Peace lagi Ommmmm

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Mau K&N Air filter dong buat ctv vcdi FL.jco wrote:memang pesan banyak bakal hemat di ongkir tapi bakal berat di custom.
ada plus minus nya sih.
kl saya prefer ga mau ribet di custom
Betul juga mungkin memang defect dari pabrik, tapi bisa juga karena kontaminasi (water & sulfur sudah pasti penyebab utama)ezdollar wrote:om om semuanya .. mau tanya ,,kira kira apa penyebab fuel pump berbunyi nging.. nging....?
apakah karena konsumsi bbm atau karena seringnya isi mendekati merah?
thanks...
Jadi connector nya kendor, atau relay switch?Mid69 wrote:Update masalah AC gak dingin kemaren, siang ini kejadian lg. Cek on off AC di MID ada gambar bintangnya mestinya AC sdh on utak atik sana sini masih gak dingin jg,
akhirnya bosan panas2an di mobil lgs aja meluncur ke BERES.
Setelah di cek teknisi tersangka utama ada di switch AC yg di bawah HU yg bermasalah kadang connect dgn kompresor kadang gak akhirnya ganti 1 set tombol ACnya
Yakin ga masalah, biasanya minimal bunyi2an kayak tikus kesakitan pasti ada,WK1 wrote:@ Om Clitazz
Sante Aja Om. Kali Aja dpt unit yg bagus. Ga usah terlalu kuatir. Saya juga baru ambil. Km baru 400 sih. So far ga Ada apa2
yungjahja wrote:Betul juga mungkin memang defect dari pabrik, tapi bisa juga karena kontaminasi (water & sulfur sudah pasti penyebab utama)ezdollar wrote:om om semuanya .. mau tanya ,,kira kira apa penyebab fuel pump berbunyi nging.. nging....?
apakah karena konsumsi bbm atau karena seringnya isi mendekati merah?
thanks...
Kalau masih garansi (3th) bawa saja langsung ke beres suruh ganti, ga usah kita yg pusing.
Kalo plastik, dr awal datang, udah dilepas semua...cuma kalo laci dashboard, dr awal ga ada plastik. Sampe saat ini ga ada bunyi2an sih dan moga2 ga ada bunyi utk seterusnya....weheheheheyungjahja wrote:Yakin ga masalah, biasanya minimal bunyi2an kayak tikus kesakitan pasti ada,WK1 wrote:@ Om Clitazz
Sante Aja Om. Kali Aja dpt unit yg bagus. Ga usah terlalu kuatir. Saya juga baru ambil. Km baru 400 sih. So far ga Ada apa2
apalagi setelah melepas lapisan2 plastik yg ada di sekitar dashboard (speedometer, panel tuas transmisi, laci dashboard)
Kalau sampai kejadian, yah terpaksa ganjal lagi celah2 tersebut supaya tidak saling bergesekan (penyakit plastik serba ABS)
"ABS = Akan Berisik Selalu"
Kalau bisa di share juga tuh ambil dari dealer mana, jadi bisa kita juga tahu performance nya.ezdollar wrote:yungjahja wrote:Betul juga mungkin memang defect dari pabrik, tapi bisa juga karena kontaminasi (water & sulfur sudah pasti penyebab utama)ezdollar wrote:om om semuanya .. mau tanya ,,kira kira apa penyebab fuel pump berbunyi nging.. nging....?
apakah karena konsumsi bbm atau karena seringnya isi mendekati merah?
thanks...
Kalau masih garansi (3th) bawa saja langsung ke beres suruh ganti, ga usah kita yg pusing.
hahahaha.. iya sih.. tinggal ganti baru... hanya saja bunyinya sekarang masih batas normal nging kecil saja.. nanti deh kalau sudah mendekati 3 tahun atau bunyi sudah berubah jadi lebih nyaring.. baru ganti...
cuman yang jadi masalah no pol nya sampai saat ini lomkeluar.....![]()
terima unit 27 juli 2012 sampai 11 oktober 2012 km sudah 5300.... no pol belum keluar......kacau balau GM ....
Yg di ganti switch komplit utk pengoperasian AC yg ada puteran suhu & fan berikut temen2nya letaknya di bawah HUyungjahja wrote:Jadi connector nya kendor, atau relay switch?Mid69 wrote:Update masalah AC gak dingin kemaren, siang ini kejadian lg. Cek on off AC di MID ada gambar bintangnya mestinya AC sdh on utak atik sana sini masih gak dingin jg,
akhirnya bosan panas2an di mobil lgs aja meluncur ke BERES.
