Permisi bro, para suhu2 sekalian, ane punya mega pro th 99, beli dari baru masih polosan tanpa elektrik starter. Dulu cuma dipake harian dikampung paling banter 6-7km sehari. Pas ane pindah ke jakarta ane ajak mudik cirebon jakarta di taun 2008. dijakarta 2 th, paling cuma 1-2km sehari, secara kkos ane dket dg kantor.
Nah di tahun 2010 (km 48rb) pegas kick stater motor ane patah, jadi kudu ke bengkel, bwt dioperasi untuk pertama kalinya, sekalian aje ganti yg perlu diganti ring seher, rante ketengdll. Udah beres, motor lancar n bisa ngibrit lagi, kayak motor baru lagi rasanya.
1 th kemudian, ane pindah ke tangerang di bawa harian jkt-tngerang 40km/sehari, tuh motor mulai ngadat tiba sering kayak kehabisan bensin, padhal masih banyak, tarikan ilang. pas ane cek ternyta bensin kesumbat rontokan tangki bensin. ane kuras tuh tangki sekalian di cek ada yg keropos g, ternyata bener pada keropos. Lancr g ada masalah mpe 2 bln kemudian (km 59 rb) tuh motor ngadat lagi, ane bawa ke bengkel, kata orang bengkel ilang kompresinya harus turun mesin mas, ane rada curiga ama nih bengkel, masa br 1 th turun mesin udah harus turun mesin lagi. ane pakasa tuh jalan, setiap 2 km idup terus mati lagi. ane sla idup tp gak lama 10 mnt mati lagi.. mpe akhirnya kesel.
1. apa iya motor bisa ilang kompresinhya meski pas di kick stater ada tekannanya?
2. kira2 apa penyebabnya motor idup mati gitu?
3. apakah spre aprt mega pro versi awal lebih mahal dar pada yg mega pro tipe baru, n udah jarang ada stoknya?
4. ada bengkel rekomendasi g bwt ngecek selain ahas? ane tinggal di ciledug tangerang.
Mohon bantuan n pencerahannya, maap klo rada berantakan, masih nubietol.
[ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
dibilang Kompresi hilang apa sudah diukur pakai Compression meter ?
Btw kalau kendaraan sudah berumur, bagian dalam tangki kalao karatan parah better ganti baru aja tangkinya segera, drpd jadi problem setiap bbrp bulan sekali.
Sekalian karburator dibersihkan juga dari partikel2 karat ex tangki yg lolos.
Btw kalau kendaraan sudah berumur, bagian dalam tangki kalao karatan parah better ganti baru aja tangkinya segera, drpd jadi problem setiap bbrp bulan sekali.
Sekalian karburator dibersihkan juga dari partikel2 karat ex tangki yg lolos.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
asik jg nih buat 'iseng' ukur komprsi klau biayanya gak mahal.Turboman wrote:dibilang Kompresi hilang apa sudah diukur pakai Compression meter ?
Btw kalau kendaraan sudah berumur, bagian dalam tangki kalao karatan parah better ganti baru aja tangkinya segera, drpd jadi problem setiap bbrp bulan sekali.
Sekalian karburator dibersihkan juga dari partikel2 karat ex tangki yg lolos.
1. pernah punya pengalaman ukur kompresi di bengkel mana aja om? tlg share dong biaya utk motor brp, mobil per silinder brp?
tentunya bengkel yg alat ukurnya meyakinkan/pasti bener kan ya. man behind the gun nya jg.
2. itu utk mesin konvensional karbu bisa, utk msein injeksi ber ECU jg bisa kah?
3. bensin sm diesel sama2 bisakah?
-
- SM Moderator
- Posts: 4426
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
Cari 2nd opinion. Janagn terpaku sama 1 bengkel. Atau cobain ke BeRes.
Plus pengalaman supir kantor, Mega Pro kalo diajak jalan jauh, cepet ngebul knalpotnya. Katanya si dipake mudik sekali, sampe Jakarta lagi lsg ngebul dan kudu ganti head.
