Nissan TIIDA hatchback 1800 cc Indonesian Motor Show 2006
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Well, ini mobil terus terang aneh, agak susah mau pasang dia di class mana, hadapi siapa.
Look, badannya sedikit lebih besar dari Fit / Yaris / City / Vios. Tapi interior malah sekelas Camry / Accord / Teana / Infiniti Q45, dan in certain areas like rear legroom malah lebih luas dia banding some luxury sedans.
So mau taro dia di class mana ? Agak binggung. Harus pilih mendasarkan exterior size, atau interior size ?
I do like the title the Nissan people in Singapore dan Hong Kong berikan namanya, yaitu " Sport hatch ! "
Mau tau lebih banyak ? Go to Google, type Nissan Tiida or Nissan Versa, dan baca sendiri. Hampir semua review tentang dia pasti sebut interior dia yang mengejutkan...
Look, badannya sedikit lebih besar dari Fit / Yaris / City / Vios. Tapi interior malah sekelas Camry / Accord / Teana / Infiniti Q45, dan in certain areas like rear legroom malah lebih luas dia banding some luxury sedans.
So mau taro dia di class mana ? Agak binggung. Harus pilih mendasarkan exterior size, atau interior size ?
I do like the title the Nissan people in Singapore dan Hong Kong berikan namanya, yaitu " Sport hatch ! "
Mau tau lebih banyak ? Go to Google, type Nissan Tiida or Nissan Versa, dan baca sendiri. Hampir semua review tentang dia pasti sebut interior dia yang mengejutkan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Nah, kalau cabin luas banget, kita pasti pikir ini mobil bongsor dan berat kan ? Mesin 1800 cc apakah memadai ?
OK, ini ada berapa specifikasi Tiida dari website Nissan Hong Kong :
http://www.nissan.com.hk/eng/model_spec ... 479b688fa6
Model Sporthatch
Overall length (mm) 4,205
Overall width (mm) 1,695
Overall height (mm) 1,535
Gross vehicle weight (kg) 1,415
Curb weight (kg) 1,165
Seating capacity (persons) 5
Min. turning radius (curb to curb) (m) 5.2
Tires & wheels tires 185/65 R15
Jadi curb weight dia ama Altis dan Civic ngak beda jauh lah. Bilang berat banget juga ngak. Plus exterior dimension yang compact dan torsi max 90% di 2000 rpm, accelerationnya seharusnya kencang.
Dulu I cuman lihat angka horsepower at 6000 rpm doang, tapi sekarang I sadar juga angka torsi dan torque curvenya juga penting. Toh kita paling sering main di 2000-3500 rpm. Jarang kita hajar itu mesin sampai 5000-6000. Kalau gitu terus tau sendiri jadi boros BBMnya.
Tapi ya jangan lupa test drive. Angka si angka, tapi real test drive anda baru berasa.
OK, ini ada berapa specifikasi Tiida dari website Nissan Hong Kong :
http://www.nissan.com.hk/eng/model_spec ... 479b688fa6
Model Sporthatch
Overall length (mm) 4,205
Overall width (mm) 1,695
Overall height (mm) 1,535
Gross vehicle weight (kg) 1,415
Curb weight (kg) 1,165
Seating capacity (persons) 5
Min. turning radius (curb to curb) (m) 5.2
Tires & wheels tires 185/65 R15
Jadi curb weight dia ama Altis dan Civic ngak beda jauh lah. Bilang berat banget juga ngak. Plus exterior dimension yang compact dan torsi max 90% di 2000 rpm, accelerationnya seharusnya kencang.
Dulu I cuman lihat angka horsepower at 6000 rpm doang, tapi sekarang I sadar juga angka torsi dan torque curvenya juga penting. Toh kita paling sering main di 2000-3500 rpm. Jarang kita hajar itu mesin sampai 5000-6000. Kalau gitu terus tau sendiri jadi boros BBMnya.
Tapi ya jangan lupa test drive. Angka si angka, tapi real test drive anda baru berasa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Kayaknya lihat data dari Nissan Japan website lebih accurate deh. Untuk versi 1800 cc, angkanya ada di sini :
http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0409/DATA/main2.html
Panjang mm 4205
Lebar mm 1695
Tinggi mm 1535
Ground clearance 160 mm
Curb weight : 1170 kg versi 1.8 kalau versi 1.5 1100-1140 depend on variant
Gross weight 1.8 : 1445 kg.
Angka di Nissan HK untuk versi 1.5, so I revise dan data ini lebih accurate.
Mesinnya datanya di sini :
http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0409/DATA/main3.html
cc 1.797
Compression ratio : 9.9
Power kW(PS)/rpm : 94(128)/5200
Torque Nm(kgm)/rpm : 176(17.9)/4800
Tangki : 52 liter
Terus dengar versi manualnya ada 6 speed manual, tapi ngak tau nanti Indo apakah cuman dapat A/T doang atau tidak.
http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0409/DATA/main2.html
Panjang mm 4205
Lebar mm 1695
Tinggi mm 1535
Ground clearance 160 mm
Curb weight : 1170 kg versi 1.8 kalau versi 1.5 1100-1140 depend on variant
Gross weight 1.8 : 1445 kg.
Angka di Nissan HK untuk versi 1.5, so I revise dan data ini lebih accurate.
Mesinnya datanya di sini :
http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0409/DATA/main3.html
cc 1.797
Compression ratio : 9.9
Power kW(PS)/rpm : 94(128)/5200
Torque Nm(kgm)/rpm : 176(17.9)/4800
Tangki : 52 liter
Terus dengar versi manualnya ada 6 speed manual, tapi ngak tau nanti Indo apakah cuman dapat A/T doang atau tidak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Widiii........Sithlord wrote:Kayaknya lihat data dari Nissan Japan website lebih accurate deh. Untuk versi 1800 cc, angkanya ada di sini :
http://www2.nissan.co.jp/TIIDA/C11/0409/DATA/main2.html
........
hurup gituan semua....
gak ada yg english?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung Piterr, bukan dengar, tapi thats real ! Lebih lega dari Accord. Buktikan sendiri cari tu mobil (sudah ngak di Automall, mungkin balik ke Platinum Motor di Graha Auto Center di Kelapa Gading). Atau jangan jangan sudah di beli orang yang ngak tau NMI akan luncur mobil ini.
