inoz wrote:weh mantabs neh om zul
pokoke santa fe siap disegala medaan....i lov it so much
om santyman weh gak bs bantu munkin mesti di cek kelistrikannya
coba lepas dan geser2 relay yg ada di kotak fuse..trus bs juga sekring dilepas dan diampelas..smoga bs bantu..
(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
pakoknya mantap deh kang tpurong demgam santi mah.....dijamin bakal ketagihan deh....hahau
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
benar yang dibilang om Inoz....coba check mounting engine nya, kemungkinan nesar udh brekele tu me....
irfkds wrote:Om-om para suhu Santa Fe,
Mohon pencerahan nih santi baru ganti timing belt di beres, tapi mesin jadi bergetar kenapa ya
Sudah saya cek ulang di bengkel mitsu semua terpasang baik.
salam
Irf
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
kok bisa terlewat ada post baru yah...Kuruma wrote:benar yang dibilang om Inoz....coba check mounting engine nya, kemungkinan nesar udh brekele tu me....
irfkds wrote:Om-om para suhu Santa Fe,
Mohon pencerahan nih santi baru ganti timing belt di beres, tapi mesin jadi bergetar kenapa ya
Sudah saya cek ulang di bengkel mitsu semua terpasang baik.
salam
Irf

kalau cuma getar mesinnya, kemungkinan memang dari mounting-nya saja, atau setelah AFR-nya kurang pas
tapi kalau bergetar dan terasa tersendat-sendat, apalagi ada indikasi knalpot berasap, kemungkinan timing pengapiannya ngga pas, atau timing belt-nya lompat gigi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
kalo sempet lepas coil dan plug busi....bisa juga karena salah pasang urutan plug busi....sehingga scanning ignition tidak berurutan....nambahin dari ulasan bro Imsus ajah....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
benar benar tenggelam...
pada kebanyakan main FB nih
bagi yg sudah meminang santi gen 3 (DM), mohon jangan malu-malu show off dan cerita2 disini yah
jangan di FB saja sharingnya

pada kebanyakan main FB nih

bagi yg sudah meminang santi gen 3 (DM), mohon jangan malu-malu show off dan cerita2 disini yah

jangan di FB saja sharingnya

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
pada kemana ni...?
sekedar cerita saja, selasa kemarin, rute semarang-solo-sby, sampai jombang mobil terasa pincang dan bunyi "cess..cess...cess..." keras sekali
sampai ditujuan, segera periksa mesin, cek sana sini ngga ketemu...
di coba lagi, ada kabel busi yg lepas, dipasang lagi..kok masih pincang..
dilepas busi-nya.... ternyata.... busi-nya patah (putus) di keramik insulator-nya
busi iridium denso IW16, saya ngga habis pikir kenapa bisa putus, padahal baru dipakai 15.000an KM
3 busi lainnya masih bagus
cari2 ganti-nya di toko, ngga ada yg mau jual 1 biji, maunya 1 set (4 atau 6 biji)
akhirnya dirayu-rayu di salah satu toko, ada yg mau jual, tapi kasih harga mahal Rp. 140.000,- (normalnya cuma Rp. 75.000an)
foto busi yg putus menyusul...

sekedar cerita saja, selasa kemarin, rute semarang-solo-sby, sampai jombang mobil terasa pincang dan bunyi "cess..cess...cess..." keras sekali
sampai ditujuan, segera periksa mesin, cek sana sini ngga ketemu...
di coba lagi, ada kabel busi yg lepas, dipasang lagi..kok masih pincang..
dilepas busi-nya.... ternyata.... busi-nya patah (putus) di keramik insulator-nya
busi iridium denso IW16, saya ngga habis pikir kenapa bisa putus, padahal baru dipakai 15.000an KM
3 busi lainnya masih bagus
cari2 ganti-nya di toko, ngga ada yg mau jual 1 biji, maunya 1 set (4 atau 6 biji)
akhirnya dirayu-rayu di salah satu toko, ada yg mau jual, tapi kasih harga mahal Rp. 140.000,- (normalnya cuma Rp. 75.000an)
foto busi yg putus menyusul...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
bener2 agak sepi banget
om imsus bs yaa putus tuh busi..knp yaa...
klo yg dah beli All new Santa adalah om Tan ....adanya di FB...
coba masuk dimari pasti ame lagi...

om imsus bs yaa putus tuh busi..knp yaa...
klo yg dah beli All new Santa adalah om Tan ....adanya di FB...
coba masuk dimari pasti ame lagi...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Sundul lagi yang lama tenggelam...
Menjelang pecah telor


Menjelang pecah telor
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Akhirnya...
Yang dituju sampai juga

Yang dituju sampai juga

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Angka Cantik... 


