(tanya) Vega R narik 12 gallon AQUA

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

trdguy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
Location: Jakarta

(tanya) Vega R narik 12 gallon AQUA

Post by trdguy »

Hi SMers..

mau tanya dong, apa Vega R kuat utk narik 12 gallon AQUA sekaligus ?
rencananya sih mau dibuat bak dibelakang motor utk ngangkut galonan2 tsb. jd mirip kaya motor 3 roda fukuda, tapi ini menggunakan Yamaha Vega R, krn sy pikir motor jepang lebih tahan banting.

Apa lebih baik pake Smash ?

Mohon pencerahannya. Thx.. :)
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

wow...sekalian aja bro buat pake narik gerbong kereta...sukur2 dikasih jabatan masinis sama PJKA ....

mungkin untuk masalah ini, bisa liat dr torsi motor bro, semakin besar, semakin bagus..torsi itu untuk 'kekuatan menarik beban' bahasa kasarnya. Kalo diumpamakan, coba deh bro buka baut pake kunci yang panjang dgn yg pendek, mana yg lebih gampang bukanya? kunci yg panjang kan? lebih enak pula dipelintir (no [cencored])....itulah torsi.

gw gak tau torsi vega berapa n smash berapa, coba aja cari di web :pppppppppppppppppppppppppppppppppppppp sori gw lagi males browsing, hehe...

vega r motor jepang? yakin jepang keluarin motor jenis bebek? yakin ada barang otomotif jepang ada yg harganya dibawah 20 juta? itu buatan thailand bro..but teknologi n insinyur tetep jepang, hanya pembuatan dan material buatan asia tenggara...semua motor diatas taon 1998, 99 persen dapat dipastikan udah bukan made in jepun lagi...
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

aduh ini mah bwat kepentingan bisnis ya? mendingan beli yg made in india tuh punyanya tuan THAKUR, ato gak kancil bisa jadi solusi bwat berdagang
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

buat an thailand tapi di rakit di indonesia,dan barang2 nya juga kebanyakan pasti udah lokal,kalo ngak susah buat dijual murah..
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Beli aja vespa yg baru trs bikin sespannya buat barang disamping... kalau vespa keliatannya torsinya agak besar dibandingkan vega r, ..

Kalau vega R dibuat kaya fukuda , akan banyak modifikasi ubahannya sedangkan vespa tinggal bikin sespannya dan buat dudukan .

saya pernah liat modelnya kaya fukuda tetapi untuk penggerak roda belakangnya menggunakan gardan... saya rasa lebih kuat dibandingkan fukuda... yang menggunakan rantai untuk penggeraknya. kalau ada trouble di masalah engine nya tinggal beli aja mesin tiger atau mega pro khan banyak tuh di parung serap/ cibubur. tinggal ganti deh bulet 2 mesinnya.

Semoga bermanfaat. dan ditunggu reviewnya bro
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Daripada beli motcin bak mendingan beli bajaj baru mesin 4 tak. udah ada koq dishowroomnya.

@om nichol..
berarti motor yg ada disini bukan buatan Jepang semua yah? trus gimana pihak Jepang sbg principalnya tahu menahu soal produk2 mrk diAsia tenggara atau Indonesia khususnya?
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

namanya pake merk mereka, so pasti pabrikan juga kudu kasih report bro..kalo pernah buka franchise macam mc donald, pasti bro tau deh cara pelaporannya gimana...merek jepun tapi tetep pengolahan lokal...Bro kayak gak tau aja, duit kita kan gak ada harganya :p mana mungkin coba buatan murni jepang bisa seharga 14 juta (supra x)....kerupuk kemplang aja di jepang (buatan tangan org jepang sendiri) harganya 100 yen satu buah (satu buah, bukan satu bungkus lhooo)..100 yen kali 76 rupiah = 7600 rupiah..gila, kemplang aja satu bijinyanya 7600 rupiah, apalagi motor???

bener kate wahyu tuh, ada motor mirip2 motor bak pengangkut kelapa sawit di perkebunan, merek fukuda (singkatan FU*K U DAh :) ) bagus juga buat ngangkut2, jangankan 12 galon aqua, 20 galon juga bisa...kalo gak salah harganya 16 juta apa?
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

nichol wrote:
vega r motor jepang? yakin jepang keluarin motor jenis bebek? yakin ada barang otomotif jepang ada yg harganya dibawah 20 juta? itu buatan thailand bro..but teknologi n insinyur tetep jepang, hanya pembuatan dan material buatan asia tenggara...semua motor diatas taon 1998, 99 persen dapat dipastikan udah bukan made in jepun lagi...
Skrg khan dah era multinational, harus dibedakan dibuat(build), dirakit (assembly) dan dipasarkan (market).
Motor moped (bebek) memang gak ada di jepang, tapi komponen sebagian masih dibuat disana, sebagian dari thai, sebagian dari Indo.
Thai merakit sendiri, Indo juga merakit sendiri.