Bung Mike, kali ini sumber anda benar akan di uji kebenarannya banding info apa yang saya pernah dengar / juga yang saya pikirkan.
Gini, AUV kecil jelas pakai mesin 1500 cc HR15DE itu. Nah ini mini AUV sudah pasti as U said, harganya sekitar 150 juta, persis head to head ama Jazz / Yaris.
Nah, kalau keluarkan Tiida 1.5, gampang sekali harganya di bawah 180 juta, cause pajak 1500 cc ama 1800 cc beda sekali. TAPI, apakah ngak bikin little AUV ama Tiida 1.5 jadi berantem ?
Tiida 1800 cc akan jadi packet jual unique. Posisi harga hampir di tengah sedan 1500 macam Vios / City dan sedan 1800 cc macam Altis / Civic. Dengan mesin 1800 cc dan cabin luas.
Tapi perhaps Nissan berobah pikiran, bisa saja sih, cause pasar mobil lagi hancur banget. Yang laku saat ini cuman yang murah meriah, 100-150 juta. Saya juga sadar beda 30 juta lebih saja bisa pengaruh volume. Actually saat saya test drive Tiida 1.5, tenaganya cukup kok, cause berat kosongnya cuman sekitar 1050 kg. Meskipun luas interiornya sama / lebih dikit banding some big sedans.
Deep down inside my heart, better mereka 2 versinya di jual, tinggal konsumen pilih mau murah, atau upgrade dan dapat versi top of the line.
Saya jadi pesasaran, siapa yang kasih tau anda yang di jual akan versi 1500 cc ? Such info itu biasanya sangat confidential dan amat susah di dapat. But a Tiida 1.5 at around 160 juta saja akan jadi packet menarik juga sih. Kelemahan cabin / ruang cargo Yaris akan di obati dengan mobil ini. And if that really happens, kita akan buktikan nanti apakah orang Indo sebenernya apakah masih " allerhi " ama mobil Nissan.
Cause JIKA Tiida 1.5 cuman di jual harga 160 juta, terus terang I can't see why anyone will go for Yaris anymore, cause cabin beda jauh leganya, mesin sama ccnya, dan cargo bay Tiida lebih besar.
But I still feel yang keluar akan versi 1800 cc. Lets see who is right....
Bung Mike, kali ini sumber anda benar akan di uji kebenarannya banding info apa yang saya pernah dengar / juga yang saya pikirkan.
Gini, AUV kecil jelas pakai mesin 1500 cc HR15DE itu. Nah ini mini AUV sudah pasti as U said, harganya sekitar 150 juta, persis head to head ama Jazz / Yaris.
Nah, kalau keluarkan Tiida 1.5, gampang sekali harganya di bawah 180 juta, cause pajak 1500 cc ama 1800 cc beda sekali. TAPI, apakah ngak bikin little AUV ama Tiida 1.5 jadi berantem ?
Tiida 1800 cc akan jadi packet jual unique. Posisi harga hampir di tengah sedan 1500 macam Vios / City dan sedan 1800 cc macam Altis / Civic. Dengan mesin 1800 cc dan cabin luas.
Tapi perhaps Nissan berobah pikiran, bisa saja sih, cause pasar mobil lagi hancur banget. Yang laku saat ini cuman yang murah meriah, 100-150 juta. Saya juga sadar beda 30 juta lebih saja bisa pengaruh volume. Actually saat saya test drive Tiida 1.5, tenaganya cukup kok, cause berat kosongnya cuman sekitar 1050 kg. Meskipun luas interiornya sama / lebih dikit banding some big sedans.
Deep down inside my heart, better mereka 2 versinya di jual, tinggal konsumen pilih mau murah, atau upgrade dan dapat versi top of the line.
Saya jadi pesasaran, siapa yang kasih tau anda yang di jual akan versi 1500 cc ? Such info itu biasanya sangat confidential dan amat susah di dapat. But a Tiida 1.5 at around 160 juta saja akan jadi packet menarik juga sih. Kelemahan cabin / ruang cargo Yaris akan di obati dengan mobil ini. And if that really happens, kita akan buktikan nanti apakah orang Indo sebenernya apakah masih " allerhi " ama mobil Nissan.
Cause JIKA Tiida 1.5 cuman di jual harga 160 juta, terus terang I can't see why anyone will go for Yaris anymore, cause cabin beda jauh leganya, mesin sama ccnya, dan cargo bay Tiida lebih besar.
But I still feel yang keluar akan versi 1800 cc. Lets see who is right....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Mister Sithlord....Sithlord wrote:...............
Bung Mike, kali ini sumber anda benar akan di uji kebenarannya banding info apa yang saya pernah dengar / juga yang saya pikirkan.
.........
Saya jadi pesasaran, siapa yang kasih tau anda yang di jual akan versi 1500 cc ? Such info itu biasanya sangat confidential dan amat susah di dapat.
But a Tiida 1.5 at around 160 juta saja akan jadi packet menarik juga sih. Kelemahan cabin / ruang cargo Yaris akan di obati dengan mobil ini. And if that really happens, kita akan buktikan nanti apakah orang Indo sebenernya apakah masih " allerhi " ama mobil Nissan.
Cause JIKA Tiida 1.5 cuman di jual harga 160 juta, terus terang I can't see why anyone will go for Yaris anymore, cause cabin beda jauh leganya, mesin sama ccnya, dan cargo bay Tiida lebih besar.
