share captiva - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
jadi penasaran jg, yg mogok tersebut gara2 apa?
mungkin ga kalo cuman pake bio solar tanpa aditif, fuel pumpnya ga kuat?
mungkin ga kalo cuman pake bio solar tanpa aditif, fuel pumpnya ga kuat?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 03
Mix 50:50, terakhir isi full biosolar 53 liter tanpa dex untuk tenaga sepertinya gak ada perubahan, tapi suara mesin agak beda waktu idle, setiap beberapa menit ada suara tek sekali (gak terlalu kenceng sih), kalo mix dg dex tak ada suara tek sama sekali.kampret wrote:Thanks bro, nice share.Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.
Btw, kalau mix nya gk pake dex hasilnya gimana? Dan kalau plus dex, pakai ratio berapa ke biosolar nya?
Oiya, kemaren k beres nemu VCDi FL yang problem engine check & mogok di jalan. Udah di-reset ecu, tapi masih brebet. Katanya lagi banyak issue dari fuel system. Apa biosolar kualitasnya lagi gk bagus ya?
Untuk bbm kita harus lebih selektif pilih spbu, saya pernah dapat solar kotor pagi hari waktu start agak brebet, sekarang gak brebet lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
Mau nanya, di thread ini sudah ada yg pernah posting soal volt stabiliser ya? Yang ada fotonya juga.
Bagus mana sebenernya antara pivot mega raizin vs xcs3 ?
Thanks
Bagus mana sebenernya antara pivot mega raizin vs xcs3 ?
Thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Kalo volt stabilizer harus tanya om evo, dia yang udah pasang 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
eits ada yv manggil... hehe
perbandingannya ya ga tau um
cuman pernah pengalaman dulu pake xcs 1 sama pivot biru, perasaan ga ada beda, sama2 bikin start mudah, utk klaim suara audio membaik dan lampu2 tambah terang sih ane ga merasa perbedaan.. mungkin berasanya pd mobil yg udah lawas kali yah
cuman belakngan volt stabilizer pada ga kasih ground cable
perbandingannya ya ga tau um
cuman pernah pengalaman dulu pake xcs 1 sama pivot biru, perasaan ga ada beda, sama2 bikin start mudah, utk klaim suara audio membaik dan lampu2 tambah terang sih ane ga merasa perbedaan.. mungkin berasanya pd mobil yg udah lawas kali yah
cuman belakngan volt stabilizer pada ga kasih ground cable
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.
Thanks gan atas infonya. Kalau boleh tahu itu iritnya signifikan atau cuma lebih irit dikit aja? Udah berapa km gan mobilnya?
Takutnya sih karena campur Redline+Norival bisa2 ada efek negatif terhadap fuel pump ataupun injectornya. Agan udah pernah kuras tangki bbm nya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
Kebetulan pas minggu lalu, terpaksa kickdown karena ada truk depan yang jalannya pelan dan lagi buru2. Tapi alangkah terkejutnya asap hitam nya tebal kali. Seperti truk2
Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.
Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan
Asap hitamnya tinggal sedikit. Kayaknya mesti dilakukan seminggu sekali supaya lebih memuaskan hasilnya
BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.

Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.
Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan


BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: share captiva - PART 03
wllaw2
Re: share captiva - PART 03
25 minutes ago
Kebetulan pas minggu lalu, terpaksa kickdown karena ada truk depan yang jalannya pelan dan lagi buru2. Tapi alangkah terkejutnya asap hitam nya tebal kali. Seperti truk2
Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.
Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan Asap hitamnya tinggal sedikit. Kayaknya mesti dilakukan seminggu sekali supaya lebih memuaskan hasilnya
BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.
Bener bro
Metode ini memang sangat simple & efektif
Temen ane yg pake pasport & doyan ngebut ga pernah tuh ngalamin asap item
Karena sehari-hari ngelakuin 'italian tune up'
Re: share captiva - PART 03
25 minutes ago
Kebetulan pas minggu lalu, terpaksa kickdown karena ada truk depan yang jalannya pelan dan lagi buru2. Tapi alangkah terkejutnya asap hitam nya tebal kali. Seperti truk2
Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.
Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan Asap hitamnya tinggal sedikit. Kayaknya mesti dilakukan seminggu sekali supaya lebih memuaskan hasilnya
BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.
Bener bro
Metode ini memang sangat simple & efektif
Temen ane yg pake pasport & doyan ngebut ga pernah tuh ngalamin asap item
Karena sehari-hari ngelakuin 'italian tune up'
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: share captiva - PART 03
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.
Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: share captiva - PART 03
evolution21
Re: share captiva - PART 03
Today, 00:16
btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Paling gampang deteksinya itu oli untuk diesel ato bensin bisa dicheck dari API Service-nya:
CC.....CF4../ SF......SM.. ----> diesel
SF......SM../ CC.....CF4.. ----> bensin
Re: share captiva - PART 03
Today, 00:16
btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Paling gampang deteksinya itu oli untuk diesel ato bensin bisa dicheck dari API Service-nya:
CC.....CF4../ SF......SM.. ----> diesel
SF......SM../ CC.....CF4.. ----> bensin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
om evo pake volt stabilizer apa?evolution21 wrote:eits ada yv manggil... hehe
perbandingannya ya ga tau um
cuman pernah pengalaman dulu pake xcs 1 sama pivot biru, perasaan ga ada beda, sama2 bikin start mudah, utk klaim suara audio membaik dan lampu2 tambah terang sih ane ga merasa perbedaan.. mungkin berasanya pd mobil yg udah lawas kali yah
cuman belakngan volt stabilizer pada ga kasih ground cable
xcs3 atau pivot?
kalo dri segi pemasangan, sepertinya xcs 3 jauh lebih simple, karena tidak menggunakan kabel banyak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: share captiva - PART 03
xcs3 dan pivot megaraizin itu volt stabilizer. hehehe..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
Wah.. ternyata ada teman agan yang sering2 "Italian tune-up" jugaRVR wrote:
Bener bro
Metode ini memang sangat simple & efektif
Temen ane yg pake pasport & doyan ngebut ga pernah tuh ngalamin asap item
Karena sehari-hari ngelakuin 'italian tune up'

Kalau tiap hari digituin bukannya, jadi boros bbm nya

Agak susah juga sih mau tiap hari "Italian tune-up" soalnya gak lewat tol. Cuma keliling dalam kota aja dan sering sekali idle akibat banyaknya lampu merah.
Cuma sekarang bingungnya di cara break-in sama bersihin DPF nya (Diesel Particulate Filter: Untuk menyaring asap hitam) . Soalnya kalau berdasarkan service manual yang diupload salah satu user di forum lain, Captiva FL ini ada DPF nya. Kirain cuma yang dijual di Eropa aja dipasangin DPF.
Dan kalau memang ada, itu DPF nya bisa otomatis cleaning kalau udah kotor. Tapi mobilnya harus dibawa jalan kencang gitu (Gak tahu kecepatan minimumnya mesti berapa), kondisi idle gak bakal aktif cleaningnya. Nah, makanya mobilnya saya coba bawa sampai 120 km/jam gitu.
Dan hari itu sih kepala bengkelnya pernah bilang, sekali2 dibawa sampai 120 km/jam gitu supaya bagian Catalytic Converter nya bisa bersih. Masuk akal sih, soalnya kalau DPF pas lagi aktif, itu mobil pas dibawa kencang, di ruang mesinnya bakal ada secondary injection bahan bakar. Namun bahan bakarnya gak terbakar di ruang mesinnya, namun terbakar di bagian CC. Sehingga panas yang tinggi itu dapat merontokkan/membersihkan kerak2 hitam yang udah tersaring di DPF.
Nah, hal ini masih belum saya konfirmasi ke Chevrolet Indonesia sih, apakah ada terpasang DPF atau gak.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.
Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.
Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: share captiva - PART 03
Saya nggak pernah ukur konsumsi BBM, tapi yang jelas angka yang tertera di MID saya berubah, yang sebelumnya 11,3 liter/100 km sekarang 10,6 liter/100 km. itu untuk pemakaian kombinasi (lebih banyak dalkot). Angka 10,6 liter/100 km itu saya dapat setelah menempuh jarak lebih dari 1000 km sejak direset pada saat awal pake norival.wllaw2 wrote:esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.
Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.
Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 03
Saya pernah nanya pak Turboman untuk vcdi non FL nenggak biosolar saran beliau ini bro :evolution21 wrote:btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Bisa pakai yg standard Dexos 2 hingga Heavy Duty Diesel 5W30 / 5W40
Kalao pakai Biosolar full, sy lebih pilih yg TBN nya minimal 9,5 mg KOH (Dexos 2 less than 9,5), so bisa pilih Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 / Mobil1 European Formula 0w40. Rencana di service yg ketiga nanti saya juga mo ganti dg Shell Helix Ultra 5W30.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 03
Wah mo coba juga ah 1 botol Norival untuk full tank....kalo masalah ngilangin bau masem vcdi, Norival memang belum nemu tandinganya....esh wrote:Saya nggak pernah ukur konsumsi BBM, tapi yang jelas angka yang tertera di MID saya berubah, yang sebelumnya 11,3 liter/100 km sekarang 10,6 liter/100 km. itu untuk pemakaian kombinasi (lebih banyak dalkot). Angka 10,6 liter/100 km itu saya dapat setelah menempuh jarak lebih dari 1000 km sejak direset pada saat awal pake norival.wllaw2 wrote:esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.
Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.
Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
btw dr semua pilihan tsb api service masi cf semua yaDeasegara wrote:Saya pernah nanya pak Turboman untuk vcdi non FL nenggak biosolar saran beliau ini bro :evolution21 wrote:btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Bisa pakai yg standard Dexos 2 hingga Heavy Duty Diesel 5W30 / 5W40
Kalao pakai Biosolar full, sy lebih pilih yg TBN nya minimal 9,5 mg KOH (Dexos 2 less than 9,5), so bisa pilih Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 / Mobil1 European Formula 0w40. Rencana di service yg ketiga nanti saya juga mo ganti dg Shell Helix Ultra 5W30.
kalo ga salah utk khusus diesel dah ada yg ci kan ya... kenapa ga pake yg itu...?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: share captiva - PART 03
Ini leafletnya Q8
http://www.q8oils.com/uploads/com/broch ... 20Life.pdf
Kalau sekedar di atas CF, pertamina juga ada
http://www.pertamina.com/download/lubri ... 15W-40.pdf
http://www.q8oils.com/uploads/com/broch ... 20Life.pdf
Kalau sekedar di atas CF, pertamina juga ada
http://www.pertamina.com/download/lubri ... 15W-40.pdf
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
jadi poin2 penting keunggulan masing2 gimana um rvr?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 03
Bedanya Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 ama yg V Long Life apa yah???evolution21 wrote:ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
Di list GM yg dexos2 approved, Q8 yg Special G Long Life.
Btw sekalian sharing service pertama vcdi FL (5 bulan lewat, odo 5,000 km), ganti oli dan filternya.
Pilihan oli di beres antara Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 atau Total (ga tau tipenya).
Saya pilih yg Q8. Pekerjaan lainnya, bersih2 rem karena komplain kalo pagi kadang bunyi seperti remnya basah, reset ecu, dll. dan ada recall carter oli (recall dari GM karena seal di carter olinya ga bener bisa merembes, jadi dicopot trus dilem), lama pekerjaan sekitar 3 jam lebih, gratis tentunya.
Sekarang suara mesin terasa lebih halus.. Konsumsi bbm pertama2 koq jadi lebih boros banyak dari seblomnya, di mid sempet sentuh 15lt/100km (reset pas isi solar), tapi emang macet berat sih,
di mid jalan 55 menit, odo baru 9.5 km hahaha.. trus mulai turun pelan2....
Sekarang jalan 200+ km, mid di 11.1lt/100km.
Apa gara2 reset ecu??? Kita liat kelanjutannya nanti...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
btw ane abis browsing banyak oli
ngeliat 1 yg kayaknya speknya bagus
mobil delvac 5w30 api service udah ci
sebelumnya sempet kesengsem fastron tp ternyata olinya 15w40 kayaknya rada kekentelan walaupun api service dah ci jg
soalnya q8 5w30 tp api srrvice cuman cf
jd pengen coba upgrade, sapa tau ada peningkatan signifikan?
ngeliat 1 yg kayaknya speknya bagus
mobil delvac 5w30 api service udah ci
sebelumnya sempet kesengsem fastron tp ternyata olinya 15w40 kayaknya rada kekentelan walaupun api service dah ci jg
soalnya q8 5w30 tp api srrvice cuman cf
jd pengen coba upgrade, sapa tau ada peningkatan signifikan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 03
boed2 wrote:Bedanya Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 ama yg V Long Life apa yah???evolution21 wrote:ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
Di list GM yg dexos2 approved, Q8 yg Special G Long Life.
Btw sekalian sharing service pertama vcdi FL (5 bulan lewat, odo 5,000 km), ganti oli dan filternya.
Pilihan oli di beres antara Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 atau Total (ga tau tipenya).
Saya pilih yg Q8. Pekerjaan lainnya, bersih2 rem karena komplain kalo pagi kadang bunyi seperti remnya basah, reset ecu, dll. dan ada recall carter oli (recall dari GM karena seal di carter olinya ga bener bisa merembes, jadi dicopot trus dilem), lama pekerjaan sekitar 3 jam lebih, gratis tentunya.
Sekarang suara mesin terasa lebih halus.. Konsumsi bbm pertama2 koq jadi lebih boros banyak dari seblomnya, di mid sempet sentuh 15lt/100km (reset pas isi solar), tapi emang macet berat sih,
di mid jalan 55 menit, odo baru 9.5 km hahaha.. trus mulai turun pelan2....
Sekarang jalan 200+ km, mid di 11.1lt/100km.
Apa gara2 reset ecu??? Kita liat kelanjutannya nanti...
Harusnya kalau reset ECU gak gitu pengaruh ke konsumsi nya, kecuali ECU nya ada diprogram ulang.
Gan, itu yang Carter Oli direcall emang pas waktu free service itu dikasih tahu atau dikasih tahu sebelumnya oleh pihak GM? Carter oli itu gimana punya ya?