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
saya lg naksir new santa fe gen 2 mau tny2 dulu sm pemilik santi di sini
1. ada berapa tipe santa fe gen 2?apa ada yg diesel?
2. fc dalkot dpt brp?apa pake premium bs?klo yg diesel apa bs solar biasa?
3. sunroofnya bs di buka or cm panoramic aja?
4. gen 2 ini 7 seater?
5. kelemahannya santi gen 2 ini apa ya?klo gen 1 katanya kabel2 listriknya ya
1. ada berapa tipe santa fe gen 2?apa ada yg diesel?
2. fc dalkot dpt brp?apa pake premium bs?klo yg diesel apa bs solar biasa?
3. sunroofnya bs di buka or cm panoramic aja?
4. gen 2 ini 7 seater?
5. kelemahannya santi gen 2 ini apa ya?klo gen 1 katanya kabel2 listriknya ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
wadoh gmn kabar seuanya
emoga tidak ada matinta penggemar santy gen 1, gen 2 dan yg trakhir ANSF

emoga tidak ada matinta penggemar santy gen 1, gen 2 dan yg trakhir ANSF


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Sebagian sudah dijawab di trid yg sebelah dulu ya pak...ecoy wrote:saya lg naksir new santa fe gen 2 mau tny2 dulu sm pemilik santi di sini
1. ada berapa tipe santa fe gen 2?apa ada yg diesel?
2. fc dalkot dpt brp?apa pake premium bs?klo yg diesel apa bs solar biasa?
3. sunroofnya bs di buka or cm panoramic aja?
4. gen 2 ini 7 seater?
5. kelemahannya santi gen 2 ini apa ya?klo gen 1 katanya kabel2 listriknya ya
Yg gen 2 (kode CM),
- FWD, 2.2L I4-CRDi 5 seater
- FWD, 2.7 V6-Gasoline 5/7 Seater
- AWD, 2.7L V6-Gasoline 5/7 Seater
Yang CRDi jumlahnya sangat terbatas dan seingat saya memang tidak diperbolehkan pakai solar biasa. Tapi katanya ada yg pakai dan diisi solar biasa sesekali sih ngga masalah, cuma tentunya ini testi pribadi, bukan anjuran resmi
Kalau tertarik, silakan join di Group/Klub FB, disana ada beberapa pemakai Gen 2 bahkan Gen 3, http://www.facebook.com/groups/Hyundaisantafe/
Sejak ada tongkrongan di FB, jadi pada jarang ngabsen disini

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Sundul sekalian sharing....
Setelah odo tembus 200.000km/12thn, saya jadi penasaran..., seberapa penurunan performa (secara teknis/teori) dibanding kondisi baru. Terutama untuk hal mendasar; tenaga dan torsi
Yang perlu dijembreng dimari dulu, adalah data teknis pabrikan
Rujukan yang dipakai:
http://autos.aol.com/cars-Hyundai-Santa+Fe-2001/specs/
http://www.edmunds.com/hyundai/santa-fe ... specs.html
Dari kedua web tersebut, didapat data yang sama
Displacement 2.351cc 4 cylinder inline
Power 149HP @5500-6000Rpm
Torque 212Nm @3000-3500Rpm
Info tambahan, mesin yg dipakai di santi ini kode-nya G4JS, turunan dari mesin Mitsubishi Sirius Engine seri 4G63/4G64
Mesin ini termasuk generasi uzur, teknologi tahun 90an, jadi jangan dibandingkan dengan mesin2 setelah era millenium
Dan perlu diingat, power/torque diatas diukur murni dari mesin (SAE Crankshaft), bukan yg di-roda. Artinya akan ada penurunan tenaga di roda akibat rugi gesek dan koefisien.
Berhubung si santi penggerak depan, diperkirakan hilang tenaga sampai roda, berkisar 15%-20%, tergantung jenis transmisi-nya juga. Yang matic, tentu power loss nya juga lebih besar akibat selip

