.5 km / liter itu jatahnya Hummer.
Sekarang pertanyaannya kalau bener Fortuner 3.5 km / liter, lalu Hummer berapa dong konsumsi bahan bakarnya ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
bung datsu...apa sih bagusnya shell super extra?beda formulanya apa dengan pertamina?apa itu cma perasaan bung datsu doank,karena dah ngisi shell, perasaan kayaknya lebih PD gt? thanks.. pengen coba juga neh nnti.. Soalnya kalo dsni sama aja smua, rasanya...shell bukan yang paling mahal, though..mala termasuk yang paling murah (rata2 harga)datsu wrote:enak ya yang "sanggup" maintain RPM di maksimal ampe 4000... gw karena pake manual selalu bersenang2 di atas 4000 rpm...malah sering ampe 5000rpm... untungnya mesin irit tenan... ditambah shell super extra makin mantabh...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
saya sudah 3 bulanan pakai fortuner as daily driver saya. odometer hampir 7000km. bensin saya isi shell super extra (isi pertamina cuma 2x pertama). jalan memang lebih banyak di tol daripada jalan biasa.
saya sih ngga pernah ukur/hitung manual, tapi MID saya konstan di 8,3 km/l. pertama waktu isi pertamina cuma 7,9an pelan2 merangkak naik sampe stabil di 8,3 setelah 4-5x isi shell.
round trip pp rumah-kantor 45km an. kalo ngga kemana2 lagi isi 300rb cukup untuk 6 harian. menurut saya kalo segitu ngga terlalu boros ya, untuk mobil segede fortuner. mungkin karena cc juga ngga terlalu gede kali ya..
saya sih ngga pernah ukur/hitung manual, tapi MID saya konstan di 8,3 km/l. pertama waktu isi pertamina cuma 7,9an pelan2 merangkak naik sampe stabil di 8,3 setelah 4-5x isi shell.
round trip pp rumah-kantor 45km an. kalo ngga kemana2 lagi isi 300rb cukup untuk 6 harian. menurut saya kalo segitu ngga terlalu boros ya, untuk mobil segede fortuner. mungkin karena cc juga ngga terlalu gede kali ya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
@skullkid : hmm...mungkin emang cuman perasaan, tapi odometer gak pernah boong... yang biasanya 25-27 liter (tergantung harga) itu buat 260-280km (dalem jakarta aja) sejak ganti ke shell super extra bisa buat sampe 330-350km.... itu fakta untuk mesin 1NZ-FE di mobil VIOS B 8726 ** punya keluarga saya...
Kalo di masalah tenaga, ini emang perasaan aja...dari 3 pom bensin tempat sering ngisi pertamax plus di sunter kayanya gak ada yang beres, kenapa? karena sejak pindah ke shell super extra yang namanya mesin masuk ke RPM 6000 "gak kerasa".... entengnya gas sampe yang bisa nyadarin saya udah lewat 6000rpm itu cuman suara mesin yang udah gede banget.. beda ama pake PP yang gas mulai mandek diatas 5000rpm... (kondisi sama2 pake AC).. Kalo gak pake AC vios dengan pertamax plus gak kerasa beda jauh ama shell super extra... padahal kalo di majalah2 katanya pertamax plus lebih bagus tapi saya belom pernah ketemu yang lebih bagus dari shell super extra tuh..
Saya rasa emang bukan shell yang paling bagus..kalo liat di komparasi BBM Autobild yang gak ada petronas primax-95 nya, saya rasa mungkin primax-95 lebih bagus lagi.. tapi yang jelas untuk pemain yang ada skrng di Indo (Pertamax Plus vs Shell Super Extra) dari pengalaman saya shell paling bagus (saat ini di jakarta..)
@DigitAll : Kayanya kalo gak denger suara mesin di RPM tinggi kaya ada yang kurang gitu ya?? huehehehe..
