Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Deasegara wrote:Saya coba analisa dari sisi bahan bakarnya ada campuran solar ningrat dan solar rakyat, padahal Fortie kan mobil kaum ningrat seharusnya ya dikasih minum solar ningrat he...he...he....Kalau diminumin solar rakyat ada beberapa hal yang harus kita waspadai.
Salah satunya Foaming : solar rakyat sangat rentan terjadi foaming, karena memang polosan tanpa additive makanya harganya murah. Apa efeknya kalo terjadi foaming. : kalo terjadi foaming di pump discharge common header (common rail) maka tekanan bisa turun, dan tidak stabil/naik-turun karena yg seharusnya fully liquid akan bercampur dg fase gas (dalam foam) sehingga ketika disemprotkan diruang bakar selain tekanan kurang, jumlahnya bisa kurang, pattern spraynya juga bisa jadi tak beraturan (bisa bikin hot spot di liner) dan pembakaran kurang sempurna tenaga drop. Selain itu sudah jelas suara injection pump akan mirip dengan suara besi beradu karena sebagian ruangan dalam pump cylinder ada rongga yg berisi gas. Injector pump adalah tipe positive displacement pump (reciprocating pump plunger type/gerak bolak balik). Ambil contoh di pompa rumah kita (tipe centrifugal pump) yg tekananya paling 4 bar kalo terjadi cavitation atau orang sering bilang masuk angin suaranya sangat berisik, apalagi injector pump yg tekananya >1000 bar bisa dibayangin berisiknya seperti apa. Itu suara berisiknya pompa, kalo pattern spray jelek, pembakaran kurang sempurna sudah pasti suara mesin juga jadi berisik alias seperti besi dipukuli he...he...he. Makanya jangan meremehkan foaming. Untuk mencegah terjadinya foaming maka solar rakyat wajib dikasih antifoam/defoamer. Untuk mengurangi suara kletek-kletek coba diisi full solar ningrat atau kalo solar rakyat + defoamer.
Mantap penjelasannya bro, tapi rumit amat sih harus isi solar ninggrat, mendingan beli mercy atuh sekalian kok dakar ane gak ada masalah yg ngelitik yah meski diisi bio dari baru, tokcer banget diinjek gas mantap sekali suaranya dan tenaganya
Yang bilang harus isi solar ningrat sih dulu yang punya mobil ningrat itu sendiri he...he...he...lagi tidur kali ye.........
Deasegara wrote:Saya coba analisa dari sisi bahan bakarnya ada campuran solar ningrat dan solar rakyat, padahal Fortie kan mobil kaum ningrat seharusnya ya dikasih minum solar ningrat he...he...he....Kalau diminumin solar rakyat ada beberapa hal yang harus kita waspadai.
Salah satunya Foaming : solar rakyat sangat rentan terjadi foaming, karena memang polosan tanpa additive makanya harganya murah. Apa efeknya kalo terjadi foaming. : kalo terjadi foaming di pump discharge common header (common rail) maka tekanan bisa turun, dan tidak stabil/naik-turun karena yg seharusnya fully liquid akan bercampur dg fase gas (dalam foam) sehingga ketika disemprotkan diruang bakar selain tekanan kurang, jumlahnya bisa kurang, pattern spraynya juga bisa jadi tak beraturan (bisa bikin hot spot di liner) dan pembakaran kurang sempurna tenaga drop. Selain itu sudah jelas suara injection pump akan mirip dengan suara besi beradu karena sebagian ruangan dalam pump cylinder ada rongga yg berisi gas. Injector pump adalah tipe positive displacement pump
(reciprocating pump plunger type/gerak bolak balik). Ambil contoh di pompa rumah kita (tipe centrifugal pump) yg tekananya paling 4 bar kalo terjadi cavitation atau orang sering bilang masuk angin suaranya sangat berisik, apalagi injector pump yg tekananya >1000 bar bisa dibayangin berisiknya seperti apa. Itu suara berisiknya pompa, kalo pattern spray jelek, pembakaran
kurang sempurna sudah pasti suara mesin juga jadi berisik alias seperti besi dipukuli he...he...he. Makanya jangan meremehkan foaming. Untuk mencegah terjadinya foaming maka solar rakyat wajib dikasih antifoam/defoamer. Untuk mengurangi suara kletek-kletek coba diisi full solar ningrat atau kalo solar rakyat + defoamer.
jadi intinya mobil commonrail udah nggak boleh isi so called solar rakyat gitu om? hmm.. kok bisa ya fortie masuk mobil kalangan ningrat ya.. standarnya apa sih om yg masuk mobil ningrat? supaya nggak salah isi bahan bakar nih..