But I still feel yang keluar akan versi 1800 cc. Lets see who is right....
anda benar, semua info itu sebenernya confidential...
waktu itu saya dah mo stop ngoceh2 about Nissan product.
tapi anda berhasil menggugah saya utk keep on talking,
u have many smart way, including pretend to getting cold


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
ini saya dapat review nissan tiida:
PESONA HATCHBACK ALTERNATIF
--------------------------------------------------------------------------------
Nissan menciptakan Tiida untuk mewujudkan konsep kendaraan global. Agar mendapat hasil terbaik, Renault dirangkul sebagai mitra.
--------------------------------------------------------------------------------
Kamis, 9 Juni 2005
Ekspansi kendaraan-kendaraan impor tak kunjung usai. Melalui Importir Umum (IU) kini pencinta otomotif disugguhkan dengan berbagai pilihan. Saking banyaknya mobilmotor dalam beberapa edisi belakang kebanjiran materi-materi tersebut. Beberapa IU terkemuka mempercayakan dagangannya diuji dan dibuatkan ulasannya. Kali ini kendaraan bernama Tiida yang berasal dari pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang Nissan berkesempatan untuk kami uji. Pendek kata, mari kita simak apa saja kelebihan serta kekurangan Tiida melalui tulisan berikut ini.
Eksterior dan Interior
Tiida diciptakan Nissan untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan konsep kendaraan global. Dalam mewujudkan hal tersebut Nissan berkolaborasi dengan pabrikan asal Perancis, Renault. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk bersaing dengan pabrikan asal Jepang lainnya yang terlebih dahulu memulai konsep global, seperti yang dilakukan Toyota dan Suzuki. Di Indonesia Tiida memberikan warna baru pada kelas hatchback. Kehadirannya menorobos dominasi keberadaan varian-varian asal Eropa. Tentunya hal tersebut memberikan dampak positif kepada konsumen. Terlebih mereka yang masih berpikiran konservatif bahwa kendaraan asal Jepang masih lebih mudah perawatannya ketimbang kendaraan asal Eropa.
Disain hatchback Tiida memiliki aroma Eropa yang kental. Tarikan garis tegas dihadirkan pada sekujur bodinya. Menyimak disain bonnet, modelnya berkarakter agresif dengan bentuk gril yang memanjang menyatu dengan headlamp-nya. Sepintas lalu bentuknya mirip dengan varian Nissan lainnya yakni Murano. Sementara bentuk buritannya sendiri memiliki konsep disain sederhana. Dengan lampu belakang melebar tampilannya mirip dengan kompetitornya Peugeot 307. Pihak Nissan mengklaim bahwa disainnya tersebut memiliki nilai aerodinamika yang tinggi dengan nilai coefficient of drag (Cd) di bawah 0,29.
Kelebihan utama dari interior Tiida adalah kelapangan ruangnya. Keseluruhan penumpang dapat dengan mudah mengatur posisi duduk terbaik mereka tanpa mengganggu satu sama lain. Menurut pandangan mobilmotor, belum ada kompetitor yang memiliki ruang selapang Tiida. Jok sendiri memiliki lapisan berbahan fabric berwarna hitam yang keseluruhannya dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Di balik kemudi, Anda akan disambut dengan roda kemudi berdisain sportif yang modelnya mirip dengan Murano. Visibilitasnya pun tergolong baik, dengan bebasnya pandangan pengemudi untuk mengontrol setiap sisi kendaraan. Sayang stir tidak dilengkapi tilt steering, sehingga bagi pengendaraa yang berbadan tinggi posisinya agak terlalu ke atas.
Dasbor sendiri memiliki model membesar bergaya minimalis dengan dominasi warna hitam dipadu dengan aksen berwarna silver. Konsentrasi fitur-fitur terletak pada bagian tengah yang meliputi sistem audio, pengaturan AC serta cup holder. Sedikit catatan untuk perokok, tidak seperti dasbor mobil kebanyakan, tidak terdapat pemantik api serta asbak di sana.
Mesin dan Sistem Penggerak
Tiida diperkuat oleh dapur pacu bertipe HR15DE. Pihak Nissan menyebutkan bahwa H-series memiliki beberapa kelebihan dari mesin lansiran Nissan lainnya yakni Q-series khususnya yang berkapasitas sama yakni QG15DE. Asal tahu saja, Q-series telah sering memenangkan berbagai penghargaan melalui Cefiro dan Infinity. Kelebihannya adalah torsi yang lebih besar 5 – 7 % pada rpm bawah dan sedang. Dan memililiki bobot 30 % lebih ringan serta konsumsi BBM lebih irit 20 %. Para insinyur Nissan mengatakan rahasia kehebatan HR15DE terletak pada pengaturan sistem hidrolik dan sistem electronic controls yang telah diperbaharui. Pemakaian dan pemilihan gear ratio range yang lebih besar memungkinkan akselerasi maksimal dan pemakaian bahan bakar lebih efisien, yang disesuaikan dengan kondisi pengemudian mobil. Menurut rencana mesin ini juga akan dipakai pada mobil-mobil Renault di Eropa.
HR15DE memiliki kapasitas 1.500 cc dengan keluaran tenaga 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 148 Nm pada 4.400 rpm. Sebagai penyalur tenaga mesin ke roda adalah sistem transmisi otomatis 4 kecepatan yang dilengkapi dengan teknologi CVT. Sistem ini menjamin kinerja optimal dari perpindahan gigi yang membuat mantap berakselerasi dan dipercaya mampu menjadikan konsumsi BBM irit. Kombinasi tersebut juga membawa keluaran gas buang tiida ramah lingkungan. Seperti mobil-mobil papan atas Jepang lainnya, angka emisinya 75 % lebih baik dari peraturan standar Jepang tahun 2005 dan diakui dengan certifikat yang dikeluarkan oleh Ministry of Land, Infrastructure and Transport.