Setelah di cek teknisi tersangka utama ada di switch AC yg di bawah HU yg bermasalah kadang connect dgn kompresor kadang gak akhirnya ganti 1 set tombol ACnya
Saya kira sensor nya (thermostat) yg problem, atau karena condenser beku (icing) karena fan low dan tersumbat.
Thx info nya
saya sih belum pernah alamin, selama ini cukup set 22~24c saja dengan fan jangan terlalu low atau pakai auto saja.
Om Willaw baru aja tadi dites persis spt saran Om Willaw...wllaw2 wrote:Wah2... mantap gan summary nyaclitazzz wrote:hadeuhh..
brarti to do list bgitu trima mobilnya jd makin banyak dehhh![]()
klo ane rekapin dr post2 kmrn2 ini:
1. cek knalpot bag bwh berkarat parah/ga, kl karat dikit2 gpp, emg gitu.
bingung, emg ga di ksh rustguard sm GM sblm dikasi ke konsumen?
2. tes waktu di bejek, bunyi ngingg kenceng ga di sblh kanan blk (fuel pump),
kiri blk jg hrs dicek scr ktnya fuel pumpnya di kiri & kanan ??
hrsnya yg rusak itu kl bunyinya ampe ky teko mendidih.., kl bunyi sikit2 msh ok
3. cek ac dingin/gak kl dinyalain di siang hari, tsangka di switch AC
4. cek bunyi berderit/ga di dashboard daerah HU, tersangka ad di dalem dashboard laci kiri, saling gesek, ganjel pake 3M
5. cek bunyi2an di jok ke 2/3, cek baut seat belt + kepala seat beltnya saling beradu dgn body dasar/ga
6. cek kaki2 berderit2 ga klo dipake di siang hari yg terik, klo kena ujan ilang bunyi derit2nya?
7. cek waktu ngerem hampir berhenti mobil bergetar gak (ini susah neh, bs sugesti ga jelas)
8. aki tekor (gmana cek nya ya), btw ini captiva hrs aki kering ya? setau ane sih lbh thn lama aki basah dibanding kering
9. setir ketika belok, apalgi blok u turn, bunyi ctek ctek?
tulung dicek n dikoreksi kl ada sala rekap..
mo tambain silakenn..![]()
2. tes waktu di bejek, bunyi ngingg kenceng ga di sblh kanan blk (fuel pump),
kiri blk jg hrs dicek scr ktnya fuel pumpnya di kiri & kanan ??
hrsnya yg rusak itu kl bunyinya ampe ky teko mendidih.., kl bunyi sikit2 msh ok
Ini gak usah dibejek gan, dibiarin idle aja kalau memang bermasalah pasti kedengaran bunyi nya. Kalau di kasus saya, udah berdiri sejauh 2-3 meter di belakang mobil masih kedengaran "ngiing", dan betul bunyi nya kayak teko yang mendidih. Tentang masalah fuel pump nya. Kata kepala bengkel nya sih cuma ada 1 dan terletak di kiri, meskipun tangki nya ada 2. Tangkinya itu terhubung oleh saluran yang mirip U terbalik. Dan kalau dari yang saya baca di service manual nya. ditulis ada Siphon Jet Pump(mungkin terletak di tangki kanan). Masuk akal sih ada Siphon pump soalnya kan tangkinya terhubung oleh saluran yang mirip U terbalik.
6. cek kaki2 berderit2 ga klo dipake di siang hari yg terik, klo kena ujan ilang bunyi derit2nya?
-Kalau habis kejemur matahari terik, suara di dashboard kadang jadi lebih keras. Terus maksudnya kalau habis hujan itu, seolah2 kan kaki2nya jadi basah, nah jadinya bunyi2 yang biasa kedengar pas kondisi jalan kering, jadi gak kedengaran.
- Selain itu coba cek, naik polisi tidur secara normal. Cek apa ada bunyi aneh. Ini untuk test Shock Breaker nya.
- Terus jalan di yang ada gundukan/lubang kecil dengan kecepatan lebih kurang 20-40 km/jam gitu. Untuk test Link Stabilizer kiri dan kanan, apa ada bunyi "clink-clank" gitu.
- Terus untuk masalah dashboard yang bunyi dari daerah belakang setir, itu lagi saya test. Kemungkinan itu terletak di bagian bawah tombol2 pengatur spion luar.