Kalo di masalah tenaga, ini emang perasaan aja...dari 3 pom bensin tempat sering ngisi pertamax plus di sunter kayanya gak ada yang beres, kenapa? karena sejak pindah ke shell super extra yang namanya mesin masuk ke RPM 6000 "gak kerasa".... entengnya gas sampe yang bisa nyadarin saya udah lewat 6000rpm itu cuman suara mesin yang udah gede banget.. beda ama pake PP yang gas mulai mandek diatas 5000rpm... (kondisi sama2 pake AC).. Kalo gak pake AC vios dengan pertamax plus gak kerasa beda jauh ama shell super extra... padahal kalo di majalah2 katanya pertamax plus lebih bagus tapi saya belom pernah ketemu yang lebih bagus dari shell super extra tuh..
Saya rasa emang bukan shell yang paling bagus..kalo liat di komparasi BBM Autobild yang gak ada petronas primax-95 nya, saya rasa mungkin primax-95 lebih bagus lagi.. tapi yang jelas untuk pemain yang ada skrng di Indo (Pertamax Plus vs Shell Super Extra) dari pengalaman saya shell paling bagus (saat ini di jakarta..)
@DigitAll : Kayanya kalo gak denger suara mesin di RPM tinggi kaya ada yang kurang gitu ya?? huehehehe..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Mengenai 'breaking-in', sebenarnya pada mobil modern pun, masih perlu dilakukan. Bedanya, proses break-in ini ada yg dilakukan di pabrikan, lalu mereset odometer kembali ke nol. Tapi, tidak semua model mobil, engine-nya sudah di-break in dari pabrik.
Contoh, kalau Lamborghini Gallardo, engine-nya sudah dilakukan break in di pabriknya dengan menggunakan dyno : menempuh jarak sekitar 1000 km dengan rpm stabil.
Tapi kalau misalnya Jazz atau Innova yang CKD Indo, aku yakin HPM dan TAM tidak mau repot2 keluar biaya, waktu dan tenaga untuk mem-break in mereka, dan karenanya diserahkan pada konsumen saja.
Pada proses break-in ini juga, sekitar 1000 Km awal, tidak boleh langsung menggunakan pelumas (oli) mesin full-synthetic. Harus masih oli mineral (oli biasa). Penjelasannya, silakan lakukan mini-research tentang hal ini.
Dan karena itulah, mobil baru dari pabrik pasti masih menggunakan oli mineral, kadang2 bahkan ber-spek di bawah rekomendasi standar di buku manualnya. Banyak orang menyangka, pabrikan hanya bersikap 'pelit' dan memberi oli murah, padahal sebenarnya, oli mineral ini berfungsi untuk meng-assist proses break-in agar dilakukan sebagaimana seharusnya.
Sedangkan mengenai kebiasaan rpm rendah vs tinggi, aku memiliki pendapat mengenai hal ini.
Sebenarnya, mesin mobil itu bekerja pada kondisi ideal pada putaran mesin tinggi, karena pada kondisi inilah, pelumasan mesin berlangsung secara sempurna, sehingga engine wear-out terjadi seminimal mungkin. Selain itu, pembakaran juga terjadi secara optimal.
Pembakaran yang tidak optimal, bisa menimbulkan penyumbatan pada injector. Karena itu, dikenal 'italian tune-up' yang bisa dilakukan sendiri untuk melepaskan pengotor pada lubang injector ini, yaitu dengan 'membejek' mobil pada rpm tinggi.
Mesin yang jarang berputar pada rpm tinggi, memiliki risiko tersumbatnya injector, pelumasan kurang sempurna dan pembakaran tidak optimal. Tapi, bagi yang senang berhemat dengan cara ini, ada solusinya, koq.
Masalah injector dapat diatasi dengan mencampurkan cairan injector cleaner ke tangki bensin pada setiap kali penggantian oli mesin. Tidak mahal, dan efektif.