On Road Performance
Berakselerasi dengan Tiida di jalan pada sekitar Jakarta terasa menyenangkan. Mobil terasa ringan untuk dipacu pada berbagai kondisi pengendaraan. Torsi pada putaran bawah dan menengah yang diklaim baik pihak Nissan ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Saat pedal gas diinjak mendadak sentakan tenaga terasa keluar spontan dan mantap. Begitu juga saat bermanuver di jalan padat, tidak terasa kekhawatiran kehilangan kemampuan sesaat melepas pedal gas dan menginjaknya lagi. Ada satu masalah yang terjadi ketika pedal gas diinjak mendadak, kinerja transmisi terasa kurang halus. Meski hal tersebut terjadi hanya dalam beberapa detik, namun kondisinya agak sedikit mengganggu. Hasil ujicoba mobilmotor mencatat, untuk menempuh akselerasi 0 – 100 km/jam dibutuhkan waktu 12,5 detik.
Tiida memiliki peredaman atau sistem suspensi berkarakter medium yang merupakan toleransi terbaik bagi pengendaraan dalam kota. Hanya saja memang memiliki konsekuensi yang sedikit mengganggu. Artinya, nyaman pada jalan bergelombang atau rusak, namun terjadi beberapa gejala negatif pengendaraan saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi. Meski masih dalam kondisi batas normal, mobilmotor merasakan body roll dan oversteer pada saat melakukan ujicoba. Selain lapangnya kabin, aura kenyamanan saat berkendara dengan Tiida dihadirkan melalui sistem audio dan sistem pendinginan ruangnya. Ditambah lagi dengan sistem peredamanan yang cukup baik yang membuat suasana kabin menjadi senyap. (AriE)
BOX
Nilai Jual
Nissan Tiida ditawarkan dengan harga Rp 275 juta on the road. Pendistribusian hatchback ini baru dilakukan oleh IU salah satunya bernama Platinum Motor yang terletak di Graha Auto Center Kelapa Gading. Sementara pihak ATPM Nissan di Indonesia PT Nissan Motor Indonesia belum dapat memberikan kepastian akan meluncurkan Tiida. Salah satu sumber di sana menyebutkan bahwa varian-varian terbaru dari Nissan baru dipelajari. Khusus kelas small sedan seperti Tiida peluncurannya tergantung dari kondisi pasar di masa mendatang. Di pasar nasional Tiida akan bersaing dengan hatchback asal Eropa seperti Volkswagen Golf, Peugeot 307 serta Renault Megane. Dengan harga yang bersaing membuat Tiida layak menjadi pilihan bila Anda ingin memiliki kendaraan kelas tersebut. Untuk pasaran Jepang sendiri, Nissan menargetkan Tiida dapat terjual 5.000 unit per bulannya.
BOX
217.000 UNIT
Dalam kurun tiga tahun ke depan, Nissan memprediksi bahwa angka penjualan mereka akan meningkat hingga 12 % di pasar Asia Tenggara. Total target penjualan yang di canangkan hingga tahun 2008 diperkirakan akan menembus 217.000 unit. Dengan pembagian Thailand (130.000 unit), Indonesia (40.000 unit), Malaysia (34.000 unit) dan Filipina (13.000 unit) pada 2008.
“Kami memperkirakan volume total industri otomotif di Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina akan mencapai hingga 1,8 juta unit pada 2008 nanti. Kondisi ini meningkat hingga 30 % bila dibandingkan tahun sebelumnya,†kata Toshiyuka Shiga, Senior Vice President of General Overseas Markets, Nissan Motor Co. Ltd. “Munculnya mesin baru dan konsep kolaborasi dipercaya akan semakin meningkatakan penjualan Nissan. Dengan produk yang lebih kompetitif, kami bertekad untuk meningkatkan citra Nissan,†demikian tambahnya.
Di Jepang sendiri akselerasi Nissan Motor terhitung lumayan cepat, menjadikan pabrikan otomotif tersebut menggeser Honda di posisi kedua terbesar di Jepang. Mari kita nantikan varian-varian terbaru Nissan di tanah air.
BOX
KOMENTAR JIMMY LUKITA
Keunggulan Nissan Tiida terletak pada karakter mesin yang sangat cocok untuk pengendaraan dalam kota. Power-nya terasa padat terutama pada putaran bawah yang membuatnya menyenangkan di saat berakselerasi. Handling lincah dan roda kemudi enteng serta ditunjang dengan visibilitas yang baik membuat rasa percaya diri di saat berkendara. Baiknya akselerasi ditunjang oleh kinerja rem berteknologi ABS yang bekerja baik. Ruang interior terasa lapang dan memiliki peredaman suara yang baik. Ruang bagasi cukup luas dan tak lupa tambahan sunroof memberikan point tambahan tersendiri.
Menyimak disain menurut saya modelnya agak sedikit kaku pada bagian samping dan belakang. Gril depan tampak kokoh berpadu dengan lampu depan yang menyatu. Stabilitas dari Tiida tergolong biasa-biasa saja. Karakter suspensinya terlalu empuk sehingga memiliki kekurangan saat diajak bermanuver pada kecepatan tinggi.
KOMPETITOR
Volkwagen Golf A5
Dimensi : 4.149/1.735/1.485 mm
Mesin : I-4 1.600 cc 102 tk
Harga : 299 juta on the road
Sejak diperkenalkan tahun 1975 Golf sudah dijual 20 juta unit, membuat mobil ini sangat populer di dunia khususnya Eropa. Memiliki keunggulan pada modelnya yang “hot & seksi†serta mesin tangguh yang karakternya cocok untuk pengendaraan dalam kota
Renault megane
Dimensi : 4.209/1.777/1.457 mm
Mesin : I-4 1.598 cc 115 tk
Harga : Rp 269 juta on the road
Megane menawarkan disain kontemporer. Bentuknya memiliki disain unik dengan bentuk buritan yang meruncing. Mobil asal Prancis memiliki daya tarik lain yakni disain interiornya yang tampak modern.
