share captiva - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Deasegara wrote:
wllaw2 wrote:
Good_boy86 wrote:kalo punya saya oli malah netes sampe ke lantai carport.
tp waktu saya cek oli juga masih berkurangnya sedikit sekali.
rencana minggu depan servis yg 1.
sensor abs uda bunyi2, dan yg pasti harus diperbaiki ya carter oli nya. :big_slap:
Emang sensor ABS bunyi nya gimana gan? Itu bunyi dari dalam kabin atau di luar kabin baru kedengaran?
Kalo ABS bunyinya gruk-gruk (suara electric motornya start/EBD waktu injak rem dalam/mendadak), kalo dilepas bunyi akan hilang suara seperti ini normal bro.
Oh... iya2. Saya pernah dengar, waktu rem mendadak gitu. Mirip ketika mobil non-ABS rem sehabis piringin rem terendam air.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

SaebaRyo wrote:
Belphegor wrote: Melihat pengguna badak semakin banyak, boleh ni kita kopdar sharing2 masalah dan penyelesaiannya :big_peace:
boljug neh, qta realisasiin aja yuks guys :off_good:

btw sori kalo pernah dibahas, mesin ctv FL dan yg non FL itu sebenernya beda total apa sama sih?
gw tau power & torsinya gedean yg FL, tp mesinnya sama ngga yah sbnrnya (misal, dibedain kompresinya doang biar power makin gede etc).. :e-think:

Harusnya beda total, soalnya ukuran Bore x Stroke nya juga beda. Yang FL 86 mm x 86 mm. Kalau yang non-FL, lupa yang pastinya gak sama. Kompresi juga beda, diturunkan jadi 16.3 : 1 dan tekanan injectornya naik jadi 1800 bar.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

btw bg yg fuel pump pd bunyi nging, itu kondisi terakhir pakai bbm apa n aditif apa?
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: share captiva - PART 04

Post by Mid69 »

wllaw2 wrote:
SaebaRyo wrote:
Belphegor wrote: Melihat pengguna badak semakin banyak, boleh ni kita kopdar sharing2 masalah dan penyelesaiannya :big_peace:
boljug neh, qta realisasiin aja yuks guys :off_good:

btw sori kalo pernah dibahas, mesin ctv FL dan yg non FL itu sebenernya beda total apa sama sih?
gw tau power & torsinya gedean yg FL, tp mesinnya sama ngga yah sbnrnya (misal, dibedain kompresinya doang biar power makin gede etc).. :e-think:

Harusnya beda total, soalnya ukuran Bore x Stroke nya juga beda. Yang FL 86 mm x 86 mm. Kalau yang non-FL, lupa yang pastinya gak sama. Kompresi juga beda, diturunkan jadi 16.3 : 1 dan tekanan injectornya naik jadi 1800 bar.
Tambahin ya om, non FL masih SOHC yg FL sdh DOHC & sdh pakai timing chain
reaver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Jul 31, 2012 2:29

Re: share captiva - PART 04

Post by reaver »

claude_wallace wrote:
MonSTER_GTR wrote:2011 om claude
lho, smua captiva diesel facelift yg beredar saat ini berarti masih produk 2011 ya ?
Menurut info yg ane denger dari salesnya showroomnya ya. Sebenarnya produksi fisik mobilnya baru pasti dah 2012 karena logikanya sempet indent artinya produksi mobil lebih lambat dari permintaan. Masalahnya ada di izin, sewaktu pertama kali facelift muncul, ada istilah namanya Form A (kagak ngerti maksudnya sih..) di bulan Nov 2011 kemarin, terlanjur terdaftar sebagai model 2011. Jadi, semua captiva terlanjur di vonis sebagai model tahun 2011 sehingga di izin dan surat terdaftar sebagai product tahun 2011. Katanya sih begitu...ntah bener apa kagak jg.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 04

Post by claude_wallace »

berarti intinya produksi 2012 cm terdaftar sebagai produksi 2011 di stnk nya gitu ?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

mungkin itu alasan yg masuk akal, karena ane 3bulan lalu ke thailand, kondisi disana captiva inden amat panjang, kalo ga salah tembus 6bulan lebih. jd logikanya indo jg pasti dapet barang 2012 karena pabriknya di thai aja ga ada unit stok lama(2011)
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 04

Post by claude_wallace »

tetapi kenapa stok di indo banyak banget ya ? sampe diskon besar gitu.. bener2 undervalued banget ini mobil.
saya cek di dealer2 surabaya jg ready stock semua, termasuk warna putih yg lagi menjamur.. :mky_03:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

mungkin sudah terlanjur chevy indo dikasih jatah gede, berimbas dealer2 mobil jg makan jatah wajib, sudah umum kalo kekenyangan stok maka diskon besar
hal sama berlaku merk lain, honda sih biasanya yg gini, anj laris manis tp tahun lalu sempet diskon 20jt kan..
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 04

