Cuma filter oli yang diganti gan. Filter solarnya gak diganti.Belphegor wrote:Boleh lewat asal ngga terlalu lama om, jadi service pertama itu 7500km/6bulan, mana yg tercapai lebih dahulu aja om. Filter solar diganti kok setau saya, soalnya kmrn service pertama, mobil saya tinggal, ngga liat prosesi service pertama
share captiva - PART 04
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Wah... mantap. Agan punya yang Captiva FL Diesel juga ya?Deasegara wrote:Sharing Hasil Norival Overdosis Lanjutan........
Tadi pagi barusan service ketiga di beres. Ganti oli mesin, oli transmisi, filter solar, filter udara tidak diganti, saya suruh ganti kata mekaniknya sayang masih bagus dan bersih. Saya minta cek semua yang berhubungan dengan fuel system dan pembakaran sehubungan dengan kebanyakan minum biosolar+Norival overdosis (sudah habis 3 botol dg dosis 1 botol sekali isi), katanya tidak ada kelainan, semua normal. Setelah selesai service mau isi solar lupa kehabisn stock Norival, pesen minggu baru diantar kerumah, terpaksa belok ke Ace Hardware beli redline85+ isi setengah botol+ 58 liter biosolar.
Di beres chevy didaerah sekarang mulai rame dipenuhi captiva, tadi pagi sudah ada 3 masih plat putih antri ganti head unit caska, pas dites quality audionya jauh dari bawaanya. Ngobrol dg mechanic didaerah tidak ada issue fuel pump, belum ada yg complain.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Hmm.. itu hasil testnya menggunakan ban yang sama gak gan? Soalnya ban bisa berpengaruh banyak.WK1 wrote:Saya pribadi blom pernah denger bunyi nging smp saat ini. denger2 sih solar ga boleh kosong. Paling net 1/3 hrs di isi utk mengurangi resikonya
@ Om Evo, sama saya juga jadi suka parno, berusaha denger "ngiiiing" ama "drrrttt"![]()
@ Om Belpe. Yoi, kalo di atas 100km rada serem ngeremnya. Kayanya mesti ngejejek bgt. Hasil tes yg saya baca juga, Fortie no 1, PS no 2, CTV no 3 urusan pengereman. beda kalo ga salah 3 meter deh om.
Julukan baru buat CTV "Slonong boy" dong wkwkwkwkw
Kalau berdasarkan pengalaman saya bawa sendiri sih, Fortuner yang paling susah untuk diberhentikan. Tapi ya gak tahu apa mobilnya udah diubah2 settingnya, soalnya dari semua yang pernah saya test, Fortuner itu kalau diinjak sedikit aja belum ada efek2 apa2. Kalau yang lain, mis: Captiva, Innova AT, Pajero Sport, Hilux terasa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Bunyi "ngiing" nya kedengaran gak waktu agan berdiri di belakang mobil sekitar 2-3 meter?Belphegor wrote:Bener om evo, saya dengar suara nging paling parah ketika pagi2 nyalain mesin. Ada yang ngerasa rem bawaan captiva ini terasa kurang pakem klo kec tinggi ga?
Kalau saya punya semenjak ganti baru sih, harus jongkok di roda belakang baru kedengaran. Tapi kadang gak ada suara juga. Mungkin benar2 dari faktor bahan bakar nya. Yang pernah dijelaskan sama salah satu user sebelumnya. Faktor dari Foaming nya (mungkin)
Kalau dulu, sebelum ganti, berdiri di depan aja udah kedengaran.
Kalau rem sih saya merasa pakem2 aja. Yang herannya aja kadang ada bunyi berdecit, kayak kampas rem udah habis. Padahal baru 9100an km. Dan selama ini saya pakai mobil, boleh dibilang termasuk tipe yang jarang memakai banyak rem.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Baru kepikiran juga, salah satu cara untuk memastikan konsumsi BBM di MID dan penghitungan manual sama akurat, yakni dengan mengisi dengan jerigen. Kayaknya selang SPBU Pertamina itu gak Pasti Pas. Kalau dari SA nya bilang sih MID nya lumayan akurat.
Nanti setelah ketemu bahan2 untuk membuat selang supaya gampang isinya, mau dicoba. Kebetulan, Pertadex dijualnya dalam kemasan jerigen 10 liter. Jadi bisa pakai itu untuk bahan percobaan.
Soalnya udah beberapa kali isi, pas di jarum 1/2, gak pernah sekali pun, jumlah liter yang tertera di SPBU itu sama ( (ataupun mendekati). Bervariasi dari 28-32 liter.
Nanti setelah ketemu bahan2 untuk membuat selang supaya gampang isinya, mau dicoba. Kebetulan, Pertadex dijualnya dalam kemasan jerigen 10 liter. Jadi bisa pakai itu untuk bahan percobaan.
Soalnya udah beberapa kali isi, pas di jarum 1/2, gak pernah sekali pun, jumlah liter yang tertera di SPBU itu sama ( (ataupun mendekati). Bervariasi dari 28-32 liter.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Thank you om koreksinyawllaw2 wrote:Cuma filter oli yang diganti gan. Filter solarnya gak diganti.Belphegor wrote:Boleh lewat asal ngga terlalu lama om, jadi service pertama itu 7500km/6bulan, mana yg tercapai lebih dahulu aja om. Filter solar diganti kok setau saya, soalnya kmrn service pertama, mobil saya tinggal, ngga liat prosesi service pertama

