share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

sjn
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sun Dec 12, 2010 8:29

Re: share captiva - PART 04

Post by sjn »

@jco
pm harganya bro
posisi dimana bro?
kalo selang solarnya ada bro?
chevbro
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 20, 2012 1:54

Re: share captiva - PART 04

Post by chevbro »

baru masuk forum ini nh. tp dr semua review kayaknya terlalu banyak masalah utk captiva diesel 2012 ya?. bahkan baru dibeli saja sudah trlalu bnyak masalah. jadi apakah captiva ttp recommended utk dibeli?. saya masih bingung memilih antara captiva diesel vcdi 2012 atau pajero sport. mohon pencerahannya. makasih banyak.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Dicoba dulu aja bro dua2nya, unit captiva saya so far blm ada masalah berarti. Paling masalah bunyi minor. Memang ada yang masalah cukup parah meski unit masih baru, namanya juga produksi massal, pasti ada yg dapet sialnya. Tp so far saya sih cukup puas sama unitnya :big_peace:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

yah macem2 sih um, kayanya memang qc captiva kurang merata
kalo punya ane baik2 saja
ada masalah cuman bunyi2 dikit yg ga terlalu kdengeran
pernah ada rembes carter oli, tp udah solve waktu service pertama, n selama itu ane sering cek, olinya ga sampe berkurang banyak.

sejauh ini ga ada masalah besar yg timbul kok..
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

@chevbro:

idem dengan bro Belphegor dan bro evolution21 diatas..
unit saya juga ga ada masalah so far dan puas dengan mobil ini,
tenaga dan handling ok (buat saya sebagai sopir), kabin luas dan nyaman (buat penumpang).
semua bisa enjoy... enak juga untuk jalan2 keluar kota.

dulu sebelum beli saya juga banding2in dengan pajero sport (dan fortuner, kategori suv diesel 7seater).
yg buat captiva beda dengan 2 itu *selain harga yg paling menarik, tenaga yg paling ok (dulu blom ada fortuner vnt dan dakar ga masuk budget), dan 6 speed AT (yg laen 4 speed AT)*
kabin dan handlingnya lebih sesuai buat kebutuhan saya, mungkin karena monokok, fwd (memang biasa bawa crv).
yg 2 lagi menurut saya sempit, head room nya rendah dan floor nya tinggi (mungkin karena frame ladder, rwd), walaupun bodynya besar.
kalau istri yg nyetir juga ga keliatan kayak bawa truk pickup.

udah test drive bro?
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

@sjn : baru pasaran di grup bb, uda sold out om, ditunggu kiriman selanjut nya yah om. untuk masalah selang solar yg bagian mana om? selama GM ada jual, saya pasti bisa menyediakan nya om.

@chevbro : masalah apa bro kl boleh tahu? kl saya mgkn lagi apes jadi ada masalah di tutup solar nya tapi sekarang uda beres, thx buat sales nya yg full support, so far ga ada masalah lagi, palingan stnk yg lama. :big_slap: , selama ada no semnetara, sikat aja :big_peace: :mky_01:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

@ Chevbro

Kalo bro udah test drive, akan brasa deh mantep CTV drpd PS. Bahkan di adu CRV gen3 pun gw masih megang CTV ( CRV Gen 4 blom sempet pake )
Mesin Top markotop bro, Handling ok, dan Chassis monokok

Utk problem2, minta showroom nya aja double chek bro
Gw sendiri, unitnya ga bermasalah, bunyi minor di dashboard ada, tp jrg sekali dan nyaris tak terdengar ( kalo utk bunyi2 OS sendiri denger2 jg bunyi di panel tengahnya )

Utk Karter oli, saya ok, ga ada masalah, kebetulan saya sudah minta showroom cek karter olinya sebelum dkirim ke rmh

Sempet bunyi di Link Stabiliser, ternyata itu bunyi ban serep yg ga pas, tinggal geser dikit kelarrrr :frm_bang_head:

Gw pribadi sih puas ya sama unitnya... hahaha jadi pindah aliran nih, dulu bensin skrg solar.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

KevinSmith wrote: Bangku tengah kalo ga salah kata si Ricky di forum sebelah itu, ada jepitan seatbelt yang nempel ke rangka besi bagian bawah joknya.

