share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 04

Post by Good_boy86 »

wllaw2 wrote:
SaebaRyo wrote: iya bener bro.

Btw utk di tol, badak gw kok berasa suara angin masuk yah
gw ga tau kalo di bangku penumpang, tapi di driver seat lmyn kedengeran (selain suara ban maxxis itu juga kedengeran)
kalo di badak SMers sini begitu juga ngga (suara angin masuk)??

Coba ke beres minta cek karet2 di sekitar pintu driver. Hari itu saya punya juga iya, kalau dikebut di 120 km/jam bunyi gemuruh angin lumayan kedengaran. Setelah disetel, udah jauh lebih mendingan. Tinggal sedikit. Dan kalau bandingin ke mobil lain sih memang lebih kurang begitu bunyinya.
Saya punya gak pakai talang air.
Yang di setel apanya om? Saya punya bunyi suara angin nya juga termasuk luar biasa.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote: menurut ane masih kurang senyap
tp kurang senyap ini ane ga nyalahin bannya sih
karena kemungkinan ada 2 hal:
ukuran dr 60 ke 65 yg membuat jd kurang senyap
atau memang dr kembangannya

tp gimanapun jg michelin tetep memberi 1 hal yg sangat bagus
yaitu bantingan tambah empuk
jd tetep worth 2 buy ni ban
Kalau agak empuk mungkin bisa karena faktor ukuran ban nya yang rasio nya jadi agak besar. Dari 60 ke 65. Tapi kok saya lihat di website Michelin Indonesia pilihan bannya kok cuma dikit ya untuk kategori ini. Padahal setelah lihat NatGeo tentang Michelin, jadi pingin cari ban nya yang tipe Low-Rolling Resistance. :mrgreen:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

fernando_lim wrote:Udah dicoba dosis 1ml 15 bro ? Soalnya ini dosis maxnya utk diesel,mudah2an ada upgrade formula norival diesel deh kalo di gasoline sudah beberapa kali diupgrade formulanya
Saya pakai hitungan tetes sih. Pengisian sebelumnya pakai 25 tetes untuk 20 liter biosolar. Jadi dosisnya lebih tinggi 5 tetes. Kan ditulisnya 1 tetes untuk 1 liter biosolar.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

SaebaRyo wrote:
Wah ini PERSISS kyk punya gw, kalo gt bs gw anggep unit gw normal (phew) hahaha..

Jd bunyi anginnya itu persis kalo speed mulai 120km/h baru kedengeran, dan bener bgt juga kedengerannya kalo ga pasang audio. Bunyinya menderu-deru gitu, agak kecil tp ya tetep kedengeran. Tepatnya suara anginnya kedengerannya dari jendela driver bagian atas.
Betul bro, kedengarannya dari jendela driver bagian atas. Dan di kecepatan sekitar 120 km/jam. Kalau bagi yang sering2 lewat kecepatan itu sih mungkin agak mengganggu suaranya. Minta aja ke pihak beres untuk perbaiki.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

joni80 wrote:
sama nih, padahal waktu awal dikirim sorenya di isi full shell di ajak muter2 trus pulang lewat tol bsd bintaro lari 160kpj ga ada suara angin masuk, kog sekarang ada suara angin ya?
apa pas di cuci karetnya ketarik tarik kanebo ya? kan abis di cuci karet pintu ikut di lap juga
Bisa jadi ada bagian karet yang tertarik, jadi gak ketutup semuanya. Yang dibetulin sama pihak beres hari itu juga bagian karet2 yang ada di pintu.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

edb3cks wrote: iya ane tuangin satu botol, karena salesnya ace nya blg ktnya tuangin aja gpp :frm_bang_head: :mky_01:
so far sih blm terasa apa2 yah..haha..

cm ane kan br abis pasang race chip yah, tumben bgt mid ane buat average l/kmnya bisa aktif berubah2 trus, kl dl sblmnya sudah 2 tahun dr awal beli sampe kmrn pasang racechip itu, stuck trus di 10.5 ga pernah berubah 2 taon loh..walaupun sudah sempet di reset jg tetep baliknya sgitu

br kmrn abis pasang race chip, ane reset lagi pemakaian dalkot bisa menyentuh 10.0, 9.9, 10.1, trus kalo penggunaannya di rata2 rpm 2 trus, itu bisa turun, tapi kalo dibejek2 naek lagi ke 10.5. padahal dulu2 mau dibejek mau di stabilin jg stuck di 10.5 kenapa yah?
Pasti salesnya minta tuang 1 botol ya supaya bisa penjualannya meningkat :big_peace:

Sebelumnya apa agan sering reset MID tiap kali isi solar? Kalau dari beli sampai sebelum pemasangan Racechip, belum pernah direset maka masuk akal, akan stuck terus di angka tertentu. Karena jarak yang ditempuh selama 2 tahun itu kan banyak.

Kalau ada direset, itu kalau stuck di angka tersebut karena memang konsumsi BBM nya di sekitar2 sana. Tapi kalau angka 10 an gitu udah boleh dibilang termasuk irit gan untuk dalkot :mrgreen:
Terus itu racechip nya settingan nya gimana? Bisa setting performance atau irit BBM?

MID saya sendiri kalau pas habis direset pasti sering bergerak naik turun, terutama kalau tripmeter nya masih dibawah 100 km. Itu paling sering. Kalau udah di atas 200 km, udah gak banyak berubah2 lagi. Kecuali ke rute luar kota. Tapi itu juga tergantung dengan kondisi jalannya. Kalau macetnya sangat parah ya bisa2 naik lagi angka di MID nya.
Last edited by wllaw2 on Wed Oct 31, 2012 2:35, edited 1 time in total.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Good_boy86 wrote:
Yang di setel apanya om? Saya punya bunyi suara angin nya juga termasuk luar biasa.
Yang disetel itu karet2 yang ada di bagian atas pintu driver itu. Entah gimana sih mereka setelnya tapi setelah disetel karet2nya bunyi2 anginnya jadi jauh berkurang.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 04

Post by Deasegara »

wllaw2 wrote:
fernando_lim wrote:Udah dicoba dosis 1ml 15 bro ? Soalnya ini dosis maxnya utk diesel,mudah2an ada upgrade formula norival diesel deh kalo di gasoline sudah beberapa kali diupgrade formulanya
Saya pakai hitungan tetes sih. Pengisian sebelumnya pakai 25 tetes untuk 20 liter biosolar. Jadi dosisnya lebih tinggi 5 tetes. Kan ditulisnya 1 tetes untuk 1 liter biosolar.
Kalo untuk Norival yg pernah saya coba dosis yg paling terasa mirip pertadex adalah dosis 1 botol untuk full tank, saya sudah coba 3 botol, tapi kalo ragu mesin rusak gak usah ya he..he... bulan depan VCDI saya genap 1 tahun, KM sekarang 20000an, kesan selama setahun VCDI gahar, nyaman, kenceng, gak pernah rewel. Jalan yg ditempuh sepanjang 20 ribu km cukup extreme, mulai Banyuwangi, lereng gunung Semeru, Pantai selatan Jawa dari sendang biru, ngliyep, jolosutro, dll sampai parangtritis dan juga telaga sarangan dan tawangmangu, bisa dilibas semuanya tanpa ada halangan. Sampai kini performa tetap OK. Tidak salah kita pilih VCDI...... :mky_02:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Iseng2 baca buku manual nya Captiva di Inggris, ternyata yang di sana lebih detail untuk beberapa hal. Contohnya:
- Setelah 30 detik mesin dihidupkan, baru boleh dijalankan (Pada saat mesin dingin). baru bawanya pelan2, sampai temperatur mesinnya ke suhu normal.
- Cara menutup kap mesin, kalau ketinggiannya udah sekitar 30 cm, tinggal lepaskan aja tangan kita untuk menutup kap mesinnya.
- Untuk mempercepat proses cleaning DPF nya, mobilnya dibawa lebih cepat ataupun digeber diatas 2000 rpm.
- Untuk menaikkan kembali posisi bangku di baris ke 2, tuas yang ada di samping itu jangan ditarik, yang ditarik cuma tuas yang di atas.