Contoh lain :
Emang Kijang ada di Jepang? tentu tidak
trus emang Kijang di buat di Indonesia? tentu tidak,
karena s/d mesin 5K, mesin tsb didatangkan utuh (Assy)
dari Japan.
Kecuali emang Innova yg udah di develop disini.
Image
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Wah 12 gallon aqua, Hhhmmmm, mungkin sebentar lagi vega-r anda akan segera rontok segalanya.......
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

gw ada akal. but kyknya butuh dana yang banyak

pertama buat swing arm costum yg agak kokoh dan panjangan kira2 +25-50cm lalu conrodnya harus kuat dan ga tahan banting. rangkanya panjangin lagi ke belakang kira2in biar muat 12 galon aqua jangan lupa bikin bracket untk shock
trus untuk bodinya karena rangkanya udah panang, buat aki cari tempat baru. brarti potong body belakang(gak usah rangkanya) trus buat cantolan galon aquanya

kayaknya sih ga 12 tapi cuman 10galon
terinspirasi dari tukang baju jongso yg pake motor suka lewat
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Mike wrote:
nichol wrote:
vega r motor jepang? yakin jepang keluarin motor jenis bebek? yakin ada barang otomotif jepang ada yg harganya dibawah 20 juta? itu buatan thailand bro..but teknologi n insinyur tetep jepang, hanya pembuatan dan material buatan asia tenggara...semua motor diatas taon 1998, 99 persen dapat dipastikan udah bukan made in jepun lagi...
Skrg khan dah era multinational, harus dibedakan dibuat(build), dirakit (assembly) dan dipasarkan (market).
Motor moped (bebek) memang gak ada di jepang, tapi komponen sebagian masih dibuat disana, sebagian dari thai, sebagian dari Indo.
Thai merakit sendiri, Indo juga merakit sendiri.

Contoh lain :
Emang Kijang ada di Jepang? tentu tidak
trus emang Kijang di buat di Indonesia? tentu tidak,
karena s/d mesin 5K, mesin tsb didatangkan utuh (Assy)
dari Japan.
Kecuali emang Innova yg udah di develop disini.
Yg gw tau sih, motor memang begitu..kalo design, rancang bangun oleh insinyur jepang, beberapa komponen inti dr mesin dipesan khusus dr pabrik di jepang, sisanya seperti body, frame, tempat perakitan, pekerja, alat2, pengecatan, pengemasan, perakitan, pencetakan komponen engine lain seperti piston, kruk as, clutch, yg notabene dibuat thailand atau indo (kalo bisa buat), itu disebut assembly, ato perakitan? yg gw tau sih, peran dr jepang gak lebih dr 5 persen...Ibaratnya begini bro..kalo bro bikin roti isi pisang-keju-coklat, misalkan komponen importnya cuma satu, yaitu keju cheddar import Holland...komponen laennya mulai dr terigu sampe coklat buatan lokal..apa bisa kita bilang ini roti ini buatan holland? ya, misalkan juga resepnya juga dr holland..apa masih bisa disebut made in holland? itu termasuk assembly ato apa ya..? :)
Just Call Me Nichol !!!
trdguy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
Location: Jakarta

Post by trdguy »

bro semua, thanks buat sarannya.

yg fukuda itu gw takut gak tahan lama. belon kalo misal mau dijual, pasti susah cari pembeli dan harganya jebot banget !
makanya dicari alternatif motor (bebek) biasa dikasiin gerobak.

