Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Kira2 mesin bensin kalo dikasih fastron diesel yg apinya ci-4 kira2 gimana yah om turbo ? Penasaran jg saya kalo pakai oli diesel di mesin bensin
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
penggunaan oli Diesel type Passenger Diesel oil yg ACEA B3 / B4 utk mobil Gasoline Euro IV or lower malah bagus krn oli Diesel ACEA B3 / B4 mengandung ZDDP lebih tinggi daripada oli API SM.
Tapi kalao oli Diesel Heavy Duty ACEA E-4 yg angka TBN nya di atas 12 sih nggak rekomen yah buat mesin bensin (see TDS first), karena TBN dan SAPS yg kelewat tinggi berpotensi bikin endapan di ruang bakar.
Tapi kalao oli Diesel Heavy Duty ACEA E-4 yg angka TBN nya di atas 12 sih nggak rekomen yah buat mesin bensin (see TDS first), karena TBN dan SAPS yg kelewat tinggi berpotensi bikin endapan di ruang bakar.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Fastron diesel acea B3/B4 jg kalo ga salah tp coba nanti saya intip lg omTurboman wrote:penggunaan oli Diesel type Passenger Diesel oil yg ACEA B3 / B4 utk mobil Gasoline Euro IV or lower malah bagus krn oli Diesel ACEA B3 / B4 mengandung ZDDP lebih tinggi daripada oli API SM.
Tapi kalao oli Diesel Heavy Duty ACEA E-4 yg angka TBN nya di atas 12 sih nggak rekomen yah buat mesin bensin (see TDS first), karena TBN dan SAPS yg kelewat tinggi berpotensi bikin endapan di ruang bakar.
Jujur saya pernah pakai di sepeda motor berkopling manual dgn oli diesel dan memang lbh halus dan tahan panas
Tp di mbl gasoline blm pernah coba seh,kira2 rekomen utk brp km yah om buat safetynya ?
Oli petrocanadanya sudah 7500 lebih dan saya rasa sudah kasar bgt jd pengen coba oli diesel gimana hasilnya heheheh
Tq om turbo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Ralat om baru liat web pertamina fastron dieselnya acea A2/B2 mb 226.1 gimana om turbo ? Oya jg tercantum api SL
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Fastron Diesel bisa banget utk mesin bensin tahun lama, kalo utk mesin bensin tahun baru yaa SAE 15W-40 itu kelewat kental.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Woww Fk Freshing tembus 12000 km udah berapa kali pake tuh oli bro?fernando_lim wrote:Ane bisa share line fk sudah beberapa tipe saya coba
Fk pulse rs 11-12 dgn mobil s2000
Utk kelas 10w-40 saya relatif jatuhkan pilihan ke caltex havoline(terjangkau)
Eco touring 10w-30 pernah ane pake sampai 7000km mulai ga enak
Tapi kalo fk freshing ini yg paling puas dan harga beti dgn eco touring mending fk freshing sdh pernah saya tempuh sampai 12000 dan ga berani lanjut lg
Saya lupa line fk massimo jg ada 10w-40nya tipe hydrocracked jg saya lupa nama tipenya tp ga pernah saya coba krn harga ga masuk akal utk 10w-40nya
Petrocanada supreme 10w-40 4liter 400an jg (ga worth it 4000 keatas sudah kasar suara mesin dan harga ga masuk akal utk 10w-40)
Pengen bgt tes Q8 tp di mdn cuma bisa didptkan di chevrolet dan harganya mahal bgt so next mau coba caltex havoline formula 10-30 yg saya blg kemarin,tp sayang ga nemu msdsnya cuma nemu info olinya hydrocracked jg
Dengan harga 510 rbuan kayaknya blh bgt tuh oli... Bagaimana kira-kira kalo di bandingkan dengan Fastron Gold ya?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Om Turbo bagi pengalamannya om...
kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Woww Fk Freshing tembus 12000 km udah berapa kali pake tuh oli bro?