Post by claude_wallace »

wow..
kalau di sby, ANJ tdk sempat diskon 20 jt an bos. hahahah..
CRV, Freed aja yg diskon segitu. :mky_01:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 04

Post by evolution21 »

ada um, seinget ane sekitar bulan september eh tp tahunnya lupa 2010 atau 2011, sempet jd perbincangan jg kok di forum ini
reaver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Jul 31, 2012 2:29

Re: share captiva - PART 04

Post by reaver »

claude_wallace wrote:berarti intinya produksi 2012 cm terdaftar sebagai produksi 2011 di stnk nya gitu ?
Sepertinya begitu Om, berhubung ane sampe skrg dah hampir 1 bulan stnk belon jadi. :mky_06:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Sabar yah bro reaver, saya punya 2 bulan baru jadi STNK. Harap maklum karena mobil CBU, fakturnya memang butuh proses agak panjang daripada CKD.
reaver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Jul 31, 2012 2:29

Re: share captiva - PART 04

Post by reaver »

evolution21 wrote:mungkin sudah terlanjur chevy indo dikasih jatah gede, berimbas dealer2 mobil jg makan jatah wajib, sudah umum kalo kekenyangan stok maka diskon besar
hal sama berlaku merk lain, honda sih biasanya yg gini, anj laris manis tp tahun lalu sempet diskon 20jt kan..
Sepertinya begitu kalo hasil ngobrol2 sama sales showroom kemarin. Masing2 dealer ada jatah wajib dan semakin besar berani nelen semakin besar jg diskon dapetnya dari GM. Jadi yg pny stok banyak malah lebih berani nelen lebih banyak supaya stok lama bisa nebeng diskon. Barang lama pas stok ga ada diskon dari GM, misalnya sekarang GM kasih diskon 20jt kalo pembelian dlm jumlah tertentu. Makanya dealer pada nelen lebih banyak supaya ambil jalan tengah, stok lama atau baru bisa kasih diskon jadi 10jt.
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 04

Post by boed2 »

Belphegor wrote:@eja_detaurus:
Buat yang mau ambil captiva, saya saranin jangan ragu. Utk unitnya sendiri so far saya puas. Mengenai problem2 saya yakin di mobil merk lain juga pasti ada, masalahnya disini dealernya setengah hati.

Lagian kita kan penghuni forum SM yang bisa saling bantu sama lain, tdk perlu takut bro.
@eja_detaurus

setuju.. jangan ragu bro.. overall so far saya puas dengan mobil ini dan sesuai dengan kebutuhan saya, suv 7 seater,
yg menonjol di performa mesin dengan 'hanya' 2000cc, tenaga dan torsinya mantap.
mengenai masalah2 yg di shared di forum ini.. kebanyakan yg ketemu di forum memang yg mengalami masalah jadi cari2 di internet/forum ketemu disini... saya rasa ga semua pemilik mengalaminya..

mengenai diesel vs bensin, secara umum.. kekurangan mesin diesel di getaran dan suaranya karena kompresinya yg besar,
yg memang prinsip kerjanya begitu yg menghasilkan efisiensi (bawaan energi terkandung di solar lebih besar dari bensin) dan torsi yg besar.
dan juga bau dan asap knalpot yg khas diesel.. tapi menurut saya hal2 tsb. sudah minimal di mesin diesel modern, termasuk di vcdi dengan vgt ini.
musti jaga kualitas solar, biosolar harusnya ga masalah secara kualitas, masalahnya lebih ke kontaminasi dan kotoran..
untuk maintenancenya dari GM sudah jelas koq.. hanya kalo ga yakin dengan solarnya, periode maintenancenya (filter solar, kuras tangki, purging) dimajuin aja buat jaga2.

untuk kelebihannya, silahkan test drive :)

sekalian sharing, kemarin ke bandung dari jkt, berangkat jam 7:30.. isi full tank (masih sekitar 1/4 sisa dex, percobaan isi 20lt. biosolar + 20lt. an dex sampai leher tangki + redline 2x dosis strip maintenance di botol), reset MID, odo.. jemput rombongan yg laen.. total 5 dewasa (termasuk saya yg jadi sopir) + 1 anak kecil.
merambat di kemacetan jkt masuk tol di slipi.. 50 menit baru jalan 10km.... setelah semanggi lancar... jalan 100-120km/h.. berhenti 1x di rest area km73.. sering nyalipnya pas di tanjakan :) , pakai tiptronik sampai rpm 4000.. benar enak tenaganya, downshift nya ga berasa waktu nanjak dan narik (padahal bukan cvt).
sampai bandung, macet keluar pasteur, dari tol ke setiabudi sekitar 45 menit..
5:30 sore balik dari setiabudi ke tol pasteur juga macet, sekitar 1 jam. pas di tol kondisi padat dan hujan, jalan 70-90km/h, sampai cikarang lebih agresif, jalan 100-120km/h... masuk halim macet dari kuningan sampai keluar di slipi.. sampai rumah jam 9:30.
info di MID, 7.7lt/100 km, odo 330 km, jarum di 1 strip disebelah kanan 1/2 tangki.