Peugeot 307
Dimensi : 4.202/1.730/1.510 mm
Mesin : I-4 1,587 cc 110 tk
Harga : Rp.276 juta on the road
307 disebut-sebut sebagai kendaraan yang cocok bagi keluarga muda. Mengandalkan disain yang kompak dengan aksen tegas dan sederhana.
SPESIFIKASI
MESIN
Type : HR15DE
Kapasitas : 1.498
Konfigurasi : I-4
Sistem Katup : DOHC, 16 katup
DiameterXLangkah(mm) : 78,0x78,4
Tenaga (tk/rpm) : 109/6,000
Torsi (Nm/rpm) : 148/4,400
Rasio Kompresi : 10,5:1
TRANSMISI
Tipe : A/T 4 Kecepatan CVT
SISTEM GERAK RODA
Tipe : 2 WD gerak depan
SUSPENSI
Tipe (dpn/blk) : Wishbone McPherson, Stabiliser/poros kaku, McPherson Stabiliser
REM
Tipe (dpn/blk) : Cakram Ventilasi/Cakram
DIMENSI
PJG/LBR/TNG (mm) : 4.250/1.695/1.535
Jrk Sumbu Roda (mm) : 2.600
Trek (dpn/blk) (mm) : 1.480/1.485
Berat Kosong (kg) : 1.230
Radius Putar (m) : 5,2
Kapasitas Tangki (liter) : 60
Ukuran Ban : 185/65 R 15
HARGA : Rp 275 juta (on the road)
READY STOCK : PLATINUM MOTOR
Graha Auto Center
Ground floor 26-27-28
JL.Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa gading Jakarta Utara 14240
Tel : 021-4586 5252
HASIL UJICOBA
Akselerasi (detik)
0 – 100 km/jam : 12,5
0 – 80 km/jam : 9,7
0 – 60 km/jam : 5,8
0 – 40 km/jam : 3,5
0 – 20 km/jam : 1,5
0 – 201 meter : 12,5 detik@ 94 km/jam
Kebisingan Kabin (dB)
Idle : 46
20 km/jam : 53,8
40 km/jam : 56,3
60 km/jam : 59
80 km/jam : 61,5
100 km/jam : 62,5
Nilai Uji Coba
Disain dan Rancang Bangun ***
Interior ***
Mesin dan Sistem Penggerak ****
Stabilitas Pengendalian dan Pengendaraan ***
Nilai Jual **
PESONA HATCHBACK ALTERNATIF
--------------------------------------------------------------------------------
Nissan menciptakan Tiida untuk mewujudkan konsep kendaraan global. Agar mendapat hasil terbaik, Renault dirangkul sebagai mitra.
--------------------------------------------------------------------------------
Kamis, 9 Juni 2005
Ekspansi kendaraan-kendaraan impor tak kunjung usai. Melalui Importir Umum (IU) kini pencinta otomotif disugguhkan dengan berbagai pilihan. Saking banyaknya mobilmotor dalam beberapa edisi belakang kebanjiran materi-materi tersebut. Beberapa IU terkemuka mempercayakan dagangannya diuji dan dibuatkan ulasannya. Kali ini kendaraan bernama Tiida yang berasal dari pabrikan asal negeri matahari terbit Jepang Nissan berkesempatan untuk kami uji. Pendek kata, mari kita simak apa saja kelebihan serta kekurangan Tiida melalui tulisan berikut ini.
Eksterior dan Interior
Tiida diciptakan Nissan untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan konsep kendaraan global. Dalam mewujudkan hal tersebut Nissan berkolaborasi dengan pabrikan asal Perancis, Renault. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk bersaing dengan pabrikan asal Jepang lainnya yang terlebih dahulu memulai konsep global, seperti yang dilakukan Toyota dan Suzuki. Di Indonesia Tiida memberikan warna baru pada kelas hatchback. Kehadirannya menorobos dominasi keberadaan varian-varian asal Eropa. Tentunya hal tersebut memberikan dampak positif kepada konsumen. Terlebih mereka yang masih berpikiran konservatif bahwa kendaraan asal Jepang masih lebih mudah perawatannya ketimbang kendaraan asal Eropa.
Disain hatchback Tiida memiliki aroma Eropa yang kental. Tarikan garis tegas dihadirkan pada sekujur bodinya. Menyimak disain bonnet, modelnya berkarakter agresif dengan bentuk gril yang memanjang menyatu dengan headlamp-nya. Sepintas lalu bentuknya mirip dengan varian Nissan lainnya yakni Murano. Sementara bentuk buritannya sendiri memiliki konsep disain sederhana. Dengan lampu belakang melebar tampilannya mirip dengan kompetitornya Peugeot 307. Pihak Nissan mengklaim bahwa disainnya tersebut memiliki nilai aerodinamika yang tinggi dengan nilai coefficient of drag (Cd) di bawah 0,29.
Kelebihan utama dari interior Tiida adalah kelapangan ruangnya. Keseluruhan penumpang dapat dengan mudah mengatur posisi duduk terbaik mereka tanpa mengganggu satu sama lain. Menurut pandangan mobilmotor, belum ada kompetitor yang memiliki ruang selapang Tiida. Jok sendiri memiliki lapisan berbahan fabric berwarna hitam yang keseluruhannya dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Di balik kemudi, Anda akan disambut dengan roda kemudi berdisain sportif yang modelnya mirip dengan Murano. Visibilitasnya pun tergolong baik, dengan bebasnya pandangan pengemudi untuk mengontrol setiap sisi kendaraan. Sayang stir tidak dilengkapi tilt steering, sehingga bagi pengendaraa yang berbadan tinggi posisinya agak terlalu ke atas.
Dasbor sendiri memiliki model membesar bergaya minimalis dengan dominasi warna hitam dipadu dengan aksen berwarna silver. Konsentrasi fitur-fitur terletak pada bagian tengah yang meliputi sistem audio, pengaturan AC serta cup holder. Sedikit catatan untuk perokok, tidak seperti dasbor mobil kebanyakan, tidak terdapat pemantik api serta asbak di sana.