Mobil yang jarang dibawa pada rpm tinggi, aku sangat menyarankan untuk menggunakan pelumas yang lebih bagus mutunya. Gunakan oli dengan viskositas optimal (= seencer mungkin, yang masih sesuai spek). Selain itu, tingkatkan frekuensi penggantian oli. Tahu sendiri, kalau mobil yg sering bermacet2, direkomendasikan lebih sering mengganti oli. Hal inilah yang melatarbelakangi rekomendasi tersebut.
Sedangkan masalah pembakaran kurang sempurna yang bisa meninggalkan kerak di ruang bakar, tidak akan terjadi jika menggunakan bensin dengan oktan sesuai spek. Contoh, Innova yang diberi minum minimal Pertamax. Tapi, jika diberi minum premium, disarankan setiap kali major service, mintalah ke workshop/bengkel untuk membersihkan kerak pada ruang bakar.
Terakhir, mengenai irit tidak, setuju dengan Mr. Tigor, sangat tergantung pada kebiasaan mengemudi. Faktor utama kedua adalah tenaga mesin itu sendiri, apakah adequate (cukup), atau under-powered.
Contoh, Honda Jazz i-Dsi, banyak polemik tentang irit vs boros. Tapi, polemik tidak begitu banyak pada Toyota Vios atau Jazz Vtec. Mengapa? Karena mesin i-Dsi pada Jazz, tenaganya jauh lebih kecil, hanya sekitar 88 hp dibanding 109-110 hp pada mesin VVTi/VTEC (tidak under-powered).
Mesin bertenaga lebih kecil memang lebih irit, tapi itu jika pengemudinya menyadari hal tersebut dan memperlakukan mesin itu sesuai fungsinya. Mesin i-Dsi mencapai torsi maksimal lebih besar dan lebih cepat daripada mesin Vtec berkapasitas sama, jadi seharusnya banyak dimainkan pada putaran rendah, berlawanan dengan karakteristik mesin VTEC yang tenaganya baru 'keluar' pada kecepatan tinggi.
Bagi yang tidak menyadarinya, hanya akan merasa tidak puas akan performance mobilnya, dan secara otomatis akan lebih sering menginjak pedal gas, dan menginjak dengan lebih dalam pula.
Ditambah orang yang membeli Jazz i-Dsi, kebanyakan beranggapan bahwa mesin Honda itu typical enak dibawa pada putaran tinggi.
Hal inilah yang menyebabkan Honda iDsi 'gagal' di Indo, sampai HPM cepat2 meluncurkan juga versi VTEC dari Jazz dan City.
Orang yang mengemudi Jazz iDsi dengan cara yang salah, bisa lebih boros daripada Jazz VTEC, tapi yg mengemudi dengan cara yg benar, memang bisa mencapai angka fuel consumption yang sangat memuaskan.
My two cents on the subjects.
Contoh, kalau Lamborghini Gallardo, engine-nya sudah dilakukan break in di pabriknya dengan menggunakan dyno : menempuh jarak sekitar 1000 km dengan rpm stabil.
Tapi kalau misalnya Jazz atau Innova yang CKD Indo, aku yakin HPM dan TAM tidak mau repot2 keluar biaya, waktu dan tenaga untuk mem-break in mereka, dan karenanya diserahkan pada konsumen saja.
Pada proses break-in ini juga, sekitar 1000 Km awal, tidak boleh langsung menggunakan pelumas (oli) mesin full-synthetic. Harus masih oli mineral (oli biasa). Penjelasannya, silakan lakukan mini-research tentang hal ini.
Dan karena itulah, mobil baru dari pabrik pasti masih menggunakan oli mineral, kadang2 bahkan ber-spek di bawah rekomendasi standar di buku manualnya. Banyak orang menyangka, pabrikan hanya bersikap 'pelit' dan memberi oli murah, padahal sebenarnya, oli mineral ini berfungsi untuk meng-assist proses break-in agar dilakukan sebagaimana seharusnya.
Sedangkan mengenai kebiasaan rpm rendah vs tinggi, aku memiliki pendapat mengenai hal ini.