Or something like that.

Intinya sih coba lipat kursi tengah trus perhatiin bagian bawahnya, sapa tau bener ada something yg bergesekan dengan plat bawah jok dan/atau rangka besi bawah jok.


Ini seinget gw doang sih :big_peace:
Awalnya saya kira itu juga, setelah saya cek. Seatbeltnya ada diatas kursinya. Gak kejepit/nempel ke rangka besinya. Menurut saya ini kayaknya jepitan dari bangku ke rangkanya yang kendor. Mirip kasus di pintu belakang agan punya. :mrgreen:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

sjn wrote: iya Bro, padahal unit standard abis gak pernah dimodif apapun.
emang gampang penanganannya kalo sparepartnya tersedia.
tapi kalo kejadian ditempat tak mendukung, misal malam ato sedang perjalanan jauh.
waduh, bisa keringat dingin kali.
makanya ane pangen tahu apa kebetulan selang ane kena sialnya ato emang selang
captiva gak tahan lama. unit udah 3,5 tahun.
padahal L300 umur 8 tahun gak pernah bocor selang solarnya.
jadi was2 nih kalo bawa captiva padahal mobilnya mantap.
ada yang jual filter udara buat ac yang dipasang di kabin?
tanya beres lumayan harganya, siapa tahu ada juragannya disini.
Kalau boleh tahu bocornya di bagian mana gan? Ada fotonya gak? Terus tipe bocornya kayak gimana? Bocornya di sambungan atau berlubang?
CaptivaForever
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Nov 20, 2012 9:38

Re: share captiva - PART 04

Post by CaptivaForever »

Hi semua,

salam kenal ya..
saya pakai captiva diesel FL tahun 2012. dah pake 1 tahun tapi masih 5500 KM.
so far masalah yang ada hanya bunyi "duk" dibelakang dan boros.
dari awal ampe detik ini masih pake dex tapi knp kalau diitung 1:6 ya?? :ungg:
bawa nya selalu kedaerah macet si.. kaki agak sekolah.. tapi kalau lancar pun cuma dapet 1:7.5
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Kalo daerah yang macet sekali ya wajar om 1:6. Kalo lancar dapatnya cuman 1:7.5 mungkin itu adalah akumulasi perjalanan yang macet parah dan yg lancar sehingga dapatnya di angka 7,5. Saya udah pernah bawa captiva dari tol kemayoran ke airport, MID direset, ECO ON dapat 6.5L/100 km, yaitu sekitar 1:15.5.
CaptivaForever
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Nov 20, 2012 9:38

Re: share captiva - PART 04

Post by CaptivaForever »

wah, wajar ya 1:6?
tapi itu dulu sebelum ganti KNN dan velg 20", semoga sekarang tidak semakin parah.. :wkkk:
mau coba norival dengan DEX bisa jadi lebih irit ga ya?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

yah utk dalkot memang di ctv ga irit
tp utk lukot bisa irit
bahamutz
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 20, 2012 10:28

Re: share captiva - PART 04

Post by bahamutz »

halo master semua disini, berhubung baru join disini. mohon bimbingannya nih. kebetulan sebelumnya pernah punya ctv 2.4L thn 09 at. berhubung boros jadinya dijual :mky_05:
tp lg ditimang2 untuk ambil ctv vcdi terbaru. liat2 kyknya banyak masalah yah?
anyone help? :)

thanks
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

CaptivaForever wrote:wah, wajar ya 1:6?
tapi itu dulu sebelum ganti KNN dan velg 20", semoga sekarang tidak semakin parah.. :wkkk:
mau coba norival dengan DEX bisa jadi lebih irit ga ya?
Setau gw bro, kalo cetane number, dan kriteria dr bahan bakar sudah mencukupi, tidak akan membuat lebih irit.
Kecuali pake Bio solar, tanpa Norival akan lebih boros dibanding dgn Norival. Krn norival menaikkan cetane nya