Dengan harga 510 rbuan kayaknya blh bgt tuh oli... Bagaimana kira-kira kalo di bandingkan dengan Fastron Gold ya?[/quote]
Fastron ane sendiri blm coba om susah dapetnya di medan malah spbu milik pertamina langsung pun mentok fastron biasa
Freshing ane pake sudah beberapa kali om dan emank ane bawanya rada2 ganas seh,dlm kota aja ane bisa bejek 4rb rpm dgn gigi 2 dan sering dibantai di tol ampe top speed jg
Sebenarnya 12rb saya seh ga kaget krn udah liat sendiri mbl dinas fk kebetulan ane ada temen kerja disana,mbl innova bensinnya menggunakan freshing pernah menempuh sampai 22.500km utk rute luarkota
Kalo lagi cekak seh ane pake havoline,dan lg bingung mau coba oli caltex formula(terbaru) hydrocracked jg spt freshing dgn api sn atau mau coba fastron diesel
Nampaknya pilihan jth ke caltex formula krn penasaran bgt soalnya havoline 10w-40nya aja rentang 200an hasilnya puas bgt ampe 5000km (6bln)
Dengan harga 510 rbuan kayaknya blh bgt tuh oli... Bagaimana kira-kira kalo di bandingkan dengan Fastron Gold ya?[/quote]
Fastron ane sendiri blm coba om susah dapetnya di medan malah spbu milik pertamina langsung pun mentok fastron biasa
Freshing ane pake sudah beberapa kali om dan emank ane bawanya rada2 ganas seh,dlm kota aja ane bisa bejek 4rb rpm dgn gigi 2 dan sering dibantai di tol ampe top speed jg
Sebenarnya 12rb saya seh ga kaget krn udah liat sendiri mbl dinas fk kebetulan ane ada temen kerja disana,mbl innova bensinnya menggunakan freshing pernah menempuh sampai 22.500km utk rute luarkota
Kalo lagi cekak seh ane pake havoline,dan lg bingung mau coba oli caltex formula(terbaru) hydrocracked jg spt freshing dgn api sn atau mau coba fastron diesel
Nampaknya pilihan jth ke caltex formula krn penasaran bgt soalnya havoline 10w-40nya aja rentang 200an hasilnya puas bgt ampe 5000km (6bln)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
1. Sesama Oli 10W40 semi synth sih yah 11-12 lah, keciali 10w-40 nya Amsoil AMO atau Royal Purple 10w-40.cabulbugil wrote:Om Turbo bagi pengalamannya om...
1. kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
2. Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
3. Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
Kalo mau yg oke cari yg :
- Visc kinematic @40 deg nya paling kecil di antara sesama 10w40
- Visc Index cari yg tertinggi
- Comply to ACEA B3/B4 serta MB 229.1 (buat ngejar ZDDP 1000 ppm)
2. 500 rb per brp L ?
3. Gak pernah coba
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Terima kasih om Turbo... memang benar oli semi sintetik direntang harga 50-70 rb per ltr hampir ga bisa dibedain menurut saya. sapa tau aja om Turbo bisa lbh peka merasakan perbedaannya...Turboman wrote:1. Sesama Oli 10W40 semi synth sih yah 11-12 lah, keciali 10w-40 nya Amsoil AMO atau Royal Purple 10w-40.cabulbugil wrote:Om Turbo bagi pengalamannya om...
1. kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
2. Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
3. Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
Kalo mau yg oke cari yg :
- Visc kinematic @40 deg nya paling kecil di antara sesama 10w40
- Visc Index cari yg tertinggi
- Comply to ACEA B3/B4 serta MB 229.1 (buat ngejar ZDDP 1000 ppm)
2. 500 rb per brp L ?
3. Gak pernah coba
Maksudnya 5w-30 4 ltr atau 1 galon om.
Kalo om Turbo ga pernah makai aditif bearti bisa disimpulkan adititif untuk oli mesin itu ga terlalu pentingkah, atau malah pemborosan ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
kalo harga 125 rb / L ane sih prefer Shell helix Ultra AB atau Petronas Syntium 3000 LL 5W30, belinya di DTMF ya tapi.cabulbugil wrote: Maksudnya 5w-30 4 ltr atau 1 galon om.
Kalo om Turbo ga pernah makai aditif bearti bisa disimpulkan adititif untuk oli mesin itu ga terlalu pentingkah, atau malah pemborosan ?
Soal additive utk mesin :
Dr yg ane pernah baca2 : bahwa pengaturan kompososi additive utk oli mesin bukanlah hal mudah, antara detergent dan antiwear itu harus balance, gak boleh yg 1 superior thd yg lain, lebih dalam lagi : komposisi TBN punya harus seimbang antara senyawa CaOH dan MgOH utk membuat TBN turunnya lambat tetapi juga mencegah kenaikan angka TAN.
akhirnya ane simpulkan bahwa cukup menggunakan oli yg berkualitas dan tidak perlu tambah additive2 lagi, tambah additive aftermarket mungkin akan memperbaiki di 1 aspek tetapi akan menurunkan aspek lainnya.