Gak usah dipikirin bro hanya lelucon he...he...he. Dulu ada sih yg mengklaim begitu he...he....he...Boleh aja bro isi solar biasa tapi kita juga harus kasih treatment lagi alias ditambah additive. Additive akan me-reformulate solar biasa menyerupai dex, kecuali kandungan sulphur gak bisa diturunin, harus melalui sweetening process.
Saya juga pake CRDI sampai dengan km 20 ribuan hanya 3x isi dex sisanya bio/solar biasa karena spbu dex jaraknya 60 km. Sampai sekarang gak nemu masalah yg significant minum solar subsidi. Belum pernah purging maupun cleaning injector. Kalo dibejek ban masih bisa berdecit macam mobil bensin yg di film he...he...he...artinya tenaga power/torque masih
jreng....he...he...he... konsumsi bbm juga masih bisa 14 km/liter luar kota meskipun bobotnya nyaris 2 ton he...he...he...
Penikmat_Kopi wrote:Salam kenal buat para Suhu disini.
Nubi mau nanya nih. Fortuner VNT m/t saya kalau dibejek gas kok ada suara seperti ngelitik ya. Apa itu perasaan ane atau emang beneran suara ngelitik? Biasanya di rpm antara 1500 - 2500.
Sudah saya bawa ke bengkel dealer dan sudah cek-cek, dan masih juga suaranya kedengeran. Maklumlah, saya sudah lebih setahun nggak pake mobil diesel, jadi apa ini karena kebiasaan saya setahun lebih belakangan ini yg pakai mobil bensin (lebih alus) atau gimana?
Apa Suhu yang punya vnt manual juga mengalami suara yg seperti ngelitik itu kalau ngebejek gas?
Mohon pencerahannya dari para Suhu sekalian.
Kalau Saya beon dengar seksama dari VNT krn unit dikampung ane jarang ketemu,...
tapi kalau dengar D4D, Lalu everst, dan trakhir tadi sore dengar land cruiser di SPBU,...
bunyi tek tek itu ya wajar lah,... namane juga diesel unit railnya walaupun dah canggih dari bosh pump jadul, tapi mekanisme kerja semprotan tinggi tetap ngak bisa dihindari....
lagian mobil masih jalan sedikit, coba ntar kalau udah selesai in running 5000 km dengan pengantian semua olie coba bagaimana,.. apakah nambah keras atau pelan ....
Kadang orang terlalu berekspektasi berlebihan dengan commonrail, dikira commonrail bak dewa yang bisa menghilangkan kerugian getaran dan suara dari diesel ...
Deasegara wrote:
Gak usah dipikirin bro hanya lelucon he...he...he. Dulu ada sih yg mengklaim begitu he...he....he...Boleh aja bro isi solar biasa tapi kita juga harus kasih treatment lagi alias ditambah additive. Additive akan me-reformulate solar biasa menyerupai dex, kecuali kandungan sulphur gak bisa diturunin, harus melalui sweetening process. Saya juga pake CRDI sampai dengan km 20 ribuan hanya 3x isi dex sisanya bio/solar biasa karena spbu dex jaraknya 60 km. Sampai sekarang gak nemu masalah yg significant minum solar subsidi. Belum pernah purging maupun cleaning injector. Kalo dibejek ban masih bisa berdecit macam mobil bensin yg di film he...he...he...artinya tenaga power/torque masih jreng....he...he...he... konsumsi bbm juga masih bisa 14 km/liter luar kota meskipun bobotnya nyaris 2 ton he...he...he...
Saya liat di ace hardware ada bbrp additive diease ada diesel power, redline 85+, gumout dll. Mohon info Om, kira-kira yang bagus yang mana. Maklum saya sebelumnya pake mobil bensin, dan sebelumnya nggak pernah pake additive.
Deasegara wrote:Saya coba analisa dari sisi bahan bakarnya ada campuran solar ningrat dan solar rakyat, padahal Fortie kan mobil kaum ningrat seharusnya ya dikasih minum solar ningrat he...he...he....Kalau diminumin solar rakyat ada beberapa hal yang harus kita waspadai.
Salah satunya Foaming : solar rakyat sangat rentan terjadi foaming, karena memang polosan tanpa additive makanya harganya murah. Apa efeknya kalo terjadi foaming. : kalo terjadi foaming di pump discharge common header (common rail) maka tekanan bisa turun, dan tidak stabil/naik-turun karena yg seharusnya fully liquid akan bercampur dg fase gas (dalam foam) sehingga ketika disemprotkan diruang bakar selain tekanan kurang, jumlahnya bisa kurang, pattern spraynya juga bisa jadi tak beraturan (bisa bikin hot spot di liner) dan pembakaran kurang sempurna tenaga drop. Selain itu sudah jelas suara injection pump akan mirip dengan suara besi beradu karena sebagian ruangan dalam pump cylinder ada rongga yg berisi gas. Injector pump adalah tipe positive displacement pump (reciprocating pump plunger type/gerak bolak balik). Ambil contoh di pompa rumah kita (tipe centrifugal pump) yg tekananya paling 4 bar kalo terjadi cavitation atau orang sering bilang masuk angin suaranya sangat berisik, apalagi injector pump yg tekananya >1000 bar bisa dibayangin berisiknya seperti apa. Itu suara berisiknya pompa, kalo pattern spray jelek, pembakaran kurang sempurna sudah pasti suara mesin juga jadi berisik alias seperti besi dipukuli he...he...he. Makanya jangan meremehkan foaming. Untuk mencegah terjadinya foaming maka solar rakyat wajib dikasih antifoam/defoamer. Untuk mengurangi suara kletek-kletek coba diisi full solar ningrat atau kalo solar rakyat + defoamer.