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Kalau masa "inreyen" sih memang dibilang biasanya 1000 km, kalau di Captiva buku manualnya ditulis sekitar 800an km. Ini ada artikel tentang "break-in" mesin VW TDI. Tapi kayaknya bisa diapply buat Captiva juga soalnya sama2 memakai VGT.cptv2012 wrote:halo,
salam kenal dari pengguna captiva vcdi 2.0 FL
setelah menunggu dan beberapa kendala, akhirnya sabtu sore minggu lalu sudah bisa diambil ke dealer, walaupun casca nunggu (baru kaca film dan talang air yang terpasang).
hari ini sudah mendekat 1000 km (sudah 2 kali pp jkt-bdg), dan info sales service pertama 10.000 km.
mau bertanya ke rekan sekalian :
- apakah perlu service di 5.000 km ? misal ganti olie, filter olie. jadi lebih cepat dari yang disarankan mengingat saya rencana mau make lama dan di 1000 km pertama masih proses "in reyen"
- manakah yang lebih baik bagi kesehatan mesin, shell diesel atau pertamina dex ? (dari sisi harga dex lebih mahal)
demikian sementara minta saran, dan bisa saya share sedikit pengalaman 3 hari menggunakan captiva : PUAS
tenaga bagus, irit (bisa 7 l/100 km dgn pemakaian santai di tol jkt-bdg), bunyi-bunyi tidak ada masalah.
Rules that apply for the life of the car
-When the engine is cold (below the first 3 white marks at the base of the temp gage) rev the engine to at least 2,500 rpms.
-When the engine is warmed up (above the first three white marks) Rev the engine to no less than 3,000 rpms.
The reason for this is to keep the turbo on boost, clear the VNT guide vanes and apply firm pressure to the rings for optimal sealing against blow-by gasses. The rings need the boost to seal since its a turbo charged engine, babying the engine is detrimental and will lead to issues with compression if done so for very long.
First 1,000 miles
Keep rpms below 3,800. Avoid steady rpms. Frequent firm application of power is strongly recomended up to 3,800 rpm. Avoid the use of cruise control so that you naturally fluctuate the power with your foot.
1,000-5,000 miles
Use the full 5,100 rpm power range. Avoid steady rpms. Avoid the use of cruise control. Frequent application of full throttle is recomended to help seat the rings. City driving is ideal for breaking in a TDI due to frequent stops and acceleration. Once you get to 5,000 miles change the oil and perform your first service per the manual
5,000-10,000 miles
Use of the cruise control is ok at this point since most of the initial break in has occured. Continue to use occasional full throttle accelerations to continue to seat the rings. You will notice the engine become slightly louder during this phase due to less friction from the engine breaking in (normal for a diesel to become louder under lighter loads). If your going on a long drive and you are using the cruise, every so often step on the peddle to accelerate up about 20 mph then coast back down to your preset speed.
10,000-60,000
This is when the rest of the break in occurs. The engine from the factory will check out with about 475psi of compression pressure out of the crate. It will take at least 60,000 miles to reach the peak pressure of 550psi. For the most part once you get to 10,000 miles your compression will be around 510psi meaning that most of the break in has occured.
60,000-the life of the motor
The engines I have seen so far using a 5w40 oil are maintaining 550 psi of compression pressure with over 200,000 miles on the odometer. The owners have followed the advice above and do not have any oil consumption issues. This also means that with the higher pressure the engine is more efficient returning optimal fuel economy and reduced smoke output.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
No problem gan. Saya pun sebenarnya awal2nya berharap filter solar ada diganti juga, tapi ternyata enggak . Kayaknya karena filter solarnya itu kemahalan. Kalau gak salah 1 jutaan ya? Karena ada 2 buah.Belphegor wrote:
Thank you om koreksinya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
kadang kedengeran pss berdiri di pintu depanwllaw2 wrote:Bunyi "ngiing" nya kedengaran gak waktu agan berdiri di belakang mobil sekitar 2-3 meter?Belphegor wrote:Bener om evo, saya dengar suara nging paling parah ketika pagi2 nyalain mesin. Ada yang ngerasa rem bawaan captiva ini terasa kurang pakem klo kec tinggi ga?
Kalau saya punya semenjak ganti baru sih, harus jongkok di roda belakang baru kedengaran. Tapi kadang gak ada suara juga. Mungkin benar2 dari faktor bahan bakar nya. Yang pernah dijelaskan sama salah satu user sebelumnya. Faktor dari Foaming nya (mungkin)
Kalau dulu, sebelum ganti, berdiri di depan aja udah kedengaran.
Kalau rem sih saya merasa pakem2 aja. Yang herannya aja kadang ada bunyi berdecit, kayak kampas rem udah habis. Padahal baru 9100an km. Dan selama ini saya pakai mobil, boleh dibilang termasuk tipe yang jarang memakai banyak rem.
kadang kedengeran kalo sampe jongkok di roda kanan blakang
pernah sekali abis perjalanan jauh, ga ada bunyi sama sekali...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Btw disini ada yg ngerti pasang racechip pro ngga ke captiva FL?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 04
Memang di owner manual ditulis free sevice pertama (6 bulan atau 10,000km yg mana lebih dahulu) tidak termasuk ganti filter solar... Oooo jadi maksudnya kalau pakai full biosolar disarankan jangka waktu servicenya setiap 7,500km yah? Bukan setiap 10,000km.. Jadi ganti filter solar @ 15,000km nanti...wllaw2 wrote:No problem gan. Saya pun sebenarnya awal2nya berharap filter solar ada diganti juga, tapi ternyata enggak . Kayaknya karena filter solarnya itu kemahalan. Kalau gak salah 1 jutaan ya? Karena ada 2 buah.Belphegor wrote:
Thank you om koreksinya
Saya tanya ke beres waktu service pertama apa bisa check dan bersihkan aja filter solarnya, katanya ga bisa, kalau sudah dibuka tidak bisa dipasang lagi, harus ganti baru karena ada karet sealnya seperti filter oli. Menurut owner manual sih ada sensor indikatornya kalau filter solarnya terkontaminasi air.
Ngomongin fuel pump captiva diesel, letak fuel pumpnya itu dimana ya? Apa dicelup di dalam tanki?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04
Ga tau juga Om Wllaw, artikelnya tentang komparasi SUV diesel, di salah satu majalah. Lupa majalah apa, saya bacanya 2 bulanan lalu skitar bulan Agustus. Hehehe maklum numpang baca di Gram**dia. Mungkin aja sih saya salah ya... Smp Om Belphe bilang saya bacanya di majalah Playboy....wllaw2 wrote:Hmm.. itu hasil testnya menggunakan ban yang sama gak gan? Soalnya ban bisa berpengaruh banyak.WK1 wrote:Saya pribadi blom pernah denger bunyi nging smp saat ini. denger2 sih solar ga boleh kosong. Paling net 1/3 hrs di isi utk mengurangi resikonya
@ Om Evo, sama saya juga jadi suka parno, berusaha denger "ngiiiing" ama "drrrttt"![]()
@ Om Belpe. Yoi, kalo di atas 100km rada serem ngeremnya. Kayanya mesti ngejejek bgt. Hasil tes yg saya baca juga, Fortie no 1, PS no 2, CTV no 3 urusan pengereman. beda kalo ga salah 3 meter deh om.
Julukan baru buat CTV "Slonong boy" dong wkwkwkwkw
Kalau berdasarkan pengalaman saya bawa sendiri sih, Fortuner yang paling susah untuk diberhentikan. Tapi ya gak tahu apa mobilnya udah diubah2 settingnya, soalnya dari semua yang pernah saya test, Fortuner itu kalau diinjak sedikit aja belum ada efek2 apa2. Kalau yang lain, mis: Captiva, Innova AT, Pajero Sport, Hilux terasa.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Wkwkwkw, soalnya saya udah pernah coba rem ketiganya, rem captiva masih jauh lebih pakem daripada ke2nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04
Belphegor wrote:Wkwkwkw, soalnya saya udah pernah coba rem ketiganya, rem captiva masih jauh lebih pakem daripada ke2nya