Mesin dan Sistem Penggerak
Tiida diperkuat oleh dapur pacu bertipe HR15DE. Pihak Nissan menyebutkan bahwa H-series memiliki beberapa kelebihan dari mesin lansiran Nissan lainnya yakni Q-series khususnya yang berkapasitas sama yakni QG15DE. Asal tahu saja, Q-series telah sering memenangkan berbagai penghargaan melalui Cefiro dan Infinity. Kelebihannya adalah torsi yang lebih besar 5 – 7 % pada rpm bawah dan sedang. Dan memililiki bobot 30 % lebih ringan serta konsumsi BBM lebih irit 20 %. Para insinyur Nissan mengatakan rahasia kehebatan HR15DE terletak pada pengaturan sistem hidrolik dan sistem electronic controls yang telah diperbaharui. Pemakaian dan pemilihan gear ratio range yang lebih besar memungkinkan akselerasi maksimal dan pemakaian bahan bakar lebih efisien, yang disesuaikan dengan kondisi pengemudian mobil. Menurut rencana mesin ini juga akan dipakai pada mobil-mobil Renault di Eropa.
HR15DE memiliki kapasitas 1.500 cc dengan keluaran tenaga 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 148 Nm pada 4.400 rpm. Sebagai penyalur tenaga mesin ke roda adalah sistem transmisi otomatis 4 kecepatan yang dilengkapi dengan teknologi CVT. Sistem ini menjamin kinerja optimal dari perpindahan gigi yang membuat mantap berakselerasi dan dipercaya mampu menjadikan konsumsi BBM irit. Kombinasi tersebut juga membawa keluaran gas buang tiida ramah lingkungan. Seperti mobil-mobil papan atas Jepang lainnya, angka emisinya 75 % lebih baik dari peraturan standar Jepang tahun 2005 dan diakui dengan certifikat yang dikeluarkan oleh Ministry of Land, Infrastructure and Transport.
On Road Performance
Berakselerasi dengan Tiida di jalan pada sekitar Jakarta terasa menyenangkan. Mobil terasa ringan untuk dipacu pada berbagai kondisi pengendaraan. Torsi pada putaran bawah dan menengah yang diklaim baik pihak Nissan ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Saat pedal gas diinjak mendadak sentakan tenaga terasa keluar spontan dan mantap. Begitu juga saat bermanuver di jalan padat, tidak terasa kekhawatiran kehilangan kemampuan sesaat melepas pedal gas dan menginjaknya lagi. Ada satu masalah yang terjadi ketika pedal gas diinjak mendadak, kinerja transmisi terasa kurang halus. Meski hal tersebut terjadi hanya dalam beberapa detik, namun kondisinya agak sedikit mengganggu. Hasil ujicoba mobilmotor mencatat, untuk menempuh akselerasi 0 – 100 km/jam dibutuhkan waktu 12,5 detik.
Tiida memiliki peredaman atau sistem suspensi berkarakter medium yang merupakan toleransi terbaik bagi pengendaraan dalam kota. Hanya saja memang memiliki konsekuensi yang sedikit mengganggu. Artinya, nyaman pada jalan bergelombang atau rusak, namun terjadi beberapa gejala negatif pengendaraan saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi. Meski masih dalam kondisi batas normal, mobilmotor merasakan body roll dan oversteer pada saat melakukan ujicoba. Selain lapangnya kabin, aura kenyamanan saat berkendara dengan Tiida dihadirkan melalui sistem audio dan sistem pendinginan ruangnya. Ditambah lagi dengan sistem peredamanan yang cukup baik yang membuat suasana kabin menjadi senyap. (AriE)
BOX
Nilai Jual
Nissan Tiida ditawarkan dengan harga Rp 275 juta on the road. Pendistribusian hatchback ini baru dilakukan oleh IU salah satunya bernama Platinum Motor yang terletak di Graha Auto Center Kelapa Gading. Sementara pihak ATPM Nissan di Indonesia PT Nissan Motor Indonesia belum dapat memberikan kepastian akan meluncurkan Tiida. Salah satu sumber di sana menyebutkan bahwa varian-varian terbaru dari Nissan baru dipelajari. Khusus kelas small sedan seperti Tiida peluncurannya tergantung dari kondisi pasar di masa mendatang. Di pasar nasional Tiida akan bersaing dengan hatchback asal Eropa seperti Volkswagen Golf, Peugeot 307 serta Renault Megane. Dengan harga yang bersaing membuat Tiida layak menjadi pilihan bila Anda ingin memiliki kendaraan kelas tersebut. Untuk pasaran Jepang sendiri, Nissan menargetkan Tiida dapat terjual 5.000 unit per bulannya.
BOX
217.000 UNIT
Dalam kurun tiga tahun ke depan, Nissan memprediksi bahwa angka penjualan mereka akan meningkat hingga 12 % di pasar Asia Tenggara. Total target penjualan yang di canangkan hingga tahun 2008 diperkirakan akan menembus 217.000 unit. Dengan pembagian Thailand (130.000 unit), Indonesia (40.000 unit), Malaysia (34.000 unit) dan Filipina (13.000 unit) pada 2008.
“Kami memperkirakan volume total industri otomotif di Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina akan mencapai hingga 1,8 juta unit pada 2008 nanti. Kondisi ini meningkat hingga 30 % bila dibandingkan tahun sebelumnya,†kata Toshiyuka Shiga, Senior Vice President of General Overseas Markets, Nissan Motor Co. Ltd. “Munculnya mesin baru dan konsep kolaborasi dipercaya akan semakin meningkatakan penjualan Nissan. Dengan produk yang lebih kompetitif, kami bertekad untuk meningkatkan citra Nissan,†demikian tambahnya.