Setau gw sih gitu, makanya kalo pake Shell or DEX ga pernah gw tambahin Norival, kecuali kepepet pake Bio
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

bahamutz wrote:halo master semua disini, berhubung baru join disini. mohon bimbingannya nih. kebetulan sebelumnya pernah punya ctv 2.4L thn 09 at. berhubung boros jadinya dijual :mky_05:
tp lg ditimang2 untuk ambil ctv vcdi terbaru. liat2 kyknya banyak masalah yah?
anyone help? :)

thanks
Kalo menurut ane, masalahnya bukan di VCDi nya, tp di Captiva FL nya...
Masalah2 yg terjadi, kebanyakan ga ada sangkut pautnya sama engine si VCDi...
Krn mayoritas di sini pakenya VCDi jadi kesannya VCDi nya yg masalah....

Masalah yg terjadi masih minor koq, bukan masalah berat dan semua bisa ditanggulangi
Utk bunyi2 dashboard "drrt" blakang setir, semua CTV FL pasti mengalami hal yg sama, krn klip pengikat dashboardnya beda dgn CTV generasi pertama. Tp tidak semua mengalami hal yg sama, kasus di saya, bunyi drrt tsb amat sgt jarang terjadi....dan hampir tidak terdengar.

Kalo masalah puas, PUAS BANGET GW pakenya.....
:big_peace:
bahamutz
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 20, 2012 10:28

Re: share captiva - PART 04

Post by bahamutz »

WK1 wrote: Kalo menurut ane, masalahnya bukan di VCDi nya, tp di Captiva FL nya...
Masalah2 yg terjadi, kebanyakan ga ada sangkut pautnya sama engine si VCDi...
Krn mayoritas di sini pakenya VCDi jadi kesannya VCDi nya yg masalah....

Masalah yg terjadi masih minor koq, bukan masalah berat dan semua bisa ditanggulangi
Utk bunyi2 dashboard "drrt" blakang setir, semua CTV FL pasti mengalami hal yg sama, krn klip pengikat dashboardnya beda dgn CTV generasi pertama. Tp tidak semua mengalami hal yg sama, kasus di saya, bunyi drrt tsb amat sgt jarang terjadi....dan hampir tidak terdengar.

Kalo masalah puas, PUAS BANGET GW pakenya.....
:big_peace:
ohh iya maksud saya captiva FL-nya yg masalah..
wah ternyata sekedar minor aja yah? jujur dibanding pajero atau 42ner gw masih demen captiva sih..
soalnya pas dlu ambil yg non-FL dari 1000km pertama aja masalah major terus kyk rem bunyi, geter, sensor abs error 2x :e-snooty:
makanya nih lg ditimang2 ditawarin crv 2011 2.4, atau ctv vcdi baru..
btw, diskon brp yah captiva skrg yg diesel? trus dapat bonus apa aja bro?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

WK1 wrote:
CaptivaForever wrote:wah, wajar ya 1:6?
tapi itu dulu sebelum ganti KNN dan velg 20", semoga sekarang tidak semakin parah.. :wkkk:
mau coba norival dengan DEX bisa jadi lebih irit ga ya?
Setau gw bro, kalo cetane number, dan kriteria dr bahan bakar sudah mencukupi, tidak akan membuat lebih irit.
Kecuali pake Bio solar, tanpa Norival akan lebih boros dibanding dgn Norival. Krn norival menaikkan cetane nya

Setau gw sih gitu, makanya kalo pake Shell or DEX ga pernah gw tambahin Norival, kecuali kepepet pake Bio
um, kalo pake solar low shulpur macam dex
cetannya tinggi, tapi bukannya daya lumasnya yg kurang?
yg agak riskan utk fuelpumpnya?
jd maksud ane walaupun pake solar bagus tetep perlu aditif yg berfungsi sebagai pelumas gitu um..

sebaliknya bio solar, high sulfur, daya lumas tinggi
tapi kotor bisa bikin mampet injector jg yg berarti perlu aditif jg...

serba salah jadinya
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

evolution21 wrote:
WK1 wrote:
CaptivaForever wrote:wah, wajar ya 1:6?
tapi itu dulu sebelum ganti KNN dan velg 20", semoga sekarang tidak semakin parah.. :wkkk:
mau coba norival dengan DEX bisa jadi lebih irit ga ya?
Setau gw bro, kalo cetane number, dan kriteria dr bahan bakar sudah mencukupi, tidak akan membuat lebih irit.
Kecuali pake Bio solar, tanpa Norival akan lebih boros dibanding dgn Norival. Krn norival menaikkan cetane nya

