Ada yg doyan nonton NASCAR gak? Pasti lebih gila daripada nonton bola. Soalnya biasanya baru mulai jam 1 dini hari, hari Senin pula...
Pokoknya balapan yg paling bosenin tapi paling ketat persaingannya, ya cuma NASCAR.
Daku mulai dengan istilah-istilahnya dulu ya? Soalnya rada beda dengan istilah balap dari Eropa.
AERO PUSH
Ketika mengikuti kendaraan lain dengan rapat, aliran udara di belakang kendaraan yg di depan tidak mengalir secara normal. Akibatnya downforce pada bagian depan mobil yg di belakang menjadi berkurang, dan ini menyulitkan ketika menikung. Kondisi ini lebih terasa pada saat keluar tikungan.
AERODYNAMIC DRAG
Rada susah diterjemahin :
A number that is a coefficient of several factors that indicates how well a race vehicle will travel through the air and how much resistance it offers. Crewmen work to get the best "drag horsepower" rating they can, determining how much horsepower it will take to move a vehicle through the air at a certain mile-per-hour rate. At faster speedways teams strive to get the lowest drag number possible for higher straightaway speeds.
Tapi kurang lebih :
sejumlah koefisien dari berbagai faktor yg mengindikasikan pengaruh udara pada saat kendaraan melaluinya. Mekanik akan bekerja utk mendapatkan tingkat drag (lihat istilah drag) terbaik yang akan menentukan oleh berapa besar tenaga yg dibutuhkan untuk melalui udara pada kecepatan tertentu.
AIR DAM
Lempengan dibawah front grill, sangat dekat dengan tanah/track. Gunanya untuk meningkatkan downforce bagian depan mobil.
AIR PRESSURE
Mengubah tekanan udara dalam ban merupakan salah satu cara untuk mensetting suspensi kendaraan. Penambahan tekanan meningkatkan "spring rate" pada ban, dan mengubah karakteristik handling.
BALANCE
Kendaraan disebut balance/seimbang, bila tidak punya kecenderungan oversteer atau understeer, melainkan tetap pada jalurnya.
BANKING
Biasanya pada tikungan, dimana lintasan dibuat miring.
CAMBER
Sudut kemiringan roda terhadap permukaan track. Positif berarti melebar melebihi sudut vertikal, sedangkan negatif berarti sebaliknya. Pada track oval, biasanya kendaraan diset positif utk ban sebelah kiri, dan negatif utk ban sebelah kanan.


