share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

WK1 wrote:Kalo dilihat fisik aki Ctv itu besar sekali. Jauh lebih besar drpd mobil lain pada umumnya. Tp yg mengherankan, knapa bisa cepet lemah ya? Apa pengisiannya kah? Lalu apa pihak GM salah itung2an input dan outputnya? Sampai bisa cepat mati?

Hehehe buat om om yg ngerti, minta pencerahannya dong

Untuk itu kita harus tahu dulu berapa daya ataupun Ampere dari Alternator Captiva FL Diesel ini. Akinya sendiri kan udah 90 Ah, nah, kalau kapasitas alternatornya itu jauh di bawah angka tersebut, maka boleh dibilang alternatornya yang kurang memadai. Selain itu, juga harus tahu kira2 berapa total konsumsi daya listrik dari Captiva ini, jika semua lampu/aksesoris nyala.
Menurut saya kalau sering2 Heater nya dipakai (Heater spion luar dan kaca belakang), maka kemungkinan besar bisa lebih cepat tekor kalau daya dari alternatornya tidak mencukupi. Karena biasanya kalau sesuatu yang menghasilkan panas, maka daya yang dibutuhkan itu tinggi.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

ga tau um, soalnya pertama dapet langsung pasang k&n, yg originalnya cuman pake beberapa km doank
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:ga tau um, soalnya pertama dapet langsung pasang k&n, yg originalnya cuman pake beberapa km doank
Oh.. gitu. Thanks gan :mrgreen:
hilfan75
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jul 30, 2012 23:43

Re: share captiva - PART 04

Post by hilfan75 »

om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Hmmmm dpt pelajaran berharga nih.... Kesimpulannya :

1. Aki yg suka tekor, jd mesti diperhatiin terus ya tegangannya. Biasanya di outlet Shop n Drive ada alatnya tuh utk mengukur tegangan apakah masih bagus atau tidak akinya. Hrs diperhatikan ya supaya jgn tiba2 mati seperti di page yg lalu2 ( lupa siapa yg pernah ngalamin ). Dan ganti selenoid

2. Kalo mau berasa nendang....K&N juga nih hrs dicari ( Racun lagi......) Wooooiii Om JCO, PM dong hrgnya.... kali2 aja jadi beli...


Oya lihat2 Captiva di luaran, ada Lips Spoilernya loh. Kecil tp berpengaruh, kliatan lebih elegan gitu. Nih gambarnya saya attach ya.
Kalo di beres setau saya ga ada deh. Ada yg tau ga cari dmana ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

Kalo diperhatikan, lubang2 baut dan kedudukannya sudah ada. Coba deh ngolong pasti kliatan. Jadi prinsipnya tinggal plug n play aja, tanpa bor dan lain-lainya
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: share captiva - PART 04

Post by Mid69 »

hilfan75 wrote:om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
review dikit ya om, ini hari ke 3 sy pakai K&N perbedaan pertama yg sy rasakan dari tarikannya yg tambah oke..
Gas tambah enteng di injek dikit aja mobil udah jalan

@wllaw2 : tergantung kaki om, bisa lbh irit krn gak perlu injek gas dalem2, bisa jg tambah boros krn tarikan enteng
maunya injek gas terus
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

WK1 wrote:Koq bisa cepet tekor ya akinya? Biasa stau saya bisa 2 thn loh
gara2 selenoid nya rusak om, saya ga setahun malah ganti. :big_slap:
boed2 wrote:Bro jco, ada filter solar untuk captiva FL vcdi?
Apa lebih ekonomis sering ganti filter solar daripada pakai racun2?
Bisa diy apa musti ke beres ya (reset ecu?)??

btw tadi liat ada crc di ace cp, mau coba di mobil lain dulu.
ada donk.
kl di NFL saya sih setiap servis ganti filter solar nya om, kl FL lom datang unit nya jadi ga bisa komen dulu. :big_peace:
racun tetap ada taruh 1 botol redline di badak nya.
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

WK1 wrote:Hmmmm dpt pelajaran berharga nih.... Kesimpulannya :

1. Aki yg suka tekor, jd mesti diperhatiin terus ya tegangannya. Biasanya di outlet Shop n Drive ada alatnya tuh utk mengukur tegangan apakah masih bagus atau tidak akinya. Hrs diperhatikan ya supaya jgn tiba2 mati seperti di page yg lalu2 ( lupa siapa yg pernah ngalamin ). Dan ganti selenoid

2. Kalo mau berasa nendang....K&N juga nih hrs dicari ( Racun lagi......) Wooooiii Om JCO, PM dong hrgnya.... kali2 aja jadi beli...