soal vega r motor jepang, maksud gw itu kan yamaha merk jepang, jadi gw blg itu motor jpg.
hny sbg identitas aja. tentu kalo kualitas gw ykn 200 % kalo yamaha lbh baik drpd fukuda.
knp ? krn bgmnpun yamaha itu japan company. walau di assembling sana sini, tp mrk ada standar kualitas sendiri. dan motor2 di indo yg plg bgs (ATPM) paling juga sekitar merk2 big 4 itu sendiri kan ? (Honda,Suzuki, Yamaha, Kawasaki).
Gak ada motor ATPM lain yg ketahanannya bisa melebihi motor2 mrk tsb.
gitu lho bro..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

yoi..gw setuju kalau dikau ngomong begitu..mereknya aja yg jepang, tapi mutu gak jelek2 amat juga. Kalau cari yg kuat n tahan banting, memang saat ini merek jepang memang susah ditandingi...menurut gw sih, coba smash kayaknya better dibanding vega dlm hal tenaga. Sebenernya sih gw jujur lebih prefer ke honda dlm hal menarik beban. setau gue ya (cmiiw nih), motor honda 4 tak khususnya macam tiger dan supra punya batang torak yg lebih panjang, baik untuk nanjak n angkut beban berat.
Just Call Me Nichol !!!
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

ditunggu hasilnya...bro...
flytosky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed May 10, 2006 4:48

Post by flytosky »

bro...disini gw sering liat toko bangunan dan air minum gitu pake motor merk Tosha, tipe hercules. keren, bisa mundur segala. itu udah sekalian gerobak dibelakangnya. mungkin sesuai dengan kriteria om....
Image
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

vega ngak bakal kuat.

Post by su_minson »

menurut gw vega kalo dipaksain 12 galon agua ngak bakal kuat, walau dijalan lurus bisa saja menarik aqua 12 galon tapi kalo ada tanjakan 30 derajat saja mungkin sudah ngak mau narik lagi, wong hercules made in cina saja gw pernah liat nyerah walau cuma 10 galon, mesti didorong kalo tanjakan.
no one's perfect
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

kenapa gak motor laki aja?
dulu th 80'an pernah naik Binter Merzy naik tanjakan Cibodas boncengan 6 orang sekaligus kuat2 aja tuh.
Tiger 2000 sy yakin gak akan kuat tuh.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

"Aqua galon" isinya sekitar 19liter. Kalau 1 liter air = 1kg, berarti berat 1 galonan itu 19kg. Berat total 12 galonan adalah 228kg. Ini belum termasuk dengan bak beroda nya. Tega banget vega-R dijadiin romusha :P
Saran gw sih mending cari suzuki super carry 1000 pickup aja, tahun 86 misalnya..
trdguy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Oct 21, 2005 12:53
Location: Jakarta

Post by trdguy »

hehehe..maklum lah bro..
kalo ngomongin bisnis pasti alasannya soal ekonomis. kalo naek mobil kan bbm jauh lbh boros, investasi lbh mahal, belon macetnya.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Tadi pagi liat Smash narik gerobak dgn isi Aqua galon
9 biji...tapi kayaknya kalo diisi 12 muat tuh...
so kayaknya fine2 aja tuh bebek dijadiin "kuda"
Image
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

trdguy wrote:hehehe..maklum lah bro..
kalo ngomongin bisnis pasti alasannya soal ekonomis. kalo naek mobil kan bbm jauh lbh boros, investasi lbh mahal, belon macetnya.
ok deh klo mau coba coba, cuma IMHO tuh motor ga akan berumur sebagaimana mestinya :D
gearbox.. rantai .. sproket .. mereka akan cepet fatigue dng beban harian spt itu..
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

2tak lebih cocok sepertinya

RX-King Berdaya Angkut 9 Orang
gue cuplik nih
Mereka bukan ojeker biasa. Motornya dimodifikasi dengan 2 palang kiri kanan untuk mengangkut maksimal 9 orang dan barang sampai 500 kg.

Sampai saat ini, hanya Yamaha RX-King yang tahan menghadapi beban ini. “Beberapa teman mencoba motor lain tapi nggak kuat,” kata Mukhtar yang memilih paduan gir 55-12 ini.

“Apalagi 4 tak…, klep pasti bengkok,” tambahnya. Tentu tak cuma itu, penguatan di sektor kaki-kaki dilakoni. Menurut pengojek desa Ciras yang berjumlah 15 motor ini, seluruh sambungan dilas ulang bahkan diberi siku-siku di tiap zona beban terbesar macam komstir dan center-bone. Tak lupa, mereka memakai sok tinggi di depan-belakang.
Image