Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AD74YA wrote:Kok yang sedan nampak lebih menarik ya buat ane....
kalo dari belakang memang lebih cakep sedan.
tapi kalo tampak samping saya suka HB begitupula dengan interior suka HB dengan warna hitam.
sedan titanium warna beige interiornya. tapi sedan fiturnya lebih heboh lagi dari HB
oh ya velg juga lebih sport yang HB kalo sedan agak kaku namun netral dengan palang banyak (ban 205/60-17)
IMG04884-20120816-1055.jpg
IMG04885-20120816-1055.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cakep banget bentuknya, terutama yang sedan. Fitur juga berlimpah. Satu2nya yang jelek menurut saya cuman bentuk bumpet depannya. Klo bisa diganti tambah bagus lagi tuh
Waksssssss.. Auto park? Anu, ada nggak ya mobil di Indo yang punya fitur ini? Baik sekelas atau di atasnya? Lucu ya setirnya muter sendiri. Orang jadul heheheeeeeeeee......
Secara terus-menerus menyeimbangkan kekuatan di antara roda-roda depan sehingga Anda dapat merasakan tingkat cengkraman jalan yang sama dan pengendalian dari sebuah mobil mewah. Disaat menikung, G-force memberikan traksi lebih pada bagian luar roda, maka sistem secara otomatis mengerem pada bagian dalam roda depan dan menyalurkan tenaga ke roda yang memiliki cengkraman lebih baik.
Marketing gimmick ato domain teknik nih? Kalo teknik, bisa dijelasin mod mekanismenya atau minimal dasar teorinya? Nggak ada deskripsi soalnya di ford.com dan ford.co.id.
Ane demen fisika, asal jangan kimia atau biologi aja.
Sebagian penjelasannya marketing gimmick itu... Paling ampas yang "sehingga Anda dapat merasakan tingkat cengkraman jalan yang sama dan pengendalian dari sebuah mobil mewah" naoon siihhh.. Kalau orang gak ngerti pasti mikirnya hal ini berhubungan sama pantulan suspensi...
Tapi berhubung ane lg mobile (lagi mudik bo'), ane gak bisa jelasin secara lengkap sekarang, mohon maaf, tapi ane bisa bilang itu pengembangan dari teknologi Traction Control punya Focus generasi sebelum sekarang.
Focus punya set up suspensi yang beda dengan mobil kebanyakan. Focus itu satu platform aslinya dengan Mazda3, dan karena yang ngembangin mesin keduanya ini Mazda, maka Focus dapet mesin yang torsi nya gede untuk ukuran badannya.. Dan karena Focus itu FWD apa hasilnya? Hasilnya adalah torque-steering kalau akselerasi spontan (pasti tau kan torque steering?)
Nah karena Focus pengen mengurangi problem ini, mereka coba mendesain suspensi depan yang beda dari pakem. Walhasil terciptalah yang namanya Ford Revo-Knuckle (googling yaa), intinya dengan torsi yang besar, Focus beneran bisa mengeliminir torque steering dan malah menambah tajam handlingnya bahkan Revolknuckle ini bisa maintain control saat menikung full speed.. Sebuah hal yang tadinya mustahil untuk mobil FWD.
Nah setau ane yang namanya Torque Vectoring Control itu program kontrol traksi mobilnya.. Tau kan ya yang namanya traction control... Kalau pure driver buat balapan biasanya matiin program ini, tapi kalau di keadaan normal TC ini sangat membantu.. Terutama di keadaan jalanan basah, program ini membagi jumlah torsi yang diperlukan ke tiap roda berdasar kebutuhan, jadi rodanya gak selip... Maap kalau gak jelas ya oom... Intinya AFAIK Vectoring Control itu Traction Control nya Focus...
CMIIW
Last edited by AD74YA on Fri Aug 17, 2012 4:53, edited 3 times in total.
Reason:Tambahan
Torque Vectoring Control itu differential tapi elektronik (e-diff) bukan mekanikal, mirip XDS-nya VW Golf GTI. Saya gak terlalu ngerti persis gimana cara kerja differential, tapi yg saya ngerti kalo mekanikal ngebagi tenaganya langsung di differentialnya, tapi kalo elektronik itu komputer ngerem roda bagian dalem.
Buat TVC=traction control, saya pernah baca di forum VW luar. Di kebanyakan mobil incl. Golf GTI, AFAIK, kalo ESP dimatiin, traction control juga mati. Nah di MK6 GTI yang udah ada XDS e-diff, walau traction control mati, XDS akan tetep nyala. Mungkin sistem differential-nya seamless jadi gak akan kerasa kecuali bawa mobilnya spirited kiri-kanan.
Btw, bahas Focus ini, awalnya masuk pertimbangan buat ganti mobil karena pasti fiturnya seabrek-abrek dan emang bener seabrek-abrem. Cuman karena mobil di rumah yang mau diganti itu Mazda5, jadinya gak jadi karena bagasi Focus kekecilan buat penggantinya. Juga masih sangsi masalah FC, karena saya sendiri hari-hari pake Fiesta 1.6, FC dalkotnya gak enakin.
zconcept wrote:Nubie coba bantu jawab ya om mod hehe.
Torque Vectoring Control itu differential tapi elektronik (e-diff) bukan mekanikal, mirip XDS-nya VW Golf GTI. Saya gak terlalu ngerti persis gimana cara kerja differential, tapi yg saya ngerti kalo mekanikal ngebagi tenaganya langsung di differentialnya, tapi kalo elektronik itu komputer ngerem roda bagian dalem.