Oya lihat2 Captiva di luaran, ada Lips Spoilernya loh. Kecil tp berpengaruh, kliatan lebih elegan gitu. Nih gambarnya saya attach ya.
Kalo di beres setau saya ga ada deh. Ada yg tau ga cari dmana ya?
siap om, cek pm nya yah.
thx
hilfan75
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jul 30, 2012 23:43

Re: share captiva - PART 04

Post by hilfan75 »

Mid69 wrote:
hilfan75 wrote:om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
review dikit ya om, ini hari ke 3 sy pakai K&N perbedaan pertama yg sy rasakan dari tarikannya yg tambah oke..
Gas tambah enteng di injek dikit aja mobil udah jalan

@wllaw2 : tergantung kaki om, bisa lbh irit krn gak perlu injek gas dalem2, bisa jg tambah boros krn tarikan enteng
maunya injek gas terus
Brasa banget ya om... bbm nya diisi apa?
Jadi tertarik ganti juga nih, tapi nunggu coba cari campuran BBM nya yang pas...

@om WK: yang digambar pake pelk 20 bukan ya? Pernah liat di jalan FL pake pelk 20, wuih kereenn...
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: share captiva - PART 04

Post by Mid69 »

hilfan75 wrote:
Mid69 wrote:
hilfan75 wrote:om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
review dikit ya om, ini hari ke 3 sy pakai K&N perbedaan pertama yg sy rasakan dari tarikannya yg tambah oke..
Gas tambah enteng di injek dikit aja mobil udah jalan

@wllaw2 : tergantung kaki om, bisa lbh irit krn gak perlu injek gas dalem2, bisa jg tambah boros krn tarikan enteng
maunya injek gas terus
Brasa banget ya om... bbm nya diisi apa?
Jadi tertarik ganti juga nih, tapi nunggu coba cari campuran BBM nya yang pas...

@om WK: yang digambar pake pelk 20 bukan ya? Pernah liat di jalan FL pake pelk 20, wuih kereenn...
Terasa bedalah om, ngegas berasa responsif itu yg sy rasakan pertama bawa setelah ganti ke K&N
BBM pake Dex+Bio+CRC campuran 50:50
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

hilfan75 wrote:
Mid69 wrote:
hilfan75 wrote:om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
review dikit ya om, ini hari ke 3 sy pakai K&N perbedaan pertama yg sy rasakan dari tarikannya yg tambah oke..
Gas tambah enteng di injek dikit aja mobil udah jalan

@wllaw2 : tergantung kaki om, bisa lbh irit krn gak perlu injek gas dalem2, bisa jg tambah boros krn tarikan enteng
maunya injek gas terus
Brasa banget ya om... bbm nya diisi apa?
Jadi tertarik ganti juga nih, tapi nunggu coba cari campuran BBM nya yang pas...

@om WK: yang digambar pake pelk 20 bukan ya? Pernah liat di jalan FL pake pelk 20, wuih kereenn...
Yup betul, tp mobil saya std velgnya.....nambahnya mahal, bisa 4jt per velg. 16 jt semuanya. Mending std aja deh
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

WK1 wrote:Kalo diperhatikan, lubang2 baut dan kedudukannya sudah ada. Coba deh ngolong pasti kliatan. Jadi prinsipnya tinggal plug n play aja, tanpa bor dan lain-lainya
Dan kayaknya di bagian bawah headlamp itu sepertinya Jet washer. Kayak yang di Pajero Dakar.
Betul gan, harusnya tinggal plug & play. Cuma ya herannya aja GM Indo kenapa gak mau jual aksesorisnya tersebut. Kalau mereka strip down banyak feature supaya menurunkan harga, setidaknya mereka bisa menjual features tersebut secara terpisah, jadinya kalau ada user Captiva yang pingin kan bisa dibeli.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Mid69 wrote:
hilfan75 wrote:om, mo tanya donk. kalo pake K&N tarikannya lebih kerasa nendang ya? Knapa ya om? Selain K&N ada jenis filter lain ga, yang punya efek lain ke tarikan mesin? mohon sharingnya, maklum masih gaptek nih...
review dikit ya om, ini hari ke 3 sy pakai K&N perbedaan pertama yg sy rasakan dari tarikannya yg tambah oke..
Gas tambah enteng di injek dikit aja mobil udah jalan