Setau gw sih gitu, makanya kalo pake Shell or DEX ga pernah gw tambahin Norival, kecuali kepepet pake Bio
um, kalo pake solar low shulpur macam dex
cetannya tinggi, tapi bukannya daya lumasnya yg kurang?
yg agak riskan utk fuelpumpnya?
jd maksud ane walaupun pake solar bagus tetep perlu aditif yg berfungsi sebagai pelumas gitu um..

sebaliknya bio solar, high sulfur, daya lumas tinggi
tapi kotor bisa bikin mampet injector jg yg berarti perlu aditif jg...

serba salah jadinya
VCDi emang sudah dirancang pake solar lux (nebeng sebutan om turboman), jadi masalah sulfur yg low ato semacamnya bukan masalah lagi buat VCDi. Justru problem "particulate / partikel" yg besar, membuat injector bisa mampet, maka dari itu dibutuhkan additive utk bio solarnya.

Mesin diesel modern spt VCDi tidak membutuhkan sulfur yg besar spt bio, kadar sulfur DEX or Shell udah mencukupi.

Kalo problem Fuel pump bunyi, terus terang gw blom ngalamin hal kaya gitu, soalnya minimal 1/3 tangki udah gw isi penuh....
Bunyi Fuel pump, sepertinya ya (menurut gw) krn solar yg kotor atau foaming (berbusa) - karakter bio dan solar biasa.....
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

bahamutz wrote:
WK1 wrote: Kalo menurut ane, masalahnya bukan di VCDi nya, tp di Captiva FL nya...
Masalah2 yg terjadi, kebanyakan ga ada sangkut pautnya sama engine si VCDi...
Krn mayoritas di sini pakenya VCDi jadi kesannya VCDi nya yg masalah....

Masalah yg terjadi masih minor koq, bukan masalah berat dan semua bisa ditanggulangi
Utk bunyi2 dashboard "drrt" blakang setir, semua CTV FL pasti mengalami hal yg sama, krn klip pengikat dashboardnya beda dgn CTV generasi pertama. Tp tidak semua mengalami hal yg sama, kasus di saya, bunyi drrt tsb amat sgt jarang terjadi....dan hampir tidak terdengar.

Kalo masalah puas, PUAS BANGET GW pakenya.....
:big_peace:
ohh iya maksud saya captiva FL-nya yg masalah..
wah ternyata sekedar minor aja yah? jujur dibanding pajero atau 42ner gw masih demen captiva sih..
soalnya pas dlu ambil yg non-FL dari 1000km pertama aja masalah major terus kyk rem bunyi, geter, sensor abs error 2x :e-snooty:
makanya nih lg ditimang2 ditawarin crv 2011 2.4, atau ctv vcdi baru..
btw, diskon brp yah captiva skrg yg diesel? trus dapat bonus apa aja bro?
Kalo gw dipotong 25jt
Bonus yg di dapat:
- HU Caska + Kamera mundur + GPS
- Talang air original
- Karpet dasar full set ( bukan lepasan yg ada tulisan "captiva", utk melapis karpet bludru bawaan, dr depan - belakang)
- Audio Steering Switch
- Kaca film Full
- No sementara

Tiap dealer beda2 bonusnya loh, kalo bisa nego lagi semaksimal mungkin, kemungkinan bisa dpt bonus lebih byk dr gw
sjn
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sun Dec 12, 2010 8:29

Re: share captiva - PART 04

Post by sjn »

wllaw2 wrote:Kalau boleh tahu bocornya di bagian mana gan? Ada fotonya gak? Terus tipe bocornya kayak gimana? Bocornya di sambungan atau berlubang?
bocornya di selang ini bro.
lubangnya gak keliatan.
tapi kalo kunci kontak kita ke posisi acc, fuel pump kan nyala,
keliatan tuh ngucurnya kayak semprotan obat dari ujung jarum suntik.

posisi selang dibawah engine cover sebelah kiri.
kalo ditelusuri dari firewall itu ada selang solar warna abu2 kalo gak salah.
nah pas masuk ke bawah engine cover, berubah jadi selang hitam ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

WK1 wrote: VCDi emang sudah dirancang pake solar lux (nebeng sebutan om turboman), jadi masalah sulfur yg low ato semacamnya bukan masalah lagi buat VCDi. Justru problem "particulate / partikel" yg besar, membuat injector bisa mampet, maka dari itu dibutuhkan additive utk bio solarnya.