Penikmat_Kopi wrote:
Saya liat di ace hardware ada bbrp additive diease ada diesel power, redline 85+, gumout dll. Mohon info Om, kira-kira yang bagus yang mana. Maklum saya sebelumnya pake mobil bensin, dan sebelumnya nggak pernah pake additive.
Redline 85+ / CRC 1Tank Power Renew / Diesel Power Max Cetane Boost
Tuang dikit2 / gunakan dosis maintenance aja, kira-kira 1 botol bisa utk 8 - 10X isi solar full tank dgn tuang dikit2
Penikmat_Kopi wrote:
Saya liat di ace hardware ada bbrp additive diease ada diesel power, redline 85+, gumout dll. Mohon info Om, kira-kira yang bagus yang mana. Maklum saya sebelumnya pake mobil bensin, dan sebelumnya nggak pernah pake additive.
Redline 85+ / CRC 1Tank Power Renew / Diesel Power Max Cetane Boost
Tuang dikit2 / gunakan dosis maintenance aja, kira-kira 1 botol bisa utk 8 - 10X isi solar full tank dgn tuang dikit2
Terima kasih Pak Turboman. Numpang nanya lagi, additive itu ada efeknya nggak? Misalnya bikin cepat keropos atau karena ada fungsi pembersihan injector atau misalnya malah nambah kerak. Maksud saya, additive yg direkomendasikan Pak Turboman itu. Kalau additive cetane booster yang sekaligus nurunin sulfur ada nggak Pak?
Penikmat_Kopi wrote:
Terima kasih Pak Turboman. Numpang nanya lagi,
1. additive itu ada efeknya nggak? Misalnya bikin cepat keropos atau karena ada fungsi pembersihan injector atau misalnya malah nambah kerak. Maksud saya, additive yg direkomendasikan Pak Turboman itu.
2. Kalau additive cetane booster yang sekaligus nurunin sulfur ada nggak Pak?
1. Kalau ada efek negative spt itu maka nggak akan sy rekomendasikan, justru bbrp additive mengandung zat anti rust. Dgn catatan : gunakan additive dengan dosis yg proporsional.
2. penurunan sulphur hanya bisa dilakukan di kilang dgn proses Hydrotreating, jadi jangan pernah percaya kalo ada additive yg ngeclaim bisa nurunin sulphur.
Penikmat_Kopi wrote:
Terima kasih Pak Turboman. Numpang nanya lagi,
1. additive itu ada efeknya nggak? Misalnya bikin cepat keropos atau karena ada fungsi pembersihan injector atau misalnya malah nambah kerak. Maksud saya, additive yg direkomendasikan Pak Turboman itu.
2. Kalau additive cetane booster yang sekaligus nurunin sulfur ada nggak Pak?
1. Kalau ada efek negative spt itu maka nggak akan sy rekomendasikan, justru bbrp additive mengandung zat anti rust. Dgn catatan : gunakan additive dengan dosis yg proporsional.
2. penurunan sulphur hanya bisa dilakukan di kilang dgn proses Hydrotreating, jadi jangan pernah percaya kalo ada additive yg ngeclaim bisa nurunin sulphur.
Siiipppppp, terima kasih banyak atas penjelasannya Pak turboman
Tambahan info, kebetulan sempet ada tetangga yang abis TD vnt yg matic, commentnya sama, kok suaranya ngelitik ya. Saya langsung mikir ternyata bukan mobil saya aja yg kedengeran gitu. Bagi beberapa orang mungkin karena sudah sangat pengalaman dengan mesin diesel mungkin sudah terbiasa dengan suara seperti itu.