Di Jepang sendiri akselerasi Nissan Motor terhitung lumayan cepat, menjadikan pabrikan otomotif tersebut menggeser Honda di posisi kedua terbesar di Jepang. Mari kita nantikan varian-varian terbaru Nissan di tanah air.
BOX
KOMENTAR JIMMY LUKITA
Keunggulan Nissan Tiida terletak pada karakter mesin yang sangat cocok untuk pengendaraan dalam kota. Power-nya terasa padat terutama pada putaran bawah yang membuatnya menyenangkan di saat berakselerasi. Handling lincah dan roda kemudi enteng serta ditunjang dengan visibilitas yang baik membuat rasa percaya diri di saat berkendara. Baiknya akselerasi ditunjang oleh kinerja rem berteknologi ABS yang bekerja baik. Ruang interior terasa lapang dan memiliki peredaman suara yang baik. Ruang bagasi cukup luas dan tak lupa tambahan sunroof memberikan point tambahan tersendiri.
Menyimak disain menurut saya modelnya agak sedikit kaku pada bagian samping dan belakang. Gril depan tampak kokoh berpadu dengan lampu depan yang menyatu. Stabilitas dari Tiida tergolong biasa-biasa saja. Karakter suspensinya terlalu empuk sehingga memiliki kekurangan saat diajak bermanuver pada kecepatan tinggi.
KOMPETITOR
Volkwagen Golf A5
Dimensi : 4.149/1.735/1.485 mm
Mesin : I-4 1.600 cc 102 tk
Harga : 299 juta on the road
Sejak diperkenalkan tahun 1975 Golf sudah dijual 20 juta unit, membuat mobil ini sangat populer di dunia khususnya Eropa. Memiliki keunggulan pada modelnya yang “hot & seksi†serta mesin tangguh yang karakternya cocok untuk pengendaraan dalam kota
Renault megane
Dimensi : 4.209/1.777/1.457 mm
Mesin : I-4 1.598 cc 115 tk
Harga : Rp 269 juta on the road
Megane menawarkan disain kontemporer. Bentuknya memiliki disain unik dengan bentuk buritan yang meruncing. Mobil asal Prancis memiliki daya tarik lain yakni disain interiornya yang tampak modern.
Peugeot 307
Dimensi : 4.202/1.730/1.510 mm
Mesin : I-4 1,587 cc 110 tk
Harga : Rp.276 juta on the road
307 disebut-sebut sebagai kendaraan yang cocok bagi keluarga muda. Mengandalkan disain yang kompak dengan aksen tegas dan sederhana.
SPESIFIKASI
MESIN
Type : HR15DE
Kapasitas : 1.498
Konfigurasi : I-4
Sistem Katup : DOHC, 16 katup
DiameterXLangkah(mm) : 78,0x78,4
Tenaga (tk/rpm) : 109/6,000
Torsi (Nm/rpm) : 148/4,400
Rasio Kompresi : 10,5:1
TRANSMISI
Tipe : A/T 4 Kecepatan CVT
SISTEM GERAK RODA
Tipe : 2 WD gerak depan
SUSPENSI
Tipe (dpn/blk) : Wishbone McPherson, Stabiliser/poros kaku, McPherson Stabiliser
REM
Tipe (dpn/blk) : Cakram Ventilasi/Cakram
DIMENSI
PJG/LBR/TNG (mm) : 4.250/1.695/1.535
Jrk Sumbu Roda (mm) : 2.600
Trek (dpn/blk) (mm) : 1.480/1.485
Berat Kosong (kg) : 1.230
Radius Putar (m) : 5,2
Kapasitas Tangki (liter) : 60
Ukuran Ban : 185/65 R 15
HARGA : Rp 275 juta (on the road)
READY STOCK : PLATINUM MOTOR
Graha Auto Center
Ground floor 26-27-28
JL.Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa gading Jakarta Utara 14240
Tel : 021-4586 5252
HASIL UJICOBA
Akselerasi (detik)
0 – 100 km/jam : 12,5
0 – 80 km/jam : 9,7
0 – 60 km/jam : 5,8
0 – 40 km/jam : 3,5
0 – 20 km/jam : 1,5
0 – 201 meter : 12,5 detik@ 94 km/jam
Kebisingan Kabin (dB)
Idle : 46
20 km/jam : 53,8
40 km/jam : 56,3
60 km/jam : 59
80 km/jam : 61,5
100 km/jam : 62,5
Nilai Uji Coba
Disain dan Rancang Bangun ***
Interior ***
Mesin dan Sistem Penggerak ****
Stabilitas Pengendalian dan Pengendaraan ***
Nilai Jual **
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Sory, ngoceh = talking (ngomong/bicara)Sithlord wrote:Cold ? Cold gimana ? Oh, saya baru mulai sembuh dari cold (pilek saya), tapi masih ada sisa.
Jangan bilang ngoceh dong. Namanya juga cuman mau dapat info penting in advance.
Kan mereka bilang " Information is Power ! " Apalagi advanced early info.
Huehue....
Bro, pertanyaan anda ini udah saya tanyakan barusan.Sithlord wrote: ah, kalau keluarkan Tiida 1.5, gampang sekali harganya di bawah 180 juta, cause pajak 1500 cc ama 1800 cc beda sekali. TAPI, apakah ngak bikin little AUV ama Tiida 1.5 jadi berantem ?
Jawabnya singkat = "Iya"
Analisa saya, mungkin nanti akan tersegmentasi dgn sendirinya karena
perbedaan Interior mungkin? dan yg pasti harga.
Harga Tiida dah saya info sebelumnya,
tentu kalau anda bisa menebak each character behind the asterix
harga Tiida = ****** ***
Trus saya sekalian nanya ke mereka, mana yg akan di Launch duluan?
Jawabnya : Tiida

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Sudah pasti Tiida duluan.
Aduh bung Mike, sudahlah ! Jangan main games ama kita, itu bintang bintang di buka saja. Berapa harganya !