Setelah odo tembus 200.000km/12thn, saya jadi penasaran..., seberapa penurunan performa (secara teknis/teori) dibanding kondisi baru. Terutama untuk hal mendasar; tenaga dan torsi

Yang perlu dijembreng dimari dulu, adalah data teknis pabrikan
Rujukan yang dipakai:
http://autos.aol.com/cars-Hyundai-Santa+Fe-2001/specs/
http://www.edmunds.com/hyundai/santa-fe ... specs.html
Dari kedua web tersebut, didapat data yang sama
Displacement 2.351cc 4 cylinder inline
Power 149HP @5500-6000Rpm
Torque 212Nm @3000-3500Rpm
Info tambahan, mesin yg dipakai di santi ini kode-nya G4JS, turunan dari mesin Mitsubishi Sirius Engine seri 4G63/4G64
Mesin ini termasuk generasi uzur, teknologi tahun 90an, jadi jangan dibandingkan dengan mesin2 setelah era millenium

Dan perlu diingat, power/torque diatas diukur murni dari mesin (SAE Crankshaft), bukan yg di-roda. Artinya akan ada penurunan tenaga di roda akibat rugi gesek dan koefisien.
Berhubung si santi penggerak depan, diperkirakan hilang tenaga sampai roda, berkisar 15%-20%, tergantung jenis transmisi-nya juga. Yang matic, tentu power loss nya juga lebih besar akibat selip
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Moment of truth...
Kebetulan, santi habis ganti tune up, ganti ISC (kebocoran vacuum -nya) dan CKP (retak).
Barang dipasang, plek..., tanpa ada setting apapun.
Habis itu naik mesin Dyno di Surabaya
#disclaimer, mesin dyno pakai Hyperdyno, masalah akurasi, saya tidak kompeten mengomentari
#disclaimer, saat test dyno, kebetulan saya tdk ikut,


Kebetulan, santi habis ganti tune up, ganti ISC (kebocoran vacuum -nya) dan CKP (retak).
Barang dipasang, plek..., tanpa ada setting apapun.
Habis itu naik mesin Dyno di Surabaya
#disclaimer, mesin dyno pakai Hyperdyno, masalah akurasi, saya tidak kompeten mengomentari
#disclaimer, saat test dyno, kebetulan saya tdk ikut,
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Hasil Run 1, dimana tidak ada otak-atik apapun, hasil pengukuran sungguh mengecewakan
Dari data dibawah, power yg terukur di roda, hanya 82Hp/126Nm, alias hanya 55%-60% dari spek teknis mesin saat baru


Dari data dibawah, power yg terukur di roda, hanya 82Hp/126Nm, alias hanya 55%-60% dari spek teknis mesin saat baru

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Run 2 dijalankan..., hasilnya sama
Cek AFR, diset 13.8
Jalankan Run 3, hasilnya:

Cek AFR, diset 13.8
Jalankan Run 3, hasilnya:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Akhirnya, AFR di-set di 12.7, coba run 4, inilah hasilnya:


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Hasil terakhir menunjukkan:
Power output 128,5HP dan 177Nm
Dibandingkan dengan data teknis pabrikan yang 149HP/212Nm, power output real yang di roda mencapai 85%, artinya ada hilang 15%
Tapi...
Seperti yg ditulis diatas, power output mesin akan hilang sekitar 15% akibat rugi gesek di mobil penggerak depan
Artinya...sampai odometer 200.000km lebih, tepatnya 201.450 saat post ini ditulis, mesin si Santi masih menunjukkan performa prima, bahkan dapat dikata, power outputnya sama dengan saat masih gress keluar pabrik
#disclaimer, sayangnya saat gress dulu ngga pernah ditest dyno
Kesimpulan, santi yang saya pakai ini sudah sangat teruji reliabilitas dan performa-nya setidaknya sampai saat ini
Memang di KM120.000an dulu pernah overhaul untuk beresin kerak mesin, tapi itu kan juga 80.000km yang lalu
So, jgn khawatir dengan K-pop asal dirawat dan disayang-sayang dengan baik
She will pay back eventually
#tribute, salute & thanks kepada cak Indar di Surabaya yg udah bantu ngerawat si Santi sampai sekarang