saya berasa mobilnya jadi lebih boros setelah service pertama (reset ecu)...
tapi memang belakangan medannya kebanyakan macet juga sih.
masih mau coba 1 tangki lagi dengan rute rutin, kalo masih berasa boros mau cek ke beres.
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: share captiva - PART 04

Post by MonSTER_GTR »

yah intinya kalo mau beli captiva cepet2 deh :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Mid69 wrote:
wllaw2 wrote:

Harusnya beda total, soalnya ukuran Bore x Stroke nya juga beda. Yang FL 86 mm x 86 mm. Kalau yang non-FL, lupa yang pastinya gak sama. Kompresi juga beda, diturunkan jadi 16.3 : 1 dan tekanan injectornya naik jadi 1800 bar.
Tambahin ya om, non FL masih SOHC yg FL sdh DOHC & sdh pakai timing chain
Betul bro :off_good_job:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: share captiva - PART 04

Post by WK1 »

@ bro Eja

Setuju bro, ga perlu kuatir. Saya juga pantau terus di forum2 sebelum ambil ctv. Problem2 tdk dialami semua org koq. Akhirnya jadi ambil juga, memang ctv diesel itu unggul d mesin. Paling canggih sblm santa fe keluar. Secara pengendaraan juga mantap.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

evolution21 wrote:btw bg yg fuel pump pd bunyi nging, itu kondisi terakhir pakai bbm apa n aditif apa?
Sebelumnya gak pakai aditif, cuma tiap isi Biosolar 3x, isi Petronas 1x. Soalnya takut2 juga pakai Petronas, kata kepala bengkelnya Captiva Diesel non-FL bermasalah pakai Petronas.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 04

Post by wllaw2 »

Mengenai air dari wiper depan yang gak bisa semprot ternyata selangnya putus :e-wall: Kata kepala bengkelnya sih kemungkinan digigit tikus. Untungnya sih ada spare partnya, jadi tadi minta ganti sekaligus kena biaya
Rp. 70.000
Nanti sore baru diambil lagi mobilnya, minta cek sekali lagi yang Carter Oli sama, benerin bunyi dashboard yang muncul di belakang stir sama link stabilizer yang kiri belakang. Mudah2an semua beres nanti sorenya :e-pray:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 04

Post by Belphegor »

Wah kalo bunyi di belakang setir sdh hilang, tlg dishare penyebabnya yah bro wllaw2 :ungg:
User avatar
eja_detaurus
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Oct 03, 2012 9:50

Re: share captiva - PART 04

Post by eja_detaurus »

Belphegor wrote:@eja_detaurus:
Buat yang mau ambil captiva, saya saranin jangan ragu. Utk unitnya sendiri so far saya puas. Mengenai problem2 saya yakin di mobil merk lain juga pasti ada, masalahnya disini dealernya setengah hati.
Lagian kita kan penghuni forum SM yang bisa saling bantu sama lain, tdk perlu takut bro.
boed2 wrote:
Belphegor wrote:@eja_detaurus:
Buat yang mau ambil captiva, saya saranin jangan ragu. Utk unitnya sendiri so far saya puas. Mengenai problem2 saya yakin di mobil merk lain juga pasti ada, masalahnya disini dealernya setengah hati.

Lagian kita kan penghuni forum SM yang bisa saling bantu sama lain, tdk perlu takut bro.
@eja_detaurus

setuju.. jangan ragu bro.. overall so far saya puas dengan mobil ini dan sesuai dengan kebutuhan saya, suv 7 seater,
yg menonjol di performa mesin dengan 'hanya' 2000cc, tenaga dan torsinya mantap.
mengenai masalah2 yg di shared di forum ini.. kebanyakan yg ketemu di forum memang yg mengalami masalah jadi cari2 di internet/forum ketemu disini... saya rasa ga semua pemilik mengalaminya..

mengenai diesel vs bensin, secara umum.. kekurangan mesin diesel di getaran dan suaranya karena kompresinya yg besar,
yg memang prinsip kerjanya begitu yg menghasilkan efisiensi (bawaan energi terkandung di solar lebih besar dari bensin) dan torsi yg besar.
dan juga bau dan asap knalpot yg khas diesel.. tapi menurut saya hal2 tsb. sudah minimal di mesin diesel modern, termasuk di vcdi dengan vgt ini.
musti jaga kualitas solar, biosolar harusnya ga masalah secara kualitas, masalahnya lebih ke kontaminasi dan kotoran..
untuk maintenancenya dari GM sudah jelas koq.. hanya kalo ga yakin dengan solarnya, periode maintenancenya (filter solar, kuras tangki, purging) dimajuin aja buat jaga2.