Kalau versi 1500 cc pekgotiau (150 juta) horai !
Dan I harap interior cream yang muncul, dengan panel kayu yang doff minimalis mirip Teana, cantik sekali. Kalau versi abu abu hitam, boring !
Aduh bung Mike, sudahlah ! Jangan main games ama kita, itu bintang bintang di buka saja. Berapa harganya !
Kalau versi 1500 cc pekgotiau (150 juta) horai !
Dan I harap interior cream yang muncul, dengan panel kayu yang doff minimalis mirip Teana, cantik sekali. Kalau versi abu abu hitam, boring !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Tiida 1.5 CBU merah itu sudah balik ke Platinum Motor, Graha Auto Center Kelapa Gading. Sebenernya ada berapa biji mobil ini sudah terjual, cuman tinggal 1 merah ini yang tau sendiri warna merah di Indo kurang popular, di hanggap resale valuenya akan lebih buruk.
Kalau ke situ, minta test drive saja, pasti di kasih. Lingkunggan situ sepi, cocok buat test drive. Dan pasar mobil CBU lagi sepi. Pasti di kasih.
Cuman Tiida 1.5 ada 3 versi di Jepang. M, S, G. Mesinnya juga ada 2 versi, CVT dan standard matik. Jadi yang di PM ngak tau versi yang mana.
Lihat di internet, ada berita dari website Thailand Tiida akan launch di Thailand sekitar akhir Juni. Jadi sudah pasti di Indo bulan July, bersamaan ama Indonesian Motor Show.
Jika benar versi 1500 cc yang keluar, bukan 1800 cc, sebenernya juga ngak masalah. Jangan kira underpowered. FYI, di Jepang, mesin 1500 cc CVT justru yang lebih hemat, 1:18. Kalau yang 1800 cc 1:16.
So I yakin jika yang 1500 cc di jual nanti, lebih popular. Lebih irit dan ngak loyo pula. Cabin lebih besar tapi berat kosong ama Yaris ngak beda jauh.
Kalau ke situ, minta test drive saja, pasti di kasih. Lingkunggan situ sepi, cocok buat test drive. Dan pasar mobil CBU lagi sepi. Pasti di kasih.
Cuman Tiida 1.5 ada 3 versi di Jepang. M, S, G. Mesinnya juga ada 2 versi, CVT dan standard matik. Jadi yang di PM ngak tau versi yang mana.
Lihat di internet, ada berita dari website Thailand Tiida akan launch di Thailand sekitar akhir Juni. Jadi sudah pasti di Indo bulan July, bersamaan ama Indonesian Motor Show.
Jika benar versi 1500 cc yang keluar, bukan 1800 cc, sebenernya juga ngak masalah. Jangan kira underpowered. FYI, di Jepang, mesin 1500 cc CVT justru yang lebih hemat, 1:18. Kalau yang 1800 cc 1:16.
So I yakin jika yang 1500 cc di jual nanti, lebih popular. Lebih irit dan ngak loyo pula. Cabin lebih besar tapi berat kosong ama Yaris ngak beda jauh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Dec 11, 2005 5:56
- Location: bandung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Mobil yang Lebih irit dari 1:18 jelas ada. Toyota Prius dan Honda Civic Hybrid jelas pasti lebih irit, asal anda rela keluar extra duit ratusan juta extra....
Interior Cream ? Hahahaha ! Jika benar Very Good ! Cantik man ! Coba, mayoritas SMer lebih suka interior Innova E atau G ? E kan gelap abu abu hitam. G cream. Jelas cream lebih cerah dan kesan lega, meskipun ngak semua orang suka tentu saja. Tapi I yakin mayoritas orang lebih suka interior warna cerah...
Bung Mike, info yang anda sajikan cukup banyak. Nanti akan ada bukti bahwa sumber info anda seberapa percent benar. If almost 100 %, anda akan jadi spykid terkenal di sini..
Oh, di USA kabarnya Versa akan keluar akhir July. So artinya Tiida akan lahir di Indonesia dan USA bersamaan.
Nah bung Mike, ganggu anda lagi. Apakah nanti kita di sajikan panel wood gabung ama cream interior yang mirip Teana warna kayu doff itu ? Sangat elegant. Tapi jika ngak, yang versi doff metallic juga cantik kok.
Juga I pernah lihat ini mobil pakai rear spoiler. Jadi sporty !
Interior Cream ? Hahahaha ! Jika benar Very Good ! Cantik man ! Coba, mayoritas SMer lebih suka interior Innova E atau G ? E kan gelap abu abu hitam. G cream. Jelas cream lebih cerah dan kesan lega, meskipun ngak semua orang suka tentu saja. Tapi I yakin mayoritas orang lebih suka interior warna cerah...
Bung Mike, info yang anda sajikan cukup banyak. Nanti akan ada bukti bahwa sumber info anda seberapa percent benar. If almost 100 %, anda akan jadi spykid terkenal di sini..
Oh, di USA kabarnya Versa akan keluar akhir July. So artinya Tiida akan lahir di Indonesia dan USA bersamaan.
Nah bung Mike, ganggu anda lagi. Apakah nanti kita di sajikan panel wood gabung ama cream interior yang mirip Teana warna kayu doff itu ? Sangat elegant. Tapi jika ngak, yang versi doff metallic juga cantik kok.
Juga I pernah lihat ini mobil pakai rear spoiler. Jadi sporty !
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
ya jelas donk... mesin 1500cc lebih hemat dibandingkan 1800cc, kalo 1800cc lebih hemat itu baru fantastis..... heheheheSithlord wrote: Jika benar versi 1500 cc yang keluar, bukan 1800 cc, sebenernya juga ngak masalah. Jangan kira underpowered. FYI, di Jepang, mesin 1500 cc CVT justru yang lebih hemat, 1:18. Kalau yang 1800 cc 1:16.