@wllaw2 : tergantung kaki om, bisa lbh irit krn gak perlu injek gas dalem2, bisa jg tambah boros krn tarikan enteng
maunya injek gas terus
Thanks gan atas reviewnya :off_good_job:
Soalnya kalau Captiva ketika di posisi D dan tanpa injak gas, jalannya kan agak pelan. Dibanding dengan Innova. Entah karena faktor dari transmisinya atau karena faktor mobilnya yang berat. Soalnya kondisi jalan kalau macet yang saya lalui lebih cocok dengan transmisi Innova. Tinggal lepas rem udah jalan agak kencang. Kalau Captiva mesti injak gas dikit lagi.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

jco wrote:
WK1 wrote:Koq bisa cepet tekor ya akinya? Biasa stau saya bisa 2 thn loh
gara2 selenoid nya rusak om, saya ga setahun malah ganti. :big_slap:
Ganti Solenoid nya ada dicover garansi gak? Setelah ganti, pernah tekor lagi gan?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

jco wrote:
WK1 wrote:Hmmmm dpt pelajaran berharga nih.... Kesimpulannya :

1. Aki yg suka tekor, jd mesti diperhatiin terus ya tegangannya. Biasanya di outlet Shop n Drive ada alatnya tuh utk mengukur tegangan apakah masih bagus atau tidak akinya. Hrs diperhatikan ya supaya jgn tiba2 mati seperti di page yg lalu2 ( lupa siapa yg pernah ngalamin ). Dan ganti selenoid

2. Kalo mau berasa nendang....K&N juga nih hrs dicari ( Racun lagi......) Wooooiii Om JCO, PM dong hrgnya.... kali2 aja jadi beli...


Oya lihat2 Captiva di luaran, ada Lips Spoilernya loh. Kecil tp berpengaruh, kliatan lebih elegan gitu. Nih gambarnya saya attach ya.
Kalo di beres setau saya ga ada deh. Ada yg tau ga cari dmana ya?
siap om, cek pm nya yah.
thx
Gan, boleh di pm juga gak harganya. Sama harga Air Filter original Captiva FL. Mau bandingkan gimana. Kalau beda dikit, nanti pas ganti mending pakai K&N aja :mrgreen: :thanks:
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

wllaw2 wrote:
jco wrote:
WK1 wrote:Koq bisa cepet tekor ya akinya? Biasa stau saya bisa 2 thn loh
gara2 selenoid nya rusak om, saya ga setahun malah ganti. :big_slap:
Ganti Solenoid nya ada dicover garansi gak? Setelah ganti, pernah tekor lagi gan?
cover om tapi barang ga ready jadi pakai barang saya dulu, nanti pusat sudah dikirim, akan diretur ke saya.
baru seminggu ganti nya om, lom ketahuan jadi nya.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

By the way, untuk ukuran ban Captiva FL 235/60R17, untuk Bridgestone ternyata udah ada. Kalau websitenya Bridgestone Indonesia gak salah tulis ya. Belum sempat cek ke toko Bridgestone sih. Tipe bannya Dueler H/P 680
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: share captiva - PART 04

Post by jco »

wllaw2 wrote:
jco wrote:
WK1 wrote:Hmmmm dpt pelajaran berharga nih.... Kesimpulannya :

1. Aki yg suka tekor, jd mesti diperhatiin terus ya tegangannya. Biasanya di outlet Shop n Drive ada alatnya tuh utk mengukur tegangan apakah masih bagus atau tidak akinya. Hrs diperhatikan ya supaya jgn tiba2 mati seperti di page yg lalu2 ( lupa siapa yg pernah ngalamin ). Dan ganti selenoid

2. Kalo mau berasa nendang....K&N juga nih hrs dicari ( Racun lagi......) Wooooiii Om JCO, PM dong hrgnya.... kali2 aja jadi beli...


Oya lihat2 Captiva di luaran, ada Lips Spoilernya loh. Kecil tp berpengaruh, kliatan lebih elegan gitu. Nih gambarnya saya attach ya.
Kalo di beres setau saya ga ada deh. Ada yg tau ga cari dmana ya?
siap om, cek pm nya yah.
thx
Gan, boleh di pm juga gak harganya. Sama harga Air Filter original Captiva FL. Mau bandingkan gimana. Kalau beda dikit, nanti pas ganti mending pakai K&N aja :mrgreen: :thanks:

siap om.
pasti beda jauh harga nya om. :D
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