8. aki tekor (gmana cek nya ya), btw ini captiva hrs aki kering ya? setau ane sih lbh thn lama aki basah dibanding kering
Coba di cek nanti tgl yang tertera di akinya. Sebisa mungkin jangan ambil kalau tgl nya jauh dengan tgl mobil tersebut diterima oleh agan. Bilang aja ada yang pernah kena aki nya tekor. Soalnya garansi nya akinya itu cuma 6 bulan. Kalau 2 tahun kayak Toyota sih gak masalah. Dan harga aki nya itu 1.8 jutaAda aki kering merek lain yang lebih bagus cuma belum tahu dijual di mana/ada dijual di Indo. Gak tahu juga sih apa mesti aki kering. Tapi kayaknya iya, soalnya aki basah lebih berat jadi bisa pengaruh ke distribusi berat di bagian depan.
- Terus coba cek lampu kanan belakang. Di kasus saya, pemasangannya kurang pas, menonjol keluar. Gak segaris dengan bodi kalau dilihat dari samping.
- Selain itu coba cek apa ada rembesan oli. Tapi ini harus dicek dengan plat penutup bagian bawah mesin itu dibuka.
- Cek juga apa ada bunyi dari Arm Rest.
Coba cek aja semuanya itu gan, sebelum tanda tangan. Jadi kalau ada salah satu masalah di atas, mending minta unit baru gan.
Kalau saya ingat lagi, akan saya tambahkan
Nabung dolo Om, ntar mau pasti dikontek deh....jco wrote:@Om Yungjahja : siap om
@Om kevinsmith : nice info om and thx
@Om WK1 : sisa 1 nih indiglow nya, mau? Hehehe...
Sorry gan, baru balik. Seharian di luar + ke beres.WK1 wrote: Om Willaw baru aja tadi dites persis spt saran Om Willaw...
Jalan skitar 40km ada bunyi "tek ketek ketek" setiap ketemu jalan yg lapisan atasnya terkelupas. Langsung teringat tulisan di atas. Kira2 bener kan gitu ya?
Kalo shockbreaker kayanya aman2 aja, stiap polisi tidur ga ada bunyi apa2
Nah yg jadi pertanyaan nih Om Willaw yg mungkin udah pernah ngalamin. Itu diganti stabilizernya ( rusak mungkin ) atau hanya perlu disetel ya?
Thx for info sebelumnya Om
Turut prihatin gan. Tapi infonya berguna banget gan, jadi bisa sarankan ke teman2 yang lain jangan asal ganti oli yang beda viskositas.KevinSmith wrote:Sharing aja,
kemaren turbo ctv vcdi 2009 rusak, jadinya kudu ganti
Rusaknya sih nggak menganggu jalannya mobil, tapi di rpm rendah / saat jalan masih pelan dalam kota ada bunyi kayak audio storing, mirip2 bunyi sirene gitu yg nongol dalam kabin.
Awalnya gw pikir itu beneran kabel audio storing, makanya rada gw cuekin, setelah bawa ke variasi gw baru nyadar suara itu nongolnya dari dalam kap mesin![]()
Mungkin saking bagusnya peredaman suara di ctv gw kali yah ? Suara dari kap mesin gw pikir nongolnya dari dalam kabin![]()
Eniwei, harga turbo charger resmi di price list = 15jt, untung ada om Jco yg bantuin nyari barang "tikus" dengan harga lebih bersahabat di kantong.
Udah kelar ganti turbo charger baru, suara2 aneh itu udah ilang.
Nah, yg mo gw sharing disini, pas masuk ke beres, ternyata ada vcdi 2010 yg ngalamin masalah yang sama juga, kudu ganti turbo charger.
Gw nanya ke kepala mekanik beres, dan kata dia mobil satu itu turbo rusak karena pake oli yang speknya ga sesuai dengan spek dari beres. Ownernya ganti sendiri dengan viscosity yang lebih kental dari spek pabrikan, efeknya nyamber ke turbo yg rusak. Maybe ga langsung rusak pas abis ganti oli sih, tapi in the end beneran turbo kudu ganti.
Mobil gw juga kayaknya ngalamin hal yang sama, dulu2 sering nitip supir aja untuk ke bengkel ganti oli, dan ada kemungkinan ganti olinya ngasal juga - well, salah gw juga sih kaga ngecek2 lagi![]()
So bottom linenya, pls beware kalo mo ganti oli, pake aja yg sesuai spek resmi dari beres, kalo salah ntar bernasib kayak gw, kena jutaan perak