Selain itu yang di UK, juga ada indikator bahwa air wiper nya udah mau habis. Ini berguna banget sih. Yang di Indo setelah saya bandingkan panel instrumennya gak ada indikator yang ini.

Masih ada yang lain sih, itu beberapa yang saya ingat aja. :mky_01:
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Deasegara wrote:
Kalo untuk Norival yg pernah saya coba dosis yg paling terasa mirip pertadex adalah dosis 1 botol untuk full tank, saya sudah coba 3 botol, tapi kalo ragu mesin rusak gak usah ya he..he... bulan depan VCDI saya genap 1 tahun, KM sekarang 20000an, kesan selama setahun VCDI gahar, nyaman, kenceng, gak pernah rewel. Jalan yg ditempuh sepanjang 20 ribu km cukup extreme, mulai Banyuwangi, lereng gunung Semeru, Pantai selatan Jawa dari sendang biru, ngliyep, jolosutro, dll sampai parangtritis dan juga telaga sarangan dan tawangmangu, bisa dilibas semuanya tanpa ada halangan. Sampai kini performa tetap OK. Tidak salah kita pilih VCDI...... :mky_02:
Wah.. rute yang ditempuh cukup extreme ya :mrgreen:
Gak heran belum setahun jaraknya udah 2x jarak yang ditempuh saya. Kemarin baru lewat 10000 km, umur mobil masih 9 bulan.

Selama ini ada masalah di kaki2 nya gak gan? Ataupun bunyi2 dari interior?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Ternyata selama ini bunyi nging di fuel pump yg ane rasain cuma saat starter mobil saja, sekitar 5-10 menit setelah itu, bunyi sdh hilang walaupun belum jalan mobilnya. Ada yg punya pengalaman yg sama?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 04

Post by Deasegara »

wllaw2 wrote:Iseng2 baca buku manual nya Captiva di Inggris, ternyata yang di sana lebih detail untuk beberapa hal. Contohnya:
- Setelah 30 detik mesin dihidupkan, baru boleh dijalankan (Pada saat mesin dingin). baru bawanya pelan2, sampai temperatur mesinnya ke suhu normal.
- Cara menutup kap mesin, kalau ketinggiannya udah sekitar 30 cm, tinggal lepaskan aja tangan kita untuk menutup kap mesinnya.
- Untuk mempercepat proses cleaning DPF nya, mobilnya dibawa lebih cepat ataupun digeber diatas 2000 rpm.
- Untuk menaikkan kembali posisi bangku di baris ke 2, tuas yang ada di samping itu jangan ditarik, yang ditarik cuma tuas yang di atas.

Selain itu yang di UK, juga ada indikator bahwa air wiper nya udah mau habis. Ini berguna banget sih. Yang di Indo setelah saya bandingkan panel instrumennya gak ada indikator yang ini.

Masih ada yang lain sih, itu beberapa yang saya ingat aja. :mky_01:
Untuk point pertama itu memang harus bro, logikanya seperti ini : Waktu terjadi pembakaran didalam cilinder temperature akan naik, piston akan mengembang. Kalau kita langsung jalan kenaikan temperature akan semakin cepat piston juga akan mengembang lebih cepat, tetapi transfer panas dari ruang bakar ke cilinder block tidak secepat itu, sehingga proses expansion nya juga lambat. Akibatnya clearance piston dengan dinding cilinder akan semakin rapat, lama-lama bisa scratch dan bahkan bisa oblak. Jadi waktu 30 detik adalah waktu untuk tansfer panas antara ruang bakar dan cilinder blok supaya berimbang thermal expansion nya.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

@belphegor
ternyata cuman 10 menitan toh ngingnya
pantesan tiap kali abis dipake bunyi ilang
tiap kali starter bunyi nginggg :off_good:
User avatar
SaebaRyo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38

Re: share captiva - PART 04

Post by SaebaRyo »

btw buswei, badak kalian getarannya bisa sampe bikin bunyi 'kling-kling-kling' dari arah knalpot belakang ngga?
bunyinya dari arah knalpot belakang kiri.
bunyinya ngga terus2an, bunyi bbrp kali trus diem, agak lamaan bunyi lagi trus diem lagi. feeling gw dari getaran mesin dieselnya.

