penggunaan dlm kota jakarta slama sminggu, hr biasa cm 22km pp x 5 hr kerja
hr sbtu mggu, smanggi - puri, smanggi-pluit, smanggi-mangdu n puter2 daerah sudirman +/-140km
total tempuh 249km, 110km (hr biasa) padat merayap jalan biasa, 140km weekend mostly via tol dalkot / jalan protokol yg lengang, bahkan sempet sengaja detour, dr pluit mo ke smanggi via cawang bukan grogol
(cuma demi membuktikan rasa penasaran)
total full to full : 30.66 ltr
avg consumptionnya jd : 249/30.66 = 1: 8.12
bacaan MID :
avg speed 19km, MID FC 11.4l/100km = 1:8.7, pd hr weekdays bs dijaga di 12-12.5,
bgitu weekend dipake di tol dalkot, lgs turun 11.4
waktu tempuh : 13:27
MID konsisten lbh irit skitar 0.5-1km dibanding pengukuran full to full
cara bawa...

rpm diatas 2000 bs diitung pake jari klo lg merayap sehari2, paling 5x
sisanya, dibela2in jadi org tuli, bodo amat diklaksonin org di blk, pokonya sbisa mngkin ga tembus 2000,
smpe bunyi mesin-nya ky badak sakit, ngoookkk.... ngookkk... gt.. (minta di gas pol) huhuhu
klo udh diatas 30/40km, ngejaga dibwh 2000 udh lbh enak..
trus diserobot berkali2 sm mobil lain, trutama yg kecil, cm bs pasrah.. (dlm hati, ini karmanya, dulu bw mobil manual kecil, kerjanya nyerobotin mobil2 matic yg besar n clumsy, skr terbalas sudah

stop n go, tiap stop di lampu merah, tuas pindah ke netral (ga tau efek / ga ke penghematan),
kadang lg gliding n di dpn udh tau mau stop pun, tuas udh lgs pindah ke netral
di tol cm bt akselerasi awal2 aja smpe 2300an,
dah gitu konsisten dijaga di 1500-2000 (ini klo udh tembus 60km udh enak, plonggggg.... dibwh 60 brasa badak beneran, big n clumsy)
average speed di tol 80kmh an (nyaris ketiduran gr2 constant speed)
kesimpulan:
terbukti captiva ane bisa irit tnyata, emg blum seirit yg lain yg bisa 1:10 dalkot & 1:12 Luar kota
tnyata, masalah ada di kaki, kaki bawaannya brasa ms bw manual n mobil kecil, tlalu agresip n demen sruduk sana sini
tp klo disuru pilih.. tetep ga rela diserobot, lbh rela hambur solar

wkwkwk