untuk kelebihannya, silahkan test drive :)

sekalian sharing, kemarin ke bandung dari jkt, berangkat jam 7:30.. isi full tank (masih sekitar 1/4 sisa dex, percobaan isi 20lt. biosolar + 20lt. an dex sampai leher tangki + redline 2x dosis strip maintenance di botol), reset MID, odo.. jemput rombongan yg laen.. total 5 dewasa (termasuk saya yg jadi sopir) + 1 anak kecil.
merambat di kemacetan jkt masuk tol di slipi.. 50 menit baru jalan 10km.... setelah semanggi lancar... jalan 100-120km/h.. berhenti 1x di rest area km73.. sering nyalipnya pas di tanjakan :) , pakai tiptronik sampai rpm 4000.. benar enak tenaganya, downshift nya ga berasa waktu nanjak dan narik (padahal bukan cvt).
sampai bandung, macet keluar pasteur, dari tol ke setiabudi sekitar 45 menit..
5:30 sore balik dari setiabudi ke tol pasteur juga macet, sekitar 1 jam. pas di tol kondisi padat dan hujan, jalan 70-90km/h, sampai cikarang lebih agresif, jalan 100-120km/h... masuk halim macet dari kuningan sampai keluar di slipi.. sampai rumah jam 9:30.
info di MID, 7.7lt/100 km, odo 330 km, jarum di 1 strip disebelah kanan 1/2 tangki.

saya berasa mobilnya jadi lebih boros setelah service pertama (reset ecu)...
tapi memang belakangan medannya kebanyakan macet juga sih.
masih mau coba 1 tangki lagi dengan rute rutin, kalo masih berasa boros mau cek ke beres.
MonSTER_GTR wrote:yah intinya kalo mau beli captiva cepet2 deh :mky_01:
WK1 wrote:@ bro Eja
Setuju bro, ga perlu kuatir. Saya juga pantau terus di forum2 sebelum ambil ctv. Problem2 tdk dialami semua org koq. Akhirnya jadi ambil juga, memang ctv diesel itu unggul d mesin. Paling canggih sblm santa fe keluar. Secara pengendaraan juga mantap.
===> Wuiiidiiih... nggak nyangka dapat tanggapan yang begitu menarik dan menambah wawasan... terima kasih sebelumnya sepuh... cuma masih ada pertanyaan nih :

1. Muhun sarannya dari mbah sepuh semuanya, untuk racun yang digunakan sarannya apa sebaiknya? dan perbandingan racikannya yang OPTIMAL berapa?
2. Kalau di wil. Jakarta + Cibubur minggir dikit memang masih ketemu shell, cuma kalau keluar dari wilayah tersebut, apalagi dari brader-brader yang pernah nulis dimari, mengisahkan bahwa di daerah-daerah non Jakarta+Cibubur minggir dikit belum ada Shell, nah kalau diisi solar-nya pertamina pagimana efeknya? plus campuran racunnya pagimana? dan apa saja yang harus dilakukan ketika kita sudah kembali ke Jakarta yang nota bene ada BERES-nya? apa kita harus bersihkan arteri dieselnya + ganti saringan2?
3. Terus mengenai tahun.... sebenarnya CTV yang beredar sekarang ini, khususnya peredaran mulai oktober 2012 kalau berdasarkan cerita-cerita sebelumnya dari sepuh adalah tahun pabrikasi 2011? apa bener ya suhu-suhu semua?

Sebelumnya terima kasih atas response yang diberikan ya mbah...suhu....

Best Regards
eja_detaurus
User avatar
SaebaRyo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38

Re: share captiva - PART 04

Post by SaebaRyo »

racun mayoritas disini pake redline 85+ atau norival bro,
dan kalo mnrt om turboman, racikannya 1:2 utk pertadex banding biosolar, itu jg masih harus ditambah racun lagi.
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: share captiva - PART 04

Post by JESKONENG »

kalok menurut produsen Norival, dosis normal yg direkomen adalah :
- 1 ml Norival Diesel utk setiap 20 liter solar/biosolar
- 1 tutup botol Norival utk 70-75 liter solar/biosolar
- tanpa campuran aditif lainnya
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: share captiva - PART 04

Post by MonSTER_GTR »

Bro-bro sekalian ada yang pernah pasang HHO generator di captivanya gak?
HHO generator = buat bahan bakar air
kalo ada yang pernah minta review nya dong :big_peace:
Here Come's The Best Car - Coming soon