
Kijang Innova D-4D - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Kijang Innova D-4D

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
reset ECU gimana caranya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Kijang Innova D-4D
Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
1 btl tuk 10X isi solar fulltank kalo saya sih, jadi isi kira2 aja, a bit more or less is ok.rexmale wrote:Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Saya biasa isi solar 100rb (22,22L) jadi bisa untuk 20x isi solar ya, nah 1 botol dibagi 20 itu berapa banyak yaTurboman wrote:1 btl tuk 10X isi solar fulltank kalo saya sih, jadi isi kira2 aja, a bit more or less is ok.rexmale wrote:Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Oct 18, 2012 8:22
Re: Kijang Innova D-4D
Salam kenal para sepuh SM ...
Saya pake Innova Diesel Matic 2007.
Mau tanya bengkel rekomendasi untuk Tune Up Innvoa Diesel dimana ya ?
Tune Up disini dalam cakupan : bersihkan TB, tutup EGR, dan setting2 lain yang dibutuhkan untuk effisiensi tenaga dan BBM di Innova ...
Oh iya, lokasi saya ada di Jakarta...
Tolong rekomendasi nya ya biar Innova Diesel saya bisa ngacir and iritt ..
Terima kasih atas attensinya ....

Saya pake Innova Diesel Matic 2007.
Mau tanya bengkel rekomendasi untuk Tune Up Innvoa Diesel dimana ya ?
Tune Up disini dalam cakupan : bersihkan TB, tutup EGR, dan setting2 lain yang dibutuhkan untuk effisiensi tenaga dan BBM di Innova ...
Oh iya, lokasi saya ada di Jakarta...
Tolong rekomendasi nya ya biar Innova Diesel saya bisa ngacir and iritt ..

Terima kasih atas attensinya ....

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Mau tanya juga sekalian kalau D4D A/T dengan km belum sampai 3000 apakah boleh menutup EGR? Kalau boleh di bengkel mana yang rekomended?
Terima kasih.
Terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D-4D
@alex777, di rev engineering.., ada di jalan panjang, kebun jeruk. tapi telpon dulu.. suka penuhhhh
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Tutup EGR bisa beli ke Stanley Bdg dan pasang sendiri atau di REV juga ada jual yg buatan Thai.alex777 wrote:Salam kenal para sepuh SM ...![]()
Saya pake Innova Diesel Matic 2007.
Mau tanya bengkel rekomendasi untuk Tune Up Innvoa Diesel dimana ya ?
Tune Up disini dalam cakupan : bersihkan TB, tutup EGR, dan setting2 lain yang dibutuhkan untuk effisiensi tenaga dan BBM di Innova ...
Kalo Purging bisa ke GBT / Sinergy Daan Mogot / REV & skg sudah banyak bengkel yg bisa purging
Utk Ipah 2007 ane juga saranin (jika belum pernah dilakukan) :
- Kuras tangki solar + bersihkan fuel screen @tangki
- Ganti Timing Belt & V-Belt
- Kuras ATF
Juga sebetulnya boleh coba lakukan :
Bersihkan ruang bakar pakai obat khusus spt Impact 2000, tapi semprotnya dikit2 ke intake & jangan sampai mesin bergetar hebat / klotok2, tapi ini perlu ke hati2-an extra tinggi, sebab jika salah prosedur mesin Diesel bisa jebol.
Kalau saya lakukan selang 2 - 3X ganti oli (sebelaum ganti oli), tarikan mesin lgs improve lagi.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Oct 19, 2012 4:45
Re: Kijang Innova D-4D
salam kenal,
Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info.
Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Coba bawa ke Auro 2000 Puri, minta tolong dgn pak Adhiblackd4d wrote:salam kenal,
Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info.
teman juga ada yg pernah ngalamin ganti eng. & trans. mtg. masih terasa getar, lalu di cek dan posisi mounting2 disetel lagi, akhirnya getaran ilang.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.
Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.Turboman wrote:Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.
Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49
Re: Kijang Innova D-4D
coba diulang, copot kabel akinya 30 menit... note: yg dicopot kabel negatifnya ya pakProfith83 wrote:salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
disun visor kanan, ada keterangan klo ga salah, kalau lampu peringatan solar itu tetep nyala segera dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa

Dream, Believe, Make It Happen
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.Profith83 wrote:salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
selamat mencoba
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
Nanti saya coba, saya sering melakukan ini untuk reset TRIP A dan TRIP B.Turboman wrote:Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.Profith83 wrote:salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
selamat mencoba
Terakhir saya reset tetap saja lampu nyala. Pencetnya berapa lama yah ? biasanya 3 detik TRIP A akan jadi nol. Trip B juga 3 detik lagi jadi nol.
Pencetan yang itu yah Om Turbo ? dan berapa lama ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
Betul ada tertulis seperti itu .... lama amat yah 30 menitbarzul wrote:coba diulang, copot kabel akinya 30 menit... note: yg dicopot kabel negatifnya ya pakProfith83 wrote:salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
disun visor kanan, ada keterangan klo ga salah, kalau lampu peringatan solar itu tetep nyala segera dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Kijang Innova D-4D
setau saya bayar 300rban loh walaupun msh gratis jasa karena setau saya di beres itu mksd nya gratis jasa hanya untuk servis2 di buku servis saja...rexmale wrote:Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.Turboman wrote:Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.
Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Oct 19, 2012 4:45
Re: Kijang Innova D-4D
Ok, saya coba cek ulang. Thx bung TurbomanTurboman wrote:Coba bawa ke Auro 2000 Puri, minta tolong dgn pak Adhiblackd4d wrote:salam kenal,
Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info.
teman juga ada yg pernah ngalamin ganti eng. & trans. mtg. masih terasa getar, lalu di cek dan posisi mounting2 disetel lagi, akhirnya getaran ilang.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Kijang Innova D-4D
Oh sekali bersihkan pipa EGR itu kena biaya 300rban ya, kalau gitu minta TRAC yang tanggung saja, tapi kira2 tiap berapa km ya baru perlu dibersihkan?fur10usx wrote:setau saya bayar 300rban loh walaupun msh gratis jasa karena setau saya di beres itu mksd nya gratis jasa hanya untuk servis2 di buku servis saja...rexmale wrote:Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.Turboman wrote:Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.
Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.
Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Kijang Innova D-4D
Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.Turboman wrote:Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.Profith83 wrote:salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah
kenapa yah ?
selamat mencoba
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.
Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.
Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: Kijang Innova D-4D
Kuras pompa solar dulu baru reset ecu, klo masih nyala ganti filter solar, dipakai kemudian lain hari nyala lagi harus kuras tangki solar..Profith83 wrote: Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.
Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.
Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?