Buat TVC=traction control, saya pernah baca di forum VW luar. Di kebanyakan mobil incl. Golf GTI, AFAIK, kalo ESP dimatiin, traction control juga mati. Nah di MK6 GTI yang udah ada XDS e-diff, walau traction control mati, XDS akan tetep nyala. Mungkin sistem differential-nya seamless jadi gak akan kerasa kecuali bawa mobilnya spirited kiri-kanan.
Btw, bahas Focus ini, awalnya masuk pertimbangan buat ganti mobil karena pasti fiturnya seabrek-abrek dan emang bener seabrek-abrem. Cuman karena mobil di rumah yang mau diganti itu Mazda5, jadinya gak jadi karena bagasi Focus kekecilan buat penggantinya. Juga masih sangsi masalah FC, karena saya sendiri hari-hari pake Fiesta 1.6, FC dalkotnya gak enakin.
Makasih banyak oom sudah bantuin hehe..
Btw, seriusan tuh di Golf kalau TC off, e-diff tetep nyala?? Where is the fun in that?!.. Germans...
Kalau bagasi masalah ambil yang sedan aja oom... Siapa tau masih bisa akomodir...
waduh2. teknologinya canggih ya focus ini.
kalau org awam mana merhartiin ya hal2 seperti ini. harus jago nih marketingnya focus biar semua featurenya bisa tersampaikan dengan baik ke end-user.
claude_wallace wrote:waduh2. teknologinya canggih ya focus ini.
kalau org awam mana merhartiin ya hal2 seperti ini. harus jago nih marketingnya focus biar semua featurenya bisa tersampaikan dengan baik ke end-user.
Banyak hal yang bikin sebuah mobil mahal adalah something beneath the car... Sedangkan konsumen kita kebanyakan lebih suka something they can see for their money.
Bener tu kalau konsumen gak pinter pada akhir nya kemakan brosur doang... Dan marketing Toyota Honda disini paling pinter mainin kata2 di brosur bahkan banyakyang keluar konteks.
Salesman? Mau berharap apa sama salesman Indonesia... Lebih baik kita yang belajar sendiri
Thanx buat yang uda ngejelasin soal torque dst itu, informatif banget dan bukan bahasa gugel yang malah bi=kin nubitol teknis kayak ane gini bingung.
Overall, secara TEKNIS (fitur, update engineering yang diadopsi, built quality), tanpa pertimbangkan dululah modelnya (subjective banget), FC, reliability (blom ketauan), jaringan BeRes, maintenance cost, dll NON teknis, suhu2 dimari bisa sependapat bahwa si AN Focus ini sekarang best bang for the buck buat kelas dia?
Kalau tau Focus dan ngerti, dan komparasi Altis, Civic, Lancer dan lainnya, dan tetep gak ambil Focus itu sih antara bodoh atau diguna-guna orang.
Ato setidaknya, orang yang masih cari aman ya mod, cari merk populer di sedan macem Civic ato Altis. Ato memang uda fanatikan Honda dan atau Toyota.
Nasibnya Ford hehe.. Tapi makin eksis kok FMI.
Sales merk X mode on:
Ah bagusan ini pak, uda ketauan irit loh pak ketimbang Ford. Stabil (compare to what?), bengkelnya banyak (iya sih hehe..), dijual lagi kalo bapak bosen tetep tinggi (halah), trus, bisa premium pak.
Ford itu kan kuatnya bikin pikap pak.
Sales merk X mode off.
Begitulah, sales Indo.
Mostly nggak mencerdaskan tapi meng-kacamata-kuda-kan calon konsumen. Tanpa ngasih edukasi soal value barang dagangan tapi sebaliknya bisanya cari kejelekan barang saingan yang parahnya nggak berbasis proper product knowledge.
heheheh.. sales toyota honda di surabaya mah cuma diam2 aja tunggu org datang atau telp.
mereka tdk perlu bersusah payah jelasin ke konsumen, produk2nya sudah laku semua.
kesimpuannya, sales mobil yg paling bodoh y sales toyota dan sales honda.
karena mereka tdk perlu memiliki skill khusus utk menjual barang dagangannya.
di perusahaan tempat saya bekerja, hal ini sempat dibuat study case, betapa bodohnya sales toyota. hahaha..
Salut banget utk fiturnya yang luar biasa. Bener kata om modjay, klo org yg ngerti mbl dikit2 tapi ambil lancer /civic / altis instead of ford focus = IQ dibawah rata2
iyah setuju, sales bukan utk ditanya product knowledge, tp untuk nawar harga aja. cuman mau tanya lg nih, secara teknologi focus dah canggih tp penerapan pd performanya di aspal gimana?
soalnya ane pernah coba fiesta yg bercc besar dan transmisi tercanggih kenyataan di aspal performa akselerasinya malah ga sehebat anj yg lebih jadul?
Belphegor wrote:Salut banget utk fiturnya yang luar biasa. Bener kata om modjay, klo org yg ngerti mbl dikit2 tapi ambil lancer /civic / altis instead of ford focus = IQ dibawah rata2
IMHO
kalo untuk focus generasi sebelumnya sih, masih mending ambil altis/civic.
tapi kalo focus yg ini, uda lebih menarik fiturnya. jauh diatas kompetitor.