Mesin diesel modern spt VCDi tidak membutuhkan sulfur yg besar spt bio, kadar sulfur DEX or Shell udah mencukupi.

Kalo problem Fuel pump bunyi, terus terang gw blom ngalamin hal kaya gitu, soalnya minimal 1/3 tangki udah gw isi penuh....
Bunyi Fuel pump, sepertinya ya (menurut gw) krn solar yg kotor atau foaming (berbusa) - karakter bio dan solar biasa.....
bukan mengarah ke fuel pump bunyi sih um

kalo diperhatikan di tiap aditif merk luar negri
itu dituliskan sebetulnya berfungsi utk melumasi solar yg rendah sulfur <- yg ane tangkep disini solar rendah sulfur itu daya lumasnya rendah.
cmiiw
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

sjn wrote: bocornya di selang ini bro.
lubangnya gak keliatan.
tapi kalo kunci kontak kita ke posisi acc, fuel pump kan nyala,
keliatan tuh ngucurnya kayak semprotan obat dari ujung jarum suntik.

posisi selang dibawah engine cover sebelah kiri.
kalo ditelusuri dari firewall itu ada selang solar warna abu2 kalo gak salah.
nah pas masuk ke bawah engine cover, berubah jadi selang hitam ini.
Thanks gan, sampai merepotkan untuk difoto :mky_01: .Kalau semprotannya kayak ujung dari jarum suntik sih, kemungkinan akibat selangnya itu yang kebetulan gak bagus. Ada dibilang gak sama mekaniknya ini selang tekanan tinggi atau yang rendah? Kalau yang tinggi biasanya kan keras sekali. Harusnya gak mungkin kena gores dikit bisa bocor.
Harus tanya user2 yang lain juga sih yang pemakaiannya udah diatas 3,5 tahun, apa ada masalah serupa.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote: bukan mengarah ke fuel pump bunyi sih um

kalo diperhatikan di tiap aditif merk luar negri
itu dituliskan sebetulnya berfungsi utk melumasi solar yg rendah sulfur <- yg ane tangkep disini solar rendah sulfur itu daya lumasnya rendah.
cmiiw
Memang sih, dulu mobil2 yang diisi Diesel Low Sulphur di luar negeri sana banyak yang rusak fuel pump dan injectornya karena daya lumas yang berkurang. Tapi sekarang bahan bakar Diesel yang Low Sulphur udah dikasih aditif yang berfungsi untuk melumasi injector dan fuel pump. Low Sulphur di luar negeri sana sih bisa di kisaran 50 ppm. Dan PertaDex yang "katanya" 300 ppm, harusnya udah cukup dan udah ada tambahan aditif juga di dalamnya.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

wllaw2 wrote:
evolution21 wrote: bukan mengarah ke fuel pump bunyi sih um

kalo diperhatikan di tiap aditif merk luar negri
itu dituliskan sebetulnya berfungsi utk melumasi solar yg rendah sulfur <- yg ane tangkep disini solar rendah sulfur itu daya lumasnya rendah.
cmiiw
Memang sih, dulu mobil2 yang diisi Diesel Low Sulphur di luar negeri sana banyak yang rusak fuel pump dan injectornya karena daya lumas yang berkurang. Tapi sekarang bahan bakar Diesel yang Low Sulphur udah dikasih aditif yang berfungsi untuk melumasi injector dan fuel pump. Low Sulphur di luar negeri sana sih bisa di kisaran 50 ppm. Dan PertaDex yang "katanya" 300 ppm, harusnya udah cukup dan udah ada tambahan aditif juga di dalamnya.
oo ic