Perkecualian utk oli low SAPS (low ZDDP) yg hendak digunakan pada mesin flat tappet, nah itu harus ditambah additive ZDDP aftermarket, tapi tambahnya juga sedikit sekali.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
om turbo, nanya donk..
kalo utk mobil2 skrg yg ternyata masi flat tappet cam... macam xtrail atau serena atau bahkan mungkin livina... bagus nya pake oli apa yah.. scara di pasaran uda susah nyari api SL... rata2 SM smua...
utk saat ini, ane pake nya yg comply ke MB 229.31 dan ACEA A3,B3,C3,B4 tapi masi API SM... kekentalan 5W-30... apakah ini oli ckup bagus utk flat tappet cam ?? thanks.
kalo utk mobil2 skrg yg ternyata masi flat tappet cam... macam xtrail atau serena atau bahkan mungkin livina... bagus nya pake oli apa yah.. scara di pasaran uda susah nyari api SL... rata2 SM smua...
utk saat ini, ane pake nya yg comply ke MB 229.31 dan ACEA A3,B3,C3,B4 tapi masi API SM... kekentalan 5W-30... apakah ini oli ckup bagus utk flat tappet cam ?? thanks.
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
sebetulnya sih cukup merujuk ke buku owners manual, jika direkomendasikan API SM ya berarti bisa pake.DOHC wrote:om turbo, nanya donk..
kalo utk mobil2 skrg yg ternyata masi flat tappet cam... macam xtrail atau serena atau bahkan mungkin livina... bagus nya pake oli apa yah.. scara di pasaran uda susah nyari api SL... rata2 SM smua...
Cuman sih kalo ane pribadi utk mesin yg belom roller rocker tetep pilih oli yg ZDDP nya minimal 1000 ppm, kalo API SL sulit dicari ya utk oli buntut 30 yg ekonomis bisa coba oli Diesel 10W30 macam Kendall 10W-30 Super D-XA (API CJ-4) atau FK Massimo Diesel Dash 10W-30
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
di buku rujukan cuman di tulis recommended 10W-30 doank om... ga ditulis harus API brapa..
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
kalo yakin belom roller rocker maka pilihan yg boleh dicoba :DOHC wrote:di buku rujukan cuman di tulis recommended 10W-30 doank om... ga ditulis harus API brapa..
- Kendall Super D-XA 10W30 API CJ-4
- Kendall Titanium GT-1 SAE 5W30 API SN (1000 ppm antiwear)
- Shell helix Ultra AB / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 (MB 229.5)
- Any Kind 5W30 oil which meet Dexos 1 / Dexos 2 / API SN / ILSAC GF-5
Kalo API SN aja better check kandungan antiwearnya dulu
Kalo Dexos 1 or 2 itu itu antiwearnya konon udah lebih di fortified lagi daripada std API SN
API SN / ILSAC GF-5 sendiri utk aspek perlindungan valvetrain konon lebih baik dr API SM, dimana API SN mensyaratkan Phosporous retention in oil.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
wahh kendall gt itu masuk kategori yg bisa buat non roller rocker yahh...
btw om turbo ada referensi toko ga di dtmf mana yg murah buat beli oli ?? PM in ane donk om alamat nya atau toko nya... di atrium uda mulai ga bersahabat nehh dan sempet kena oli palsu ane dsana..
btw om turbo ada referensi toko ga di dtmf mana yg murah buat beli oli ?? PM in ane donk om alamat nya atau toko nya... di atrium uda mulai ga bersahabat nehh dan sempet kena oli palsu ane dsana..
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Terlepas dari merek olinya, mesin non roller rocker konon idealnya butuh oli dgn ZDDP / kombinasi antiwear minimal 1000 ppm.DOHC wrote:wahh kendall gt itu masuk kategori yg bisa buat non roller rocker yahh...
btw om turbo ada referensi toko ga di dtmf mana yg murah buat beli oli ??
Btw Top One Diesel yg 10W30 / 5W30 Synthetic mestinya bisa dicoba juga, scr std tuk Diesel ZDDP nya mestinya di atas 1000 ppm.
di DTMF :
- Graha di sebelah BCA (SHU AB / Redline)
- Sanjaya knalpot di komp DTMF lt. 2 (Kendall)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
sipp thanks om....
emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah..

emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah..



numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Oct 25, 2012 8:33
- Location: Rayseans City of Eden
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman 
Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.
Terima kasih sebelumnya.

Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.
Terima kasih sebelumnya.