Kemarin pagi dapat info dari pihak technical advisor dealer yang sudah mendapat jawaban dari pihak toyota astra yang sepesialis fortie, bahwa untuk fortuner vnt perlu masa learning/adaptasi sampai dengan 500 km pertama (saya agak nggak mudeng nih, atau mungkin kayak inreyen gitu kali ya), jadi suara tersebut akan muncul sampai dengan 500 km. Ada yang kurang dari itu, tapi sih maksimal sampe 500 km. Kemudian sempat juga dijelaskan lewat gambar dan video (saya makin nggak mudeng, lha wong saya nggak ngerti secara teknis wkwkwkwkwk). Nah, mungkin karena inilah makanya di buku manualnya ada petunjuk: kalau terdengar ngelitik : 1. lapor ke dealer, 2. jangan dirisaukan (intinya gitu, kata-kata tepatnya saya lupa. mungkin lapor ke dealer adalah agar dapat penjelasan kenapa ngelitik, cuma mungkin sosialisasi ke semua team mechanic di delaer-dealer belum tuntas, makanya mechanic dealer agak bingung awalnya. Lalu penjelasan di buku ttg kalau ngelitik ngggak usah kuatir ya mungkin karena memang itu merupakan informasi bahwa proses itu harus dilalui dan supaya penggunanya nggak panik.
Karena fortie vnt saya belum sampe 500 km (masih kurang sekitar 70an km), makanya kemarin saya jalan lumayan jauh. saya balik ke rumah di km 512 suaranya emang sudah terdengar jarang banget, paling kalau ngebejeknya buru-buru aja baru muncul. Siangnya saya bawa jalan lagi sampe sore, dan memang suaranya ilang, nggak pake ngelitik-ngelitik lagi. Tapi saya masih tetep aja nggak langsung percaya gitu aja, makanya gue harus nyoba lagi. Tadi hampir seharian saya pake jalan sampai sekitar 100an km. sengaja saya cari yg macet, macet banget, agak macet, agak lancar, sampe masuk tol yang lurus dan sangat sangat lancar. Dan sepanjang jalan sama sekali nggak ada suara ngelitik sedikitpun, bahkan kalau dibejek juga sama sekali nggak muncul, tarikan juga mantap. saya nyoba di rpm antara 1500 sampe 2500 aja.
jadi intinya, mobil barunya perlu adaptasi sampai dengan 500 km pertama
Terima kasih sudah dibantu para suhu semua, yang itu juga saya jadikan bahan diskusi sebelumnya dengan pihak technical advisor dealer
ya kalau pickup dikasih tutup ama kursi ya jadinya ranger jadi everst, triton jadi pajero, lalu d max jadi mu-7 dll ... mereka kan niru2 kesuksesan T120 jaman dulu pickup di jadikan station wagon lalu generasi , Kijang pickup dijadikan minibus Super Kijang ....
LoL~......
Jitu...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Btw apa memang bener ya ada masa adaptasi 500 km seperti penjelasan dari technical service?
Walaupun kenyataannya itu bener karena vnt manual saya sudah sama sekali nggak ada suara tektektek lagi. Dan memang itu setelah di atas 500 km kejadiannya, sebelumnya saya puyeng beneran, lha wong beli mobil baru kok suaranya gitu, siapa yg nggak puyeng hahahaha. Tapi sukurlah sudah beres, dan makin mantap nih mobil. Sekali lagi, terima kasih buat para Suhu disini yang memberikan pencerahan.
Penikmat_Kopi wrote:Btw apa memang bener ya ada masa adaptasi 500 km seperti penjelasan dari technical service?
Walaupun kenyataannya itu bener karena vnt manual saya sudah sama sekali nggak ada suara tektektek lagi. Dan memang itu setelah di atas 500 km kejadiannya, sebelumnya saya puyeng beneran, lha wong beli mobil baru kok suaranya gitu, siapa yg nggak puyeng hahahaha. Tapi sukurlah sudah beres, dan makin mantap nih mobil. Sekali lagi, terima kasih buat para Suhu disini yang memberikan pencerahan.
Bearti Break in masih perlu ya,gak ada yg katannya sdh jadi n siap di geber keluar dealer................
Penikmat_Kopi wrote:Btw apa memang bener ya ada masa adaptasi 500 km seperti penjelasan dari technical service?
Walaupun kenyataannya itu bener karena vnt manual saya sudah sama sekali nggak ada suara tektektek lagi. Dan memang itu setelah di atas 500 km kejadiannya, sebelumnya saya puyeng beneran, lha wong beli mobil baru kok suaranya gitu, siapa yg nggak puyeng hahahaha. Tapi sukurlah sudah beres, dan makin mantap nih mobil. Sekali lagi, terima kasih buat para Suhu disini yang memberikan pencerahan.
agak gak masuk di akal yah.. tapi coba tunggu momod baru kita yg jago diesel untuk kasih pencerahan. skrg kll dah oke, tinggal psg piggyback for more fun
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Break in period pasti ada utk mobil2 / mesin2 mass production
kemaren update ama Hopeng yg punya VNT, odo dia udah 2900 Km dan suara tektektek udah gak terdengar lagi, tapi solar campur CRC 1Tank P renew dan oli mesin pakai Mobil Delvac1 sii