dan kedengerannya dari luar, jadi kalo lagi dipanasin, atau lg buka pager rumah, kadang2 kedengeran tuh gw..
kalo dari dalem cenderung ngga kedengeran, jd ngga terlalu ganggu2 bgt jg seh hehe.

ini kyknya karakteristik diesel sih, tadi pagi gw kaget kok denger bunyi yg sama tp mayan kenceng, nengok keluar jendela ga taunya ada kijang kapsul diesel lagi beli bakmi hahaha..
dulu gw pernah pake panther, (kyknya) jg pernah denger bunyi kayak gini. jujur agak lupa sih gw, ud lama bgt soalnya, dan panther gw bunyinya berisik gila waktu itu jadi banyak suara nyampur2 ga inget lagi dah dah wkwkwkwk.. :mky_01:
Image
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Berarti ada yg kendor om city hunter. Logikanya kan RPM makin rendah, getaran makin terasa. Berarti ya cara ceknya pada saat kondisi idle, om liatin belakangnya, ada suara besi beradu ga? Cari2 aja daerah sana, soalnya ane punya ga ada bunyi besi beradu.
xmintz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Oct 27, 2012 15:25

Re: share captiva - PART 04

Post by xmintz »

gan, ijin nyampein keluhan captiva baru ane
1. pertama janji kirim hari senin ketunda selasa, yaudah dimaafkan
2. kirim hari selasa ane udah tungguin gataunya pas dianter si yang bawa ga bisa bawa, kena lah pintu mobil ane sama stang sepeda motor, dijanjiin ganti pintu supir dan blakang supir, dimaafkan juga deh
3. kirim hari ini, gataunya ada cat yang gak halus, dia ngedekok kedalem, di bagian pilar jendela belakang-pintu bagasi, wah buset ane kesel banget dah, mana yg dijanjiin karpet dasar sampe belakang ga dikasi, two thumbs down buat chevrolet dah, padahal beli nya di nusantara chevindo loh, yang katanya cukup bisa diandalkan :e-snooty:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Wah klo itu mobil saya sih, saya minta ganti unit om. Masa unit baru udah dicat ulang, apalagi kitanya liat sendiri :frm_snipper:
xmintz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Oct 27, 2012 15:25

Re: share captiva - PART 04

Post by xmintz »

Belphegor wrote:Wah klo itu mobil saya sih, saya minta ganti unit om. Masa unit baru udah dicat ulang, apalagi kitanya liat sendiri :frm_snipper:
iye nih serasa pengen minta unit lain, cuma kyknya susah, om mau bantu2 komplain ga temenin ane ??
User avatar
SaebaRyo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38

Re: share captiva - PART 04

Post by SaebaRyo »

bro2, mau confirm aja, yg disebut bonus karpet dasar badak FL kita itu:
1) yg item dan bisa 'merekat' ke lantai kan? depan 2, tengah 1 (panjang), belakang 1, bener ngga?
atau
2) yg biasa bisa kita bikin di tukang jok kulit itu? yg dilapis ke lantai dasar rata semuanya rada tebel sedikit??

soalnya gw jg dapet bonus karpet dasar (di SPK ditulis), cuma gw pikir yg point 1 diatas. Kalo karpet dasar = point 2, gw blom dapet jg jadinya.

utk bro xmintz, sbnrnya seh gw pengen saran jangan mau dicat ulang pintunya, minta ganti baru (pintunya).
tapi karena ini unit CBU.. err.. sorry to say, bakalan susah (bgt) sih.
kecuali CKD (mungkin) bisa diganti pintu baru.

kalo kena 'bad luck' begini, merk apapun biasanya tetep bakalan repair seh (bukan ganti baru).
Honda aja jg gt, salesnya pernah kelepasan ngomong cerita pernah begitu driver keluar dr dealer, pintu kanan diseruduk mobil laen, ujung2nya kudu betulin dulu pintunya baru dideliver ke customer.

terkait minta ganti unit baru: catatan aja mobil kita ngga akan bisa diganti baru begitu faktur ud diproses atas nama kita + ud tertera di BPKB dll dll.
jadi unit 2nd soalnya mobil kita yg mau direplace, biar bisa dibetulin lg kek tetep aja itungannya 2nd (dealer ga akan bs jual lg dalam keadaan baru, karena no rangka no mesinnya ud 'terikat' ke nama kita).

makanya gw pribadi, sebelum diurus surat2, gw minta liat dulu unit gw ke showroom, gw confirm ok baru gw minta diurus surat2nya. utk badak FL ini, 2mgg setelah itu baru dianter ke rumah gw unitnya.
Image
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Yah itu juga bisa dipakai senjata, misalnya gertak utk balikin mblnya apabila cat tdk seperti baru. Apalagi klo leasing, kita minta pihak leasing utk bantu ngmg.
xmintz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Oct 27, 2012 15:25

Re: share captiva - PART 04

Post by xmintz »

itu pintunya iganti baru kok gan, gatau deh ambil dari mana, pokoknya semua udah beres ga ada yg di cat ulang, nah ini problem yang terakhir aja nih cat nya itu ga dibagian pintu, tapi di rangka blakangnya

nah problemnya itu surat kan udah terikat atas nama kita, ane sih pngennya ganti unit, soalnya problemnya di rangkanya, which is harus cat ulang dong, masa iya mobil baru2 di cat ulang, trus masalah leasing itu gimana caranya gan ? ajarin ane dong :ungg:
xmintz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Oct 27, 2012 15:25

Re: share captiva - PART 04

Post by xmintz »

ohiya, ane mintanya karpet dasar yg poin nomor 2, jadi dia pasanginnya ga sampe belakang
User avatar
SaebaRyo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38

Re: share captiva - PART 04

Post by SaebaRyo »

xmintz wrote:nah ini problem yang terakhir aja nih cat nya itu ga dibagian pintu, tapi di rangka blakangnya
sori bro gw masih agak ga mudeng sama penjelasannya, bisa difoto trus dishare disini aja bro? biar kita2 bisa nilai apa perlu dikomplen keras apa komplen biasa aja tu dealer chevindo wkwkwk
Image
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

@ City Hunter
Karpet no 2 yg dimaksud. Bonus dr dealer. Kalo no 1 mah wajib di dapat. Jadi kalo ketumpahan "sesuatu gitu" ga ampe nyerep ke dalem

@ Xmintz
Biasanya karpet dasar menyusul dan dipasang di rumah. Krn karpet dasar tsb pasangnya rada rumit, mesti bongkar jok.

Turut berduka buat penyoknya. Bener kata Bro Belphegor, minta leasing bantu klaim. Krn kalo mobil diterima tidak sesuai dgn kondisi yg baik, pihak leasing bisa membatalkan pembayaran ke pihak dealer. Soalnya kmrn ini gw juga di telp sama leasing, "Gimana mobilnya? ada keluhan gak? soalnya kami sudah mau pelunasan ke dealernya pak"

Nah itu dia cara gencet dealernya.

Overall saya puas sih di Nusantara Chevindo. Mungkin mrk juga sedang sial krn mobilnya disundul atau apalah...
xmintz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Oct 27, 2012 15:25

Re: share captiva - PART 04

Post by xmintz »

SaebaRyo wrote:
xmintz wrote:nah ini problem yang terakhir aja nih cat nya itu ga dibagian pintu, tapi di rangka blakangnya
sori bro gw masih agak ga mudeng sama penjelasannya, bisa difoto trus dishare disini aja bro? biar kita2 bisa nilai apa perlu dikomplen keras apa komplen biasa aja tu dealer chevindo wkwkwk
unitnya udah ane balikin ane ga mau terima sampe semuanya beres
pertama hari senin kemaren dia janji mau kirim, kemudian batal jadi hari selasa, eh hari selasa pas mau ngirim kena stang motor, ane sampe ke chevy pluit buat ngeliat, emang lukanya dalem, trus kata dia mau diganti pintu baru sehari beres (kalo ini beneran, soalnya lecetnya gede gamungkin dia benerin) kemudian hari ini sampailah dikirim, dan ternyata setelah diteliti ada cat yang ngedekok ke dalem, dan itu dibagian pilar mobil, pilar di bagian belakang banget sebelah kanan, nah itu gimana yah enaknya, kan ga mungkin pilar diganti --"