Iya nih lupa majalah apa ya?
Gara2 Om Belphegor, saya jadi penasaran nih...hahahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Numpang share foto dari bro reaver di forum tetangga, benar2 keren


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04
Itu velgnya 20" ya Om? keren....
Auburn Brown keren banget warnanya.
Tadinya niat ambil warna itu juga, tp bini ga setuju, jadi warna gray dah....
Upgrade velg 4jt per pcsnya, total 16jt
Kaga jadi.....wuahahaha
Auburn Brown keren banget warnanya.
Tadinya niat ambil warna itu juga, tp bini ga setuju, jadi warna gray dah....
Upgrade velg 4jt per pcsnya, total 16jt

Kaga jadi.....wuahahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Hehehe, saya dapet info dari anggota 3C, ada toko jual cuma 8 jt kok 4 pcs belum termasuk ban. Jadi pengen nih.
Kalo saya tadinya pengennya Royal Grey, eh begitu liat di jalan, bagus juga ya Auburn Brown, akhirnya ambil Brown deh. Untung ane single alias ga laku, jadinya bisa tentuin keputusan sendiri
Kalo saya tadinya pengennya Royal Grey, eh begitu liat di jalan, bagus juga ya Auburn Brown, akhirnya ambil Brown deh. Untung ane single alias ga laku, jadinya bisa tentuin keputusan sendiri

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04

sebenarnya kalo hrg sgitu, kayanya mending cari sendiri kali ya. Bisa pilih model yg lebih bagus.
Bantingannya pasti lebih berasa tuh, Captiva kan rada keras shocknya...hehehe dolo pake Nissan C24 soale yg ngayunnya ga brenti2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Iya ni jadi pertimbangan utama nih, bantingan apa jadi jauh lebih keras ya? Apalagi sekarang ban saya pakai Michelin Lattitude, lebih lembut dari Maxxis. C24 tuh apa ya om? Serena ya? Abis nyetir serena, sekarang captiva mah beda jauh ya om tenaganya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
hmm tentang velg, rada naksir miliknya subaru xv... ring sama 17
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Memang kalo captivanya warna item, keren sih jatohnya om, tapi klo warna lain kayaknya kurang oke ya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04
Kalo velg Subaru XV sih keren abis ya, tp kalo masuk ke Captiva ga cocok
Kalo Item spt Om Belpe bilang sih ok
Tp kalo warna lain kayanya ga cucok deh
Bantingan pake 20" pasti lebih keras, apalagi biasanya kalo ban profil tipis, pasti lebih keras dindingnya.
Iya C24 Serena. Sebenernya tenaganya enak 146ps, kalah di torsi ya, cuma 220. Tp berat jg lebih ringan, skitar 1,5ton
Cuma napas serena itu pendek, rpm rendah enak, menengah bengong, atas nahan...wuahahahaha. Transmisi jadul, bego bgt deh. Yg ga nahan, shock blkg, ngayun molo ga pernah berenti hehehehe keempukan.
Kalo bawa serena, biar keren juga dibilang supir...wkwkwkwk
Kalo Item spt Om Belpe bilang sih ok
Tp kalo warna lain kayanya ga cucok deh
Bantingan pake 20" pasti lebih keras, apalagi biasanya kalo ban profil tipis, pasti lebih keras dindingnya.
Iya C24 Serena. Sebenernya tenaganya enak 146ps, kalah di torsi ya, cuma 220. Tp berat jg lebih ringan, skitar 1,5ton
Cuma napas serena itu pendek, rpm rendah enak, menengah bengong, atas nahan...wuahahahaha. Transmisi jadul, bego bgt deh. Yg ga nahan, shock blkg, ngayun molo ga pernah berenti hehehehe keempukan.
Kalo bawa serena, biar keren juga dibilang supir...wkwkwkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: share captiva - PART 04
huaaa keren gilaak..Belphegor wrote:Numpang share foto dari bro reaver di forum tetangga, benar2 keren

itu pake velg apa bro? & profil bannya brp??


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: share captiva - PART 04
nanti mirip2 gini yak bro tampangnya (tp ini R20)evolution21 wrote:hmm tentang velg, rada naksir miliknya subaru xv... ring sama 17


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48
Re: share captiva - PART 04
Mantaaaapp......
Kalo ini gimana bang?
Kalo ini gimana bang?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.