wllaw2 wrote: Soalnya kalau Captiva ketika di posisi D dan tanpa injak gas, jalannya kan agak pelan. Dibanding dengan Innova. Entah karena faktor dari transmisinya atau karena faktor mobilnya yang berat. Soalnya kondisi jalan kalau macet yang saya lalui lebih cocok dengan transmisi Innova. Tinggal lepas rem udah jalan agak kencang. Kalau Captiva mesti injak gas dikit lagi.
Iya bro.. memang sepertinya Captiva kalo coasting (meluncur tanpa injak gas) di D tidak begitu menggelinding (tekanan ban di 41) dibandingkan mobil2 lainnya.. saya berasa sekali pas kemarin di tol cipularang pas turunan lepas gas, kecepatannya sempat tidak berubah.. kemudian baru pelan2 naek sedikit... logisnya kalo makin berat jadi makin laju gelindingnya yah.. apa mungkin memang di design seperti itu biar kontrolnya lebih gampang (ga nyelonong) buat drive karena bodynya yg berat ?
efek sampingnya sih jadi hemat kanvas rem tapi jadi ga sehemat kalo bisa gelinding lebih jauh tanpa injak gas (mungkin kalo ujung2nya tau mau berenti bisa pindah ke N.. rpm mesin langsung idle).
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

boed2 wrote:
wllaw2 wrote: Soalnya kalau Captiva ketika di posisi D dan tanpa injak gas, jalannya kan agak pelan. Dibanding dengan Innova. Entah karena faktor dari transmisinya atau karena faktor mobilnya yang berat. Soalnya kondisi jalan kalau macet yang saya lalui lebih cocok dengan transmisi Innova. Tinggal lepas rem udah jalan agak kencang. Kalau Captiva mesti injak gas dikit lagi.
Iya bro.. memang sepertinya Captiva kalo coasting (meluncur tanpa injak gas) di D tidak begitu menggelinding (tekanan ban di 41) dibandingkan mobil2 lainnya.. saya berasa sekali pas kemarin di tol cipularang pas turunan lepas gas, kecepatannya sempat tidak berubah.. kemudian baru pelan2 naek sedikit... logisnya kalo makin berat jadi makin laju gelindingnya yah.. apa mungkin memang di design seperti itu biar kontrolnya lebih gampang (ga nyelonong) buat drive karena bodynya yg berat ?
efek sampingnya sih jadi hemat kanvas rem tapi jadi ga sehemat kalo bisa gelinding lebih jauh tanpa injak gas (mungkin kalo ujung2nya tau mau berenti bisa pindah ke N.. rpm mesin langsung idle).
Bro, stau saya Captiva ada sensor matic spt di CRV ( Ga tau nama kerennya )...kalo jalan datar, gas dilepas, rpm akan turun. Tp kalo jalan turunan spt di Cipularang, rpm akan bertahan utk memberikan engine brake spy lebih aman. Jadi mobil ga nyelonong. Captiva itu ampir 2ton loh. susah brentinya... hehehehe
:ungg:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

wllaw2 wrote:
WK1 wrote:Kalo diperhatikan, lubang2 baut dan kedudukannya sudah ada. Coba deh ngolong pasti kliatan. Jadi prinsipnya tinggal plug n play aja, tanpa bor dan lain-lainya
Dan kayaknya di bagian bawah headlamp itu sepertinya Jet washer. Kayak yang di Pajero Dakar.
Betul gan, harusnya tinggal plug & play. Cuma ya herannya aja GM Indo kenapa gak mau jual aksesorisnya tersebut. Kalau mereka strip down banyak feature supaya menurunkan harga, setidaknya mereka bisa menjual features tersebut secara terpisah, jadinya kalau ada user Captiva yang pingin kan bisa dibeli.
Yoi Om Wilaw
Coba deh om ngolong bentar, lubang2 bautnya udah ada, sayang juga kalo ga dipake.
Emang sih lips spoilernya kecil, tp perbedaannya di tongkrongan lumayan kan? lebih elegan dan kesan jangkungnya agak kurang...
User avatar
rizalp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Oct 07, 2009 6:01

Re: share captiva - PART 04

Post by rizalp »

Ane mau jual captiva VCDi 2009 warna silver, velg 17, jok kulit standar GM, wood panel, side visor, km 89rb, servis full di andalan pd indah, yg tertarik japri ya. Tx.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Iya yah saya jg baru raba d bawah ada lobang baut buat side skirt, anyway kita bs minta bantuan om jco kok buat masukin barangnya :wkkk:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: share captiva - PART 04

Post by MonSTER_GTR »

om-om semua, gmna ya caranya matiin airbag di captiva?
Here Come's The Best Car - Coming soon