Entahlah...
Plus pengalaman supir kantor, Mega Pro kalo diajak jalan jauh, cepet ngebul knalpotnya. Katanya si dipake mudik sekali, sampe Jakarta lagi lsg ngebul dan kudu ganti head.
Entahlah...
no signature
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
bro, selama tuh mongtor dikampung +/- 9th apa dirawat berkala secara teratur apa nggak (ganti olie, kuras tangki, ganti busi, ganti olie sokbreker, ganti minyak rem dll), kalau nggak dirawat ya terang aja bengek tuh motor dipake di jakarta /tangerang (macet / banjir, pokoknya mesin akan tersiksa). di kampung sih enak jalannya lancar. karena sdh berumur 13th sebaiknya adakan general cek up (mesin/pengapian/kaki2 : carburator, koil, bearing roda, kabel2 dst).
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Oct 23, 2012 17:44
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
Gak pake di cek dg compression meter. Cuman masukin jarinya doang ke dalam lobang busi sambil di kick stater. tp pas di kick stater itu berasa ada tekanan gitu..Turboman wrote:dibilang Kompresi hilang apa sudah diukur pakai Compression meter ?
Btw kalau kendaraan sudah berumur, bagian dalam tangki kalao karatan parah better ganti baru aja tangkinya segera, dari pada jadi problem setiap bbrp bulan sekali.
Sekalian karburator dibersihkan juga dari partikel2 karat ex tangki yg lolos.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Oct 23, 2012 17:44
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
selama di kampung ane rawat bener2, gak pernah ane ngajak ngebut, paling cm 80-90km, oli tiap 1500-2000km ane ganti, tiap 4000km ane service, busi tiap 6000km. minyak rem udah 2x ganti. cuma emang belum pernah masuk meja operasi.. dijakarta juga ane rawat tuh, cuma mungkin kondisi jakarta extrim macet n panas, plus dipake jarak jauh, modar juga ditambah udah tua..amd wrote:bro, selama tuh mongtor dikampung +/- 9th apa dirawat berkala secara teratur apa nggak (ganti olie, kuras tangki, ganti busi, ganti olie sokbreker, ganti minyak rem dll), kalau nggak dirawat ya terang aja bengek tuh motor dipake di jakarta /tangerang (macet / banjir, pokoknya mesin akan tersiksa). di kampung sih enak jalannya lancar. karena sdh berumur 13th sebaiknya adakan general cek up (mesin/pengapian/kaki2 : carburator, koil, bearing roda, kabel2 dst).
mungkin gak CDI kena? biasanya apa sih cirinya klo CDI kena?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
idup mati idup mati tarikan ilanguang_dinar wrote:
selama di kampung ane rawat bener2, gak pernah ane ngajak ngebut, paling cm 80-90km, oli tiap 1500-2000km ane ganti, tiap 4000km ane service, busi tiap 6000km. minyak rem udah 2x ganti. cuma emang belum pernah masuk meja operasi.. dijakarta juga ane rawat tuh, cuma mungkin kondisi jakarta extrim macet n panas, plus dipake jarak jauh, modar juga ditambah udah tua..
mungkin gak CDI kena? biasanya apa sih cirinya klo CDI kena?
ane malah curiga dari pengapiannya bro. udah periksa yg keliatannya sepele bro? kabel busi misalnya? ane pernah tuh ky gt, taunya kabel businya doang ada yg sobek, dikit sih.