1998 E39 M52B28
1998 E38 M62TUB35
1998 E38 M62TUB35
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Bro Turbo, tanya nih. Kalau X-Trail T30 2.5L bisa ndak pake FK Super K 5W30 api SM/GF-5?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 147
- Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
setahu saya(kapan hari pernah ke distro FK dan ngomong2 dgn bos nya), kalo FK super K itu isinya sama persis dgn FK massimo freshing cuman dgn kemasan 3liter dan di peruntukkan untuk mesin kecil(K series) yg memerlukan oli 3liter. CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Yg membedakan antara Freshing dan Super K yaitu ILSACnya. Kalau Freshing masih GF-4, sedangkan Super K sudah GF-5.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Ams Sign series 0W30 sih bagus tapi harganya itu skg gak masuk akal.admapower64 wrote:Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman
Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.
Terima kasih sebelumnya.
Se bagus2-nya oli Full Synth, tetap saja kalau sudah 12 - 13 bulan sebaiknya diganti. (jika mobil jarang jalan)
utk Audi 3.0 TFSI sih skg byk yah oli Full Synth yg comply ke VW 506 / 507 series, jadi pilihan banyak.
Sy pribadi di R20A pakai Yacco VX 2000 0W30 Full Synth yg mana std nya adalah VW 503, 506, 506.01 / ACEA A5 / B5, dipake jalan sampai 9000 Km / 11 bulan gak kerasa krn kinerja stabil aja.
http://www.yacco-bulgaria.com/homologat ... 5-2007.pdf
Dulu beli di Siaga Motor 1 dus jatohnya cuman Rp. 100 rb / L, mungkin kalo pesan 2-3 dus si Siaga Motor mau orderin (hrs ditanya dulu), harga mungkin ada naek dikit.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Oct 25, 2012 8:33
- Location: Rayseans City of Eden
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Iya juga sih Mas Turbo, soalnya perliter-nya harganya amazing, tapi kata orang sih kualitasnya bagus. Soalnya, saya biasa pake pelumas mobil buat Honda Vario Techno 2011 saya. Jadi mumpung ada sisa, biasanya saya beli 2 galon, dan si Audi butuh sekitar 7 liter, jadi sisanya buat Vario Techno. Kira-kira buat Vartech cocok gak ya, pake AZO?Turboman wrote:Ams Sign series 0W30 sih bagus tapi harganya itu skg gak masuk akal.admapower64 wrote:Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman
Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.
Terima kasih sebelumnya.
Se bagus2-nya oli Full Synth, tetap saja kalau sudah 12 - 13 bulan sebaiknya diganti. (jika mobil jarang jalan)
utk Audi 3.0 TFSI sih skg byk yah oli Full Synth yg comply ke VW 506 / 507 series, jadi pilihan banyak.
Sy pribadi di R20A pakai Yacco VX 2000 0W30 Full Synth yg mana std nya adalah VW 503, 506, 506.01 / ACEA A5 / B5, dipake jalan sampai 9000 Km / 11 bulan gak kerasa krn kinerja stabil aja.
http://www.yacco-bulgaria.com/homologat ... 5-2007.pdf
Dulu beli di Siaga Motor 1 dus jatohnya cuman Rp. 100 rb / L, mungkin kalo pesan 2-3 dus si Siaga Motor mau orderin (hrs ditanya dulu), harga mungkin ada naek dikit.
Thanks sebelumnya.
1998 E39 M52B28
1998 E38 M62TUB35
1998 E38 M62TUB35
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03
Waktu harga Ams Sign Series 0W-30 masih under 200 rb / L sih masih boleh lah, kalo skg sih rasanya gak worthed yahadmapower64 wrote: Iya juga sih Mas Turbo, soalnya perliter-nya harganya amazing, tapi kata orang sih kualitasnya bagus. Soalnya, saya biasa pake pelumas mobil buat Honda Vario Techno 2011 saya. Jadi mumpung ada sisa, biasanya saya beli 2 galon, dan si Audi butuh sekitar 7 liter, jadi sisanya buat Vario Techno. Kira-kira buat Vartech cocok gak ya, pake AZO?
Thanks sebelumnya.
Kalo saya sih : kenapa harus pakai itu jika ada oli lain sama bagus dgn harga lebih terjangkau ??
kalau utk Motor / Skutik sistem kopling kering butuh oli VI tinggi dan antiwear tinggi krn mesin High RPM dan air cooled, Amsoil sih rata2 VI dan antiwear-nya tinggi, tapi drpd beli 0W-30 Sign Series buat skutik, lebih baik pertimbangkan Redline 5W30 yg harganya hanya Rp. 150 rb / L.
* Bukan ajakan Beli *