Sebenarnya, mesin mobil itu bekerja pada kondisi ideal pada putaran mesin tinggi, karena pada kondisi inilah, pelumasan mesin berlangsung secara sempurna, sehingga engine wear-out terjadi seminimal mungkin. Selain itu, pembakaran juga terjadi secara optimal.
Pembakaran yang tidak optimal, bisa menimbulkan penyumbatan pada injector. Karena itu, dikenal 'italian tune-up' yang bisa dilakukan sendiri untuk melepaskan pengotor pada lubang injector ini, yaitu dengan 'membejek' mobil pada rpm tinggi.
Mesin yang jarang berputar pada rpm tinggi, memiliki risiko tersumbatnya injector, pelumasan kurang sempurna dan pembakaran tidak optimal. Tapi, bagi yang senang berhemat dengan cara ini, ada solusinya, koq.
Masalah injector dapat diatasi dengan mencampurkan cairan injector cleaner ke tangki bensin pada setiap kali penggantian oli mesin. Tidak mahal, dan efektif.
Mobil yang jarang dibawa pada rpm tinggi, aku sangat menyarankan untuk menggunakan pelumas yang lebih bagus mutunya. Gunakan oli dengan viskositas optimal (= seencer mungkin, yang masih sesuai spek). Selain itu, tingkatkan frekuensi penggantian oli. Tahu sendiri, kalau mobil yg sering bermacet2, direkomendasikan lebih sering mengganti oli. Hal inilah yang melatarbelakangi rekomendasi tersebut.
Sedangkan masalah pembakaran kurang sempurna yang bisa meninggalkan kerak di ruang bakar, tidak akan terjadi jika menggunakan bensin dengan oktan sesuai spek. Contoh, Innova yang diberi minum minimal Pertamax. Tapi, jika diberi minum premium, disarankan setiap kali major service, mintalah ke workshop/bengkel untuk membersihkan kerak pada ruang bakar.
Terakhir, mengenai irit tidak, setuju dengan Mr. Tigor, sangat tergantung pada kebiasaan mengemudi. Faktor utama kedua adalah tenaga mesin itu sendiri, apakah adequate (cukup), atau under-powered.
Contoh, Honda Jazz i-Dsi, banyak polemik tentang irit vs boros. Tapi, polemik tidak begitu banyak pada Toyota Vios atau Jazz Vtec. Mengapa? Karena mesin i-Dsi pada Jazz, tenaganya jauh lebih kecil, hanya sekitar 88 hp dibanding 109-110 hp pada mesin VVTi/VTEC (tidak under-powered).
Mesin bertenaga lebih kecil memang lebih irit, tapi itu jika pengemudinya menyadari hal tersebut dan memperlakukan mesin itu sesuai fungsinya. Mesin i-Dsi mencapai torsi maksimal lebih besar dan lebih cepat daripada mesin Vtec berkapasitas sama, jadi seharusnya banyak dimainkan pada putaran rendah, berlawanan dengan karakteristik mesin VTEC yang tenaganya baru 'keluar' pada kecepatan tinggi.
Bagi yang tidak menyadarinya, hanya akan merasa tidak puas akan performance mobilnya, dan secara otomatis akan lebih sering menginjak pedal gas, dan menginjak dengan lebih dalam pula.
Ditambah orang yang membeli Jazz i-Dsi, kebanyakan beranggapan bahwa mesin Honda itu typical enak dibawa pada putaran tinggi.
Hal inilah yang menyebabkan Honda iDsi 'gagal' di Indo, sampai HPM cepat2 meluncurkan juga versi VTEC dari Jazz dan City.
Orang yang mengemudi Jazz iDsi dengan cara yang salah, bisa lebih boros daripada Jazz VTEC, tapi yg mengemudi dengan cara yg benar, memang bisa mencapai angka fuel consumption yang sangat memuaskan.