CDI sebenernya komponen awet tuh, tapi mengingat usia motornya, mungkin jg. Klo CDI yg bermasalah biasanya klo mesin lagi panas, baru mogok, bisa nyala lg klo udah dingin. cmiiw
*halah lagi2 tukang ojek sok tau
"The Power of ren-Dreams"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: [ask] Mega Pro Jadul 99 ngadat
Penyakit bawaan megapro, tangki cepat keropos. mending dicek aja, apakah rontokan karat penyebab mesin sering mati,
solusi awal pasang filter bensin yang besar seperti punya vw, kalau dalam waktu singkat langsung kotor banyak kerak, tanda tangki minta ganti baru. kalaupun dilas, nanti sebentar lagi bakal berkerak n lebih parah.
cek rasio kompresi gampang, tinggal dibawa ke bengkel yang lengkap, ongkosnya juga murah, kalo dh kenal malah gratis bro. mirip2 kaya ngecek tekanan ban gitu. bedanya ini di mesin, alatnya sebenarnya juga sederhana.
biasanya di mega pro sering bermasalah kelistrikannya. bisa dicek di lampu depan, di soket2nya, dicek pake AVO meter. kalo bengkel yang sudah berpengalaman n ahli biasanya tahu masalah ini. masalahnya sederhana, korsleting listrik.
nah, kalo cdi biasanya brebet2 gak jelas, lebih2 di putaran atas. kalo dh parah, mati total.
kalo koil, ketika masih dingin ok, begitu panas dikit mulai brebet ato mati. ntr didinginkan idup lagi, jalan beberapa km mati lagi, kalo dh parah, mati total.
jangan lupa cek busi juga, termasuk kabel2nya. gejalanya bisa brebet sampai mati, gabungan dari gejala koil+cdi bermasalah, n tergantung tingkat kerusakan.
biasanya susah dihidupkan.
kalo menurut saya, motor ini bermasalah di tangki yang berkarat dan di kelistrikannya bro,
megapro yang cepet ngebul sebenarnya masalah di korteran ketika oversize. umumnya terlalu rapat celahnya, dan tidak rata (oval). harusnya setelah oversize piston bisa bergerak lancar di silinder (bisa jatuh bebas setelah dikasih oli), tapi tidak berisik, mesin tetap halus. kalau berisik, celahnya terlalu longgar, atau bentuknya oval. kalau seret, gk bisa jatuh, pasti bermasalah. kalau tidak macet, pasti dinding tergores, dan mengakibatkan kebocoran oli.
solusi awal pasang filter bensin yang besar seperti punya vw, kalau dalam waktu singkat langsung kotor banyak kerak, tanda tangki minta ganti baru. kalaupun dilas, nanti sebentar lagi bakal berkerak n lebih parah.
cek rasio kompresi gampang, tinggal dibawa ke bengkel yang lengkap, ongkosnya juga murah, kalo dh kenal malah gratis bro. mirip2 kaya ngecek tekanan ban gitu. bedanya ini di mesin, alatnya sebenarnya juga sederhana.
biasanya di mega pro sering bermasalah kelistrikannya. bisa dicek di lampu depan, di soket2nya, dicek pake AVO meter. kalo bengkel yang sudah berpengalaman n ahli biasanya tahu masalah ini. masalahnya sederhana, korsleting listrik.
nah, kalo cdi biasanya brebet2 gak jelas, lebih2 di putaran atas. kalo dh parah, mati total.
kalo koil, ketika masih dingin ok, begitu panas dikit mulai brebet ato mati. ntr didinginkan idup lagi, jalan beberapa km mati lagi, kalo dh parah, mati total.
jangan lupa cek busi juga, termasuk kabel2nya. gejalanya bisa brebet sampai mati, gabungan dari gejala koil+cdi bermasalah, n tergantung tingkat kerusakan.
biasanya susah dihidupkan.
kalo menurut saya, motor ini bermasalah di tangki yang berkarat dan di kelistrikannya bro,
megapro yang cepet ngebul sebenarnya masalah di korteran ketika oversize. umumnya terlalu rapat celahnya, dan tidak rata (oval). harusnya setelah oversize piston bisa bergerak lancar di silinder (bisa jatuh bebas setelah dikasih oli), tapi tidak berisik, mesin tetap halus. kalau berisik, celahnya terlalu longgar, atau bentuknya oval. kalau seret, gk bisa jatuh, pasti bermasalah. kalau tidak macet, pasti dinding tergores, dan mengakibatkan kebocoran oli.