Power output 128,5HP dan 177Nm
Dibandingkan dengan data teknis pabrikan yang 149HP/212Nm, power output real yang di roda mencapai 85%, artinya ada hilang 15%
Tapi...
Seperti yg ditulis diatas, power output mesin akan hilang sekitar 15% akibat rugi gesek di mobil penggerak depan
Artinya...sampai odometer 200.000km lebih, tepatnya 201.450 saat post ini ditulis, mesin si Santi masih menunjukkan performa prima, bahkan dapat dikata, power outputnya sama dengan saat masih gress keluar pabrik

#disclaimer, sayangnya saat gress dulu ngga pernah ditest dyno
Kesimpulan, santi yang saya pakai ini sudah sangat teruji reliabilitas dan performa-nya setidaknya sampai saat ini
Memang di KM120.000an dulu pernah overhaul untuk beresin kerak mesin, tapi itu kan juga 80.000km yang lalu

So, jgn khawatir dengan K-pop asal dirawat dan disayang-sayang dengan baik

She will pay back eventually
#tribute, salute & thanks kepada cak Indar di Surabaya yg udah bantu ngerawat si Santi sampai sekarang





si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Target berikutnya,
Cak Indar sudah ngomporin suruh pasang piggyback HKS
Katanya bisa nambah 20an HP
Cak Indar sudah ngomporin suruh pasang piggyback HKS
Katanya bisa nambah 20an HP

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Mesinnya masi fit bgt tuh om imsus hehe. Jd pengen dyno blazer 2000 jg neh pengen tau power lossnya. Masi fit sih baru jalan 35rb hehe. Baru dirapi2in jg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Saya dukung pak...vincewonk wrote:Mesinnya masi fit bgt tuh om imsus hehe. Jd pengen dyno blazer 2000 jg neh pengen tau power lossnya. Masi fit sih baru jalan 35rb hehe. Baru dirapi2in jg

Sesama pengangon mobil kebo, kita mesti harus yakin apakah kebo-kebo kita masih prima buat ngebajak jalan

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
bayar berapa dyno run ?imsus2c wrote:Saya dukung pak...vincewonk wrote:Mesinnya masi fit bgt tuh om imsus hehe. Jd pengen dyno blazer 2000 jg neh pengen tau power lossnya. Masi fit sih baru jalan 35rb hehe. Baru dirapi2in jg![]()
Sesama pengangon mobil kebo, kita mesti harus yakin apakah kebo-kebo kita masih prima buat ngebajak jalan
trus itu setel AFR nya pake puteran CO ?
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
Semuanya saya pasrahkan ke Cak Indar, pak.singachu wrote:bayar berapa dyno run ?imsus2c wrote:Saya dukung pak...vincewonk wrote:Mesinnya masi fit bgt tuh om imsus hehe. Jd pengen dyno blazer 2000 jg neh pengen tau power lossnya. Masi fit sih baru jalan 35rb hehe. Baru dirapi2in jg![]()
Sesama pengangon mobil kebo, kita mesti harus yakin apakah kebo-kebo kita masih prima buat ngebajak jalan
trus itu setel AFR nya pake puteran CO ?
regards,
singachu
Tapi cak Indar bilang, kalau sekedar run, sekitar 400rb/jam
Kalau setting/tuning tarifnya bisa beda
Waktu test, saya ngga ikut, semuanya diurusi Cak Indar juga

Tapi, kata pak Indar, selain setting lewat CO, cak Indar juga ubah/trim ulang ISC-nya, entah gimana dan kayak apa caranya

Saya terima beres saja

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02
weh cak imsus makin bikin penasaran aja
kayaknya bisa kembali pulih tenaganya sebab sdh overhaul kale yaa om..jadi kondisi spt gress
tapi walo gak pernah ane test dyno selama ini saya merasamnya tenaga santy masih luar biasa walo km 120 rb..
mungkin bener kata om imsus itu hanya feeling aja yg bener yaa test kyk om imsus baru manteb
cuman klo FC tetp masih irit toh dpt 1:8
siip emang om isus banyak memberikan pebncerahan terhadap tunggangannya
kayaknya bisa kembali pulih tenaganya sebab sdh overhaul kale yaa om..jadi kondisi spt gress
tapi walo gak pernah ane test dyno selama ini saya merasamnya tenaga santy masih luar biasa walo km 120 rb..
mungkin bener kata om imsus itu hanya feeling aja yg bener yaa test kyk om imsus baru manteb
cuman klo FC tetp masih irit toh dpt 1:8
siip emang om isus banyak memberikan pebncerahan terhadap tunggangannya