My two cents on the subjects.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yah kalau 1:8,3 untuk ukuran SUV bongsor seperti FORTUNER dan mesin 2.7L udah tergolong irit Bahkan 1:7 pun menurut gw sudah cukup irit.shochu wrote:saya sudah 3 bulanan pakai fortuner as daily driver saya. odometer hampir 7000km. bensin saya isi shell super extra (isi pertamina cuma 2x pertama). jalan memang lebih banyak di tol daripada jalan biasa.
saya sih ngga pernah ukur/hitung manual, tapi MID saya konstan di 8,3 km/l. pertama waktu isi pertamina cuma 7,9an pelan2 merangkak naik sampe stabil di 8,3 setelah 4-5x isi shell.
round trip pp rumah-kantor 45km an. kalo ngga kemana2 lagi isi 300rb cukup untuk 6 harian. menurut saya kalo segitu ngga terlalu boros ya, untuk mobil segede fortuner. mungkin karena cc juga ngga terlalu gede kali ya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Conan :Orang yang mengemudi Jazz iDsi dengan cara yang salah, bisa lebih boros daripada Jazz VTEC, tapi yg mengemudi dengan cara yg benar, memang bisa mencapai angka fuel consumption yang sangat memuaskan
Seberapa memuaskan bung Conan??? I'm curious about this karena teman2 saya yg pakai jazz belum ada yg bilang sampai 1:20 seperti yg di klaim HPM
uhm, sorry OOT
Seberapa memuaskan bung Conan??? I'm curious about this karena teman2 saya yg pakai jazz belum ada yg bilang sampai 1:20 seperti yg di klaim HPM
uhm, sorry OOT
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
- Location: Jakarta
Tanya OOT yah:
Asumsi kita isi bensin 100 ribu untuk 100 km dengan gaya nyetir lembut dan santai, ga tarik2an, RPM ga pernah lewat 3000.
Kalo kita ngebut, gas bejek dalam2, RPM di atas 3000 terus........ NAH, untuk 100 ribu bisa dapat 90 km ga!? Kalo bisa, gw sih ngebut aja, lari kencang aja..... ngapain pula di tol jalan santai gitu.....
Jangan2 kita ngebut dengan duit 100 ribu cuma bisa menempuh jarak 70 km lagi :O
Asumsi kita isi bensin 100 ribu untuk 100 km dengan gaya nyetir lembut dan santai, ga tarik2an, RPM ga pernah lewat 3000.
Kalo kita ngebut, gas bejek dalam2, RPM di atas 3000 terus........ NAH, untuk 100 ribu bisa dapat 90 km ga!? Kalo bisa, gw sih ngebut aja, lari kencang aja..... ngapain pula di tol jalan santai gitu.....
Jangan2 kita ngebut dengan duit 100 ribu cuma bisa menempuh jarak 70 km lagi :O
Yeah yeah yeah ! ! !
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 556
- Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31
stuju sih..hehehe...beda2 tipis juga..kcuali emank udah gak bisa ngebut...karena trauma ataw apapun...hehehehehanda wrote:Tanya OOT yah:
Asumsi kita isi bensin 100 ribu untuk 100 km dengan gaya nyetir lembut dan santai, ga tarik2an, RPM ga pernah lewat 3000.
Kalo kita ngebut, gas bejek dalam2, RPM di atas 3000 terus........ NAH, untuk 100 ribu bisa dapat 90 km ga!? Kalo bisa, gw sih ngebut aja, lari kencang aja..... ngapain pula di tol jalan santai gitu.....
Jangan2 kita ngebut dengan duit 100 ribu cuma bisa menempuh jarak 70 km lagi :O
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Ya, paling2 1 : 12-15, tergantung pengemudi... Jangan dengarkan klaim HPMthe-mantal wrote:Conan :Orang yang mengemudi Jazz iDsi dengan cara yang salah, bisa lebih boros daripada Jazz VTEC, tapi yg mengemudi dengan cara yg benar, memang bisa mencapai angka fuel consumption yang sangat memuaskan
Seberapa memuaskan bung Conan??? I'm curious about this karena teman2 saya yg pakai jazz belum ada yg bilang sampai 1:20 seperti yg di klaim HPM
uhm, sorry OOT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
- Location: Near......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo